nah berujung ke prinsipal merek merek ini takut barang gak diserap pasar karena market +62 ya dari dulu segini-segini aja. prinsipal gimanapun kan pasti tanya market growth gimana. diancam cabut kalo gak growth, ya pemegang kepentingannya keder. pendekatannya = transum nggak dikembangin, kasih insentif EV, bla bla bla. pendekatannya business oriented. tipikal govt +62 dari zaman dulu kala.lexnic wrote: 02 Jun 2025, 14:43
klo mnurut saya, semua mslh dsini gara2 nilai tukar rupiah yg lemah & gagalnya pemerintah dlm nyediain transportasi umum yg layak (bukan cuma sekedar bisa dinaikin aja).
transportasi umum yg layak paling cuma di kota2 besar aja, itu jga gk semua kota ada. sekelas transjakarta ato KRL aja pas rush hour mnurut saya gk nyaman sama skali. cuma pejabat2 itu mana pernah ngerasain naik bgtuan, wong ada fasilitas patwal & plat sakti.
EV mnurut saya cuma pindahin masalah dri 1 titik ke titik lain. ok lah polusi udara di perkotaan bisa berkurang, tapi gmana dgn polusi udara di area skitar pembangkit listrik (trutama pembangkit listrik yg msh pake batu bara ato diesel)? yg saya heran, apa dasarnya ngasih kebijakan subsidi pajak buat EV klo jatuhnya malah jdi subsidi yg gk tepat sasaran dan ujung2nya malah nambahin kemacetan.
sehingga jurusnya kredit dimurahin sebisa mungkin. udah sistemik ini mah. istilahnya penjualan kita sebenernya aktual menurun, sekarang keliatan banyak karena kredit mobil makin gampang.
nah ilusi "udara bersih" itu juga bikin pemerataan makin sulit kan. krn polutannya harus end up somewhere. kek yang ane bilang itu, luar jawa itu cuma jadi tempat eksploitasi manusia, lingkungan, dan buang sampah akhirnya. nambang dimana, buang polutan dimana. pokoknya ilusi udara bersih aja dulu di jakarta.
orang-orang itu kabur kemana? ke jawa lagi. ke jakarta mainly, dan ada juga nyebar ke kota-kota lain.
cari penghidupan di sana. di kampungnya udah gak ada harapan. makin kesini makin sering kok liat orang dari timur mau kerja jadi apapun.