Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

burhanmakkita
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 01 May 2016, 14:30

Re: RE: Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by burhanmakkita » 23 May 2016, 10:23

billyd1773dz wrote:NEXT On Road 4x4

bayangkan……. Transfercase ini memiliki differential layaknya sebuah gardan depan atau belakang seperti di video. Apa yang terjadi?
Kini transfercase dapat membagi daya torsi ke depan dan belakang sesuai beban dan rotating speed yang berbeda layaknya axlediff biasa. Efeknya kendaraan dapat belok dengan aman sambil mempertahan gerak 4 rodanya sekalipun di aspal kering atau sedang highspeed.
NAH ini yang disebut center differential. Mobil itu kini memiliki 3 buah differential di depan tengah dan belakang.
Disinilah Evolusi berikutnya dari transfercase terjadi dan dikenal dengan mode tambahan Fulltime 4x4.
Q: Sekarang kembali ke video di awal, apa yang terjadi jika 1 sisi differential tidak memiliki resistant/beban?
A: Semua torsi akan mengalir ke sisi yang tidak memiliki beban.

Akibatnya Jika 1 ban hilang traksi di salah satu axle… apa yang terjadi? Semua traksi akan lari ke ban tersebut…. 1 gardan (2 ban) hilang traksi? Torsi juga lari ke gardan tersebut…. Anda akan LEBIH mudah stuck.. sometime 4x2 malah bisa meloloskan anda, jika yang stuck adalah ban depan pada mobil RWD.

Untungnya kebanyakan ada LSD di centerdiff. ada yang viscouscoupling seperti pajero dan pajerosport, torsen seperti original quatro, original fortuner hingga LC200, toareg, Q7, Gerotor pump Jeep grand cherokee dll sifat2 dari LSD yang digunakan ikut terbawa di sini.

juga beberapa mobil memiliki mode partime dia akan mengunci center differential *Center Differential lock* dan bergerak seperti kendaraan partime. untuk meloloskan diri. biasanya jika tidak ada tulisan 4HLc maka di kabin tulisanya LOCK dgn tanda di bagian tengah

Image
landrover defender dengan sistem gerak fulltime 4x4 dengan center differential lock (mode partime)


Ingat di mobil bisa terdapat 3 differential? Untuk kemampuan offroad maksimal mobil dapat memiliki 3 differential lock. Yaitu depan tengah dan belakang.
Differential lock Tengah bearti kendaraan fulltime bisa kembali ke mode Partime.
Difflock depan dan belakang IS THE real deal
So jangan terburu-buru nafsu saat mendengar mobil tersebut memiliki center differential lock dan menggapnya lebih baik dari partime biasa. karna semua partime memiliki center differential lock yg justru ga bisa unlock/open...

Image


Kendaraan dgn fulltime 4x4 apa saja? Landrover Defender,pajero dan Pajero sport,BMW XDRIVE, Cherokee XJ, Fortuner *first gen*,prado,lc200 most modern 4x4,Old audi Quattro, Subaru STI and Subaru MT,VW Toareg Amarok,Q7, Everest T6, Bentley continental GT dll…. banyak.

Image
:mky_03:

Image


Saat ini Fulltime4x4 muncul dalam beragam nama.... bahkan ada yang di namai dgn badge "AWD", sekedar "4x4", sampai brand mereka sendiri *4motion,xDrive,Quattro,Symetrical AWD dll... * Yang TIDAK konsisten accross their own model line up... bisa aja 4Motion di VW amarok menggunakan transfercase with center diff, sedangkan di Golf R menggunakan Haldex.... Subaru STI pakai center diff sedangkan Subaru yg AT multiple plate clutch/haldex.... brandnya sama cara kerjanya beda.

intinya Fulltime 4x4 memungkinkan penggunaan 4x4 di aspal untuk meningkatkan grip dan handling. lha sama dengan AWD di cuv dunk? tujuanya sama tp approachnya berbeda. hehe :D more on this latter

so jangan beli ANF 4x4 jika anda berpikir ingin memnggunakannya di aspal/ jalan berkelok. belilah kendaraan yg memiliki fulltime 4x4 seperi ANPS yang dapat digunakan di aspal.

berbeda dgn common believe ANF justru lebih offroad focused vehicle... 4x4nya haram di aspal dan dia punya rear difflock. bahkan versi VRZ 4x4 ada A-Trac yaitu sistem brake LSDnya toyota.

ANPS lebih on road, 4x4nya bisa di aspal, tidak memiliki rear difflock ataupun LSD. hanya offroad mode yg fungsinya brake-LSD juga.


Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Maaf Om kl lampu control 4WD yg nyala kedip lampu tengah yg kuning posisi tuas di 2H apanya yg salah ya om

Sent from my SM-A510F using Tapatalk

nimoo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: 14 Nov 2015, 21:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by nimoo » 05 Jan 2017, 12:08

Kok engga di lanjut om bill ? :big_peace:

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2816
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by ginting » 07 Mar 2017, 16:10

hayu atuh oom Bill, dilanjutkeun...

armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 06 Feb 2016, 11:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho » 07 Mar 2017, 18:57

ayo om bili, lanjutkeun.


Sent from my iPhone using Tapatalk

User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: 17 Feb 2011, 21:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki Jimny
Contact:

Re: RE: Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by MAB » 07 Mar 2017, 21:55

pengalaman saya, kalo lampu 4WD masih nyala dan tuas udah di 2WD
artinya proses ke 2WD nya belum tuntas dan transfer case masih di 4WD
lampunya masih nyala karena sensor untuk penunjuk 4WD ada di dalam transfer case

coba maju atau mundur beberapa kali, nanti ada bunyi glek ....
biasanya disengage setelah bunyi glek itu .....

burhanmakkita wrote:
23 May 2016, 10:23
billyd1773dz wrote:NEXT On Road 4x4

bayangkan……. Transfercase ini memiliki differential layaknya sebuah gardan depan atau belakang seperti di video. Apa yang terjadi?
.
.
.
Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Maaf Om kl lampu control 4WD yg nyala kedip lampu tengah yg kuning posisi tuas di 2H apanya yg salah ya om

Sent from my SM-A510F using Tapatalk

User avatar
Gasoline24
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Gasoline24 » 13 Feb 2018, 17:13

billyd1773dz wrote:
19 Feb 2016, 23:32
NEXT On Road 4x4


so jangan beli ANF 4x4 jika anda berpikir ingin memnggunakannya di aspal/ jalan berkelok. belilah kendaraan yg memiliki fulltime 4x4 seperi ANPS yang dapat digunakan di aspal.

berbeda dgn common believe ANF justru lebih offroad focused vehicle... 4x4nya haram di aspal dan dia punya rear difflock. bahkan versi VRZ 4x4 ada A-Trac yaitu sistem brake LSDnya toyota.

ANPS lebih on road, 4x4nya bisa di aspal, tidak memiliki rear difflock ataupun LSD. hanya offroad mode yg fungsinya brake-LSD juga.


Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Om Bill mohon di lanjut tulisannya, sama sekalian mau tanya nih......
maksudnya tetradrive gak layak di jalan aspal tuh gimana yah, bukannya ada selection 2H. dalam hal ini berarti hanya berfungsi 2 roda belakang saja kan ????? kenapa ada statement gak layak buat di aspal....masih belum paham :mky_01:

#mohon pencerahan

:big_peace: :big_peace:

armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 06 Feb 2016, 11:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho » 16 May 2018, 20:59

om billi dakar lama kalau oli gardanya pernah pakai oli gardan biasa apakah ada pengaruh ?

User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 11 Jul 2017, 15:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by erdinkurniawan » 16 May 2018, 21:18


Gasoline24 wrote:
billyd1773dz wrote:
19 Feb 2016, 23:32
NEXT On Road 4x4


so jangan beli ANF 4x4 jika anda berpikir ingin memnggunakannya di aspal/ jalan berkelok. belilah kendaraan yg memiliki fulltime 4x4 seperi ANPS yang dapat digunakan di aspal.

berbeda dgn common believe ANF justru lebih offroad focused vehicle... 4x4nya haram di aspal dan dia punya rear difflock. bahkan versi VRZ 4x4 ada A-Trac yaitu sistem brake LSDnya toyota.

ANPS lebih on road, 4x4nya bisa di aspal, tidak memiliki rear difflock ataupun LSD. hanya offroad mode yg fungsinya brake-LSD juga.


Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Om Bill mohon di lanjut tulisannya, sama sekalian mau tanya nih......
maksudnya tetradrive gak layak di jalan aspal tuh gimana yah, bukannya ada selection 2H. dalam hal ini berarti hanya berfungsi 2 roda belakang saja kan ????? kenapa ada statement gak layak buat di aspal....masih belum paham :mky_01:

#mohon pencerahan

:big_peace: :big_peace:
newbie mencoba menjawab.
maksud nya gak layak di jalan aspal krn peruntukan 4x4 nya lebih ke arah offroad bukan 4x4 fulltime seperti punya anps yg cenderung ke all wheel drive dengan sistem lasd brake. krn klo dgn karajter 4x4 anf di pake di jalan bisa ada gaya tarik menarik di gardan depan antara ban kanan dan kiri membuat cepet aus. makanya lebih baik pakai 4x2 nya (RWD) aja. klo mau nyempkung tanah bru 4x4...


mungkin seperti itu.
cmiiw

User avatar
Gasoline24
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Gasoline24 » 17 May 2018, 13:08

erdinkurniawan wrote:
16 May 2018, 21:18
Gasoline24 wrote:
billyd1773dz wrote:
19 Feb 2016, 23:32
NEXT On Road 4x4


so jangan beli ANF 4x4 jika anda berpikir ingin memnggunakannya di aspal/ jalan berkelok. belilah kendaraan yg memiliki fulltime 4x4 seperi ANPS yang dapat digunakan di aspal.

berbeda dgn common believe ANF justru lebih offroad focused vehicle... 4x4nya haram di aspal dan dia punya rear difflock. bahkan versi VRZ 4x4 ada A-Trac yaitu sistem brake LSDnya toyota.

ANPS lebih on road, 4x4nya bisa di aspal, tidak memiliki rear difflock ataupun LSD. hanya offroad mode yg fungsinya brake-LSD juga.


Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Om Bill mohon di lanjut tulisannya, sama sekalian mau tanya nih......
maksudnya tetradrive gak layak di jalan aspal tuh gimana yah, bukannya ada selection 2H. dalam hal ini berarti hanya berfungsi 2 roda belakang saja kan ????? kenapa ada statement gak layak buat di aspal....masih belum paham :mky_01:

#mohon pencerahan

:big_peace: :big_peace:
newbie mencoba menjawab.
maksud nya gak layak di jalan aspal krn peruntukan 4x4 nya lebih ke arah offroad bukan 4x4 fulltime seperti punya anps yg cenderung ke all wheel drive dengan sistem lasd brake. krn klo dgn karajter 4x4 anf di pake di jalan bisa ada gaya tarik menarik di gardan depan antara ban kanan dan kiri membuat cepet aus. makanya lebih baik pakai 4x2 nya (RWD) aja. klo mau nyempkung tanah bru 4x4...


mungkin seperti itu.
cmiiw
Noted



#spktetradrive

omboyyyy
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 16 Jun 2018, 23:28
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota ipsum

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by omboyyyy » 17 Jun 2018, 11:51

Om bill saya punya toyota ipsum 4wd. Judulnya sih fulltime 4wd, tapi ga ada tuas atau switch buat ngatur 4wd nya atau diff lock. Transmisinya A540H.
Ini termasuk 4wd yg mana ya om ? Atau malah awd ?

User avatar
neo300400
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 23 Nov 2007, 12:52

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by neo300400 » 22 Jun 2018, 15:33

Thread yg luar biasa
Makasih om bil
Kebetulan lagi cari2 2mobil tersebut dr tiga yg dibahas.

Kalau saya tarik kesimpulan tentang power management 4x4-nya antara evie, ps & anf sbb:
Evie punya sistem kontrol 4x4 terbaik on road atau off road
Ps punya sistem kontrol 4x4 onroad yg lebih bagus, untuk offroad sedikit kurang kecuali bila mode offroad di aktifkan.
Anf tidak punya sistem kontrol 4x4 untuk onroad, bagus di offroad & kl onroad tinggal jadiin 4x2
CMIIW.

Pertanyaan :
Apakah mode offroad ps ada sejak pertama ps keluar?

irw
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 17 Jun 2018, 19:41
Location: Indonesia

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by irw » 24 Jun 2018, 17:02

neo300400 wrote:
22 Jun 2018, 15:33
Thread yg luar biasa
Makasih om bil
Kebetulan lagi cari2 2mobil tersebut dr tiga yg dibahas.

Kalau saya tarik kesimpulan tentang power management 4x4-nya antara evie, ps & anf sbb:
Evie punya sistem kontrol 4x4 terbaik on road atau off road
Ps punya sistem kontrol 4x4 onroad yg lebih bagus, untuk offroad sedikit kurang kecuali bila mode offroad di aktifkan.
Anf tidak punya sistem kontrol 4x4 untuk onroad, bagus di offroad & kl onroad tinggal jadiin 4x2
CMIIW.

Pertanyaan :
Apakah mode offroad ps ada sejak pertama ps keluar?
Mode offroad baru ada di ANPS aja kayaknya. Mode offroadnya PS ngadopsi sistemnya all terrainnyan range rover. Jadi mengandalakan sistem ASTCnya

User avatar
neo300400
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 23 Nov 2007, 12:52

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by neo300400 » 30 Jun 2018, 06:46

irw wrote:
24 Jun 2018, 17:02
neo300400 wrote:
22 Jun 2018, 15:33
Thread yg luar biasa
Makasih om bil
Kebetulan lagi cari2 2mobil tersebut dr tiga yg dibahas.

Kalau saya tarik kesimpulan tentang power management 4x4-nya antara evie, ps & anf sbb:
Evie punya sistem kontrol 4x4 terbaik on road atau off road
Ps punya sistem kontrol 4x4 onroad yg lebih bagus, untuk offroad sedikit kurang kecuali bila mode offroad di aktifkan.
Anf tidak punya sistem kontrol 4x4 untuk onroad, bagus di offroad & kl onroad tinggal jadiin 4x2
CMIIW.

Pertanyaan :
Apakah mode offroad ps ada sejak pertama ps keluar?
Mode offroad baru ada di ANPS aja kayaknya. Mode offroadnya PS ngadopsi sistemnya all terrainnyan range rover. Jadi mengandalakan sistem ASTCnya
Gimana tuh gan mode terrainnya range rover?

User avatar
Gasoline24
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Gasoline24 » 20 Aug 2018, 14:51

up....up....up........dah lama tenggelam di dasar samudra

User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: 17 Feb 2011, 21:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki Jimny
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by MAB » 21 Aug 2018, 12:49

Gasoline24 wrote:up....up....up........dah lama tenggelam di dasar samudra
master billy nya kemana ya om?

User avatar
Gasoline24
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Gasoline24 » 21 Aug 2018, 14:35

MAB wrote:
21 Aug 2018, 12:49
Gasoline24 wrote:up....up....up........dah lama tenggelam di dasar samudra
master billy nya kemana ya om?
Ngintip di IG sih lagi asyik motret di jembatan situ gintung - sukabumi......lost signal SM Forum keknya, padahal ini belum tamat lho, xixixixixixi


:mky_08: :mky_08: :mky_08:

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”