Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 15 Feb 2016, 22:48

Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by adhika » 15 Feb 2016, 23:01

Mohon izin kenalan Suhu, ane nubi di froum inin. Lansung to the point aja. Berdasarkan pengamatan nubi di situs yg membahas konstruksi (sk*scr*percit*), pembangunan tol sedang gencar2nya dan ditargetkan dua tahun akan tersambung. Nah dari kesiapan kendaraan sendiri, apakah kendaraan sekarang yang beredar ini (terutama mobil cc kecil dan lcgc) mampu digeber dengan kecepatan tinggi secara konstan dalam waktu yang lama dan jarak tempuh ratusan kilometer? Mohon jangan lupa ya, ini lebih membahas kendaraannya (kan forum otomotif). Terima kasih...

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9986
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ak4ng » 16 Feb 2016, 08:25

Entah mitos atau fakta, mobil yg sering di geber lbh awet drpd mobil yg tiap hari jalan tapi macet2an,. :upss:






*Colek papi anjas........ :ngacir:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 895
Joined: 24 Apr 2015, 04:57

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by dieselman228 » 16 Feb 2016, 08:34

Kalau mobil jaman dulu kisaran tahun 70-80an kata bokap lari 120 km/jam konstan selama 2 jam, mobil sudah harus turun mesin, kenapa? Ktnya sih metalnya capek. Dan lagian jaman dulu jarang bisa lari 120 km/jam (cmiiw)

Kalau sekarang, sy pake ipah mt lari 120 rpm sampe 3500 di cipali dari bekasi sampe keluar pejagan biasa aja (2 jem lebih) berarti ada peningkatan dari segi kualitas mesin dan jeroan"nya (kalau memang anggapan diparagraf 1 benar)

Kalau liat di pilem" hollywood kan sering tuh road trip, jalanan mereka panjang, mulus, tenang, tp kecenderungan ga ada yg memacu maksimal (entah cuma pilem atau kenyataannya)..kalau yg ini gimana tny om NR dan om PV kenapanya ya (geser mik ke om NR and PV)
i have got to keep moving

Imageriomahatra

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3237
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting » 16 Feb 2016, 08:35

Jelas mampu lah...
Saat melaju maka heat release berlangsung semourna. Cruising 100 to 120 kmh, suhu mobil anteng di medium.

Justru macet, stop n go, paling nyiksa mobil..
Tapi tentunya bukan di redline terus romnya..

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3237
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting » 16 Feb 2016, 08:37

dieselman228 wrote:Kalau mobil jaman dulu kisaran tahun 70-80an kata bokap lari 120 km/jam konstan selama 2 jam, mobil sudah harus turun mesin, kenapa? Ktnya sih metalnya capek. Dan lagian jaman dulu jarang bisa lari 120 km/jam (cmiiw)

Kalau sekarang, sy pake ipah mt lari 120 rpm sampe 3500 di cipali dari bekasi sampe keluar pejagan biasa aja (2 jem lebih) berarti ada peningkatan dari segi kualitas mesin dan jeroan"nya (kalau memang anggapan diparagraf 1 benar)

Kalau liat di pilem" hollywood kan sering tuh road trip, jalanan mereka panjang, mulus, tenang, tp kecenderungan ga ada yg memacu maksimal (entah cuma pilem atau kenyataannya)..kalau yg ini gimana tny om NR dan om PV kenapanya ya (geser mik ke om NR and PV)

jalan panjang mulus itu kayak marathon, bukan sprint..
lelah oom kalau nyetir 12 jam, high speed, high consentration.
enjoy the journey, instead...

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16546
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by DOHC » 16 Feb 2016, 08:38

ga masalah koq...

ane perna pake mobilio dr pasangkayu ampe makasar, nyaris 16 jam di geber terus tuh mesin gapapa... berhenti cuman beberapa kali, 2 kali stop sejeman buat makan, sisa nya stop singkat utk isi bensin atau kencing atau ganti driver...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2618
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by sintoni » 16 Feb 2016, 08:43

Idem sama om ginting.

Mobil yang dipake cruising itu malah ga nyiksa mesin

Lebih nyiksa stop and go.

Secara putaran mesin kerjanya segitu terus, RPM jg segitu terus. Pemasukan angin ke radiator jg berjalan mantap, heat release jg bagus.

Irit pula.

vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by vipere » 16 Feb 2016, 09:19

Ini yang jadi pertanyaan saya sejak lama juga. Kalo tol jakarta - surabaya udah tersambung nanti, Apa sanggup mobil jalan non stop, speed 100-120km/jam aja tapi terus menerus bisa sampe 8-10 jam misalnya. Juga kalo mobilnya sanggup , gimana dengan ban nya , sanggup juga enggak ya ?

User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2214
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: KIA_Stinger_GT_RWD_2018

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by POS VETT » 16 Feb 2016, 09:24

Kalau mobil & mesin sehat tidak perlu kuatir. Tidak masalah dikendarai ratusan kilometer di jalan tol tanpa berhenti asal bukan dipanteng di redline atau yang sifatnya "abusive".
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"QUINN A W"
"HPJ 6584"

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17395
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Turboman » 16 Feb 2016, 09:32

PERTAMA :
Yang harus dipikirkan adalah DRIVER nya !

Bukannya kalo nyetir itu disarankan maksimal 4 jam ya ?

Lebih baik lagi jika setiap 2 jam berhenti utk istirahat sekalian tukar udara kabin mobil

KEDUA :
jalan tol bukan ajang sirkuit balap Le Mans !!

Nyetirlah sesuai dgn aturan batas kec max atau nyetir santai secara pulse n glide


Kalo dari pengalaman pribadi, utk nyetir jarak jauh ya bagusnya memang ada istirahat sebentar tiap 2 jam driving, selain utk kebaikan sang pengemudi, mesin dan transmisi juga biar cool down dikit

Cobain deh kalo mesin & Trans udah agak sejuk, performa mobil jadi optimal kembali

Kalo utk mobil Matik, sangat disarankan pasang ATF cooler tambahan, kecuali kalo ATF cooler aslinya udah lgs "air cooled" kayak Everest TDCi

Kalo mau lebih mantap kasih extra fan di ATF cooler

Kalo utk Diesel CRD : Pasang Fuel cooler jika std nya belum ada

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2059
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by martinnn » 16 Feb 2016, 09:48

pas macet2 tahun baru kemarin ada yang mobilnya nyala puluhan jam masih gpp tuh... paling oli aja yang harus lsung ganti
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 795
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Rakean » 16 Feb 2016, 10:48

Pernah bawak kancil (daihatsu ceria), dari nilai - bukit kayu hitam (malay - thai border) full toll dengan jarak kurang lebih 500km. Selama perjalanan dibawa antara 100 sampe 140 (tergantung situasi).. Aman2 ajah tuh mubil :D
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - Present)

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17395
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Turboman » 16 Feb 2016, 10:53

Utk mobil2 yg maticnya 5 AT / lebih akan sgt terasa benefitnya saat long haul trip

Spt ANKI Desel matic......lari 120, RPM cuman 2000

jadi santai bgt

User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1026
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Mamang555 » 16 Feb 2016, 10:59

Progres terakhir untuk tol transjawa kalo tidak salah dari Pajagan sudah nyambung sampe exit Brebes timur (tol debu taun lalu). Lebaran sudah bisa dibuka dan dipake. Sampe Pajagan saja sudah 258 km (0 km dari cawang), sampe Brebes Timur kayaknya nambah 25 km-an.

Prediksinya, 2018 sudah bisa sampe ke Semarang (est 400-450 km)

BTT, kalo mobilnya sih sanggup2 saja. Tapi yang harus dipikirkan adalah supirnya

Idealnya, setiap 2-3 jam, kita istirahat sekitar 15-30 menit meskipun faktanya bisa aja sih di geber terus menerus (biasanya jika jalanan sepi). Mesin mobil kan juga harus beristirahat sebentar.

Btw asik juga kalo tol sudah bisa tembus ke Semarang.
Jakarta Semarang tembus 6-7 jam saja jika lancar.

ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1342
Joined: 16 Nov 2005, 21:21
Location: jkt

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ween » 16 Feb 2016, 11:08

kalau memang sering keluar kota cruising lewat tol yang panjang, ada baiknya pake mobil yang ber cc besar baik bensin maupun diesel....rasanya jauh lebih nyaman dan masalah fc khan pastinya juga jadi gak boros......

* masih bercita2 punya 1 citycar buat perang sehari2 & 1 mobil gede buat cruising :)

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1770
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by PRBS » 16 Feb 2016, 11:20

kalau toll antar kota sudah tersambung semua (jakarta - surabaya) atau impian saya (jakarta - banyuwangi).

mobil2 sekarang sih pasti sanggup ditambah kondisi jalan lancar. benar2 kata om2 diatas, selama tidak bersifar abuse dan redline terus, malah irit bensin dan temp normal.

tinggal rest area aja yg harus tersebar secara jelas. kalau nggak, bahaya banget nyetir jarak jauh dengan sifatnya membosankan (jalan toll, cenderung lurus, pemandangan gitu2 aja) pasti gampang capek.

vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by vipere » 16 Feb 2016, 11:24

Kalo ban mobilnya nya gimana,om ? aman gak ? apa perlu pake ban yang bagus ?

alexdonovan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 525
Joined: 15 Aug 2008, 22:36

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by alexdonovan » 16 Feb 2016, 11:27

@Oom Vipere: Saya pakai Accelera... Ban musuhnya suhu-suhu disini :p
Clio A/T 2004 (2012-now)
Calya 2017 (2018-now)

QnetiC
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 448
Joined: 07 Apr 2008, 15:35

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by QnetiC » 16 Feb 2016, 11:50

Tapi kalo menurut aturan maksimal kecepatan di jalan tol 100 kpj (btw, aturan ini jadi diaplikasikan ngga sih?)

bl4cks4m1dj4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: 24 Apr 2009, 13:20

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by bl4cks4m1dj4 » 16 Feb 2016, 11:51

Turboman wrote:PERTAMA :
Yang harus dipikirkan adalah DRIVER nya !

Bukannya kalo nyetir itu disarankan maksimal 4 jam ya ?

Lebih baik lagi jika setiap 2 jam berhenti utk istirahat sekalian tukar udara kabin mobil

KEDUA :
jalan tol bukan ajang sirkuit balap Le Mans !!

Nyetirlah sesuai dgn aturan batas kec max atau nyetir santai secara pulse n glide


Kalo dari pengalaman pribadi, utk nyetir jarak jauh ya bagusnya memang ada istirahat sebentar tiap 2 jam driving, selain utk kebaikan sang pengemudi, mesin dan transmisi juga biar cool down dikit

Cobain deh kalo mesin & Trans udah agak sejuk, performa mobil jadi optimal kembali

Kalo utk mobil Matik, sangat disarankan pasang ATF cooler tambahan, kecuali kalo ATF cooler aslinya udah lgs "air cooled" kayak Everest TDCi

Kalo mau lebih mantap kasih extra fan di ATF cooler

Kalo utk Diesel CRD : Pasang Fuel cooler jika std nya belum ada


Setuju dengan apa yg diomongin om Turbo, jika kendaraan sudah ok, jalan ok, tinggal maintain manusianya e.t Driver.
Pernah ngalamain kerja tambang di sumatera kebetulan jarak bandara ke site bisa 8-12 jam tergantung sikon, kl lg longsor malah cari jalan lain atau nginep di kota terdekat. Kebijakan HSE nya lumayan ketat driver gak boleh driving lebih dari 2 jam, setiap 2 jam harus berhenti. Tujuan biar driver tidak fatigue and tetap focus ketika nyetir. Kebetulan semua mobil dipasang gps jd ketauan dia berhenti atau bergerak & dimonitoring disite. Biasanya HSE oficer akan langsung telpon itu driver kl nyetir dah lewat 2 jam gak berhenti atau lewat cruising speed limit yg 80 km/h. :big_bored:

User avatar
kenop
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by kenop » 16 Feb 2016, 11:53

QnetiC wrote:Tapi kalo menurut aturan maksimal kecepatan di jalan tol 100 kpj (btw, aturan ini jadi diaplikasikan ngga sih?)
kalo ane sih iya om.. soale emang mobil nya yg uda ngga enak di bawa di atas 100 kpj, dan emang uda males kebut2 lagi :mky_01:

tapi yg lain sih banyak yg bablas juga om hahaha.. tol dalkot yg cm boleh 80 kpj aja banyak yg jalan di atas 100 kpj kok.. apa lagi tol luar kota yg bakalan relatif lebih sepi :mky_03:

eh tapi kadang di tol dalkot sih yg ngelanggar aturan kecepatan maks.. suka lupa tau2 100 kpj :wkkk:
Optima Auto Store
Smart Market Daan Mogot L-11
Jl. Daan Mogot Km.19 - Tangerang
0819 3289 9091
www.optimaautostore.com

User avatar
3mul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by 3mul » 16 Feb 2016, 12:19

dieselman228 wrote:Kalau mobil jaman dulu kisaran tahun 70-80an kata bokap lari 120 km/jam konstan selama 2 jam, mobil sudah harus turun mesin, kenapa? Ktnya sih metalnya capek. Dan lagian jaman dulu jarang bisa lari 120 km/jam (cmiiw)

Kalau sekarang, sy pake ipah mt lari 120 rpm sampe 3500 di cipali dari bekasi sampe keluar pejagan biasa aja (2 jem lebih) berarti ada peningkatan dari segi kualitas mesin dan jeroan"nya (kalau memang anggapan diparagraf 1 benar)

Kalau liat di pilem" hollywood kan sering tuh road trip, jalanan mereka panjang, mulus, tenang, tp kecenderungan ga ada yg memacu maksimal (entah cuma pilem atau kenyataannya)..kalau yg ini gimana tny om NR dan om PV kenapanya ya (geser mik ke om NR and PV)
Kebanyakan mobil jaman dulu di 120 km/jam mesinnya berputar di RPM tinggi berhub masih 4 speed, makanya cepat capek. Apalagi kebanyakan komponen pendukung bekerja secara mekanik, misal: pengapian masih platina. Kalo MB ato sekelas sih pengecualian kali ya, hehehe
Mobil jaman sekarang mutar di 2500-an RPM untuk kecepatan segitu, otomatis ga berat bebannya. Tapi tetap aja human factor jadi pertimbangan utama. Kaki2 supir perlu dikasih istirahat sebentar tiap 2 jam dan ganti supir setelah 4 jam bawa.

User avatar
iwidiyanto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by iwidiyanto » 16 Feb 2016, 12:38

justru yg hebat2 itu yg kerjanya di jkt, brgkt plg ktr bisa 3 jam lebih sekali jalan, dgn macet2 d jln g bisa minggir kalo cape.

User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by htannis » 16 Feb 2016, 12:39

boleh lah, gas pol trus dong top speed trus
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares

bl4cks4m1dj4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: 24 Apr 2009, 13:20

Re: RE: Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by bl4cks4m1dj4 » 16 Feb 2016, 12:45

iwidiyanto wrote:justru yg hebat2 itu yg kerjanya di jkt, brgkt plg ktr bisa 3 jam lebih sekali jalan, dgn macet2 d jln g bisa minggir kalo cape.
Hahaha lebih om, saya kl lg kn sial bisa dpt 4 jam u/ sampai kantor Image .


Sent from my ZTE V9820 using Tapatalk

Post Reply