Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by doge »

ricz wrote:@om2 yg diatas :


Sebisa mungkin 50 ribu per liter lah.... :mky_01:

Shell scooter berapa ya?

Kalo AHM oil rekomendid?
:big_slap:
sori bru bales... bru kliatan tritnya lg...

shell scooter... ax7 g smpe 50k setwku... tp g prnh pke.. jd gtw...
klo yg aku prna pke itu castrol power1... 10/40 klo gslh... 41k/botol di S&D[hrg 2015 sih ini], digantiin sm mereka gratis (seriusan ini wkwk)
castrol ini enak sih... suara aga alusan... klo di bit karbu lmyn ngurangi panas mesin (dibanding oli ahaem ya) tp spt biasanya mco... max interval gnti di 2000km... recomended la utk <50k/L

ahaem? no... mpx [39k/botol] itu oli mineral, nguap gila"an... (di bit karbu smpet aku pke smpe 1800km olinya g bersisa di lower dipstick :e-wall: ; untung g ngebul smpe skrg :mky_05: ) spx... semi synth... lebih mahal dr castrol power1... [hrg 2015 di 46k/botol] tp klo insist ahaem oli ya harus spx... at least... smpe 2000km g nguap parah...
:ngacir:
camshaft
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 01 Sep 2016, 00:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by camshaft »

Turboman wrote:
sekondel wrote:
Turboman wrote:
Pake Kendall 5W30 semi synth cukup

cuman 85 - 90 rb / L

di Sanjaya knalpot - DTMF or Cakra - taman palem
wah, masalahnya kendall cukup susah di tempat ane omm.. dtmf pun jauh.. :big_cry:
kalo diantara merk yg saya ajukan, rekomendasi nya yg mana ya om? antara ultra, amsoil, mobil 1 atau fastron gold?
thanks
Antara Amsoil / M1

Tinggal cari yg paling murah aja

Fastron Gol 5W30 udah termasuk oli low SAPS krn MB 229.51

Sedang 1KR-DE masih flat tappet

Btw kalo misal beli Kendall, lgs aja ambil 1 dus misalnya, jadi bisa utk 3X ganti oli

*bukan seles kendall*
1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: 16 Aug 2005, 11:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Hanggar »

Mestinya semakin kental oli saat suhu operasional . . .suaranya makin halus di mesin.

Olie SAE 0W itu kan hanya bertahan sebentar saat mesin msh dingin, setelah panas pasti kekentalannya banyak maen di angka 20. Apalagi di indo yg panas begini dan macet2 an. Kalo mau pake oli encer menurut saya pilih yg range nya panjang macam 0w-30 atau 5w-40 biar suara mesin tetep lumayan alus.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

camshaft wrote: 1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
camshaft
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 01 Sep 2016, 00:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by camshaft »

Turboman wrote:
camshaft wrote: 1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
owh gitu boss, jadi bukan karena oli nya yang terlalu encer, iya deh boss nanti ane coba cek celah katup nya, thanks boss
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by ricz »

doge wrote:
ricz wrote:@om2 yg diatas :


Sebisa mungkin 50 ribu per liter lah.... :mky_01:

Shell scooter berapa ya?

Kalo AHM oil rekomendid?
:big_slap:
sori bru bales... bru kliatan tritnya lg...

shell scooter... ax7 g smpe 50k setwku... tp g prnh pke.. jd gtw...
klo yg aku prna pke itu castrol power1... 10/40 klo gslh... 41k/botol di S&D[hrg 2015 sih ini], digantiin sm mereka gratis (seriusan ini wkwk)
castrol ini enak sih... suara aga alusan... klo di bit karbu lmyn ngurangi panas mesin (dibanding oli ahaem ya) tp spt biasanya mco... max interval gnti di 2000km... recomended la utk <50k/L

ahaem? no... mpx [39k/botol] itu oli mineral, nguap gila"an... (di bit karbu smpet aku pke smpe 1800km olinya g bersisa di lower dipstick :e-wall: ; untung g ngebul smpe skrg :mky_05: ) spx... semi synth... lebih mahal dr castrol power1... [hrg 2015 di 46k/botol] tp klo insist ahaem oli ya harus spx... at least... smpe 2000km g nguap parah...
Castrol berarti rekomendid ya.... Oke deh ntar tak tanya di AHASS ada gak olinya :mky_01:

Iya sih, denger dr temen jg MPX parah olinya...

Makasih ya om sarannya :mky_02:
2021 Fortuner VRZ
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 02 Jan 2009, 14:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by dimasapri »

Turboman wrote:
camshaft wrote: 1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by marmut »

dimasapri wrote:
Turboman wrote:
camshaft wrote: 1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
pake HLA +50juta
camshaft
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 01 Sep 2016, 00:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by camshaft »

dimasapri wrote:
Turboman wrote:
camshaft wrote: 1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
belon boss setiap 40000 km harus di setel ulang celah katup nya boss
camshaft
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 01 Sep 2016, 00:08

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by camshaft »

marmut wrote:
dimasapri wrote:
Turboman wrote:
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
pake HLA +50juta
yang udah pake lha itu 1KR FE dipake oleh toyota aygo sama peugeot 107 dan citroen C1

peugeot 107 harganya 235 juta boss mahal banget boss, daihatsu ayla/agya cuma 100 juta
jauh banget bedanya
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: 31 Jul 2016, 14:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by snoepje »

camshaft wrote:
Turboman wrote:
sekondel wrote:

1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
1KR-DE itu agya / ayla kan ya ?

di buku manual sodara saya tulisannya antara 5w30 atau 10w30.

kok bisa beda ya ?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by marmut »

sedari pencipta 1kr fe belum lahir, holden udah pake hla.
camshaft
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 01 Sep 2016, 00:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by camshaft »

snoepje wrote:
camshaft wrote:
Turboman wrote:
1KR-DE itu agya / ayla kan ya ?

di buku manual sodara saya tulisannya antara 5w30 atau 10w30.

kok bisa beda ya ?
ayla/agya keluaran 2016 yang disarankan 0w 20, sebelon 2016 masih pake 5w30
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

tappet mah awet

setel klep bisa per 100 - 150 rb km

asal oli bagus
camshaft
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 01 Sep 2016, 00:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by camshaft »

Turboman wrote:tappet mah awet

setel klep bisa per 100 - 150 rb km

asal oli bagus
oli yang bagus buat flat tappet apa boss
Senod
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 12 Mar 2016, 08:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Senod »

Om Turboman,

nanya dong,
ANKI diesel dah 7000+ km, pas 1000 KM udah ganti oil kendall dx 5W-30, ini bisa tahan di pakai sampai 10,000 ?
mau sekalian ganti oli yg 10K bulan depan, estimasti bulan depan dah 8000+ KM untuk odonya.
terus oli berikutnya pake kendall lagi atau ada rekomendasi yg lain om ? yg rangenya sama kaya kendall ?

Thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Senod wrote:Om Turboman,

nanya dong,
ANKI diesel dah 7000+ km, pas 1000 KM udah ganti oil kendall dx 5W-30, ini bisa tahan di pakai sampai 10,000 ?
mau sekalian ganti oli yg 10K bulan depan, estimasti bulan depan dah 8000+ KM untuk odonya.
terus oli berikutnya pake kendall lagi atau ada rekomendasi yg lain om ? yg rangenya sama kaya kendall ?

Thanks
kalo cari yg harga 70 - 80 rebuan / L dan buntut 30 sih so far Kendall Super DXA 10W30 masi d best utk Diesel

sy dulu test sampe 9000 km di ToKiDies
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

camshaft wrote:
Turboman wrote:tappet mah awet

setel klep bisa per 100 - 150 rb km

asal oli bagus
oli yang bagus buat flat tappet apa boss
apa saja yg meet API SL / SN / MB 229.x or kadar antiwear minimal 1000 ppm (zddp combined Moly + Boron)

buat 5W30 bensin si Kendall 5W30 semi synth memenuhi syarat + harga juga murah
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by daftar »

wah mobilnya pake olinya pada encer2 ya walau >10 tahun :weekk:
:ngacir:
Senod
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 12 Mar 2016, 08:18

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Senod »

Turboman wrote:
Senod wrote:Om Turboman,

nanya dong,
ANKI diesel dah 7000+ km, pas 1000 KM udah ganti oil kendall dx 5W-30, ini bisa tahan di pakai sampai 10,000 ?
mau sekalian ganti oli yg 10K bulan depan, estimasti bulan depan dah 8000+ KM untuk odonya.
terus oli berikutnya pake kendall lagi atau ada rekomendasi yg lain om ? yg rangenya sama kaya kendall ?

Thanks
kalo cari yg harga 70 - 80 rebuan / L dan buntut 30 sih so far Kendall Super DXA 10W30 masi d best utk Diesel

sy dulu test sampe 9000 km di ToKiDies
Thanks infonya om,
kalo yg di atas itu sekitar 100 - 150 Rb yg bisa 10.000 ?
camshaft
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 01 Sep 2016, 00:08

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by camshaft »

Turboman wrote:
camshaft wrote:
Turboman wrote:tappet mah awet

setel klep bisa per 100 - 150 rb km

asal oli bagus
oli yang bagus buat flat tappet apa boss
apa saja yg meet API SL / SN / MB 229.x or kadar antiwear minimal 1000 ppm (zddp combined Moly + Boron)

buat 5W30 bensin si Kendall 5W30 semi synth memenuhi syarat + harga juga murah
oke boss thanks banget atas informasinya
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 06 Nov 2010, 06:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by sanfip77 »

Sore, kalo spek oli di buku manual 5-20 w kira2 pakai 0-20 bisa nggak ya?? Mobilnya harrier 2.4 2007

Thanks

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

sanfip77 wrote:Sore, kalo spek oli di buku manual 5-20 w kira2 pakai 0-20 bisa nggak ya?? Mobilnya harrier 2.4 2007

Thanks

Image
ga masalah

krn saat suhu panas sama2 di zona SAE 20
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 02 Jan 2009, 14:07

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by dimasapri »

camshaft wrote:
marmut wrote:
dimasapri wrote:
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
pake HLA +50juta
yang udah pake lha itu 1KR FE dipake oleh toyota aygo sama peugeot 107 dan citroen C1

peugeot 107 harganya 235 juta boss mahal banget boss, daihatsu ayla/agya cuma 100 juta
jauh banget bedanya
Chevrolet Spin trim paling rendah yg cuma 130an juta setahu ane jg sudah pakai HLA & Dual VVTI.
Mmg sih lebih mahal dikit daripada LCGC tapi tidak dapat keringanan pajak seperti yg dinikmati LCGC.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 02 Jan 2009, 14:07

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by dimasapri »

marmut wrote:
dimasapri wrote:
Turboman wrote:
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
pake HLA +50juta
Berarti Xenia/Avanza sdh pakai HLA ya Om?
HLA sangat membantu sekali, tdk perlu acara rutin stel klep untuk yg suka diy seperti ane
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post