Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by ecco »

Om Jopie

kebetulan saya pribadi pernah membiarkan oli sampai 25rb km, 2.5 tahun.
Sekedar saran: lakukan beberapa kali short OCI (2000-3000KM) - toh mobilnya masih berfungsi normal. Nggak usah pakai engine flush segala, dari banyak baca di forum luar lebih banyak efek jelek daripada bagus. Proses ganti oli jarak pendek ini emang gak instan, tapi lebih aman - ingat tiap ganti oli ganti filter walau cuman pakai sebentar. Selamat mencoba...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by kompresorz »

ahmad88 wrote:Tadi ane juga ganti oli pakai ini TMO 0W20 untuk mesin 2AZ-FE. Ini oli toyota, memang bikinan pertamina kah?

Kata yang pakai agak lebih ringan, tapi secara mobil gambot begitu FC blm tentu ngaruh. Sebelumnya dipakaiin oli top one 10W30 (oli gratis dari IU). Akhirnya ane coba servis di auto 2000, ternyata lebih murah.

Oli filter di IU kena 165rb, di A2K kena 75rb. Ternyata gimmick oli gratis/garansi 2thn cuma scam ajah kayaknya, klo servis tetep suruh bayar juga.
kompresorz wrote:akhirnya pake jg oli pertamina 0-20...160 ribu...

Image
:big_biglaugh: ...

pintarnya bengkel iu...jasa msh gratis pekerjaan cek doang tar di saranin ganti...kita tunjukin di buku servis cm pengecekan...tp tetap aja di saranin...walo blm di cek kondisinya....saya tetap bersikeras gak mau ganti tp msh ngeyel aja...sedangkan bengkel iu lain...msh bagus cm di sarankan tuk pengecekan terlebih dahulu...n tdk perlu ganti...

di filter oli 2AR iu kena 250 ribu...pertama 230 ribu trs diralat 250 ribu...beda barang ktnya..entah seri 2AZ x yg pertama...di astra cm 106 ribu..

saya bilang kok ada stok 0li top once...ktnya bagus olinya...ful sintetik...saya bilang saya gak mau pake oli top once... :big_biglaugh:

skrg alergi ke bengkel iu...sampe mau masuk bodi repair ke bengkel iu aja di saranin asuransi ktnya bagus saya gak mau...saya bilang klo di tempat lain hasilnya kurang bagus biar saja...yang penting saya senang...rela keluar keluar duit tambahan yg penting gak ke bengkel iu...
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by kompresorz »

gobale wrote:Weleh....iu ngasih top one om ? Parah....
emang parah...spanduknya aja gede...bajunya jg ada merknya..

apalg klo ternyata harganya gak beda bnyk dgn mobil 0ne...
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by kompresorz »

DOHC wrote:
kompresorz wrote:akhirnya pake jg oli pertamina 0-20...160 ribu...
mihull jg yahh, 160 rb per liter...

ane cobain masda punya cuman 90 rb
kenop wrote:ada yg tau ini eneos apa?
Image

ane kmrn ganti oli nyari yg paling murah di toda (jgn komen soal tempat beli nya, ini plg deket sama rumah soale :mky_01: ) ketemu nya ini oli..
eneos 0w20, cm dicari2 tds nya ngga nemu2, ane sampe 10 menitan di depan rak buat ngecek dulu
nemu tapi gambar botol nya beda, tp krn ini yg plg murah buat yg dipajang di toda ya uda ini aja pake nya..

ada yg pernah pake ato ada tds nya? :mky_01:
manteppp... eneos ud bkin rupanya... kl harganya miring, boleh nehh kapan2 cobain lg oli super encer gini...
btw tumben ga ad embel2 sustina nya.... perna liat di atrium, ad yg jual eneos sustina 0-20.. cuman model kaleng 4 literan...
kl yg di gambar foto itu, kaya model botol yg lama... :e-think:

nih mod spek oli pertamina-toyota...top lah pertamina...


Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by DOHC »

@ kompre : kl pertamini yg 0-16 ud kluar om ??
btw w205 make oli encer gt, ad penguapan oli berlebih ga ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by kompresorz »

Wah mod terbalik saya mlh nunggu kabar 0-16...

W205 msh olu merci garansi mod...itu foto aja ngambil lokasi terang...

Klo w204 kilometer 146 ribu pake 0-20 total cuma tambah 1 liter dgn jarak 8500 km...tiap 4ribuan tuang setengah liter...
Pas ganti olinya cuma berkurang dikit...diukur sama mekaniknya...
jopie
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Jan 08, 2016 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by jopie »

ecco wrote:Om Jopie

kebetulan saya pribadi pernah membiarkan oli sampai 25rb km, 2.5 tahun.
Sekedar saran: lakukan beberapa kali short OCI (2000-3000KM) - toh mobilnya masih berfungsi normal. Nggak usah pakai engine flush segala, dari banyak baca di forum luar lebih banyak efek jelek daripada bagus. Proses ganti oli jarak pendek ini emang gak instan, tapi lebih aman - ingat tiap ganti oli ganti filter walau cuman pakai sebentar. Selamat mencoba...
Thanks buat saran nya om ecco, sementara ane mo coba ganti pake oli diesel dulu buat 2000km, setelah itu baru mau pake oli full synthetic 5w30, moga2 lancar2 aja nih mobil. Engine flush nya ane skip dulu deh
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by padmalotus »

kompresorz wrote:Wah mod terbalik saya mlh nunggu kabar 0-16...

W205 msh olu merci garansi mod...itu foto aja ngambil lokasi terang...

Klo w204 kilometer 146 ribu pake 0-20 total cuma tambah 1 liter dgn jarak 8500 km...tiap 4ribuan tuang setengah liter...
Pas ganti olinya cuma berkurang dikit...diukur sama mekaniknya...
Kira-kira 0w-20 kalau dikasi ke mobil biasa seperti Yaris, enak enggak ya buat pemakaian hari-harian dan sesekali jalan2 keluar kota? Hahahaha

Sekarang pake 5W-30 aja enak.
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by dieselman228 »

padmalotus wrote:

Kira-kira 0w-20 kalau dikasi ke mobil biasa seperti Yaris, enak enggak ya buat pemakaian hari-harian dan sesekali jalan2 keluar kota? Hahahaha

Sekarang pake 5W-30 aja enak.
IMHO kalau sering dalkot macet"an dan rev selow" ajah buntut 20 masih oke sih om.
Kalau agak sering lukot 0-30 mngkn lebih baik. Tp coba tes aja om 0-20 rutin cek. Kalau berkurang banyak turun ke 0-30..
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by kenop »

padmalotus wrote:
Kira-kira 0w-20 kalau dikasi ke mobil biasa seperti Yaris, enak enggak ya buat pemakaian hari-harian dan sesekali jalan2 keluar kota? Hahahaha

Sekarang pake 5W-30 aja enak.
Ertiga ane pake 0w20 om.. Enak2 aja kok.. Hehehe pake eneos

Td nya pake SGO 5w30, enakan eneos 0w20 nya.. :mky_01:
SGO dr awal tuang aja berasa agak kasar bunyi mesin nya
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by 3mul »

copas dari autonetmagz:

A : Bagaimana dengan oli mesin turbo?

T : Disarankan menggunakan oli yang lebih kental. Mobil turbo butuh oli yang lebih kental karena oli yang encer akan kalah sama panasnya turbo tadi, karena dia bakal tambah encer dan tidak bisa membantu pelumasan turbo sama sekali.

Misalnya kita membandingkan suhu mobil non-turbo dengan oli encer dengan mobil turbo beroli kental, saat kita pakai keduanya selama 1 jam lalu kita bandingkan, kurang lebih viskositas si oli saat diukur nanti akan sama, karena suhu mesin turbo lebih tinggi. Suhu oli mobil non-turbo biasanya sekitar 100-110, sedangkan suhu oli mesin turbo bisa sekitar 120-an. Maka dari itu, oli encer sangat tidak baik untuk mesin turbo.

5w-30 masih aman kali ya?
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by FMEAKD »

Aaaa mohon maaf ane mau nanya, ane masih nubie mesin turbo, itu turbo memang ada masuk oli mesin ke dalamnya ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

FMEAKD wrote:Aaaa mohon maaf ane mau nanya, ane masih nubie mesin turbo, itu turbo memang ada masuk oli mesin ke dalamnya ya?
Kalo Turbo muter & gak ada oli yg mengalir di jurnal bearing-nya dijamin gak sampe 5 menit langsung jebol tuh Turbo !

Kejadian orang2 yg ganti Turbo dan saluran oli-nya, trus Turbo ngalamin jebol, banyak yg akibat oil pressure ke Turbo-nya kurang......
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

3mul wrote:copas dari autonetmagz:

A : Bagaimana dengan oli mesin turbo?

- CUT -

5w-30 masih aman kali ya?
Banyak parameter terkait

Utk mesin turbo std sih banyak yg pake std oli 5W30 yg meet std tertentu / std LongLife tertentu

Spt oli yg meet MB 229.5 digunakan juga utk mesin2 MB yg CGI

Mesin Turbo upgrade :
Jika boost semakin tinggi, juga butuh oli yg visksoitas lebih kental

Boost makin tinggi yang jika diimbangi dgn penambahan fuel membuat proses pembakaran di ruang bakar lebih dahsyat

Contoh di 2KD

- Kalo mesinnya std bisa pake oli 10w30 en bahkan 5W30 yg HTHS 3.5

- Turbo upgrade up to 2,5 bar pake 5W40 no problem

- Turbo upgrade boost 3 bar atau lebih = sebaiknya pake buntut 50 yg full synth

temen ane pake Turbo gede boost 3,1 bar pake oli 0W40 pas dibejek en suhu oli naik, Pressure oli-nya drop !!

akhirnya dia ganti 10W50 full synth spt oli std-nya supercar, nah baru dah boost tinggi oil Press nya stabil
Hedi2an
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Apr 02, 2015 23:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Hedi2an »

kompresorz wrote:
DOHC wrote:
kompresorz wrote:akhirnya pake jg oli pertamina 0-20...160 ribu...
mihull jg yahh, 160 rb per liter...

ane cobain masda punya cuman 90 rb
kenop wrote:ada yg tau ini eneos apa?
Image

ane kmrn ganti oli nyari yg paling murah di toda (jgn komen soal tempat beli nya, ini plg deket sama rumah soale :mky_01: ) ketemu nya ini oli..
eneos 0w20, cm dicari2 tds nya ngga nemu2, ane sampe 10 menitan di depan rak buat ngecek dulu
nemu tapi gambar botol nya beda, tp krn ini yg plg murah buat yg dipajang di toda ya uda ini aja pake nya..

ada yg pernah pake ato ada tds nya? :mky_01:
manteppp... eneos ud bkin rupanya... kl harganya miring, boleh nehh kapan2 cobain lg oli super encer gini...
btw tumben ga ad embel2 sustina nya.... perna liat di atrium, ad yg jual eneos sustina 0-20.. cuman model kaleng 4 literan...
kl yg di gambar foto itu, kaya model botol yg lama... :e-think:

nih mod spek oli pertamina-toyota...top lah pertamina...


Image
Oli toyota 0-20 yg buatan pertamina udh ada, klo fastron gold 0-20 udh kluar blm ya?
Brarti kmungkinan harga masih diatas versi toyota donk ya?
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by imingwahyudi »

Halo om Turbo..ikut nanya..
bentar lagi rencana mau ganti oli Apanjah, kebetulan kenalan saya menyarankan oli Bardahl 5w30...apakah memang bagus om Turbo?
Biasanya beliau sarankan Igol Ceramic...cuma karena sedang kosong dia sarankan Bardahl..

Thanks in advance! :big_okay:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by kompresorz »

padmalotus wrote:
kompresorz wrote:Wah mod terbalik saya mlh nunggu kabar 0-16...

W205 msh olu merci garansi mod...itu foto aja ngambil lokasi terang...

Klo w204 kilometer 146 ribu pake 0-20 total cuma tambah 1 liter dgn jarak 8500 km...tiap 4ribuan tuang setengah liter...
Pas ganti olinya cuma berkurang dikit...diukur sama mekaniknya...
Kira-kira 0w-20 kalau dikasi ke mobil biasa seperti Yaris, enak enggak ya buat pemakaian hari-harian dan sesekali jalan2 keluar kota? Hahahaha

Sekarang pake 5W-30 aja enak.
di coba aja..jd kan tau...di mobil saya enak aja..rute kombinasi macet parah jakarta...ngebut kdg tarik2an ktemu kawan sampe red line..ya bagus saja..mesin jg bersih...

ganti kdg lewat 10ribu dikit...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by imsus2c »

imingwahyudi wrote:Halo om Turbo..ikut nanya..
bentar lagi rencana mau ganti oli Apanjah, kebetulan kenalan saya menyarankan oli Bardahl 5w30...apakah memang bagus om Turbo?
Biasanya beliau sarankan Igol Ceramic...cuma karena sedang kosong dia sarankan Bardahl..

Thanks in advance! :big_okay:
Merk Bardahl ini dulu ramai disini sebagai octane booster, waktu pertamax/+ naik gila2an.
Ternyata oli-nya juga masuk kesini...
Belum bisa kasih komen...
Kalau Octane Booster-nya sih dulu kerasa, cuma ada kandungan MMT-nya dan lumayan tinggi. Tidak disarankan dipakai di mobil (bensin) modern
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Siap di test

Image

:big_grin:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Hedi2an
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Apr 02, 2015 23:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Hedi2an »

imsus2c wrote:
imingwahyudi wrote:Halo om Turbo..ikut nanya..
bentar lagi rencana mau ganti oli Apanjah, kebetulan kenalan saya menyarankan oli Bardahl 5w30...apakah memang bagus om Turbo?
Biasanya beliau sarankan Igol Ceramic...cuma karena sedang kosong dia sarankan Bardahl..

Thanks in advance! :big_okay:
Merk Bardahl ini dulu ramai disini sebagai octane booster, waktu pertamax/+ naik gila2an.
Ternyata oli-nya juga masuk kesini...
Belum bisa kasih komen...
Kalau Octane Booster-nya sih dulu kerasa, cuma ada kandungan MMT-nya dan lumayan tinggi. Tidak disarankan dipakai di mobil (bensin) modern
Bardahl ini kan yg dulu utk promonya ngadain tantangan no oil running test, jd mobil yg dikasih tu oli dibuang dulu olinya trus dijalanin brp puluh kilometer gt, testnya diliput tabloid2 otomotif jg.. mungkin dikasih aditif anti gesekan dulu x ya sblmnya? Dulu om turbo prasaan prnh bahas soal aditif ginian..
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by imingwahyudi »

Hedi2an wrote:
imsus2c wrote:
imingwahyudi wrote:Halo om Turbo..ikut nanya..
bentar lagi rencana mau ganti oli Apanjah, kebetulan kenalan saya menyarankan oli Bardahl 5w30...apakah memang bagus om Turbo?
Biasanya beliau sarankan Igol Ceramic...cuma karena sedang kosong dia sarankan Bardahl..

Thanks in advance! :big_okay:
Merk Bardahl ini dulu ramai disini sebagai octane booster, waktu pertamax/+ naik gila2an.
Ternyata oli-nya juga masuk kesini...
Belum bisa kasih komen...
Kalau Octane Booster-nya sih dulu kerasa, cuma ada kandungan MMT-nya dan lumayan tinggi. Tidak disarankan dipakai di mobil (bensin) modern
Bardahl ini kan yg dulu utk promonya ngadain tantangan no oil running test, jd mobil yg dikasih tu oli dibuang dulu olinya trus dijalanin brp puluh kilometer gt, testnya diliput tabloid2 otomotif jg.. mungkin dikasih aditif anti gesekan dulu x ya sblmnya? Dulu om turbo prasaan prnh bahas soal aditif ginian..

noted om imsus2c dan Hedi2an :big_grin:

Personally gak begitu prefer marketing jor jorannya Bardahl..sampai hampir semua bengkel cat nya diganti logo Bardahl semua...jadi deja vu dengan top wan... :big_think: :big_think:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by ecco »

weleh, Q8 ada 0-20 sekarang...duh, ini gegara beli oli kebanyakan jadi susah mau coba oli2 baru :(. Beli di mana Om Turbo?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Hedi2an
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Apr 02, 2015 23:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Hedi2an »

imingwahyudi wrote:
Hedi2an wrote:
imsus2c wrote:
Merk Bardahl ini dulu ramai disini sebagai octane booster, waktu pertamax/+ naik gila2an.
Ternyata oli-nya juga masuk kesini...
Belum bisa kasih komen...
Kalau Octane Booster-nya sih dulu kerasa, cuma ada kandungan MMT-nya dan lumayan tinggi. Tidak disarankan dipakai di mobil (bensin) modern
Bardahl ini kan yg dulu utk promonya ngadain tantangan no oil running test, jd mobil yg dikasih tu oli dibuang dulu olinya trus dijalanin brp puluh kilometer gt, testnya diliput tabloid2 otomotif jg.. mungkin dikasih aditif anti gesekan dulu x ya sblmnya? Dulu om turbo prasaan prnh bahas soal aditif ginian..

noted om imsus2c dan Hedi2an :big_grin:

Personally gak begitu prefer marketing jor jorannya Bardahl..sampai hampir semua bengkel cat nya diganti logo Bardahl semua...jadi deja vu dengan top wan... :big_think: :big_think:
dulu prnh gnti oli di bengkel yg jual bardahl ini klo ngliat harganya siy lebih mahal dari castrol ataupun shell, tp kualitasnya gmn ya?
Yg 20-50 malah bardahl msh ini API SG dulu trakhir ane liat siy, dan itu harganya lbih mahal dari hx5 yg wktu itu klo ga slh udh API SJ atau SL gitu..
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by imingwahyudi »

Hedi2an wrote:
imingwahyudi wrote:
Hedi2an wrote: Bardahl ini kan yg dulu utk promonya ngadain tantangan no oil running test, jd mobil yg dikasih tu oli dibuang dulu olinya trus dijalanin brp puluh kilometer gt, testnya diliput tabloid2 otomotif jg.. mungkin dikasih aditif anti gesekan dulu x ya sblmnya? Dulu om turbo prasaan prnh bahas soal aditif ginian..

noted om imsus2c dan Hedi2an :big_grin:

Personally gak begitu prefer marketing jor jorannya Bardahl..sampai hampir semua bengkel cat nya diganti logo Bardahl semua...jadi deja vu dengan top wan... :big_think: :big_think:
dulu prnh gnti oli di bengkel yg jual bardahl ini klo ngliat harganya siy lebih mahal dari castrol ataupun shell, tp kualitasnya gmn ya?
Yg 20-50 malah bardahl msh ini API SG dulu trakhir ane liat siy, dan itu harganya lbih mahal dari hx5 yg wktu itu klo ga slh udh API SJ atau SL gitu..

mambooooo :big_slap: :big_slap: :big_slap: :big_slap: :big_slap:
wijaja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Dec 20, 2015 9:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by wijaja »

Mohon saran dan pendapat mengenai Penggantian Oli

Mazda 8 oleh bengkel resmi disarankan menggunakan Oli Mazda (info dari CS 0W-20) dan bisa digunakan sampai 10,000KM. Terus terang saya punya kebiasaan selalu ganti Oli di 5,000KM.
Mohon pendapat mana yang lebih baik ?
1. Gunakan Oli Mazda tersebut hingga 10,000KM ?
2. Gunakan Oli Mazda hingga 5,000KM lalu setelah itu ganti dengan Oli Xhell 10W40 untuk next 5,000KM hingga ke Bengkel Resmi lagi ?
Ada beberapa alasan kenapa saya consider opsi 2, yang pertama karena 10W40 relatif murah, yang kedua karena saya agak meragukan oli resmi mazda tersebut, karena harga cukup murah dibandingkan oli setara di pasaran dan yang terakhir karena mesin Mazda sepertinya mesin cukup jadul, jadi oli dengan 10W40 di Indonesia yang selalu panas, seharusnya sudah cukup.

Mohon bisa dibimbing. Terima kasih sebelumnya