Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

burhanmakkita
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 01 May 2016, 14:30

Re: RE: Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by burhanmakkita » 23 May 2016, 10:23

billyd1773dz wrote:NEXT On Road 4x4

bayangkan……. Transfercase ini memiliki differential layaknya sebuah gardan depan atau belakang seperti di video. Apa yang terjadi?
Kini transfercase dapat membagi daya torsi ke depan dan belakang sesuai beban dan rotating speed yang berbeda layaknya axlediff biasa. Efeknya kendaraan dapat belok dengan aman sambil mempertahan gerak 4 rodanya sekalipun di aspal kering atau sedang highspeed.
NAH ini yang disebut center differential. Mobil itu kini memiliki 3 buah differential di depan tengah dan belakang.
Disinilah Evolusi berikutnya dari transfercase terjadi dan dikenal dengan mode tambahan Fulltime 4x4.
Q: Sekarang kembali ke video di awal, apa yang terjadi jika 1 sisi differential tidak memiliki resistant/beban?
A: Semua torsi akan mengalir ke sisi yang tidak memiliki beban.

Akibatnya Jika 1 ban hilang traksi di salah satu axle… apa yang terjadi? Semua traksi akan lari ke ban tersebut…. 1 gardan (2 ban) hilang traksi? Torsi juga lari ke gardan tersebut…. Anda akan LEBIH mudah stuck.. sometime 4x2 malah bisa meloloskan anda, jika yang stuck adalah ban depan pada mobil RWD.

Untungnya kebanyakan ada LSD di centerdiff. ada yang viscouscoupling seperti pajero dan pajerosport, torsen seperti original quatro, original fortuner hingga LC200, toareg, Q7, Gerotor pump Jeep grand cherokee dll sifat2 dari LSD yang digunakan ikut terbawa di sini.

juga beberapa mobil memiliki mode partime dia akan mengunci center differential *Center Differential lock* dan bergerak seperti kendaraan partime. untuk meloloskan diri. biasanya jika tidak ada tulisan 4HLc maka di kabin tulisanya LOCK dgn tanda di bagian tengah

Image
landrover defender dengan sistem gerak fulltime 4x4 dengan center differential lock (mode partime)


Ingat di mobil bisa terdapat 3 differential? Untuk kemampuan offroad maksimal mobil dapat memiliki 3 differential lock. Yaitu depan tengah dan belakang.
Differential lock Tengah bearti kendaraan fulltime bisa kembali ke mode Partime.
Difflock depan dan belakang IS THE real deal
So jangan terburu-buru nafsu saat mendengar mobil tersebut memiliki center differential lock dan menggapnya lebih baik dari partime biasa. karna semua partime memiliki center differential lock yg justru ga bisa unlock/open...

Image


Kendaraan dgn fulltime 4x4 apa saja? Landrover Defender,pajero dan Pajero sport,BMW XDRIVE, Cherokee XJ, Fortuner *first gen*,prado,lc200 most modern 4x4,Old audi Quattro, Subaru STI and Subaru MT,VW Toareg Amarok,Q7, Everest T6, Bentley continental GT dll…. banyak.

Image
:mky_03:

Image


Saat ini Fulltime4x4 muncul dalam beragam nama.... bahkan ada yang di namai dgn badge "AWD", sekedar "4x4", sampai brand mereka sendiri *4motion,xDrive,Quattro,Symetrical AWD dll... * Yang TIDAK konsisten accross their own model line up... bisa aja 4Motion di VW amarok menggunakan transfercase with center diff, sedangkan di Golf R menggunakan Haldex.... Subaru STI pakai center diff sedangkan Subaru yg AT multiple plate clutch/haldex.... brandnya sama cara kerjanya beda.

intinya Fulltime 4x4 memungkinkan penggunaan 4x4 di aspal untuk meningkatkan grip dan handling. lha sama dengan AWD di cuv dunk? tujuanya sama tp approachnya berbeda. hehe :D more on this latter

so jangan beli ANF 4x4 jika anda berpikir ingin memnggunakannya di aspal/ jalan berkelok. belilah kendaraan yg memiliki fulltime 4x4 seperi ANPS yang dapat digunakan di aspal.

berbeda dgn common believe ANF justru lebih offroad focused vehicle... 4x4nya haram di aspal dan dia punya rear difflock. bahkan versi VRZ 4x4 ada A-Trac yaitu sistem brake LSDnya toyota.

ANPS lebih on road, 4x4nya bisa di aspal, tidak memiliki rear difflock ataupun LSD. hanya offroad mode yg fungsinya brake-LSD juga.


Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Maaf Om kl lampu control 4WD yg nyala kedip lampu tengah yg kuning posisi tuas di 2H apanya yg salah ya om

Sent from my SM-A510F using Tapatalk

nimoo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 232
Joined: 14 Nov 2015, 21:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by nimoo » 05 Jan 2017, 12:08

Kok engga di lanjut om bill ? :big_peace:
Javero Surya Abadi

Freight Forwarder Export Import
Jasa Pengiriman barang Internasional
+62 7693071

ginting
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1997
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by ginting » 07 Mar 2017, 16:10

hayu atuh oom Bill, dilanjutkeun...

armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: 06 Feb 2016, 11:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho » 07 Mar 2017, 18:57

ayo om bili, lanjutkeun.


Sent from my iPhone using Tapatalk

User avatar
MAB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 17 Feb 2011, 21:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Contact:

Re: RE: Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by MAB » 07 Mar 2017, 21:55

pengalaman saya, kalo lampu 4WD masih nyala dan tuas udah di 2WD
artinya proses ke 2WD nya belum tuntas dan transfer case masih di 4WD
lampunya masih nyala karena sensor untuk penunjuk 4WD ada di dalam transfer case

coba maju atau mundur beberapa kali, nanti ada bunyi glek ....
biasanya disengage setelah bunyi glek itu .....

burhanmakkita wrote:
23 May 2016, 10:23
billyd1773dz wrote:NEXT On Road 4x4

bayangkan……. Transfercase ini memiliki differential layaknya sebuah gardan depan atau belakang seperti di video. Apa yang terjadi?
.
.
.
Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Maaf Om kl lampu control 4WD yg nyala kedip lampu tengah yg kuning posisi tuas di 2H apanya yg salah ya om

Sent from my SM-A510F using Tapatalk

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: Google Adsense [Bot] and 5 guests