Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by fernando_lim »

Misi om turbo mau tanya soal atf

Kondisi k14b sudah 23 rb km 2.3 thn
Sikon maticnya berasa ga enak perpindahan sedikit berasa sentakan saat ini kaga smooth lagi

Bawaan atf kan dexron 3
Nah kalo saya tap 3-4 liter atfnya saya isi dgn atf jaso 1A gpp ?
Netral ga jaso 1A bercampur dgn dexron 3 ?
Mengingat kalo kuras dalem juga ke dompet

Atau lebih baik saya kuras aja total 10 liter aja atfnya ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

fernando_lim wrote: Fri Apr 14, 2017 10:56 Misi om turbo mau tanya soal atf

Kondisi k14b sudah 23 rb km 2.3 thn
Sikon maticnya berasa ga enak perpindahan sedikit berasa sentakan saat ini kaga smooth lagi

Bawaan atf kan dexron 3
Nah kalo saya tap 3-4 liter atfnya saya isi dgn atf jaso 1A gpp ?
Netral ga jaso 1A bercampur dgn dexron 3 ?
Mengingat kalo kuras dalem juga ke dompet

Atau lebih baik saya kuras aja total 10 liter aja atfnya ?
matic jedug bisa juga krn volume ATF nya kurang

Tapi kalo dah 20 rb km sih buang aja yg di pan, trus isi sesuai volume yg keluar

isi dengan ATF yg sama
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by speedfreak »

Harga oli q8 ultra 0w-20 klo di luaran pasarannya berapa ya?
Bulan februari lalu beli di bli2 cuma 4 liter krn mau nyoba dulu. Pas udah dipake dan berasa enak.. Mau beli lagi eh stok sudah habis.

Mana pas ganti oli dikerjakan di bengkel pinggir jalan yg apesnya lagi kurang ok hasilnya oli jadi ada rembesan dan setelah pemakaian 2 minggu ada pengurangan level oli di dipstick.
Klo sisa oli q8 ultra 0w20 yg tinggal suedikit itu sudah habis dipake top-up dan blm nemu q8 lagi, boleh gak klo di top up pake sisa Amsoil 0w20 yg dipakai sebelumnya?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Jambangan »

Kalo lampu tekanan oli menyala agak lama setelah starter kira2 masalah ga ya??
Pas diukur pake stopwatch di hape sih ga nyampe 1 detik tapi menurut ane masih agak lama
Soalnya di mobil lain sekali starter lampu tekanan oli langsung mati
Ada 2 mobil ane yg kyk gitu. Yg lainnya sekali starter langsung mati lampu tekanan olinya
Mobil crv 2012 odo 33rb KM Oli mesin pake honda oem 5w-30 filter oli oem honda
Satu lagi innova bensin 2012 odo 54rb KM oli tmo 10w-40 filter oli oem toyota
Agak khawatir takut mesin rusak kalo dibiarkan :ungg:
Atau ane yg terlalu paranoid :upss:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

Jambangan wrote:Kalo lampu tekanan oli menyala agak lama setelah starter kira2 masalah ga ya??
Pas diukur pake stopwatch di hape sih ga nyampe 1 detik tapi menurut ane masih agak lama
Soalnya di mobil lain sekali starter lampu tekanan oli langsung mati
Ada 2 mobil ane yg kyk gitu. Yg lainnya sekali starter langsung mati lampu tekanan olinya
Mobil crv 2012 odo 33rb KM Oli mesin pake honda oem 5w-30 filter oli oem honda
Satu lagi innova bensin 2012 odo 54rb KM oli tmo 10w-40 filter oli oem toyota
Agak khawatir takut mesin rusak kalo dibiarkan :ungg:
Atau ane yg terlalu paranoid :upss:
normal lah

kecuali lampu nyala terus gak mati2
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Jambangan »

Turboman wrote: Sat Apr 15, 2017 3:15
Jambangan wrote:Kalo lampu tekanan oli menyala agak lama setelah starter kira2 masalah ga ya??
Pas diukur pake stopwatch di hape sih ga nyampe 1 detik tapi menurut ane masih agak lama
Soalnya di mobil lain sekali starter lampu tekanan oli langsung mati
Ada 2 mobil ane yg kyk gitu. Yg lainnya sekali starter langsung mati lampu tekanan olinya
Mobil crv 2012 odo 33rb KM Oli mesin pake honda oem 5w-30 filter oli oem honda
Satu lagi innova bensin 2012 odo 54rb KM oli tmo 10w-40 filter oli oem toyota
Agak khawatir takut mesin rusak kalo dibiarkan :ungg:
Atau ane yg terlalu paranoid :upss:
normal lah

kecuali lampu nyala terus gak mati2
Icic om turbo :big_exellent:
Thx jawabannya om :big_peace:
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kurniakerten »

speedfreak wrote: Sat Apr 15, 2017 2:28 Harga oli q8 ultra 0w-20 klo di luaran pasarannya berapa ya?
Bulan februari lalu beli di bli2 cuma 4 liter krn mau nyoba dulu. Pas udah dipake dan berasa enak.. Mau beli lagi eh stok sudah habis.

Mana pas ganti oli dikerjakan di bengkel pinggir jalan yg apesnya lagi kurang ok hasilnya oli jadi ada rembesan dan setelah pemakaian 2 minggu ada pengurangan level oli di dipstick.
Klo sisa oli q8 ultra 0w20 yg tinggal suedikit itu sudah habis dipake top-up dan blm nemu q8 lagi, boleh gak klo di top up pake sisa Amsoil 0w20 yg dipakai sebelumnya?
Pas nutup oli di bawah kali om yg ga bener, makanya rembes?
atau pasang filter oli yg ga bener?
hehe pas promo di blibl* saya langsung borong 10 liter... mumpung murah dan direkomendasikam oleh Om Turboman... cuman skrg habis... hehe
E300 W212
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

Saat ganti oli biasakan bersihkan baut pembuangan oli karter entah pake bensin / solar / mitan / carb cleaner / brake cleaner / degreaser supaya kotoran2 terlepas

lalu kasi teflon tape
Puffy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sun Nov 27, 2016 15:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Puffy »

Teman" nanya dong ada yg pernah pake top 1 evolution 5w-30 kah?
Impresinya gmn?
Hellkaiser
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Mar 04, 2017 14:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Hellkaiser »

Om turbo mau nanya ni, bentar lagi triton tahun 2009 ane uda mau ganti oli di odo 251.[cencored]. Mau minta saran lebih baik pake Fastron Diesel atau Rimula R4X aja ya? Ane uda liat pds kedua produk tsb ttp masih ragu ni, makanya coba2 cari pencerahan di forum ini. Terima kasih banyak
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by speedfreak »

kurniakerten wrote: Sat Apr 15, 2017 6:31

Pas nutup oli di bawah kali om yg ga bener, makanya rembes?
atau pasang filter oli yg ga bener?
hehe pas promo di blibl* saya langsung borong 10 liter... mumpung murah dan direkomendasikam oleh Om Turboman... cuman skrg habis... hehe
Iya penyebabnya dari baut oli karter.
Seminggu setelah ganti oli, dicek ke bengkel spesialis nissan non resmi katanya krn ring di baut karter olinya harus diganti jg. Setelah oli dikeluarin dan ditampung, ganti ring di baut karter dan pasang ke karter, lalu oli dimasukin lagi. Setelah itu dapat laporan dari orang rumah klo bocornya tambah parah. Kemarin sabtu akhirnya dibawa ke bengkel resmi dan cuma dibersihin pake brake cleaner utk membersihkan kotoran2 dan ternyata cuma harus dikencengin lebih kenceng drpd standar momennya aja katanya. Setelah didiamkan 1jam udah gak ngerembes lagi.
Btw beruntung banget itu om udah ngeborong 10 liter. Saya nunggu promo batch berikutnya lagi aja deh.

Turboman wrote: Sat Apr 15, 2017 10:24 Saat ganti oli biasakan bersihkan baut pembuangan oli karter entah pake bensin / solar / mitan / carb cleaner / brake cleaner / degreaser supaya kotoran2 terlepas

lalu kasi teflon tape
Iya om turbo.. Makasi utk masukannya.
Dulu2 saya klo ganti oli sendiri gak pernah membersihkan baut karter oli ini dan hanya pasang solasi putih itu aja dan so far gak pernah ada rembes / bocor. Baru aja kejadian kali ini. Next time bakalan selalu dibersihkan ini baut karter nya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

oli yg udah dibuang dr karter mesin sangat tidak dianjurkan utk dimasukkan lagi ke dalam mesin

kecuali sebelum dimasukkan di sirkulasi dulu lewat filter (filter oli) dan setelah bersih baru dimasukkan ke mesin

wadah nya juga harus benar2 bersih
Hellkaiser
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Mar 04, 2017 14:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Hellkaiser »

Dear om turboman, saya lagi bingung antara pertamina fastron diesel dan shell rimula r4x untuk triton exceed tahun 2009 non vgt om. Udah liat2 pds kedua produk tsb namun masih bingung jg. Menurut om turbo lebih baik yg mana ya? Pilihan jatuh pd kedua produk tsb krna susah dapet merk lain kalo di daerah saya om. Terima kasih banyak
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by speedfreak »

Turboman wrote: Sun Apr 16, 2017 2:02 oli yg udah dibuang dr karter mesin sangat tidak dianjurkan utk dimasukkan lagi ke dalam mesin.

kecuali sebelum dimasukkan di sirkulasi dulu lewat filter (filter oli) dan setelah bersih baru dimasukkan ke mesin

wadah nya juga harus benar2 bersih
Waduh makasi lagi untuk sarannya..
Kemarin itu oli Q8 nya baru jalan 300an km dalam waktu seminggu..
Sayang bener klo gak dimasukkan lagi ke mesin :ungg: :ungg:

Cara melakukan yang ini : "sebelum dimasukkan di sirkulasi dulu lewat filter (filter oli)" gimana ya om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

kalo sy sih ganti oli selalu saya liatin dr dekat, baut karter selalu sy semprot degreaser + saya minta kasi teflon tape

lalu kalo nuang oli ke mesin sy anti pake coring, krn biasa si bengkel corong nya dah kotor2

saya bisa nuang oli dr gallon 4 L lgs masuk ke lubang pengisian tanpa corong

bengkel yg teknik nya spt sy itu cuman Siaga Motor - Cikini (skg di Sunter), dulu mrk tuang Yacco yg botol 2 liter, ga pernah pake corong & oli lgs masuk ke lubang pengisian


User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by fariezal »

Turboman wrote:kalo sy sih ganti oli selalu saya liatin dr dekat, baut karter selalu sy semprot degreaser + saya minta kasi teflon tape

lalu kalo nuang oli ke mesin sy anti pake coring, krn biasa si bengkel corong nya dah kotor2

saya bisa nuang oli dr gallon 4 L lgs masuk ke lubang pengisian tanpa corong

bengkel yg teknik nya spt sy itu cuman Siaga Motor - Cikini (skg di Sunter), dulu mrk tuang Yacco yg botol 2 liter, ga pernah pake corong & oli lgs masuk ke lubang pengisian
Soal e dah expert nuang tanpa corong..... Hahahah


Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk

dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Oli mineral 5W30

Post by dimasapri »

Om Turbo & suhu2 SM lainnya,
Saya mau tanya, oli mineral 5W30 yg dijual di Indonesia merk apa saja yak?
Saya rencana pakai Liqui Moly Engine flush dengan cara:
1. Buang oli lama
2. Isi oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
3. Tambahkan Liquimoly engine flush.
4. Hidupkan mesin 10 menit dalam keadaan idle untuk bersihkan mesin sesuai petunjuk engine flush
5. Buang lagi olinya
6. Isi oli baru, oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
7. Pakai sampai beberapa ratus km.
8. Kuras oli lagi.
9. Isi dengan oli baru, oli full synthetic Amsoil ASL

Karena boros oli, saya cari 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.

Ada info gak, oli apa yg cocok untuk keperluan tersebut?

Thank you in advance
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Oli mineral 5W30

Post by Turboman »

dimasapri wrote:Om Turbo & suhu2 SM lainnya,
Saya mau tanya, oli mineral 5W30 yg dijual di Indonesia merk apa saja yak?
Saya rencana pakai Liqui Moly Engine flush dengan cara:
1. Buang oli lama
2. Isi oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
3. Tambahkan Liquimoly engine flush.
4. Hidupkan mesin 10 menit dalam keadaan idle untuk bersihkan mesin sesuai petunjuk engine flush
5. Buang lagi olinya
6. Isi oli baru, oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
7. Pakai sampai beberapa ratus km.
8. Kuras oli lagi.
9. Isi dengan oli baru, oli full synthetic Amsoil ASL

Karena boros oli, saya cari 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.

Ada info gak, oli apa yg cocok untuk keperluan tersebut?

Thank you in advance
buset

emang mobilnya dah jalan brp ratus ribu km ?

mesin penuh sludge kah ?
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: RE: Oli mineral 5W30

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:00
dimasapri wrote:Om Turbo & suhu2 SM lainnya,
Saya mau tanya, oli mineral 5W30 yg dijual di Indonesia merk apa saja yak?
Saya rencana pakai Liqui Moly Engine flush dengan cara:
1. Buang oli lama
2. Isi oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
3. Tambahkan Liquimoly engine flush.
4. Hidupkan mesin 10 menit dalam keadaan idle untuk bersihkan mesin sesuai petunjuk engine flush
5. Buang lagi olinya
6. Isi oli baru, oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
7. Pakai sampai beberapa ratus km.
8. Kuras oli lagi.
9. Isi dengan oli baru, oli full synthetic Amsoil ASL

Karena boros oli, saya cari 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.

Ada info gak, oli apa yg cocok untuk keperluan tersebut?

Thank you in advance
buset

emang mobilnya dah jalan brp ratus ribu km ?

mesin penuh sludge kah ?
Iseng saja Om... 😁
Pgn tau seberapa kotor mesinnya & seberapa efektif kerja engine flush.
Makanya pgn pakai engine flush di oli baru.
Biar ketahuan benar2 ada kotoran yg terangkat atau gak.
Kalau oli baru kan masih jernih.
Kalau oli lama yg dituang engine flush, gak ketahuan.

Pakai oli mineral baru selama beberapa ratus km berikutnya untuk buang sisa2 engine flush.

Sdh 160an ribu km sih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Oli mineral 5W30

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:00
dimasapri wrote:Om Turbo & suhu2 SM lainnya,
Saya mau tanya, oli mineral 5W30 yg dijual di Indonesia merk apa saja yak?
Saya rencana pakai Liqui Moly Engine flush dengan cara:
1. Buang oli lama
2. Isi oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
3. Tambahkan Liquimoly engine flush.
4. Hidupkan mesin 10 menit dalam keadaan idle untuk bersihkan mesin sesuai petunjuk engine flush
5. Buang lagi olinya
6. Isi oli baru, oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
7. Pakai sampai beberapa ratus km.
8. Kuras oli lagi.
9. Isi dengan oli baru, oli full synthetic Amsoil ASL

Karena boros oli, saya cari 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.

Ada info gak, oli apa yg cocok untuk keperluan tersebut?

Thank you in advance
buset

emang mobilnya dah jalan brp ratus ribu km ?

mesin penuh sludge kah ?
Iseng saja Om... [emoji16]
Pgn tau seberapa kotor mesinnya & seberapa efektif kerja engine flush.
Makanya pgn pakai engine flush di oli baru.
Biar ketahuan benar2 ada kotoran yg terangkat atau gak.
Kalau oli baru kan masih jernih.
Kalau oli lama yg dituang engine flush, gak ketahuan.

Pakai oli mineral baru selama beberapa ratus km berikutnya untuk buang sisa2 engine flush.

Sdh 160an ribu km sih
ooo gitu

katup HLA ?

kalo HLA
- buang oli lama
- ganti filter oli murah
- tuang aja oli SAE 30 curah mesran
- tuang EF (flush)
- idle 40 menit
- buang oli dan filter
- tuang 1 L mesran buat dorong sisa2

pasang filter oli baru dan masukkiin oli baru
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: RE: Re: RE: Oli mineral 5W30

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:10
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:00
buset

emang mobilnya dah jalan brp ratus ribu km ?

mesin penuh sludge kah ?
Iseng saja Om... [emoji16]
Pgn tau seberapa kotor mesinnya & seberapa efektif kerja engine flush.
Makanya pgn pakai engine flush di oli baru.
Biar ketahuan benar2 ada kotoran yg terangkat atau gak.
Kalau oli baru kan masih jernih.
Kalau oli lama yg dituang engine flush, gak ketahuan.

Pakai oli mineral baru selama beberapa ratus km berikutnya untuk buang sisa2 engine flush.

Sdh 160an ribu km sih
ooo gitu

katup HLA ?

kalo HLA
- buang oli lama
- ganti filter oli murah
- tuang aja oli SAE 30 curah mesran
- tuang EF (flush)
- idle 40 menit
- buang oli dan filter
- tuang 1 L mesran buat dorong sisa2

pasang filter oli baru dan masukkiin oli baru
Iya, bener Om Turbo...pakai HLA.

Mesran SAE 30 aman ya?
Kalau murah, buat dorong sisa2 EF sekalian 4 liter juga gak pa2 deh 😁

Sippp...thanks atas sharing ilmunya Om Turbo
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: RE: Re: RE: Oli mineral 5W30

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:10 ooo gitu

katup HLA ?

kalo HLA
- buang oli lama
- ganti filter oli murah
- tuang aja oli SAE 30 curah mesran
- tuang EF (flush)
- idle 40 menit
- buang oli dan filter
- tuang 1 L mesran buat dorong sisa2

pasang filter oli baru dan masukkiin oli baru
Maaf Om Turbo, baru perhatikan baik2...
Idle 40 menit tdk kelamaan?
Takutnya mesin overheat.
Atau mistype, 10 menit mungkin?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Oli mineral 5W30

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:10 ooo gitu

katup HLA ?

kalo HLA
- buang oli lama
- ganti filter oli murah
- tuang aja oli SAE 30 curah mesran
- tuang EF (flush)
- idle 40 menit
- buang oli dan filter
- tuang 1 L mesran buat dorong sisa2

pasang filter oli baru dan masukkiin oli baru
Maaf Om Turbo, baru perhatikan baik2...
Idle 40 menit tdk kelamaan?
Takutnya mesin overheat.
Atau mistype, 10 menit mungkin?
emang selama ini kalo macet2 an apa overheat ?
bemaiself
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Oct 15, 2015 2:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by bemaiself »

bemaiself wrote: Fri Apr 14, 2017 4:49 Om Turbo, kalau pakai oli yang bisa sampai 10.000 km ke atas, filter oli standar dealer apa bisa dipakai selama itu juga?
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Oli mineral 5W30

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 4:37
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:10 ooo gitu

katup HLA ?

kalo HLA
- buang oli lama
- ganti filter oli murah
- tuang aja oli SAE 30 curah mesran
- tuang EF (flush)
- idle 40 menit
- buang oli dan filter
- tuang 1 L mesran buat dorong sisa2

pasang filter oli baru dan masukkiin oli baru
Maaf Om Turbo, baru perhatikan baik2...
Idle 40 menit tdk kelamaan?
Takutnya mesin overheat.
Atau mistype, 10 menit mungkin?
emang selama ini kalo macet2 an apa overheat ?
Selama ini tidak pernah mengalami macet sampai harus berhenti 40 menit sih...jadi gak tau bakal overheat atau tdk.

Jadi sebenarnya masih aman ya jalankan mesin selama 40 menit dalam kondisi idle?
Secara tdk ada hembusan angin tambahan yg membantu radiator fan mendinginkan radiator.
Kuatir kalau gak overheat, olinya gosong :big_blushing: