Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by DOHC »

Bayuright wrote:
DOHC wrote:wahh minta oli transmisi nya spek encer dan langka tuh... gl 4 trus 75-80... kl yg branded rada susah...

atau bsa jg pake oli transmisi nya nissan... spek nya api Gl4 ama 75-85 (utk 5 speed) atau 75-80 (utk 6 speed)... harga 75 rebu sliter non ppn..
konon buatan eneos... cuman gugling2 ga ketemu eneos yg dgn spek sgitu, jgn2 spesial request atau ??

iya 6 speed
sebelumnya ane rencana mo ganti pake amsoil AZO 0W30
trus tadi ada yang nyaranin pake yang 0w20 punyae Honda tiap 6bulan ganti

mobil jarang keluar paling setahun ga sampe 10.000km
kalo buat perlindungan mesin prefer pake yang mana nih
kl oli honda 0-20 ama azo yg versi harga miring sehh ane lebi mili yg harga miring AZO om... jauhhh banget dahh kualitas nya...
tp kl ga ktemu AZO versi harga miring yahh pake honda 0-20 jg gapapa... btw kl mau pake oli 0-20 versi harga miring, mending coba masda punya om... konon doi punya masi aseli idemitsu japan... entah kl skrg... yg honda punya, errr..... ane pengalaman make yg 5-30, honda punya plg cepet degradasi ktimbang masda atau nissan punya....

jarang kluar ?? pake oli yg plg murah... ganti tiap stengah taon skali... cari oli yg buntut 30... :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Bayuright
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Oct 28, 2015 4:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Bayuright »

DOHC wrote:
Bayuright wrote:
DOHC wrote:wahh minta oli transmisi nya spek encer dan langka tuh... gl 4 trus 75-80... kl yg branded rada susah...

atau bsa jg pake oli transmisi nya nissan... spek nya api Gl4 ama 75-85 (utk 5 speed) atau 75-80 (utk 6 speed)... harga 75 rebu sliter non ppn..
konon buatan eneos... cuman gugling2 ga ketemu eneos yg dgn spek sgitu, jgn2 spesial request atau ??

iya 6 speed
sebelumnya ane rencana mo ganti pake amsoil AZO 0W30
trus tadi ada yang nyaranin pake yang 0w20 punyae Honda tiap 6bulan ganti

mobil jarang keluar paling setahun ga sampe 10.000km
kalo buat perlindungan mesin prefer pake yang mana nih
kl oli honda 0-20 ama azo yg versi harga miring sehh ane lebi mili yg harga miring AZO om... jauhhh banget dahh kualitas nya...
tp kl ga ktemu AZO versi harga miring yahh pake honda 0-20 jg gapapa... btw kl mau pake oli 0-20 versi harga miring, mending coba masda punya om... konon doi punya masi aseli idemitsu japan... entah kl skrg... yg honda punya, errr..... ane pengalaman make yg 5-30, honda punya plg cepet degradasi ktimbang masda atau nissan punya....

jarang kluar ?? pake oli yg plg murah... ganti tiap stengah taon skali... cari oli yg buntut 30... :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
ok, ane coba pake punyae mazda aja lek gt :big_exellent:
makasih om :big_grin: :big_grin:
Ajun06
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Sep 06, 2015 7:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Ajun06 »

Om ada yg tau ga tempat jual oli suzuki 5-30 selain di beres yaa


Sent from my iPhone using Tapatalk
chandra85
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Oct 29, 2015 8:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by chandra85 »

DOHC wrote:
Bayuright wrote:
DOHC wrote:wahh minta oli transmisi nya spek encer dan langka tuh... gl 4 trus 75-80... kl yg branded rada susah...

atau bsa jg pake oli transmisi nya nissan... spek nya api Gl4 ama 75-85 (utk 5 speed) atau 75-80 (utk 6 speed)... harga 75 rebu sliter non ppn..
konon buatan eneos... cuman gugling2 ga ketemu eneos yg dgn spek sgitu, jgn2 spesial request atau ??

iya 6 speed
sebelumnya ane rencana mo ganti pake amsoil AZO 0W30
trus tadi ada yang nyaranin pake yang 0w20 punyae Honda tiap 6bulan ganti

mobil jarang keluar paling setahun ga sampe 10.000km
kalo buat perlindungan mesin prefer pake yang mana nih
kl oli honda 0-20 ama azo yg versi harga miring sehh ane lebi mili yg harga miring AZO om... jauhhh banget dahh kualitas nya...
tp kl ga ktemu AZO versi harga miring yahh pake honda 0-20 jg gapapa... btw kl mau pake oli 0-20 versi harga miring, mending coba masda punya om... konon doi punya masi aseli idemitsu japan... entah kl skrg... yg honda punya, errr..... ane pengalaman make yg 5-30, honda punya plg cepet degradasi ktimbang masda atau nissan punya....

jarang kluar ?? pake oli yg plg murah... ganti tiap stengah taon skali... cari oli yg buntut 30... :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:


bro, efeknya apa ya antara yg buntut 20 sama 30?
Bayuright
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Oct 28, 2015 4:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Bayuright »

chandra85 wrote:
DOHC wrote:
Bayuright wrote:
iya 6 speed
sebelumnya ane rencana mo ganti pake amsoil AZO 0W30
trus tadi ada yang nyaranin pake yang 0w20 punyae Honda tiap 6bulan ganti

mobil jarang keluar paling setahun ga sampe 10.000km
kalo buat perlindungan mesin prefer pake yang mana nih
kl oli honda 0-20 ama azo yg versi harga miring sehh ane lebi mili yg harga miring AZO om... jauhhh banget dahh kualitas nya...
tp kl ga ktemu AZO versi harga miring yahh pake honda 0-20 jg gapapa... btw kl mau pake oli 0-20 versi harga miring, mending coba masda punya om... konon doi punya masi aseli idemitsu japan... entah kl skrg... yg honda punya, errr..... ane pengalaman make yg 5-30, honda punya plg cepet degradasi ktimbang masda atau nissan punya....

jarang kluar ?? pake oli yg plg murah... ganti tiap stengah taon skali... cari oli yg buntut 30... :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:


bro, efeknya apa ya antara yg buntut 20 sama 30?

Bantuin jawab
Angka di belakang W menunjukan tingkat kekentalan oli
Semakin besar semakin kental maka bikin berat kerja mesin
Kalo semakin kecil maka semakin encer jdi bikin mesin enteng, tp sebaiknya bukan buat jarak jauh, cepet bikin panas
Mobil baru banyak yang oli standarnya pake W20
Sebaiknya sesuaikan dengan manual book nya
Namun kalo untuk yang top tier biar dijelasin dibawah ane
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by DOHC »

@ chandra : oli buntut 20 lebi encer dari 30...
sesuain ama mesin nya om... kl mesin2 kluaran skrg malah butuh nya buntut 20... ntuh enjin ayla agya di negeri malon aj malah disuru nya pake oli buntut 20 dr perodua nya... kl enjin2 yg butuh nya oli encer dikasi kentel yahh otomatis putaran mesin berat, boros bensin, klep pas pagi2 brisik... ibarat ngaduk air putih ama ngaduk minyak goreng.. mana yg lbi berat...

btw, ane ud perna liat enjin L15 honda lg overhaul, berseblahan ama enjin 4A-fe atoyot yg lg overhaul jg.... gile tuh L15 bener2 rapet2 celah2 nya, beda ama 4A-fe... pantes dr dl ahond di luar negeri nyaranin pake oli encer...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Dracoantoni
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Sep 23, 2015 1:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Dracoantoni »

Ane dapet fastron gold 1 galon harga 330rbu itu genuine ap gmn ya??
Koq bsa murah gtu
Rencana mw d pke bwt freed nyokap
, oh ya sekalian tanya biasanya kuras matik freed perlu brp liter ya??
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Jambangan »

Dracoantoni wrote:Ane dapet fastron gold 1 galon harga 330rbu itu genuine ap gmn ya??
Koq bsa murah gtu
Rencana mw d pke bwt freed nyokap
, oh ya sekalian tanya biasanya kuras matik freed perlu brp liter ya??
Kalo boleh tau beli dimana om?
Murah bgt tuh
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by DOHC »

+1 jg utk beli dmana tuh fastron gold sgitu murah....

kuras matic freed cara gerlong kira2 5.5 - 6 liter.... kl cara sesuai isi - buang - isi lagi - buang lagi ampe 3 siklus kira2 12 liter...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Dracoantoni
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Sep 23, 2015 1:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Dracoantoni »

Jambangan wrote:
Dracoantoni wrote:Ane dapet fastron gold 1 galon harga 330rbu itu genuine ap gmn ya??
Koq bsa murah gtu
Rencana mw d pke bwt freed nyokap
, oh ya sekalian tanya biasanya kuras matik freed perlu brp liter ya??
Kalo boleh tau beli dimana om?
Murah bgt tuh
D bekasi bro
Agung motor store daerah kalimalang, samping gunadarma
Bengkel motor sih
Ya coba dulu aja deh
Jual online jga dia, itu toko online identik warna ijo
Dracoantoni
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Sep 23, 2015 1:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Dracoantoni »

DOHC wrote:+1 jg utk beli dmana tuh fastron gold sgitu murah....

kuras matic freed cara gerlong kira2 5.5 - 6 liter.... kl cara sesuai isi - buang - isi lagi - buang lagi ampe 3 siklus kira2 12 liter...
Boleh tw cara gerlong gmn om??
Pengen nyoba redline d4 atf di freed
Ane pke mtl d ertiga so far enak bgt
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by imsus2c »

Dracoantoni wrote:
DOHC wrote:+1 jg utk beli dmana tuh fastron gold sgitu murah....

kuras matic freed cara gerlong kira2 5.5 - 6 liter.... kl cara sesuai isi - buang - isi lagi - buang lagi ampe 3 siklus kira2 12 liter...
Boleh tw cara gerlong gmn om??
Pengen nyoba redline d4 atf di freed
Ane pke mtl d ertiga so far enak bgt
Kalau buat matic honda, imo mendingan tetep pakai oli oem saja pak, lagipula murah...

Sejauh yg saya tau dan baca2, untuk gearbox (matic) Honda bikin sendiri. Jadi rada2 sensitif...
Saya pernah browsing web-nya exxon/Mobil1, pilih menu oil selector.
Untuk oli mesin, mereka kasih beberapa pilihan dari yg premium sampai standard.
Tapi waktu cari opsi untuk gearbox matic (dan differential), bahkan exxon/mobil sendiri tulis mendingan pakai oli oem Honda :D

#saya juga lagi galau cari oli Honda DPSF II :e-doh:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Dracoantoni
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Sep 23, 2015 1:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Dracoantoni »

imsus2c wrote:
Dracoantoni wrote:
DOHC wrote:+1 jg utk beli dmana tuh fastron gold sgitu murah....

kuras matic freed cara gerlong kira2 5.5 - 6 liter.... kl cara sesuai isi - buang - isi lagi - buang lagi ampe 3 siklus kira2 12 liter...
Boleh tw cara gerlong gmn om??
Pengen nyoba redline d4 atf di freed
Ane pke mtl d ertiga so far enak bgt
Kalau buat matic honda, imo mendingan tetep pakai oli oem saja pak, lagipula murah...

Sejauh yg saya tau dan baca2, untuk gearbox (matic) Honda bikin sendiri. Jadi rada2 sensitif...
Saya pernah browsing web-nya exxon/Mobil1, pilih menu oil selector.
Untuk oli mesin, mereka kasih beberapa pilihan dari yg premium sampai standard.
Tapi waktu cari opsi untuk gearbox matic (dan differential), bahkan exxon/mobil sendiri tulis mendingan pakai oli oem Honda :D

#saya juga lagi galau cari oli Honda DPSF II :e-doh:
rada sensi ya matik honda??? :big_biglaugh:
ane baca2 oem fluidnya terlalu biasa katanya
soalnya gak tw nih matik freed, dungu bener :big_bored:
lagi pengen nyantai, lompat2 mulu, pengen ngebut, kick down bengong mulu :big_dunno:
jadi gak bsa di prediksi prilakunya, pernah hampir nyundul mobil depan pas macet
masak toel dikit aja langsung lompat??
eh pas macet ilang masuk tol, kick down bengong aja boilnya :big_chicken:
pas cruising juga gak enak, shifting mulu, jadi rpm mesinnya naik turun, padahal kecepatan stagnan di 90-110KM/H,
tau dah ini matik koq dungu bgt??? :big_dunno:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Jambangan »

imsus2c wrote:
Kalau buat matic honda, imo mendingan tetep pakai oli oem saja pak, lagipula murah...

Sejauh yg saya tau dan baca2, untuk gearbox (matic) Honda bikin sendiri. Jadi rada2 sensitif...
Saya pernah browsing web-nya exxon/Mobil1, pilih menu oil selector.
Untuk oli mesin, mereka kasih beberapa pilihan dari yg premium sampai standard.
Tapi waktu cari opsi untuk gearbox matic (dan differential), bahkan exxon/mobil sendiri tulis mendingan pakai oli oem Honda :D

#saya juga lagi galau cari oli Honda DPSF II :e-doh:
Om, baca2 di forum luar katanya matic honda ga boleh diflush pake mesin ya?
Apa benar?
Ane sekarang kalo ganti atf pake cara drain fill aja. Trus besi magnet drain plugnya dibersihin dulu sebelum diisi atf baru
Rencana mau ganti tiap setahun sekali kebetulan mobil jarang pake
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Jambangan »

Dracoantoni wrote:
rada sensi ya matik honda??? :big_biglaugh:
ane baca2 oem fluidnya terlalu biasa katanya
soalnya gak tw nih matik freed, dungu bener :big_bored:
lagi pengen nyantai, lompat2 mulu, pengen ngebut, kick down bengong mulu :big_dunno:
jadi gak bsa di prediksi prilakunya, pernah hampir nyundul mobil depan pas macet
masak toel dikit aja langsung lompat??
eh pas macet ilang masuk tol, kick down bengong aja boilnya :big_chicken:
pas cruising juga gak enak, shifting mulu, jadi rpm mesinnya naik turun, padahal kecepatan stagnan di 90-110KM/H,
tau dah ini matik koq dungu bgt??? :big_dunno:
Matic honda emang dungu om
Ane pake crv sama kyk gitu jg
Dikick down ga langsung turun gearnya. Jadi ga ada tenaga
Capek bgt bawanya
Makanya ane kalo di dalam kota banyak macet OD ane off-kan. Tarikan jadi agak enakan. Trus gear lebih cepat turun ke gear 1 kalo abis ngerem atau macet
Kalo OD on buset dah ga turun2 gearnya walaupun kecepatan mobil udah rendah bgt
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by nugroho bagor »

Jambangan wrote:
Dracoantoni wrote:
rada sensi ya matik honda??? :big_biglaugh:
ane baca2 oem fluidnya terlalu biasa katanya
soalnya gak tw nih matik freed, dungu bener :big_bored:
lagi pengen nyantai, lompat2 mulu, pengen ngebut, kick down bengong mulu :big_dunno:
jadi gak bsa di prediksi prilakunya, pernah hampir nyundul mobil depan pas macet
masak toel dikit aja langsung lompat??
eh pas macet ilang masuk tol, kick down bengong aja boilnya :big_chicken:
pas cruising juga gak enak, shifting mulu, jadi rpm mesinnya naik turun, padahal kecepatan stagnan di 90-110KM/H,
tau dah ini matik koq dungu bgt??? :big_dunno:
Matic honda emang dungu om
Ane pake crv sama kyk gitu jg
Dikick down ga langsung turun gearnya. Jadi ga ada tenaga
Capek bgt bawanya
Makanya ane kalo di dalam kota banyak macet OD ane off-kan. Tarikan jadi agak enakan. Trus gear lebih cepat turun ke gear 1 kalo abis ngerem atau macet
Kalo OD on buset dah ga turun2 gearnya walaupun kecepatan mobil udah rendah bgt
:e-naughty: Jangan jelek2in CRV dunk,dilembiru ke gw aja........... :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

imsus2c wrote: Sejauh yg saya tau dan baca2, untuk gearbox (matic) Honda bikin sendiri. Jadi rada2 sensitif...
Saya pernah browsing web-nya exxon/Mobil1, pilih menu oil selector.
Untuk oli mesin, mereka kasih beberapa pilihan dari yg premium sampai standard.
Tapi waktu cari opsi untuk gearbox matic (dan differential), bahkan exxon/mobil sendiri tulis mendingan pakai oli oem Honda :D

#saya juga lagi galau cari oli Honda DPSF II :e-doh:
CRV R20A ane sejak ganti ATF pertama kali lgs pake Amsoil......abis itu ganti lagi after 2,5 tahun pake Q8 Uni Trans JK

Dia kan mintanya ATF Z1 which itu masuk grup JASO 1A juga

No problem at all

enak malah

(Kecuali yg CVT ya kasih oli CVT OEM nya aja)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Jambangan wrote: Matic honda emang dungu om
Ane pake crv sama kyk gitu jg
Dikick down ga langsung turun gearnya. Jadi ga ada tenaga
Capek bgt bawanya
Makanya ane kalo di dalam kota banyak macet OD ane off-kan. Tarikan jadi agak enakan. Trus gear lebih cepat turun ke gear 1 kalo abis ngerem atau macet
Kalo OD on buset dah ga turun2 gearnya walaupun kecepatan mobil udah rendah bgt
Aneh yah

saya punya R20A sih cukup responsip matic-nya

Kalo jalan sedang dgn RPM rendah saat kick down malah bisa turun 2 step jika kick down dalem

Matic unit-nya ada saya kasih Ground cable sih....heheh (tapi pake GC juga hampir gak ada efeknya si)
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by imsus2c »

Turboman wrote:
imsus2c wrote: Sejauh yg saya tau dan baca2, untuk gearbox (matic) Honda bikin sendiri. Jadi rada2 sensitif...
Saya pernah browsing web-nya exxon/Mobil1, pilih menu oil selector.
Untuk oli mesin, mereka kasih beberapa pilihan dari yg premium sampai standard.
Tapi waktu cari opsi untuk gearbox matic (dan differential), bahkan exxon/mobil sendiri tulis mendingan pakai oli oem Honda :D

#saya juga lagi galau cari oli Honda DPSF II :e-doh:
CRV R20A ane sejak ganti ATF pertama kali lgs pake Amsoil......abis itu ganti lagi after 2,5 tahun pake Q8 Uni Trans JK

Dia kan mintanya ATF Z1 which itu masuk grup JASO 1A juga

No problem at all

enak malah

(Kecuali yg CVT ya kasih oli CVT OEM nya aja)
:thanks: tambahan infonya pak :D
Masalahnya di sekitar saya agak susah cari oli merk premium..
Dan masih rada2 parno gegara tempohari overhaul matic nya RA6
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by imsus2c »

Jambangan wrote:
imsus2c wrote:
Kalau buat matic honda, imo mendingan tetep pakai oli oem saja pak, lagipula murah...

Sejauh yg saya tau dan baca2, untuk gearbox (matic) Honda bikin sendiri. Jadi rada2 sensitif...
Saya pernah browsing web-nya exxon/Mobil1, pilih menu oil selector.
Untuk oli mesin, mereka kasih beberapa pilihan dari yg premium sampai standard.
Tapi waktu cari opsi untuk gearbox matic (dan differential), bahkan exxon/mobil sendiri tulis mendingan pakai oli oem Honda :D

#saya juga lagi galau cari oli Honda DPSF II :e-doh:
Om, baca2 di forum luar katanya matic honda ga boleh diflush pake mesin ya?
Apa benar?
Ane sekarang kalo ganti atf pake cara drain fill aja. Trus besi magnet drain plugnya dibersihin dulu sebelum diisi atf baru
Rencana mau ganti tiap setahun sekali kebetulan mobil jarang pake
Nah itu, ada bbrp pro & kontra
Yg kontra pakai ATF changer, bilangnya gegara habis flush, maticnya malah rewel dan bbrp kasus sampai harus overhaul.
Tapi ya ini tulisan orang di forum yah...disclaimer tentunya berlaku disitu :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Dracoantoni
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Sep 23, 2015 1:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Dracoantoni »

Turboman wrote:
Jambangan wrote: Matic honda emang dungu om
Ane pake crv sama kyk gitu jg
Dikick down ga langsung turun gearnya. Jadi ga ada tenaga
Capek bgt bawanya
Makanya ane kalo di dalam kota banyak macet OD ane off-kan. Tarikan jadi agak enakan. Trus gear lebih cepat turun ke gear 1 kalo abis ngerem atau macet
Kalo OD on buset dah ga turun2 gearnya walaupun kecepatan mobil udah rendah bgt
Aneh yah

saya punya R20A sih cukup responsip matic-nya

Kalo jalan sedang dgn RPM rendah saat kick down malah bisa turun 2 step jika kick down dalem

Matic unit-nya ada saya kasih Ground cable sih....heheh (tapi pake GC juga hampir gak ada efeknya si)
ya om turbo kan pke Amsoil ATFnya :big_childish:
bru nyoba nih fastron Gold di freed, enak jga, mesin alus, tarikan enteng
tpi tetep ada bunyi nguuuung waktu akselerasi, matiknya kali ya??
lumayan 1 galon Fastron Gold 330rbu :big_grin:
mudah2an oli genuine :big_slap:

btw flush matik freed ini pke mesin boleh ya??
apa metode gerlong aja ya?? :big_think:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

imsus2c wrote: Nah itu, ada bbrp pro & kontra
Yg kontra pakai ATF changer, bilangnya gegara habis flush, maticnya malah rewel dan bbrp kasus sampai harus overhaul.
Tapi ya ini tulisan orang di forum yah...disclaimer tentunya berlaku disitu :D
Kasus gak bisa digeneralisir

Sama aja misalnya orang makan di kantin / catering trus keracunan en masuk RS......gak berarti makan di semua kantin pasti akan lgs keracunan

Intinya kalo ganti pake ATF changer ya :
- Pastikan mesin ATF changernya terawat / sering dipake, jadi resv. dan selang2-nya bersih
- Gunakan oli dgn spek yg sesuai
- sesudah proses pastikan level ATF nya masuk range di dipstick
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by g1ng2 »

Dracoantoni wrote: ya om turbo kan pke Amsoil ATFnya :big_childish:
bru nyoba nih fastron Gold di freed, enak jga, mesin alus, tarikan enteng
tpi tetep ada bunyi nguuuung waktu akselerasi, matiknya kali ya??
lumayan 1 galon Fastron Gold 330rbu :big_grin:
mudah2an oli genuine :big_slap:

btw flush matik freed ini pke mesin boleh ya??
apa metode gerlong aja ya?? :big_think:
biasanya kalau mau bunyinya rubah dari nguuuuung jadi ngeeeeng ganti FP+DP+mufflernya :mky_03: :mky_03:
rajin2 aja tap oli per 20rb :mky_01:
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by g1ng2 »

Dracoantoni wrote: rada sensi ya matik honda??? :big_biglaugh:
ane baca2 oem fluidnya terlalu biasa katanya
oem yang z1 katanya friction modifier nya agak besar, jadi buat beberapa orang berasa slip.
kalau ganti atf yang friction modifernya lebih kecil lebih cepat responnya cmiiw.
Dracoantoni wrote: soalnya gak tw nih matik freed, dungu bener :big_bored:
lagi pengen nyantai, lompat2 mulu, pengen ngebut, kick down bengong mulu :big_dunno:
jadi gak bsa di prediksi prilakunya, pernah hampir nyundul mobil depan pas macet
masak toel dikit aja langsung lompat??
eh pas macet ilang masuk tol, kick down bengong aja boilnya :big_chicken:
pas cruising juga gak enak, shifting mulu, jadi rpm mesinnya naik turun, padahal kecepatan stagnan di 90-110KM/H,
tau dah ini matik koq dungu bgt??? :big_dunno:
:wkkk: :wkkk: kakinya gak kompak ama pedalnya ya om, bukan cuma pengaruh transmisi, tapi juga pengaruh dbw.
kalau mau sih pake TC aja om, biar lebih kompak ama kaki..

shoepatu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Wed Sep 24, 2014 15:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by shoepatu »

Castrol fuel saver 5w30 kyknya lagi promo jg bc di majalah, beli 3 gratis 1 di toda