Page 50 of 51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 14:38
by marmut
avania tapet.
dan hla bukan berarti hebas masalah, ada waktunya dibongkar dan dibersihkan itu botol hla. diperiksa jg sapa tau ada per yg sudah patah.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Fri Sep 02, 2016 3:49
by gmb86
ToniGun wrote:
gmb86 wrote:Om Turbo, dan om's lainnya

Mhon ijin mnanyakan, mobil sya besutan GM dg tipe mesin STEC III, tahun 2015,. dngar2 yang mana mesin ini adalah develop dr GM Daewoo Korea, nah sya masih binggung ini tipe mesin flat tappet atau sudah roller rocker arm,. kemudian oli yg benar2 cocok untuk mesin ini apa ya ? dan yg sesuai dg BBM di Indo (sya sering gunakan BBM RON 92/RON 90). selama ini BERES menganjurkan DEXOS 1 merk GM tech 5W-30, klo di luaran setara dengan Shell HX 8 AG, full syntch. Nah masalah nya ini di BERES dan manual book di anjurkan utk ganti tiap 12 bln, namun saya agak ragu hal itu,. Saya sudah coba browsing nilai TBN tapi belum menemukan, kemudian kondisinya apakah oli tsb low SAPS ? jg tdk sya temukan, hanya saja API nya sudah SN, artinya jk sya baca2 API SN ini low SAPS (yg mana buat flat tapped mesin) kurang bagus krn kandungan ZDDP dikurangi,.

kemudian pertanyaan lain nya ACEA nya sendiri kenapa om Turbo sering mnyarankan utk menghindari C2/C3 (dan lebih menyarankan A3/B4)


Nah baca2 disini ada bbrp macam ref oli kira2 mana yang paling tepat dan sesuai sperti :
1. Castrol Magnatec Profesional A5 5W-30
2. Q8 5W-30 dexos 1
3. AMSOIL SS series 5W-30
4. atau yang 0W-20 apakah jg cucok

Mhon advised nya, Terimakasih
STECH III sdh roller rocker arm, om

Om ToniGun, ohh S-TEC III sudah roller rocker arm ya om, Thanks atas advised nya,..
Suhu2 disini bolehkah diberikan link cara ngebedain antara roller rocker arm & flat tapped, soalnya sya sudah browse tp blom memuaskan dahaga utk mnjawab keingintahuan sya tsb..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Fri Sep 02, 2016 6:18
by marmut
gmb86 wrote: Om ToniGun, ohh S-TEC III sudah roller rocker arm ya om, Thanks atas advised nya,..
Suhu2 disini bolehkah diberikan link cara ngebedain antara roller rocker arm & flat tapped, soalnya sya sudah browse tp blom memuaskan dahaga utk mnjawab keingintahuan sya tsb..
tujuannya apa?
saran saya, biarlah mesin pake roller rocker arm, atau ball rocker arm, atau flat tappet, atau hla. karena masing2 punya kelebihan dan kekurangan.
cukup pakai oli sesuai permintaan mesin dan ganti seperti yang di rekomen.
karena kalau sudah tau masalah rocker arm (roller / ball) atau flat tappet, nanti pasti akan dipusingin "rocker arm ratio saya berapa ya?"

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Fri Sep 02, 2016 7:20
by Turboman
Mesin2 buatan th 2003 - onwards banyak yg pake roller rocker itu sebetulnya terkait regulasi emisi

ceritanya :

1. Mesin dgn 3 way Cat Conv, butuh oli dgn kadar ZDDP rendah (low SAPS) agar Cat Conv awet

2. Padahal ZDDP itu merp zat penting utk perlindungan valvetrain

3. Jadilah roller rocker diadopsi demi utk menyesuaikan dgn penggunaan oli low SAPS / low ZDDP

oli low SAPS itu biasanya kadar ZDDP cuman 800 an ppm

Sedangkan mesin flat tappet butuh oli dgn kadar antiwear minimal 1000 ppm

oli2 API SN yg antiwear 1000 ppm biasanya mereka pake ZDDP tetap 800 ppm, tapi ditambah Moly / Boron / Titanium

Apalagi skg Euro 6 mulai digunakan juga GPF / Gasoline Perticulate Filter, kadar ZDDP terus dikurangi

Hal yg sama juga berlaku pada Diesel Euro 5 yg udah pake DPF, makanya pada pake oli low SAPS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Fri Sep 02, 2016 7:23
by Turboman
gmb86 wrote:

Om ToniGun, ohh S-TEC III sudah roller rocker arm ya om, Thanks atas advised nya,..
Suhu2 disini bolehkah diberikan link cara ngebedain antara roller rocker arm & flat tapped, soalnya sya sudah browse tp blom memuaskan dahaga utk mnjawab keingintahuan sya tsb..
Dari bentuk fisik udah lgs keliatan kok

Contoh

Image
ada bearing-nya

Innova bensin 1TR-FE sejak tahun 2004 udah roller rocker (contohnya)

Kalo flat tappet / solid rocker arm ya rata aja, nggak ada bearing-nya

Mesin generasi tua yg pake roller rocker = Mitsu 4G63 - Eterna DOHC - 1988 (kalo ini demi utk performa)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Fri Sep 02, 2016 7:27
by gmb86
marmut wrote:
gmb86 wrote: Om ToniGun, ohh S-TEC III sudah roller rocker arm ya om, Thanks atas advised nya,..
Suhu2 disini bolehkah diberikan link cara ngebedain antara roller rocker arm & flat tapped, soalnya sya sudah browse tp blom memuaskan dahaga utk mnjawab keingintahuan sya tsb..
tujuannya apa?
saran saya, biarlah mesin pake roller rocker arm, atau ball rocker arm, atau flat tappet, atau hla. karena masing2 punya kelebihan dan kekurangan.
cukup pakai oli sesuai permintaan mesin dan ganti seperti yang di rekomen.
karena kalau sudah tau masalah rocker arm (roller / ball) atau flat tappet, nanti pasti akan dipusingin "rocker arm ratio saya berapa ya?"

Noted, hehheehe iya sehh bukan orang engineer soalnya, thanks om advised nya,.. :big_deal:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Sat Sep 03, 2016 2:16
by edipurna
Om Turbo, mau tanya dunk... Saya punya mirage tahun 2015 km.10.000an dan sekitar seminggu yang lalu sudah ganti oli pakai Q8 Formula Ultra 0W-20. Olinya saya beli online dari bl*bl*.com. Ganti olinya di beres 3 botol sekalian ganti filter oli dan engine flush. Apakah oli Q8 Formula Ultra ini sudah sesuai dengan spek yang diperlukan mirage? Makasih om...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Sat Sep 03, 2016 4:16
by Turboman
edipurna wrote:Om Turbo, mau tanya dunk... Saya punya mirage tahun 2015 km.10.000an dan sekitar seminggu yang lalu sudah ganti oli pakai Q8 Formula Ultra 0W-20. Olinya saya beli online dari bl*bl*.com. Ganti olinya di beres 3 botol sekalian ganti filter oli dan engine flush. Apakah oli Q8 Formula Ultra ini sudah sesuai dengan spek yang diperlukan mirage? Makasih om...
Di buku manual SAE terendah yg diijinkan brp om ?

Kalo misal sampe 5W20 aja sih boleh pake 0W20

Btw kalo pake engine flush, pastikan saat buang oli after flushing itu sesudahnya tuang 1 L oli murah buat dorong oli lama agar sisa2 obat flush keluar semua ya

Kalo engga hancur nanti oli baru-nya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Sat Sep 03, 2016 4:49
by edipurna
Turboman wrote:
edipurna wrote:Om Turbo, mau tanya dunk... Saya punya mirage tahun 2015 km.10.000an dan sekitar seminggu yang lalu sudah ganti oli pakai Q8 Formula Ultra 0W-20. Olinya saya beli online dari bl*bl*.com. Ganti olinya di beres 3 botol sekalian ganti filter oli dan engine flush. Apakah oli Q8 Formula Ultra ini sudah sesuai dengan spek yang diperlukan mirage? Makasih om...
Di buku manual SAE terendah yg diijinkan brp om ?

Kalo misal sampe 5W20 aja sih boleh pake 0W20

Btw kalo pake engine flush, pastikan saat buang oli after flushing itu sesudahnya tuang 1 L oli murah buat dorong oli lama agar sisa2 obat flush keluar semua ya

Kalo engga hancur nanti oli baru-nya
Kalau melihat dari situs mitsu luar https://www.mitsubishicars.com/owners/p ... engine-oil rekomendasinya 0W-20, tapi dari brosur yg ada di Indonesia utk 0W-20 SN termasuk direkomendasikan (walaupun yg sangat direkomendasikan 5W-30SM / 10W-30SL / 10W-40SL). Untuk engine flush memang saya yang minta ke beres, karena sebelumnya pakai oli mitsu yg 10W-40SL. Waktu ditanya engine flush pihak beres juga agak bingung karena tidak biasa menggunakan katanya. Tapi ketika saya tanya ke bagian part ternyata ada produk engine flush keluaran mitsu, jadi langsung saya beli dan minta mekaniknya utk menggunakan. Kalau petunjuk di kemasan sih cuma disuruh tuang ke katup pengisian oli, nyalakan mesin 10-20 menit, matikan mesin dan kuras oli, ganti oli filter dan isi oli mesin baru. Jadi mekaniknya tidak ada menuang oli buat mendorong sisa obat engine flushnya. Apakah tidak apa om? Ataukah harus diganti lagi olinya nih om? Makasih om...

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Sat Sep 03, 2016 9:30
by Turboman
edipurna wrote:
Turboman wrote:
edipurna wrote:Om Turbo, mau tanya dunk... Saya punya mirage tahun 2015 km.10.000an dan sekitar seminggu yang lalu sudah ganti oli pakai Q8 Formula Ultra 0W-20. Olinya saya beli online dari bl*bl*.com. Ganti olinya di beres 3 botol sekalian ganti filter oli dan engine flush. Apakah oli Q8 Formula Ultra ini sudah sesuai dengan spek yang diperlukan mirage? Makasih om...
Di buku manual SAE terendah yg diijinkan brp om ?

Kalo misal sampe 5W20 aja sih boleh pake 0W20

Btw kalo pake engine flush, pastikan saat buang oli after flushing itu sesudahnya tuang 1 L oli murah buat dorong oli lama agar sisa2 obat flush keluar semua ya

Kalo engga hancur nanti oli baru-nya
Kalau melihat dari situs mitsu luar https://www.mitsubishicars.com/owners/p ... engine-oil rekomendasinya 0W-20, tapi dari brosur yg ada di Indonesia utk 0W-20 SN termasuk direkomendasikan (walaupun yg sangat direkomendasikan 5W-30SM / 10W-30SL / 10W-40SL). Untuk engine flush memang saya yang minta ke beres, karena sebelumnya pakai oli mitsu yg 10W-40SL. Waktu ditanya engine flush pihak beres juga agak bingung karena tidak biasa menggunakan katanya. Tapi ketika saya tanya ke bagian part ternyata ada produk engine flush keluaran mitsu, jadi langsung saya beli dan minta mekaniknya utk menggunakan. Kalau petunjuk di kemasan sih cuma disuruh tuang ke katup pengisian oli, nyalakan mesin 10-20 menit, matikan mesin dan kuras oli, ganti oli filter dan isi oli mesin baru. Jadi mekaniknya tidak ada menuang oli buat mendorong sisa obat engine flushnya. Apakah tidak apa om? Ataukah harus diganti lagi olinya nih om? Makasih om...
ya hancur lah oli baru nya kalo sisa obat flush gak didorong keluar pake 1 L oli

lagian oli2 zaman skg kadar detergent bagus2, gak perlu lagi engine flush

yg penting ganti oli nya sesuai kemampuan si oli

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Mon Sep 05, 2016 2:45
by ToniGun
marmut wrote:
gmb86 wrote: Om ToniGun, ohh S-TEC III sudah roller rocker arm ya om, Thanks atas advised nya,..
Suhu2 disini bolehkah diberikan link cara ngebedain antara roller rocker arm & flat tapped, soalnya sya sudah browse tp blom memuaskan dahaga utk mnjawab keingintahuan sya tsb..
tujuannya apa?
saran saya, biarlah mesin pake roller rocker arm, atau ball rocker arm, atau flat tappet, atau hla. karena masing2 punya kelebihan dan kekurangan.
cukup pakai oli sesuai permintaan mesin dan ganti seperti yang di rekomen.
karena kalau sudah tau masalah rocker arm (roller / ball) atau flat tappet, nanti pasti akan dipusingin "rocker arm ratio saya berapa ya?"
Ya gak perlu sejauh iti lah Om.
Setidaknya dg mengetahui flat tappet atau roller, kita bisa tentukan jenis oli yg digunakan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Mon Sep 05, 2016 6:30
by untility
salken om

saya ingin ganti oli mobl saya(Grand Livina 2012) pilihannya

- Amsoil 5 -30
- Total Quartz 5-30 ( yg kuning)
- Aral 5 - 40

yang rekomen dan bagus apa ya om?

mohon bimbingannya

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Mon Sep 05, 2016 13:44
by Turboman
untility wrote:salken om

saya ingin ganti oli mobl saya(Grand Livina 2012) pilihannya

- Amsoil 5 -30
- Total Quartz 5-30 ( yg kuning)
- Aral 5 - 40

yang rekomen dan bagus apa ya om?

mohon bimbingannya
5W30

jangan pake buntut 40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Tue Sep 06, 2016 0:11
by ThoughtCrime
Permisi suhu-suhu disini, akhirnya saya memutuskan bikin id setelah cukup lama cuma bisa baca-baca aja hehehe

Mau tanya tentang oli mesin ford fiesta MT 2014 millage 20rb-an KM, di buku manual rekomendasinya 5w-20 WSS-M2C984-B atau 5w-30 ACEA A5/B5 ini cara bacanya gimana ya? bingung juga haha

Sempat baca juga disini katanya rekomendasi oli yang bagus Royal Purple ya? ada spek RP yang masuk ke spesifikasi rekomendasi ford fiesta saya ini gak ya? atau merk lain untuk pertimbangan juga, takutnya kalau cuma pilih satu merk aja nanti pas ke tempat beli oli gak ada merk itu. Untuk budget sih agak fleksibel lah kalau saya, lagipula soal oli ini kan vital banget buat mesin. Gapapa keluar uang agak besar, yang penting kan mobil sehat dan selalu dalam performa terbaiknya hehe....

mengenai viskositasnya, saya masih bingung antara 5w-20 dan 5w-30. yang buntut 20 kan lebih encer, ke performa mesin jadi lebih responsif dong ya? rute pemakaian mobil saya seminggu 3-4 kali luar kota (Bandung-Lembang-Subang. Kadang seminggu sekali juga Bandung-Jakarta). Jadi ini mobil sering dipakai jarak cukup jauh (sehari kurang lebih 100km-150km) dengan kondisi jalan di rpm tinggi (3000-5000) mungkin karena manual ya, sering ketemu tanjakan panjang juga, dan kaki kanan saya sering gatel bejek gas sampe RPM tinggi hehehe....

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Tue Sep 06, 2016 1:50
by Turboman
ThoughtCrime wrote:Permisi suhu-suhu disini, akhirnya saya memutuskan bikin id setelah cukup lama cuma bisa baca-baca aja hehehe

Mau tanya tentang oli mesin ford fiesta MT 2014 millage 20rb-an KM, di buku manual rekomendasinya 5w-20 WSS-M2C984-B atau 5w-30 ACEA A5/B5 ini cara bacanya gimana ya? bingung juga haha

Sempat baca juga disini katanya rekomendasi oli yang bagus Royal Purple ya? ada spek RP yang masuk ke spesifikasi rekomendasi ford fiesta saya ini gak ya? atau merk lain untuk pertimbangan juga, takutnya kalau cuma pilih satu merk aja nanti pas ke tempat beli oli gak ada merk itu. Untuk budget sih agak fleksibel lah kalau saya, lagipula soal oli ini kan vital banget buat mesin. Gapapa keluar uang agak besar, yang penting kan mobil sehat dan selalu dalam performa terbaiknya hehe....

mengenai viskositasnya, saya masih bingung antara 5w-20 dan 5w-30. yang buntut 20 kan lebih encer, ke performa mesin jadi lebih responsif dong ya? rute pemakaian mobil saya seminggu 3-4 kali luar kota (Bandung-Lembang-Subang. Kadang seminggu sekali juga Bandung-Jakarta). Jadi ini mobil sering dipakai jarak cukup jauh (sehari kurang lebih 100km-150km) dengan kondisi jalan di rpm tinggi (3000-5000) mungkin karena manual ya, sering ketemu tanjakan panjang juga, dan kaki kanan saya sering gatel bejek gas sampe RPM tinggi hehehe....
kalo sering high RPM pake aja yg 5W30 yg meet ACEA A1 / B1 atau A5 / B5 or yg meet Ford WSS std

ada Castrol......ada Motul.......Aral juga ada

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Tue Sep 06, 2016 9:14
by Chevyman
Permisi om turbo...barusan ganti oli q8 ft8700 5w-30 di mesin 2GD...bisa untuk brp km ya om?

Trims

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Tue Sep 06, 2016 16:49
by pernahmiskin
permisi om turbo dkk...
Rekomended oli buat mesin bensin
5-30 merk apa ya...
Sekalian toko oli rekomended
Ane d jogja,
Trims

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Tue Sep 06, 2016 17:27
by Turboman
pernahmiskin wrote:permisi om turbo dkk...
Rekomended oli buat mesin bensin
5-30 merk apa ya...
Sekalian toko oli rekomended
Ane d jogja,
Trims
mesinnya roller rocker or flat tappet ?

kalo roller rocker bebas pake apa aja

btw di Jogja pilihan ada apa dulu, saya gak paham situasi di sana

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 08, 2016 1:26
by v4ldi5
Turboman wrote:
untility wrote:salken om

saya ingin ganti oli mobl saya(Grand Livina 2012) pilihannya

- Amsoil 5 -30
- Total Quartz 5-30 ( yg kuning)
- Aral 5 - 40

yang rekomen dan bagus apa ya om?

mohon bimbingannya
5W30

jangan pake buntut 40
Om Turbo, kalo nekat pake buntut 40 efeknya apa?
Apa bisa merusak jeroan mesin?

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 08, 2016 1:54
by Turboman
v4ldi5 wrote:
Turboman wrote:
untility wrote:salken om

saya ingin ganti oli mobl saya(Grand Livina 2012) pilihannya

- Amsoil 5 -30
- Total Quartz 5-30 ( yg kuning)
- Aral 5 - 40

yang rekomen dan bagus apa ya om?

mohon bimbingannya
5W30

jangan pake buntut 40
Om Turbo, kalo nekat pake buntut 40 efeknya apa?
Apa bisa merusak jeroan mesin?
boros BBM, tarikan berat

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 08, 2016 13:30
by Roadshow
Malam bro Turbo,

Mau nanya lagi kalau amsoil 5w40 yg European Car Formula MID SAPS bisa buat anps ga? Bisa jalan sampai berapa KM ya kira2? Lagi promo soal nya. Tanya yg DEO lagi ga ada barang.

Terus Red Line GL-5 75W90 bisa sampai berapa KM ya?

Thank you.

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Fri Sep 09, 2016 4:38
by Turboman
Roadshow wrote:Malam bro Turbo,

Mau nanya lagi kalau amsoil 5w40 yg European Car Formula MID SAPS bisa buat anps ga? Bisa jalan sampai berapa KM ya kira2? Lagi promo soal nya. Tanya yg DEO lagi ga ada barang.

Terus Red Line GL-5 75W90 bisa sampai berapa KM ya?

Thank you.
low saps ya paling 7000 - 7500 km buang

mending pake TDT / Delvac1 aja, 10 rb km enteng, bisa sampe 13 rb km (filter oli ganti di 10 rb)

di Graha kadang ada

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Fri Sep 09, 2016 4:58
by Roadshow
:off_ladies:
Turboman wrote:
Roadshow wrote:Malam bro Turbo,

Mau nanya lagi kalau amsoil 5w40 yg European Car Formula MID SAPS bisa buat anps ga? Bisa jalan sampai berapa KM ya kira2? Lagi promo soal nya. Tanya yg DEO lagi ga ada barang.

Terus Red Line GL-5 75W90 bisa sampai berapa KM ya?

Thank you.
low saps ya paling 7000 - 7500 km buang

mending pake TDT / Delvac1 aja, 10 rb km enteng, bisa sampe 13 rb km (filter oli ganti di 10 rb)

di Graha kadang ada
Medium saps bro. Delvac 1 lagi ga promo. Kalau yg ams yg eurpoean lagi promo :)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Fri Sep 09, 2016 5:51
by Turboman
Ams Euro form TBN awal cuman 8 mg KOH sekian kan ?

buat Diesel ya 7500 km buang lah utk amannya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Fri Sep 09, 2016 7:20
by Roadshow
Turboman wrote:Ams Euro form TBN awal cuman 8 mg KOH sekian kan ?

buat Diesel ya 7500 km buang lah utk amannya

Sep, thank u bro!