Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Ajun06
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Sep 06, 2015 7:52

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Ajun06 »

vp920b wrote:
Profith83 wrote: Sun Feb 04, 2018 13:04
Ajun06 wrote: Wed Jan 31, 2018 12:45 Ini dunlop ukuran berapa om? Dapet dimana? Kebetulan mau ganti ban juga.
Lihat di banbagus.com 185/65 R 15
Kalau mau lebih murah Hankook OK koq. Murmer, kualitas bagus, senyap.

Sudah 10rb pakai di ertiga, sangat bagus untuk harganya..
Wah makasih banyak nih om. Kebetulan mau ganti buat ertiga juga nih udah pada boncel.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Syauqi »

vinchazz wrote: Sun Feb 04, 2018 10:56
r1409 wrote: Sun Feb 04, 2018 9:17 mau tanya soal bridgestone ecopia 150 175/65 R14, kali aja ada yg tau. apa betul rasio pecahnya tinggi ya?
dulu pake yg 165/65 R14 bawaan mirage aman2 aja sampe hampir gundul, ga kedengeran masalah ini.
tapi sejak jadi ban bawaan toyota calya, ecopia 150 banyak dihujat karena gampang pecah. apa ada penurunan kualitas, atau cuma efek terlihat heboh karena calya mobil laris jadi banyak yg pake?
adek saya make ecopia bawaan di ignis gk ada masalah soal pecah sih
mungkin aja itu pecah karena tekanan bawaan dikasih terlalu tinggi, trus bawa mobil nya ngelibas jalanan jelek kecepatan tinggi jadilah syok itu ban terus pecah maybe CMIIW

entah tekanan di toyota, tapi dari suzuki dikasih tekanan 37 psi :big_dunno:

ban sejenis ecopia awet sih, tpi grip nya gk ada banget
yg make gituan biasanya incer iritnya :wkkk:
Serius om dikasi tekanan 37? Nggak terlalu keras kah? Saya pake hankook kynergy 175/65/r14 di agya, walaupun rekomendasi tekanannya 36, tapi saya gk pernah sampe segitu. Pernah sekali saya kasih 36 rasanya jadi keras banget, setelah itu biasanya cuma saya isi 31 atau mentok"nya 32..
Saya kurangi jadi segitu krn liat honda brio yg ukuran bannya sama persis, tapi tekanan rekomendasinya cuma 29..
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by diidoot »

iwing wrote: Thu Feb 01, 2018 7:19

kalo saya vote turanza. bener memang awal nya keluar duit lebih banyak tapi turanza itu usia nya panjang dan kuat
Setuju nih. Di Avega saya 75 ribu km masih sisa kembangan 10% lah. Diganti karena takut pecah pas dipake di jalan tol. Udah 8 tahun umur bannya :mky_01:

Sekarang pake Hankook Ventus. Semoga awet deh minimal 50k
-
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz »

Syauqi wrote: Mon Feb 05, 2018 8:49
vinchazz wrote: Sun Feb 04, 2018 10:56
r1409 wrote: Sun Feb 04, 2018 9:17 mau tanya soal bridgestone ecopia 150 175/65 R14, kali aja ada yg tau. apa betul rasio pecahnya tinggi ya?
dulu pake yg 165/65 R14 bawaan mirage aman2 aja sampe hampir gundul, ga kedengeran masalah ini.
tapi sejak jadi ban bawaan toyota calya, ecopia 150 banyak dihujat karena gampang pecah. apa ada penurunan kualitas, atau cuma efek terlihat heboh karena calya mobil laris jadi banyak yg pake?
adek saya make ecopia bawaan di ignis gk ada masalah soal pecah sih
mungkin aja itu pecah karena tekanan bawaan dikasih terlalu tinggi, trus bawa mobil nya ngelibas jalanan jelek kecepatan tinggi jadilah syok itu ban terus pecah maybe CMIIW

entah tekanan di toyota, tapi dari suzuki dikasih tekanan 37 psi :big_dunno:

ban sejenis ecopia awet sih, tpi grip nya gk ada banget
yg make gituan biasanya incer iritnya :wkkk:
Serius om dikasi tekanan 37? Nggak terlalu keras kah? Saya pake hankook kynergy 175/65/r14 di agya, walaupun rekomendasi tekanannya 36, tapi saya gk pernah sampe segitu. Pernah sekali saya kasih 36 rasanya jadi keras banget, setelah itu biasanya cuma saya isi 31 atau mentok"nya 32..
Saya kurangi jadi segitu krn liat honda brio yg ukuran bannya sama persis, tapi tekanan rekomendasinya cuma 29..
iya itu tekanan awal ban pas baru terima dari dealer (dikirim ke rumah, pas nyampe langsung cek semua dan dapet tekanan segitu)

gk nyampe 2 jam stelah serah terima kelar, tekanan saya turunin semua ke 31 psi
saya yang pake BS kelas 1jt an aja kerasa keras dan melayangnya pas ngebut pake tekanan 31 psi, apa lagi kalo ban jenis ecopia tekanan 37 coba
mau terbang di tol ? :big_dunno:

rolling resistance emang jadi lebih dikit kalo tekanan makin tinggi, tapi ya resiko nya jadi makin tinggi juga semakin tinggi tekanan angin (pecah karena tekanan tinggi, boncel, melayang, dll)

aneh juga dealer berani setting setinggi itu :big_bored:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

Sandaljepit wrote: Mon Feb 05, 2018 4:50 untuk ukuran 225 / 40 / R18 , yang empuk apa ya bos ? buat mini cooper hehehe
Grip Oke dan lumayan empuk sih rasanya Potenza RE003 ya. IMHO
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

vinchazz wrote: Mon Feb 05, 2018 13:57
Syauqi wrote: Mon Feb 05, 2018 8:49
vinchazz wrote: Sun Feb 04, 2018 10:56

adek saya make ecopia bawaan di ignis gk ada masalah soal pecah sih
mungkin aja itu pecah karena tekanan bawaan dikasih terlalu tinggi, trus bawa mobil nya ngelibas jalanan jelek kecepatan tinggi jadilah syok itu ban terus pecah maybe CMIIW

entah tekanan di toyota, tapi dari suzuki dikasih tekanan 37 psi :big_dunno:

ban sejenis ecopia awet sih, tpi grip nya gk ada banget
yg make gituan biasanya incer iritnya :wkkk:
Serius om dikasi tekanan 37? Nggak terlalu keras kah? Saya pake hankook kynergy 175/65/r14 di agya, walaupun rekomendasi tekanannya 36, tapi saya gk pernah sampe segitu. Pernah sekali saya kasih 36 rasanya jadi keras banget, setelah itu biasanya cuma saya isi 31 atau mentok"nya 32..
Saya kurangi jadi segitu krn liat honda brio yg ukuran bannya sama persis, tapi tekanan rekomendasinya cuma 29..
iya itu tekanan awal ban pas baru terima dari dealer (dikirim ke rumah, pas nyampe langsung cek semua dan dapet tekanan segitu)

gk nyampe 2 jam stelah serah terima kelar, tekanan saya turunin semua ke 31 psi
saya yang pake BS kelas 1jt an aja kerasa keras dan melayangnya pas ngebut pake tekanan 31 psi, apa lagi kalo ban jenis ecopia tekanan 37 coba
mau terbang di tol ? :big_dunno:

rolling resistance emang jadi lebih dikit kalo tekanan makin tinggi, tapi ya resiko nya jadi makin tinggi juga semakin tinggi tekanan angin (pecah karena tekanan tinggi, boncel, melayang, dll)

aneh juga dealer berani setting setinggi itu :big_bored:
Saya pake hankook kinergy di innova diesel baru pake sekitar 4000km tekanan saya kasih 36 kalo saya kasih 33 sesuai rekomen dr innova keliatan kempes ban nya.
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz »

Vicvic wrote: Tue Feb 06, 2018 2:30
vinchazz wrote: Mon Feb 05, 2018 13:57
Syauqi wrote: Mon Feb 05, 2018 8:49

Serius om dikasi tekanan 37? Nggak terlalu keras kah? Saya pake hankook kynergy 175/65/r14 di agya, walaupun rekomendasi tekanannya 36, tapi saya gk pernah sampe segitu. Pernah sekali saya kasih 36 rasanya jadi keras banget, setelah itu biasanya cuma saya isi 31 atau mentok"nya 32..
Saya kurangi jadi segitu krn liat honda brio yg ukuran bannya sama persis, tapi tekanan rekomendasinya cuma 29..
iya itu tekanan awal ban pas baru terima dari dealer (dikirim ke rumah, pas nyampe langsung cek semua dan dapet tekanan segitu)

gk nyampe 2 jam stelah serah terima kelar, tekanan saya turunin semua ke 31 psi
saya yang pake BS kelas 1jt an aja kerasa keras dan melayangnya pas ngebut pake tekanan 31 psi, apa lagi kalo ban jenis ecopia tekanan 37 coba
mau terbang di tol ? :big_dunno:

rolling resistance emang jadi lebih dikit kalo tekanan makin tinggi, tapi ya resiko nya jadi makin tinggi juga semakin tinggi tekanan angin (pecah karena tekanan tinggi, boncel, melayang, dll)

aneh juga dealer berani setting setinggi itu :big_bored:
Saya pake hankook kinergy di innova diesel baru pake sekitar 4000km tekanan saya kasih 36 kalo saya kasih 33 sesuai rekomen dr innova keliatan kempes ban nya.
sepertinya emang tampilan ato bentuknya lembek gitu ya jadi kadang biasa liat tampilan keras, jadi pengen nambah tekanan biar keras juga
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by liemivan86 »


vinchazz wrote: iya itu tekanan awal ban pas baru terima dari dealer (dikirim ke rumah, pas nyampe langsung cek semua dan dapet tekanan segitu)

gk nyampe 2 jam stelah serah terima kelar, tekanan saya turunin semua ke 31 psi
saya yang pake BS kelas 1jt an aja kerasa keras dan melayangnya pas ngebut pake tekanan 31 psi, apa lagi kalo ban jenis ecopia tekanan 37 coba
mau terbang di tol ? :big_dunno:

rolling resistance emang jadi lebih dikit kalo tekanan makin tinggi, tapi ya resiko nya jadi makin tinggi juga semakin tinggi tekanan angin (pecah karena tekanan tinggi, boncel, melayang, dll)

aneh juga dealer berani setting setinggi itu :big_bored:
Untuk mobil kecil (bukan truk), yang bahaya itu tekanan ban kurang. Itu bisa menyebabkan Ban pecah, karena ban jadi panas, tekanan tidak rata, dll. Kalo tekanan ban terlalu tinggi, asal masih wajar (di bawah 40 lah), paling hanya terasa keras dan bagian tengah Ban lebih cepat habis, tidak akan menyebabkan Ban pecah.
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by satrialiar69 »

sore oms
mau ikutan nanya, pengen ganti ban sedan saya dengan ukuran 195/60-15
butuh grip, empuk dan yang gak noise, sebisa mungkin dengan harga yang paling ekonomis.

apakah bisa didapat dari Dunlop SP Sport LM?

thanks in advance
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

vinchazz wrote: Mon Feb 05, 2018 13:57 iya itu tekanan awal ban pas baru terima dari dealer (dikirim ke rumah, pas nyampe langsung cek semua dan dapet tekanan segitu)

gk nyampe 2 jam stelah serah terima kelar, tekanan saya turunin semua ke 31 psi
saya yang pake BS kelas 1jt an aja kerasa keras dan melayangnya pas ngebut pake tekanan 31 psi, apa lagi kalo ban jenis ecopia tekanan 37 coba
mau terbang di tol ? :big_dunno:

rolling resistance emang jadi lebih dikit kalo tekanan makin tinggi, tapi ya resiko nya jadi makin tinggi juga semakin tinggi tekanan angin (pecah karena tekanan tinggi, boncel, melayang, dll)

aneh juga dealer berani setting setinggi itu :big_bored:
pecah ban itu ga mungkin pas tekanan angin berlebih kecuali melebihi batas ban tsb. kalau di google: pecah ban pas jalan itu sebab utamanya justru karena kurangnya tekanan angin akibat sidewall dan struktur ban malah menopang beban kendaraan yang mestinya angin di dalam ban tsb.

tekanan ban itu sebaiknya ga dibawah rekomendasi pabrikan (ganti pelek atau ban juga sama asal masuk aturan +/- 2"). tekanan ban diatas seharusnya si justru bagus karena ban bentuknya semakin bulat = lesser resistancae, tapi grip berkurang akibat luas tapak yang nempel ke permukaan berkurang dan tentu saja bantingan jadi keras.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: Tue Feb 06, 2018 10:30
vinchazz wrote: Mon Feb 05, 2018 13:57 iya itu tekanan awal ban pas baru terima dari dealer (dikirim ke rumah, pas nyampe langsung cek semua dan dapet tekanan segitu)

gk nyampe 2 jam stelah serah terima kelar, tekanan saya turunin semua ke 31 psi
saya yang pake BS kelas 1jt an aja kerasa keras dan melayangnya pas ngebut pake tekanan 31 psi, apa lagi kalo ban jenis ecopia tekanan 37 coba
mau terbang di tol ? :big_dunno:

rolling resistance emang jadi lebih dikit kalo tekanan makin tinggi, tapi ya resiko nya jadi makin tinggi juga semakin tinggi tekanan angin (pecah karena tekanan tinggi, boncel, melayang, dll)

aneh juga dealer berani setting setinggi itu :big_bored:
pecah ban itu ga mungkin pas tekanan angin berlebih kecuali melebihi batas ban tsb. kalau di google: pecah ban pas jalan itu sebab utamanya justru karena kurangnya tekanan angin akibat sidewall dan struktur ban malah menopang beban kendaraan yang mestinya angin di dalam ban tsb.

tekanan ban itu sebaiknya ga dibawah rekomendasi pabrikan (ganti pelek atau ban juga sama asal masuk aturan +/- 2"). tekanan ban diatas seharusnya si justru bagus karena ban bentuknya semakin bulat = lesser resistancae, tapi grip berkurang akibat luas tapak yang nempel ke permukaan berkurang dan tentu saja bantingan jadi keras.
Betul, apalagi kalo kita pake ban eco eco an yg notabene sidewallnya lebih lembek, tekanan ban jangan sampe kurang, bahkan kalo perlu dinaikin 2-3 psi, supaya sidewall nya tetep kuat menopang beban, apalagi kalau dipake di mobil besar.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

vinchazz wrote: Tue Feb 06, 2018 8:06
Vicvic wrote: Tue Feb 06, 2018 2:30
vinchazz wrote: Mon Feb 05, 2018 13:57

iya itu tekanan awal ban pas baru terima dari dealer (dikirim ke rumah, pas nyampe langsung cek semua dan dapet tekanan segitu)

gk nyampe 2 jam stelah serah terima kelar, tekanan saya turunin semua ke 31 psi
saya yang pake BS kelas 1jt an aja kerasa keras dan melayangnya pas ngebut pake tekanan 31 psi, apa lagi kalo ban jenis ecopia tekanan 37 coba
mau terbang di tol ? :big_dunno:

rolling resistance emang jadi lebih dikit kalo tekanan makin tinggi, tapi ya resiko nya jadi makin tinggi juga semakin tinggi tekanan angin (pecah karena tekanan tinggi, boncel, melayang, dll)

aneh juga dealer berani setting setinggi itu :big_bored:
Saya pake hankook kinergy di innova diesel baru pake sekitar 4000km tekanan saya kasih 36 kalo saya kasih 33 sesuai rekomen dr innova keliatan kempes ban nya.
sepertinya emang tampilan ato bentuknya lembek gitu ya jadi kadang biasa liat tampilan keras, jadi pengen nambah tekanan biar keras juga
Iya betul kelihatanya dinding ban hankook lebih lembek tapi saya pakai sih nyaman2 aja kalo dibanding ban standard dari toyota sih jauh lebih enak hankook
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Syauqi »

vinchazz wrote: iya itu tekanan awal ban pas baru terima dari dealer (dikirim ke rumah, pas nyampe langsung cek semua dan dapet tekanan segitu)

gk nyampe 2 jam stelah serah terima kelar, tekanan saya turunin semua ke 31 psi
saya yang pake BS kelas 1jt an aja kerasa keras dan melayangnya pas ngebut pake tekanan 31 psi, apa lagi kalo ban jenis ecopia tekanan 37 coba
mau terbang di tol ? :big_dunno:

rolling resistance emang jadi lebih dikit kalo tekanan makin tinggi, tapi ya resiko nya jadi makin tinggi juga semakin tinggi tekanan angin (pecah karena tekanan tinggi, boncel, melayang, dll)

aneh juga dealer berani setting setinggi itu :big_bored:
Wah sama kalo gitu om..
Walaupun diatas banyak yg nyaranin untuk ngikuti tekanan rekomendasi bahkan menambah sedikit diatasnya, saya gak pernah ngikuti itu, :big_peace: i hehe...
Sekalinya dulu pernah ngikuti, mobil jadi keras banget, akhirnya besoknya langsung dikempesi karena bagi saya itu sangat menggangu, apalagi rute yg saya lewati 80% jalannya jelek, aspal keriting, jalan lubang, speedtrap yg kelewat tinggi, dll dsb..
Sekarang pake tekanan 32 atau 33, sudah sangat pas menurut saya kombinasi antara handling & bantingannya. So far aman2 aja, pernah beberapa kali ngehajar lubang yg agak tajem, sampe punyi JDUEERR keras, alhamdulillah bannya gak pecah
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz »

Oh pecah ban bukan karena tekanan terlalu tinggi ya ? Soalnya pernah nanya teknisi honda serpong klo crv standar 30 dikasi tekanan 37 bisa bkin ban pecah ketika hajar lobang kenceng
Makanya saya ganti ke HPY tekanan rata 33 maks, itu juga tadinya 30 namun sidewall keliatan lembek jadilah naekin ke 33 biar gk begitu lembek

Tapi tetep kalo parkir miring di pinggir jalan sisi yg lebih rendah sidewall nya tetep kek keteken kurang angin

Jadi emang sepertinya sidewall HPY lebih lembek dri BS punya
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by liemivan86 »

vinchazz wrote:Oh pecah ban bukan karena tekanan terlalu tinggi ya ? Soalnya pernah nanya teknisi honda serpong klo crv standar 30 dikasi tekanan 37 bisa bkin ban pecah ketika hajar lobang kenceng
Makanya saya ganti ke HPY tekanan rata 33 maks, itu juga tadinya 30 namun sidewall keliatan lembek jadilah naekin ke 33 biar gk begitu lembek

Tapi tetep kalo parkir miring di pinggir jalan sisi yg lebih rendah sidewall nya tetep kek keteken kurang angin

Jadi emang sepertinya sidewall HPY lebih lembek dri BS punya
Berarti fix teknisi Honda tidak ngerti apa-apa. Masak hal yang dasar banget gitu aja nda ngerti..

*bakar kompor* [emoji91] [emoji91] [emoji91]
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by mamat »

alvin23 wrote: Sat Feb 03, 2018 2:42 lm 704. desert hawk lini bagusnya achilles sih, tapi kalo tujuannya buat tahan lama dan cruising, ttp bagusan dunlop. desert hawk buat ngepot2 kali atau kec. tinggi, tapi umur pasti lbh pendek. Khasnya achiles, ban gampang boncel2 di tapaknya.
vp920b wrote: Mon Feb 05, 2018 2:22 GT Radial Champiro HPY. Grip luar biasa..
Makasi om alvin23 dan om vp920b
Akhirnya ganti continental mc5 dan sampai sejauh ini udah jalan 1500 km dengan berbagai kondisi jalan sangat puas terutama untuk noise, grip dan kenyamanannya karena lebih empuk.
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

vinchazz wrote: Tue Feb 06, 2018 15:34 Oh pecah ban bukan karena tekanan terlalu tinggi ya ? Soalnya pernah nanya teknisi honda serpong klo crv standar 30 dikasi tekanan 37 bisa bkin ban pecah ketika hajar lobang kenceng
Makanya saya ganti ke HPY tekanan rata 33 maks, itu juga tadinya 30 namun sidewall keliatan lembek jadilah naekin ke 33 biar gk begitu lembek

Tapi tetep kalo parkir miring di pinggir jalan sisi yg lebih rendah sidewall nya tetep kek keteken kurang angin

Jadi emang sepertinya sidewall HPY lebih lembek dri BS punya
Bukan om, di sidwewall biasanya tertulis tekanan maksimum berapa psi.

Saya sendiri untuk ban serep selalu tekanannya 45 psi.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz »

liemivan86 wrote: Tue Feb 06, 2018 18:10 Berarti fix teknisi Honda tidak ngerti apa-apa. Masak hal yang dasar banget gitu aja nda ngerti..

*bakar kompor* [emoji91] [emoji91] [emoji91]
haahah soal power steering sih fix mereka kalah jago ama bengkel spesialis macem botak seng
ternyata soal umum aja bermasalah juga

duh nasib nasib beres indo gk bener mulu :big_bored:
evanbngdor wrote: Wed Feb 07, 2018 10:10 Bukan om, di sidwewall biasanya tertulis tekanan maksimum berapa psi.

Saya sendiri untuk ban serep selalu tekanannya 45 psi.
45 biar gk bentar" isi angin ya, tapi pas dipake (amit amit) perlu kurangin tekanan biar sama kiri kanan nya ? :mky_06:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

vinchazz wrote: Wed Feb 07, 2018 13:51
evanbngdor wrote: Wed Feb 07, 2018 10:10 Bukan om, di sidwewall biasanya tertulis tekanan maksimum berapa psi.

Saya sendiri untuk ban serep selalu tekanannya 45 psi.
45 biar gk bentar" isi angin ya, tapi pas dipake (amit amit) perlu kurangin tekanan biar sama kiri kanan nya ? :mky_06:
Iyep. kalau pake ya langsung pake aja, ngga pake kurangin lg tekanan biar sama. :big_smile]
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Tue Feb 06, 2018 10:38
Betul, apalagi kalo kita pake ban eco eco an yg notabene sidewallnya lebih lembek, tekanan ban jangan sampe kurang, bahkan kalo perlu dinaikin 2-3 psi, supaya sidewall nya tetep kuat menopang beban, apalagi kalau dipake di mobil besar.
nah soal ban eco ini ada yang bilang sidewall empuk agar ban menyerap getaran jadi putaran roda tetap luncur mulus, tapi kalau baca2 ada yang blg ban eco itu sidewall itu tebal dan reinforced agar bentuk ban tetap bulat jadi hambat gelinding bisa minimal.

yang terkenal lembek kan si ecopia, gampang sobek itu sidewall. kalau champiro eco malah tapaknya gampang grepes dan bocel2.
vinchazz wrote: Tue Feb 06, 2018 15:34 Oh pecah ban bukan karena tekanan terlalu tinggi ya ? Soalnya pernah nanya teknisi honda serpong klo crv standar 30 dikasi tekanan 37 bisa bkin ban pecah ketika hajar lobang kenceng
Makanya saya ganti ke HPY tekanan rata 33 maks, itu juga tadinya 30 namun sidewall keliatan lembek jadilah naekin ke 33 biar gk begitu lembek
inilah kenapa saya ga suka ahond di indo dari dulu sampe sekarang, karena teknisinya suka ajaib :mky_02:
Tapi tetep kalo parkir miring di pinggir jalan sisi yg lebih rendah sidewall nya tetep kek keteken kurang angin

Jadi emang sepertinya sidewall HPY lebih lembek dri BS punya
sidewall kelihatan lembek itu biasa karakter dinding ban bulat ga kotak. ada ban yang kaya gitu. kaya keluaran BS biasanya jarang bahu dan sidewall yang kotak.

tekanan angin ban itu paling tepat ikuti rekomendasi pabrikan, lebih tinggi ga masalah, kalau kurang malah bahaya. ini saya pernah ngobrol pas factory tour BS dan Dunlop, rata2 bilangnya gitu: ban mau gonta ganti ukuran bahkan ga standard selama masuk range rekomendasi +/- 2 dari standard untuk tekanan angin mustinya sama, karena tekanan angin itu kan fix ga berubah2 mengikuti ban.
vinchazz wrote: Wed Feb 07, 2018 13:51
45 biar gk bentar" isi angin ya, tapi pas dipake (amit amit) perlu kurangin tekanan biar sama kiri kanan nya ? :mky_06:
makanya saya pake nitrogen, setahun sekali palingan isi itu ban serep, kurangnya dalam satu tahun dari tekanan 44 psi ke 30 psi. dan ini sekalian buat test itu yang jualan nitrogen beneran murni ga.

daripada kekurangan malah repot cari isi angin dimana, kalau kelebihan paling bantingan keras atau pas pasang tinggal dikurangi biar sama.
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by sukerdan02 »

IMHO, beda produsen ban kadang diisi tekanan yang sama ga selalu feel nya sama.. Agak menyimpang dikit karena sy pengalamnnya di Ban MT buat harian.. Sy pake ban MT 31 buat harian, biasa isi angin 32/34 tergantung pas isi muatan banyak atau ga.. Pengalaman yg pernah sy rasain sih pas pake GT radial Komodo MT.. Walaupun udah diisi angin 34 seperti biasanya, tapi buat manuver rasanya jauh lbh mengayun, akhirnya sy isi 38 baru bisa feelnya mirip.. Kalo dilihat2 sih emg karakter sidewallnya yg lembek..

Untuk ban jalan raya, sangat kecil kemungkinan ban meletus karena over pressure, kecuali kalo ada kondisi khusus, misal ban udah benjol.. Kalau dibaca di sidewall, rata2 ban ukuran 195/60 misalnya itu max press nya 44 psi cold, dan kayanya ga bakal ada yg cukup gila untuk isi ban dengan tekanan max nya, pasti rasanya kaya naik gerobak wkwkwk.. ban kelihatan kempes atau ga kadangkala ga bs jadi patokan, terutama kalau ban2 ukuran besar semacam 42ner, pjs dkk.. ban dengan tekanan 34 psi denga 24 psi bisa aja ga terlihat, jadi idealnya selalus sedia tire pressure meter di mobil untuk cek sebelum jalan jauh

Untuk petunjuk tekanan ban ideal, itu dihitung dengan ukuran bansesuai standar pabrikan, dengan muatan standar kotor sesuai standar.. Jadi kalau udah pakai ban dengan ukuran beda atau angkut barang overload, patokan ini jelas udah berubah.. kalau mau cara yg agak manual untuk cari tekanan ideal (menurut sy pribadi) sy pake referensi daya topang maksimal ban.. Di sidewall ada misal "max load 600kg @ 44 psi" artinya satu ban bisa nahan beban 600 kg kalau tekanan udaranya 44 psi, artinya 4 ban max 2400kg saat 44 psi.. Nah dikira2 aja bobot mobil dengan penumpang dan barang bawaan kira2 totalnya berapa, misalkan 1800kg tinggal dikalikan aja (1800kg / 2400kg)x 44 psi = 3/4 x 44psi = 33psi, itu tekanan wajib supaya ban bisa 100% menopang bobot keseluruhan, untuk amannya sih biasa sy + 10-20%
adjie1225
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Feb 10, 2018 7:52
Location: Indonesia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by adjie1225 »

pagi... mau tanya dan minta saran..

ban goodyear eagle ntc 5 kalo di banding dengan dunlop ec300 bagus mana ya?
saya lagi nyari ban ukuran 185/55 r15, ada temen nawarin goodyear eagle 525rb, trus sempet nanya ke toko ban,, dunlop ec300 630rb..
selama jadi silent reader di SM :mky_01: banyak yang review dunlop lm704 bagus, cuma kemarin pas nanya stok ukuran yang saya cari kosong, kalo pun ada harganya di 650rb (belum nanya di toko lain)
mendingan ambil ban yang mana ya? atau ada saran ban lain di kisaran harga segitu? saya tinggal di cibinong
tq atensinya...
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by diidoot »

adjie1225 wrote: Wed Feb 28, 2018 0:35 pagi... mau tanya dan minta saran..

ban goodyear eagle ntc 5 kalo di banding dengan dunlop ec300 bagus mana ya?
saya lagi nyari ban ukuran 185/55 r15, ada temen nawarin goodyear eagle 525rb, trus sempet nanya ke toko ban,, dunlop ec300 630rb..
selama jadi silent reader di SM :mky_01: banyak yang review dunlop lm704 bagus, cuma kemarin pas nanya stok ukuran yang saya cari kosong, kalo pun ada harganya di 650rb (belum nanya di toko lain)
mendingan ambil ban yang mana ya? atau ada saran ban lain di kisaran harga segitu? saya tinggal di cibinong
tq atensinya...
setau saya NCT 5 di atas ec300 kelasnya. Tapi NCT bukannya produk lama ya?
enasave EC300 mah ban eco.
Oh iya daripada ec300 mending SP Touring R1, cuman ukurannya ga ada 185/55, mungkin naik jadi 185/60 seperti yaris bapao

LM704 pilihan bagus tapi harganya ada di 600-700 ribu biasanya
Harga segitu pake hankook ventus v2 aja. Yang paling senyap dan empuk di harga segitu (500-600). Under 500 saya saranin pake Hankook Kinergy EX.
-
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by y_anjasrana »

kmrn2 ganti lm704, dptnya produksi 2016. ntah knp koq ga kluar yg baru. toko dunlop langganan jg kosong stoknya utk ukuran ban ane. utg dpt di toko onlen.

tp ntah knp perasaan koq biasa2 aja ya. pa gara2 sbelomnya pake lm704juga? ............. :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

bridgeston kmrn batu loncing generasi terbaru turanza T005...
kembangnya halus rapat liat gambar..lg promo lebih murah 10 ribu dr turanza AR 20..

baru 7 bulan ganti turanza AR 20 buat anki..kepikiran mau ganti buat anki..tapi kt kawan owner toko ban gak usah ganti...belum ada barang masih baru...

ganti kan biar kekinian gitu..generasi terbaru kan pasti lebih bagus dr generasi jadul...move on istilahnya...
:big_weee:

:big_biglaugh: