Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Wed Apr 22, 2015 1:54

Re: RE: Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by Kaptenslow »

silentIm2 wrote: Sat Mar 18, 2017 14:31
iwidiyanto wrote:dan kalo ada yg nulis power dalam KW, di otak malah harus mikir konversinya ke hp, pdhl di sini satuan yg dipake rata2 metric, bukan imperial
Nah itu dia om, power pakai hp (imperial), torsi pake Nm (SI).

Padahal kalo mesin 100 hp @ 6000rpm ~ 75 kw,= 75000 Nm / s. Artinya saat itu mesin menghasilkan tenaga setara dengan mempercepat beban 75000 kg secepat 1 meter / detik^2 sejauh 1 meter setiap 1 detiknya.

Torsi @ 6000 rpm = 75000 Nm / s * 60 / 6000 / 2phi = 119, 36 Nm. Intuitif ngitungnya.

Kalo hp ke nm kan harus konversi dulu ke kw, atau dicari lb.ft dulu baru konversi ke nm.

Cmiiw

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Sedang mencoba dicerna..................
:big_childish: :big_chicken: :big_chicken: :big_slap:
#gagalpaham
:mky_08:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by coklatMetalik »

vipere wrote: Mon Mar 20, 2017 0:08 Bagaiman kalau pake satuan ini ?

- Energi kekuatan kuntilanak diibaratkan seperti percikan-percikan api kembang api.
- Energi kekuatan gondoruwo = 2 kali lipatnya kekuatan kuntilanak.
- Energi kekuatan & perlindungan mustika wesi kuning = 100 kali lipatnya kekuatan kuntilanak atau 50 kali lipatnya kekuatan gondoruwo.
- Energi kekuatan & perlindungan mustika merah delima (md) = 9 kali lipatnya kekuatan mustika wesi kuning.
- Energi kekuatan Ibu Kanjeng Ratu Kidul (KRK) seperti api lilin besar ( = 100 kali lipatnya kekuatan mustika merah delima).
- Energi kekuatan bangsa dewa utama seperti api obor ( = 300 kali lipatnya kekuatan gaib Ibu Kidul).
- Energi kekuatan bangsa buto seperti api obor besar ( = 600 - 1000 kali lipatnya kekuatan gaib ibu Ratu Kidul).
- Energi kekuatan para mahluk halus lain yang sampai ribuan kali lipatnya kekuatan kesaktian Ibu Kanjeng Ratu Kidul seperti api unggun besar.
Kalo acuannya pake api gini sih bukan satuan pengganti HP. Kalo untuk menggantikan satuan watt (buat lampu) mungkin bisa...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
limaues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by limaues »

newrubble wrote: Sun Mar 19, 2017 7:53 krn lbh byk german influence drpd other euro / amriki influences itu krn. ..............pd apapun disciplinary knowhow...........sampai pd jaman apapun

trmsk.....bgmn klemens jacob meckel (1842-1905) ajarkan jpn perang lawan satu planet

sorry out of topic
OOT nya keren koq om nambah wawasan banget :big_exellent:

Btw kalau German influence juga ada di Indo ya, Salah satu ya colokan socket listrik rumah nya samaan, padahal Negara tetangga banyak yang pake model inggris atau amrik style.. imo
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: RE: Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by ginting »

limaues wrote:
newrubble wrote: Sun Mar 19, 2017 7:53 krn lbh byk german influence drpd other euro / amriki influences itu krn. ..............pd apapun disciplinary knowhow...........sampai pd jaman apapun

trmsk.....bgmn klemens jacob meckel (1842-1905) ajarkan jpn perang lawan satu planet

sorry out of topic
OOT nya keren koq om nambah wawasan banget :big_exellent:

Btw kalau German influence juga ada di Indo ya, Salah satu ya colokan socket listrik rumah nya samaan, padahal Negara tetangga banyak yang pake model inggris atau amrik style.. imo
Kalo itu mungkin bawaan Holland, oom

Ya, Holland mungkin belajar dari Germany juga dlm bidang mechanical dan electrical


Sent from my K012 using Tapatalk

Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by Dekyarov »

newrubble wrote: Sun Mar 19, 2017 15:26 jpn russian war itu intinya mrk berdua rebutan manchuria n korea

russia dg warmwater policy .....sought seaport that never freez in winter sewa liaodong zone n bangun railway chain sampai ke st petersburg (5,800km)

jpn yg merasa punya big influence di zhonghua (emperor qing was jpn"s biggest debtor under art.1066 sub f shimonoseki jõyaku ..... ending the 1st sino jpn clash in 1895) anggap next target russia adalah serang jpn

jadi yg jpn lakukan adalah pre emptive attack (infantry offensive) persis spt jpn serang pearl harbour 1941 (air offensive)

..... celaka nya ..... wilhelm II (german emperor) masih sodara tsar nicolas II (sy suka sebut 'willy nicky' cling meski juga bersodara dgn georgie of brit)

n russian empire saat itu under strong domination of aryan slavs (white slavs with aryan genus) krn itulah ajaran karl marx pertama x laku di russia

sementara majority indigenous slavs hanya jadi kuli (tani) n mining workers
Oh pantes sampe sekarang salah satu profesor Korea bilang pendidikan adalah hidup dan mati.

Mungkin karena ada ditengah arus geopolitik. Jepang, China, Russia. Dan punya wajib militer.

Eh maaf ya oot.

:mky_01:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by newrubble »

korea n jpn itu sebetulnya bersodara spt jews dgn arabs .....tapi mrk sama sama deny bhw mrk saling terkait

apalagi ancient korean adalah bgn dr jpn

cari video korea di jpn susah skali.....dulu sampai 1999 jpn-ese car u masuk korea hrs rebranded spt honda legend jadi daewoo arcadia

mitsubishi proudia/dignity hrs jadi hyundai equus ....mitsy debonair s10 hrs jadi hyundai grandeur

masih ada bbrp lg
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by lemonadelovers »

Master2 mau tanya knp ada beda kayak gini:

Mobil : 2000cc redline 6500 rpm kurva tenaga naik terus sampe 5000rpm abis itu kurva menurun

Tp klo motor : 200cc redline 11rb rpm knp kurva tenaga saat d 6500 rpm naik terus sampe 9000rpm kemudian kurva turun..

Pertanyaan saya kenapa beda ya puncak tenaganya, bisa gak mobil kurva tenaga geser ke lebih tinggi redline jg geser lbh tinggi
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by coklatMetalik »

Sy pernah dengar, makin gede mesinnya, makin rendah rpm maksimumnya.....

Selain itu dipengaruhi jg desain ukuran pistonnya, overbore atau overstroke

CMIIW. Mungkin yg lbh ngerti mesin bs tambahin...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by billyd1773dz »

lemonadelovers wrote: Mon Mar 27, 2017 0:07 Master2 mau tanya knp ada beda kayak gini:

Mobil : 2000cc redline 6500 rpm kurva tenaga naik terus sampe 5000rpm abis itu kurva menurun

Tp klo motor : 200cc redline 11rb rpm knp kurva tenaga saat d 6500 rpm naik terus sampe 9000rpm kemudian kurva turun..

Pertanyaan saya kenapa beda ya puncak tenaganya, bisa gak mobil kurva tenaga geser ke lebih tinggi redline jg geser lbh tinggi
Beda di bore x stroke nya, durasi camshaft dan lift, juga desain intake dan exhaust nya om...

Short stroke cendrung ngasilin tenaga d rpm lebih tinggi, cam durasi tinggi dgn lift panjang dan short intake jg demikian.

Mbl yg seperti motor jg ada, seperti enjin F1 bisa sampai 10rb rpm lebih, mustang shelby gt350 V8 flat plane 5200cc tp bisa rev hingga 8000rpm++, honda B series vtec, F20 series vtec dll... Porshce dll banyak sih...

Paling gampang ganti camshaft dgn durasi lebih tinggi nanti torsi puncak akan geser ke rpm lebih tinggi hasilnya HP jg naik

Trus jadi ada variable camshaft... Durasinya dan lift bisa ganti, di rpm bawah lebih bagus pke durasi rendah, d rpm atas bisa switch jd durasi tinggi agar torsinya naik lagi... Ini istilah camswitching seperti vtec, valvetronic, valvematic proton cps dan mivec sohc

Klw vvti vtc vvt cvvt tivct dll beda lagi itu camphasing

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by KielConstantine »

That's why.. Deutschland über alles in der Welt.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: RE: Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by silentIm2 »


billyd1773dz wrote:
lemonadelovers wrote: Mon Mar 27, 2017 0:07 Master2 mau tanya knp ada beda kayak gini:

Mobil : 2000cc redline 6500 rpm kurva tenaga naik terus sampe 5000rpm abis itu kurva menurun

Tp klo motor : 200cc redline 11rb rpm knp kurva tenaga saat d 6500 rpm naik terus sampe 9000rpm kemudian kurva turun..

Pertanyaan saya kenapa beda ya puncak tenaganya, bisa gak mobil kurva tenaga geser ke lebih tinggi redline jg geser lbh tinggi
Beda di bore x stroke nya, durasi camshaft dan lift, juga desain intake dan exhaust nya om...

Short stroke cendrung ngasilin tenaga d rpm lebih tinggi, cam durasi tinggi dgn lift panjang dan short intake jg demikian.

Mbl yg seperti motor jg ada, seperti enjin F1 bisa sampai 10rb rpm lebih, mustang shelby gt350 V8 flat plane 5200cc tp bisa rev hingga 8000rpm++, honda B series vtec, F20 series vtec dll... Porshce dll banyak sih...

Paling gampang ganti camshaft dgn durasi lebih tinggi nanti torsi puncak akan geser ke rpm lebih tinggi hasilnya HP jg naik

Trus jadi ada variable camshaft... Durasinya dan lift bisa ganti, di rpm bawah lebih bagus pke durasi rendah, d rpm atas bisa switch jd durasi tinggi agar torsinya naik lagi... Ini istilah camswitching seperti vtec, valvetronic, valvematic proton cps dan mivec sohc

Klw vvti vtc vvt cvvt tivct dll beda lagi itu camphasing

:beer:
Bener kata om Billy. Selain itu ada lagi yaitu massa (berat) dari komponen piston, conrod, crankshaft, dan komponen2 bergerak di gearbox, drivetrain,hingga ke roda. Komponen mesin mobil lebih berat, sehingga RPM tidak bisa setinggi motor. Jadi di mesin mobil peak torque lebih besar dan dirancang di rpm relatif lebih rendah.

Heat dissipation juga beda. Mobil lebih terbatas heat dissipationnya dibanding motor. Hal ini mengharuskan compression ratio lebih kecil. Karena limitasi tsb mobil volume silinder lebih besar, stroke lebih panjang untuk maksimalkan torsi.

Engine life expentancy juga beda. Mobil dirancang ganti oli per 10000 km, motor 2000-3000 km sudah harus ganti. Mesin mobil diharapkan 200,000 km / 10 tahun tidak perlu overhaul. Mesin motor 50,000 km ga overhaul aja dah bagus.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by Pugman »

lemonadelovers wrote: Mon Mar 27, 2017 0:07 Master2 mau tanya knp ada beda kayak gini:

Mobil : 2000cc redline 6500 rpm kurva tenaga naik terus sampe 5000rpm abis itu kurva menurun

Tp klo motor : 200cc redline 11rb rpm knp kurva tenaga saat d 6500 rpm naik terus sampe 9000rpm kemudian kurva turun..

Pertanyaan saya kenapa beda ya puncak tenaganya, bisa gak mobil kurva tenaga geser ke lebih tinggi redline jg geser lbh tinggi
Itu pengaruh stroke piston alias panjang langkah piston Om, Untuk motor, mobik baik diesel maupun petrol engine daily used batas amannya maksimal 21m/s.

Contohnya Motor KTM Duke 200 cc punya bore x stroke 72 x 48,8 mm. Batas aman 21 m/s maka biasanya pabrikan akan mensetting redline sedikit dibawah katakanlah 20,5m/s
Rumusnya
(Stroke/1000 x 2 x rpm)/60s = 20,5m/s
(48,8/1000 x 2 x rpm)/60s = 20,5m/s
Maka redline di 12600rpm biasanya dispeedometer dipasang di 12500rpm.

Lalu dengan cc yang sama namun beda bore x stroke maka batas redline juga berubah
Contohnya sama 200cc namun Honda tiger dengan B x S, 63,5 x 62,2 mm dengan rumus yang sama maka batas amannya redline adalah di 10000rpm ini sudah masuk 20,7m/s.
Pabrikan biasanya akan menurunkan redline ke batas lebih aman katakanlah 9500rpm.

Batas 21m/s bisa dilewati namun piston, silinder dan spring valve harus mendapat treatment khusus
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by Pugman »

coklatMetalik wrote: Mon Mar 27, 2017 1:42 Sy pernah dengar, makin gede mesinnya, makin rendah rpm maksimumnya.....

Selain itu dipengaruhi jg desain ukuran pistonnya, overbore atau overstroke

CMIIW. Mungkin yg lbh ngerti mesin bs tambahin...
Yang pengaruh stroke nya Om karena piston speed untuk daily used tidak disarankan lebih dari 21m/s. Rata2 pabrikan mensetting redline rpm mesin di piston speed 19,5 - 20,5 m/s.

Overstroke itu berguna untuk mengail power dan torsi di rpm yang lebih rendah. Aplikasi ini lebih cocok untuk keadaan lalu lintas yang stop n go. Namun konsekuensinya ya rpm lebih rendah sehingga umumnya powernya lebih rendah namun torsi lebih tinggi
Dan overbore adalah sebaliknya, sedang engine square adalah kompromi keduanya.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: RE: Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by Pugman »

silentIm2 wrote: Mon Mar 27, 2017 14:23
billyd1773dz wrote:
lemonadelovers wrote: Mon Mar 27, 2017 0:07 Master2 mau tanya knp ada beda kayak gini:

Mobil : 2000cc redline 6500 rpm kurva tenaga naik terus sampe 5000rpm abis itu kurva menurun

Tp klo motor : 200cc redline 11rb rpm knp kurva tenaga saat d 6500 rpm naik terus sampe 9000rpm kemudian kurva turun..

Pertanyaan saya kenapa beda ya puncak tenaganya, bisa gak mobil kurva tenaga geser ke lebih tinggi redline jg geser lbh tinggi
Beda di bore x stroke nya, durasi camshaft dan lift, juga desain intake dan exhaust nya om...

Short stroke cendrung ngasilin tenaga d rpm lebih tinggi, cam durasi tinggi dgn lift panjang dan short intake jg demikian.

Mbl yg seperti motor jg ada, seperti enjin F1 bisa sampai 10rb rpm lebih, mustang shelby gt350 V8 flat plane 5200cc tp bisa rev hingga 8000rpm++, honda B series vtec, F20 series vtec dll... Porshce dll banyak sih...

Paling gampang ganti camshaft dgn durasi lebih tinggi nanti torsi puncak akan geser ke rpm lebih tinggi hasilnya HP jg naik

Trus jadi ada variable camshaft... Durasinya dan lift bisa ganti, di rpm bawah lebih bagus pke durasi rendah, d rpm atas bisa switch jd durasi tinggi agar torsinya naik lagi... Ini istilah camswitching seperti vtec, valvetronic, valvematic proton cps dan mivec sohc

Klw vvti vtc vvt cvvt tivct dll beda lagi itu camphasing

:beer:
Bener kata om Billy. Selain itu ada lagi yaitu massa (berat) dari komponen piston, conrod, crankshaft, dan komponen2 bergerak di gearbox, drivetrain,hingga ke roda. Komponen mesin mobil lebih berat, sehingga RPM tidak bisa setinggi motor. Jadi di mesin mobil peak torque lebih besar dan dirancang di rpm relatif lebih rendah.

Heat dissipation juga beda. Mobil lebih terbatas heat dissipationnya dibanding motor. Hal ini mengharuskan compression ratio lebih kecil. Karena limitasi tsb mobil volume silinder lebih besar, stroke lebih panjang untuk maksimalkan torsi.

Engine life expentancy juga beda. Mobil dirancang ganti oli per 10000 km, motor 2000-3000 km sudah harus ganti. Mesin mobil diharapkan 200,000 km / 10 tahun tidak perlu overhaul. Mesin motor 50,000 km ga overhaul aja dah bagus.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Dari yang disebutkan, sebenarnya faktor utamanya adalah piston speed dimana nilainya dipengaruhi panjang stroke.

Saya rasa artikel ini bisa menjawab
https://motogokil.com/2013/12/04/piston ... gan-mesin/
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Tenaga Unta (Camel Power), Standar baru kalkulasi daya output (yang diperjuangkan Nissan)

Post by coklatMetalik »

Pugman wrote: Mon Mar 27, 2017 14:49
coklatMetalik wrote: Mon Mar 27, 2017 1:42 Sy pernah dengar, makin gede mesinnya, makin rendah rpm maksimumnya.....

Selain itu dipengaruhi jg desain ukuran pistonnya, overbore atau overstroke

CMIIW. Mungkin yg lbh ngerti mesin bs tambahin...
Yang pengaruh stroke nya Om karena piston speed untuk daily used tidak disarankan lebih dari 21m/s. Rata2 pabrikan mensetting redline rpm mesin di piston speed 19,5 - 20,5 m/s.

Overstroke itu berguna untuk mengail power dan torsi di rpm yang lebih rendah. Aplikasi ini lebih cocok untuk keadaan lalu lintas yang stop n go. Namun konsekuensinya ya rpm lebih rendah sehingga umumnya powernya lebih rendah namun torsi lebih tinggi
Dan overbore adalah sebaliknya, sedang engine square adalah kompromi keduanya.
Ya setuju om, overstroke menghasilkan torsi di rpm yg lbh rendah, contohnya Kijang 7K-E yg torsi maksimalnya keluar di rpm serendah 2800 namun top speednya jg rendah...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82