Merk Ban Apa Yg Paling Bagus

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

mmhyh kalo aku bilang tetep ban vulkanisir kurang bagus tuh trutama buat kendaraan yg mengangkut bebean berat sepeerti truck karena lapisan vulkanisirnya sering lepas alias ngga kuat tuh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8734
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Ya iyalah...

Eh ini daku ada daptar harga ban...:

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8734
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Lho koq gak nungul? :?

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

wah tulunk di kirim ulang atchmentnya tuh bung anjas

mmhhh kenapa yagh ban motor justru kebalikan dari ban mobil kalo ban motor yg belakang yg sering habis sedangkan untuk mobil ban depannya yg sering habis
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8734
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Orank belom ngirim apa-apa hehehe.... :lol:

Kalu soal ban motor, ban belakang lebih cepet abis karena kebiasaan orank slalu ngerem pake ban belakang. Jadinya gesekan dgn aspal lebih sadis di ban belakang.

Kalu ban mobil jelas karena setting kekuatan rem ban depan lebih besar daripada ban belakang. Jadinya gesekan dgn aspal lebih sadis di ban depan.

Disamping itu juga pengaruh tarikannya. Kalu motor penggerak rodanya di ban belakang. Kalu mobil (yg murahan) biasanya penggerak roda di ban depan.

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

hehehe btul jugha tuh bung anjas
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8734
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Maklum orang pinter.... :lol: :lol: :lol:

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

ehhe pinter posting kali yagh hehehe


oh ya kenapa yah ban utk F1 tidk ada kembangnya tuh n yg ada hanya 4 gaaris utk ban belakang n 3 baris utk ban depan
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: 04 Mar 2003, 10:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

kan slick, jaman dulu malahan nggak ada alurnya sama sekali gara2 regulasi baru jadi ada alurnya, aspal sirkuitnya No. 1 jadi ngga takut ada pasir or lobang2
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

iya jugha segh aspalnya alu banget degh gitu kada ada kotoran laghie tapi hebat yagh ban gundul bisa diajak lari 320 km/h lebih
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

oh ya tpai jika hujan me lait ban nya ada kembang n alurnya tuh bung
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8734
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Ban F1 dulunya sebenernya ada alurnya. Trus ada tim yg pake ban slick, tapi sempet dilarang, karena blum diketahui bagaimana nentuin ban itu udah gundul apa blom.

Seiring perkembangan teknologi (ckckck... bahasanya keren ajah), semua mobil F1 pake ban slick dan diikuti oleh mobil balap yg lain, karena ban slick punya keuntungan yaitu daya cengkram terhadap track yg sangat baik.

Track utk F1 tidak bisa dibilang mulus. Itu karena kita melihat dari tivi. Aspalnya memang beda, tapi soal bersih atau kotor bisa dibilang lebih bersih jalan umum. Karena kalau jarang dipakai maka akan penuh dengan debu. Memangnya ada yg nyapu? Makanya mobil balap butuh downforce ekstra gede, biar gak kepleset.

Mengenai ban beralur di F1 sekarang ada utk mengurangi daya cengkeram ban. Tujuannya adalah utk mengurangi kecepatan mobil F1. Akhirnya pabrikan2 ban F1 sempet dituduh membuat ban lebih cepat habis hingga ketebalan tertentu, sehingga alur yg ada menjadi halus dan ban menjadi mirip dengan ban slick.

8) 8) 8)

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

hehe tapi biar gundul mapu dipacu 250 km/h lebih

tapi liat degh kondisi ban di mobil F1 setelah perlombaan trutama ban 3 juaranya hhe kaga ada yg molos semuanya pemukaannya ancuur
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8734
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Justru ban gundul yg bisa kuenceng. Kalu ban beralur malah gak begitu kenceng Mas.... 8)

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

he disamping vitu baut antar ban dengan rotator cuman satu buha yah hebat ngag tuh sedangkan di mobil umumnya 4 baut
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8734
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Itu karena jenis velgnya Om. Soalnya kalo bautnya banyak-banyak nanti ganti bannya jadi lama. Tapi sekarang yg pake velg begituan gak cuma mobil F1 koq. Mobil biasa juga bisa. Cuma mahal aja.

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

tapi ko kuat yagh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8734
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Bahan dan ukurannya boo...! Emmangnya bautnya seperti baut biasa. Lebih guuedeuu atuu...!!!

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

lah kuat ko dibawa 300 km/h
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8734
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Jadi binun...... :( :( :(

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8734
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Kira-kira sih jawabannya ya tergantung dari materialnya juga. Tapi disamping itu faktor suspensi juga berpengaruh juga. Kalu suspensi jelek, otomatis biar pake material super pasti gampang rusak.

Ini berlaku buat semua jenis mobil balap. Soalnya terbukti berkali-kali suspensi jebol, tabrakan de el el, pasti yang jebol duluan suspensinya duluan. Sedangkan velgnya udah ngabur kemana-mana. Inget kasus Kimi Raikonen yg pecah ban tahun lalu. Itu bukti kehebatan teknologi metalurgi masa kini. Bannya ampe ancur gitu, tapi velgnya no problem.

Tapi yg perlu diinget kalu velg mobil balap rata-rata cuma dipakai 1-2 jam doank. Biarpun itu balap ketahanan yg ampe 24 jam, tetep aja yg namanya velg pasti cuma 1-2 jam aja. Bahkan di F1 bisa hanya 1/2 jam saja. Jadi umur velg semahal itu sangat pendek. Jadi wajar kalu gak pernah terjadi kasus velg jebol.
Accurate V5 Accounting System Consultant

User avatar
aVi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 23 May 2003, 14:48
Location: jakarta nih..diatas motor

Post by aVi »

velg racing variasi yg bagus buat motor apa yah??

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

utk yg standar seh daytona juga bagsu tuh cuman rada berat aja
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
aVi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 23 May 2003, 14:48
Location: jakarta nih..diatas motor

Post by aVi »

/me mo carinya yg murah bagus dan awet..+ enteng

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Contact:

Post by vandekar »

heheh mangnya punya budget berapa vi?
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

Post Reply