Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by indeskey »

DOHC wrote:
indeskey wrote: Sun Jul 19, 2020 6:47 ......
Pin pengunci itu d badan kampas tromol nya, bagian tengah yg ad pegas bulet silinder nya, kiri ama kanan
Oh siap. Berarti ini kalau bongkar total ya om.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Sat Jul 18, 2020 3:12
bangrosi wrote: Sat Jul 18, 2020 0:46
supriyadi wrote:
Jasa service udah dimasukkan dalam harga mobil. Dealer mana mau rugi
Yoyota ama ustahiad beda harga, youota harga tinggi karena include jasa free service, sedangkan ustahiad lebih murah karena jasa service bayar sendiri
Baik brand T dan D keduanya gratis free jasa service sampai 50rb KM atau 4thn,kebetulan punya kedua merk tersebut yg di beli cuma spare parts.

Makanya jaman skr blm semua mobil baru free jasa+spareparts hanya beberapa tipe mobil saja.

Tetangga punya mobil baru brand M tipe 4N15 free jasa+parts sampai 50rb Km/4thn tinggal dateng ikutin jadwal service saja.
Kl toyota, hati2 dgn free servis nya, ad jebmen itu

Saya servis 10 rebu aj tau2 bsa abis 1.2 juta.. trus 20 rebu 2.6 juta

Harga oli dan parts2 nya lmayan jg soalnya
Betulll, kayak chamber cleaner, brake cleaner, cairan flush-flush lainnya. Memang itu juga jadi ladang cuan nya mereka sih. Kalo cuma mengandalkan jasa ngga akan nutup biaya operasionalnya.

Jangankan harga cairan-cairan gitu. Beli ban di bengkel resmi aja harga bisa jauh tinggi dibanding di toko ban. Ya aji mumpung sih banyak orang yg hidup mati semua urusan mobil dibawa ke bengkel resmi
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

DOHC wrote: Sun Jul 19, 2020 6:52
indeskey wrote: Sun Jul 19, 2020 6:47 ......
Pin pengunci itu d badan kampas tromol nya, bagian tengah yg ad pegas bulet silinder nya, kiri ama kanan
Parah si klo pengunci tromol itu aja lupa dipasang
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1488
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by MSU »

kalo beres tu perasaan saya montir2nya hanya sebagai "batu loncatan"..begitu udh dirasa punya skill cukup mrk pada keluar cari karir lebih baik / wiraswasta
bbrp kali kecewa ama beres ...makanya mending rawat sendiri..
dulu pernah kuda diesel (udh cangkok keong) thn 2012 saya masukin beres krn busi pemanas mati..sampe nginep 2 hari krn beres ga ada stock..pas diambil SA-nya info ini start ttp ga bisa normal, lbh panjang dari biasa karena bapak udah modif pake keong & bospom jg udh bukan std...dalam ati apa hubungannya...sampe rumah saya cek ternyata pasang busi aja kendor...mungkin cuma pake jempol sebagai torque wrench.
kejadian kedua di kisul mertua...km 100rb-an ada ngebul & basah lembab di ujung knalpot...estimasi dari beres...gampang sekali : turun mesin, di total puluhan juta..wkwk...akhirnya cuma masuk bengkel temen ganti sil klep
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 2:03
DOHC wrote: Sat Jul 18, 2020 3:12
bangrosi wrote: Sat Jul 18, 2020 0:46 Baik brand T dan D keduanya gratis free jasa service sampai 50rb KM atau 4thn,kebetulan punya kedua merk tersebut yg di beli cuma spare parts.

Makanya jaman skr blm semua mobil baru free jasa+spareparts hanya beberapa tipe mobil saja.

Tetangga punya mobil baru brand M tipe 4N15 free jasa+parts sampai 50rb Km/4thn tinggal dateng ikutin jadwal service saja.
Kl toyota, hati2 dgn free servis nya, ad jebmen itu

Saya servis 10 rebu aj tau2 bsa abis 1.2 juta.. trus 20 rebu 2.6 juta

Harga oli dan parts2 nya lmayan jg soalnya
Betulll, kayak chamber cleaner, brake cleaner, cairan flush-flush lainnya. Memang itu juga jadi ladang cuan nya mereka sih. Kalo cuma mengandalkan jasa ngga akan nutup biaya operasionalnya.

Jangankan harga cairan-cairan gitu. Beli ban di bengkel resmi aja harga bisa jauh tinggi dibanding di toko ban. Ya aji mumpung sih banyak orang yg hidup mati semua urusan mobil dibawa ke bengkel resmi
:mky_03:
Masalahnya kadang ga smua kerjaan mreka pun jg beres om, terutama spooring

Ini mau merek atoyot, ahond, spengalaman saya spooring ama mreka, ngawur smua.. setir pasti ad lari atau makan ban sebelah
FU27 wrote: Mon Jul 20, 2020 2:30
DOHC wrote: Sun Jul 19, 2020 6:52
indeskey wrote: Sun Jul 19, 2020 6:47 ......
Pin pengunci itu d badan kampas tromol nya, bagian tengah yg ad pegas bulet silinder nya, kiri ama kanan
Parah si klo pengunci tromol itu aja lupa dipasang
Dipasang cuman tidak diputar ampe klek ngonci,

Kl tidak dipasang itu kampas pasti lgs ngejim ke tromol
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
bfront
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 255
Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by bfront »

DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 3:10
evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 2:03
DOHC wrote: Sat Jul 18, 2020 3:12

Kl toyota, hati2 dgn free servis nya, ad jebmen itu

Saya servis 10 rebu aj tau2 bsa abis 1.2 juta.. trus 20 rebu 2.6 juta

Harga oli dan parts2 nya lmayan jg soalnya
Betulll, kayak chamber cleaner, brake cleaner, cairan flush-flush lainnya. Memang itu juga jadi ladang cuan nya mereka sih. Kalo cuma mengandalkan jasa ngga akan nutup biaya operasionalnya.

Jangankan harga cairan-cairan gitu. Beli ban di bengkel resmi aja harga bisa jauh tinggi dibanding di toko ban. Ya aji mumpung sih banyak orang yg hidup mati semua urusan mobil dibawa ke bengkel resmi
:mky_03:
Masalahnya kadang ga smua kerjaan mreka pun jg beres om, terutama spooring

Ini mau merek atoyot, ahond, spengalaman saya spooring ama mreka, ngawur smua.. setir pasti ad lari atau makan ban sebelah

bener, soal spooring mah di beres ga pernah beres.
terakhir service rutin, minta sekalian spooring karena nggak ada waktu ke bengkel ban.
udah sih lebih mahal, ternyata tetep aja setir narik2 gak jelas.
buntutnya tetep aja harus meluangkan waktu spooring ulang di bengkel ban langganan.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 3:10
evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 2:03
DOHC wrote: Sat Jul 18, 2020 3:12

Kl toyota, hati2 dgn free servis nya, ad jebmen itu

Saya servis 10 rebu aj tau2 bsa abis 1.2 juta.. trus 20 rebu 2.6 juta

Harga oli dan parts2 nya lmayan jg soalnya
Betulll, kayak chamber cleaner, brake cleaner, cairan flush-flush lainnya. Memang itu juga jadi ladang cuan nya mereka sih. Kalo cuma mengandalkan jasa ngga akan nutup biaya operasionalnya.

Jangankan harga cairan-cairan gitu. Beli ban di bengkel resmi aja harga bisa jauh tinggi dibanding di toko ban. Ya aji mumpung sih banyak orang yg hidup mati semua urusan mobil dibawa ke bengkel resmi
:mky_03:
Masalahnya kadang ga smua kerjaan mreka pun jg beres om, terutama spooring

Ini mau merek atoyot, ahond, spengalaman saya spooring ama mreka, ngawur smua.. setir pasti ad lari atau makan ban sebelah
Kayak yg udah saya jelasin di post2 sebelumnya. Ibarat bengkel resmi itu dokter umum. Bengkel spesialis ya dokter spesialis. Berobat tentang saraf ke dokter umum ya bisa, cuma bisa jadi tidak langsung tepat sasaran atau mungkin ya bakal jd lama sembuhnya.

Saya juga mobil dari baru tidak pernah servis berkala ke bengkel resmi, karena saya tau di bengkel resmi itu menang jaminan garansi pengerjaan aja sama track record. Tp secara kualitas pengerjaan pasti jauh di bawah bengkel spesialis. Saya ke bengkel resmi ya waktu masih ada periode gratis jasa aja, tp bisa dibilang murni tiap kesana itu cuma nyuci mobil aja, karena saya selalu print tulisan di HVS:
  • Tidak usah ganti oli
  • Tidak usah bersihkan filter udara
  • Tidak usah bersihkan rem, spooring, balancing
  • Tidak usah tune-up/engine conditioning
  • Tidak usah tambah angin ban
Sama paling saya kalau komplain garansi aja ke bengkel resmi nya
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 2:03
DOHC wrote: Sat Jul 18, 2020 3:12
bangrosi wrote: Sat Jul 18, 2020 0:46 Baik brand T dan D keduanya gratis free jasa service sampai 50rb KM atau 4thn,kebetulan punya kedua merk tersebut yg di beli cuma spare parts.

Makanya jaman skr blm semua mobil baru free jasa+spareparts hanya beberapa tipe mobil saja.

Tetangga punya mobil baru brand M tipe 4N15 free jasa+parts sampai 50rb Km/4thn tinggal dateng ikutin jadwal service saja.
Kl toyota, hati2 dgn free servis nya, ad jebmen itu

Saya servis 10 rebu aj tau2 bsa abis 1.2 juta.. trus 20 rebu 2.6 juta

Harga oli dan parts2 nya lmayan jg soalnya
Betulll, kayak chamber cleaner, brake cleaner, cairan flush-flush lainnya. Memang itu juga jadi ladang cuan nya mereka sih. Kalo cuma mengandalkan jasa ngga akan nutup biaya operasionalnya.

Jangankan harga cairan-cairan gitu. Beli ban di bengkel resmi aja harga bisa jauh tinggi dibanding di toko ban. Ya aji mumpung sih banyak orang yg hidup mati semua urusan mobil dibawa ke bengkel resmi
:mky_03:
Satu lagi yg jadi bancakan beres = filter ac om. Gile aja barang cuma kertas dilipet2 yg plg harganya maks 70rb di tokped bs di mark up sampe 300-400 ribu om :big_biglaugh: , pdhl di tokped yg jual 15rb dan merknya terjamin (certified) aja ada
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Pororo »

evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 3:29

Saya juga mobil dari baru tidak pernah servis berkala ke bengkel resmi, karena saya tau di bengkel resmi itu menang jaminan garansi pengerjaan aja sama track record. Tp secara kualitas pengerjaan pasti jauh di bawah bengkel spesialis. Saya ke bengkel resmi ya waktu masih ada periode gratis jasa aja, tp bisa dibilang murni tiap kesana itu cuma nyuci mobil aja, karena saya selalu print tulisan di HVS:
  • Tidak usah ganti oli
  • Tidak usah bersihkan filter udara
  • Tidak usah bersihkan rem, spooring, balancing
  • Tidak usah tune-up/engine conditioning
  • Tidak usah tambah angin ban
Sama paling saya kalau komplain garansi aja ke bengkel resmi nya
:mky_03:
Jadi waktu servis dengan "catatan ini" ini om, mobil diapain aja ? dan bagaimana tanggapan SA beresnya om?

Ini serius nanya om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 3:29
DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 3:10
evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 2:03

Betulll, kayak chamber cleaner, brake cleaner, cairan flush-flush lainnya. Memang itu juga jadi ladang cuan nya mereka sih. Kalo cuma mengandalkan jasa ngga akan nutup biaya operasionalnya.

Jangankan harga cairan-cairan gitu. Beli ban di bengkel resmi aja harga bisa jauh tinggi dibanding di toko ban. Ya aji mumpung sih banyak orang yg hidup mati semua urusan mobil dibawa ke bengkel resmi
:mky_03:
Masalahnya kadang ga smua kerjaan mreka pun jg beres om, terutama spooring

Ini mau merek atoyot, ahond, spengalaman saya spooring ama mreka, ngawur smua.. setir pasti ad lari atau makan ban sebelah
Kayak yg udah saya jelasin di post2 sebelumnya. Ibarat bengkel resmi itu dokter umum. Bengkel spesialis ya dokter spesialis. Berobat tentang saraf ke dokter umum ya bisa, cuma bisa jadi tidak langsung tepat sasaran atau mungkin ya bakal jd lama sembuhnya.

Saya juga mobil dari baru tidak pernah servis berkala ke bengkel resmi, karena saya tau di bengkel resmi itu menang jaminan garansi pengerjaan aja sama track record. Tp secara kualitas pengerjaan pasti jauh di bawah bengkel spesialis. Saya ke bengkel resmi ya waktu masih ada periode gratis jasa aja, tp bisa dibilang murni tiap kesana itu cuma nyuci mobil aja, karena saya selalu print tulisan di HVS:
  • Tidak usah ganti oli
  • Tidak usah bersihkan filter udara
  • Tidak usah bersihkan rem, spooring, balancing
  • Tidak usah tune-up/engine conditioning
  • Tidak usah tambah angin ban
Sama paling saya kalau komplain garansi aja ke bengkel resmi nya
:mky_03:
Saya perna ikutin cara om

Tp tetep kena bayar ongkos cuci mobil, 110 rebu kl ga sala, bonus d kaca ama body masi banyak bekas aer

Ya suda la, at least ruang mesin bersih wangi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 3:29
DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 3:10
evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 2:03

Betulll, kayak chamber cleaner, brake cleaner, cairan flush-flush lainnya. Memang itu juga jadi ladang cuan nya mereka sih. Kalo cuma mengandalkan jasa ngga akan nutup biaya operasionalnya.

Jangankan harga cairan-cairan gitu. Beli ban di bengkel resmi aja harga bisa jauh tinggi dibanding di toko ban. Ya aji mumpung sih banyak orang yg hidup mati semua urusan mobil dibawa ke bengkel resmi
:mky_03:
Masalahnya kadang ga smua kerjaan mreka pun jg beres om, terutama spooring

Ini mau merek atoyot, ahond, spengalaman saya spooring ama mreka, ngawur smua.. setir pasti ad lari atau makan ban sebelah
Kayak yg udah saya jelasin di post2 sebelumnya. Ibarat bengkel resmi itu dokter umum. Bengkel spesialis ya dokter spesialis. Berobat tentang saraf ke dokter umum ya bisa, cuma bisa jadi tidak langsung tepat sasaran atau mungkin ya bakal jd lama sembuhnya.

Saya juga mobil dari baru tidak pernah servis berkala ke bengkel resmi, karena saya tau di bengkel resmi itu menang jaminan garansi pengerjaan aja sama track record. Tp secara kualitas pengerjaan pasti jauh di bawah bengkel spesialis. Saya ke bengkel resmi ya waktu masih ada periode gratis jasa aja, tp bisa dibilang murni tiap kesana itu cuma nyuci mobil aja, karena saya selalu print tulisan di HVS:
  • Tidak usah ganti oli
  • Tidak usah bersihkan filter udara
  • Tidak usah bersihkan rem, spooring, balancing
  • Tidak usah tune-up/engine conditioning
  • Tidak usah tambah angin ban
Sama paling saya kalau komplain garansi aja ke bengkel resmi nya
:mky_03:
Klo saya sih masih servis rutin lah di beres. Oli ganti, bawa sendiri. Bersihkan air filter, bersihkan rem. Klo spooring balancing selalu ke bengkel ban. Tapi filter oli, ring tap oli, TB cleaner, brake cleaner dan greasenya selalu beli di beres Dan SA nya welcome2 aja.

Karena ngapain harus bayar dobel lagi di spesialis, kan punya gratisan. Dan untungnya beres langganan sudah kenal, dan bebas2 aja klo mau masuk area servis. Mekanik2nya pun bukan anak2 PKL. Soal masalah kualitas pekerjaan, relatif bagus2 aja. Cek baut roda pakai kunci torsi model klik. Dan klo keluar beres masih gak enak bisa komplain, dan mobil di setting ulang. Gak pusinglah. Daripada harus bolak balik bengkel ngejar cap doank. Lagian kan poin2 seperti tidak ganti oli dll, pasti dimasukan SA ke remarks di service record mobil.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 4:07
evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 2:03
DOHC wrote: Sat Jul 18, 2020 3:12

Kl toyota, hati2 dgn free servis nya, ad jebmen itu

Saya servis 10 rebu aj tau2 bsa abis 1.2 juta.. trus 20 rebu 2.6 juta

Harga oli dan parts2 nya lmayan jg soalnya
Betulll, kayak chamber cleaner, brake cleaner, cairan flush-flush lainnya. Memang itu juga jadi ladang cuan nya mereka sih. Kalo cuma mengandalkan jasa ngga akan nutup biaya operasionalnya.

Jangankan harga cairan-cairan gitu. Beli ban di bengkel resmi aja harga bisa jauh tinggi dibanding di toko ban. Ya aji mumpung sih banyak orang yg hidup mati semua urusan mobil dibawa ke bengkel resmi
:mky_03:
Satu lagi yg jadi bancakan beres = filter ac om. Gile aja barang cuma kertas dilipet2 yg plg harganya maks 70rb di tokped bs di mark up sampe 300-400 ribu om :big_biglaugh: , pdhl di tokped yg jual 15rb dan merknya terjamin (certified) aja ada
Alasannya karena 'original'. padahal banyak banget parts yang misalnya wiper itu antara dus ori atoyot sama denso premium graphite ya sama aja. Cuma beda dus, harganya bisa jauh banget. Selain itu juga banyak part2 lain kayak filter ori, bearing2, bahkan part besar macem water pump aja antara beli langsung merek itu dibanding merek itu tp pake dus atoyot ya harga beda jauh
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Oct 01, 2016 11:33

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by zanira »

Sekarang sy ke beres klo cuma ganti oli sj, oli bawa sendiri, filter oli + washer drain beli di beres.
Klo abis perjalanan jauh/short road trip pst ambil service bersihin rem.

Ongkos gantol 50rb + brake cleaning 70rb + spare part 60rb.
Yg sy dapet, stempel + invoice beres, snack kopi sepuasny, hotspotan ampe hp lowbat, mobil di cuci + interior wangi... :mky_03:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

Pororo wrote: Mon Jul 20, 2020 4:18 Jadi waktu servis dengan "catatan ini" ini om, mobil diapain aja ? dan bagaimana tanggapan SA beresnya om?

Ini serius nanya om
Ya paling periksa lampu-lampu dan kelistrikan doang sama aktivitas pemeriksaan lainnya aja Om. Abis mau ngapain lagi, yg krusial2 kan saya larang
:mky_01:
DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 3:10 Saya perna ikutin cara om

Tp tetep kena bayar ongkos cuci mobil, 110 rebu kl ga sala, bonus d kaca ama body masi banyak bekas aer

Ya suda la, at least ruang mesin bersih wangi
Kalo beres atoyot sama ahond di deket rumah saya sih cuci mobil itu free of charge, jd selama ini ya gratis. Meskipun ya ngga bersih2 amat, sampe rumah ya dilap lg. Tp pernah waktu dulu itu ngantri cuci nya 4 mobil di beres atoyot, yaudah ngga usah cuci aja ngapain buang2 waktu buat nunggu nyuci yang ngga bisa dibilang detail juga
:mky_01:
FU27 wrote: Mon Jul 20, 2020 5:25 Klo saya sih masih servis rutin lah di beres. Oli ganti, bawa sendiri. Bersihkan air filter, bersihkan rem. Klo spooring balancing selalu ke bengkel ban. Tapi filter oli, ring tap oli, TB cleaner, brake cleaner dan greasenya selalu beli di beres Dan SA nya welcome2 aja.

Karena ngapain harus bayar dobel lagi di spesialis, kan punya gratisan. Dan untungnya beres langganan sudah kenal, dan bebas2 aja klo mau masuk area servis. Mekanik2nya pun bukan anak2 PKL. Soal masalah kualitas pekerjaan, relatif bagus2 aja. Cek baut roda pakai kunci torsi model klik. Dan klo keluar beres masih gak enak bisa komplain, dan mobil di setting ulang. Gak pusinglah. Daripada harus bolak balik bengkel ngejar cap doank. Lagian kan poin2 seperti tidak ganti oli dll, pasti dimasukan SA ke remarks di service record mobil.
Tergantung bagaimana beres nya Om. Saya ngga selama garansi itu berkali-kali klaim juga gak pernah ada masalah, padahal ke bengkel resmi ya cuma ngecap buku servis doang paling. Tiap servis berkala gratisan itu paling lama jg cuma 1 jam karena ngga pernah ngapa2in. Kalo yg dikejar service record sih ya mau gak mau service berlaka di beres, tp kalo cuma mau ngejar coverage garansi sih ngga perlu.

Saya yakin rawatan saya di bengkel2 spesialis jauh lebih baik drpd mobil yg hanya rawatan beres, asal bukan bengkel abal-abal pinggir jalan yg tools dan skills nya ngga jelas ya. Kalo butuh service record non beres jg ada, semua bon-bon servis dari baru sampe skg masih disimpen rapi.
:mky_03:

Alasan utama saya ngga mau servis berkala ke bengkel resmi ya cuma karena biaya nya aja, dengan pengerjaan yang sama, di bengkel swasta itu mungkin bisa 50% lebih murah, bahkan lebih. Misal nya pengerjaan carbon clean, di bengkel resmi mungkin bisa 500rb, di bengkel swasta paling 250rb. Secara kualitas pengerjaan juga sama lah, bahkan bisa jauh lebih bagus dibanding beres.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

Perihal buku servis dan tjap2 an...sejauh saya jual mobil berkali2, ga tralu ngaruh signifikan sehh ke harga jual

Rata2 saya bsa jual dgn harga wajar padahal mobil2 saya jarang yb servis rutin d beres

Yg penting sblom d jual, mobil d ganti oli, baret2 d sol ulang, interior d vaccum ama pasang pewangi gantung, mobil di poles... bunyi2 sbisa mungkin d betulin.. nahh kl ud gini, pembeli (yg beneran, kl pedege mah mau tjap ampe tanda tangan presdir atpm jg ga bakal ngaruh) jg brani2 aj beli
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 7:03 Perihal buku servis dan tjap2 an...sejauh saya jual mobil berkali2, ga tralu ngaruh signifikan sehh ke harga jual

Rata2 saya bsa jual dgn harga wajar padahal mobil2 saya jarang yb servis rutin d beres

Yg penting sblom d jual, mobil d ganti oli, baret2 d sol ulang, interior d vaccum ama pasang pewangi gantung, mobil di poles... bunyi2 sbisa mungkin d betulin.. nahh kl ud gini, pembeli (yg beneran, kl pedege mah mau tjap ampe tanda tangan presdir atpm jg ga bakal ngaruh) jg brani2 aj beli
Setuju apalagi kalo ke pengguna langsung, pengalaman saya dulu waktu jual Avanza 2004 itu gampang banget, karena kebetulan ada beberapa temen ortu juga yg udah ngincer sih, jd ya semi lelang aja mana yg berani nawar paling tinggi. Karena kebetulan orang2 itu tau bagaimana kondisi dan perawatan mobil saya. Ngga perlu pake bilang service record lah apa lah, ya kondisi aktual aja terserah bagaimana dia menilai aja

Ini aja yg beli Avanza udah nanyain mulu kapan Innova nya dijual, dia udah siap bayarin
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15539
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 7:03 Perihal buku servis dan tjap2 an...sejauh saya jual mobil berkali2, ga tralu ngaruh signifikan sehh ke harga jual

Rata2 saya bsa jual dgn harga wajar padahal mobil2 saya jarang yb servis rutin d beres

Yg penting sblom d jual, mobil d ganti oli, baret2 d sol ulang, interior d vaccum ama pasang pewangi gantung, mobil di poles... bunyi2 sbisa mungkin d betulin.. nahh kl ud gini, pembeli (yg beneran, kl pedege mah mau tjap ampe tanda tangan presdir atpm jg ga bakal ngaruh) jg brani2 aj beli
stuju... service record kesannya kyk cm good to have tapi bkn prioritas utama... yg bikin pembeli mau pasti kondisi barangnya dl. gw ngambil dan ngejual mobil slama ini ga pernah ditanya service record. test drive bentar terus deal harga cocok ya ud dibawa sama pembelinya... :mky_01:

klo kondisi barangnya bapuk luar dalem suara mesin kasar dibawa jalan ngelitik dan klotak klotok semua mau serv record beres semua jg udah illfeel liatnya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Or4cle »

Service record itu hanya buat cover kejadian engine defect / failure di masa garansi
abis masa garansi ya say goodbye, sayonara, ciao adios Beres :big_grin:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 6:20
erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 4:07
evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 2:03

Betulll, kayak chamber cleaner, brake cleaner, cairan flush-flush lainnya. Memang itu juga jadi ladang cuan nya mereka sih. Kalo cuma mengandalkan jasa ngga akan nutup biaya operasionalnya.

Jangankan harga cairan-cairan gitu. Beli ban di bengkel resmi aja harga bisa jauh tinggi dibanding di toko ban. Ya aji mumpung sih banyak orang yg hidup mati semua urusan mobil dibawa ke bengkel resmi
:mky_03:
Satu lagi yg jadi bancakan beres = filter ac om. Gile aja barang cuma kertas dilipet2 yg plg harganya maks 70rb di tokped bs di mark up sampe 300-400 ribu om :big_biglaugh: , pdhl di tokped yg jual 15rb dan merknya terjamin (certified) aja ada
Alasannya karena 'original'. padahal banyak banget parts yang misalnya wiper itu antara dus ori atoyot sama denso premium graphite ya sama aja. Cuma beda dus, harganya bisa jauh banget. Selain itu juga banyak part2 lain kayak filter ori, bearing2, bahkan part besar macem water pump aja antara beli langsung merek itu dibanding merek itu tp pake dus atoyot ya harga beda jauh
:mky_01:
Nah kl wiper2an itu justru untung2an loh om, saya bbrp kali dpt harga lbh murah dibanding toko variasi dan dpt diskon dikit di toyota. Dan sy senengnya pasti terjamin asli, cb di toko variasi biasanya denso2an, nwb2an, bosch2an. Belum biasanya kl toko variasi pd kira2 nentuin ukuran pjgnya, ini yg paling saya sebel. Kl dealer udah ada part number jd panjangnya pasti bener
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by gadjahalphien »

erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 8:24
Nah kl wiper2an itu justru untung2an loh om, saya bbrp kali dpt harga lbh murah dibanding toko variasi dan dpt diskon dikit di toyota. Dan sy senengnya pasti terjamin asli, cb di toko variasi biasanya denso2an, nwb2an, bosch2an. Belum biasanya kl toko variasi pd kira2 nentuin ukuran pjgnya, ini yg paling saya sebel. Kl dealer udah ada part number jd panjangnya pasti bener
Jadi inget di Beres D,, wiper depan lcgc saya.
Ternyata cuma 70an include pasang.

Beda lagi sama beres H tegak, karet wiper doang diatas 100
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

gadjahalphien wrote: Mon Jul 20, 2020 10:36
erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 8:24
Nah kl wiper2an itu justru untung2an loh om, saya bbrp kali dpt harga lbh murah dibanding toko variasi dan dpt diskon dikit di toyota. Dan sy senengnya pasti terjamin asli, cb di toko variasi biasanya denso2an, nwb2an, bosch2an. Belum biasanya kl toko variasi pd kira2 nentuin ukuran pjgnya, ini yg paling saya sebel. Kl dealer udah ada part number jd panjangnya pasti bener
Jadi inget di Beres D,, wiper depan lcgc saya.
Ternyata cuma 70an include pasang.

Beda lagi sama beres H tegak, karet wiper doang diatas 100
Kl di kota saya mau karet doang/sama bladenya kalo model besi di range 80-100 om. Kl di variasi, sebiji aja bs 125rb sendiri. Kl honda saya berani beli ori, krn bs tahan 2th lebih dikit. Wiper variasi 1th udah mokat, ketahanannya selevel denso yg 50rb an
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 8:24
evanbngdor wrote: Mon Jul 20, 2020 6:20
erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 4:07

Satu lagi yg jadi bancakan beres = filter ac om. Gile aja barang cuma kertas dilipet2 yg plg harganya maks 70rb di tokped bs di mark up sampe 300-400 ribu om :big_biglaugh: , pdhl di tokped yg jual 15rb dan merknya terjamin (certified) aja ada
Alasannya karena 'original'. padahal banyak banget parts yang misalnya wiper itu antara dus ori atoyot sama denso premium graphite ya sama aja. Cuma beda dus, harganya bisa jauh banget. Selain itu juga banyak part2 lain kayak filter ori, bearing2, bahkan part besar macem water pump aja antara beli langsung merek itu dibanding merek itu tp pake dus atoyot ya harga beda jauh
:mky_01:
Nah kl wiper2an itu justru untung2an loh om, saya bbrp kali dpt harga lbh murah dibanding toko variasi dan dpt diskon dikit di toyota. Dan sy senengnya pasti terjamin asli, cb di toko variasi biasanya denso2an, nwb2an, bosch2an. Belum biasanya kl toko variasi pd kira2 nentuin ukuran pjgnya, ini yg paling saya sebel. Kl dealer udah ada part number jd panjangnya pasti bener
Belinya ya jangan di toko variasi2an Om. Kalo saya sih selalu beli nya di GIIAS, di booth nya brand itu langsung. Dijamin asli dan tentunya ada diskon. Denso Premium Graphite yg dalemnya itu NWB aja sepasang untuk Innova gak sampe 100rb. Ukuran 27"-16"

Kalo Wiper CRV sih biasa saya beli isi ulang nya aja di toko sparepart ahond, lebih murah dibanding beres yg jelas
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Kent »

kayaknya disini pada anti sekali ya sama bengkel resmi, saya malah semua mau nya bengkel resmi.
berapa kali di kerjakan bengkel di tipu, malah sepengalaman sih better bengkel resmi.

oli bawa sendiri, sama filter ac, wiper (pokoknya part yg aftermarket).. sisanya klo beli original selalu beli dr bengkel rersmi.
bahkan panther isuzu tuwir aja suruh supir bawa ke Isuzu, bukti di ganti dan jasa semua jelas.
malah dr sisi harga rasanya gk beda jauh ya dibanding bengkel biasa.
kecuali ganti kaki2, sparepart beli di Honda pasang di bengkel kaki (biar jasa nya gk mahal saja, krn logika nya ganti shock gk bakal kenapa2)
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Kent »

tapi yg menarik itu bengkel isuzu, spare part dan jasa bs lebih murah di bengkel resmi.
coba saja check filter oli, filter udara, bahkan shock braker saja murah di bengkel resmi.

ganti shock depan belakang dan jasa cuman kena 1,5jt klo gk salah.
sudah pakai shock paling bgus.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Kent »

erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 11:23
gadjahalphien wrote: Mon Jul 20, 2020 10:36
erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 8:24
Nah kl wiper2an itu justru untung2an loh om, saya bbrp kali dpt harga lbh murah dibanding toko variasi dan dpt diskon dikit di toyota. Dan sy senengnya pasti terjamin asli, cb di toko variasi biasanya denso2an, nwb2an, bosch2an. Belum biasanya kl toko variasi pd kira2 nentuin ukuran pjgnya, ini yg paling saya sebel. Kl dealer udah ada part number jd panjangnya pasti bener
Jadi inget di Beres D,, wiper depan lcgc saya.
Ternyata cuma 70an include pasang.

Beda lagi sama beres H tegak, karet wiper doang diatas 100
Kl di kota saya mau karet doang/sama bladenya kalo model besi di range 80-100 om. Kl di variasi, sebiji aja bs 125rb sendiri. Kl honda saya berani beli ori, krn bs tahan 2th lebih dikit. Wiper variasi 1th udah mokat, ketahanannya selevel denso yg 50rb an
wiper saya ada suggest pakai bosch yg seri aerotwin, tp harus dpt brang baru (bs tahan 2thn).
klo merk denso 1 thn jg modar (udah paling oke merk denso dibanding yg lain.
jangan beli merk aerofit, saya beli dr official store aja jelek (masa di pakai berisik, dan saking keset nya bs mental dr dudukan wiper)
kacau itu aerofit.