Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

semesta
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by semesta »

Bisa nggak sih kalau mobil dengan transmisi automatic diubah menjadi manual? Kayaknya punya mobil automatic ngeri juga ya...

Sent from my SM-E500H using Seraya Motor mobile app
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by jivos »

At convert ke MT bs saja
Ganti dg tranny mt, shifter n housingnya.

----
Sepenglihatan nubie selama ini, klo AT dah kena meski dikarenakan olh slh satu sub systemnya failed ..dia akan hajar sub sytem AT lainnya. Penggantian satu/sebagian parts yg bermasalah tsb....seiiring b'jlnnya odo akan berulah lagi itu tranny (apalagi utk yg odo km yg tinggi). Itu mk nya beres hanya mw terima penggantian sec set brand new transm assy, ngehindari hal diatas tsb.

N ngga slh jg klo ada yg sbt mbl AT punya 2 mesin under the hood, one the enjin itself, the other is a box tranny at.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by marama »

mnrt saya yang awam ini, matic idealnya max smp 100.000km, saya sll jual mbl2 matic saya under odo sgitu. Dgn rutin kuras matic per 40.000 km (agar terhindar dr turun girboks)

Untuk pemakaian smp max 100.000km saya msh merasa operasional matic lbh murah dr manual yang biasanya km 80.000 harus gnt kopling yang skrg nilainya sdh 2jt lbh penggantian kopling set di beres.

Terlepas dr kelebihan kenyamanan menggunakan matic nya yah di kota jakarta.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by solar_kerosen »

newrubble wrote:
Turboman wrote:Bisa survey ke Ricardo matic dan bengkel2 spesialis matic
Jangan ke ricardo matic krn ricky ...bgt nama panggilan dia sdh bankrupt ...bengkel nya yg di PLN belakang modernland sdh di tutup n tanah nya dijual u harta gono gjni dg bekas istrinya ...n dia trus pindah ke dekat perumahan poris n trus pindah lagi skrg ke depan penjara anak anak ...masih di tangerang juga

Saat sy kirim mobil k sana bbrp bln lalu (anak sy yg bawa) bgt byk debt collector di depan ...

Coba ke wani matic yg bekas murit dia (most recommended) di cileduk atau coba datangi ricky ...siapa tau dia berubah baik lagi skalian memuaskan rasa penasaran ha ha ha

makanya itu gue ngakak aja kalau liat ada bengkel umum yg bisa terima servis semua matic mobil hebat bgt ilmunya udah selevel nabi :wkkk:

, beres yg turunan dari pabrikan aja masih lola lolo apalagi cuma sekelas bengkel umum yg ilmunya pas pasan, duitnya pas pasan dan juga special tools gak ada mending ambil spesialis yg pasaran kaya matic toyota semua..... avanza vios kijang . ada beres mobil KIA servis maticnya gagal mulu akhirnya di angkut truk dibawa ke beres di jakarta pusat :mrgreen:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by octafiantos »

Saya pake mobil matik, odo 156k.
Sewaktu beli seken sudah ada bon penggantian oli, jadi saya nggak ganti lagi. Shifting, kick down masih normal.

Beberapa teman pake transmisi serupa, rata-rata belum pernah turun matik.
Malah ada yang odo sudah 500k juga belum pernah turun. Beberapa temen yang pernah turun dan saya cari tahu info detailnya:
- E34 520i, transmisi ZF5HP. Gara gara sejak beli seken belum pernah kuras matik. Transmission check nyala, hanya direset, dipake pulang dari Bandung masih sering dikickdown sampe flat. Masuk limp mode, overhoul ganti plat, seal matik, filter dkk. Ongkos habis 8 juta termasuk oli ZF10liter.

- E36 323i, transmisi ZF5HP. Jedak saat masuk R dan D. Sama, kasusnya terlambat ganti oli. Overhoul total juga habis hampir 8juta untuk item yang kurang lebih sama.

- E46 318i mesin N42. Ini seingat saya transmisinya bukan ZF tapi Getrag. Dan terkenal mahal, pistonnya dilapis teflon kalo info dari bengkel. Awalnya seal matik bermasalah, transmisi tidak bisa dipake sebelum mobil panas. Overhoul habis 16 juta.

Semua mobil masih dipake sama empunya setelah turun matik 3-4 tahun yll.
Saya sendiri berprinsip kalo mau dipake sendiri dalam jangka waktu lama, daripada ganti transmisi copotan mending overhoul karena partnya ada. Tranmisi kampakan mau ex manapun semua sama tunggu waktu mean time before failure.
Kavling kosong, bisa dikridit.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1272
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by singachu »

imsus2c wrote:
wasito wrote:Mohon bantuan untuk biaya perbaikan mobil bertrasmisi AUTOMATIC untuk mobil pembuatan tahun 1995 baik yg buatan eropa (BMW, MERCY, PEGEOUT) atau Jepang (TOYOTA, HONDA ACCORD CIELO) dll. Kira kira klo rusaknya parah dan harus diregenerasi baru, brapa biayanya. Contoh BMW 320, MERCY C200,, PUG406, TOYOTA GREAT COROLLA.
Pug setau saya langganan pakai ZF

Saya pengalaman 3x overhaul berat (turun gearbox, ganti kampas dan beberapa part internal)

Peugeot 405 STi pakai gearbox ZF 4HP-14
Rencana waktu itu cuma ganti kampas dan ngerasa pindah gigi 3 ke 4 kasar.
Kalau beli segelondong utuh copotan, harga kisaran 6juta belum termasuk ongkos pasang. Dan itu ngga jaminan jangka panjang, secara garansi cuma 1-3 bulan.
Pengalaman yg pakai ganti ungkul, banyak yg bermasalah juga.
Harga 1 set (kit) kampas baru, Rp. 3.500.000,- (barang genuine merk ZF)
Ongkos kerja, Rp. 2 juta.
Setelah gearbox turun, dibedah...ternyata banyak parts yg harus diremajakan. Diantaranya Brake band, Planetary Gear, Rockles dan bearing.
Semua barang tanpa disangka, tersedia dengan mudah di toko parts spesialis di Surabaya.
Untuk yg slow moving (Planetary Gear dll...) ternyata banyak tersedia kampakan/compotannya.

Total belanja parts dan oli Rp. 6 juta + ongkos Rp 2 juta = Rp. 8 juta
Sedikit lebih mahal dibanding beli segelondong copotan, tapi hasil lebih pasti karena beberapa parts di remajakan.

Peugeot 406, saya belum pernah eksperimen bongkar/overhaul. Tapi kalau bengkelnya spesialis Peugeot atau biasa bongkar gearbox ZF, mestinya familiar.. Oya, gearbox-nya 406 D8 pakai ZF 4HP-20

Peugeot 405 STi (ZF 4HP-14) masih pakai matic hydraulic solenoid/konvensional. Alias masih tarik kabel.


Pengalaman berikutnya, bongkar matic nya odyssey RA 2002. Saya lupa gearbox nya tipe apa, yang jelas buatan Honda sendiri...
Nah ini yang benar-benar menguras kantong dan perjuangan :mrgreen:
Spare parts-nya mahal-mahal..., saya lupa detailnya. Yang lupa-lupa ingat:
- kampas +/- sekitar 6 atau 8 juta
- packing sekitar 1.5 juta
- filter sekitar 800 ribu
- lupa....
Total biaya perkiraan Rp. 15-18jutaan
Accord yang seumuran, kalau ngga salah mesin+gearbox nya sama dgn Odyssey, jadi potensi kerusakan dan biayanya mungkin 11-12
Matic odyssey sudah electric-hydraulic, full kontrol TCU/ECU tanpa kabel, dan sudah pakai model manual (Shift-tronic)



Yang terakhir, Panther LS (kapsul), lupa tahun berapa.
Hanya ganti kopling (odo 370ribuan) dan brake band saja. Total biaya sekitar Rp. 8 jutaan. Ngga beda jauh sama Peugeot yang ganti parts nya lebih banyak :drinking:
Matic-nya panther juga masih sama dgn Pug 405, matic kuno yg masih pakai kabel nyambung ke pedal gas
Yang bilang onderdil panther murmer semua, silakan di cek harga parts matic-nya :mrgreen:


Jadi...ngga selalu perbaikan mobil eropa (terutama yg umum dan tahun tua) lebih mahal dari mobil Jepang
bengkelnya di surabaya di mana om ?

regards,
singachu
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by grandis_GT »

Kemarin veloz MY 2012 paman ane maticnya bermasalah, gak bisa mundur bawa ke beres lumayan juga costnya , akhirnya bawa ke bengkel umum habis 10 juta , part" 8 juta + jasa 2 juta , gak tau juga penyebAbnya apa yg jelas odometer masih 120.2xx km.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by imsus2c »

singachu wrote:
imsus2c wrote:
wasito wrote:Mohon bantuan untuk biaya perbaikan mobil bertrasmisi AUTOMATIC untuk mobil pembuatan tahun 1995 baik yg buatan eropa (BMW, MERCY, PEGEOUT) atau Jepang (TOYOTA, HONDA ACCORD CIELO) dll. Kira kira klo rusaknya parah dan harus diregenerasi baru, brapa biayanya. Contoh BMW 320, MERCY C200,, PUG406, TOYOTA GREAT COROLLA.
Pug setau saya langganan pakai ZF

Saya pengalaman 3x overhaul berat (turun gearbox, ganti kampas dan beberapa part internal)

Peugeot 405 STi pakai gearbox ZF 4HP-14
Rencana waktu itu cuma ganti kampas dan ngerasa pindah gigi 3 ke 4 kasar.
Kalau beli segelondong utuh copotan, harga kisaran 6juta belum termasuk ongkos pasang. Dan itu ngga jaminan jangka panjang, secara garansi cuma 1-3 bulan.
Pengalaman yg pakai ganti ungkul, banyak yg bermasalah juga.
Harga 1 set (kit) kampas baru, Rp. 3.500.000,- (barang genuine merk ZF)
Ongkos kerja, Rp. 2 juta.
Setelah gearbox turun, dibedah...ternyata banyak parts yg harus diremajakan. Diantaranya Brake band, Planetary Gear, Rockles dan bearing.
Semua barang tanpa disangka, tersedia dengan mudah di toko parts spesialis di Surabaya.
Untuk yg slow moving (Planetary Gear dll...) ternyata banyak tersedia kampakan/compotannya.

Total belanja parts dan oli Rp. 6 juta + ongkos Rp 2 juta = Rp. 8 juta
Sedikit lebih mahal dibanding beli segelondong copotan, tapi hasil lebih pasti karena beberapa parts di remajakan.

Peugeot 406, saya belum pernah eksperimen bongkar/overhaul. Tapi kalau bengkelnya spesialis Peugeot atau biasa bongkar gearbox ZF, mestinya familiar.. Oya, gearbox-nya 406 D8 pakai ZF 4HP-20

Peugeot 405 STi (ZF 4HP-14) masih pakai matic hydraulic solenoid/konvensional. Alias masih tarik kabel.


Pengalaman berikutnya, bongkar matic nya odyssey RA 2002. Saya lupa gearbox nya tipe apa, yang jelas buatan Honda sendiri...
Nah ini yang benar-benar menguras kantong dan perjuangan :mrgreen:
Spare parts-nya mahal-mahal..., saya lupa detailnya. Yang lupa-lupa ingat:
- kampas +/- sekitar 6 atau 8 juta
- packing sekitar 1.5 juta
- filter sekitar 800 ribu
- lupa....
Total biaya perkiraan Rp. 15-18jutaan
Accord yang seumuran, kalau ngga salah mesin+gearbox nya sama dgn Odyssey, jadi potensi kerusakan dan biayanya mungkin 11-12
Matic odyssey sudah electric-hydraulic, full kontrol TCU/ECU tanpa kabel, dan sudah pakai model manual (Shift-tronic)



Yang terakhir, Panther LS (kapsul), lupa tahun berapa.
Hanya ganti kopling (odo 370ribuan) dan brake band saja. Total biaya sekitar Rp. 8 jutaan. Ngga beda jauh sama Peugeot yang ganti parts nya lebih banyak :drinking:
Matic-nya panther juga masih sama dgn Pug 405, matic kuno yg masih pakai kabel nyambung ke pedal gas
Yang bilang onderdil panther murmer semua, silakan di cek harga parts matic-nya :mrgreen:


Jadi...ngga selalu perbaikan mobil eropa (terutama yg umum dan tahun tua) lebih mahal dari mobil Jepang
bengkelnya di surabaya di mana om ?

regards,
singachu
Wah, maaf sudah lupa pak.
Sudah agak lama dan apalagi habis itu, nemu bengkel/mekanik yg lebih ok (subjectif) dibanding yg di surabaya dulu.
Ada 3 tempat yg menurut saya lebih sreg dibanding di Surabaya dulu.
Di Mojokerto, Jombang sama Sidoarjo (kota).
Itupun juga udah jarang kesana, secara matic itu kan harusnya "long life", maksud saya bukan seperti mesin yang harus di servis/tune up berkala.
Jadi begitu beres, ya udah ngga pernah ke bengkel itu lagi :D, hanya ganti oli matic (kerjakan sendiri) atau kuras (di BeRes).
Oya, ketiganya tadi, bengkelnya kelas bengkel rumahan ya...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by solar_kerosen »

saran dr gue yg mobilnya udah lebih dari 10 nih , kalau beli matic ekonomi cukupan mending ambil yg pasaran biar servisnya gampang dan copotannya banyak kaya toyota mid end yaris,kijang,avanza, ayla,jazz,city dan cervi pasti lebih gampang daripada sekelas chevy,kia,mazda DSB botak kepala nunggu spare part dan kepastian sembuh penyakitnya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by paidjho »

Setuju ama om solar...

Share pengalaman aja....
All new corolla ganti at copotan 5 tahun lalu, dp 3 + pasang & ganti seal 1.5jt. Masih melenggang sampai sekarang...

Kalau merek mainstream, bisa gak mahal. Hitung saja kalau Manual rata2 2-3 tahun ganti kampas kopling, dll., at bisa 8-10 tahun...

Honda 5at, pernah nanya sekitar 7-8 jt, terima beres.
semesta
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by semesta »

Jadi gak perlu paranoid juga ya punya mobil automatic selama pake merek generik?
Oya agan agan ada saran gak cara menggunakan transmisi automatic biar lebih awet atau setidaknya meminimalisir resiko kerusakan...?

Sent from my SM-E500H using Seraya Motor mobile app
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by doge »

semesta wrote:Jadi gak perlu paranoid juga ya punya mobil automatic selama pake merek generik?
Oya agan agan ada saran gak cara menggunakan transmisi automatic biar lebih awet atau setidaknya meminimalisir resiko kerusakan...?

Sent from my SM-E500H using Seraya Motor mobile app
No comment utk yg merk generik...

Cr pake klo sy :
Klo mw pindah dr R ke D dan sebaliknya, mobil berhentiin smpe bner" mandek..
Gnti oli matic jgn smpe lupa... ada yg bilang 20rb km gnti biasa 40rb km bru kuras (klo sy sndiri lsg tiap 30-40rb km 1x kuras (flush) biar greget)
Klo ada banjir klo bs jgn diterjang; klo nerjang jgn lp cek oli dr dipstick matic, klo wrn g merah doang, kuras secepatnya
Klo g suka suara kasar wktu mw jln lg, klo parkir nanjak/nurun masuk N dlu( pedal rem msh diinjek max), parking brake diaktifin semax mungkin(ditarik ato diinjek ato narik tombol tergantung mbl), pedal rem dilepas pelan" smpe lepas total, klo mbl udh g gerak krn ditahan parking brake, bru msk P
:ngacir:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by daftar »

masalahnya matic mungkin kalo beli second aja yah, karena kita gak tau gimana perawatan owner sebelumnya, apa ganti ATF nya rutin, apa olinya sesuai spesifikasi.juga kalo tinggal di kota kecil n awam soal mesin, bisa2 montir atau penjual oli salah ngasih oli karena biasanya pilihan oli di kota kecil terbatas
:ngacir:
gatorzone
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Oct 26, 2013 8:17

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by gatorzone »

Penasaran kalo benerin CVT nantinya gimana... krn sepertinya mobil2 skrg banyak yg pake CVT
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1272
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: biaya max untuk transmisi automatic

Post by singachu »

imsus2c wrote: Wah, maaf sudah lupa pak.
Sudah agak lama dan apalagi habis itu, nemu bengkel/mekanik yg lebih ok (subjectif) dibanding yg di surabaya dulu.
Ada 3 tempat yg menurut saya lebih sreg dibanding di Surabaya dulu.
Di Mojokerto, Jombang sama Sidoarjo (kota).
Itupun juga udah jarang kesana, secara matic itu kan harusnya "long life", maksud saya bukan seperti mesin yang harus di servis/tune up berkala.
Jadi begitu beres, ya udah ngga pernah ke bengkel itu lagi :D, hanya ganti oli matic (kerjakan sendiri) atau kuras (di BeRes).
Oya, ketiganya tadi, bengkelnya kelas bengkel rumahan ya...
minta info yang sidoarjo kota deh :D
iya namanya jaga2 aja sih, sekarang ga butuh tp ga tau lagi kalau tau2 butuh.
maklum masih ada baleno next g 2003 A/T, km dah hampir 180rb.
pinginnya ya jelas ganti mobil yang muda-an , cuman ya selama belum terealisasi catat no buat jaga2 dulu

regards,
singachu
semesta
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by semesta »

Kalau di bandung ada yang tau bengkel matic yang bagus dan ok?

Sent from my SM-E500H using Seraya Motor mobile app
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by paidjho »

Kurang faham untuk area bandung Om. Mungkin Om om yg lain bisa bantu.

Lumayan buat referensi transmission at.

Image

Image


whatever we ride, we drive on the same road.... #respect
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: RE: Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by hehe001 »


doge wrote:
semesta wrote:Jadi gak perlu paranoid juga ya punya mobil automatic selama pake merek generik?
Oya agan agan ada saran gak cara menggunakan transmisi automatic biar lebih awet atau setidaknya meminimalisir resiko kerusakan...?

Sent from my SM-E500H using Seraya Motor mobile app
No comment utk yg merk generik...

Cr pake klo sy :
Klo mw pindah dr R ke D dan sebaliknya, mobil berhentiin smpe bner" mandek..
Gnti oli matic jgn smpe lupa... ada yg bilang 20rb km gnti biasa 40rb km bru kuras (klo sy sndiri lsg tiap 30-40rb km 1x kuras (flush) biar greget)
Klo ada banjir klo bs jgn diterjang; klo nerjang jgn lp cek oli dr dipstick matic, klo wrn g merah doang, kuras secepatnya
Klo g suka suara kasar wktu mw jln lg, klo parkir nanjak/nurun masuk N dlu( pedal rem msh diinjek max), parking brake diaktifin semax mungkin(ditarik ato diinjek ato narik tombol tergantung mbl), pedal rem dilepas pelan" smpe lepas total, klo mbl udh g gerak krn ditahan parking brake, bru msk P
aspsilver wrote:kesalahan umum dari kerusakan Automatic transmision adalah
KESALAHAN Penggunaan Oli.

ganti dengan oli yang salah
lupa tidak ganti oli

kedua kesalahan ini adalah FATAL.
walaupun kesalahan penggunaan oli adalah lebih Fatal.
Membangunkan thread tahun lalu....

Jadi kalo beli seken mobil matic, memperhatikan odo itu penting:

1. untuk mengecek kira2 sudah brp kali ganti Oli matic dan terakhir kapan... Selain itu tahun mobil

2.Selain itu tahun mobil juga penting untuk memperkirakan odo dan umurnya, kalo sy baca garansi mobil sampai 3th/100rb km, brti rata2 pemakaian 3th adalah kurleb 100rb km

3.Riwayat bengkel, merek Oli dll part dan perbaikan apa saja

4.banyak cari info perihal mobil yg akan dibeli, sm adalah surganya... :)

CMIIW dr saya yang mencoba menyimpulkan.


Pertanyaan; gejala umum problem matic adalah seperti yg saya Quot ya? Dan sebaiknya cek saat kondisi mobil baru pertama kali dinyalakan hari itu?

User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by b8099ok »

Kesalahan paling umum itu,... Ganti oli atf tp filter kaga diganti jg,... Mantep dah,... :big_slap:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by Turboman »

b8099ok wrote:Kesalahan paling umum itu,... Ganti oli atf tp filter kaga diganti jg,... Mantep dah,... :big_slap:
Filter oli di matic kan modelnya wire mesh dan di dalam

gak perlu diganti

paling kalo odo dah above 200 rb km ya buka dan cuci aja
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: RE: Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by b8099ok »

Turboman wrote: Mon Jan 23, 2017 0:39
b8099ok wrote:Kesalahan paling umum itu,... Ganti oli atf tp filter kaga diganti jg,... Mantep dah,... :big_slap:
Filter oli di matic kan modelnya wire mesh dan di dalam

gak perlu diganti

paling kalo odo dah above 200 rb km ya buka dan cuci aja
ada yg busa/paper/wire mesh. Yg yg model catridge paper/busa hrs ganti (ex. Cvt os, dct pokus, cvt cx5/m6, dll) Lagian harganya jg ga ampe semahal jajannya FRD koq,..
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
ashida
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Nov 26, 2015 3:10

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by ashida »

Saya pakai kia carnival th 2001. Maticnya jika berhenti di tengah tanjakan tidak mau gerak atau naik. Harus turun ke tempat datar baru bisa gerak naik tapi kalau tanjakan curam ya tidak bisa. Kalau di jalan datar normal bisa diatas 100 km/jam, masuk ke D langsung gerak tapi tidak segalak kalau masuk R. Kalau R tarikannya terasa, kalau D gasnya harus agak dalam, kick off terasa juga. Kira-kira problemnya dimana ya, apa yang harus diperhatikan atau diganti?
uhuk2
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Mon Jan 23, 2017 8:20

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by uhuk2 »

Kalau saya, yg penting atf ganti per 30rbkm. Merk dan spek tinggal ikuti aja apa kata beres.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by Turboman »

Benar ini ATF ganti rutin per 2 tahun sekali utk ATF OEM

Jangan percaya dgn anjuran yg bilang ATF ganti per 80 / 100 / 120 rb km etc

Ada maksud terselubung itu
semesta
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10

Re: Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?

Post by semesta »

Berapa kisaran biaya yang harus dipersiapkan untuk perbaikan transmisi matic?
Soalnya ane pernah tanya-tanya di bengkel resmi harganya bisa setengah dari harga mobil itu sendiri ya
..
Apa lebih baik transmisi matik ke bengkel bengkel khusus matic yang biasa pake transmisi copotan bekas Singapura ya?