Depresiasi mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Depresiasi mobil

Post by marama »

PRBS wrote: Fri Jun 29, 2018 13:41

Tapi saya masih banyak lihat, pedagang jual freed tahun 2012-2013 diangka 170jt loh.. di olx freed tahun 2012-2013 rata2 masih 170an jt..

Kalo freed tahun 2012 dijual 153 ya teman om jualnya kemurahan..
masuk akal kok om harga dibeli pedege 153, pedege jualnya buka hrg 170 hehehhe, pait2 di nego jd 165
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Depresiasi mobil

Post by sammyjimun »

IGedeAmat wrote: Wed Jul 11, 2018 8:14
sammyjimun wrote: Wed Jul 11, 2018 7:52 Maap agak OOT, worthed kah klo kita membeli mobil2 yg punya nilai depresiasi tinggi? dengan asumsi layak secara teknis dan untuk digunakan setiap hari
worthed atau gak bisa beda2 tergantung usernya,
dari sisi resale value, ada 3 jenis user;
1. concern banget soal resale value; kalo bisa harga jual lebih tinggi dari harga beli
(biasanya punya ciri2; mobil udah dipake bertahun2, tapi plastik bungkus jok dari dealer belum dibuka)

2. moderate; resale value bukan yg utama, tapi kalo emang bisa dijual tinggi, why not ?

3. Don't care; beli mobil buat dipake, bukan buat dijual lagi.
selama puas makenya, who cares about RV..

so, worthed apa gak, tergantung tipe user yang mana..
klo untuk used car om? istilahnya dengan budget terbatas, bisa dpt mobil (yg sebenarnya) yg oke tp karna RV yg super jeblok jadi murah
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Depresiasi mobil

Post by IGedeAmat »

sammyjimun wrote: Wed Jul 11, 2018 8:30
IGedeAmat wrote: Wed Jul 11, 2018 8:14 worthed atau gak bisa beda2 tergantung usernya,
dari sisi resale value, ada 3 jenis user;
1. concern banget soal resale value; kalo bisa harga jual lebih tinggi dari harga beli
(biasanya punya ciri2; mobil udah dipake bertahun2, tapi plastik bungkus jok dari dealer belum dibuka)

2. moderate; resale value bukan yg utama, tapi kalo emang bisa dijual tinggi, why not ?

3. Don't care; beli mobil buat dipake, bukan buat dijual lagi.
selama puas makenya, who cares about RV..

so, worthed apa gak, tergantung tipe user yang mana..
klo untuk used car om? istilahnya dengan budget terbatas, bisa dpt mobil (yg sebenarnya) yg oke tp karna RV yg super jeblok jadi murah
ya tetep sama om, mo beli mobil baru or bekas,
untuk contoh kasus yg om sebutin,
user tipe 1 bakal bilang not worthed
user tipe 3 bakal bilang worthed
user tipe 2, mungkin bakal liat2 juga aspek lain (konsumsi bbm, harga spare parts, dll) sebelum mutusin worthed apa gak
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Depresiasi mobil

Post by lemonadelovers »

sammyjimun wrote: Wed Jul 11, 2018 7:52 Maap agak OOT, worthed kah klo kita membeli mobil2 yg punya nilai depresiasi tinggi? dengan asumsi layak secara teknis dan untuk digunakan setiap hari
Klo sparepartnya mudah ambil aja om, klo depresiasinya ud besar buat turun lg persentasenya udah kecil banget
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Depresiasi mobil

Post by evanbngdor »

sammyjimun wrote: Wed Jul 11, 2018 8:30
IGedeAmat wrote: Wed Jul 11, 2018 8:14
sammyjimun wrote: Wed Jul 11, 2018 7:52 Maap agak OOT, worthed kah klo kita membeli mobil2 yg punya nilai depresiasi tinggi? dengan asumsi layak secara teknis dan untuk digunakan setiap hari
worthed atau gak bisa beda2 tergantung usernya,
dari sisi resale value, ada 3 jenis user;
1. concern banget soal resale value; kalo bisa harga jual lebih tinggi dari harga beli
(biasanya punya ciri2; mobil udah dipake bertahun2, tapi plastik bungkus jok dari dealer belum dibuka)

2. moderate; resale value bukan yg utama, tapi kalo emang bisa dijual tinggi, why not ?

3. Don't care; beli mobil buat dipake, bukan buat dijual lagi.
selama puas makenya, who cares about RV..

so, worthed apa gak, tergantung tipe user yang mana..
klo untuk used car om? istilahnya dengan budget terbatas, bisa dpt mobil (yg sebenarnya) yg oke tp karna RV yg super jeblok jadi murah
Perlu perhatiin juga RV super jeblok karena di segmen itu memang jeblok semua padahal mobilnya bagus atau cuma 1 merek itu aja yg jeblok.

Kalau di segmen itu jeblok semua, ya memang kondisi pasar seperti itu.

Ambil contoh camry. Di tahun 2012 harga barunya hampir nyentuh 600. Sekarang di usia menjelang 6 tahun harganya 200an awal, kondisi perfect pun paling tinggi 250.

Buat saya ngga masalah ambil bekasnya kalau kondisi bagus. Depresiasi paling besar itu 5 tahun pertama, sisanya tinggal turun dikit2 aja.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Depresiasi mobil

Post by marama »

evanbngdor wrote: Thu Jul 12, 2018 1:42
Perlu perhatiin juga RV super jeblok karena di segmen itu memang jeblok semua padahal mobilnya bagus atau cuma 1 merek itu aja yg jeblok.

Kalau di segmen itu jeblok semua, ya memang kondisi pasar seperti itu.

Ambil contoh camry. Di tahun 2012 harga barunya hampir nyentuh 600. Sekarang di usia menjelang 6 tahun harganya 200an awal, kondisi perfect pun paling tinggi 250.

Buat saya ngga masalah ambil bekasnya kalau kondisi bagus. Depresiasi paling besar itu 5 tahun pertama, sisanya tinggal turun dikit2 aja.
setuju om, plus dipake enak camry ini kl dpt unit seger, BBM ya so so , paling PR pajaknya msh mahal
Massacare
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Mar 16, 2017 18:55
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Toyota_Innova_V_2011_20

Re: Depresiasi mobil

Post by Massacare »

Saya sejak bbrp tahun trakhir mainnya selalu second sih. Uda agak gimana gitu beli mobil baru gara2 depresiasinya tinggi.
Tinggal PR doank nyari yg mulus, testing sana sini, dan juga pas uda beli, beresin PR2 kecil doank.
Beli baru dulu paling sakit sih, veloz 190an, jual 140an. Gile aje 2 tahun uda ngilang 50juta :D.
Cicilan aja gak sekenceng itu bunganya wkwkwkkw.

Tapi kembali lagi ke selera masing2 sih. Ada yang tetep beranggapan beli yang "baru" itu lebih worthed.
Kalo gw si kagak. Kapan lagi zaman skrang bisa beli 150jt camry 2008/2009 atau teana kondisi ultra bagus dan ride quality + interior yahud?
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Depresiasi mobil

Post by pengendiesel »

Massacare wrote: Thu Jul 12, 2018 3:12 Saya sejak bbrp tahun trakhir mainnya selalu second sih. Uda agak gimana gitu beli mobil baru gara2 depresiasinya tinggi.
Tinggal PR doank nyari yg mulus, testing sana sini, dan juga pas uda beli, beresin PR2 kecil doank.
Beli baru dulu paling sakit sih, veloz 190an, jual 140an. Gile aje 2 tahun uda ngilang 50juta :D.
Cicilan aja gak sekenceng itu bunganya wkwkwkkw.

Tapi kembali lagi ke selera masing2 sih. Ada yang tetep beranggapan beli yang "baru" itu lebih worthed.
Kalo gw si kagak. Kapan lagi zaman skrang bisa beli 150jt camry 2008/2009 atau teana kondisi ultra bagus dan ride quality + interior yahud?
Kalo nyicil bukannya kena bunga + tetap kena depresiasinya juga? Jadi tambah ancur dobel
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Depresiasi mobil

Post by PRBS »

marama wrote: Wed Jul 11, 2018 8:28
PRBS wrote: Fri Jun 29, 2018 13:41

Tapi saya masih banyak lihat, pedagang jual freed tahun 2012-2013 diangka 170jt loh.. di olx freed tahun 2012-2013 rata2 masih 170an jt..

Kalo freed tahun 2012 dijual 153 ya teman om jualnya kemurahan..
masuk akal kok om harga dibeli pedege 153, pedege jualnya buka hrg 170 hehehhe, pait2 di nego jd 165
Itulah kenapa saya tidak mau jual ke pedege.. pengalaman jual blazer dan stream.. blazer jual 65jt, ditawar 35jt.. saya tolak mentah2.. ternyata dia ngaku pedege..

Stream dulu tahun 2008 saya jual 145jt, ditawar 90jt.. same case ternyata dia pedege..

Btw blazer dan stream laku di owner langsung, turun harga cuma 8jt -10jt masing2 unitnya.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Depresiasi mobil

Post by qushay20019 »

kalo ane perhatiin, depresiasi mobil emang rata2 sekitar 8-12% pertahun. artinya, pada tahun2 awal angka depresiasinya akan sangat besar dibanding tahun2 berikutnya karena kurva depresiasi itu tidak linear melainkan logaritmik. Sebagai perbandingan, ane kasih data yang ane kumpul dari ohelex di bawah ini
kurva depresiasi.jpg
Bandingkan dengan data real dari ohelex yang ane rangkum pada awal bulan ini
data pasaran (online).jpg
Sepengamatan ane, ini berlaku secara umum, yang beda paling nilai persentase depresiasi pertahunnya aja.

Jadi dari sudut pandang pembeli mobil baru, nikmati aja mobilnya sampe 5-6 taun kalo gak suka liat nilai mobilnya turun drastis.
Di sisi lain, kalo mau beli mobkas tapi rasa baru, paling enak emang nyari mobkas 2-3 taun.

Catatan: ini gak berlaku buat mobil hobi macem mersi G klasse, atoyot hardtop, dll yang harganya suka ajaib...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Depresiasi mobil

Post by sammyjimun »

qushay20019 wrote: Thu Jul 12, 2018 6:13 Catatan: ini gak berlaku buat mobil hobi macem mersi G klasse, atoyot hardtop, dll yang harganya suka ajaib...
beberapa segmen macem SUV/jip emang udh suka ajaib harganya, mungkin bisa diliat contohnya, harga katanya thn 94an cuma beda dikit ama yg thn 2003an, yg dimn kita tahu ni mobil secara desain ato gimmick yg sama atau bisa diliat VES gen 1 yg harganya beda dikit dg VES gen 2, yg lucunya lg terkadang malah harga katanya thn 2003an beda dikit ama harga VES gen 2 cm selisih 2-3 thn
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Depresiasi mobil

Post by Or4cle »

evanbngdor wrote: Thu Jul 12, 2018 1:42
sammyjimun wrote: Wed Jul 11, 2018 8:30
IGedeAmat wrote: Wed Jul 11, 2018 8:14

worthed atau gak bisa beda2 tergantung usernya,
dari sisi resale value, ada 3 jenis user;
1. concern banget soal resale value; kalo bisa harga jual lebih tinggi dari harga beli
(biasanya punya ciri2; mobil udah dipake bertahun2, tapi plastik bungkus jok dari dealer belum dibuka)

2. moderate; resale value bukan yg utama, tapi kalo emang bisa dijual tinggi, why not ?

3. Don't care; beli mobil buat dipake, bukan buat dijual lagi.
selama puas makenya, who cares about RV..

so, worthed apa gak, tergantung tipe user yang mana..
klo untuk used car om? istilahnya dengan budget terbatas, bisa dpt mobil (yg sebenarnya) yg oke tp karna RV yg super jeblok jadi murah
Perlu perhatiin juga RV super jeblok karena di segmen itu memang jeblok semua padahal mobilnya bagus atau cuma 1 merek itu aja yg jeblok.

Kalau di segmen itu jeblok semua, ya memang kondisi pasar seperti itu.

Ambil contoh camry. Di tahun 2012 harga barunya hampir nyentuh 600. Sekarang di usia menjelang 6 tahun harganya 200an awal, kondisi perfect pun paling tinggi 250.

Buat saya ngga masalah ambil bekasnya kalau kondisi bagus. Depresiasi paling besar itu 5 tahun pertama, sisanya tinggal turun dikit2 aja.
Itulah untungnya dan nikmatnya beli unit second (untuk line up mobil premium)
Logikanya : kaum 'the have' rata-rata beli unit baru, pakai 3-5 taon dijual, di pasaran mobkas over supply ujung-ujungnya depresiasi tinggi, RV jeblok tinggal kita pintar2 pilih unit yang bagus.
Massacare
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Mar 16, 2017 18:55
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Toyota_Innova_V_2011_20

Re: Depresiasi mobil

Post by Massacare »

pengendiesel wrote: Thu Jul 12, 2018 3:14Kalo nyicil bukannya kena bunga + tetap kena depresiasinya juga? Jadi tambah ancur dobel
lupa nambahin -> (maka itulah saya ndak pernah cicil juga. Stress ngitungnya yg ada. Apalagi nyicil mobil baru)
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Depresiasi mobil

Post by mike22 »

Massacare wrote: Thu Jul 12, 2018 3:12 Saya sejak bbrp tahun trakhir mainnya selalu second sih. Uda agak gimana gitu beli mobil baru gara2 depresiasinya tinggi.
Tinggal PR doank nyari yg mulus, testing sana sini, dan juga pas uda beli, beresin PR2 kecil doank.
Beli baru dulu paling sakit sih, veloz 190an, jual 140an. Gile aje 2 tahun uda ngilang 50juta :D.
Cicilan aja gak sekenceng itu bunganya wkwkwkkw.

Tapi kembali lagi ke selera masing2 sih. Ada yang tetep beranggapan beli yang "baru" itu lebih worthed.
Kalo gw si kagak. Kapan lagi zaman skrang bisa beli 150jt camry 2008/2009 atau teana kondisi ultra bagus dan ride quality + interior yahud?
Beli baru lebih worthed itu kl mau beli baru dengan kredit, drpd beli bekas dengan kredit. Apalagi merk mobil yg mau dibeli juga merk mainstream.
Tdp89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sat Apr 15, 2017 13:38
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Bmw

Re: Depresiasi mobil

Post by Tdp89 »

Kira2 worthed mana ya beli civic turbo pemakaian setahun atau beli baru sekalian... Sekarang civic turbo baru 496 jt, second 2017 ada yg jual 410-425 jt, untuk pemakaian 5 tahun?
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Depresiasi mobil

Post by martinnn »

Tdp89 wrote: Sun Sep 23, 2018 13:02 Kira2 worthed mana ya beli civic turbo pemakaian setahun atau beli baru sekalian... Sekarang civic turbo baru 496 jt, second 2017 ada yg jual 410-425 jt, untuk pemakaian 5 tahun?
kalo cash ya ambil second... kalo kredit baru aja sekalian... selisih bunganya jadi sama :big_childish:
:big_biglaugh:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Depresiasi mobil

Post by iamwewe »

martinnn wrote: Sun Sep 23, 2018 14:24
Tdp89 wrote: Sun Sep 23, 2018 13:02 Kira2 worthed mana ya beli civic turbo pemakaian setahun atau beli baru sekalian... Sekarang civic turbo baru 496 jt, second 2017 ada yg jual 410-425 jt, untuk pemakaian 5 tahun?
kalo cash ya ambil second... kalo kredit baru aja sekalian... selisih bunganya jadi sama :big_childish:
Anu om.... bisa tolong jabarin gimana maksud selisih bunga jadi sama.. tq sblmnya om
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: Depresiasi mobil

Post by dimassn25 »

Kalo mau kredit mobil barupun menurut saya cari diskon sebesar-besarnya dengan tenor maksimal 3 tahun dan dp gede.

Dengan trik kayak gitu kita kayak cicil mobil harga otr (tanpa diskon) tanpa bunga tapi dapet asuransi.

Saya pernah itung2 waktu kakak saya mau beli jazz, dengan diskon akhir tahun dan dp yang kita maksimalin dengan tenor 3 tahun