Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

coklatMetalik wrote: Tue Oct 01, 2019 5:18 Bengkel kaki langganan sy sih lbh rekomen TRW daripada 555, walaupun 555 jg gk jelek
TRW buatan mana dulu om, ad lokal ad jg thailand, harga beda ckup jauh.. konon TRW jg jd part OEM duo kaleng legendaris jd yahh mustinya not bad

tp ane sendiri di 4ja1 pick up ama ipah tuwir kaki2 ud smuanya full 555 ori, ga masalah sehh, mobil sering dipake angkat barbel gila2an

* tambahan:

tp utk parts tertentu dan mobil tertentu, kadang ori bawaan malah lebi kuat, even dibanding 555 ori jepun.. misal, ball joint bawah ipah ane rasain lebi enak dan mantap yg ori dibanding 555 ori, laen crita utk panther, yg bawaan malah pd rontok duluan dibanding 555
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

DOHC wrote: Tue Oct 01, 2019 7:38
TRW buatan mana dulu om, ad lokal ad jg thailand, harga beda ckup jauh.. konon TRW jg jd part OEM duo kaleng legendaris jd yahh mustinya not bad

tp ane sendiri di 4ja1 pick up ama ipah tuwir kaki2 ud smuanya full 555 ori, ga masalah sehh, mobil sering dipake angkat barbel gila2an

* tambahan:

tp utk parts tertentu dan mobil tertentu, kadang ori bawaan malah lebi kuat, even dibanding 555 ori jepun.. misal, ball joint bawah ipah ane rasain lebi enak dan mantap yg ori dibanding 555 ori, laen crita utk panther, yg bawaan malah pd rontok duluan dibanding 555
TRW thailan om
Sy pake di 2 mobil
Kata montir bengkel kaki sih kalo 555 pengen awet mesti sering digemukin....
Klo TRW lbh maintenance free
Gk tau bener atau nggak, yg jelas sy gk males kalo hrs sengaja ke bengkel cuma buat gemukin kaki2, jd sy pake TRW...

CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by sm4 »

Saya juga ada pengalaman di bengkel resmi Nissan dan Toyota (Nasmoco). Dua2nya di Solo.

Nissan Jebres: Waktu masih piara Nissan March A/T, selalu ke beres Nissan Jebres. Fasilitas lumayan ada ruang tunggu, tersedia minum dan jajan pasar, dan antrian sedikit (dibanding merk T) . Service memuaskan. Semua keluhan selalu ditangani dengan baik. Selalu dapat SA jujur. Ga pernah nawari aneh2 di luar paket service. Ga perna ada biaya siluman juga.

Kekurangan cuma kalau pas ambil mobil setelah jam istirahat siang,si SA yang nerima pagi, sering dia belum balik ke tempat. Mau ga mau di-handle ma SA lain yg sudah stand-by atau nunggu aga lama.

---

Toyota (Nasmoco): udah coba tiga2 di Solo. Tapi kalau bole pilih: Solo Baru paling oke. Service Avanza E M/T. Padahal saya termasuk customer yang "rewel" dan sangat "detail".

Semua klaim garansi dilayani tanpa berbelit2. Yang pertama klaim kancingan peredam kap mesin kurang sebiji (sepele sih). Yang kedua klaim bunyi2 di plafon atau bagian belakang mobil. Saya perhatikan, ini penyakit selalu ada di avanza, calya sama rush, terutama kalau pas hawa panas dan double blower tidak nyala atau kurang dingin.

Yang kasus kedua ini emang rada lumayan. Baut a/c double blower yang ke plafon harus diganti semua dan harus OH plafon. Mobil masuk pagi kelar sore. Kerjaan rapi dan kabin langsung senyap sampai sekarang. Tidak ada biaya sepeserpun buat OH plafon dan ganti baut2nya karena masi di-cover garansi. Ini Nasmoco Solo baru. SA-nya pak Theo (kalau ndak salah ingat)

O iya, setelah service yg km 50k, sempet ada sedikit masalah kalau a/c pertama kali dihidupkan. Ada bunyi "trrr". Garansi service 15 hari dah lewat. Tapi pas klaim engga dipersulit. Langsung di cek dan dibetulin gratis (ada baut filter udara atau apa gitu katanya lepas). Aga kecewa sih karena harus balik lagi ke bengkel. Tapi karena mereka ga persulit dan di-cek dan di-betulin gratis (biarpun garansi service sudah lewat), yah sudah lah...

Perna juga body repair bumper depan belakang di Nasmoco Ringroad. Pelayanan oke juga. Ada layanan antar dari bengkel ke rumah gratis selama mobil nginap (tapi yang antar sales sih, jadi pas sampe rumah dimintain nomor WA deh..). Hasil body repair oke tapi kurang teliti juga. Saya ada komplain soal gap bumper kiri belakang kurang rapat waktu pengambilan. Langsung diperbaiki. SA nya pak Arif. Banyak promo juga di cabang sini. Tapi aga malas ke sini kecuali butuh body repair. Lokasi jauh bener dari rumah. Mesti lewat tol.

Kalau di Nasmoco Slamet Riyadi, pelayanan oke juga. Cuma sering antrian penuh jadi waktu service aga lama. Mungkin karena lokasi paling strategis di antara ketiga cabang di Solo. Cuma ada pengalaman ga enak waktu service di sini, ngisi air radiator di reservoir cadangan melebihi batas max. Saya komplain ke SA dia bilang gpp pak. Karena malas debat, sampe rumah langsung saya kurangin sampe pas di level max.

---

Jadi, kesimpulan saya sih, BeRes yg saya datengi lumayan oke. Jujur dan ga perna ada biaya siluman. Sisa oli baru selalu dibungkus rapi dan ditaruh bagasi mobil. Sisa part2 yg diganti (Nissan March dulu ganti fan karena umur) juga dikasi dan dibungkus rapi. Mau nge-cek unit waktu di service juga ga di larang (cuma ga tahan lama2 karena panas). TAPI, masalah ketelitian dan QC/final inspection masi perlu ditingkatkan.

Entah kalau di BeRes ATPM lain. Pengalaman tiap orang bisa beda2.

* Bukan sales T apa N.
* Berdasarkan pengalaman sendiri.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

gorengan gorengan, masih anget nih

kejadian di teman baik ane.
servis innova bensin di jaringan beres terbesar nusantara. umur boilnya setaon.
biaya servis abis 2,9 jeti, entah apa aja yang diservis itu, masak boil setaon udah banyak banget item2 servisnye :big_weee:

Tapi yang rada2 adalah.....kondisi pas masuk bengkel, lampu indikator semuanya normal.
tibalah giliran teman ane dipanggil SA (sales advisor). begitu duduk di meja sa, dikasih info kalau di dalam kap mesin ditemukan duri kering, kemungkinan tikus pernah masuk sono.
ngobrol2 sekitar 5 menit sambil disajikan item2 servis yang PERLU dilakukan, si SA dapat info dari mekanik kalo lampu warning ABS barusan nyala :big_slap:
Si SA ngomong ke teman ane tsb : nah kan pak, barusan saya bilang kemungkinan tikus masuk ke kap mesin, ini lampu indikator ABSnya sudah nyala. ada kabel yang digigit tikus. biaya servis kabel sekian

kondisi mobil teman ane dipake jalan tiap hari, bukan mobil yang didiemin berminggu2. kalopun memang ada tikus masuk ke kap mesin dan gigit kabel, peluangnya berapa persen tuh kabel putus/error pas banget waktu teman ane di meja SA.

besok boil baru masuk lagi ke beres untuk perbaikan kabel putus, semoga aja kagak disajikan menu perbaikan2 lainnya terkait gigitan tikus laknat itu
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by IGedeAmat »

pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 3:46 gorengan gorengan, masih anget nih

kejadian di teman baik ane.
servis innova bensin di jaringan beres terbesar nusantara. umur boilnya setaon.
biaya servis abis 2,9 jeti, entah apa aja yang diservis itu, masak boil setaon udah banyak banget item2 servisnye :big_weee:

Tapi yang rada2 adalah.....kondisi pas masuk bengkel, lampu indikator semuanya normal.
tibalah giliran teman ane dipanggil SA (sales advisor). begitu duduk di meja sa, dikasih info kalau di dalam kap mesin ditemukan duri kering, kemungkinan tikus pernah masuk sono.
ngobrol2 sekitar 5 menit sambil disajikan item2 servis yang PERLU dilakukan, si SA dapat info dari mekanik kalo lampu warning ABS barusan nyala :big_slap:
Si SA ngomong ke teman ane tsb : nah kan pak, barusan saya bilang kemungkinan tikus masuk ke kap mesin, ini lampu indikator ABSnya sudah nyala. ada kabel yang digigit tikus. biaya servis kabel sekian

kondisi mobil teman ane dipake jalan tiap hari, bukan mobil yang didiemin berminggu2. kalopun memang ada tikus masuk ke kap mesin dan gigit kabel, peluangnya berapa persen tuh kabel putus/error pas banget waktu teman ane di meja SA.

besok boil baru masuk lagi ke beres untuk perbaikan kabel putus, semoga aja kagak disajikan menu perbaikan2 lainnya terkait gigitan tikus laknat itu
barang bukti duri kering, kabel yang ke gigit, apakah diperlihatkan Om ?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Herman7103 »

pengendiesel wrote:gorengan gorengan, masih anget nih

kejadian di teman baik ane.
servis innova bensin di jaringan beres terbesar nusantara. umur boilnya setaon.
biaya servis abis 2,9 jeti, entah apa aja yang diservis itu, masak boil setaon udah banyak banget item2 servisnye :big_weee:

Tapi yang rada2 adalah.....kondisi pas masuk bengkel, lampu indikator semuanya normal.
tibalah giliran teman ane dipanggil SA (sales advisor). begitu duduk di meja sa, dikasih info kalau di dalam kap mesin ditemukan duri kering, kemungkinan tikus pernah masuk sono.
ngobrol2 sekitar 5 menit sambil disajikan item2 servis yang PERLU dilakukan, si SA dapat info dari mekanik kalo lampu warning ABS barusan nyala :big_slap:
Si SA ngomong ke teman ane tsb : nah kan pak, barusan saya bilang kemungkinan tikus masuk ke kap mesin, ini lampu indikator ABSnya sudah nyala. ada kabel yang digigit tikus. biaya servis kabel sekian

kondisi mobil teman ane dipake jalan tiap hari, bukan mobil yang didiemin berminggu2. kalopun memang ada tikus masuk ke kap mesin dan gigit kabel, peluangnya berapa persen tuh kabel putus/error pas banget waktu teman ane di meja SA.

besok boil baru masuk lagi ke beres untuk perbaikan kabel putus, semoga aja kagak disajikan menu perbaikan2 lainnya terkait gigitan tikus laknat itu
Lumayan mantap biaya servicenya 2.9 jt untuk mobil yg baru berumur setahun wkwkwk. Kalau pengalaman gue untuk mobil bensin juga sampai umur 3 tahun belum pernah sekalipun juga gue bayar sampai 2.9 juta walau service di bengkel resmi juga wkwkwk. Paling mahal selama gue pelihara mobil bensin selama 6 tahun lebih pemakaiannya, mah
saat gue ganti dgn kuras oli matic CVT mobil, pakai 8 ltr oli CVT dan kuras air radiator dan ganti 3 botol radiator Coolant long life dan bersihkan seluruh system AC mobil, saat mobil di tahun ke 4 pemakaian, kena biaya 2.6 juta saja.[emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 3:46 gorengan gorengan, masih anget nih

...............
serba salah kl sdh begini, bengkel dan customer sama2 bisa jadi salah satu yg dirugikan dlm posisi root cause nya ga jelas krn ada dispute dr mana trouble itu berasal.

itulah kenapa sy skrg DIY meski dlm masa warranty krn selama punya mobil saya ga pernah claim yg high dollar parts. dan juga biasanya premature failure terjadi di 3 bulan - 6 bulan pertama penggunaan mobil dr baru which is msh ada kesempatan claim pas svc 10k jika memang ada factory defects. utk part failures due to durability issue kl memang high occurrence tinggal tunggu recall. berharap aja selalu begitu, sisanya sy lbh baik beli sendiri partsnya drpd claim krn sebetulnya there's no such thing as a free lunch. drpd digetok mendingan uangnya buat beli oli keraton atau tools. ada bnyk org yg mungkin tdk sepakat dgn ini but I'd say to each his own.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

IGedeAmat wrote: Wed Jul 08, 2020 4:50
barang bukti duri kering, kabel yang ke gigit, apakah diperlihatkan Om ?
setahu ane sih kagak om.
teman ane juga orangnya kagak ngerti perawatan mobil sama sekali. jadinya iya iya aja saat SAnya ngomong.
ntar ane minta teman buat minta ditunjukkan kabel yang kegigit sama durinya.
thanks masukannya om :big_deal:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

Herman7103 wrote: Wed Jul 08, 2020 4:56
Lumayan mantap biaya servicenya 2.9 jt untuk mobil yg baru berumur setahun wkwkwk. Kalau pengalaman gue untuk mobil bensin juga sampai umur 3 tahun belum pernah sekalipun juga gue bayar sampai 2.9 juta walau service di bengkel resmi juga wkwkwk. Paling mahal selama gue pelihara mobil bensin selama 6 tahun lebih pemakaiannya, mah
saat gue ganti dgn kuras oli matic CVT mobil, pakai 8 ltr oli CVT dan kuras air radiator dan ganti 3 botol radiator Coolant long life dan bersihkan seluruh system AC mobil, saat mobil di tahun ke 4 pemakaian, kena biaya 2.6 juta saja.[emoji2]
market leader gitu loh :mky_08:
tapi emang, yang bilang perawatan merk market leader itu murah, mungkin ngerawatnya gak di beres dan pake parts kw.
kalo ngerawatnya di beres, abisnya hampir pasti banyak. oli 0w20 aja seliter udah deket 200 rebu.
belum harga jasa2nya yang wow pake bingits
dan gak pernah sepi tuh....jos memangnya :big_exellent:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 5:51
serba salah kl sdh begini, bengkel dan customer sama2 bisa jadi salah satu yg dirugikan dlm posisi root cause nya ga jelas krn ada dispute dr mana trouble itu berasal.

itulah kenapa sy skrg DIY meski dlm masa warranty krn selama punya mobil saya ga pernah claim yg high dollar parts. dan juga biasanya premature failure terjadi di 3 bulan - 6 bulan pertama penggunaan mobil dr baru which is msh ada kesempatan claim pas svc 10k jika memang ada factory defects. utk part failures due to durability issue kl memang high occurrence tinggal tunggu recall. berharap aja selalu begitu, sisanya sy lbh baik beli sendiri partsnya drpd claim krn sebetulnya there's no such thing as a free lunch. drpd digetok mendingan uangnya buat beli oli keraton atau tools. ada bnyk org yg mungkin tdk sepakat dgn ini but I'd say to each his own.
nah itu om, teman ane kagak ngerti perawatan mobil. mobil pokoknya tinggal diisi bensin, jalan, udah.
sisanya pasrah ke orang bengkel
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 5:51
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 3:46 gorengan gorengan, masih anget nih

...............
serba salah kl sdh begini, bengkel dan customer sama2 bisa jadi salah satu yg dirugikan dlm posisi root cause nya ga jelas krn ada dispute dr mana trouble itu berasal.

itulah kenapa sy skrg DIY meski dlm masa warranty krn selama punya mobil saya ga pernah claim yg high dollar parts. dan juga biasanya premature failure terjadi di 3 bulan - 6 bulan pertama penggunaan mobil dr baru which is msh ada kesempatan claim pas svc 10k jika memang ada factory defects. utk part failures due to durability issue kl memang high occurrence tinggal tunggu recall. berharap aja selalu begitu, sisanya sy lbh baik beli sendiri partsnya drpd claim krn sebetulnya there's no such thing as a free lunch. drpd digetok mendingan uangnya buat beli oli keraton atau tools. ada bnyk org yg mungkin tdk sepakat dgn ini but I'd say to each his own.
Stuju

Wong saya aj servis rem d beres lah koq masang kampas tromol bsa ga diputer pin kunci nya

Bahkan alumni asem reges aj tau itu pin tromol musti diputer buat ngunci
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Herman7103 »

pengendiesel wrote:
Herman7103 wrote: Wed Jul 08, 2020 4:56
Lumayan mantap biaya servicenya 2.9 jt untuk mobil yg baru berumur setahun wkwkwk. Kalau pengalaman gue untuk mobil bensin juga sampai umur 3 tahun belum pernah sekalipun juga gue bayar sampai 2.9 juta walau service di bengkel resmi juga wkwkwk. Paling mahal selama gue pelihara mobil bensin selama 6 tahun lebih pemakaiannya, mah
saat gue ganti dgn kuras oli matic CVT mobil, pakai 8 ltr oli CVT dan kuras air radiator dan ganti 3 botol radiator Coolant long life dan bersihkan seluruh system AC mobil, saat mobil di tahun ke 4 pemakaian, kena biaya 2.6 juta saja.[emoji2]
market leader gitu loh :mky_08:
tapi emang, yang bilang perawatan merk market leader itu murah, mungkin ngerawatnya gak di beres dan pake parts kw.
kalo ngerawatnya di beres, abisnya hampir pasti banyak. oli 0w20 aja seliter udah deket 200 rebu.
belum harga jasa2nya yang wow pake bingits
dan gak pernah sepi tuh....jos memangnya :big_exellent:
Yup saya setuju sekali memang yang bilang perawatan merk market leader itu murah memang yang ngerawatnya tidak di bengkel resminya dan mungkin memang pakai parts KW yg banyak beredar wkwkwk. Tapi kalau owner nya ngerawat benar benar di bengkel resmi yah seperti yang dialami teman om lah biaya service Innoxx bensin ngak jauh jauh dari 2 atau 3 jutaan lah.
Tapi sebenarnya juga dari pengalaman selama 6 tahun lebih piara mobil bensin yg bukan merk market leader toh kalau saya servicenya di bengkel non beres juga biayanya juga malah lebih murah lagi wkwkwk. Service ganti oli dan filter oli mesin cuma 35 ribu doank dimana oli mesin dan filter oli dari kita.[emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 6:04
market leader gitu loh :mky_08:
tapi emang, yang bilang perawatan merk market leader itu murah, mungkin ngerawatnya gak di beres dan pake parts kw.
kalo ngerawatnya di beres, abisnya hampir pasti banyak. oli 0w20 aja seliter udah deket 200 rebu.
belum harga jasa2nya yang wow pake bingits
dan gak pernah sepi tuh....jos memangnya :big_exellent:
yg ngehe di beres itu ongkos jasanya... bs separo sendiri... gw liat rincian biasa di luaran cm separonya, ga ad itu ongkos jasa ngehe delapan ratus ribu ampe sejuta buat bongkar pasang baut tap oli dan bongkar pasang roda... gila sih, ngerjain mobil satu mobil bisa keroyok 4 orang padahal, di luaran montirnya kadang ngerjain sendiri ga ad yang bantuin.

svc di luaran sejuta mahh uda ongkos bongkar pasang kopling. svc bongkar pasang rem di luaran malah kadang ga dicharge jasa.

klo mau tau yang lebih sinting pake merk eropa, svc di luaran atau spesialis ongkosnya bisa cm 1/2 atau 1/4 ongkos di beres... :big_biglaugh: mark up jasanya gila gilaan di beres eropa.

kmrn nanya estimasi buat svc golf mk6... sinting mobil begini berkala aja enem juta separonya jasa. tmen gw svc di luar merc S class ga ampe separonya di beres... mungkin skrg karena itu dibikin program service inclusive... mayan lah getok di depan dulu.

parts sbenernya ga beda jauh kalo sama-sama ori. gw dibikinin estimasi buat golf mk6 ama sodara gw... harga partnya mirip-mirip.

KW pun kadang malah lbh awet dari ori... kadang kw itu istilah montir buat barang non oem. harganya bs lebi murah bisa sama aja.

gw pertama ngomong kw jelek diomelin montir gw dibilang lah part non oem itu ya kw namanya... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

Sejauh ini pakai H tegak, dan S, biaya beres masih wajar. Dulu pakai brio 3 tahun, perawatan selalu di beres, free jasa cuma setahun, tapi ongkos perawatan 6 bulanan rata2 1jt include oli, dan chemical2 basic macam TB cleaner, brake cleaner. Klo di beres logo S, karena free jasa, paling per 6 bulan kena 400-500 ribu include oli dan chemical2 basic.

Dan cukup puas sih.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Wed Jul 08, 2020 8:13
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 6:04
market leader gitu loh :mky_08:
tapi emang, yang bilang perawatan merk market leader itu murah, mungkin ngerawatnya gak di beres dan pake parts kw.
kalo ngerawatnya di beres, abisnya hampir pasti banyak. oli 0w20 aja seliter udah deket 200 rebu.
belum harga jasa2nya yang wow pake bingits
dan gak pernah sepi tuh....jos memangnya :big_exellent:
yg ngehe di beres itu ongkos jasanya... bs separo sendiri... gw liat rincian biasa di luaran cm separonya, ga ad itu ongkos jasa ngehe delapan ratus ribu ampe sejuta buat bongkar pasang baut tap oli dan bongkar pasang roda... gila sih, ngerjain mobil satu mobil bisa keroyok 4 orang padahal, di luaran montirnya kadang ngerjain sendiri ga ad yang bantuin.

svc di luaran sejuta mahh uda ongkos bongkar pasang kopling. svc bongkar pasang rem di luaran malah kadang ga dicharge jasa.

klo mau tau yang lebih sinting pake merk eropa, svc di luaran atau spesialis ongkosnya bisa cm 1/2 atau 1/4 ongkos di beres... :big_biglaugh: mark up jasanya gila gilaan di beres eropa.

kmrn nanya estimasi buat svc golf mk6... sinting mobil begini berkala aja enem juta separonya jasa. tmen gw svc di luar merc S class ga ampe separonya di beres... mungkin skrg karena itu dibikin program service inclusive... mayan lah getok di depan dulu.

parts sbenernya ga beda jauh kalo sama-sama ori. gw dibikinin estimasi buat golf mk6 ama sodara gw... harga partnya mirip-mirip.

KW pun kadang malah lbh awet dari ori... kadang kw itu istilah montir buat barang non oem. harganya bs lebi murah bisa sama aja.

gw pertama ngomong kw jelek diomelin montir gw dibilang lah part non oem itu ya kw namanya... :big_biglaugh:
Ya namanya jg bengkel resmi, bisa hidup drmn mereka kalo bukan dr biaya jasa para konsumennya. Biaya operasional mereka kan gede banget soalnya, udah gitu SDM dan fasilitas segitu banyak, maintain nya juga costly banget.
:mky_01:

Ada temen yang kerja sebagai salah satu manager bengkel resmi brand H, itu menurut dia aja seringkali nett-off antara pengeluaran dan pemasukan, malah kadang-kadang pengeluaran lebih gede, dan biaya terbesar itu emang biaya SDM nya, karena secara rate gaji juga pasti lebih tinggi drpd staff bengkel non resmi/bengkel kelas kios
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

evanbngdor wrote: Wed Jul 08, 2020 8:57
Ya namanya jg bengkel resmi, bisa hidup drmn mereka kalo bukan dr biaya jasa para konsumennya. Biaya operasional mereka kan gede banget soalnya, udah gitu SDM dan fasilitas segitu banyak, maintain nya juga costly banget.
:mky_01:

Ada temen yang kerja sebagai salah satu manager bengkel resmi brand H, itu menurut dia aja seringkali nett-off antara pengeluaran dan pemasukan, malah kadang-kadang pengeluaran lebih gede, dan biaya terbesar itu emang biaya SDM nya, karena secara rate gaji juga pasti lebih tinggi drpd staff bengkel non resmi/bengkel kelas kios
:mky_03:
Belom gaji management yang berlapis-lapis. Tiap tahun gaji naik. Bisa dibayangin kebeban overhead berapa kalo dibandingin bengkel luaran.
Dan customer harus bayar itu semua....gaji orang yang bahkan belum pernah ditemui sama sekali :big_biglaugh:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

ChZ wrote: Wed Jul 08, 2020 8:13
yg ngehe di beres itu ongkos jasanya... bs separo sendiri... gw liat rincian biasa di luaran cm separonya, ga ad itu ongkos jasa ngehe delapan ratus ribu ampe sejuta buat bongkar pasang baut tap oli dan bongkar pasang roda... gila sih, ngerjain mobil satu mobil bisa keroyok 4 orang padahal, di luaran montirnya kadang ngerjain sendiri ga ad yang bantuin.

svc di luaran sejuta mahh uda ongkos bongkar pasang kopling. svc bongkar pasang rem di luaran malah kadang ga dicharge jasa.

klo mau tau yang lebih sinting pake merk eropa, svc di luaran atau spesialis ongkosnya bisa cm 1/2 atau 1/4 ongkos di beres... :big_biglaugh: mark up jasanya gila gilaan di beres eropa.

kmrn nanya estimasi buat svc golf mk6... sinting mobil begini berkala aja enem juta separonya jasa. tmen gw svc di luar merc S class ga ampe separonya di beres... mungkin skrg karena itu dibikin program service inclusive... mayan lah getok di depan dulu.

parts sbenernya ga beda jauh kalo sama-sama ori. gw dibikinin estimasi buat golf mk6 ama sodara gw... harga partnya mirip-mirip.

KW pun kadang malah lbh awet dari ori... kadang kw itu istilah montir buat barang non oem. harganya bs lebi murah bisa sama aja.

gw pertama ngomong kw jelek diomelin montir gw dibilang lah part non oem itu ya kw namanya... :big_biglaugh:
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas. :big_biglaugh:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 12:22
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas. :big_biglaugh:
jangan2 emang gitu om :ngacir:
kjdana
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Jul 06, 2020 3:31
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Yamaha Nmax

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kjdana »

Temen yang kerja di salah satu beres kemarin2 sempat curhat kalo penjualan dari segi servis dan spare part sangat terganggu karena covid tapi target tetep harus tercapai. Akhirnya ya dia bilang sendiri kalo dia menyarankan pelanggannya untuk servis atau ganti part macem2 tapi gak sampe yg sengaja ngerusak komponen gitu sih
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by lemonadelovers »

Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 12:22
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas. :big_biglaugh:
Diperlakukan bagai raja.. tapi bayar..
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kunaskun »

pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56 terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
rate per work hour yg bikin beda. dan by system semua itu. keluar berapa dari system ya itu yg dikenakan ke konsumen.
dan memang suka aneh2, kadang kerjaan ganti kampas rem di mobil A disebut di system 0.5 work hour padahal realitanya 2 jam :mky_04: kalau ini konsumen hepi, nah giliran kampas rem di mobil B disebut di system 1.5 work hour padahal realitanya 1 jam kurang :big_dunno: kalau ini konsumen tidak hepi tentunya :mky_08:

dan satu hal lagi: kerjaan beres itu ada garansi selain spare part juga di kualitas pengerjaannya. ini yg bikin mahal, macem asuransi :big_grin: makanya mereka troubleshoot ga mau pusing, ganti part saja, less risk less future complain possibility :big_biglaugh: apalagi kalau beres yg mekanik dan kepala bengkel bener2 ngikutin SOP, semua difinishing dengan kunci torsi, bayar orang buat ngencengin baut dan biasanya mereka hapal itu rentang nilainya berapa :big_exellent: turun mesin ga ada ceritanya baut kurang atau malah lebih :big_slap: sealant kalau memang butuh spek khusus biasanya akan digunakan tentu ga pake sealant merah andelan sejuta bengkel :ungg: tapi ini beres yang ngikut SOP tentunya, dan memang ada beberapa beres yang saya perhatikan ga ngikut dengan alasan biasanya harga part tsb mahal banget, dan konsumen biasanya ga mau karena ada beberapa konsumen ngomel2 dikenakan misalnya sealant khusus tsb.

cuma seumur2 saya service di beres, mau berapa buluk dsb dan macam2 merek, rata2 sekarang sudah ga ada yang outsource. dulu AC kan ada tuh rekanan Denso dan tetep masuk garansi kalau memang butuh klaim garansi, sekarang sudah ngga ya.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

ChZ wrote: Wed Jul 08, 2020 8:13
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 6:04
market leader gitu loh :mky_08:
tapi emang, yang bilang perawatan merk market leader itu murah, mungkin ngerawatnya gak di beres dan pake parts kw.
kalo ngerawatnya di beres, abisnya hampir pasti banyak. oli 0w20 aja seliter udah deket 200 rebu.
belum harga jasa2nya yang wow pake bingits
dan gak pernah sepi tuh....jos memangnya :big_exellent:
yg ngehe di beres itu ongkos jasanya... bs separo sendiri... gw liat rincian biasa di luaran cm separonya, ga ad itu ongkos jasa ngehe delapan ratus ribu ampe sejuta buat bongkar pasang baut tap oli dan bongkar pasang roda... gila sih, ngerjain mobil satu mobil bisa keroyok 4 orang padahal, di luaran montirnya kadang ngerjain sendiri ga ad yang bantuin.

svc di luaran sejuta mahh uda ongkos bongkar pasang kopling. svc bongkar pasang rem di luaran malah kadang ga dicharge jasa.

klo mau tau yang lebih sinting pake merk eropa, svc di luaran atau spesialis ongkosnya bisa cm 1/2 atau 1/4 ongkos di beres... :big_biglaugh: mark up jasanya gila gilaan di beres eropa.

kmrn nanya estimasi buat svc golf mk6... sinting mobil begini berkala aja enem juta separonya jasa. tmen gw svc di luar merc S class ga ampe separonya di beres... mungkin skrg karena itu dibikin program service inclusive... mayan lah getok di depan dulu.

parts sbenernya ga beda jauh kalo sama-sama ori. gw dibikinin estimasi buat golf mk6 ama sodara gw... harga partnya mirip-mirip.

KW pun kadang malah lbh awet dari ori... kadang kw itu istilah montir buat barang non oem. harganya bs lebi murah bisa sama aja.

gw pertama ngomong kw jelek diomelin montir gw dibilang lah part non oem itu ya kw namanya... :big_biglaugh:
Jasa kadang dah mahal ko, tp pas nunggu kadang yg dikerjake aja ndak jelas+luamaa ya stgh ati ngeluarin duit sebanyak itu :big_biglaugh: . Pdhl jasa tinggi, bengkel juga masih cukup rame. Tapi mbuh kenapa dealer honda ICM tau2 april kemarin kukut jg lho, pdhl biasa rame terus yg serpis+kasih jasa mayan tinggi juga buat seukuran crv.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by iwansiagian »

Males nya ke beres selain lebih mahal jasa nya, waktunya juga kadang antri lama.
Baru kemarin ganti oli dan brake pad di mekanik langganan 30 menit selesai bayar 150 ribu untuk 2 pekerjaan.

Kalo Toyota sih saya selama masih garansi gratis jasa, pakai THS aja datang ke rumah.
Screenshot_20200708-200430_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

Pernah serpis berkala Toyota Kijang LGX 1.8 EFI KF82R-GRMNE 7K-E di beres

SAnya curhat. "Nyervis mobil kaya punya mas ini sebenernya ga untung buat bengkel. Biaya jasa paling murah tp ngerjainnya paling lama. Tiap komponen yg ada di SOP & komponen yg dikeluhkan hrs dicek satu per satu pake feeling. Beda sama mobil2 baru, biaya jasa lbh tinggi, tp tinggal cek2 pake scanner"

:upss:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82