Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

Riset menarik

https://www.stle.org/images/pdf/STLE_OR ... 0Plays.pdf

Utk mesin2 yg dgn Timing Chain aka mesin dgn VVT / VTEC / Cam Phaser dan juga Diesel2 modern dgn Timing Chain

ternyata kadar ZDDP yg tinggi efeknya buruk bagi Timing Chain, walau ZDDP itu pelindung utama valve tappet / rocker arm

Molybdenum adalah zat pelindung Timing Chain yg paling baik.......tapi Molybden dlm bentuk senyawa MoDDP

Untungnya oli2 PCMO masa kini kadar ZDDP rata2 800 ppm / lower & umumnya mengandung Moly dan Boron juga


arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by arfs »

Turboman wrote: Wed Jun 07, 2017 17:06 Riset menarik

https://www.stle.org/images/pdf/STLE_OR ... 0Plays.pdf

Utk mesin2 yg dgn Timing Chain aka mesin dgn VVT / VTEC / Cam Phaser dan juga Diesel2 modern dgn Timing Chain

ternyata kadar ZDDP yg tinggi efeknya buruk bagi Timing Chain, walau ZDDP itu pelindung utama valve tappet / rocker arm

Molybdenum adalah zat pelindung Timing Chain yg paling baik.......tapi Molybden dlm bentuk senyawa MoDDP

Untungnya oli2 PCMO masa kini kadar ZDDP rata2 800 ppm / lower & umumnya mengandung Moly dan Boron juga
SAPS sama ZDDP beda nya apa om?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

SAPS itu deterjen.......sulphate ash phosporius sulphur

gugel2 aja SAPS & ZDDP byk penjelasan


kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kurniakerten »

Turboman wrote: Wed Jun 07, 2017 17:06 Riset menarik

https://www.stle.org/images/pdf/STLE_OR ... 0Plays.pdf

Utk mesin2 yg dgn Timing Chain aka mesin dgn VVT / VTEC / Cam Phaser dan juga Diesel2 modern dgn Timing Chain

ternyata kadar ZDDP yg tinggi efeknya buruk bagi Timing Chain, walau ZDDP itu pelindung utama valve tappet / rocker arm

Molybdenum adalah zat pelindung Timing Chain yg paling baik.......tapi Molybden dlm bentuk senyawa MoDDP

Untungnya oli2 PCMO masa kini kadar ZDDP rata2 800 ppm / lower & umumnya mengandung Moly dan Boron juga
Jadi oli merk apa yg aman Om.. hehe
E300 W212
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

kurniakerten wrote:
Turboman wrote: Wed Jun 07, 2017 17:06 Riset menarik

https://www.stle.org/images/pdf/STLE_OR ... 0Plays.pdf

Utk mesin2 yg dgn Timing Chain aka mesin dgn VVT / VTEC / Cam Phaser dan juga Diesel2 modern dgn Timing Chain

ternyata kadar ZDDP yg tinggi efeknya buruk bagi Timing Chain, walau ZDDP itu pelindung utama valve tappet / rocker arm

Molybdenum adalah zat pelindung Timing Chain yg paling baik.......tapi Molybden dlm bentuk senyawa MoDDP

Untungnya oli2 PCMO masa kini kadar ZDDP rata2 800 ppm / lower & umumnya mengandung Moly dan Boron juga
Jadi oli merk apa yg aman Om.. hehe
Lha itu kan udah ane tulis di paragraph bawah

lagian case Timing Chain aus itu akan lebih mungkin terjadi di mesin2 GDI / GDI T

Kalo port EFI sih gak gitu

makanya nanti std ILSAC GF-6 akan memasukkan klausul perlindungan Timing Chain
kokondu
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Feb 09, 2017 3:50
Location: bandung
Daily Vehicle: freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kokondu »

minta rekomendasinya untuk oli 0W20 untuk Toyota Sienta mending pakai apa ya? Ditawarin di beres pake TMO 0w20 cuma harganya 160 rb per liter...nah daripada beli TMO harga 160rb per liter kayanya mending beli oli lain di luaran yang harganya segituan, soalnya service advisornya udah bilang boleh bawa oli dr luar
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by BrianK3 »

Minta saran om Turbo. Saya biasa pake AMS 5w30 di Ist 1NZ-FE tapi di Graha lagi kosong. Dia sarankan pakai Eneos Sustina 5w30 tapi kepikiran pengen coba Q8 0w20 cuma oli encer gitu saya denger kurang cocok yah buat mesin berumur? Penguapan sangat minim sih. Thanks in advance yah.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by ginting »

Turboman wrote: Thu Jun 08, 2017 1:13 SAPS itu deterjen.......sulphate ash phosporius sulphur

gugel2 aja SAPS & ZDDP byk penjelasan
Halo oom Turbo, mau tanya dong. Mohon pencerahan.
Mobil saya MuX bawaan olinya dari pabrik kata SA tahan 10,000 km.
Odo saat itu 5000 km saya service pertama, dan tidak ada ganti oli.
Terus, pas odo 5700 saya kepikiran mau roadtrip (mudik lebaran) ke Aceh, yang akan habis kira 5000 to 6000 km (v.v. termasuk muter muter 2 minggu di Aceh dan Sumut ). lalu saya putuskan ganti oli.

Saya ditawari 2 olie yaitu Delvac Mobil 1 (SAE 5W-40) full synthetic = rp 200,000 / lt atau Isuzu Astra Genuine Oli (15W-40) = rp 60,000,-
Nah, kata SA sih IAGO juga bagus, tapi cuma tahan 5000 km
Pikir punya pikir, akhirnya di Odo 5700 km itu oli dikuras dan diganti IAGO

Tapi sesudah ganti ke IAGO koq perasaan jadi tarikan berat, dan FC jadi lebih boros.
Padahal kata teman saya kode SAE itu untuk Indonesia buntutnya (40) yang terpakai, sementara depannya (5W dan 15W) itu untuk Winter.

Saya jadi bingung nih kenapa rasanya bisa beda, padahal kode CI-4 juga.

Saya kepikir kuras lagi dan ganti dengan Delvac Mobil 1 (yang saya beli bareng anak2 komunitas KFOC, KIOC, Captiva, MuX dengan harga 125,000 / liter) tapi beli kelipatan 6 botol (kebetulan saya beli 12 botol, bisa untuk 2 x ganti oli) --tapi ada juga kawan bilang bahwa oli resmi dari pabrikan itu juga baik dan sudah dipikirkan pabrikan speknya.

Saran oom Turbo enaknya dikuras lagi aja (anggap saja oli sekarang untuk bersih2 kotoran inreyen) yang atau tunggu sampai 5000 km ya ..??

terima kasih banyak updatenya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

4JK1-TCX di buku manual SAE terendah yg diijinkan itu SAE brp om ?

utk ambient s/d 35 deg C

apakah 5W30 ?
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Thu Jun 08, 2017 1:13 SAPS itu deterjen.......sulphate ash phosporius sulphur

gugel2 aja SAPS & ZDDP byk penjelasan
Om Turbo,
Mau tanya nih, dari kandungan SAPS (Sulphated Ash, Phosphorous, Sulphur) yg mana yg merusak catalytic converter yak?

Soalnya kalau lihat VOA nya Amsoil ASL, kandungan sulphur-nya relatif tinggi.
Setidaknya dibandingkan dgn Eneos, Kendall, Pennzoil, & Mobil 1.

Amsoil ASL
Sulphur = 3559 ppm
Image

Eneos
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Image

Kendall Full Synthethic​
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Image

Pennzoil
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Image

Mobil 1
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Image

Anehnya, Kendall Synthethic Blend malah mengandung sulphur.

Kendall Synthethic Blend
Sulphur = 3023 ppm
Image

Apa fungsi sulphur sebagai additive oli?
Apakah ada efek negatifnya terhadap mesin, oli, emisi, dan/atau catalytic converter?
Crossoverjersey
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
Location: Bandung

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Crossoverjersey »

kokondu wrote: Thu Jun 08, 2017 2:47 minta rekomendasinya untuk oli 0W20 untuk Toyota Sienta mending pakai apa ya? Ditawarin di beres pake TMO 0w20 cuma harganya 160 rb per liter...nah daripada beli TMO harga 160rb per liter kayanya mending beli oli lain di luaran yang harganya segituan, soalnya service advisornya udah bilang boleh bawa oli dr luar
Gimana kalo pake tetap TMO gan tapi belinya di Tokopedia ada tuh yg jual 100 rb/Liter

Yup Sy juga pengguna sienta jadi enak tarikannya om pake TMO OW20
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Thu Jun 08, 2017 1:13 SAPS itu deterjen.......sulphate ash phosporius sulphur

gugel2 aja SAPS & ZDDP byk penjelasan
Om Turbo,
Mau tanya nih, dari kandungan SAPS (Sulphated Ash, Phosphorous, Sulphur) yg mana yg merusak catalytic converter yak?

Soalnya kalau lihat VOA nya Amsoil ASL, kandungan sulphur-nya relatif tinggi.
Setidaknya dibandingkan dgn Eneos, Kendall, Pennzoil, & Mobil 1.

Amsoil ASL
Sulphur = 3559 ppm
Image

Eneos
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Image

Kendall Full Synthethic​
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Image

Pennzoil
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Image

Mobil 1
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Image

Anehnya, Kendall Synthethic Blend malah mengandung sulphur.

Kendall Synthethic Blend
Sulphur = 3023 ppm
Image

Apa fungsi sulphur sebagai additive oli?
Apakah ada efek negatifnya terhadap mesin, oli, emisi, dan/atau catalytic converter?

di Indo mah kalo katalik mampet tinggal babat ganti pipa plong aja......ekekekke

AFAIK :
Oli high SAPS tapi jika penguapan rendah / NOACK volatility kecil juga SAPS nya gak akan banyak masuk ruang bakar

atau kalau mau bebas SAPS dr ruang bakar pasang aja OCT......beressss

hehehhehe
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

Crossoverjersey wrote:
kokondu wrote: Thu Jun 08, 2017 2:47 minta rekomendasinya untuk oli 0W20 untuk Toyota Sienta mending pakai apa ya? Ditawarin di beres pake TMO 0w20 cuma harganya 160 rb per liter...nah daripada beli TMO harga 160rb per liter kayanya mending beli oli lain di luaran yang harganya segituan, soalnya service advisornya udah bilang boleh bawa oli dr luar
Gimana kalo pake tetap TMO gan tapi belinya di Tokopedia ada tuh yg jual 100 rb/Liter

Yup Sy juga pengguna sienta jadi enak tarikannya om pake TMO OW20
TMO ada yg acdc lohhh

itu Q8 - 0W20 sekitar 2 minggu lagi ada promo di ACE dan mungkin juga Toda......kasta jauh di atas TMO

Kalo utk kelas TMO beli aja Fastron Gold 0W20 di Olimart / dll (suka ada promo) wong TMO 0W20 juga buatan si P..........ini buat kelas 7 bulan
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:23
di Indo mah kalo katalik mampet tinggal babat ganti pipa plong aja......ekekekke

AFAIK :
Oli high SAPS tapi jika penguapan rendah / NOACK volatility kecil juga SAPS nya gak akan banyak masuk ruang bakar

atau kalau mau bebas SAPS dr ruang bakar pasang aja OCT......beressss

hehehhehe
Sebenarnya pgn tau:
- yg merusak itu sulfur, sulfated ash, atau phosporus nya
- fungsi sulfur sebagai additive itu untuk apa & dampak negatifnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:23
di Indo mah kalo katalik mampet tinggal babat ganti pipa plong aja......ekekekke

AFAIK :
Oli high SAPS tapi jika penguapan rendah / NOACK volatility kecil juga SAPS nya gak akan banyak masuk ruang bakar

atau kalau mau bebas SAPS dr ruang bakar pasang aja OCT......beressss

hehehhehe
Sebenarnya pgn tau:
- yg merusak itu sulfur, sulfated ash, atau phosporus nya
- fungsi sulfur sebagai additive itu untuk apa & dampak negatifnya
any metallic / mineral substance lama2 bisa merusak CC

makanya bensin dgn Timbal or MMT (M Mangan T) itu bisa merusak CC

dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:48
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:23
di Indo mah kalo katalik mampet tinggal babat ganti pipa plong aja......ekekekke

AFAIK :
Oli high SAPS tapi jika penguapan rendah / NOACK volatility kecil juga SAPS nya gak akan banyak masuk ruang bakar

atau kalau mau bebas SAPS dr ruang bakar pasang aja OCT......beressss

hehehhehe
Sebenarnya pgn tau:
- yg merusak itu sulfur, sulfated ash, atau phosporus nya
- fungsi sulfur sebagai additive itu untuk apa & dampak negatifnya
any metallic / mineral substance lama2 bisa merusak CC

makanya bensin dgn Timbal or MMT (M Mangan T) itu bisa merusak CC
Hhhhmmm... berarti sulfur gak merusak cc ya Om?
Cuma masalah emisi lingkungan -> hujan asam saja?

Soalnya sulfur bukan molekul logam.

Kalau sulfated ash & phosporus, gak ngerti termasuk logam atau bukan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:48
dimasapri wrote: Sebenarnya pgn tau:
- yg merusak itu sulfur, sulfated ash, atau phosporus nya
- fungsi sulfur sebagai additive itu untuk apa & dampak negatifnya
any metallic / mineral substance lama2 bisa merusak CC

makanya bensin dgn Timbal or MMT (M Mangan T) itu bisa merusak CC
Hhhhmmm... berarti sulfur gak merusak cc ya Om?
Cuma masalah emisi lingkungan -> hujan asam saja?

Soalnya sulfur bukan molekul logam.

Kalau sulfated ash & phosporus, gak ngerti termasuk logam atau bukan
sulphur juga lama2 merusak katalik

tapi yg utama ya karena sulphur sisa pembakaran BBM yg sulphur tinggi
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 3:51
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:48
any metallic / mineral substance lama2 bisa merusak CC

makanya bensin dgn Timbal or MMT (M Mangan T) itu bisa merusak CC
Hhhhmmm... berarti sulfur gak merusak cc ya Om?
Cuma masalah emisi lingkungan -> hujan asam saja?

Soalnya sulfur bukan molekul logam.

Kalau sulfated ash & phosporus, gak ngerti termasuk logam atau bukan
sulphur juga lama2 merusak katalik

tapi yg utama ya karena sulphur sisa pembakaran BBM yg sulphur tinggi
Thanks Om Turbo
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kurniakerten »

Om Turboman...
mau nanya oli2 ini yg paling bagus mana ya?
1. Mobil 1 Advanced Fuel Economy Full Synthetic SAE 0W-30
2. Texal Oil Gmax 1 Ultra-Syn Power Fully-Syn 0W-20 SN
3. Chevron Dello 400 SAE 0W-30

terakhir pake Q8 Formula Ultra udah kerasa enak sih...
E300 W212
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

kurniakerten wrote:Om Turboman...
mau nanya oli2 ini yg paling bagus mana ya?
1. Mobil 1 Advanced Fuel Economy Full Synthetic SAE 0W-30
2. Texal Oil Gmax 1 Ultra-Syn Power Fully-Syn 0W-20 SN
3. Chevron Dello 400 SAE 0W-30

terakhir pake Q8 Formula Ultra udah kerasa enak sih...
Bah

kalo biasa pake 0W20 mah ke 5W20 aja lgs kerasa agak berat loh

Kecuali ada alasan khusus ke 0W30 misal mobil bakal high rev terus

oli2 0W30 rata2 sih full syn en high perf

itu yg no 2 di toko mana om ? merek aneh......
nuelgs
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by nuelgs »

om turbo, oli total termasuk banyak palsunya ga ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

nuelgs wrote:om turbo, oli total termasuk banyak palsunya ga ya?
nah ini gak paham

scr bbrp tahun belakangan oli Total gak gitu populer.....gak kayak dulu
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kurniakerten »

Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 7:06
kurniakerten wrote:Om Turboman...
mau nanya oli2 ini yg paling bagus mana ya?
1. Mobil 1 Advanced Fuel Economy Full Synthetic SAE 0W-30
2. Texal Oil Gmax 1 Ultra-Syn Power Fully-Syn 0W-20 SN
3. Chevron Dello 400 SAE 0W-30

terakhir pake Q8 Formula Ultra udah kerasa enak sih...
Bah

kalo biasa pake 0W20 mah ke 5W20 aja lgs kerasa agak berat loh

Kecuali ada alasan khusus ke 0W30 misal mobil bakal high rev terus

oli2 0W30 rata2 sih full syn en high perf

itu yg no 2 di toko mana om ? merek aneh......
Hehe sama Om... baru lihat di iklan onlen Texal Oil..
Di website resminya ga nulis produksi negara mana... hehe
E300 W212
avz13
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Apr 26, 2017 6:17
Location: Palembang
Daily Vehicle: avanza

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by avz13 »

Om turbo tanya nih mobil 1 5w-30 newer technology itu base stock oli nya diatas fastron gold atau sama aja ya? Soalnya advance fully synthetic. Ane nemu di Tokopedia 360k harganya. Asli gak ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

avz13 wrote:Om turbo tanya nih mobil 1 5w-30 newer technology itu base stock oli nya diatas fastron gold atau sama aja ya? Soalnya advance fully synthetic. Ane nemu di Tokopedia 360k harganya. Asli gak ya?
Oli merek Mobil / M1 yg belom ada acdc nya mungkin yg Delvac LE doank kali yah

Belilah di trusted seller