Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 460
Joined: 11 Aug 2016, 21:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz » 14 Apr 2019, 09:36

Belom pernah coba selain michelin, latitude tour hp grippy dan silent tpi soal empuk ya standar aja sih rasanya, blom bandingin ama yg 2 itu soalnya

1trfe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 23 Aug 2018, 09:21
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by 1trfe » 22 Apr 2019, 17:33

Halo om2. Saya ad mau ganti ban angl. Mau cari yg silent. Kandidatny hankook kinergy sama lm704. Secara harga beda sekitar 150rb antara hankook sm lm704. Kira2 worth ga ya ambil lm704?

vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 460
Joined: 11 Aug 2016, 21:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz » 26 Apr 2019, 08:12

Lm704 keknya yg terkenal berisik itu ya ? OEM honda crv kan ?
Kalo bener OEM crv berarti yg berisik.
Ambil hankook kalo gitu
Gk mw coba champiro hpy om ? Poor man ps4

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 908
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by erwinign » 26 Apr 2019, 08:56

vinchazz wrote:
26 Apr 2019, 08:12
Lm704 keknya yg terkenal berisik itu ya ? OEM honda crv kan ?
Kalo bener OEM crv berarti yg berisik.
Ambil hankook kalo gitu
Gk mw coba champiro hpy om ? Poor man ps4
Koreksi om, oem crv dari RM sampe RW non prestige kalo dunlop nya sp sport maxx 050. Cuma kalo lm704 kebetulan jg ada size yg fit ke crv rm-rw.

Menarik ini champiro hpy
Don't Judge The Book By It's Cover

vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 460
Joined: 11 Aug 2016, 21:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz » 27 Apr 2019, 07:22

Oh seinget ogut dlu crv RE dikasih dunlop lm704 sih
Makanya tak kira ampe skrg crv msih lm704 oem nya
Ya intinya sih berisik om, sama berisik sama gk ada grip pas ujan ama batujembatan 687

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi » 27 Apr 2019, 07:31

1trfe wrote:
22 Apr 2019, 17:33
Halo om2. Saya ad mau ganti ban angl. Mau cari yg silent. Kandidatny hankook kinergy sama lm704. Secara harga beda sekitar 150rb antara hankook sm lm704. Kira2 worth ga ya ambil lm704?
ANGL suspensi empuk, dikasih ban lunak macam hankook kinergy ex tambah oyeng, apalagi ban agak kempes. Terasa geol2. Mending LM704 daripada hankook.

adiv
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 20 Jan 2009, 11:49

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by adiv » 27 Apr 2019, 09:50

erwinign wrote:
vinchazz wrote:
26 Apr 2019, 08:12
Lm704 keknya yg terkenal berisik itu ya ? OEM honda crv kan ?
Kalo bener OEM crv berarti yg berisik.
Ambil hankook kalo gitu
Gk mw coba champiro hpy om ? Poor man ps4
Koreksi om, oem crv dari RM sampe RW non prestige kalo dunlop nya sp sport maxx 050. Cuma kalo lm704 kebetulan jg ada size yg fit ke crv rm-rw.

Menarik ini champiro hpy
Kebetulan pernah pake Champiro Hpy dan sekarang pake Hankook Ventus.
Pendapat subjektif, lebih senyap, lebih grip dan lebih awet Ventus dibandingkan Hpy.

Ak01382
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 27 Apr 2017, 21:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Ak01382 » 27 Apr 2019, 14:00

@1trfe saya pake hankook kynergy di angl. Sebulan 1 x cukup cek tekanan ban dan pas saat ganti oli di snd langsung isi pake nitrogen depan 31 belakang 33.
Overall puas dibanding oem angl. Kalo ga salah dunlop sp300.
Dibawa ke transjawa pp pede di kecepatan 90-110km.
Silent.

Pande
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 31 Jan 2018, 21:50

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Pande » 27 Apr 2019, 14:51

Saya pengguna xtrail t31pre fl. rencana mau ganti ban, mending tetep di ukuran asli 215/60R17 atau di upsize ke 225/60R17?suhu2 ada masukan plus minus nya klo ubah ukuran ban?

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16706
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC » 27 Apr 2019, 15:01

Numpang riviuw ban hrv ane, pemakaian ud ampir 50 rebu km. Ban nya hankook Ventus s noble 2..
20190324_100858.jpg
20190324_100939.jpg
Traksi kering mantep, traksi basah jg not bad, ban jg lebi empuk dr bawaan dunlop sport maxx 050, jd nya lmayan mengurangi road noise.. cuman sayang ga ad rim guard aj neh hankook, jd nya velg pd grepes..
satu lg nilai plus nya, yaitu ckup murah utk ukuran ban ini, sebiji dl cuman kena 815 rebu taon 2017

kl yg dbawah ini, kondisi waktu dl ban masi baru dipasang..
2017-02-13_09-10-11.jpg
2017-02-13_09-10-34.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

bembenk95
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by bembenk95 » 27 Apr 2019, 15:58

Sebelum nya pake hankook ventus, d hatchback jadul . Trus skrg ganti sama dunlop lm 704. Soal grip sama hening masih lebih baik ventus. Metode ane buat cek grip.. Pas ane sprint dari diem. Decitan slip lm lebih lama.... Hhhhh
i am, a sleeper

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi » 28 Apr 2019, 16:37

Mau naya Om, kalo antara Dunlop LM704 sama BS B390 bagusan mana? Grip sama silentnya

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18096
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Turboman » 02 May 2019, 07:09

Tanya

GT Rad Savero SUV

VS

Hankook Dynapro HT

dari aspek =
- Silent
- Comfort
- Handling

lebih oke mana ?

Thx sebelumnya

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3419
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by ginting » 02 May 2019, 10:55

BAN BERUMUR JADI KERAS ??

Halo oom oom. perasaan saya kok ban mobil saya makin keras.
apa itu feeling aja atau memang seiring umur ban itu makin alot/atos (kurang elastis)
Umur ban skrg sdh 2.5 thn, masih tebal dan tak ada pecah. merek Bridgestone , CBU Thailand
mohon masukan, terima kasih.

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 893
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba » 02 May 2019, 10:59

ginting wrote:
02 May 2019, 10:55
BAN BERUMUR JADI KERAS ??

Halo oom oom. perasaan saya kok ban mobil saya makin keras.
apa itu feeling aja atau memang seiring umur ban itu makin alot/atos (kurang elastis)
Umur ban skrg sdh 2.5 thn, masih tebal dan tak ada pecah. merek Bridgestone , CBU Thailand
mohon masukan, terima kasih.
Memang begitu om.... lebih terasa lagi kalau pake ban2 yg masih made in japan atau yurop langsung. 1 tahunan biasa dah terasa lebih keras ketimbang buatan southeast asia.
Image
Image

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx » 02 May 2019, 12:40

supriyadi wrote:
28 Apr 2019, 16:37
Mau naya Om, kalo antara Dunlop LM704 sama BS B390 bagusan mana? Grip sama silentnya
Setau saya LM704 kastanya lebih tinggi dibanding B390 walaupun gak sampai level turanza. Grip dan silent menurut saya mirip2, LM sidewallnya tebel bikin gak limbung. Kalau antara 2 itu saya pilih LM karena seinget saya harganya lebih oke.
Turboman wrote:
02 May 2019, 07:09
Tanya

GT Rad Savero SUV

VS

Hankook Dynapro HT

dari aspek =
- Silent
- Comfort
- Handling

lebih oke mana ?

Thx sebelumnya
Savero SUV di beberapa page sebelumnya ada yang bilang ban eco tapi ukurannya SUV, saya setuju. Silent nya oke banget sih at least saya pernah bandingin langsung sama maxxis bawaan captiva. Handling extreme gak coba tapi untuk di toll agak ngayun, sidewallnya ketipisan menurut saya. Dynapro belum pernah coba.

vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 460
Joined: 11 Aug 2016, 21:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz » 02 May 2019, 14:33

Size berapa om turbo ? Klo champiro hpy msih ada sizenya, mending ambil hpy dri savero

1trfe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 23 Aug 2018, 09:21
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by 1trfe » 03 May 2019, 11:57

supriyadi wrote:
27 Apr 2019, 07:31
1trfe wrote:
22 Apr 2019, 17:33
Halo om2. Saya ad mau ganti ban angl. Mau cari yg silent. Kandidatny hankook kinergy sama lm704. Secara harga beda sekitar 150rb antara hankook sm lm704. Kira2 worth ga ya ambil lm704?
ANGL suspensi empuk, dikasih ban lunak macam hankook kinergy ex tambah oyeng, apalagi ban agak kempes. Terasa geol2. Mending LM704 daripada hankook.
Akhirnya ambil lm704 om. Hehe dapet 605 per pcs nya. Dibanding sp300 bawaan angl yg ud 4 tahun, yg paling berasa sih ni ban empuk kesannya. Senyap ny beda tipis dan grip nya so-so aja.

jakanjc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 20 May 2014, 18:41

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by jakanjc » 06 May 2019, 16:17

Selamat sore, mau nanya ttg kondisi ban di mobil saya (bisa dilihat di foto). Ban michelin pilot sport 3 bawaan dari baru 2014, sudah jalan 36 ribuan. Bisa dilihat dari foto ada retakan yang cukup besar di salah satu tapak ban, sementara keempatnya sudah mengalami retak2 halus dipinggir tapak ban. Yang ingin saya tanya, apakah masih aman dgn kondisi ban seperti ini? pemakaian lebih sering dalkot, sebulan sekali jkt-bandung. Karena dilihat dari kembangannya sendiri masih bagus&tebal, tapi sayang ada retakan2an halus.
Pengalaman di mobil2 sebelumnya, pernah pake mobil paling banyak jalan (odo 65rban) ban bawaannya bridgstone dualler seinget saya, tahan sampai 50 ribuan km, dengan rute pemakaian, cara menyetir mirip2. Apakah ban michelin utk keawetannya tidak sebaik bridgestone? terimakasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
'You can go fast, But I can go anywhere'

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 828
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by IGedeAmat » 06 May 2019, 16:18

IGedeAmat wrote:
26 Feb 2019, 15:49
IGedeAmat wrote:
26 Feb 2019, 15:40
minta saran om, misal ban udah waktu ganti,
tapi baru ada budget untuk ganti 2 pcs,
belum ada budget untuk ganti sekaligus 4,

ban baru nya dipasang dimana ? depan apa belakang ?
(mobil city car, front wheel drive)
Fookyoo wrote:
26 Feb 2019, 15:44

Ini pernah denger di Otodriver, Om.
Kalo ga salah, disarankan belakang dulu terkait oversteer (lebih bahaya) vs understeer (lebih mudah dikontrol).
https://www.youtube.com/watch?v=o44Hvfr1zoo
mulai menit ke 12:21 dibahas
erwinign wrote:
26 Feb 2019, 15:42

Ban baru taruh belakang aja om. Kalo ban lama di belakang jatuh nya ndak habis2, takutnya nanti karet ban nya keburu tua resiko jg om, bisa2 malah ban yg lebih baru habis dulu (kalo kondisi ban baru taruh di depan)
noted, thanks oms....
:big_deal:
Pertanyaan lanjutan om,
setelah hunting2 di toko ban yang deket2 rumah, lha kok ukurannya agak susah dicari ya (175/60-R15),
kalo saya ada budget buat ganti sekaligus 4 seh mungkin gak masalah,
tapi kalo baru bisa beli 2 ban dulu, dan ukuran gak dapet yang sama dengan ori,
apakah gak masalah kalo depan belakang ukurannya beda dikit ?

atau ada saran lain ?

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 908
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by erwinign » 06 May 2019, 16:36

IGedeAmat wrote:
06 May 2019, 16:18
IGedeAmat wrote:
26 Feb 2019, 15:49
IGedeAmat wrote:
26 Feb 2019, 15:40
minta saran om, misal ban udah waktu ganti,
tapi baru ada budget untuk ganti 2 pcs,
belum ada budget untuk ganti sekaligus 4,

ban baru nya dipasang dimana ? depan apa belakang ?
(mobil city car, front wheel drive)
Fookyoo wrote:
26 Feb 2019, 15:44

Ini pernah denger di Otodriver, Om.
Kalo ga salah, disarankan belakang dulu terkait oversteer (lebih bahaya) vs understeer (lebih mudah dikontrol).
https://www.youtube.com/watch?v=o44Hvfr1zoo
mulai menit ke 12:21 dibahas
erwinign wrote:
26 Feb 2019, 15:42

Ban baru taruh belakang aja om. Kalo ban lama di belakang jatuh nya ndak habis2, takutnya nanti karet ban nya keburu tua resiko jg om, bisa2 malah ban yg lebih baru habis dulu (kalo kondisi ban baru taruh di depan)
noted, thanks oms....
:big_deal:
Pertanyaan lanjutan om,
setelah hunting2 di toko ban yang deket2 rumah, lha kok ukurannya agak susah dicari ya (175/60-R15),
kalo saya ada budget buat ganti sekaligus 4 seh mungkin gak masalah,
tapi kalo baru bisa beli 2 ban dulu, dan ukuran gak dapet yang sama dengan ori,
apakah gak masalah kalo depan belakang ukurannya beda dikit ?

atau ada saran lain ?
Mobilnya march ya om? Coba upsize ke 185/55/r15 (size ban nya brio rs sama sirion baru). Size segitu biar kl diliat dr dinding ban nya msh proporsional
Don't Judge The Book By It's Cover

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi » 06 May 2019, 17:01

IGedeAmat wrote:
06 May 2019, 16:18
IGedeAmat wrote:
26 Feb 2019, 15:49
IGedeAmat wrote:
26 Feb 2019, 15:40
minta saran om, misal ban udah waktu ganti,
tapi baru ada budget untuk ganti 2 pcs,
belum ada budget untuk ganti sekaligus 4,

ban baru nya dipasang dimana ? depan apa belakang ?
(mobil city car, front wheel drive)
Fookyoo wrote:
26 Feb 2019, 15:44

Ini pernah denger di Otodriver, Om.
Kalo ga salah, disarankan belakang dulu terkait oversteer (lebih bahaya) vs understeer (lebih mudah dikontrol).
https://www.youtube.com/watch?v=o44Hvfr1zoo
mulai menit ke 12:21 dibahas
erwinign wrote:
26 Feb 2019, 15:42

Ban baru taruh belakang aja om. Kalo ban lama di belakang jatuh nya ndak habis2, takutnya nanti karet ban nya keburu tua resiko jg om, bisa2 malah ban yg lebih baru habis dulu (kalo kondisi ban baru taruh di depan)
noted, thanks oms....
:big_deal:
Pertanyaan lanjutan om,
setelah hunting2 di toko ban yang deket2 rumah, lha kok ukurannya agak susah dicari ya (175/60-R15),
kalo saya ada budget buat ganti sekaligus 4 seh mungkin gak masalah,
tapi kalo baru bisa beli 2 ban dulu, dan ukuran gak dapet yang sama dengan ori,
apakah gak masalah kalo depan belakang ukurannya beda dikit ?

atau ada saran lain ?
1.Ukuran 175/65-15 upsize ke 185/55-15 bisa malah lebih proposional menurut ane
2. Ban beda ukuran depan belakang pernah, tapi gak beda jauh. Depan 185/65-15 belakag 195/65-15. Gak terasa bedanya

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi » 06 May 2019, 17:05

IGedeAmat wrote:
06 May 2019, 16:18
IGedeAmat wrote:
26 Feb 2019, 15:49
IGedeAmat wrote:
26 Feb 2019, 15:40
minta saran om, misal ban udah waktu ganti,
tapi baru ada budget untuk ganti 2 pcs,
belum ada budget untuk ganti sekaligus 4,

ban baru nya dipasang dimana ? depan apa belakang ?
(mobil city car, front wheel drive)
Fookyoo wrote:
26 Feb 2019, 15:44

Ini pernah denger di Otodriver, Om.
Kalo ga salah, disarankan belakang dulu terkait oversteer (lebih bahaya) vs understeer (lebih mudah dikontrol).
https://www.youtube.com/watch?v=o44Hvfr1zoo
mulai menit ke 12:21 dibahas
erwinign wrote:
26 Feb 2019, 15:42

Ban baru taruh belakang aja om. Kalo ban lama di belakang jatuh nya ndak habis2, takutnya nanti karet ban nya keburu tua resiko jg om, bisa2 malah ban yg lebih baru habis dulu (kalo kondisi ban baru taruh di depan)
noted, thanks oms....
:big_deal:
Pertanyaan lanjutan om,
setelah hunting2 di toko ban yang deket2 rumah, lha kok ukurannya agak susah dicari ya (175/60-R15),
kalo saya ada budget buat ganti sekaligus 4 seh mungkin gak masalah,
tapi kalo baru bisa beli 2 ban dulu, dan ukuran gak dapet yang sama dengan ori,
apakah gak masalah kalo depan belakang ukurannya beda dikit ?

atau ada saran lain ?
1.Ukuran 175/65-15 upsize ke 185/55-15 bisa malah lebih proposional menurut ane
2. Ban beda ukuran depan belakang pernah, tapi gak beda jauh. Depan 185/65-15 belakag 195/65-15. Gak terasa bedanya
3. Ban baru taruh belakang kalo saya, menurut suhu per-ban-an, ban baru perlu running 500an km untuk menghilangkan lapisan minyak diban & untuk mendapatkan traksi. Kalo pasang didepan bahaya, ban masih licin & belum dapat trakdi maksimal

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi » 06 May 2019, 17:06

Maaf dopost, internet kacau :big_deal: :big_deal:

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 893
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba » 06 May 2019, 17:16

IGedeAmat wrote:
06 May 2019, 16:18

Pertanyaan lanjutan om,
setelah hunting2 di toko ban yang deket2 rumah, lha kok ukurannya agak susah dicari ya (175/60-R15),
kalo saya ada budget buat ganti sekaligus 4 seh mungkin gak masalah,
tapi kalo baru bisa beli 2 ban dulu, dan ukuran gak dapet yang sama dengan ori,
apakah gak masalah kalo depan belakang ukurannya beda dikit ?

atau ada saran lain ?
185/60 R15 bisa jadi opsi. Kalau ini beneran march, masih ada penampakan march ogut 8 taun lalu pake 185/60r15 BS potenza re080..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by josomba on 06 May 2019, 17:17, edited 1 time in total.
Image
Image

Post Reply