Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
Irwans
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 04 Dec 2018, 07:29
Location: Depok
Daily Vehicle: GNA

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Irwans » 10 Mar 2019, 04:44

kunaskun wrote:
09 Mar 2019, 21:02

tidak normal. lekukannya seperti ban serep di kolong yang ga pernah diturunin.



apakah pernah overload banget? tapi biasa overload akan bunting setahu saya.

ban bagus dan tidak mahal itu yang repot, karena kalau ada bagus (hening, awet, grip enak, empuk, nyaman, tidak bising, tahan banting) dengan harga mahal pun sudah susah carinya, apalagi yang murah, karena kalau ada pasti pabriknya bangkrut karena konsumen ga beli2 lagi.
kalo overload sih gak pernah gan, paling bawa 2 orang dewasa + 2 anak


maksudnya ban yg lebih bagus dari champiro eco ini gan. ban bawaan avanza yg dunlop punya kakak kayaknya aman2 aja buat ngangkut sampe full load mudik ke magelang

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1228
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by iwing » 11 Mar 2019, 07:08

Irwans wrote:
10 Mar 2019, 04:44
kunaskun wrote:
09 Mar 2019, 21:02

tidak normal. lekukannya seperti ban serep di kolong yang ga pernah diturunin.



apakah pernah overload banget? tapi biasa overload akan bunting setahu saya.

ban bagus dan tidak mahal itu yang repot, karena kalau ada bagus (hening, awet, grip enak, empuk, nyaman, tidak bising, tahan banting) dengan harga mahal pun sudah susah carinya, apalagi yang murah, karena kalau ada pasti pabriknya bangkrut karena konsumen ga beli2 lagi.
kalo overload sih gak pernah gan, paling bawa 2 orang dewasa + 2 anak


maksudnya ban yg lebih bagus dari champiro eco ini gan. ban bawaan avanza yg dunlop punya kakak kayaknya aman2 aja buat ngangkut sampe full load mudik ke magelang
coba cek minggu dan tahun keberapa itu dibuatnya..?? jangan2 stok lama. kalo masih ingin tetep bridgestone, ada saudara yang make B250 di avanza nya. itu awet bener padahal makenya gradakan

Irwans
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 04 Dec 2018, 07:29
Location: Depok
Daily Vehicle: GNA

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Irwans » 12 Mar 2019, 01:09

iwing wrote:
11 Mar 2019, 07:08

coba cek minggu dan tahun keberapa itu dibuatnya..?? jangan2 stok lama. kalo masih ingin tetep bridgestone, ada saudara yang make B250 di avanza nya. itu awet bener padahal makenya gradakan
bulan 4tahun 2018 gan, masih baru. iya kayaknya mau pake b250 aja

streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 27 Jul 2018, 14:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by streetrod60 » 13 Mar 2019, 11:56

Lagi bingung milih ban nih Om sekalian. Anggap lah ada 2 pilihan sbb : (anggap merk dan spec sama)
Tipe A :
Second. Klaim baru pake 2000 an km. Gak ada tambalan dan tahun produksi 2017. Harga sekitar 500.000 an per pcs
Tipe B :
Baru. 0 km tapi tahun produksi lebih jebot. 2016 kebawah (ada beberapa pilihan) Harga sekitaran 700.000 an per pcs.

Mending pilih mana ya? Tipe a atau tipe b?

samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 08 Apr 2016, 00:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by samkenny95 » 15 Mar 2019, 17:18

Irwans wrote:
09 Mar 2019, 08:57
suhu2 sekalian ada yg ingin saya tanyakan.
kondisi ban seperti ini normal apa tidak ? dinding bannya ada lekukan kedalam

Image

Image


ban champiro eco terpasang di avanza. masa belum setahun udah begini ?
2 ban dibelakang kondisinya begini semua. sementara ban depan aman.

kalo misalnya ganti , ban apa yg bagus & tidak terlalu mahal buat GN avanza 1.3
Normal klo di avanza, emg gantungan ban serepnya bikin ban penyok gitu. Klo liat di majalah sih ngobatinnya diganjel karet ban dalem yg 4 titik nempel ke ban. Tp gak tau jg ya hasilnya soalnya ban serep avanza sy selalu taruh di bagasi :big_peace:

1. Lebih mudah ngambil
2. Velg gak karatan kena air+pasir yg ngendap
Utk space, kebetulan jog 3rd row dah dilepas :big_biglaugh:

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx » 17 Mar 2019, 09:59

Irwans wrote:
10 Mar 2019, 04:44
kalo overload sih gak pernah gan, paling bawa 2 orang dewasa + 2 anak


maksudnya ban yg lebih bagus dari champiro eco ini gan. ban bawaan avanza yg dunlop punya kakak kayaknya aman2 aja buat ngangkut sampe full load mudik ke magelang
Kalau saya sementara lagi ngehindarin ban merek lokal. Mereknya aja ya, kalo made in lokal sih gapapa. Toh untuk kelas entry harganya beda tipis banget. 2 tahun belakangan pas suka gonta ganti merek lokal kondisi baru ada aja yang defect, padahal kelasnya yang agak menengah. Merek luar walaupun kelas biasa saya masih ngerasa lebih puas, entah kenapa bannya berasa lebih bulet.

Sekarang saya pake bridgestone techno (produk techno yang paling baru gak ada embel2 nama ataupun nomor2). Spek treadwear 280, tapi baru dipake 2000km sih belom keliatan kemakan, sidewallnya tipis tapi jadinya empuk banget. Ngeremnya enak, mobil saya non abs jadi sensitif soal ini.
Opsi lain: dunlop touring R1, harga naikan dikit ada bridgestone ecopia, dunlop enasave, hankook kinergy (banyak yang rekomen di SM).
Kalo boleh milih lagi untuk ban entry level saya prefer dunlop touring R1, sidewallnya lebih tebelan dari techno dan tapaknya keliatan lebih 'mahal'. Kalo ada budget lebih lagi tentunya pilih naik kelas ke turanza dkk hehe.
Last edited by aabx on 17 Mar 2019, 10:14, edited 2 times in total.

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx » 17 Mar 2019, 10:11

streetrod60 wrote:
13 Mar 2019, 11:56
Lagi bingung milih ban nih Om sekalian. Anggap lah ada 2 pilihan sbb : (anggap merk dan spec sama)
Tipe A :
Second. Klaim baru pake 2000 an km. Gak ada tambalan dan tahun produksi 2017. Harga sekitar 500.000 an per pcs
Tipe B :
Baru. 0 km tapi tahun produksi lebih jebot. 2016 kebawah (ada beberapa pilihan) Harga sekitaran 700.000 an per pcs.

Mending pilih mana ya? Tipe a atau tipe b?
Saya baru2 ini ngalamin, saya pilih opsi A karena terbatas budget :big_smoking:

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1228
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by iwing » 18 Mar 2019, 06:48

streetrod60 wrote:
13 Mar 2019, 11:56
Lagi bingung milih ban nih Om sekalian. Anggap lah ada 2 pilihan sbb : (anggap merk dan spec sama)
Tipe A :
Second. Klaim baru pake 2000 an km. Gak ada tambalan dan tahun produksi 2017. Harga sekitar 500.000 an per pcs
Tipe B :
Baru. 0 km tapi tahun produksi lebih jebot. 2016 kebawah (ada beberapa pilihan) Harga sekitaran 700.000 an per pcs.

Mending pilih mana ya? Tipe a atau tipe b?
kalo saya pilih A. selisih setahun tapi dg jarak hanya 2000 km. normal nya selisih setahun itu 10 ribu km

Goldroom
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 04 Mar 2018, 22:41

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Goldroom » 22 Mar 2019, 10:01

streetrod60 wrote:
13 Mar 2019, 11:56
Lagi bingung milih ban nih Om sekalian. Anggap lah ada 2 pilihan sbb : (anggap merk dan spec sama)
Tipe A :
Second. Klaim baru pake 2000 an km. Gak ada tambalan dan tahun produksi 2017. Harga sekitar 500.000 an per pcs
Tipe B :
Baru. 0 km tapi tahun produksi lebih jebot. 2016 kebawah (ada beberapa pilihan) Harga sekitaran 700.000 an per pcs.

Mending pilih mana ya? Tipe a atau tipe b?
Prefer opsi A om dengan catatan bannya ngga ada cacat. Kalau yang B bannya udah lama di gudang takutnya nanti karetnya udah kurang bagus om.

streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 27 Jul 2018, 14:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by streetrod60 » 24 Mar 2019, 00:02

Thanks jawaban ya om sekalian.
Btw, ada opsi lagi nih. Kepikiran buat beli ban tipe ''ngotak'' biar Spakbor ane yang ngowong biar keliatan lebih berisik. Kalo ngejar tampilan 'meaty' dan ngotak, setau ane pilih ban yang semi kompetisi macam advan neova, champiro sx2, toyo R1R, attrezo, dll. Tapi kalo tanya orang, ban modelan gini cenderung nya kalo dipake harian lebih ''berisik'', lebih cepet abis dibanding ban ban daily.
Ada gak ya, ban yang daily use macam Turanza / primacy yang tampilan nya ''paling kotak''?

samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 08 Apr 2016, 00:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by samkenny95 » 24 Mar 2019, 04:26

streetrod60 wrote:
24 Mar 2019, 00:02
Thanks jawaban ya om sekalian.
Btw, ada opsi lagi nih. Kepikiran buat beli ban tipe ''ngotak'' biar Spakbor ane yang ngowong biar keliatan lebih berisik. Kalo ngejar tampilan 'meaty' dan ngotak, setau ane pilih ban yang semi kompetisi macam advan neova, champiro sx2, toyo R1R, attrezo, dll. Tapi kalo tanya orang, ban modelan gini cenderung nya kalo dipake harian lebih ''berisik'', lebih cepet abis dibanding ban ban daily.
Ada gak ya, ban yang daily use macam Turanza / primacy yang tampilan nya ''paling kotak''?
Potenza RE003 maybe?

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx » 24 Mar 2019, 13:29

streetrod60 wrote:
24 Mar 2019, 00:02
Thanks jawaban ya om sekalian.
Btw, ada opsi lagi nih. Kepikiran buat beli ban tipe ''ngotak'' biar Spakbor ane yang ngowong biar keliatan lebih berisik. Kalo ngejar tampilan 'meaty' dan ngotak, setau ane pilih ban yang semi kompetisi macam advan neova, champiro sx2, toyo R1R, attrezo, dll. Tapi kalo tanya orang, ban modelan gini cenderung nya kalo dipake harian lebih ''berisik'', lebih cepet abis dibanding ban ban daily.
Ada gak ya, ban yang daily use macam Turanza / primacy yang tampilan nya ''paling kotak''?
Buat tampilan ngotak combo ukuran ban dan lebar velg juga pengaruh. Saya dan temen sempet pake sama2 SX2 195/55/15, bedanya velg saya lebar 7, velg dia 6.5. Hasilnya beda banget, cakepan yang lebar 6.5, punya saya yang lebar 7 jadi keliatan biasa aja karena bannya ketarik lebar velg. Om pakai velg ukuran berapa?

Ban sporty paling nyaman denger2 sih Michelin PS4 tampilannya saya bilang lebih ok daripada RE003.
Ban comfort paling kotak saya pernah coba Falken ZE912, walaupun tetep keliatan kalah garang sih.

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by erwinign » 24 Mar 2019, 14:32

aabx wrote:
24 Mar 2019, 13:29
streetrod60 wrote:
24 Mar 2019, 00:02
Thanks jawaban ya om sekalian.
Btw, ada opsi lagi nih. Kepikiran buat beli ban tipe ''ngotak'' biar Spakbor ane yang ngowong biar keliatan lebih berisik. Kalo ngejar tampilan 'meaty' dan ngotak, setau ane pilih ban yang semi kompetisi macam advan neova, champiro sx2, toyo R1R, attrezo, dll. Tapi kalo tanya orang, ban modelan gini cenderung nya kalo dipake harian lebih ''berisik'', lebih cepet abis dibanding ban ban daily.
Ada gak ya, ban yang daily use macam Turanza / primacy yang tampilan nya ''paling kotak''?
Buat tampilan ngotak combo ukuran ban dan lebar velg juga pengaruh. Saya dan temen sempet pake sama2 SX2 195/55/15, bedanya velg saya lebar 7, velg dia 6.5. Hasilnya beda banget, cakepan yang lebar 6.5, punya saya yang lebar 7 jadi keliatan biasa aja karena bannya ketarik lebar velg. Om pakai velg ukuran berapa?

Ban sporty paling nyaman denger2 sih Michelin PS4 tampilannya saya bilang lebih ok daripada RE003.
Ban comfort paling kotak saya pernah coba Falken ZE912, walaupun tetep keliatan kalah garang sih.
Lebar velg 7 maksudnya lebar yg kaya gimana ya om? Sama yg et sekian2 itu maksudnya apa ya? Sampe hr ini ngga ngerti samsek kalo liat spek velg racing dijual

Saya pake falken 912 185/65/15 dibanding ban oem nya champiro eco kesan tampilan nya lbh proporsional om, jd lebarnya pas sama fender. Kalo sy bilang sidewall nya 912 itu mirim toyo proxes oem nya mazda jaman now
Don't Judge The Book By It's Cover

streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 27 Jul 2018, 14:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by streetrod60 » 24 Mar 2019, 19:54

aabx wrote:
24 Mar 2019, 13:29
streetrod60 wrote:
24 Mar 2019, 00:02
Thanks jawaban ya om sekalian.
Btw, ada opsi lagi nih. Kepikiran buat beli ban tipe ''ngotak'' biar Spakbor ane yang ngowong biar keliatan lebih berisik. Kalo ngejar tampilan 'meaty' dan ngotak, setau ane pilih ban yang semi kompetisi macam advan neova, champiro sx2, toyo R1R, attrezo, dll. Tapi kalo tanya orang, ban modelan gini cenderung nya kalo dipake harian lebih ''berisik'', lebih cepet abis dibanding ban ban daily.
Ada gak ya, ban yang daily use macam Turanza / primacy yang tampilan nya ''paling kotak''?
Buat tampilan ngotak combo ukuran ban dan lebar velg juga pengaruh. Saya dan temen sempet pake sama2 SX2 195/55/15, bedanya velg saya lebar 7, velg dia 6.5. Hasilnya beda banget, cakepan yang lebar 6.5, punya saya yang lebar 7 jadi keliatan biasa aja karena bannya ketarik lebar velg. Om pakai velg ukuran berapa?

Ban sporty paling nyaman denger2 sih Michelin PS4 tampilannya saya bilang lebih ok daripada RE003.
Ban comfort paling kotak saya pernah coba Falken ZE912, walaupun tetep keliatan kalah garang sih.
Saya pake nya belakang 9 inch depan 8 om. Ada saran buat ukuran lebar nya?

qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 572
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by qushay20019 » 25 Mar 2019, 05:15

erwinign wrote:
24 Mar 2019, 14:32
Lebar velg 7 maksudnya lebar yg kaya gimana ya om? Sama yg et sekian2 itu maksudnya apa ya? Sampe hr ini ngga ngerti samsek kalo liat spek velg racing dijual
Saya pake falken 912 185/65/15 dibanding ban oem nya champiro eco kesan tampilan nya lbh proporsional om, jd lebarnya pas sama fender. Kalo sy bilang sidewall nya 912 itu mirim toyo proxes oem nya mazda jaman now
Jadi misalnya velg ukuran R17 x 7 inci, artinya diameter velg 17 inci & lebar velg nya itu 7 inci. Sementara kalo ada 2 velg sama2 R17x7 inci, tapi velg A ET+45 sementara velg B ET+35, maka velg B akan lebih keluar dari ruang spakbor kalo dipasang di mobil yg sama.

Ukuran lebar ban yang optimal juga ada sih. Misalnya velg lebar 7 inci itu, bisa dikasih ban paling lebar 225 mm sampai yang paling sempit 195 mm. Buat cek tiap ukuran velg & ukuran ban yang optimal, ane suka cek link ini om:
https://www.tyresizecalculator.com/tyre ... calculator
streetrod60 wrote:
24 Mar 2019, 19:54
Saya pake nya belakang 9 inch depan 8 om. Ada saran buat ukuran lebar nya?
Coba cek link di atas aja om buat liat ukuran ban yg kira2 cocok dgn velg 8 & 9 inci

streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 27 Jul 2018, 14:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by streetrod60 » 25 Mar 2019, 12:25

Dah nemu akhirnya buat ukuran ban yang cucuok... Sayang nya gak ada ukuran nya di kategori comfort. Nemu ukuran 235/45 R17.
Pilihan kalo saya lihat ada di dunlop driezza dz101. Ama Hankook ventus prime 3 K125... Kalo dilihat dari foto sepertinya lebih ngotak yang driezza ya? Kalo browse tyrerivew.co, dunlop driezza review nya lebih jeblok daripada ventus prime 3... Ada saran om om?

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1018
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba » 25 Mar 2019, 12:28

Update:

Continental Cross Contact LX-2
20190325_121046-picsay.jpg
Pake 1.5 tahun, 20 ribu KM. Mobil jalan tiap 2-3 hari sekali, seminggu 100-200km. Dah grepes grepesss.. masih mayan senyap vs awal beli. Setiap ban sudah tertancap paku 1x

BS Turanza AR-20
20190325_120948-picsay.jpg
Baru pake 1 tahun, 28 ribu KM. No grepes grepes, tp memang mobil pake tiap hari jalan. Belum pernah tancep paku, padahal dipakenya lebih ke tempat yg bervariasi. Comfort biasa aja, berisik iya, grip mayan. Menang badak aja ni ban
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
Image

streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 27 Jul 2018, 14:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by streetrod60 » 25 Mar 2019, 17:50

Michelin pilot sport 4 235/45 R17 tahun produksi 2017 = 1.5 pas. Tahun produksi 2018 = 1.860..Sama sama baru.. . Sikat 2017 lah ya? Tahun produksi 1 tahun gak terlalu signifikan kan ya? Gimana om om sekalian? :D

vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: 11 Aug 2016, 21:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz » 26 Mar 2019, 06:34

Liat kondisi bannya om sblum pasang, kalo inspeksi mata gk nemu pecah ato retak halus ya sikat lah.

Kelamaan disimpen itu cuma takut retak halus karena kejemur aja yg utama

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx » 26 Mar 2019, 11:26

streetrod60 wrote:
24 Mar 2019, 19:54
Saya pake nya belakang 9 inch depan 8 om. Ada saran buat ukuran lebar nya?
Kalau saya pakai tabel ini:
unnamed (1).png
Buat agak ngotak patokan saya yang ideal sebelah kanan dan max tyre width. Tergantung tinggi profil ban juga.
streetrod60 wrote:
25 Mar 2019, 17:50
Michelin pilot sport 4 235/45 R17 tahun produksi 2017 = 1.5 pas. Tahun produksi 2018 = 1.860..Sama sama baru.. . Sikat 2017 lah ya? Tahun produksi 1 tahun gak terlalu signifikan kan ya? Gimana om om sekalian? :D
Sama2 baru ya berarti asumsinya ini di toko ban, coba yang 2017, pas balancing pelototin bannya pastiin bener2 lurus. Ini tindakan preventif aja sih om, michelin sih kualitasnya juara, terkenal sebagai ban paling 'bundar' diantara yang bundar

Pengalaman saya beli ban baru umur setahun di gudang (bukan michelin), pas udah dipake ternyata 2 ban peang, mungkin kelamaan ketiban di gudang atau gimana, saya gak bisa pastiin itu karena umur atau cacat pabrik.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 08 Apr 2016, 00:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by samkenny95 » 08 Apr 2019, 19:12

Dunlop LM704 pembelian des'18 lalu, jalan kurleb 3000KM. Yg depan kok udah keliatan lbh berkurang dr yg belakang ya? Yg belakang msh like new bgt pdhl yg belakang dipake 200km lbh byk dr yg depan. Apakah normal ban depan lbh cepet habis? Barangkali suhu2 di SM berkenan memberikan wejangan 🙏

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 440
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi » 08 Apr 2019, 21:13

samkenny95 wrote:
08 Apr 2019, 19:12
Dunlop LM704 pembelian des'18 lalu, jalan kurleb 3000KM. Yg depan kok udah keliatan lbh berkurang dr yg belakang ya? Yg belakang msh like new bgt pdhl yg belakang dipake 200km lbh byk dr yg depan. Apakah normal ban depan lbh cepet habis? Barangkali suhu2 di SM berkenan memberikan wejangan 🙏
Nubie bantu jawab. Mobilnya apa dulu Om? Kalo mobil FWD biasanya ban depan aus duluan. Karena dia nanggung beban lebih berat, penggerak iya, muter iya

arinugroho14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: 12 Feb 2017, 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arinugroho14 » 08 Apr 2019, 21:58

Saya lihat di YouTube, kl ban nya Tesla & Rolls-Royce ada peredam buaa di bagian dalem telapaknya.

Iseng tanya aja,
Kira2 itu bisa di DIY apa tdk ya? Pakai peredam busa yg ringan pastinya. Kl berat, bsa pngaruh ke balancing nya.

samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 08 Apr 2016, 00:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by samkenny95 » 09 Apr 2019, 01:23

supriyadi wrote:
08 Apr 2019, 21:13
samkenny95 wrote:
08 Apr 2019, 19:12
Dunlop LM704 pembelian des'18 lalu, jalan kurleb 3000KM. Yg depan kok udah keliatan lbh berkurang dr yg belakang ya? Yg belakang msh like new bgt pdhl yg belakang dipake 200km lbh byk dr yg depan. Apakah normal ban depan lbh cepet habis? Barangkali suhu2 di SM berkenan memberikan wejangan 🙏
Nubie bantu jawab. Mobilnya apa dulu Om? Kalo mobil FWD biasanya ban depan aus duluan. Karena dia nanggung beban lebih berat, penggerak iya, muter iya
Mobilnya avanza tuwir om, apa gara2 pengaruh driving style jg? Gak ada tanda2 makan samping juga sih

10-Dee-q
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 14 Feb 2005, 23:30

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by 10-Dee-q » 14 Apr 2019, 01:54

Om om
Lagi nyari ban 255/55 R19
Di utamakan yang paling comfort sama silent
Ga suka ngebut jadi yg penting empuk dan hening
Pemakaian 80% dalam kota tapi saya di bandung suka banyak jalan yang agak jelek atau pot holes
Buat di CRV Turbo.
Nah udah nyari nyari yg lagi nakair ini 3 biji
Udah nyari review tapi susah dapetin review nya
Nah kalo dari spek , rating dan design thread nya kira kira yg mana yg pling cocok buat kebutuhan saya yah ?

1. Yokohama Geolandar X-CV G057
255/55 R19 rating 520/A/A

2. Michelin Latitude Tour HP
255/55 R19 rating 440/A/A

3. Pirelli Scorpion Zero
255/55/ R19 rating 400/A/A
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Post Reply