Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

wasito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sun Jul 21, 2013 0:13

biaya max untuk transmisi automatic

Post by wasito »

Mohon bantuan untuk biaya perbaikan mobil bertrasmisi AUTOMATIC untuk mobil pembuatan tahun 1995 baik yg buatan eropa (BMW, MERCY, PEGEOUT) atau Jepang (TOYOTA, HONDA ACCORD CIELO) dll. Kira kira klo rusaknya parah dan harus diregenerasi baru, brapa biayanya. Contoh BMW 320, MERCY C200,, PUG406, TOYOTA GREAT COROLLA.
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by Prast84 »

wasito wrote:Mohon bantuan untuk biaya perbaikan mobil bertrasmisi AUTOMATIC untuk mobil pembuatan tahun 1995 baik yg buatan eropa (BMW, MERCY, PEGEOUT) atau Jepang (TOYOTA, HONDA ACCORD CIELO) dll. Kira kira klo rusaknya parah dan harus diregenerasi baru, brapa biayanya. Contoh BMW 320, MERCY C200,, PUG406, TOYOTA GREAT COROLLA.
emang kenapa om mobilnya??semua tergantung kerusakannya dari trans matic itu sendiri terkadang ada yg kasih saran ganti segelondong matic tp harus teliti

cmiiw :big_sorry:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by aspsilver »

Kalo lebih dr 10 juta, mending ganti baru deh.
Ganti gelondongan refubished bisa segitu juga soalnya.
wasito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sun Jul 21, 2013 0:13

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by wasito »

Ada saudara yg beminat ganti mobil ke automatic mobil second tp budgetnya untuk mobil buatan th 1995 / 1996 . Dia gak ngerti soal matic, jadi sialnya klo beli bekas trus maticnya rusak, kira kira brapa biayanya. Contoh dia minat BMW E36 yg 320i atau C class yg C200 atau Gread Corolla.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by Turboman »

Bisa survey ke Ricardo matic dan bengkel2 spesialis matic
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by newrubble »

Turboman wrote:Bisa survey ke Ricardo matic dan bengkel2 spesialis matic
Jangan ke ricardo matic krn ricky ...bgt nama panggilan dia sdh bankrupt ...bengkel nya yg di PLN belakang modernland sdh di tutup n tanah nya dijual u harta gono gjni dg bekas istrinya ...n dia trus pindah ke dekat perumahan poris n trus pindah lagi skrg ke depan penjara anak anak ...masih di tangerang juga

Saat sy kirim mobil k sana bbrp bln lalu (anak sy yg bawa) bgt byk debt collector di depan ...

Coba ke wani matic yg bekas murit dia (most recommended) di cileduk atau coba datangi ricky ...siapa tau dia berubah baik lagi skalian memuaskan rasa penasaran ha ha ha
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by Turboman »

Thx for d update om NR

Wah gila juga ya ampe begitu, padahal dulu cust mrk mayan banyak
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by newrubble »

Turboman wrote:Thx for d update om NR

Wah gila juga ya ampe begitu, padahal dulu cust mrk mayan banyak
Skrg dia juga buka ECU repair ...kong sie dgn captain nurdin dari dinas penerbangan ad ...kalo ada yg complaint atau ada debts datang n tagih ...capt nurdin yg kurus itu yg maju ...pak haji ricky akan sembunyi di warung terdekat ...sy ngeri liat perubahan behavior dia skrg
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by y_anjasrana »

matic seken kalau salah beli bisa serem.... dulu temen di klub atoz, ada beberapa yg harus ganti segelundung gearbox maticnya. utk mobil sekecil itu kena 15jtan. ga kebayang deh kalu eropa punya.... sama atau lebih parah yaa....
Accurate V5 Accounting System Consultant
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by Prast84 »

gini aja deh om kalo mau beli mobil matic kalo bisa pas pagi2 dan mesin mobil belum dipanasin sama ownernya trus dicoba dari P langsung D kalo delay lama tidak langsung gerak berarti maticnya ada masalah

saya habis OH matic buat ganti seal yg sudah getas,ganti ATF,ganti oli mesin,scan ecu,dll habis 5juta
wasito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sun Jul 21, 2013 0:13

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by wasito »

Thank ya untuk infonya. Matic eropa lebih siip dari jepun.
wasito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sun Jul 21, 2013 0:13

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by wasito »

Thank untuk infonya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by Turboman »

wasito wrote:Thank ya untuk infonya. Matic eropa lebih siip dari jepun.
Bukannya mobil Eropa banyak yg pake matic unit buatan Aisin Warner yaa

Coba cek :
- Volvo
- Saab
- Sebagian VW/Audi/ Porsche
- Peugeot

Maticnya buatan mana tuh

Bahkan Mechatronicnya VW ada yg buatan JatCo
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by imsus2c »

wasito wrote:Mohon bantuan untuk biaya perbaikan mobil bertrasmisi AUTOMATIC untuk mobil pembuatan tahun 1995 baik yg buatan eropa (BMW, MERCY, PEGEOUT) atau Jepang (TOYOTA, HONDA ACCORD CIELO) dll. Kira kira klo rusaknya parah dan harus diregenerasi baru, brapa biayanya. Contoh BMW 320, MERCY C200,, PUG406, TOYOTA GREAT COROLLA.
Pug setau saya langganan pakai ZF

Saya pengalaman 3x overhaul berat (turun gearbox, ganti kampas dan beberapa part internal)

Peugeot 405 STi pakai gearbox ZF 4HP-14
Rencana waktu itu cuma ganti kampas dan ngerasa pindah gigi 3 ke 4 kasar.
Kalau beli segelondong utuh copotan, harga kisaran 6juta belum termasuk ongkos pasang. Dan itu ngga jaminan jangka panjang, secara garansi cuma 1-3 bulan.
Pengalaman yg pakai ganti ungkul, banyak yg bermasalah juga.
Harga 1 set (kit) kampas baru, Rp. 3.500.000,- (barang genuine merk ZF)
Ongkos kerja, Rp. 2 juta.
Setelah gearbox turun, dibedah...ternyata banyak parts yg harus diremajakan. Diantaranya Brake band, Planetary Gear, Rockles dan bearing.
Semua barang tanpa disangka, tersedia dengan mudah di toko parts spesialis di Surabaya.
Untuk yg slow moving (Planetary Gear dll...) ternyata banyak tersedia kampakan/compotannya.

Total belanja parts dan oli Rp. 6 juta + ongkos Rp 2 juta = Rp. 8 juta
Sedikit lebih mahal dibanding beli segelondong copotan, tapi hasil lebih pasti karena beberapa parts di remajakan.

Peugeot 406, saya belum pernah eksperimen bongkar/overhaul. Tapi kalau bengkelnya spesialis Peugeot atau biasa bongkar gearbox ZF, mestinya familiar.. Oya, gearbox-nya 406 D8 pakai ZF 4HP-20

Peugeot 405 STi (ZF 4HP-14) masih pakai matic hydraulic solenoid/konvensional. Alias masih tarik kabel.


Pengalaman berikutnya, bongkar matic nya odyssey RA 2002. Saya lupa gearbox nya tipe apa, yang jelas buatan Honda sendiri...
Nah ini yang benar-benar menguras kantong dan perjuangan :mrgreen:
Spare parts-nya mahal-mahal..., saya lupa detailnya. Yang lupa-lupa ingat:
- kampas +/- sekitar 6 atau 8 juta
- packing sekitar 1.5 juta
- filter sekitar 800 ribu
- lupa....
Total biaya perkiraan Rp. 15-18jutaan
Accord yang seumuran, kalau ngga salah mesin+gearbox nya sama dgn Odyssey, jadi potensi kerusakan dan biayanya mungkin 11-12
Matic odyssey sudah electric-hydraulic, full kontrol TCU/ECU tanpa kabel, dan sudah pakai model manual (Shift-tronic)



Yang terakhir, Panther LS (kapsul), lupa tahun berapa.
Hanya ganti kopling (odo 370ribuan) dan brake band saja. Total biaya sekitar Rp. 8 jutaan. Ngga beda jauh sama Peugeot yang ganti parts nya lebih banyak :drinking:
Matic-nya panther juga masih sama dgn Pug 405, matic kuno yg masih pakai kabel nyambung ke pedal gas
Yang bilang onderdil panther murmer semua, silakan di cek harga parts matic-nya :mrgreen:


Jadi...ngga selalu perbaikan mobil eropa (terutama yg umum dan tahun tua) lebih mahal dari mobil Jepang
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by mojacko »

wah BMW E39 saya pakai ZF 5HP,, mahal banget ga yah part-nya ?

sampe hari ini sih matic-nya lancar-lancar aja,,,

kira-kira, kalo nanti udah mau minta "jajan" ada tanda2nya kan yah? nggak tau2 langsung ngambek mendadak ?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by imsus2c »

Mendingan mulai survey ke bengkel2, toko onderdil atau sekalian ke BeRes pak
Meski sama2 ZF, kalau beda seri apalagi beda merk mobilnya, bisa jadi harganya beda pula....

Seperti halnya mesin atau gearbox manual, mestinya sih problem di matik ada gejalanya dulu.

Beberapa yang saya masih ingat:

Di 405 STi
- pindah gigi mulai nyentak
- oli matik sering keruh/bau hangus
- gejala selip lebih sering

Di Panther
- sering gigi susah masuk, biasanya di gigi R
- lampu indikator "check trans" kadang nyala
- selip parah

Di Odyssey
- gigi sering loss, misalnya saat gigi 3 yg harusnya ke 4, malah nyeplos ke netral
- lampu check engine sering nyala

Apa lagi ya... :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
bowie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Jan 26, 2014 7:53

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by bowie »

dulu pernah temen ganti matic cheeroki full dalemannya kena 19jt...
gara2 kampas koplingnya kebakar... :big_childish:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by imsus2c »

bowie wrote:dulu pernah temen ganti matic cheeroki full dalemannya kena 19jt...
gara2 kampas koplingnya kebakar... :big_childish:
Pernah lihat Cherokee customer yang lagi di overhaul maticn-nya di bengkel teman.
Yg punya bilang, tiba tiba matic nya sering loss
Waktu dibedah, ternyata koplingnya habis tapi bukan habis karena umur. Yang terlihat seolah-olah material friksi-nya seperti luntur/rontok.

Katanya habis flush ATF, dan mencoba merk lain dari biasanya. Kebetulan ATF yg dicoba tadi ada fungsi (additif) "anti slip/multi slip-lock up"

Jadi entah mana yg jadi penyebabnya, kopling yang jelek atau ATF nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by aspsilver »

kalo beli mobil bekas lebih baik diperiksa dulu yagn detail mengenai kesehatan mobil yang dimaksud untuk dibeli.

kalo tidak mengerti bisa meminta bantuan bengkel, bisa bengkel resmi atau bengkel biasa, palingan bayar beberapa ratus ribu saja untuk general check up.

transmisi adalah barang yang tidak gampang rusak.
pengalaman piara
Mercedes Benz C200 1996 dari 1997 - 2014 90rb km.
Toyota Corolla Altis 2001 - 2012 200rb km.

keduanya tanpa masalah berarti.

kalo transmisi matic sudah kasar, waktu pindah gigi, ya mungkin olinya kotor.

tapi kalo emang mau beli dan dicoba kasar, mending jalan aja deh.

kalo transmisi aja rusak, gimana yang lain.

mending beli mobil bekas kemahalan 10 juta, daripada dapat mobil yang tidak terawat.
ongkosnya bisa lebih dari 10 juta, dan kekesalan yang ditimbulkan kadang tidak terbayar dengan uang.
wasito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sun Jul 21, 2013 0:13

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by wasito »

Very nice info, tapi kok blum ada yg coment BMW E36?
naksir berat ama e36 m40
User avatar
bowie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Jan 26, 2014 7:53

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by bowie »

imsus2c wrote:
bowie wrote:dulu pernah temen ganti matic cheeroki full dalemannya kena 19jt...
gara2 kampas koplingnya kebakar... :big_childish:
Pernah lihat Cherokee customer yang lagi di overhaul maticn-nya di bengkel teman.
Yg punya bilang, tiba tiba matic nya sering loss
Waktu dibedah, ternyata koplingnya habis tapi bukan habis karena umur. Yang terlihat seolah-olah material friksi-nya seperti luntur/rontok.

Katanya habis flush ATF, dan mencoba merk lain dari biasanya. Kebetulan ATF yg dicoba tadi ada fungsi (additif) "anti slip/multi slip-lock up"

Jadi entah mana yg jadi penyebabnya, kopling yang jelek atau ATF nya
Iya om... waktu dites dengan komputer tu cherokee baik2 aja.. tapi yg punya mobil bilang perpindahan dari N ke D nyentak sekali...tidak nyaman.... sblmnya dites sama org bengkel itu mobil bisa lari sampe 180km/h dan dibilang g ada maslah... tapi setelah dibedah baru ketahuan...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by imsus2c »

imsus2c wrote:
wasito wrote:Mohon bantuan untuk biaya perbaikan mobil bertrasmisi AUTOMATIC untuk mobil pembuatan tahun 1995 baik yg buatan eropa (BMW, MERCY, PEGEOUT) atau Jepang (TOYOTA, HONDA ACCORD CIELO) dll. Kira kira klo rusaknya parah dan harus diregenerasi baru, brapa biayanya. Contoh BMW 320, MERCY C200,, PUG406, TOYOTA GREAT COROLLA.
Pengalaman berikutnya, bongkar matic nya odyssey RA 2002. Saya lupa gearbox nya tipe apa, yang jelas buatan Honda sendiri...
Nah ini yang benar-benar menguras kantong dan perjuangan :mrgreen:
Spare parts-nya mahal-mahal..., saya lupa detailnya. Yang lupa-lupa ingat:
- kampas +/- sekitar 6 atau 8 juta
- packing sekitar 1.5 juta
- filter sekitar 800 ribu
- lupa....
Total biaya perkiraan Rp. 15-18jutaan
Accord yang seumuran, kalau ngga salah mesin+gearbox nya sama dgn Odyssey, jadi potensi kerusakan dan biayanya mungkin 11-12
Matic odyssey sudah electric-hydraulic, full kontrol TCU/ECU tanpa kabel, dan sudah pakai model manual (Shift-tronic)
Sekalian update..., mumpung ada beberapa yang ingat terutama untuk kasus rontoknya matic Odyssey RA

Selain beberapa gigi/mata kopling yang rompal, setelah diganti koplingnya dan naik gerabox-nya, dicoba beberapa kali ternyata masih ngga enak.
Gejala loss (terutama saat kondisi mesin/matic panas), masih sering terjadi.

Akhirnya dibawa ke bengkel lain utk cari pembanding.

Gearbox turun lagi, bedah lagi. Kopling ternyata masih ada yg kurang bagus. Ganti...
Naik gearbox, masih ngga enak juga.

Lagi2 gearbox diturunkan, dibedah total dan diteliti partsnya satu per satu.

Ternyata di antara puluhan komponen gearbox tadi, di bagian Actuator Housing, di hub as-nya ada luka baret sangat halus.
Kata yg punya bengkel, ini penyebab matic nya sering nge-loss.
Ya kira2 kalau di mesin kasusnya mirip bocor kompresi

Cari di toko spare parts Honda, ngga jual komponen kayak gitu...mesti beli segelondong utuh :e-doh:
Bawa ke bengkel bubut (Tjokro dan lainnya), ngga ada yg berani setelah melihat kondisi bahan, ukuran, kepresisian dan pemakaian.
Akhirnya sabar hunting junkyard. Nemu juga, meski harus diperbaiki dikit2.

Pada akhirnya, salut sama bengkel yg di pelosok daerah ini, tepatnya di pinggiran kota Jombang. Nemu juga penyakit dan solusinya :D

Actuator Housing Matic Odyssey RA
Image
Image

Bagian yang baret halus dan bermasalah
Image
Image
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by sanfip77 »

Ada yang punya pengalaman bengkel matic hs di daerah kepu kemayoran. Apakah pekerjaannya teliti dan bagus.

Kebetulann matic ane kalo pagi hari langsung ke R, lalu di pindah ke D tidak bisa langsung jalan, harus nunggu sekitar 30 detik baru bisa jalan. Tapi anehnya hanya kadang2 saat mesin dingin atau diam dalam waktu lama.
Kalo sudah jalan 2 menit aja semuanya sudah normal kembali baik Ke R atau ke D.
Kemarin sudah coba kuras oli matic, ganti strain assy, sempat normal... Tapi beberapa lama, kumat lagi.
Kenapa ya?? Dengar2 bengkel r*cardo lagi ada masalah, dan bengkel matic lainnya di daerah tangerang, terlalu jauh. Makanya tanya bengkel HS di kepu. Sorry ngetiknya lewat ipad
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by mojacko »

denger2 di cibubur ada bengkel matic, namanya Ladam, cp: tony sakri

di komunitas BMW sih, terkenal OK
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by imsus2c »

sanfip77 wrote:Ada yang punya pengalaman bengkel matic hs di daerah kepu kemayoran. Apakah pekerjaannya teliti dan bagus.

Kebetulann matic ane kalo pagi hari langsung ke R, lalu di pindah ke D tidak bisa langsung jalan, harus nunggu sekitar 30 detik baru bisa jalan. Tapi anehnya hanya kadang2 saat mesin dingin atau diam dalam waktu lama.
Kalo sudah jalan 2 menit aja semuanya sudah normal kembali baik Ke R atau ke D.
Kemarin sudah coba kuras oli matic, ganti strain assy, sempat normal... Tapi beberapa lama, kumat lagi.
Kenapa ya?? Dengar2 bengkel r*cardo lagi ada masalah, dan bengkel matic lainnya di daerah tangerang, terlalu jauh. Makanya tanya bengkel HS di kepu. Sorry ngetiknya lewat ipad
Mobilnya apa ya pak?
Kalau tahun muda (>2000an) dan sudah pakai matic yg sudah full elektronik (ECU/TCU), mestinya sih bisa di-scan (diagnosa) dulu.

Beda dengan matik jadul yg masih mengandalkan solenoid konvensional, kalau itu bener-bener butuh montir yg telaten ngurut cari permasalahannya.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking