Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by NYoman »

Digeber dalam artian ngebut terus atau bgmn, pastinya bakal ada namanya speedtrap atau speed cam nantinya, dimana-mana pasti ada maksimum speed di toll.. Btw, untuk jakarta-bali, dulu sebelum ada cipali saya sempat tahun 2006 jakarta-surabaya berhenti semarang dan tuban buat istirahat sejenak menghabiskan waktu sekitar 13jam perjalanan dan untuk sekarang walaupun ada cipali perjalanan yang sama menghabiskan waktu sekitar 15-16jam dihari biasa bukan liburan apalagi mudik.. Artinya memang jalanan semakin padat walau ada yang namanya tol..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting »

Dalam kurun waktu 2006-2016 :
- Motor nambah lk. 40 jt unit
- Mobil nambah 7.5 jt unit

Itu perkiraan kasar saya, silahkan cek data penjualan motor dan mobil per tahun.
Jadi wajar saja average speed makin turun..
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by NYoman »

NYoman wrote:Digeber dalam artian ngebut terus atau bgmn, pastinya bakal ada namanya speedtrap atau speed cam nantinya, dimana-mana pasti ada maksimum speed di toll.. Btw, untuk jakarta-surabaya, dulu sebelum ada cipali saya sempat tahun 2006 jakarta-surabaya berhenti semarang dan tuban buat istirahat sejenak menghabiskan waktu sekitar 13jam perjalanan dan untuk sekarang walaupun ada cipali perjalanan yang sama menghabiskan waktu sekitar 15-16jam dihari biasa bukan liburan apalagi mudik.. Artinya memang jalanan semakin padat walau ada yang namanya tol..
Edited sorry
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ChZ »

Selama oli yang digunakan bagus, sistem pendinginan (coolant, radiator, kipas, dll) semua sehat kurasa bakal enak-enak aja mau dibawa sepanjang apapun. Yang penting rawatannya. Percuma jalan cuma 10km sehari kalo gak terawat ya bisa aja mogok / overheat.

Asal terawat, mau jalan ribuan KM non-stop enggak masalah...

Tinggal drivernya aja. Yang pasti asal banyak rest area dan SPBU sih aman-aman aja...

Saya pikir kalo jalurnya panjang non-stop gini yang overload pasti truck dan bus AKAP...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by paidjho »

ChZ wrote:Selama oli yang digunakan bagus, sistem pendinginan (coolant, radiator, kipas, dll) semua sehat kurasa bakal enak-enak aja mau dibawa sepanjang apapun. Yang penting rawatannya. Percuma jalan cuma 10km sehari kalo gak terawat ya bisa aja mogok / overheat.

Asal terawat, mau jalan ribuan KM non-stop enggak masalah...

Tinggal drivernya aja. Yang pasti asal banyak rest area dan SPBU sih aman-aman aja...

Saya pikir kalo jalurnya panjang non-stop gini yang overload pasti truck dan bus AKAP...
Jgn lupa ban juga, Nda...

Suka kasihan ama yg satu ini, udah posisi paling bawah, paling menderita, sering dilupain.....eh ditambah disiram air seni pulak....

[emoji23]
[emoji111]
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Mamang555 »

ransyah1234 wrote:
Mamang555 wrote: Padahal berangkat jam setengah 2 dini hari
Tapi tembus juga sih ke Surabaya sekitar 20 jam. Lepas CIkarang sampe brexit lancar jaya
Baliknya juga sekitar 20 jam tapi sudah start dari Malang

Istirahat lumayan banyak tapi rata2 hanya 5-10 menit (toilet dan basuh muka aja)
Istirahat yang agak lama sekitar 2x (sarapan pagi dan makan siang menjelang sore sekalian shalat)
Dulu circa 2006 kalau naik kramat djati berangkat dari malang jam 13.30 sampai di bandung jam 5.30an (16 jam)..itu udah lewat stpdn jatinangor yg jalannya kelok2

Saya bingung sampe sekarang..dulu ga ada tol cipali..bis juga ga kenceng2 amat (selalu disusulin pahala kencana n lorena malang-bdg yg berangkat lebih telat di daerah lamongan tepi laut) kok bisa secepet itu ya.

Saya berulang kali jakarta malang nyetir sendiri saya hitung effective time (minus berhenti2 istirahat) 17-18 jam lho

Apa ini artinya jalanan makin macet parah jadi avg speed bis jaman dulu lebih kenceng daripada saya bawa mobil sendiri?

Well..ga apple to apple sih..atau ada yang tau jkt-malang or bdg-malang naik bis skrg berapa lama?
Well, asal berangkatnya bukan pas hari libur panjang dalam artian lalin normal sih jkt malang saya yakin sih kisaran 18 jam lah.

Dibawah itu bisa aja.. tapi dengan catatan ga banyak istirahat dan momen nya pas kosong terus (start malam jam 10 up)
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by POS VETT »

Faktor trafik sangat menentukan kecepatan rata2. Dulu waktu masih jaman mahasiswa, gw kalau setir dari Bandung ke Wonogiri selalu jalan malam berangkat jam 9-9:30. Berhenti makan di restoran yang sama sekitar jam 12-12:30. Karena jaman itu Pertamax Plus masih jarang di luar kota besar, hanya ada satu pom bensin yang kebetulan pas di tengah rutenya. Sampai di Solo mesti isi full tank lagi karena tidak ada Plus di Wonogiri. Sampai di tujuan sekitar jam 5-6 pagi.

Berhenti pertama di restoran yang namanya gw sudah lupa, kemudian di pom bensin tengah2, berhenti lagi sekitar jam 2-2:30 pagi karena tidak kuat (tidur 15-30 menit), dan berhenti terakhir di Solo isi Pertamax Plus. Total sekitar 9-10 jam.

Paling enak kalau nyetir di Indo itu malam buta. Trafik sangat sepi (tidak ada sepeda motor dan kendaraan tidak bermotor) dan leluasa. Bisa makan jalan seenak udel dan ngebut pol :big_exellent:
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ChZ »

paidjho wrote: Jgn lupa ban juga, Nda...

Suka kasihan ama yg satu ini, udah posisi paling bawah, paling menderita, sering dilupain.....eh ditambah disiram air seni pulak....

[emoji23]
[emoji111]
Ya oom... ban termasuk. Kondisi ban gak bagus bisa berakibat sangat parah di perjalanan long-haul... Entah tekanan ban kurang, atau kembangan yang udah tipis.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ipat »

Barusan liat di grub fb crv,ada mecry yg ngebut dari kiri trus asal potong ke kanan,padahal ujan deres,dan akhirnya si mercy mlintir 360 drajat ke jalur sebelah..
Btw fitur vsa pada crv apakah ngaruh kalo ujan deres?
bl4cks4m1dj4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20

Re: RE: Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by bl4cks4m1dj4 »

ipat wrote:Barusan liat di grub fb crv,ada mecry yg ngebut dari kiri trus asal potong ke kanan,padahal ujan deres,dan akhirnya si mercy mlintir 360 drajat ke jalur sebelah..
Btw fitur vsa pada crv apakah ngaruh kalo ujan deres?
Itu mercy kena aquaplaning, lg galau turun dari subang mau ke bogor, bawa anaknya yg sakit.

#infoLgsngDrYBS
ipat wrote:Barusan liat di grub fb crv,ada mecry yg ngebut dari kiri trus asal potong ke kanan,padahal ujan deres,dan akhirnya si mercy mlintir 360 drajat ke jalur sebelah..
Btw fitur vsa pada crv apakah ngaruh kalo ujan deres?

Sent from my SM-N910H using Tapatalk
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ipat »

Ngeri emang kalo ujan deres gitu,gampang bgt aquaplaning,dulu waktu pertama bawa truk grimis dikit pas ngerem maen brik (exhaust brake) langsung mlintir tuh truk sy..
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by nugroho bagor »

Toll jkt ke Jatim sudah terhubung,bikin penasaran,kalau speed 80 km/jam ,berapa jam ya jkt ke sby
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by michaelgiri93 »

Hah? Bukannya masih sampai tegal ya om tolnya?
Terakhir saya ke jakarta tolnya cuma sampai tegal om .
Saya jadi sangsi akhir 2018 jakarta surabaya sudah dihubungkan oleh jalan tol...
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by bero89 »

Sudah om setahu saya juga, cuma masih banyak yang statusnya tol fungsional, alias alakadarnya dan hanya diarus mudik saja.
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by antonyaulia »

untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.

Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)

Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.

Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.

Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
lkybstrd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri May 05, 2017 16:37

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by lkybstrd »

nugroho bagor wrote:Toll jkt ke Jatim sudah terhubung,bikin penasaran,kalau speed 80 km/jam ,berapa jam ya jkt ke sby
belum kok. 2 minggu yg lalu saya roadtrip bandung-surabaya. masuk tol kertajati keluar brebes timur. masuk lg semarang keluar salatiga. masuk lagi kertosono keluar surabaya.

signifikan sih, pas balik dari surabaya lewat tol yg sama, ditambah jalan nasional dari kertosono, sampe solo cuma butuh sekitar 4 jam.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by sintoni »

antonyaulia wrote: Sun May 27, 2018 14:20 untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.

Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)

Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.

Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.

Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
Heh, kuat banget tuh om.

Padahal yang paling merusaj pas idle gini om.

Kalo jalan non stop tapi cruising speed sih malah sehat harusnya.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by supriyadi »

kalo mobil saya rasa siap, tapi apakah drivernya siap. Pengalaman nyopir maks 5 jam mesti rehat dulu ngopi & tiduran selayang
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Turboman »

Mobil dikendarai pada cruising speed di jalan bebas hambatan itu paling ringan beban-nya.....meluncur dan pendinginan maksimal krn terpaan angin dari depan

Mindset yang harus diubah adalah =

Jalan Tol bukanlah Sirkuit terbuka

Patuhilah aturan batas kecepatan yang berlaku

Eniwei kan udah mulai diterapkan juga penilangan thd pelanggar batas kecepatan di beberapa zona

CMIIW

gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by gadjahalphien »

supriyadi wrote: Sun May 27, 2018 15:19 kalo mobil saya rasa siap, tapi apakah drivernya siap. Pengalaman nyopir maks 5 jam mesti rehat dulu ngopi & tiduran selayang
Pengalaman terakhir coba sby kertosono, dg mobil proper (nyaman & g terlalu capek).
Memang nyetir ideal itu 4-5 jam.
Kalo toll aja dg lanehogger dikit mungkin bisa stabil sampai 5 jam.
Tapi kalo dah di jalan biasa, yg banyak traffic obstacle macem motor, angkot, truk, maksimal 4 jam. Lebih dari itu konsentrasi drop.
Turboman wrote: Sun May 27, 2018 23:18 Mindset yang harus diubah adalah =

Jalan Tol bukanlah Sirkuit terbuka

Patuhilah aturan batas kecepatan yang berlaku

Eniwei kan udah mulai diterapkan juga penilangan thd pelanggar batas kecepatan di beberapa zona

CMIIW
Setuju om, jalan tol bukan sirkuit.
Apalagi kalo batas aturan bisa di berlakukan dg adil untuk overspeeding & underspeed.

Pengalaman roadtrip di luar kemarin, betul2 membuka mata kalo nyetir di luar bener2 nikmati jalan, ntah itu di interstate, highway atau parkway. Apalagi kalo sempat nyasar ke country nya.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting »

gadjahalphien wrote: Mon May 28, 2018 0:07
supriyadi wrote: Sun May 27, 2018 15:19 kalo mobil saya rasa siap, tapi apakah drivernya siap. Pengalaman nyopir maks 5 jam mesti rehat dulu ngopi & tiduran selayang
Pengalaman terakhir coba sby kertosono, dg mobil proper (nyaman & g terlalu capek).
Memang nyetir ideal itu 4-5 jam.
Kalo toll aja dg lanehogger dikit mungkin bisa stabil sampai 5 jam.
Tapi kalo dah di jalan biasa, yg banyak traffic obstacle macem motor, angkot, truk, maksimal 4 jam. Lebih dari itu konsentrasi drop.
Turboman wrote: Sun May 27, 2018 23:18 Mindset yang harus diubah adalah =

Jalan Tol bukanlah Sirkuit terbuka

Patuhilah aturan batas kecepatan yang berlaku

Eniwei kan udah mulai diterapkan juga penilangan thd pelanggar batas kecepatan di beberapa zona

CMIIW
Setuju om, jalan tol bukan sirkuit.
Apalagi kalo batas aturan bisa di berlakukan dg adil untuk overspeeding & underspeed.

Pengalaman roadtrip di luar kemarin, betul2 membuka mata kalo nyetir di luar bener2 nikmati jalan, ntah itu di interstate, highway atau parkway. Apalagi kalo sempat nyasar ke country nya.
Ini benar sekali, yang ane BOLD...benar sekali ...
saya pernah nyetir 24 jam dari Ciputat sampai Palembang. Start jam 12 malam, tiba di Hotel jam 12 malam lagi..
rasanya reactime time saya itu jauh melambat dan pinginnya cepat2 sampai...tapi saya tahu itulah awal celaka,...maka sy putuskan untuk jalan selow saja, karena macet juga...yg penting selamat....
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by evanbngdor »

antonyaulia wrote: Sun May 27, 2018 14:20 untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.

Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)

Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.

Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.

Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
Beberapa tahun silam juga saya 26 jam Jakarta-solo nonstop, mesin selalu nyala. Makan juga di mobil sambil jalan. Ngga pake berenti karena ngejar waktu banget.

Bulan lalu ke Temanggung juga berenti cuma 1x di AKR alas roban, Berangkat malem jam 10, sampe di AKR jam 6 pagi. Kalo jalan malem malah lebih jarang berenti2

:mky_03: :mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by adityabp »

ginting wrote: Mon May 28, 2018 1:36
gadjahalphien wrote: Mon May 28, 2018 0:07
supriyadi wrote: Sun May 27, 2018 15:19 kalo mobil saya rasa siap, tapi apakah drivernya siap. Pengalaman nyopir maks 5 jam mesti rehat dulu ngopi & tiduran selayang
Pengalaman terakhir coba sby kertosono, dg mobil proper (nyaman & g terlalu capek).
Memang nyetir ideal itu 4-5 jam.
Kalo toll aja dg lanehogger dikit mungkin bisa stabil sampai 5 jam.
Tapi kalo dah di jalan biasa, yg banyak traffic obstacle macem motor, angkot, truk, maksimal 4 jam. Lebih dari itu konsentrasi drop.
Turboman wrote: Sun May 27, 2018 23:18 Mindset yang harus diubah adalah =

Jalan Tol bukanlah Sirkuit terbuka

Patuhilah aturan batas kecepatan yang berlaku

Eniwei kan udah mulai diterapkan juga penilangan thd pelanggar batas kecepatan di beberapa zona

CMIIW
Setuju om, jalan tol bukan sirkuit.
Apalagi kalo batas aturan bisa di berlakukan dg adil untuk overspeeding & underspeed.

Pengalaman roadtrip di luar kemarin, betul2 membuka mata kalo nyetir di luar bener2 nikmati jalan, ntah itu di interstate, highway atau parkway. Apalagi kalo sempat nyasar ke country nya.
Ini benar sekali, yang ane BOLD...benar sekali ...
saya pernah nyetir 24 jam dari Ciputat sampai Palembang. Start jam 12 malam, tiba di Hotel jam 12 malam lagi..
rasanya reactime time saya itu jauh melambat dan pinginnya cepat2 sampai...tapi saya tahu itulah awal celaka,...maka sy putuskan untuk jalan selow saja, karena macet juga...yg penting selamat....
Kalo saya, sebelum react-time anjlok, kemampuan otak utk kalkulasi jarak tiba2x melorot, nyaris hang. :mky_01:
Langsung segera cari pom bensin buat tidur.
Paling apes ya pas di cipali, kan jarak antar rest area jauh banget tuh. Ya udahlah dipaksain terus jalan ampe ketemu rest area.
EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by EOR24 »

Kalo saya nyetir jauh sekarang bukan masalah durasi, lebih ke arah jam biologis tidur. Mau istirahat sebanyak apapun kalo sudah masuk jam istirahat biologis pasti ngantuk. Biasanya jam 01.00 - 03.00 dinihari itu jam paling ngantuk. kalo siang sekitar jam 14.00-15.00 itu ngantuk juga.

pernah nyetir depok-surabaya, cuma berhenti tidur sejam pas jam itu aja. sisanya bisa gaspol.


apa ini faktor umur ya?soalnya dulu waktu masih SMA nyetir klaten-jakarta via pantura (belum ada tol cipali) kuat-kuat aja dari sore sampe pagi tanpa istirahat :big_think:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by evanbngdor »

EOR24 wrote: Mon May 28, 2018 2:29 Kalo saya nyetir jauh sekarang bukan masalah durasi, lebih ke arah jam biologis tidur. Mau istirahat sebanyak apapun kalo sudah masuk jam istirahat biologis pasti ngantuk. Biasanya jam 01.00 - 03.00 dinihari itu jam paling ngantuk. kalo siang sekitar jam 14.00-15.00 itu ngantuk juga.

pernah nyetir depok-surabaya, cuma berhenti tidur sejam pas jam itu aja. sisanya bisa gaspol.


apa ini faktor umur ya?soalnya dulu waktu masih SMA nyetir klaten-jakarta via pantura (belum ada tol cipali) kuat-kuat aja dari sore sampe pagi tanpa istirahat :big_think:
Memang sih kalo kata ortu (lansia) melek malem itu 'bales dendam' nya 2-3x lipat.

Tp ogut sih tetep lebih seneng nyetir malem, nyetir siang meskipun udah pake kacamata hitam&kaca film tebel, tetep aja mata lebih capek, karena pada dasarnya mata ogut ngga bisa kena sinar matahari terlalu banyak

:mky_01: :mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T