Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1089
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Pugman » 28 Jan 2019, 07:43

ginting wrote:
02 Jan 2019, 13:12
ders wrote:
02 Jan 2019, 12:58
selamat siang TS dan para suhu SMers.. nubi numpang kepo

saat kendaraan konstan jalan minimal 3 jam .. saat istirahat.. apakah perlu buka kap mesin utk tujuan percepatan pendinginan suhu mesin dan lainnya ?

soalnya banyak liat yg parkir di rest area suka buka kap mesin.. pdhl mobilnya masih baru (umur 1-5 tahun)
secara teory, saat buka kap mesin maka panas ruang mesin akan cepat hilang, itu bagus untuk pendinginan ruang mesin.
tapi kadang kita aja malas, apalagi tangan jadi jorok buka clip kap mesin, pasang cagak, dll
dan harus ditunggui krn rawan juga kita buka kap mesin lalu ditinggal pergi

btw, saat kita nyetir maka itu suhu mesin panas, bikin kabel, karet deteriorated karena panas...tp tertolong krn aliran udara dari depan.
saat mesin stop, suhu masih relative sama, tapi angin udah berhenti...


kalo oom mau buka kap mesin, itu akan faktor positive supaya awet komponen di ruang mesin.
Hehehe secara teori memang tidak buka kap mesin tidak masalah karena ventilasi dari Grill depan dianggap cukup, tapi saya termasuk penganut buka kap mesin saat berhenti kalau dalam perjalanan jauh asal ga hujan.

Seperti yang Om bilang itu tepat, justru isu penting ada dikabel dan komponen plastik, kemampuan isolasi PVC kabel itu 85-100°C, kabel yang terpapar panas, juga kemampuan hantar arusnya menurun, komponen Elektronik Max Working temperatur kebanyakan di 85°C,

exflowly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by exflowly » 28 Jan 2019, 10:53

Kemarin mmg saya liat bus malem pada ambil jalur kanan semua, gak ada yg tertib jalan di jalur kiri. Speed mereka jg gak lebih dr 100-an, karena hujan kayaknya. Jarang ada yg lari lbh dr 120 di toll.

Kalau buka tutup mesin terserah yg punya masing2x aja, saya sih gak bakal buka di perjalanan kalau mmg gak perlu cek kondisi sekitaran mesin, resiko kalau ada yg iseng / alpa kalo gak diliatin/gak teliti.

Kalo di rumah mah lain perkara, begitu saya buka tutup mesin sedan tuir saya, garasi lgsg jadi kayak sauna saking panasnya.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17418
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Turboman » 28 Jan 2019, 14:53

FR6 wrote:
F 272 wrote:
03 Jan 2019, 08:18
ginting wrote:
02 Jan 2019, 13:12


secara teory, saat buka kap mesin maka panas ruang mesin akan cepat hilang, itu bagus untuk pendinginan ruang mesin.
tapi kadang kita aja malas, apalagi tangan jadi jorok buka clip kap mesin, pasang cagak, dll
dan harus ditunggui krn rawan juga kita buka kap mesin lalu ditinggal pergi

btw, saat kita nyetir maka itu suhu mesin panas, bikin kabel, karet deteriorated karena panas...tp tertolong krn aliran udara dari depan.
saat mesin stop, suhu masih relative sama, tapi angin udah berhenti...


kalo oom mau buka kap mesin, itu akan faktor positive supaya awet komponen di ruang mesin.
Saya coba bantu penampakan nya......... ini baru 5 mobil lho.......Gimana kalo puluhan, ratusan atau ribuan mobil spt ini semua..?

:mky_01: :mky_01: :mky_01:

Image

Foto : Tim Surveyor 2nd Anniversary SMRT 2018 sedang becanda buka kap mesin stelah melalui rute tanjakan2 curam sepanjang Batang - Dieng
Om, kalo abis jalan jauh trs mesin dimatiin trs buka kap mesin ada potensi thermal fatigue gak Om? Nubi ga pernah buka kap mesin, cuma kalo udh sampe tujuan, mesin dibiarin idle 2-3 menit abis itu baru di matiin. Takut thermal fatigue kalo dibuka. Soalnya perspektif awam nubi, logam kalo abis kena panas trs lgsg kena dingin, bisa berubah karakter materialnya. CMIIW
Mitos lah itu

saya tiap pulang rumah selalu buka kap mesin, aki lebih awet, plastik2 juga

idle 2 - 3 menit mah = bikin kerak namanya

kecuali kalo mesin panas kita siram air dingin ya itu bisa rusak lama2 logam2 nya

supriyadi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by supriyadi » 28 Jan 2019, 15:16

Saya tiap pulang bepergian sampe rumah langsung buka kap. Aki jadi awet. Aki bawaan April 2014-Okt 2017. Ganti aki Okt 2017 sampe sekarang baru 1x nambah air aki. Yang penting panas cepat ilang, karet2 & plastik nggak cepat getas

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1089
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Pugman » 28 Jan 2019, 22:28

Dari Cilegon sampai Surabaya tinggal seksi Kalikangkung - Kartasura, dan Surabaya - Pasuruan yang belum saya lewati.. Cerita-cerita roadtrip para suhu disini bikin semangat untuk coba merasakan perjalanan safari dengan kendaraan..

ronniehusain
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 01 Aug 2017, 06:46
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Hyundai

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ronniehusain » 28 Jan 2019, 23:37

Selamat malam om2 suhu,

tbh, semenjak saya mulai ikut member di SM ini, jadi begitu antusias untuk lbh suka bepergian jauh dengan bawa kendaraan sendiri.
Jadi khusus untuk tol trans jawa ini, kemarin kami sekeluarga coba arungi pada saat liburan Natal dan akhir taun kmarin
Start dari bekasi tgl 22 des dgn tujuan temanggung (istirahat dan silaturahim keluarga disini bbrp hari) dan lanjut lagi tgl 29 des tujuan lumajang, dan kembali ke bekasi start tgl 31 des finish 1jan malam
Road trip kami (suami istri dgn 1org anak) menggunakan kendaraan korea thn 2006

Overall, secara medan, tdk ada kesulitan yg berarti karena mayoritas melewati jalan tol. Akan tetapi ada beberapa spot yg kami harus lewati melalui jalan kecil kecamatan di beberapa kota dengan pemandangan menakjubkan.
Rata2 jarak tempuh tol dalam 2 etape (PP) tersebut adalah 5 jam untuk tol bawen-probolinggo, dan 8 jam untuk bekasi-kalikangkung (weleri) dgn nightmare macet di tol cikampek.
Bersyukur dgn mobil yg ngga bgitu muda kami bisa melahap jarak tempuh hampir 2200km (bekasi-lumajang PP) dgn biaya tol +/- 500rb sekali jalan (beberapa ruas tol msh free)

Maaf blm bisa buat spoiler, berikut foto2nya

Image

Image

Image

Image

Image

Image
Last edited by ronniehusain on 29 Jan 2019, 00:13, edited 1 time in total.

gerobak nippon
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 15 Sep 2012, 17:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by gerobak nippon » 28 Jan 2019, 23:55

Tgl 11 januari kemarin ada urusan pekerjaan ke semarang..
Berangkat lewat pantura, pulang full tol dari gerbang banyumanik (semarang) keluar waru (surabaya)..
Total waktu 5 jam 20 menit, terpotong istirahat 2 jam utk sholat maghrib, isya, dan makan di rest area..
Waktu tempuh semarang - surabaya, bersih 3 jam 20 menit (kalo nonstop)..



Mohon maaf.. tidak tahu cara upload video dgn spoiler..

User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 07 Sep 2014, 08:35

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by A7Corsair » 29 Jan 2019, 07:53

ronniehusain wrote:
28 Jan 2019, 23:37

Image

Image
:big_exellent:
Mantap om ... dulu sempet pengen ambil matrix juga krn seneng bentuknya ...

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3242
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting » 29 Jan 2019, 10:21

ronniehusain wrote:
28 Jan 2019, 23:37
Selamat malam om2 suhu,

tbh, semenjak saya mulai ikut member di SM ini, jadi begitu antusias untuk lbh suka bepergian jauh dengan bawa kendaraan sendiri.
Jadi khusus untuk tol trans jawa ini, kemarin kami sekeluarga coba arungi pada saat liburan Natal dan akhir taun kmarin
Start dari bekasi tgl 22 des dgn tujuan temanggung (istirahat dan silaturahim keluarga disini bbrp hari) dan lanjut lagi tgl 29 des tujuan lumajang, dan kembali ke bekasi start tgl 31 des finish 1jan malam
Road trip kami (suami istri dgn 1org anak) menggunakan kendaraan korea thn 2006

Overall, secara medan, tdk ada kesulitan yg berarti karena mayoritas melewati jalan tol. Akan tetapi ada beberapa spot yg kami harus lewati melalui jalan kecil kecamatan di beberapa kota dengan pemandangan menakjubkan.
Rata2 jarak tempuh tol dalam 2 etape (PP) tersebut adalah 5 jam untuk tol bawen-probolinggo, dan 8 jam untuk bekasi-kalikangkung (weleri) dgn nightmare macet di tol cikampek.
Bersyukur dgn mobil yg ngga bgitu muda kami bisa melahap jarak tempuh hampir 2200km (bekasi-lumajang PP) dgn biaya tol +/- 500rb sekali jalan (beberapa ruas tol msh free)

Maaf blm bisa buat spoiler, berikut foto2nya

Image

Image

Image

Image

Image

Image
Halo oom Roniehusain,

Senang rasanya membaca kisahnya, dan keceriaan keluarga dalam ber-roadtrip begini.
semoga semangat roadtrip makin menyebar di kalangan warga SM tercinta.

//Roadtrip - bebaskan djiwa
//Gak perlu ngebut yang penting cepat sampai

lekhuda
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 14 Jan 2019, 10:49
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by lekhuda » 29 Jan 2019, 10:50

F 272 wrote:
27 Jan 2019, 19:18
exflowly wrote:
27 Jan 2019, 17:25
Akhirnya kesampean juga keliling Jawa Tengah. Berikut laporan dari saya:

- cut -

Terima kasih atas saran dari rekan-rekan SM di sini, belum pernah saya ke Wonosobo/Dieng nyetir sendiri... benar-benar menikmati sekali perjalanannya, walaupun memang dapetnya cuaca hampir selalu hujan. Mudah-mudahan bisa ke sana lagi naik mobil sedan...hihihihi
Selamat ya om @exflowly .... :emo-flowerforyou: :emo-photo:

Senang dengar nya om sudah berhasil keliling Jateng... mampir ke Dieng juga.. Mantab..
Kami juga SMRT adakan Ultah 2th di Dieng kmaren seru sekali.. 57 mobil jalan beriringan di rute itu...

Maaf kalo pertanyaan om kmaren engga sempat saya jawab, karena saya kmaren lg agak sibuk Road trip ke Flores, tapi saya pantau banyak temen2 disini yang sudah bantu jawab...

Ayoo Jelajahi terus Negerimu...!!!

Salam Road Trip mania... :big_exellent:

BTT : Jalan Tol menjadikan perjalanan kita lebih cepat & Praktis, walaupun musti keluar duit buat bayar Tol hehehe..
Supir saya kmaren Bogor - Yogyakarta cepet banget sampe.. tol nya dia bilang : 375.000 x 2 (pp)

:mky_02: :mky_02:
Dari bogor - yogyakarta, keluar exit Kartosuro mungkin ya? Jadi beberapa ruas mungkin masih ada yang gratis. Jadi agak murah.

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3242
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting » 29 Jan 2019, 14:21

Soal mudik, saya sudah berkali kali mudik ke Medan, Aceh. Pun saya selalu roadtrip (curi start 2 minggu sebelum lebaran) ke arah Jawa Timur atau Jawa Tengah.

Pemandangan yg umum adalah mobil yang di atapnya ada buntalan...dan wajah wajah bahagia yang mudik...mobil kecil isinya banyak..
saya sangat bergairah melihat wajah wajah mereka. seakan ada energy yang tak terhingga mengaruhi jarak dan kemacetan (macam manapun parahnya) tidak akan bikin kapok...going home is always nice and pleasant...ngangeni...
itu yg pertama berkelebat waktu saya lihat foto foto oom TS, termasuk avanza yg atapnya berisi muatan banyak itu..
sudah kebayang saya nanti oleh oleh dari kota di bagi bagi ke kerabat, family, sedulur sadayana....
dan pulangnya maka oleh oleh dari kampung seperti buah, beras, rengginang, dll akan mengisi ruang bagasi...

exflowly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by exflowly » 29 Jan 2019, 16:03

F 272 wrote:
27 Jan 2019, 19:18

Selamat ya om @exflowly .... :emo-flowerforyou: :emo-photo:

Senang dengar nya om sudah berhasil keliling Jateng... mampir ke Dieng juga.. Mantab..
Kami juga SMRT adakan Ultah 2th di Dieng kmaren seru sekali.. 57 mobil jalan beriringan di rute itu...

Maaf kalo pertanyaan om kmaren engga sempat saya jawab, karena saya kmaren lg agak sibuk Road trip ke Flores, tapi saya pantau banyak temen2 disini yang sudah bantu jawab...
Walah, pake selamat segala mas... terima kasih....hahaha...

Saya memang sudah hobby nyetir sejak dari jaman SMA (pas sudah punya SIM), tapi memang baru pertama kali ini lewat jalan tol untuk Jakarta-Semarang-Solo. Tahun 2016 pun saya jalan ke Bromo dari Jakarta, tapi utk toll baru sampai Brebes saja, dari Semarang ke Surabaya juga masih lewat jalan biasa. Ke Dieng sudah lama sekali, terakhir waktu SD kalo nggak salah, jadinya kemarin ini ada kesempatan sikat ke Dieng deh... sekalian buat pelepas rindu.

Kemarin ini saya liat kualitas jalan tol yang dibangun boleh dibilang lebih bagus daripada Cipali/Palimanan yang kemarin selesai. Kontur jalan toll sangat mendukung untuk membawa mobil dengan baik, kemarin pas hujan deras genangan air di badan jalan juga minim sekali, bahkan dari Semarang-Pemalang/Tegal boleh dibilang hampir tidak ada genangan air di jalur utama. Ini penting sekali buat saya, karena kecepatan kendaraan tentunya di atas kecepatan kendaraan dalam kota hehehe.

Mudah-mudahan jalanan terus dibangun dan semoga tim PU/Dinas terkait juga semakin semangat untuk membuat jalan. Saya ingin sekali memakai sedan ceper untuk keliling Indonesia, harapan saya semoga kualitas jalan toll terbaru ini menjadi tonggak standard terbaru untuk pembangunan jalan di Indonesia.

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3671
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by kompresorz » 29 Jan 2019, 21:11

Turboman wrote:
28 Jan 2019, 14:53
FR6 wrote:
F 272 wrote:
03 Jan 2019, 08:18


Saya coba bantu penampakan nya......... ini baru 5 mobil lho.......Gimana kalo puluhan, ratusan atau ribuan mobil spt ini semua..?

:mky_01: :mky_01: :mky_01:

Image

Foto : Tim Surveyor 2nd Anniversary SMRT 2018 sedang becanda buka kap mesin stelah melalui rute tanjakan2 curam sepanjang Batang - Dieng
Om, kalo abis jalan jauh trs mesin dimatiin trs buka kap mesin ada potensi thermal fatigue gak Om? Nubi ga pernah buka kap mesin, cuma kalo udh sampe tujuan, mesin dibiarin idle 2-3 menit abis itu baru di matiin. Takut thermal fatigue kalo dibuka. Soalnya perspektif awam nubi, logam kalo abis kena panas trs lgsg kena dingin, bisa berubah karakter materialnya. CMIIW
Mitos lah itu

saya tiap pulang rumah selalu buka kap mesin, aki lebih awet, plastik2 juga

idle 2 - 3 menit mah = bikin kerak namanya

kecuali kalo mesin panas kita siram air dingin ya itu bisa rusak lama2 logam2 nya
mitos semua ahhhh....

saya gak pernah buka kap mesin aki bisa 6 taun.... :weekk:


btw....

saya pernah ber 2 tp nyetir sendiri ampe begadang jakarta bali taun 2006 naik jaz manual gen 1 cbu thai....

brenti makan pecel lele ampir tengah malam di tuban seingat....

sampe mengkhayal kirain jalan lurus ternyata belok....akhirnya solusinya ikutin truk ekspedisi br bisa fokus....truk itu malam kencang bawanya....

waktu itu saya berlomba dgn waktu sendiri....



sampe turun isi bensin berasa mau jatuh keluar mobil melayang...

kalo gak salah sampe bali sekitar 22-23 jam....


mobil aman saja tuh....sampe bali jg gak di apa2in....paling nambah air wiper aja...
bgtupun sebaliknya.....



mobil mah gak usah dimanjain...wong benda mati aja...klo udah waktu rusak ya rusak jg....gak mungkin aki GS bisa 6-10 taun ky varta...krn buka kap mesin atau dikipasin biar adem....


:big_dunno:

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2698
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by marmut » 29 Jan 2019, 21:28

kompresorz wrote:
29 Jan 2019, 21:11

-

....

saya gak pernah buka kap mesin aki bisa 6 taun.... :weekk:

-

akinya di bagasi, jadi buka bagasi.......

















:ngacir:
pipes - cigars - coffee

exflowly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by exflowly » 30 Jan 2019, 00:09

Iya ni, curang akinya di bagasi hahahaha

Aki bagasi saya juga sudah tahun ke 8 ni (beli Agustus 2011). Mmg CCA/SAE dah turun banyak dr awal (100Ah - 950CCA/SAE barunya) sekarang tinggal 500/600 SAE tp starter masih jreng.

Dulu GS original bawaan mobil juga tahan 4 tahun sblm akhirnya ganti Amaron.

Yg parah tuh BOSCH, SAE awal 660 umur 5 bulan pasang di Fortuner bensin eh pernah anggota keluarga parkir gak matiin lampu besar... koit deh lgsg. Gak bisa direkon/charge lagi.

Saya setuju dgn kata om kompre, jgn samakan mobil dgn benda hidup. Nikmatin aja dah...yang penting hepi.

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3671
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by kompresorz » 30 Jan 2019, 09:10

:wkkk: .....


ketauan dah......


..................... :ngacir:

bensinsolar
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 255
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by bensinsolar » 30 Jan 2019, 10:51

Sorry OOT. Ngomong2 mengenai aki, apakah grounding cable berpengaruh ke umur aki? Secara ANF saya akinya (sudah pasang super ground) masih OK setelah lewat 2 tahun 3 bulan ditest pakai alat masih good, tmn punya ANKI (belum pasang super ground) tahun ke 3 ud mau ganti aki ke 3, karena aki ke 2nya CCAnya dibawah 400.

exflowly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by exflowly » 30 Jan 2019, 13:53


bensinsolar wrote:Sorry OOT. Ngomong2 mengenai aki, apakah grounding cable berpengaruh ke umur aki? Secara ANF saya akinya (sudah pasang super ground) masih OK setelah lewat 2 tahun 3 bulan ditest pakai alat masih good, tmn punya ANKI (belum pasang super ground) tahun ke 3 ud mau ganti aki ke 3, karena aki ke 2nya CCAnya dibawah 400.
Grounding hanya supaya listrik lbh banyak jalan "toll" jadi lbh responsif.

Kalo ANKI 3 taon akinya ganti ke 3, kayaknya kudu cek alternator tu... siapa tau voltase/arusnya gak sesuai spek.

bensinsolar
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 255
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by bensinsolar » 30 Jan 2019, 17:13

exflowly wrote:
30 Jan 2019, 13:53
bensinsolar wrote:Sorry OOT. Ngomong2 mengenai aki, apakah grounding cable berpengaruh ke umur aki? Secara ANF saya akinya (sudah pasang super ground) masih OK setelah lewat 2 tahun 3 bulan ditest pakai alat masih good, tmn punya ANKI (belum pasang super ground) tahun ke 3 ud mau ganti aki ke 3, karena aki ke 2nya CCAnya dibawah 400.
Grounding hanya supaya listrik lbh banyak jalan "toll" jadi lbh responsif.

Kalo ANKI 3 taon akinya ganti ke 3, kayaknya kudu cek alternator tu... siapa tau voltase/arusnya gak sesuai spek.
Ok noted Om. Thanks utk penjelasannya.

rendr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: 19 Mar 2018, 13:47

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by rendr » 30 Jan 2019, 20:35

numpang nimbrung... jadi inget pake 1nr-fe mt di cipali sekitar 20 menit mentok redline terus... bukan soal mesin kaki2 transmisi, justru printilan gini yg kadang un notice jadi korban :mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by lemonadelovers » 30 Jan 2019, 20:40

Gak pernah bisa redline, mentok speedometer :mky_05:

rendr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: 19 Mar 2018, 13:47

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by rendr » 30 Jan 2019, 20:48

lemonadelovers wrote:
30 Jan 2019, 20:40
Gak pernah bisa redline, mentok speedometer :mky_05:
duluan tacho nya om yg mentok dibanding speedo
:mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54

exflowly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by exflowly » 30 Jan 2019, 22:21

rendr wrote:numpang nimbrung... jadi inget pake 1nr-fe mt di cipali sekitar 20 menit mentok redline terus... bukan soal mesin kaki2 transmisi, justru printilan gini yg kadang un notice jadi korban :mky_01:
Waduh, untung keliatan yak.

Kmrn jg bawa lebih dr 160 lumayan lama, tp gak sampe redline. Innova baru kayaknya pada mentok sekitaran 160 lebih dikit jg, mereka cepet bingits dr 120-150, agak lambat dr 150-160.

rendr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: 19 Mar 2018, 13:47

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by rendr » 31 Jan 2019, 06:38

exflowly wrote:
30 Jan 2019, 22:21
rendr wrote:numpang nimbrung... jadi inget pake 1nr-fe mt di cipali sekitar 20 menit mentok redline terus... bukan soal mesin kaki2 transmisi, justru printilan gini yg kadang un notice jadi korban :mky_01:
Waduh, untung keliatan yak.

Kmrn jg bawa lebih dr 160 lumayan lama, tp gak sampe redline. Innova baru kayaknya pada mentok sekitaran 160 lebih dikit jg, mereka cepet bingits dr 120-150, agak lambat dr 150-160.
Matic/manual om? Pernah juga di cipali bawa ipah 2tr manual diatas 160 bener berat..
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2368
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2016 Toyota Sienta V MT

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Jambangan » 31 Jan 2019, 07:10

rendr wrote:
30 Jan 2019, 20:48
lemonadelovers wrote:
30 Jan 2019, 20:40
Gak pernah bisa redline, mentok speedometer :mky_05:
duluan tacho nya om yg mentok dibanding speedo
:mky_01:
Buset nekad nih si om
Ane di cipali ga pernah kencang2
Stabil di 100 kpj aja lajur paling kiri :mky_01:

Post Reply