Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by Suryaputra »

silentIm2 wrote:Sekarang kalau faktor ASS penentu market share di indonesia, mengapa jualan suzuki di beberapa market gagal? (ga semua sih). Contoh: Grand Vitara, pelopor crossover compact suv di indo ini jualannya terseok2, bahkan disalip captiva dan cx5. Di pasar komersial kalah sama daihatsu gran max.

Mungkin hidupnya tinggal dari ertiga dan karimun saja.
Ya sama aja spt lineup tertentu dr toyota spt altis jg ngos2an, namun toyota honda kebantu oleh varian yg menyediakan daya angkut lbh banyak dgn harga (relatif) reasonable :D

Brand image, varian produk & ASS + kapasitas angkut :D
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by newrubble »

suzie skrg (bkn dulu) gagal krn dua perkara

1).
ditinggal mas bronto (jpn keilangan mata n telinga u tau locals* mau nya apa) *govt n public appetite

jpn had very high xpectation saat investment scheme 49% (foreign) vs 51% (local) di buang oleh govt indo (1999)

mrk saat itu sgt berharap akan ada second stage sehingga apv kluar ssdh karimun mk.1 n mrk berdua gunakan modular production tools yg bisa di pakai sampai 20 thn kedepan (2020)

2nd stage mrk berfikir indo apus predatory multitaxation


2)
n saat mrk kecewa (lobby mas bronto gagal n dia stepped down dari chairmanship n skrg ada di commissioner board) mrk pindahkan smua yg ada ke india

crita suzie itu bukan crita mass psychology marketing failure tapi investor's over expectation (change of direct investment focus .... indo to india)

pdhl production tools yg (tadinya) ada di indo sanggup bikin 10 - 15 lineups / major changes ...... dulu sy di kasihtau knapa apv cuma semi bonnet bukan full

itu krn mrk(suzie) tdk mau tinggalkan cab-over lovers sementara yg suka full bonnet mau mrk absorb jadi apv users

apv diesel .... apv full bonnet ..... grand apv ..... (*** sesuai dgn apa yg sy baca, temporary namings) smua mrk bawa pergi

now they are in love with india ..... aturan jauh lbh jelas n terbaca u 20 - 30 thn kedepan ...... bukan aturan grabak grubuk spt org dpt undian / kena musibah
Last edited by newrubble on Wed Oct 19, 2016 12:07, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote:
Ya sama aja spt lineup tertentu dr toyota spt altis jg ngos2an, namun toyota honda kebantu oleh varian yg menyediakan daya angkut lbh banyak dgn harga (relatif) reasonable :D

Brand image, varian produk & ASS + kapasitas angkut :D
Mungkin itu juga yang bikin H memutuskan bikin Brio dan kawan-kawan... Gak cukup mengandalkan penjualan Jazz dan kelas-kelas atasnya. Kompetisi makin sengit, kalo gak bikin mobil kelas "rakyat" dan harga terjangkau, angka penjualan makin lama bisa makin surut.

Urusan ini, HPM sangat pinter memanfaatkan kesempatan... Skema LCGC digunakan untuk bersaing dengan Avanza, menjadikan Brio sebagai bait.

Buat Suzuki hmm ya gitulah... Siapa yang mau inget Grand Vitara ? Orang yang dipajang tiap pameran Ertiga sama Karimun terus sampe bosen.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by fabreguz »

thanks all :thanks:
wah jika membaca opini master2 smers di atas, brarti memang kecil kemungkinan akan ada merk yg bisa menggoyahkan dominasi ke 2 nya utk saat ini :big_think: :big_think:
yah smoga ndak bener itu ketakutan duopoly di pasar mobil yg bisa membuat konsumen kehilangan power dan mau ndak mau harus tunduk pada penguasa pasar, syerem juga :big_bored: :big_dunno:
kembali ke saat taon 90-00 an yg merupakan dark age ato zaman kegelapan bagi konsumen mobil indo saat itu, karena berbagai macam faktor yang lebih menguntungkan produsen :mky_05: :mky_05:
smoga itu ndak akan terjadi di era modern, karena konsumen smakin pintar dan kritis dengan berbagai macam info yg mengalir deras tak terbendung dibanding pada masa 90-00 :big_deal: :big_okay: :big_exellent:

sintoni wrote:Rasanya baru 1-2 tahun terakhir ini deh om.

Sebelumnya, tahun 2008-2014 itu masa jaya otomotif padahal. Banyak merek2 baru keluarin produk2 bagus. Kayak Mazda, Mitsubishi, Chevy, Ford, duo Korea.

Tapi emang abis 2014 keatas, ekonomi negeri kita lagi anjlok. Penjualan mobil jadi stagnan, orang2 jadi takut beli mobil yang aftersalesnya kurang dipercaya sama yang "susah dijual".

ATPM kecil2 jadi agak kesulitan jual mobil karena itu berdampak beberapa kabur.
bener banget bung sintoni, itu yg sy maksud
2008-2014 toyonda tetap kuat, tapi masih byk merk lain masuk ke 10 besar dgn produk menarik mereka , skarang sperti saya bilang sudah berguguran semua , apalage di taon ini :big_dunno: :big_bored:
terliat dengan jelas banget penguasaan totl ke 2 nya yg brarti semakin kuat dari masa 2008-2014
konsumen kembali ke merk penguasa pasar karena resale value yg lebih terjamin depresiasi nya :mky_03: :mky_01:
ChZ wrote:Reputasi yang dibangun oleh Toyodai dan Ngahon bukan sesuatu yang terjadi dalam semalam saja... Dan reputasi mereka bukan hanya diakui di Indonesia, tapi worldwide.
bener banget, bahkan di amrik juga yg paling laku juga memang toyonda ini bung chz, merk amrik ford, chrysler dan gm malah loyo :big_grin: :big_grin:
silentIm2 wrote:Merek yg berani riset dan sesuaikan kebutuhan dan minat pasar indonesia yg akan merajai pasar.

Di indonesia mana butuh safety, yang penting mesinnya jalan. Ga peduli emisi dan karsinogen. Jalan biar diaspal tapi ga ada mulusnya. Cuaca panas dan lembab. Oli dan bbm bagus ga merata suplainya. Drivernya ogah baca manual book. Bahkan minat baca masyarakat kita ga lebih dari baca koran, gosip, dan status facebook dan path. Ignorance terhadap cara kerja teknologi di mobil sehingga mikir kalo mobilnya tau2 mogok di tempat angker berarti dikerjain jin. Temen aja ada yang tidak tau kalo mobil ada yang bermesin diesel. Dia pikir solar buat truk, bensin buat mobil dan motor. Duit 100 M dipercayakan ke dukun pengganda uang daripada investasi riil.
.
bener banget bung silentim, khasnya indo
:wkkk: :big_biglaugh: :mky_07:
percaya dimas kanjeng dan juga hobi instagram orang2 indo skrg
beberapa kale pernah liat konsumen yg mau isi bensin ke mobil diesel nya, untung dicegah sama petugas spbu nya :big_grin: :big_grin:
Don't Imageate
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by fabreguz »

newrubble wrote:sy tdk tau knapa krn awam

tapi sy liat mass psychology bermain baik dlm interhuman relationship dgn customers

org org di indo pd umumnya ..... dari level / kasta rock bottom sampai sky high ..... akan klépék klépék (spt merpati jantan terbang di umpani merpati betina di daratan) ..... nurut abis (spt ular cobra kena suitan suling india)

bgitu dengar secara intense kalimat kalimat manis menyiram ati ...... mrk akan merasa spt ........ dpt sorga birahi pagi siang malem nonstop

sy ketawa wkt kumpulan org yg hrsnya kecewa krn toyota yg baru mrk beli ternyata punya faulty shiftgear n turbine ...... tapi krn siraman ati yg intense itu ...... jempol nya smua arah atas

pdhl normal nya org kecewa itu jempol arah bawah (kalo middle finger sticks up dianggap terlalu 'amriki' .... unfit for indo culture yg sering anggap diri tersopan se-planet)

hebat itu astra (bkn toyota n dai) ..... benar benar jaga warisan william dlm bertutur kalimat sampai kapanpun

kalo honda di indo sy tdk tau krn seumur idup alamin punya honda cuma 6 x
terhadap berita2 ttg masalah transmisi dan turbo itu, sy jg heran sbenernya pada respon user thd atpm nya :big_smile] :big_smile]
dulu masalah nissan gl saza ribut banget di forum2, sampe bisa ber part 2 :big_think: :big_think:

1 lagi info dan ilmu berharga lagi dari master newrubble :big_exellent: :big_exellent:
vipere wrote:Toyo hoda dianggap gak rewel ya mungkin karena mobilnya kebanyakan masih pake teknologinya yg jadul, kebanyakan ganti casing aja.
Nah giliran udah mulai tambah fitur dan update teknologi, baru deh mulai kelihatan rewelnya kayak jedug nya anki, dan juga masalah kaki hrv.
nah ini juga kepikiran jgn2 karena teknologi jadul jadi produk2 nya reliable :big_think: :big_think:
mobil terbaru skrg spertine juga lebih gampang terbakar ya ? karena byk peranti elektronik2 yg cangih 2 sebagai fiur2 wajib masa kini nya
brita2 mobil terbakar smakin sering rasa nya :big_dunno: :big_bored:
gobale wrote:sy sebagai konsumer sudah melakukan itu, benar2 mindset konsumen adalah raja....kmrn baru ngamuk2 di salah satu beres jepun karena parts dijanjiin 20 hari kerja sampe sebulan lebih ga dateng2...sampe boss nya turun tangan....walaupun pelayanannya sangat ramahh....
stujuh bung gobale , bagaimanapun konsumen adalah raja dan sangat layak mendapatkan yg terbaik :big_exellent: :big_exellent:
ChZ wrote:
Suryaputra wrote:
Ya sama aja spt lineup tertentu dr toyota spt altis jg ngos2an, namun toyota honda kebantu oleh varian yg menyediakan daya angkut lbh banyak dgn harga (relatif) reasonable :D

Brand image, varian produk & ASS + kapasitas angkut :D
Mungkin itu juga yang bikin H memutuskan bikin Brio dan kawan-kawan... Gak cukup mengandalkan penjualan Jazz dan kelas-kelas atasnya. Kompetisi makin sengit, kalo gak bikin mobil kelas "rakyat" dan harga terjangkau, angka penjualan makin lama bisa makin surut.

Urusan ini, HPM sangat pinter memanfaatkan kesempatan... Skema LCGC digunakan untuk bersaing dengan Avanza, menjadikan Brio sebagai bait.

Buat Suzuki hmm ya gitulah... Siapa yang mau inget Grand Vitara ? Orang yang dipajang tiap pameran Ertiga sama Karimun terus sampe bosen.
daya tampung memang paling disukai konsumen indo, suv medium sperti x trail dan crv saza skrg 7 seater walao yg baris ke 3 lebih cocok utk anak kecil :big_dunno: :big_bored:
ya bener bung chz, suziku smakin menyedihkan saza, hanya bergantung pasa r3 thok :mky_06: :mky_05:
padahal vitara kan suv kecil dan skarang lagi zaman nya crossover
oh ya tadi sore pertama kali nya sy melihat suzuki s cross all new, saya dan temen pikir nya malah er3 facelift :wkkk: :big_biglaugh:
abis aura tampilan terasa dan terlihat banget sperti r3 yg difacelift lampu depan belakang :big_slap: :big_chicken:
Don't Imageate
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by daftar »

suzuki (dan indomobil) sekarang bisa bertahan hidup karena jualan carry pickup :mky_07:
:ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote:
Suryaputra wrote:
Ya sama aja spt lineup tertentu dr toyota spt altis jg ngos2an, namun toyota honda kebantu oleh varian yg menyediakan daya angkut lbh banyak dgn harga (relatif) reasonable :D

Brand image, varian produk & ASS + kapasitas angkut :D
Mungkin itu juga yang bikin H memutuskan bikin Brio dan kawan-kawan... Gak cukup mengandalkan penjualan Jazz dan kelas-kelas atasnya. Kompetisi makin sengit, kalo gak bikin mobil kelas "rakyat" dan harga terjangkau, angka penjualan makin lama bisa makin surut.

Urusan ini, HPM sangat pinter memanfaatkan kesempatan... Skema LCGC digunakan untuk bersaing dengan Avanza, menjadikan Brio sebagai bait.

Buat Suzuki hmm ya gitulah... Siapa yang mau inget Grand Vitara ? Orang yang dipajang tiap pameran Ertiga sama Karimun terus sampe bosen.
Nah! Selain dr daya angkut, Salah satu kuncinya krn mereka bikin mobil kelas rakyat dan lmpv dengan perawatan dan ASS mudah.

Karena rakyat indonesia butuhnya mbl spt itu.
Hanya segelintir car enthusiast yg beli mbl dgn teknologi kekinian :D
Last edited by Suryaputra on Thu Oct 20, 2016 0:27, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by arfyano »

knp duo merk ini yg paling laku? karena skrg konsumen sdh pd cerdas gan. percuma mbl kl memang di buat nyaman dan canggih tp ternyta pas di pake malah nyusahin (bolak balik bengkel). ujung2 nya mbl yg nyaman itu ya yg kuat dan tahan banting, djual lg pun harga tetap kuat. saya pun merasakan hal yg seperti ini, hehehe...

*dulu anti banget sm mbl yg mainstream, skrg malah pake ipah d4d. alesannya ya itu, biar klrga nyaman dan kt mudah kl mau service, seadainya lg BU pun hrga jual kembali nya jg msh OK
Quartzbrown
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Sep 20, 2016 13:00

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by Quartzbrown »

newrubble wrote:suzie skrg (bkn dulu) gagal krn dua perkara

1).
ditinggal mas bronto (jpn keilangan mata n telinga u tau locals* mau nya apa) *govt n public appetite

jpn had very high xpectation saat investment scheme 49% (foreign) vs 51% (local) di buang oleh govt indo (1999)

mrk saat itu sgt berharap akan ada second stage sehingga apv kluar ssdh karimun mk.1 n mrk berdua gunakan modular production tools yg bisa di pakai sampai 20 thn kedepan (2020)

2nd stage mrk berfikir indo apus predatory multitaxation


2)
n saat mrk kecewa (lobby mas bronto gagal n dia stepped down dari chairmanship n skrg ada di commissioner board) mrk pindahkan smua yg ada ke india

crita suzie itu bukan crita mass psychology marketing failure tapi investor's over expectation (change of direct investment focus .... indo to india)

pdhl production tools yg (tadinya) ada di indo sanggup bikin 10 - 15 lineups / major changes ...... dulu sy di kasihtau knapa apv cuma semi bonnet bukan full

itu krn mrk(suzie) tdk mau tinggalkan cab-over lovers sementara yg suka full bonnet mau mrk absorb jadi apv users

apv diesel .... apv full bonnet ..... grand apv ..... (*** sesuai dgn apa yg sy baca, temporary namings) smua mrk bawa pergi

now they are in love with india ..... aturan jauh lbh jelas n terbaca u 20 - 30 thn kedepan ...... bukan aturan grabak grubuk spt org dpt undian / kena musibah
Noted oom NR..
Sy dulu ambil aerio murni krn respect thd subronto laras. Sbg suport kecil pd suzuki. Mengikuti program dia dari MR 90 sampai akhirnya di "gagalkan" rezim saat itu...duhh

Dan dgn situasi skrg, mgk lebih banyak pragmatisme dlm meminang mobil, walaupun dia seorang car enthusiam sekalipun...yg jelas apapun kendaraannya, mainstream atau non mainstream, nongkrong di SM meski hanya sr, menunjukan enthusiasm seseorang thd kendaraan..
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by ak4ng »

Dominasi pikap sepenglihatan ane: granmax dan t120
Dominasi pikap medium: L300
Dominasi chasis travel: elf 2.8
Dominasi engkel : canter
Dominasi truk 8ton : canter
Dominasi truk >8ton: hino jumbo ranger

Mana toyota dan honda nyaaa....... :ngacir: :ngacir: :ngacir:















:mky_02:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
luginar

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by luginar »

kenapa honda semakin merajai penjualan mobil di Indonesia? jawabanya sangat simple karena para user melihat membeli produk honda adalah produk yg sangat berkualitas, worth every penny. beli mobil honda itu yg kita dapatkan baik enginering, kualitas produk, fitur, spec dan tech sama dg mobil berharga 3-4x lebih mahal.

kalau brand yg punya fitur transmisi jedug dan sudden acleretation itukan usernya buta mobil semua buta, tipikal yg bisa dibodoh2in sales, diiming2 gerobak berchrome langsung ngiler makanya laku. tapi user seperti ini semakin hari semakin sedikit kok, dalam 1-3 thn ke depan Honda yg akan merajai otomotif Indonesia karena semakin hari semakin banyak yg tau bahwa mobil yg benar berkualitas itu di dunia cuma produk Honda
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by Suryaputra »

luginar wrote:kenapa honda semakin merajai penjualan mobil di Indonesia? jawabanya sangat simple karena para user melihat membeli produk honda adalah produk yg sangat berkualitas, worth every penny. beli mobil honda itu yg kita dapatkan baik enginering, kualitas produk, fitur, spec dan tech sama dg mobil berharga 3-4x lebih mahal.

kalau brand yg punya fitur transmisi jedug dan sudden acleretation itukan usernya buta mobil semua buta, tipikal yg bisa dibodoh2in sales, diiming2 gerobak berchrome langsung ngiler makanya laku. tapi user seperti ini semakin hari semakin sedikit kok, dalam 1-3 thn ke depan Honda yg akan merajai otomotif Indonesia karena semakin hari semakin banyak yg tau bahwa mobil yg benar berkualitas itu di dunia cuma produk Honda
:mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mekitokazi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Jul 14, 2014 9:32
Daily Vehicle: BMW_E36_323i

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by mekitokazi »

luginar wrote:kenapa honda semakin merajai penjualan mobil di Indonesia? jawabanya sangat simple karena para user melihat membeli produk honda adalah produk yg sangat berkualitas, worth every penny. beli mobil honda itu yg kita dapatkan baik enginering, kualitas produk, fitur, spec dan tech sama dg mobil berharga 3-4x lebih mahal.

kalau brand yg punya fitur transmisi jedug dan sudden acleretation itukan usernya buta mobil semua buta, tipikal yg bisa dibodoh2in sales, diiming2 gerobak berchrome langsung ngiler makanya laku. tapi user seperti ini semakin hari semakin sedikit kok, dalam 1-3 thn ke depan Honda yg akan merajai otomotif Indonesia karena semakin hari semakin banyak yg tau bahwa mobil yg benar berkualitas itu di dunia cuma produk Honda
si om dapet combo nieh, ngecap merk sendiri sekaligus nginjek merek saingan.... :snipersmile:

:mky_05:
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by PlantFoot »

suzuki dah punya modal bgs sbnrnrya...kembali lg y k mslh image...mrk kan br cb rubah image sejak swift gen 1 msk....proses lah..

tp y skrg nasiblah trima model dr indiahe...sukur2 kl byk yg suka....

dan syngnya suzie ini suka ga bs manfaatin momentum...mskin produk ky coba2 dl..ya kl bikin segment br ky VES dl sih gpp, lha kl msk d segment yg dah jls ya stdaknya ksh spek yg minimal sama lah..demen bgt mskin model manual dl...pdhl dah jls modelnya tuk perkotaan...dmn trendnya dah jls matic...matic sih nyusul..tp klamaan...

mau bl suzuki lg tp dah ga ada dsni..dicaplok proton.... :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by ChZ »

fabreguz wrote: bener banget, bahkan di amrik juga yg paling laku juga memang toyonda ini bung chz, merk amrik ford, chrysler dan gm malah loyo :big_grin: :big_grin:
Merek US dulu pertama matek waktu Honda Civic mulai ekspansi ke Amerika... sekali lagi ini menunjukkan most of Japs brand itu pintar mengambil selah... Ceritanya seingat saya mereka lagi krisis minyak dan brand US yang gak bisa "move on" dari mobil-mobil bermesin besar (V8 bebeh!) diruntuhkan oleh munculnya Honda Civic generasi pertama yang sangat irit bahan bakar dibanding mobil - mobil buatan mereka yang tukang minum...

Toyota merajai pasar Indon juga karena Kijang... yang dianggap pada saat itu mobil yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia yang sangat bertumbuh di sektor pertanian... Dikeluarkanlah Kijang Buaya dalam format pikap. Lalu karena liat fenomena orang Indonesia suka pergi beramai-ramai dikeluarkan Kijang dalam format minibus...
fabreguz wrote: daya tampung memang paling disukai konsumen indo, suv medium sperti x trail dan crv saza skrg 7 seater walao yg baris ke 3 lebih cocok utk anak kecil :big_dunno: :big_bored:
ya bener bung chz, suziku smakin menyedihkan saza, hanya bergantung pasa r3 thok :mky_06: :mky_05:
padahal vitara kan suv kecil dan skarang lagi zaman nya crossover
oh ya tadi sore pertama kali nya sy melihat suzuki s cross all new, saya dan temen pikir nya malah er3 facelift :wkkk: :big_biglaugh:
abis aura tampilan terasa dan terlihat banget sperti r3 yg difacelift lampu depan belakang :big_slap: :big_chicken:
Mobil yang sering dipamerkan itulah yang laku... Karena konsumen pasti ingat brand ini punya produk ini... Dan itulah yang terjadi. T dan H itu variatif, walaupun mostly yang dipamerkan LCGC nya, tapi H juga sekarang sering bawa Civic turbo buat pameran. Yang beli gak ada? Gak masalah. Yang penting orang inget gue punya sedan kecil bermesin turbo, dan orang liat pasti penasaran.

Di showroom sendiri H dan T selalu hampir full lineup... sampe sedan-sedannya juga dipamerin. S ? Ertiga dan karimun (lagi) ... mentok-mentok Swift... :mky_05: saya ke salah satu showroom terbesar di Surabaya, itu showroom luas banget.... isinya? Ertiga dan Karimun doank... Ertiga berapa biji karimun berapa biji... :mky_05:
Suryaputra wrote: Nah! Selain dr daya angkut, Salah satu kuncinya krn mereka bikin mobil kelas rakyat dan lmpv dengan perawatan dan ASS mudah.

Karena rakyat indonesia butuhnya mbl spt itu.
Hanya segelintir car enthusiast yg beli mbl dgn teknologi kekinian :D
Yep... menjawab juga kenapa banyak orang tua banyak duitnya dan sanggup beli BMW tapi ogah beli.... :mrgreen:

Buat orang seumuran bokap saya (50-ish) teknologi di HR-V aja udah cukup ribet apalagi dikasih BMW... :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by 3mul »

newrubble wrote:suzie skrg (bkn dulu) gagal krn dua perkara

1).
ditinggal mas bronto (jpn keilangan mata n telinga u tau locals* mau nya apa) *govt n public appetite

jpn had very high xpectation saat investment scheme 49% (foreign) vs 51% (local) di buang oleh govt indo (1999)

mrk saat itu sgt berharap akan ada second stage sehingga apv kluar ssdh karimun mk.1 n mrk berdua gunakan modular production tools yg bisa di pakai sampai 20 thn kedepan (2020)

2nd stage mrk berfikir indo apus predatory multitaxation


2)
n saat mrk kecewa (lobby mas bronto gagal n dia stepped down dari chairmanship n skrg ada di commissioner board) mrk pindahkan smua yg ada ke india

crita suzie itu bukan crita mass psychology marketing failure tapi investor's over expectation (change of direct investment focus .... indo to india)

pdhl production tools yg (tadinya) ada di indo sanggup bikin 10 - 15 lineups / major changes ...... dulu sy di kasihtau knapa apv cuma semi bonnet bukan full

itu krn mrk(suzie) tdk mau tinggalkan cab-over lovers sementara yg suka full bonnet mau mrk absorb jadi apv users

apv diesel .... apv full bonnet ..... grand apv ..... (*** sesuai dgn apa yg sy baca, temporary namings) smua mrk bawa pergi

now they are in love with india ..... aturan jauh lbh jelas n terbaca u 20 - 30 thn kedepan ...... bukan aturan grabak grubuk spt org dpt undian / kena musibah
Sayang sekali ya, padahal produk suzie reliable dan build qualitinya cukup bagus walau performance n efisiensi biasa2 aja.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by 3mul »

Barangkali yg satu ini bisa menawarkan produk alternatif?
viewtopic.php?f=4&t=24582
Moga2 pas mau ganti gerobak putu bbrp tahun lagi sudah ada worthy opponent-nya.
fasc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by fasc »

newrubble wrote:suzie skrg (bkn dulu) gagal krn dua perkara

1).
ditinggal mas bronto (jpn keilangan mata n telinga u tau locals* mau nya apa) *govt n public appetite

jpn had very high xpectation saat investment scheme 49% (foreign) vs 51% (local) di buang oleh govt indo (1999)

mrk saat itu sgt berharap akan ada second stage sehingga apv kluar ssdh karimun mk.1 n mrk berdua gunakan modular production tools yg bisa di pakai sampai 20 thn kedepan (2020)

2nd stage mrk berfikir indo apus predatory multitaxation


2)
n saat mrk kecewa (lobby mas bronto gagal n dia stepped down dari chairmanship n skrg ada di commissioner board) mrk pindahkan smua yg ada ke india

crita suzie itu bukan crita mass psychology marketing failure tapi investor's over expectation (change of direct investment focus .... indo to india)

pdhl production tools yg (tadinya) ada di indo sanggup bikin 10 - 15 lineups / major changes ...... dulu sy di kasihtau knapa apv cuma semi bonnet bukan full

itu krn mrk(suzie) tdk mau tinggalkan cab-over lovers sementara yg suka full bonnet mau mrk absorb jadi apv users

apv diesel .... apv full bonnet ..... grand apv ..... (*** sesuai dgn apa yg sy baca, temporary namings) smua mrk bawa pergi

now they are in love with india ..... aturan jauh lbh jelas n terbaca u 20 - 30 thn kedepan ...... bukan aturan grabak grubuk spt org dpt undian / kena musibah

it's true
sepeninggal pak bronto, sijuki indomobil jadi gak jelas.
swift keok, vitara pembuka pasar medium suv tinggal nama
ertiga pertama dijual 2012 minim varian, gakda double blower, gakda metic, bandingkan sama apansah, inopah sekali kluar bisa sampe 11varian
giliran facelift ABS malah diilangin
APM paling aneh..


btw, ada yang bisa bandingin market sini sama di indihe sono, maruti sijuki juaranya. toyota kagak kedengaran suaranya
dnehemia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Wed Oct 19, 2016 9:09

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by dnehemia »

fasc wrote:
newrubble wrote:suzie skrg (bkn dulu) gagal krn dua perkara

1).
ditinggal mas bronto (jpn keilangan mata n telinga u tau locals* mau nya apa) *govt n public appetite

jpn had very high xpectation saat investment scheme 49% (foreign) vs 51% (local) di buang oleh govt indo (1999)

mrk saat itu sgt berharap akan ada second stage sehingga apv kluar ssdh karimun mk.1 n mrk berdua gunakan modular production tools yg bisa di pakai sampai 20 thn kedepan (2020)

2nd stage mrk berfikir indo apus predatory multitaxation


2)
n saat mrk kecewa (lobby mas bronto gagal n dia stepped down dari chairmanship n skrg ada di commissioner board) mrk pindahkan smua yg ada ke india

crita suzie itu bukan crita mass psychology marketing failure tapi investor's over expectation (change of direct investment focus .... indo to india)

pdhl production tools yg (tadinya) ada di indo sanggup bikin 10 - 15 lineups / major changes ...... dulu sy di kasihtau knapa apv cuma semi bonnet bukan full

itu krn mrk(suzie) tdk mau tinggalkan cab-over lovers sementara yg suka full bonnet mau mrk absorb jadi apv users

apv diesel .... apv full bonnet ..... grand apv ..... (*** sesuai dgn apa yg sy baca, temporary namings) smua mrk bawa pergi

now they are in love with india ..... aturan jauh lbh jelas n terbaca u 20 - 30 thn kedepan ...... bukan aturan grabak grubuk spt org dpt undian / kena musibah

it's true
sepeninggal pak bronto, sijuki indomobil jadi gak jelas.
swift keok, vitara pembuka pasar medium suv tinggal nama
ertiga pertama dijual 2012 minim varian, gakda double blower, gakda metic, bandingkan sama apansah, inopah sekali kluar bisa sampe 11varian
giliran facelift ABS malah diilangin
APM paling aneh..


btw, ada yang bisa bandingin market sini sama di indihe sono, maruti sijuki juaranya. toyota kagak kedengaran suaranya

ini om ane baru searching sumur web zeenews india.

Here is the list of India's top 10 selling passenger cars in September 2016

Maruti Suzuki Alto: 27,750 units

Maruti Suzuki Swift DZire: 18,961 units

Maruti Suzuki Swift: 16,746 units

Maruti Suzuki WagnoR: 16,645 units

Hyundai Grand i10: 12,212 units

Maruti Suzuki Baleno: 10,623 units

Renault Kwid: 10,558 units

Hyundai Elite i20: 10,254 units

Maruti Suzuki Vitara Brezza: 9,375 units

Hyundai Creta: 8,835 units


Dibandingkan Indonesia di India juaranya suzuki sama Hyundai. malah Toyodai dan hondo nasibnya nya ngak jelas penjualannya... :mky_07:

wah jualan mobil memang ngak bisa di sapu rata utk satu jenis bisa laris dibanyak region. kecuali memang lux brand...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by kunaskun »

luginar wrote:kenapa honda semakin merajai penjualan mobil di Indonesia? jawabanya sangat simple karena para user melihat membeli produk honda adalah produk yg sangat berkualitas, worth every penny. beli mobil honda itu yg kita dapatkan baik enginering, kualitas produk, fitur, spec dan tech sama dg mobil berharga 3-4x lebih mahal.

kalau brand yg punya fitur transmisi jedug dan sudden acleretation itukan usernya buta mobil semua buta, tipikal yg bisa dibodoh2in sales, diiming2 gerobak berchrome langsung ngiler makanya laku. tapi user seperti ini semakin hari semakin sedikit kok, dalam 1-3 thn ke depan Honda yg akan merajai otomotif Indonesia karena semakin hari semakin banyak yg tau bahwa mobil yg benar berkualitas itu di dunia cuma produk Honda
asli gw pengen ketemu yg gaji nih org dan trainernya, gw pengen belajar dari mereka, gimana caranya brainwash manusia sampe kaya gini :mky_03: :mky_03: :mky_03:

---

daitoyo n honda itu ga perlu dilawan, biarin aja, get the niche market persis dengan Honda fight lawan toyota dari dulu, ga pernah incer nomor satulah sesumbar mau target sekian ribu unit, ketika ada yang ga sukses langsung sigap konsolidasi, ini yg ATPM lain dengan bodohnya cuekin, Mazda has done the right things seandainya masih mau bersabar berdarah2 gw rasa bisa ikutin jejak Honda. sayangnya brand lain, sekali masuk uda koar2 mau jualan sekian2, ngimpi kali, filter oli aja ga ada di tukang sayur ini mau jualan sekian ribu unit :big_biglaugh: dikiranya market Indo sama kaya SEA lain kali.

Suzuki kalau ga ketolong Carry n India yang marketnya agak sedikit mirip Indo, gw rasa juga uda lewat. Nissan ga usah ditanya, ini boleh lah dijadiin catatan sejarah gagalnya marketing buat yang Kuliah S2/S3. Korean? itu si anggap saja kaya merek USA/Euro, harga sekenanya, yang beli ya mostly pasti udah siap dengan seagal resikonya.

khawatirnya kalau situasi kaya gini terus, Indo beneran balik era 1990-2010... terutama dekade 2000 keatas, ngeliat soluna, avanza... :big_chicken:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by ChZ »

kunaskun wrote: daitoyo n honda itu ga perlu dilawan, biarin aja, get the niche market persis dengan Honda fight lawan toyota dari dulu, ga pernah incer nomor satulah sesumbar mau target sekian ribu unit, ketika ada yang ga sukses langsung sigap konsolidasi, ini yg ATPM lain dengan bodohnya cuekin, Mazda has done the right things seandainya masih mau bersabar berdarah2 gw rasa bisa ikutin jejak Honda. sayangnya brand lain, sekali masuk uda koar2 mau jualan sekian2, ngimpi kali, filter oli aja ga ada di tukang sayur ini mau jualan sekian ribu unit :big_biglaugh: dikiranya market Indo sama kaya SEA lain kali.

Suzuki kalau ga ketolong Carry n India yang marketnya agak sedikit mirip Indo, gw rasa juga uda lewat. Nissan ga usah ditanya, ini boleh lah dijadiin catatan sejarah gagalnya marketing buat yang Kuliah S2/S3. Korean? itu si anggap saja kaya merek USA/Euro, harga sekenanya, yang beli ya mostly pasti udah siap dengan seagal resikonya.

khawatirnya kalau situasi kaya gini terus, Indo beneran balik era 1990-2010... terutama dekade 2000 keatas, ngeliat soluna, avanza... :big_chicken:
Yang dibold, itu true story banget... hahahaha... ane setuju sih... kemudahan cari sperpat juga yang bikin orang berani beli mobil A mobil B...

Kalo nyari sperpat harus ke BeRes yaaa.... repot. Belom kalo BeResnya jauh dari rumah... Beli sperpat nya 100rebu bensinnya 50rebu...

H itu sebelum keluar CR-V malah jualan sedan doank... City Civic Accord... Habis itu keluar CR-V, Fit/Jazz... lalu 2012 keluar Brio dan konco-konconya... Momentumnya selalu pas... ya kecuali waktu X-Trail pertama keluar itu CR-V gen.2 bener-bener ancur... itupun sesaat doank :big_biglaugh: keluar CR-V generasi 3 dan generasi 4 Ngahon kembali mimpin... salah batumakam atau ngahon yang terlalu banyak fenboi nya? :big_biglaugh:

Joke sempet memimpin waktu SX4 udah terseok-seok... Yah sesama indomobil sikut-sikutan... tapi begitu Haerpi keluar ancur itu Joke... Ada apa dengan batu makam...?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
santos168
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Sun Feb 21, 2016 15:13

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by santos168 »

Rasanya terlalu berlebihan juga kalo dibilang masuk jaman kegelapan kalo tinggal T dan H yg mendominasi pasar. Coba bayangin sebaliknya, T dan H gak ada, yg tinggal adalah brand-brand mobil yg level komitmennya rendah. Jual mobil mau, tapi sediain bengkel sedikit, sparepart kadang ready kadang nggak. Itu baru dark age.
medkintos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Wed Apr 20, 2016 16:23
Location: jakarta
Daily Vehicle: C180 W204

Re: RE: Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by medkintos »

ak4ng wrote:Dominasi pikap sepenglihatan ane: granmax dan t120
Dominasi pikap medium: L300
Dominasi chasis travel: elf 2.8
Dominasi engkel : canter
Dominasi truk 8ton : canter
Dominasi truk >8ton: hino jumbo ranger

Mana toyota dan honda nyaaa....... :ngacir: :ngacir: :ngacir:















:mky_02:
Hino = toyota group om hahaha
Buat bis majority yang akap paling hino sama merc ya...

Sent from my MI 5 using Tapatalk
mari ber Kendara! web | youtube
------
W204 C180 '11 | W211 E280 ‘09 | W166 GLE400 '17 | W244 B170 ‘08 | Dodge Journey '11 | HR-V E '16 | T32 '17 | Harrier XU30 ‘12 | Ranger Wildtrak ‘14 | Mazda8 | Q5 '10
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by kunaskun »

ChZ wrote:
Yang dibold, itu true story banget... hahahaha... ane setuju sih... kemudahan cari sperpat juga yang bikin orang berani beli mobil A mobil B...

Kalo nyari sperpat harus ke BeRes yaaa.... repot. Belom kalo BeResnya jauh dari rumah... Beli sperpat nya 100rebu bensinnya 50rebu...

H itu sebelum keluar CR-V malah jualan sedan doank... City Civic Accord... Habis itu keluar CR-V, Fit/Jazz... lalu 2012 keluar Brio dan konco-konconya... Momentumnya selalu pas... ya kecuali waktu X-Trail pertama keluar itu CR-V gen.2 bener-bener ancur... itupun sesaat doank :big_biglaugh: keluar CR-V generasi 3 dan generasi 4 Ngahon kembali mimpin... salah batumakam atau ngahon yang terlalu banyak fenboi nya? :big_biglaugh:

Joke sempet memimpin waktu SX4 udah terseok-seok... Yah sesama indomobil sikut-sikutan... tapi begitu Haerpi keluar ancur itu Joke... Ada apa dengan batu makam...?
yep, soal spare part bukan kebiasaan org indo ke beres terutama di daerah, maunya ke toko terdekat, giliran ngaco baru heboh dibilang brand ini jelek. nah brand lain ga ada yang mikirnya sejauh ini, belum apa2 udah mikir ROI sekian2... 5 tahun ga balik cabut d, itu si mendingan tu duit buat disumbangin ke org susah :mky_02:

indomobil mah udah kebaca lah, anak emasnya sendiri aja ga pernah beres, gimana mau urusin brand lain, dari seinget ane jaman audi vw sampe sekarang nissan udah jadi korban semua. mentang2 jaringan jualan carry gede aja bikin merek lain ngiler numpang jalur si indomobil.

santos168 wrote:Rasanya terlalu berlebihan juga kalo dibilang masuk jaman kegelapan kalo tinggal T dan H yg mendominasi pasar. Coba bayangin sebaliknya, T dan H gak ada, yg tinggal adalah brand-brand mobil yg level komitmennya rendah. Jual mobil mau, tapi sediain bengkel sedikit, sparepart kadang ready kadang nggak. Itu baru dark age.
kalau daitoyo ahond ga ada, menurut saya juga pasti digantikan merek lain, kaya era 50-60 merek2 amrik semua, lalu tumbang dilibas jepang sampe sekarang... as simple as that.

yep, soal komitmen banyakan modal ngecap doang, tahun depan bakal bangun sekian2 banyak, bangun depo spare part, realisasinya? :big_biglaugh: mendingan kaya mazda, concetrated, maen di jalur rame, ambil niche market, maintain pelan2... hasilnya? bukannya udah banyak mazda die harder? daripada nissan die harder :big_biglaugh: sayang mazda keburu ganti yg ane ga yakin, karena ini yg jualan otak singaporean :big_grin:

yg mesti dikhawatirkan itu karena duo(tri)poli kaya sekarang, hasilnya akan semena2 sediain kendaraan... jgn harap ada radar active city stop, yg ada tar abs dicabut2in... :big_chicken:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?

Post by sandal »

luginar wrote:kenapa honda semakin merajai penjualan mobil di Indonesia? jawabanya sangat simple karena para user melihat membeli produk honda adalah produk yg sangat berkualitas, worth every penny. beli mobil honda itu yg kita dapatkan baik enginering, kualitas produk, fitur, spec dan tech sama dg mobil berharga 3-4x lebih mahal.

kalau brand yg punya fitur transmisi jedug dan sudden acleretation itukan usernya buta mobil semua buta, tipikal yg bisa dibodoh2in sales, diiming2 gerobak berchrome langsung ngiler makanya laku. tapi user seperti ini semakin hari semakin sedikit kok, dalam 1-3 thn ke depan Honda yg akan merajai otomotif Indonesia karena semakin hari semakin banyak yg tau bahwa mobil yg benar berkualitas itu di dunia cuma produk Honda
Ahond juga punya gerobak berchrome lho ntod :mky_02:



:ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement