Perawatan Mobil Matic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Quorra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Jan 11, 2011 5:39

Perawatan Mobil Matic

Post by Quorra »

Hello Semua,

Kebetulan saya punya Honda Brio 1.2 A/T (Matic Konvensional, belom CVT) 2014 yang uda jalan 20 ribu KM. Rencana bakal saya ganti oli matic nya pada saat servis tapi karena harga BeRes honda yang lumayan maka saya memutuskan untuk ganti diluaran aja. Saya cek di bengkel deket rumah mereka cuman punya Oli Matic nya Fuchs (Bukan oli yang merk Honda) yang katanya comaptible dengan mobil saya, apakah tidak apa" jika tidak flush cuman ganti oli dengan merk yang berbeda ? Mohon bantuannya karena saya masi awam soal perawatan mobil matic :mky_01:

Thanks..
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by aratha »

Oli matic kalo mau aman pake punya pabrikan saja, jangan mudah terbujuk kata "compatible"

Regards
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by kenop »

selama spec nya sama sih harus nya ngga masalah pake merk lain..
tapi sy ngikut om aratha, buat matic biasa nya pake merk pabrikan juga

kalo dirasa beli oli di beres dan kerjain di beres mahal, mungkin bisa coba beli oli nya online (toped/bl, dst) trs kerjain di bengkel umum yg bisa flush matic
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by ChZ »

Buat aman nya di flush sekalian aja...

Setuju... spec walaupun sama tapi ane takutnya beda additive jadi gak cocok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by aabx »

beberapa oli matik aftermarket emang lebih enak based on pengalaman saya, namun untuk kesehatan gearbox saya sendiri masih ragu. Paling aman memang pake ATF pabrikan terutama kalo mobil Honda setau saya gearboxnya gak konvensional. Menurut saya lebih baik agak mahal di perawatan tapi minim risiko aneh2 hehe.
Honda saya sekarang pake Eneos udah mau 20rb km (sebelumnya gak flush), kerasa lebih minim selip tapi jadi lebih kasar pergantiannya
next mau flush mau dibalikin lagi ke ATF Z-1 Honda
orchard
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: Thu Jun 26, 2014 9:28

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by orchard »

Quorra wrote:Hello Semua,

Kebetulan saya punya Honda Brio 1.2 A/T (Matic Konvensional, belom CVT) 2014 yang uda jalan 20 ribu KM. Rencana bakal saya ganti oli matic nya pada saat servis tapi karena harga BeRes honda yang lumayan maka saya memutuskan untuk ganti diluaran aja. Saya cek di bengkel deket rumah mereka cuman punya Oli Matic nya Fuchs (Bukan oli yang merk Honda) yang katanya comaptible dengan mobil saya, apakah tidak apa" jika tidak flush cuman ganti oli dengan merk yang berbeda ? Mohon bantuannya karena saya masi awam soal perawatan mobil matic :mky_01:

Thanks..
br brp hr yg lalu , ganti oli tranny mbl sikutu brio E AT 2014 jg , odo 30k, pake oli bawaan honda ATF DW-1 (sesuai buku manual), 3 botol @1lt, DC 255k dibengkel cakra..
User avatar
ripratama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by ripratama »

Quorra wrote:Hello Semua,

Kebetulan saya punya Honda Brio 1.2 A/T (Matic Konvensional, belom CVT) 2014 yang uda jalan 20 ribu KM.

Odometer masih 20rb dan usia mobil masih muda sekali (2 tahun). Menurut saya tunggu 2-3 tahun lagi saja Om, ganti ATF + filter transmisi nya sekaligus (filter transmisi sering terabaikan...padahal partikel menumpuk disana).
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by egibaio »

Ganti aja sama yang DW1 om. Cukup ganti aja kalau memang belum ada duit buat flush. Paling 3-4 liter x 100 ribuan
Quorra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Jan 11, 2011 5:39

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by Quorra »

Thank you buat saran nya. Memang lebih baik pakai yang bawaan aja kalo gitu. Ada saran buat di Surabaya bengkel mana yang reccomended buat ganti oli matic sesuai merk pabrikan ? Thanks :)

ripratama wrote:
Quorra wrote:Hello Semua,

Kebetulan saya punya Honda Brio 1.2 A/T (Matic Konvensional, belom CVT) 2014 yang uda jalan 20 ribu KM.

Odometer masih 20rb dan usia mobil masih muda sekali (2 tahun). Menurut saya tunggu 2-3 tahun lagi saja Om, ganti ATF + filter transmisi nya sekaligus (filter transmisi sering terabaikan...padahal partikel menumpuk disana).
Mau tanya om buat filter transmisi itu harus overhaul atau seperti filter oli mesin yang plug and play gitu ? Thanks :)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by ChZ »

Quorra wrote:Thank you buat saran nya. Memang lebih baik pakai yang bawaan aja kalo gitu. Ada saran buat di Surabaya bengkel mana yang reccomended buat ganti oli matic sesuai merk pabrikan ? Thanks :)

Mau tanya om buat filter transmisi itu harus overhaul atau seperti filter oli mesin yang plug and play gitu ? Thanks :)
Winst Autostore Mulyosari.... Tapi kayaknya dia gak stock ATF pabrikan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Quorra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Jan 11, 2011 5:39

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by Quorra »

ChZ wrote:
Quorra wrote:Thank you buat saran nya. Memang lebih baik pakai yang bawaan aja kalo gitu. Ada saran buat di Surabaya bengkel mana yang reccomended buat ganti oli matic sesuai merk pabrikan ? Thanks :)

Mau tanya om buat filter transmisi itu harus overhaul atau seperti filter oli mesin yang plug and play gitu ? Thanks :)
Winst Autostore Mulyosari.... Tapi kayaknya dia gak stock ATF pabrikan...
Barusan saya coba telp kesana bro, mereka bilang ga ada yang ATF pabrikan :big_childish:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by kenop »

Quorra wrote: Barusan saya coba telp kesana bro, mereka bilang ga ada yang ATF pabrikan :big_childish:
coba ngider di toko2 online om.. kmrn sy nyari buat mobil sy dapet 75rb/L, di beres 99rb/L
tadi tanya di bengkel sekalian spooring, kena 100rb buat ganti nya.. di beres merk mobil sy kena 250rb jasa nya
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by aratha »

Beli oli nya online saja lalu bawa ke bengkel rekomen nya om Chz. Filter oli matic itu plug n play setau saya CMIIW
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by ChZ »

Quorra wrote: Barusan saya coba telp kesana bro, mereka bilang ga ada yang ATF pabrikan :big_childish:
Beli diluaran saja... di Cahaya Motor Nginden setau saya nyetok...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
redzdevil
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sat Jan 23, 2016 6:45

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by redzdevil »

Mau nanya sebenernya kuras oli matic / ganti oli matic itu mestinya tiap brp km ya? :ungg:
Gw kuras oli matic baru sekali pas km 50.000 di beres SUZUKi sesuai anjuran SA, utk mbl all new swift (2013), abis Rp 1.500.000 :big_bored:
ariesto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Aug 04, 2015 17:14

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by ariesto »

redzdevil wrote:Mau nanya sebenernya kuras oli matic / ganti oli matic itu mestinya tiap brp km ya? :ungg:
Gw kuras oli matic baru sekali pas km 50.000 di beres SUZUKi sesuai anjuran SA, utk mbl all new swift (2013), abis Rp 1.500.000 :big_bored:
Baiknya si dibikin 1/2 periode ganti anjuran pabrik (lihat buku manual). Untuk jenis olinya sendiri better pake merk yg bawaan atpm om.

pengalaman pribadi di ipah bensin metik nubi nyoba kuras pake merk *ast*ol multivehicle compatibel sm T-IV nya toyotah so far smua ok, tp kynya oli ini lifetime nya lebi pendek, diatas 20 rb km udh aga nyentak klo dr N ke D, tp mungkin jg kondisi unit metik nubi udh aga fatigue secara km udh 148 rb
Anjass
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 11, 2015 1:10

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by Anjass »

Sy malah ganti oli matic (Livina A/T) di 117rb KM. Lha di buku manualnya malah 120rb KM.

Sama seperti pertanyaan diatas, memang baiknya ganti oli matic A/T di interval brp yah? Dan klo ada penjelasan teknisnya mgkn lebih baik
Nasrun
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Jan 06, 2017 4:01

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by Nasrun »

Xtrail ane t31 2013 ganti di 40rb km.. Abis sekitar 1,1jt kuras abis 8-9 liter.. Lgsgkerasa enak bgt tarikannya
mc2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Nov 27, 2016 9:06

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by mc2 »

untuk mobil dengan kapasitas mesin kecil dan tenaga yang kecil mungkin harus lebih concern dengan perawatan mesin supaya mesin tetap mengeluarkan performa terbaik karena jika power mesin drop imbasnya transmisi akan bekerja lebih keras dan berumur lebih pendek..
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1272
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by singachu »

mc2 wrote: Mon Jan 09, 2017 5:49 untuk mobil dengan kapasitas mesin kecil dan tenaga yang kecil mungkin harus lebih concern dengan perawatan mesin supaya mesin tetap mengeluarkan performa terbaik karena jika power mesin drop imbasnya transmisi akan bekerja lebih keras dan berumur lebih pendek..
Kok bisa power mesin drop berimbas ke transmisi bekerja lebih keras ?
Kalau power mesin drop ya drop aja performa, transmisi kerjanya ga ga lebih keras karena juga ga bakalan transmisi kompensasi drop tenaga mesin

regards,
singachu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by ChZ »

singachu wrote: Thu Jan 19, 2017 2:45
Kok bisa power mesin drop berimbas ke transmisi bekerja lebih keras ?
Kalau power mesin drop ya drop aja performa, transmisi kerjanya ga ga lebih keras karena juga ga bakalan transmisi kompensasi drop tenaga mesin

regards,
singachu
Mungkin maksudnya kalo power mesin drop dan kondisi under heavy load otomatis kita harus injek gas lebih dalem buat compensate dengan dropnya tenaga...

Under heavy load pun sebenernya hanya suhu ATF yang akan meningkat dan imbasnya ke pasti mengurangi umur ATF...

Tapi sebenernya mau cc kecil mau cc besar kalo under heavy load juga sama aja konsekuensinya...
Last edited by ChZ on Thu Jan 19, 2017 5:00, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
niubi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Sun Jan 03, 2016 6:32

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by niubi »

saya ganti atf kelipatan 20 k buka carter aja, kuras di 50 k, untung beres langganan saya kalo beli oli dari luar tetap mau gantiin, jadi selama ini oli mesin (non pabrikan) dan atf (merk pabrikan, beli ol) selalu ganti sekalian service rutin lainnya

mungkin boros, tapi gak papa deh, jadi tetap enak transmisi nya, daripada ikutin manual malah yang diganti bukan oli, tapi transmisi nya sekaligus hehe
uhuk2
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Mon Jan 23, 2017 8:20

Re: Perawatan Mobil Matic

Post by uhuk2 »

Ganti atf interval 30rb km, atau klu kondisi atf masih bening dan ukuran masih pas di dipstick, pakai sampai 50rbkm. Setiap ganti atf langsung kuras aja. Merk dan tipe atf sesuaikan dgn anjuran pabrikan mobil.