Page 1 of 51

Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Mon Oct 19, 2015 9:06
by henxster
mau nanya nih om, especially buat om turbo... :big_childish:

mohon pencerahannya dari 3 merk oli di bawah ini:
1. Shell Helix HX7 10w-40
2. Total Quartz 7000 10w-40
3. Fastron Techno 10w-40

Dari ketiga oli tersebut tahan dipakai sampai berapa ribu km ya? atau berapa bulan pemakaian? Dengan driving condition harian < 20km, dan weekend <500 km, jalanan tanpa macet, driving style biasa-biasa aja...
sekedar info, mobilnya Kia Picanto keluaran 2010, lagi galau nih om...standar beres makenya Total, tapi rasa-rasanya mesin kok jadi kasar ya, ini udah menjelang 5000km, sebelum diganti minta saran om-om di sini dulu... :big_bored: atau kalau om turbo ada saran, enaknya saya pake oli apa yang ekonomis & efisien untuk sitikar saya ini

makasih sebelumnya :big_deal:

Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART

Posted: Mon Oct 19, 2015 9:11
by Turboman
Istilah synthetic ini kalo di negara maju tergantung regulasi tiap negara

Ada negara2 dimana sebutan synthetic hanya boleh untuk base oil grup IV dan Grup V

Ada juga negara yg mengijinkan grup III high VI dibilang synthetic

Yg rancu itu sebetulnya semi synth.....andai isinya mix Grup 2 & grup 3......biar komposisi Grup 3 nya 10% juga udah bisa dibilang semi synth

Makanya utk semi synth kalo saya sih lebih seneng liat angka VI nya aja langsung dah......dr situ akan ketebak komposisi kandungan grup 3 nya

(semi synth Grup 2 + Grup 4 saat ini spt nya amat sgt jarang sekali)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Mon Oct 19, 2015 9:12
by Turboman
henxster wrote:mau nanya nih om, especially buat om turbo... :big_childish:

mohon pencerahannya dari 3 merk oli di bawah ini:
1. Shell Helix HX7 10w-40
2. Total Quartz 7000 10w-40
3. Fastron Techno 10w-40

Dari ketiga oli tersebut tahan dipakai sampai berapa ribu km ya? atau berapa bulan pemakaian? Dengan driving condition harian < 20km, dan weekend <500 km, jalanan tanpa macet, driving style biasa-biasa aja...
sekedar info, mobilnya Kia Picanto keluaran 2010, lagi galau nih om...standar beres makenya Total, tapi rasa-rasanya mesin kok jadi kasar ya, ini udah menjelang 5000km, sebelum diganti minta saran om-om di sini dulu... :big_bored: atau kalau om turbo ada saran, enaknya saya pake oli apa yang ekonomis & efisien untuk sitikar saya ini

makasih sebelumnya :big_deal:
Mesin bensin NA modern.....SAE max 5w30 om

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Mon Oct 19, 2015 9:17
by henxster
Turboman wrote:
henxster wrote:mau nanya nih om, especially buat om turbo... :big_childish:

mohon pencerahannya dari 3 merk oli di bawah ini:
1. Shell Helix HX7 10w-40
2. Total Quartz 7000 10w-40
3. Fastron Techno 10w-40

Dari ketiga oli tersebut tahan dipakai sampai berapa ribu km ya? atau berapa bulan pemakaian? Dengan driving condition harian < 20km, dan weekend <500 km, jalanan tanpa macet, driving style biasa-biasa aja...
sekedar info, mobilnya Kia Picanto keluaran 2010, lagi galau nih om...standar beres makenya Total, tapi rasa-rasanya mesin kok jadi kasar ya, ini udah menjelang 5000km, sebelum diganti minta saran om-om di sini dulu... :big_bored: atau kalau om turbo ada saran, enaknya saya pake oli apa yang ekonomis & efisien untuk sitikar saya ini

makasih sebelumnya :big_deal:
Mesin bensin NA modern.....SAE max 5w30 om
efisien di kantong gak om? mengingat pemakaiannya begitu2 aja, trus gmn dgn lama pemakaian based on distance/month?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Mon Oct 19, 2015 9:26
by DOHC
sintoni wrote:
DOHC wrote:perihal oli semi atau full syn sehh kl bagi ane cuman embel2 gymmic pabrikan doank...

ad jg oli2 semi syn atau malah mineral yg kualitas nya wahid... misal fk massimo atau kendall... kualitas dan feeling bole diadu tuh ama full syn2 macam buatan NGO, masda atau malah topwan.. hehehe...

perihal oli2 generik, rasanya ampe 10 rebu km tuh bener2 perjudian yahh, apalgi utk traffic jaakarta... seinget ane beberapa pej kebelakang ane ad post perihal oli OEM yg bkin sludge pas d buka enjin head... pdahal odo blom tembus cepeceng...

kl ane sehh oli2 generik biasanya ane buang di odo 7000an km... kl duit lg sdkit berlebih, di 6000an km... atau upgret skalian ke yg branded
Om klep,

Bantu nambahin ya. Emang banyak banget sih oli semi synth yang malah lebih bagus daripada yang digadang2 full synth, contohnya yg kayak om klep ngmg itu seperti FK freshing atau Liquimoly AA. Hehe. Mereka pake embel2 hydrocracked.

Ane sendiri ga tau apa maksudnya hydrocracked itu. :ngacir:
akur om,

semenjak oli2 generik pd embel2 full syn, ampe susuki punya yg 5-30 jg full syn... plus topwan yg ud legend ngaku full syn, dari situ ane ud ga percaya ama full syn2 an lagi.. :mky_03: :mky_03:
Turboman wrote:Istilah synthetic ini kalo di negara maju tergantung regulasi tiap negara

Ada negara2 dimana sebutan synthetic hanya boleh untuk base oil grup IV dan Grup V

Ada juga negara yg mengijinkan grup III high VI dibilang synthetic

Yg rancu itu sebetulnya semi synth.....andai isinya mix Grup 2 & grup 3......biar komposisi Grup 3 nya 10% juga udah bisa dibilang semi synth

Makanya utk semi synth kalo saya sih lebih seneng liat angka VI nya aja langsung dah......dr situ akan ketebak komposisi kandungan grup 3 nya

(semi synth Grup 2 + Grup 4 saat ini spt nya amat sgt jarang sekali)
standar full syn indo ?? entahlah :big_slap: :big_slap: :big_slap:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Mon Oct 19, 2015 9:32
by Turboman
henxster wrote:
Turboman wrote:
henxster wrote:mau nanya nih om, especially buat om turbo... :big_childish:

mohon pencerahannya dari 3 merk oli di bawah ini:
1. Shell Helix HX7 10w-40
2. Total Quartz 7000 10w-40
3. Fastron Techno 10w-40

Dari ketiga oli tersebut tahan dipakai sampai berapa ribu km ya? atau berapa bulan pemakaian? Dengan driving condition harian < 20km, dan weekend <500 km, jalanan tanpa macet, driving style biasa-biasa aja...
sekedar info, mobilnya Kia Picanto keluaran 2010, lagi galau nih om...standar beres makenya Total, tapi rasa-rasanya mesin kok jadi kasar ya, ini udah menjelang 5000km, sebelum diganti minta saran om-om di sini dulu... :big_bored: atau kalau om turbo ada saran, enaknya saya pake oli apa yang ekonomis & efisien untuk sitikar saya ini

makasih sebelumnya :big_deal:
Mesin bensin NA modern.....SAE max 5w30 om
efisien di kantong gak om? mengingat pemakaiannya begitu2 aja, trus gmn dgn lama pemakaian based on distance/month?
Di zaman harga BBM mahal, lebih baik pakai oli bagus BBM irit atau oli murah tapi BBM agak boros ? pilih yg mana ? :mrgreen:

5W30 skg pilihannya paling banyak om........entry level bisa pakai Suzuki Gen Oil 5W30.........kalo ginian ganti aja tiap 7 - 8 bulan / 6000 an Km

Kalo yg di bawah 100 rb dan recommended salah 1 nya = Kendall GT-1 - 5W30 semi synth, beli di sanjaya knalpot DTMF yg harga miring. Ini bisa pake jauh.......10 bulan / 9000 Km sih berani

Atau oli2 OEM merek mobil yg 5W30 kalo bisa dapat harga miring juga boleh beli......

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Mon Oct 19, 2015 13:12
by iwanstarcom
Om turbo,
Kalo royal purple 5w20 gemana buat harrier ane, di laz*da ada tuch, bisa kirim ke batam dan ga mahal. Ama ongkir beli 10 botol jatuhnya 205rb/quartz. Minta masukan. Makasih

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Mon Oct 19, 2015 13:28
by Greenhunter
Om Turbo., kalau saya ada stock shell HX7 1 liter lalu di campur dengan HX8 2 liter efeknya ke mesin gimana ya ?

Sent from my SM-G530H using Tapatalk

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Mon Oct 19, 2015 13:56
by sintoni
iwanstarcom wrote:Om turbo,
Kalo royal purple 5w20 gemana buat harrier ane, di laz*da ada tuch, bisa kirim ke batam dan ga mahal. Ama ongkir beli 10 botol jatuhnya 205rb/quartz. Minta masukan. Makasih
Hmm. Ini Royal Purple yang HPS series ya om? Kalo beneran yg HPS sih murah udah itu om. Soalnya kalo di Surabaya aja udah nyentuh harga 215-220 per quartznya.

One of the best sih ini oli.

Anehnya ini oli kalo ga salah ga nyantumin API service nya. Hahahaha. Atau kalo ga salah masih API SL.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Mon Oct 19, 2015 14:13
by iwanstarcom
sintoni wrote:
iwanstarcom wrote:Om turbo,
Kalo royal purple 5w20 gemana buat harrier ane, di laz*da ada tuch, bisa kirim ke batam dan ga mahal. Ama ongkir beli 10 botol jatuhnya 205rb/quartz. Minta masukan. Makasih
Hmm. Ini Royal Purple yang HPS series ya om? Kalo beneran yg HPS sih murah udah itu om. Soalnya kalo di Surabaya aja udah nyentuh harga 215-220 per quartznya.

One of the best sih ini oli.

Anehnya ini oli kalo ga salah ga nyantumin API service nya. Hahahaha. Atau kalo ga salah masih API SL.
Om,
Emang normalnya harga segitu, karna ada promo monday bla bla jadinya sgt kalo belanja 2 jtan, makanya ambil 10 botol..kl API sudah SN, coba check diwebnya utk yg 5w20, maybe di labelnya ga ada.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Mon Oct 19, 2015 14:32
by Turboman
Wah RP mah oke bingits
:big_exellent:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Mon Oct 19, 2015 14:45
by iwanstarcom
Turboman wrote:Wah RP mah oke bingits
:big_exellent:
Udah dpt restu om turbo..jd go for it. Udah placed order.
:thanks: Om turbo

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Tue Oct 20, 2015 2:38
by henxster
Turboman wrote:
henxster wrote:efisien di kantong gak om? mengingat pemakaiannya begitu2 aja, trus gmn dgn lama pemakaian based on distance/month?
Di zaman harga BBM mahal, lebih baik pakai oli bagus BBM irit atau oli murah tapi BBM agak boros ? pilih yg mana ? :mrgreen:

5W30 skg pilihannya paling banyak om........entry level bisa pakai Suzuki Gen Oil 5W30.........kalo ginian ganti aja tiap 7 - 8 bulan / 6000 an Km

Kalo yg di bawah 100 rb dan recommended salah 1 nya = Kendall GT-1 - 5W30 semi synth, beli di sanjaya knalpot DTMF yg harga miring. Ini bisa pake jauh.......10 bulan / 9000 Km sih berani

Atau oli2 OEM merek mobil yg 5W30 kalo bisa dapat harga miring juga boleh beli......

Ok om turbo, makasih nih sarannya, mmg blm pernah sih make 5w-30, palingan pernah make 10w-30 di Nissan GL pake oli OEM nya, krn sy tinggal di daerah n gak banyak pilihan merk n jenis oli, rata-rata yg masih banyak dijual merk-merk umum, kalo oli OEM dapetnya di beres :big_okay:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Tue Oct 20, 2015 2:42
by Turboman
henxster wrote:
Turboman wrote:
henxster wrote:efisien di kantong gak om? mengingat pemakaiannya begitu2 aja, trus gmn dgn lama pemakaian based on distance/month?
Di zaman harga BBM mahal, lebih baik pakai oli bagus BBM irit atau oli murah tapi BBM agak boros ? pilih yg mana ? :mrgreen:

5W30 skg pilihannya paling banyak om........entry level bisa pakai Suzuki Gen Oil 5W30.........kalo ginian ganti aja tiap 7 - 8 bulan / 6000 an Km

Kalo yg di bawah 100 rb dan recommended salah 1 nya = Kendall GT-1 - 5W30 semi synth, beli di sanjaya knalpot DTMF yg harga miring. Ini bisa pake jauh.......10 bulan / 9000 Km sih berani

Atau oli2 OEM merek mobil yg 5W30 kalo bisa dapat harga miring juga boleh beli......

Ok om turbo, makasih nih sarannya, mmg blm pernah sih make 5w-30, palingan pernah make 10w-30 di Nissan GL pake oli OEM nya, krn sy tinggal di daerah n gak banyak pilihan merk n jenis oli, rata-rata yg masih banyak dijual merk-merk umum, kalo oli OEM dapetnya di beres :big_okay:
Kalo gitu cari aja oli OEM atau Fastron Gold 5W30

Toyota, Honda, Mazda, Nissan semua keluarin oli 5W30

Toyota punya boleh pake......saya & teman pernah test lab jalan 10.500 Km - 10 bulan masih oke hasilnya

Harusnya Mazda punya juga oke

Yg harga agak miring Honda punya, tapi konon kualitas so so

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Tue Oct 20, 2015 3:10
by limsandy
Mau kasih laporan nih. Hari ini baru ganti oli dari TMO 5W-30 (beli dari Sentral Mas) ke Amsoil 0W-20.

Terakhir TMO nya dipake 8000km/6 bulanan udah berasa pemakaian BBM agak boros. Apa mungkin udah ada 'sludge' di dalem mesin ya?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Tue Oct 20, 2015 3:52
by henxster
Turboman wrote:
henxster wrote:
Ok om turbo, makasih nih sarannya, mmg blm pernah sih make 5w-30, palingan pernah make 10w-30 di Nissan GL pake oli OEM nya, krn sy tinggal di daerah n gak banyak pilihan merk n jenis oli, rata-rata yg masih banyak dijual merk-merk umum, kalo oli OEM dapetnya di beres :big_okay:
Kalo gitu cari aja oli OEM atau Fastron Gold 5W30

Toyota, Honda, Mazda, Nissan semua keluarin oli 5W30

Toyota punya boleh pake......saya & teman pernah test lab jalan 10.500 Km - 10 bulan masih oke hasilnya

Harusnya Mazda punya juga oke

Yg harga agak miring Honda punya, tapi konon kualitas so so
Ok om, besok hunting2 dulu dari merk2 itu mana yg value for money...hehehe :big_okay:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Tue Oct 20, 2015 9:34
by impz
Numpang tanya sama suhu2 sekalian. saya baca2 di manual book untuk All-New Nissan Xtrail (T32) mensyaratkan SAE 0w-20 untuk standarnya. pertanyaannya: apakah NGO di Indonesia ada series SAE 0w-20? soalnya awal Okt ini ke beres ga liat ada NGO 0w-20.
adakah suhu2 disini bisa mencerahkan saya?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Wed Oct 21, 2015 2:50
by Turboman
impz wrote:Numpang tanya sama suhu2 sekalian. saya baca2 di manual book untuk All-New Nissan Xtrail (T32) mensyaratkan SAE 0w-20 untuk standarnya. pertanyaannya: apakah NGO di Indonesia ada series SAE 0w-20? soalnya awal Okt ini ke beres ga liat ada NGO 0w-20.
adakah suhu2 disini bisa mencerahkan saya?
0W20 skg pilihan banyak

Ngapain harus pake NGO ?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Wed Oct 21, 2015 3:08
by dhani26
Mau nanya nih suhu, ane kan dah beli oli dengan spek 5w - 30 Api SN / gf5, nah menurut issue yang ane dengar, tidak seuma oli keluaran terkini (API SN /ILSAC GF 5) cocok dengan semua jenis mesin.

Nah mesin mobil ane ini K3VE, kira-kira spek tersebut cocok apa tidak dengan mesin mobil ane?
Kalau beneran ga cocok bisa amsyong ane dah... beli lumayan mahal dari oli sebelumnya 10w - 40 Api SM tapi malah ga cocok dipake.. Mohon pencerahannya..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Wed Oct 21, 2015 3:29
by padmalotus
Yaris masih flat tapped ya? Ini berarti maksimal dikasi oli API SM? Atau SN masih boleh?

Sebab TMO yang baru 5w-30 API SN GF-5.. Apakah masih aman? Ini terakhir dikasi oli sama beres Castrol Magnatec 5w-30 :big_cry:
Padahal udah bilang suruh pake TMO aja, ternyata Service Advisornya gak denger. Dengernya cuma "5w-30" aja. Hasilnya tarikan agak berat.

Next time mau ganti pakai Fastron Gold 5w-30 atau TMO 5w-30 ya?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Wed Oct 21, 2015 4:06
by kenop
Turboman wrote:
impz wrote:Numpang tanya sama suhu2 sekalian. saya baca2 di manual book untuk All-New Nissan Xtrail (T32) mensyaratkan SAE 0w-20 untuk standarnya. pertanyaannya: apakah NGO di Indonesia ada series SAE 0w-20? soalnya awal Okt ini ke beres ga liat ada NGO 0w-20.
adakah suhu2 disini bisa mencerahkan saya?
0W20 skg pilihan banyak

Ngapain harus pake NGO ?
mungkin terpaksa pakai NGO mod.. bengkel resmi sekarang kan rese2.. ga pake oli dari dia aja ancemannya garansi ga berlaku..
padahal mgkn yg di klain steering rack, yang kaga ada sangkut paut nya sama pake oli apaan :mky_03:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Wed Oct 21, 2015 4:30
by lzn
Siang Om" semua. Mau tanya kalau untuk spin diesel rekom pakai oli apa? karena dari beres cuma menyediakan q8 yang dexos 2 dengan interval penggantian 15rb km. Tapi di km 8rb saya top up sekitar 200ml karena indikator dipstik dibawah 1/2 dari max. setelah top up levlnya menjadi 3/4 max. dan penggantian saya lakukan setiap 14 rb km. odo meter baru 26 rb. rencana di odo 28 rb mau ganti oli.

Thanks, charles.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Wed Oct 21, 2015 4:41
by Turboman
dhani26 wrote:Mau nanya nih suhu, ane kan dah beli oli dengan spek 5w - 30 Api SN / gf5, nah menurut issue yang ane dengar, tidak seuma oli keluaran terkini (API SN /ILSAC GF 5) cocok dengan semua jenis mesin.

Nah mesin mobil ane ini K3VE, kira-kira spek tersebut cocok apa tidak dengan mesin mobil ane?
Kalau beneran ga cocok bisa amsyong ane dah... beli lumayan mahal dari oli sebelumnya 10w - 40 Api SM tapi malah ga cocok dipake.. Mohon pencerahannya..
Sebetulnya se minim2-nya std API SN tetep dia ada improvement dibanding API SM, karena di API SN disyaratkan ttg Phosporous retention

Kalo utk flat tappet emang sebaiknya beli API SN yg kadar antiwearnya masuk 1000 ppm spt kendall GT-1 semi synth.....trus oli2 API SN keluaran merek Mobil rata2 kadar antiwearnya juga tinggi2 kalo ngeliat hasil test di PQIA

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Wed Oct 21, 2015 4:44
by Turboman
padmalotus wrote:Yaris masih flat tapped ya? Ini berarti maksimal dikasi oli API SM? Atau SN masih boleh?
Tebalik donk om

Flat tappet sebaiknya hindari API SM......API SN itu sebetulnya adalah perbaikan2 thd kelemahan API SM dalam kategori oli mobil yg aman thd cat Conv

Utk flat tappet bagusnya pilih API SN yg kadar antiwearnya 1000 ppm

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Posted: Wed Oct 21, 2015 4:59
by padmalotus
Turboman wrote:
padmalotus wrote:Yaris masih flat tapped ya? Ini berarti maksimal dikasi oli API SM? Atau SN masih boleh?
Tebalik donk om

Flat tappet sebaiknya hindari API SM......API SN itu sebetulnya adalah perbaikan2 thd kelemahan API SM dalam kategori oli mobil yg aman thd cat Conv

Utk flat tappet bagusnya pilih API SN yg kadar antiwearnya 1000 ppm
Waduh saya kebalik ya om, berarti rekomendasi oli untuk Yaris API SN antiwear 1000ppm apa ya?
Untuk harga, maksimal 200rb/l.

Mau coba oli TNO 5w-30 atau fastron 5w-30.. Tapi masih bingung menentukan, biar nanti gak ganti2 merk oli lagi.