Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kenop »

lemonadelovers wrote:om d beberapa mobil honda kan camber belakang negatif.. klo pake ban yang petunjuk pemasangan inside-outside jadi ga bisa dirotasi kiri kanan dong ya.. klo ga dirotasi makan sebelah

apa sih efeknya pemasangan inside outside terbalik? sedangkan arah putaran rodanya tetep sama
kalo menurut ane sih ya, mungkin yg paling pengaruh waktu di jalan basah om..
pola buangan air nya kan jadi kebalik itu klo misal nya dalem jadi luar, luar jadi dalem,, apa lagi ban nya asymmetrical pattern
ini mungkin lho ya.. hahaha.. sebaik nya kita tunggu master2 yg menjelaskan :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

mylandy wrote:
DOHC wrote:
sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...

utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...

jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...
CMIIW sangat...
Penjelasannya sudah tepat, Om, tapi istilahnya terbalik antara understeer dan oversteer. Kalo ban belakang botak, mobil cenderung oversteer. Sebaliknya kalo ban depan yang botak, mobil cenderung understeer.
Mohon suhu-suhu koreksi nubie yang lagi belajar... :thanks:
ok sipp makasih koreksi nya om...

ane catet dl yahh di buku primbon ane... :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by mylandy »

Sama2, Om, tidak maksud ngajarin angsa berenang. :frm_salut:
Kebetulan mau ganti ban, ada info bagus dari Om Kunaskun. :thanks:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

di tempat sporing ecek2 saya pernah ada 1 ban salah pasang n di taro sebelah kiri untuk e36 dengan ban potenza G3...out jd in...saya lupa waktu itu krn beli ban atau apa..

kbetulan saya bawa iseng tes jkt bandung kondisi cuaca kering itu efeknya ban berasa tarik berlawanan..sampe saya bingung mobil saya sekelas bmw kok begini...saya gak cek detail...mungkin mobil saya sudah tua...

suatu hari saya ke start tire di situlah saya baru tau ternyata ban salah pasang...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

mylandy wrote:
DOHC wrote:
sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...

utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...

jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...
CMIIW sangat...
Penjelasannya sudah tepat, Om, tapi istilahnya terbalik antara understeer dan oversteer. Kalo ban belakang botak, mobil cenderung oversteer. Sebaliknya kalo ban depan yang botak, mobil cenderung understeer.
Mohon suhu-suhu koreksi nubie yang lagi belajar... :thanks:
sudah bener kok istilahnya.

sebenernya alasan utamanya gini: ban baru itu kan belum break in dan kalau sudah break in pasti akan memberikan grip lebih baik. nah ketika di taro di depan maka terjadi kecenderungan oversteer. and we all know, its easier to control understeer karena kan tinggal lepas gas, arahin steer, maka bisa ngembalin grip tersebut. beda dengan oversteer yang butuh skill lebih, karena oversteer itu mirip drifting, bedanya drifting itu controlled oversteer, kenapa sulit karena momentum kendaraan bergantung ke traksi ban tersebut, kalau dilepas gas tiba2 atau langsung direm yang terjadi malah skidding or slide out karena malah makin oversteer akibat grip bertambah di bagian yg overster tsb = celaka, resep terbaik untuk netralin ovesteer adalah dengan digas dan arahin steer = ada ga refleks driver biasa yang gini karena respon utama manusia otomatis ngerem, juga mana ada yang berani injek gas = tambah kecepatan buat netral efek oversteer. nah inilah fungsinya VSC, continously monitoring traction at each tire = traction control.

nah kenapa org indo banyak salah kaprah taro ban baru di depan? karena berharap gain more traction, anggapannya lebih lengket lebih bagus buktinya mobil balap banyak yang gitu :mky_03: dan alasan paling kocak yg pernah ane denger di toko ban: kan ban depan yang belok2, paling banyak kerja, ban belakang ga ngapa2in jadi ngapain ban baru di belakang, rugi dong :mky_07:

untungnya banyak mobil di indo di setting sangat understeer dari pabrik terutama penggerak depan, belum lagi banyak bengkel spooring yang hobi setel stir jadi enteng jadi makin understeer karena biasa sudut casternya dibikin netral = irit ban juga maunya konsumen stir enteng karena enteng itu mobil bagus :mky_07: terus penggunaan ban OE jenis eco atau ban eco di harga dan tapak kecil :big_dunno: . jadi efek bahaya oversteer akibat ban baru tereduksi oleh setelan understeer ini. walau tetep bahaya karena ga ada yang tau kapan akan oversteer. :big_childish:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

lemonadelovers wrote:om d beberapa mobil honda kan camber belakang negatif.. klo pake ban yang petunjuk pemasangan inside-outside jadi ga bisa dirotasi kiri kanan dong ya.. klo ga dirotasi makan sebelah

apa sih efeknya pemasangan inside outside terbalik? sedangkan arah putaran rodanya tetep sama
rain dance :mky_03: :mky_04:

dirotasi bisa kok, pindah depan belakang atau silang depan belakang kaya biasa dengan copot ban dari pelek dulu, dan mostly mobil apapun ban belakang itu chamber pasti negative.
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by mylandy »

Tengkyu, om kun, buat penjelasan yang super lengkap dan bikin nubie puyeng. :thanks:
kalo kita ke bengkel spooring, bagaimana caranya kita tahu setting nya sudah benar? selama ini memang cuman ngandelin feeling a.k.a stir terasa enteng.
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

lemonadelovers wrote:om d beberapa mobil honda kan camber belakang negatif.. klo pake ban yang petunjuk pemasangan inside-outside jadi ga bisa dirotasi kiri kanan dong ya.. klo ga dirotasi makan sebelah

apa sih efeknya pemasangan inside outside terbalik? sedangkan arah putaran rodanya tetep sama
Ijin share pengalaman, kebetulan pake honda dengan kaki belakang multi link + sempet juga ceperin, camber belakang -4
Pemakaian 2 tahun dengan velg dan ban std gak ada masalah berarti (malah gak pernah rotasi) :big_peace:
Lain ceritanya ketika pake velg dengan ban "narik", keliatan jelas ban gak napak semua hehe jelas makan sebelah doang

Kesimpulan+logika sotoy nubi: selama velg dan ban std atau yang sidewallnya masih tebel sepertinya gak terlalu bermasalah dengan makan samping. Apalagi kalo kaki2 std dan sehat, gak perlu khawatir, semua udah diitung sama insinyurnya hehe :big_peace:

Kalau terbalik, seperti kata suhu2 diatas, ngebuang air pasti beda, pengendalian juga beda, pernah denger juga bisa jadi lebih berisik

Cmiiw
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by lemonadelovers »

@ om2 semua thx ya jawabannya iys nih klo pake velg lebar cambernya keliatan bgt, jd kepikiran beli camber kit adjustable
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arfs »

Om mau tanya nih ban ukuran 215/55R17 yang bagus apa yah?
Ban SX4 RC1 saya BS Turanza GR-90 sudah 4 tahun dan jalan 47rb km mulai kena TWI empat-empatnya.
Mau ganti yang sama tapi liat di website BS luar sudah keluar yg GR-100 nya.

Kalau ganti Hankook Ventus S1 Noble 2, kira2 bagus gak om?
ariasss
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Wed Jan 23, 2013 16:35

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by ariasss »

arfs wrote:Om mau tanya nih ban ukuran 215/55R17 yang bagus apa yah?
Ban SX4 RC1 saya BS Turanza GR-90 sudah 4 tahun dan jalan 47rb km mulai kena TWI empat-empatnya.
Mau ganti yang sama tapi liat di website BS luar sudah keluar yg GR-100 nya.

Kalau ganti Hankook Ventus S1 Noble 2, kira2 bagus gak om?
Kemaren Ane sempat cari ban ukuran ini oom
Paling murah GT Savero SUV
Meskipun jadinya Ane ambil GT Champiro HPY buat ganti turanza er 33 Ane yg udah afkir dipake 9 tahun..

Salam
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

ariasss wrote: Kemaren Ane sempat cari ban ukuran ini oom
Paling murah GT Savero SUV
Meskipun jadinya Ane ambil GT Champiro HPY buat ganti turanza er 33 Ane yg udah afkir dipake 9 tahun..

Salam
Reviewnya dong om Champiro HPY, thx :big_exellent:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by imsus2c »

mylandy wrote:
imsus2c wrote: Saya pernah pakai Yokohama db, memang hening dan empuk.
Tapi begitu ganti Conti CC1, ternyata jadi lebih hening dan empuk, plus bonus lebih awet.
Di mobil lain (beda ukuran ban), dari CC1 ganti CC5, ternyata masih bisa lebih hening lagi :D
Kalau lari agak kenceng, yg kedengar cuma desir angin dan suara mesin...pakai kuping-o-meter pribadi yah...
Sayang CC5 ini ngga ada yg ukuran r17. Kalau CC1 masih ada, tapi ukurannya 215/55
Saya sekarang juga pake CC5 buat di depan, di belakang masih ban bawaan pabrik Dueler H/P Sport. Imo, masih lebih silent si dueler. Trus, CC5 ini blom setahun dipake udah pada rompal. :off_no:
Makanya mau coba merk lain. Kebetulan minggu kemarin toko ban langganan kirim kabar kalo Michelle latitude sport3 sudah bisa dipesan, minggu depan ready stock. Mudah-mudahan bisa lebih baik dari CC5 dan dueler. :angel:
CC5 ada yg cross link ukurannya sama dueler ya pak? Baru tau :)
Pengalaman pribadi pakai conti berbagai tipe (tapi masih entry level sih), berbagai ukuran di berbagai jenis mobil, hasilnya ok, sepadan dibanding harganya.
Yg terjauh saat ini (masih terpakai), CRC-LX, udh thn ke-4/80ribuan km, tapak masih utuh. TWI masih sekitar 30%an. Sidewall belum ada yg bunting.
Cuma memang udh berisik dan agak keras.

Yg conti tipe lain, rata2 habis di km 50-60ribuan. Habis aus rata, bukan rusak.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

saya rencana mau ganti ban anki 215-55-17...

ada 2 pilihan..

adrenalin 003 ukuran 215-45-17...bingung ruang spakbor makin besar bolongnya..

adrenain 003 ukuran 225-55-17...tambah tinggi ban ruang spakbor makin rapet...ragu bentuk ban jd donut(mlebar samping)..klo nikung apa gak ngelipet ya ban...
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by lemonadelovers »

Klo ganti ke 225/50/17 gmn kompre?
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

Kagak ada ukuran itu bro lemon....ya cm itu aja adrenalin stok..
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

Ternyata ada ukuran adrenalin 2225-45-17...kira2 gmn ya ketemu gak pasnya dr standar 215-55-17..(Tinggi n lebar tapaknya)...

Direkomen toko ban 225-55-17 cm ktnya jd nambah tinggi 1 cm..ragu bawa kencang jd kurang enak...

Klo 215-45-17 ktnya jd cungkring kekecilan...
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by alvin23 »

kompresorz wrote:Ternyata ada ukuran adrenalin 2225-45-17...kira2 gmn ya ketemu gak pasnya dr standar 215-55-17..(Tinggi n lebar tapaknya)...

Direkomen toko ban 225-55-17 cm ktnya jd nambah tinggi 1 cm..ragu bawa kencang jd kurang enak...

Klo 215-45-17 ktnya jd cungkring kekecilan...
225-45 masih lebih cungkring om kompre dibanding ban standarnya, kayaknya mending 225-55 deh , rongga fender lbh terisi

225-50 gaada ya?
Rocky R ADS CVT 2021
Hedi2an
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Apr 02, 2015 23:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Hedi2an »

Nubi mw tanya ni gan.. ban OEM ane 185/60r16, klo mw diganti ke 205/55r16 tanpa gnti velg itu kan naek 2 tingkat, lebar velg cuma 5,5".. klo soal mentok siy ngga, cuma kmungkinan jeleknya apa ya yg bisa trjadi antara ban dgn velgnya?
Kpngn coba champiro hpy, klo di situs GT nya siy range lebar velg antara 5,5" - 7,5" utk ukuran 205/55r16 tsb
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

kompresorz wrote:Ternyata ada ukuran adrenalin 2225-45-17...kira2 gmn ya ketemu gak pasnya dr standar 215-55-17..(Tinggi n lebar tapaknya)...

Direkomen toko ban 225-55-17 cm ktnya jd nambah tinggi 1 cm..ragu bawa kencang jd kurang enak...

Klo 215-45-17 ktnya jd cungkring kekecilan...
kl sidewall nya keras, rasa2 nya ga masalah om...

atau kl mau skalian ganti velg aj om, pakein velg vellfire cakep tuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by alvin23 »

Hedi2an wrote:Nubi mw tanya ni gan.. ban OEM ane 185/60r16, klo mw diganti ke 205/55r16 tanpa gnti velg itu kan naek 2 tingkat, lebar velg cuma 5,5".. klo soal mentok siy ngga, cuma kmungkinan jeleknya apa ya yg bisa trjadi antara ban dgn velgnya?
Kpngn coba champiro hpy, klo di situs GT nya siy range lebar velg antara 5,5" - 7,5" utk ukuran 205/55r16 tsb
kebanyakan... lebar velg 5.5 inch bagusnya max di 195... kbetulan yaris saya juga lebar velgnya segitu

jeleknya, sidewall ban terlalu kembung, gampang rusak ntar...

kalo mau 205, minimal lebar velg 6

hitung aja disini http://www.tyresizecalculator.com/tyre- ... calculator
Rocky R ADS CVT 2021
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

alvin23 wrote:
kompresorz wrote:Ternyata ada ukuran adrenalin 2225-45-17...kira2 gmn ya ketemu gak pasnya dr standar 215-55-17..(Tinggi n lebar tapaknya)...

Direkomen toko ban 225-55-17 cm ktnya jd nambah tinggi 1 cm..ragu bawa kencang jd kurang enak...

Klo 215-45-17 ktnya jd cungkring kekecilan...
225-45 masih lebih cungkring om kompre dibanding ban standarnya, kayaknya mending 225-55 deh , rongga fender lbh terisi

225-50 gaada ya?

225-45 ke pres naik keatas msh gak sama dgn 215-55 ya...gak ada nih yg 50...o ya mantap tuh link ban bro alvin..mo di pelajari..

ada yg tau gak ukuran lebar velg anki Q...
DOHC wrote:
kompresorz wrote:Ternyata ada ukuran adrenalin 2225-45-17...kira2 gmn ya ketemu gak pasnya dr standar 215-55-17..(Tinggi n lebar tapaknya)...

Direkomen toko ban 225-55-17 cm ktnya jd nambah tinggi 1 cm..ragu bawa kencang jd kurang enak...

Klo 215-45-17 ktnya jd cungkring kekecilan...
kl sidewall nya keras, rasa2 nya ga masalah om...

atau kl mau skalian ganti velg aj om, pakein velg vellfire cakep tuh...
ya nih serba bingung itu ruang spakbor jauh bgt..tar cb dah di toko ban reques 2 ukuran...byr ongkos pasang aja..

saya mlh suka velg new fortuner mod..bintang...tp pas saya lihat ukuran bannya luar biasa ...265-65...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

nahh itu pelek fortie emg dr dulu ga bsa di subsidi silang ama ipah... beda baut... plg nyebelin memang... malah aneh nya pelek alphard bsa subsidi silang ama ipah....

btw naek 1 cm diameter dr std kayanya ga ampe bkin sidewall gembung deh om.. coba dl aj... kcuali kl adrenaline itu type ban yg ad rim guard nya... kl turanza ar-20 dl ane perna coba2 sehh naek 1 ukuran ga kliatan gembung koq..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

oklah mod...............................
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by egibaio »

Skrg ane pake Champiro HPY, grip kering oke bgt, feedback bagus, lumayan sunyi dan nyaman. Sayangnya agak rentan aquaplanning dan ngerem di basah agak kurang pede jdnya