Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
Luxman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 02 Apr 2017, 06:50

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Luxman »

evanbngdor wrote:
Rundeer wrote: 03 Apr 2018, 13:28
osbertc0ol wrote: 21 Mar 2018, 10:52 mau ganti ban ipah nih rencana mau cari yang under 1jt. (ar20 ud 1.1jt/pc)
Biasa pake OEM nya aja brigestone B390 205/65/r15

nah kalo b390 dibandingin ecopia mpv-1 gmn ya? secara mpv 1 perkembangan baru kan ya?
atau pake dunlop lm704 ?

Thanks!
Kebetulan ipah sy pake Ecopia mpv-1
So, setelah 3 thn pemakaian (2015-2018) saya bisa simpulkan karakter ban ini.
- suara ban agak lebih berisik dibanding oemnya (Dunlop SP Sport D80 V4)
- karakter ban lebih empuk, tapi ntah kenapa kerikil kecil lumayan kerasa
- gampang banget bocor, malah ada yg sobek di tapaknya

So far kembangnya nyampe sekarang masih tebel sih dibanding oemnya yg 3 tahun udah botak abis, apa karena jarang jalan kali ya hahaha... Tapi gampang bocornya itu yg bikin males :mky_06:

Sekalian mau nanya, yg udah pernah pake BS Dueler H/T di Innova impresinya gimana ya? Soalnya kalo diliat keren jg kalo pake ban agak tebelan :ngacir:
Dueler HT yg ukuran 215/70R15 sih secara tampilan kurang oke ya, pattern nya jelek & sidewall nya sedikit membulat, jd kurang gagah.

Dueler HT yg tampilannya lumayan sih yg 205/70R15, atau sekalian pake Dueler HL ukuran 235/70R15.

Kalo mau ban pacul bisa coba pake 215/70R15 atau 235/70R15 pake Dueler AT.
Ipah 2kd saya ban belakang ganti 215/70/R15. Kok Teresa lebih keras ya kalau diisi angin sesuai anjuran dipintu. Apa kalau ban lebih tebel tekanan angin harus dikurangi?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

Luxman wrote: 09 Apr 2018, 16:49
evanbngdor wrote:
Dueler HT yg ukuran 215/70R15 sih secara tampilan kurang oke ya, pattern nya jelek & sidewall nya sedikit membulat, jd kurang gagah.

Dueler HT yg tampilannya lumayan sih yg 205/70R15, atau sekalian pake Dueler HL ukuran 235/70R15.

Kalo mau ban pacul bisa coba pake 215/70R15 atau 235/70R15 pake Dueler AT.
Ipah 2kd saya ban belakang ganti 215/70/R15. Kok Teresa lebih keras ya kalau diisi angin sesuai anjuran dipintu. Apa kalau ban lebih tebel tekanan angin harus dikurangi?
Keras atau ngga banyak faktornya om, kalau sebelumnya pake ban eco skg pake ban SUV udah pasti berasa lebih keras om, meskipun ukuran lebih tebal dikit.

Kalo ogut sih ban ukuran standar atau ngga tekanan selalu 35 rata depan-belakang.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
arinugroho14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 12 Feb 2017, 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arinugroho14 »

stealthy wrote: 03 Apr 2018, 09:10 Tapi baca2 review di SM ada yang bilang sejak pake LM704 setir jadi berat dan boros....tapi cuman 1 sih yang bilang gitu, lainnya mostly positif review
Sya sdh 3thn pake LM704,
Tdk ada gejala jd lebih boros & berat. Utk performa di jlan basah jga fine2 sja. Aquaplanning pernah sih, mngkn krna sya libas di kec. 100kph, bkan krna bannya

Yg pasti LM704 terasa lbh senyap
Mobil sya Mazda2. R16/55
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: 13 Mar 2015, 11:14

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by stealthy »

Akhirnya saya putuskan mau ambil Hankook Ventus Noble aja nih.....lagi tunggu kabar dari main dealer nya kapan yang produksi 2018 masuk.

Secara harga cuman beda 50rb dengan LM704 dan baca review disini kelasnya lebih tinggi, jadi penasaran deh.
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 11 Jul 2017, 00:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

Gan mau nanya nih temen saya mobilio ada mau ganti ban saya sarankan hankook kinergy karena saya sudah pakai di innova dan cukup puas. Tapi baru2 ini saya ada lihat ban falken sincera sn832i yg harganya cuma selisih lebih mahal 50rb mau tanya lebih bagus mana falken atau hankook?
flvsk213
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 01 Nov 2016, 18:34

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by flvsk213 »

Baru aja ganti ban bawaan Hyundai Grand i10 yang udah jalan 55000 km, udah kena wear bar dan berisiknya ampun pas lewat jalan apapun kecuali jalan aspal hotmix, setelah tanya2 toko2 ban di Jakarta udah hampir mau beli Hankook Kinergy EX @450rb per ban untuk ukuran 175/65 R14

Mendadak ada ban Accelera Ecoplush di feed "recommended for you" di salah satu toko online terkemuka @371 ribu per ban + Cashback, diiklankan sebagai "ban ramah lingkungan, hemat bbm dan tidak berisik". untuk 371 rb per ban ane pikir ga akan masalah kalo bannya bakal lebih parah dari 350 tahun penjajahan belanda, or, at least suaranya kaya pesawat lion air mau take off. Setelah pengalaman pakai ban Accelera Beta sampai botak di mobil lama saya dan pernah ke bengkel karena salah mengira suara ban saya sebagai suara wheel bearing yg rusak, saya pikir "Halah, separah apa sih nanti" singkat kata dan bayar 1.484.000 buat 4 ban. Bonus nitrogen dan balancing seumur hidup bannya.

Sekarang sudah jalan +-2000 km, surprise surprise bannya seperti yang diiklankan oleh pihak Accelera, bannya super sunyi di segala kondisi jalan dan sangatempuk walau untuk konsumsi bbm saya ga sadar2 amat perubahannya. Dengan harga semurah itu, saya kadang2 takut merasa dikerjai dan tiba2 bakal ada Komeng nongol dari kursi belakang sembari bilang "SPONTAN UHUY!" dari bawah kolong mobil saya.

Saya mencari dengan segala daya dan upaya untuk menemukan kenapa ban ini harganya 371 ribu per ban, saya bawa ke semua kondisi jalan, saya bawa menerjang semua jenis polisi tidur dengan berbagai sudut kemiringan berdasarkan iq pembuatnya. Saya bahkan coba menerjang genangan air dengan kecepatan tinggi untuk menemukan toleransi aquaplanningnya, tapi saya tidak kunjung menemuka kenapa harga ban ini satunya lebih murah daripada ngopi-ngopi bareng temen di kafe-kafe ternama.

Namun, seperti halnya pepatah "terkadang hanya waktu yang bisa menjawab", saya mendapatkan jawabannya waktu saya menikung di offramp JORR arah Toll Serpong, terbiasa dengan ban lama i10 saya yang walaupun sudah sebotak Deddy Corbuzier gripnya masih sangat mumpuni (Bannya merek Nexen CP661, tidak akan ketemu di toko ban manapun seantero NKRI), saya menikung dengan kecepatan sedikit diatas 60 km/jam

Astagfirullah.

Kapal miring komandan.
2015 Hyundai Grand i10 1.2
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: 11 Aug 2016, 21:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz »

flvsk213 wrote: 29 Apr 2018, 21:22 Baru aja ganti ban bawaan Hyundai Grand i10 yang udah jalan 55000 km, udah kena wear bar dan berisiknya ampun pas lewat jalan apapun kecuali jalan aspal hotmix, setelah tanya2 toko2 ban di Jakarta udah hampir mau beli Hankook Kinergy EX @450rb per ban untuk ukuran 175/65 R14

Mendadak ada ban Accelera Ecoplush di feed "recommended for you" di salah satu toko online terkemuka @371 ribu per ban + Cashback, diiklankan sebagai "ban ramah lingkungan, hemat bbm dan tidak berisik". untuk 371 rb per ban ane pikir ga akan masalah kalo bannya bakal lebih parah dari 350 tahun penjajahan belanda, or, at least suaranya kaya pesawat lion air mau take off. Setelah pengalaman pakai ban Accelera Beta sampai botak di mobil lama saya dan pernah ke bengkel karena salah mengira suara ban saya sebagai suara wheel bearing yg rusak, saya pikir "Halah, separah apa sih nanti" singkat kata dan bayar 1.484.000 buat 4 ban. Bonus nitrogen dan balancing seumur hidup bannya.

Sekarang sudah jalan +-2000 km, surprise surprise bannya seperti yang diiklankan oleh pihak Accelera, bannya super sunyi di segala kondisi jalan dan sangatempuk walau untuk konsumsi bbm saya ga sadar2 amat perubahannya. Dengan harga semurah itu, saya kadang2 takut merasa dikerjai dan tiba2 bakal ada Komeng nongol dari kursi belakang sembari bilang "SPONTAN UHUY!" dari bawah kolong mobil saya.

Saya mencari dengan segala daya dan upaya untuk menemukan kenapa ban ini harganya 371 ribu per ban, saya bawa ke semua kondisi jalan, saya bawa menerjang semua jenis polisi tidur dengan berbagai sudut kemiringan berdasarkan iq pembuatnya. Saya bahkan coba menerjang genangan air dengan kecepatan tinggi untuk menemukan toleransi aquaplanningnya, tapi saya tidak kunjung menemuka kenapa harga ban ini satunya lebih murah daripada ngopi-ngopi bareng temen di kafe-kafe ternama.

Namun, seperti halnya pepatah "terkadang hanya waktu yang bisa menjawab", saya mendapatkan jawabannya waktu saya menikung di offramp JORR arah Toll Serpong, terbiasa dengan ban lama i10 saya yang walaupun sudah sebotak Deddy Corbuzier gripnya masih sangat mumpuni (Bannya merek Nexen CP661, tidak akan ketemu di toko ban manapun seantero NKRI), saya menikung dengan kecepatan sedikit diatas 60 km/jam

Astagfirullah.

Kapal miring komandan.
maksudnya om ? ban kempes pas nikung ? ato kecelakaan ? bikin penasaran om
flvsk213
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 01 Nov 2016, 18:34

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by flvsk213 »

vinchazz wrote: 29 Apr 2018, 21:34
flvsk213 wrote: 29 Apr 2018, 21:22 Baru aja ganti ban bawaan Hyundai Grand i10 yang udah jalan 55000 km, udah kena wear bar dan berisiknya ampun pas lewat jalan apapun kecuali jalan aspal hotmix, setelah tanya2 toko2 ban di Jakarta udah hampir mau beli Hankook Kinergy EX @450rb per ban untuk ukuran 175/65 R14

Mendadak ada ban Accelera Ecoplush di feed "recommended for you" di salah satu toko online terkemuka @371 ribu per ban + Cashback, diiklankan sebagai "ban ramah lingkungan, hemat bbm dan tidak berisik". untuk 371 rb per ban ane pikir ga akan masalah kalo bannya bakal lebih parah dari 350 tahun penjajahan belanda, or, at least suaranya kaya pesawat lion air mau take off. Setelah pengalaman pakai ban Accelera Beta sampai botak di mobil lama saya dan pernah ke bengkel karena salah mengira suara ban saya sebagai suara wheel bearing yg rusak, saya pikir "Halah, separah apa sih nanti" singkat kata dan bayar 1.484.000 buat 4 ban. Bonus nitrogen dan balancing seumur hidup bannya.

Sekarang sudah jalan +-2000 km, surprise surprise bannya seperti yang diiklankan oleh pihak Accelera, bannya super sunyi di segala kondisi jalan dan sangatempuk walau untuk konsumsi bbm saya ga sadar2 amat perubahannya. Dengan harga semurah itu, saya kadang2 takut merasa dikerjai dan tiba2 bakal ada Komeng nongol dari kursi belakang sembari bilang "SPONTAN UHUY!" dari bawah kolong mobil saya.

Saya mencari dengan segala daya dan upaya untuk menemukan kenapa ban ini harganya 371 ribu per ban, saya bawa ke semua kondisi jalan, saya bawa menerjang semua jenis polisi tidur dengan berbagai sudut kemiringan berdasarkan iq pembuatnya. Saya bahkan coba menerjang genangan air dengan kecepatan tinggi untuk menemukan toleransi aquaplanningnya, tapi saya tidak kunjung menemuka kenapa harga ban ini satunya lebih murah daripada ngopi-ngopi bareng temen di kafe-kafe ternama.

Namun, seperti halnya pepatah "terkadang hanya waktu yang bisa menjawab", saya mendapatkan jawabannya waktu saya menikung di offramp JORR arah Toll Serpong, terbiasa dengan ban lama i10 saya yang walaupun sudah sebotak Deddy Corbuzier gripnya masih sangat mumpuni (Bannya merek Nexen CP661, tidak akan ketemu di toko ban manapun seantero NKRI), saya menikung dengan kecepatan sedikit diatas 60 km/jam

Astagfirullah.

Kapal miring komandan.
maksudnya om ? ban kempes pas nikung ? ato kecelakaan ? bikin penasaran om
Limbung banget om maksudnya, karena bannya empuk sunyi dan.... murah, prediksi saya sih kompon yang dipakai asal empuk aja, tidak sebagus kompon yg dipake ban2 yang empuk tapi berhandling bagus, cth : Michelin XM2 atau Toyo NanoEnergy atau bahkan Hankook Kinergy EX sekalipun
2015 Hyundai Grand i10 1.2
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

flvsk213 wrote: 29 Apr 2018, 21:22 Baru aja ganti ban bawaan Hyundai Grand i10 yang udah jalan 55000 km, udah kena wear bar dan berisiknya ampun pas lewat jalan apapun kecuali jalan aspal hotmix, setelah tanya2 toko2 ban di Jakarta udah hampir mau beli Hankook Kinergy EX @450rb per ban untuk ukuran 175/65 R14

Mendadak ada ban Accelera Ecoplush di feed "recommended for you" di salah satu toko online terkemuka @371 ribu per ban + Cashback, diiklankan sebagai "ban ramah lingkungan, hemat bbm dan tidak berisik". untuk 371 rb per ban ane pikir ga akan masalah kalo bannya bakal lebih parah dari 350 tahun penjajahan belanda, or, at least suaranya kaya pesawat lion air mau take off. Setelah pengalaman pakai ban Accelera Beta sampai botak di mobil lama saya dan pernah ke bengkel karena salah mengira suara ban saya sebagai suara wheel bearing yg rusak, saya pikir "Halah, separah apa sih nanti" singkat kata dan bayar 1.484.000 buat 4 ban. Bonus nitrogen dan balancing seumur hidup bannya.

Sekarang sudah jalan +-2000 km, surprise surprise bannya seperti yang diiklankan oleh pihak Accelera, bannya super sunyi di segala kondisi jalan dan sangatempuk walau untuk konsumsi bbm saya ga sadar2 amat perubahannya. Dengan harga semurah itu, saya kadang2 takut merasa dikerjai dan tiba2 bakal ada Komeng nongol dari kursi belakang sembari bilang "SPONTAN UHUY!" dari bawah kolong mobil saya.

Saya mencari dengan segala daya dan upaya untuk menemukan kenapa ban ini harganya 371 ribu per ban, saya bawa ke semua kondisi jalan, saya bawa menerjang semua jenis polisi tidur dengan berbagai sudut kemiringan berdasarkan iq pembuatnya. Saya bahkan coba menerjang genangan air dengan kecepatan tinggi untuk menemukan toleransi aquaplanningnya, tapi saya tidak kunjung menemuka kenapa harga ban ini satunya lebih murah daripada ngopi-ngopi bareng temen di kafe-kafe ternama.

Namun, seperti halnya pepatah "terkadang hanya waktu yang bisa menjawab", saya mendapatkan jawabannya waktu saya menikung di offramp JORR arah Toll Serpong, terbiasa dengan ban lama i10 saya yang walaupun sudah sebotak Deddy Corbuzier gripnya masih sangat mumpuni (Bannya merek Nexen CP661, tidak akan ketemu di toko ban manapun seantero NKRI), saya menikung dengan kecepatan sedikit diatas 60 km/jam

Astagfirullah.

Kapal miring komandan.
buat saya kalo size ban unyil2 yg murah (R15 ke bawah, di bawah 600k) saya sll pegang hankook kinergy/falken sincera om, ga brani ambil achilles2an/accelera2an. kepepet ya GT champiro eco. itupun kalo udah bener2 super last choice kalo size ban nya size jarang br ambil achilles ato accelera ato forceum. kalo cari R15 masih bs dapet ban bagusan yg murah (bawah 600k kalo ukuran saya), kaya falken ziex.
flvsk213
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 01 Nov 2016, 18:34

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by flvsk213 »

erwinign wrote: 29 Apr 2018, 22:05 buat saya kalo size ban unyil2 yg murah (R15 ke bawah, di bawah 600k) saya sll pegang hankook kinergy/falken sincera om, ga brani ambil achilles2an/accelera2an. kepepet ya GT champiro eco. itupun kalo udah bener2 super last choice kalo size ban nya size jarang br ambil achilles ato accelera ato forceum. kalo cari R15 masih bs dapet ban bagusan yg murah (bawah 600k kalo ukuran saya), kaya falken ziex.
Kalo buat saya, ini semacam pembuktian "is it that bad" gitu om, karena produknya baru juga dan yang diiklanin PT Elang Perdana Tyres kualitas yang didambakan sebagian besar pembaca trit ini termasuk saya (sunyi, empuk). Kalo memang "that bad", nanti saya sharing lagi biar ga ada yg nasibnya sama :mky_02:
2015 Hyundai Grand i10 1.2
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 11 Jul 2017, 00:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

flvsk213 wrote: 29 Apr 2018, 21:43
vinchazz wrote: 29 Apr 2018, 21:34
flvsk213 wrote: 29 Apr 2018, 21:22 Baru aja ganti ban bawaan Hyundai Grand i10 yang udah jalan 55000 km, udah kena wear bar dan berisiknya ampun pas lewat jalan apapun kecuali jalan aspal hotmix, setelah tanya2 toko2 ban di Jakarta udah hampir mau beli Hankook Kinergy EX @450rb per ban untuk ukuran 175/65 R14

Mendadak ada ban Accelera Ecoplush di feed "recommended for you" di salah satu toko online terkemuka @371 ribu per ban + Cashback, diiklankan sebagai "ban ramah lingkungan, hemat bbm dan tidak berisik". untuk 371 rb per ban ane pikir ga akan masalah kalo bannya bakal lebih parah dari 350 tahun penjajahan belanda, or, at least suaranya kaya pesawat lion air mau take off. Setelah pengalaman pakai ban Accelera Beta sampai botak di mobil lama saya dan pernah ke bengkel karena salah mengira suara ban saya sebagai suara wheel bearing yg rusak, saya pikir "Halah, separah apa sih nanti" singkat kata dan bayar 1.484.000 buat 4 ban. Bonus nitrogen dan balancing seumur hidup bannya.

Sekarang sudah jalan +-2000 km, surprise surprise bannya seperti yang diiklankan oleh pihak Accelera, bannya super sunyi di segala kondisi jalan dan sangatempuk walau untuk konsumsi bbm saya ga sadar2 amat perubahannya. Dengan harga semurah itu, saya kadang2 takut merasa dikerjai dan tiba2 bakal ada Komeng nongol dari kursi belakang sembari bilang "SPONTAN UHUY!" dari bawah kolong mobil saya.

Saya mencari dengan segala daya dan upaya untuk menemukan kenapa ban ini harganya 371 ribu per ban, saya bawa ke semua kondisi jalan, saya bawa menerjang semua jenis polisi tidur dengan berbagai sudut kemiringan berdasarkan iq pembuatnya. Saya bahkan coba menerjang genangan air dengan kecepatan tinggi untuk menemukan toleransi aquaplanningnya, tapi saya tidak kunjung menemuka kenapa harga ban ini satunya lebih murah daripada ngopi-ngopi bareng temen di kafe-kafe ternama.

Namun, seperti halnya pepatah "terkadang hanya waktu yang bisa menjawab", saya mendapatkan jawabannya waktu saya menikung di offramp JORR arah Toll Serpong, terbiasa dengan ban lama i10 saya yang walaupun sudah sebotak Deddy Corbuzier gripnya masih sangat mumpuni (Bannya merek Nexen CP661, tidak akan ketemu di toko ban manapun seantero NKRI), saya menikung dengan kecepatan sedikit diatas 60 km/jam

Astagfirullah.

Kapal miring komandan.
maksudnya om ? ban kempes pas nikung ? ato kecelakaan ? bikin penasaran om
Limbung banget om maksudnya, karena bannya empuk sunyi dan.... murah, prediksi saya sih kompon yang dipakai asal empuk aja, tidak sebagus kompon yg dipake ban2 yang empuk tapi berhandling bagus, cth : Michelin XM2 atau Toyo NanoEnergy atau bahkan Hankook Kinergy EX sekalipun
Waktu saya beli hankook saya disarankan penjual untuk isi angin lebih keras dr standar mobil yg disarankan sekitar 3-5 psi. Karena ban eco2an itu dindingnya agak tipis jadinya empuk, kalo kena lubang takut benjol.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

flvsk213 wrote: 29 Apr 2018, 22:21
erwinign wrote: 29 Apr 2018, 22:05 buat saya kalo size ban unyil2 yg murah (R15 ke bawah, di bawah 600k) saya sll pegang hankook kinergy/falken sincera om, ga brani ambil achilles2an/accelera2an. kepepet ya GT champiro eco. itupun kalo udah bener2 super last choice kalo size ban nya size jarang br ambil achilles ato accelera ato forceum. kalo cari R15 masih bs dapet ban bagusan yg murah (bawah 600k kalo ukuran saya), kaya falken ziex.
Kalo buat saya, ini semacam pembuktian "is it that bad" gitu om, karena produknya baru juga dan yang diiklanin PT Elang Perdana Tyres kualitas yang didambakan sebagian besar pembaca trit ini termasuk saya (sunyi, empuk). Kalo memang "that bad", nanti saya sharing lagi biar ga ada yg nasibnya sama :mky_02:
Wkwkwkw iya om, saya engga ngebantah juga sih review om soal accelera eco plush ini. Begitu saya baca postingan om langsung keinget waktu 2007 saya pernah ganti velg+ban di stream saya, kebetulan ban nya accelera yg type alpha kalo ga salah. Silent nya silent sih om, selebihnya saya lupa feelnya :mky_01: . Selain itu saya bilang kaya gitu juga gara2 kecewa aja sama ban lokalan yg kepasang di yaris saya gara2 pas itu asal cari murah, GT champiro bxt. Itu ban berisiknya luar biasa sama gripnya bikin takut (kalo kaya belok keluar parkiran body mobil bag depan berasa kepleset dikit ngikutin arah belok stir). Gapapa om, saling sharing juga knowledge kita tambah apalagi soal ban, yang kebanyakan user2 mobil masih awam sama karet bunder ini (biasanya user2 mobil cari yang asal murah/ganti sesuai type ban oem/ngikutin saran yg jual ban).
flvsk213
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 01 Nov 2016, 18:34

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by flvsk213 »

erwinign wrote: 29 Apr 2018, 22:38 Wkwkwkw iya om, saya engga ngebantah juga sih review om soal accelera eco plush ini. Begitu saya baca postingan om langsung keinget waktu 2007 saya pernah ganti velg+ban di stream saya, kebetulan ban nya accelera yg type alpha kalo ga salah. Silent nya silent sih om, selebihnya saya lupa feelnya :mky_01: . Selain itu saya bilang kaya gitu juga gara2 kecewa aja sama ban lokalan yg kepasang di yaris saya gara2 pas itu asal cari murah, GT champiro bxt. Itu ban berisiknya luar biasa sama gripnya bikin takut (kalo kaya belok keluar parkiran body mobil bag depan berasa kepleset dikit ngikutin arah belok stir). Gapapa om, saling sharing juga knowledge kita tambah apalagi soal ban, yang kebanyakan user2 mobil masih awam sama karet bunder ini (biasanya user2 mobil cari yang asal murah/ganti sesuai type ban oem/ngikutin saran yg jual ban).
bener om... ga semua ban mahal itu bagus, contoh ban2 oem mobil mainstream yang kalau mau ganti merek sama harganya mahal, padahal pas dipake ya berisik, ya cepet abis, ya gampang sobek (katanya). Sedangkan banyak ban2 merek lain yg jauh lebih bagus.

ngomong2 soal orang awam beli ban... entah kenapa kalo kita dateng ke toko ban terus bilang "saya mau ban" secara gak spesifik, seringnya selalu ditawarin Bridgestone Ecopia ya.....
2015 Hyundai Grand i10 1.2
flvsk213
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 01 Nov 2016, 18:34

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by flvsk213 »

Vicvic wrote: 29 Apr 2018, 22:37 Waktu saya beli hankook saya disarankan penjual untuk isi angin lebih keras dr standar mobil yg disarankan sekitar 3-5 psi. Karena ban eco2an itu dindingnya agak tipis jadinya empuk, kalo kena lubang takut benjol.
Saya juga saya lebihin 2 psi om, kalo nurut rekomendasi Hyundai, @33 psi, bannya kelihatan kempes
2015 Hyundai Grand i10 1.2
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 11 Jul 2017, 00:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

flvsk213 wrote: 29 Apr 2018, 22:51
Vicvic wrote: 29 Apr 2018, 22:37 Waktu saya beli hankook saya disarankan penjual untuk isi angin lebih keras dr standar mobil yg disarankan sekitar 3-5 psi. Karena ban eco2an itu dindingnya agak tipis jadinya empuk, kalo kena lubang takut benjol.
Saya juga saya lebihin 2 psi om, kalo nurut rekomendasi Hyundai, @33 psi, bannya kelihatan kempes
Lebihin lagi gan nanti tes lagi hankook juga sama kalo ikutin standar kelihatan kempes
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

flvsk213 wrote: 29 Apr 2018, 22:48
erwinign wrote: 29 Apr 2018, 22:38 Wkwkwkw iya om, saya engga ngebantah juga sih review om soal accelera eco plush ini. Begitu saya baca postingan om langsung keinget waktu 2007 saya pernah ganti velg+ban di stream saya, kebetulan ban nya accelera yg type alpha kalo ga salah. Silent nya silent sih om, selebihnya saya lupa feelnya :mky_01: . Selain itu saya bilang kaya gitu juga gara2 kecewa aja sama ban lokalan yg kepasang di yaris saya gara2 pas itu asal cari murah, GT champiro bxt. Itu ban berisiknya luar biasa sama gripnya bikin takut (kalo kaya belok keluar parkiran body mobil bag depan berasa kepleset dikit ngikutin arah belok stir). Gapapa om, saling sharing juga knowledge kita tambah apalagi soal ban, yang kebanyakan user2 mobil masih awam sama karet bunder ini (biasanya user2 mobil cari yang asal murah/ganti sesuai type ban oem/ngikutin saran yg jual ban).
bener om... ga semua ban mahal itu bagus, contoh ban2 oem mobil mainstream yang kalau mau ganti merek sama harganya mahal, padahal pas dipake ya berisik, ya cepet abis, ya gampang sobek (katanya). Sedangkan banyak ban2 merek lain yg jauh lebih bagus.

ngomong2 soal orang awam beli ban... entah kenapa kalo kita dateng ke toko ban terus bilang "saya mau ban" secara gak spesifik, seringnya selalu ditawarin Bridgestone Ecopia ya.....
Salah satunya label "ECO" sama label "BRIDGESTONE" kalo sy bilang om. Label "BRIDGESTONE" gara2 orang indo udah yakin kalo bridgestone durabilitynya oke (padahal just in certain types kaya b250 sama lineup turanza, potenza) jadi customer berani afford agak mahalan buat beli ecopia, sama label "ECO" yang klaimnya bisa ngirit konsumsi bensin (banyakan orang indo masi ngukur kemampuan mobil dr irit apa ndaknya). Padahal ya buat saya sendiri ndak kerasa banget buat nambah iritnya itu, slh satunya krn irit itu relatif. Yg ada buat saya ban eco itu gripnya kurang oke (pengalaman pake GT champ eco di ertiga), sama bbrp tipe ban eco jatuhnya kemahalan buat ukuran ban eco. Yaa berdasarkan pengamatan sama pengalaman saya loh ini om, monggo kalo om/member lain mau nyanggah opini saya :mky_01:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

flvsk213 wrote: 29 Apr 2018, 21:43
Limbung banget om maksudnya, karena bannya empuk sunyi dan.... murah, prediksi saya sih kompon yang dipakai asal empuk aja, tidak sebagus kompon yg dipake ban2 yang empuk tapi berhandling bagus, cth : Michelin XM2 atau Toyo NanoEnergy atau bahkan Hankook Kinergy EX sekalipun
Sebanding lah ya om dengan harga yang ditebus. Bagi mereka yang punya mobil asal jalan (contohnya nyokap saya) ya happy2 aja pake ban ini berarti ya. Kalau end user review di tyrereviews uk lebih banyak review negatif ketimbang positif-nya sih.
Image
User avatar
civic12
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 10 Apr 2018, 12:57
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Civic FD1 MT

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by civic12 »

Om2 mau tanya untuk dunlop direzza kualitasnya gimana ya? Rencana mau ambil ukuran 235/40/18. Yang ane pengen tau gimana performanya (wet dry) terutama pas nikung, kesenyapan, sama empuknya. Kebutuhan ane sih paling utama senyap dulu baru empuk, terakhir baru pengen grip yang lumayan ok, ga perlu sesadis neova ad08 atau bridgestone re002. Dan mau tanya juga klo misal udah ganti velg dan ban dari std ke aftermarket (civic 205/50/16) ke (235/40/18) untuk tekanannya sebaiknya berapa ya? Buat standar sih rekomendasinya 32 psi.
buscepat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: 12 Feb 2014, 00:57

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by buscepat »

Kok belum ada review turanza t005 ya?
Bagi dong opininya yg dah make
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

civic12 wrote: 30 Apr 2018, 09:22 Om2 mau tanya untuk dunlop direzza kualitasnya gimana ya? Rencana mau ambil ukuran 235/40/18. Yang ane pengen tau gimana performanya (wet dry) terutama pas nikung, kesenyapan, sama empuknya. Kebutuhan ane sih paling utama senyap dulu baru empuk, terakhir baru pengen grip yang lumayan ok, ga perlu sesadis neova ad08 atau bridgestone re002. Dan mau tanya juga klo misal udah ganti velg dan ban dari std ke aftermarket (civic 205/50/16) ke (235/40/18) untuk tekanannya sebaiknya berapa ya? Buat standar sih rekomendasinya 32 psi.
Nggak pernah pake Direzza tapi bisa dilihat sendiri kembangannya jalurnya lebar2 dan direksional. Harusnya sih ban berisik. Empuk jelas tidak sih ban2 high performance gini. Kalau mau cari kesenyapan n empuk berarti cari Dunlop Veuro VE302 om, nah kalau veuro pernah pake..Impresinya sih grip lumayan aja, tapi senyap dan empuknya top sih. Tapi mudah2an nyarinya gampang ya, belakangan barang langka nih tipe ban. Hankook ga coba2 intip om? Ventus Noble2 H452 misalkan.
Image
k4sus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: 18 Sep 2012, 18:56

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by k4sus »

josomba wrote: 20 May 2018, 20:07
civic12 wrote: 30 Apr 2018, 09:22 Om2 mau tanya untuk dunlop direzza kualitasnya gimana ya? Rencana mau ambil ukuran 235/40/18. Yang ane pengen tau gimana performanya (wet dry) terutama pas nikung, kesenyapan, sama empuknya. Kebutuhan ane sih paling utama senyap dulu baru empuk, terakhir baru pengen grip yang lumayan ok, ga perlu sesadis neova ad08 atau bridgestone re002. Dan mau tanya juga klo misal udah ganti velg dan ban dari std ke aftermarket (civic 205/50/16) ke (235/40/18) untuk tekanannya sebaiknya berapa ya? Buat standar sih rekomendasinya 32 psi.
Nggak pernah pake Direzza tapi bisa dilihat sendiri kembangannya jalurnya lebar2 dan direksional. Harusnya sih ban berisik. Empuk jelas tidak sih ban2 high performance gini. Kalau mau cari kesenyapan n empuk berarti cari Dunlop Veuro VE302 om, nah kalau veuro pernah pake..Impresinya sih grip lumayan aja, tapi senyap dan empuknya top sih. Tapi mudah2an nyarinya gampang ya, belakangan barang langka nih tipe ban. Hankook ga coba2 intip om? Ventus Noble2 H452 misalkan.
setuju. pengalaman pake Direzza cuma senyap di awal. setelah itu berisik dan keras.
Grip di basah lumayan ok, gak pernah ngalamin aqua planning di tol. Grip di jalan kering agak kurang, mudah spin waktu di ajak sprint, meskipun lebar ban 225. Akhirnya setelah 40rb km (3 tahun), akhir nya ganti ke Hankook Ventus S1 Noble2 karena thread sudah tipis dan permukaan sudah bergelombang. Begitu test jalan, terasa beda banget dengan direzza. S1 Noble2 jauh lebih empuk dan senyap. overall sangat puas dengan S1 Noble 2 meskipun harus bayar 2x lipat dibanding direzza.
User avatar
civic12
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 10 Apr 2018, 12:57
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Civic FD1 MT

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by civic12 »

k4sus wrote: 20 May 2018, 22:40
josomba wrote: 20 May 2018, 20:07
civic12 wrote: 30 Apr 2018, 09:22 Om2 mau tanya untuk dunlop direzza kualitasnya gimana ya? Rencana mau ambil ukuran 235/40/18. Yang ane pengen tau gimana performanya (wet dry) terutama pas nikung, kesenyapan, sama empuknya. Kebutuhan ane sih paling utama senyap dulu baru empuk, terakhir baru pengen grip yang lumayan ok, ga perlu sesadis neova ad08 atau bridgestone re002. Dan mau tanya juga klo misal udah ganti velg dan ban dari std ke aftermarket (civic 205/50/16) ke (235/40/18) untuk tekanannya sebaiknya berapa ya? Buat standar sih rekomendasinya 32 psi.
Nggak pernah pake Direzza tapi bisa dilihat sendiri kembangannya jalurnya lebar2 dan direksional. Harusnya sih ban berisik. Empuk jelas tidak sih ban2 high performance gini. Kalau mau cari kesenyapan n empuk berarti cari Dunlop Veuro VE302 om, nah kalau veuro pernah pake..Impresinya sih grip lumayan aja, tapi senyap dan empuknya top sih. Tapi mudah2an nyarinya gampang ya, belakangan barang langka nih tipe ban. Hankook ga coba2 intip om? Ventus Noble2 H452 misalkan.
setuju. pengalaman pake Direzza cuma senyap di awal. setelah itu berisik dan keras.
Grip di basah lumayan ok, gak pernah ngalamin aqua planning di tol. Grip di jalan kering agak kurang, mudah spin waktu di ajak sprint, meskipun lebar ban 225. Akhirnya setelah 40rb km (3 tahun), akhir nya ganti ke Hankook Ventus S1 Noble2 karena thread sudah tipis dan permukaan sudah bergelombang. Begitu test jalan, terasa beda banget dengan direzza. S1 Noble2 jauh lebih empuk dan senyap. overall sangat puas dengan S1 Noble 2 meskipun harus bayar 2x lipat dibanding direzza.
Makasih tanggapannya om-om sekalian. Ane coba liat sih review2 hankook s1 noble2 kayaknya ok jg soal kesenyapan dan keempukannya. Klo grip kira2 1-100 dapat berapa ya?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

buscepat wrote: 19 May 2018, 12:49 Kok belum ada review turanza t005 ya?
Bagi dong opininya yg dah make
Belum ready stock, minggu lalu ane udah mau pake T005a itu, eh ternyata belum didistribusikan itu ban.

Ukuran 225/55r17 agak langka sih stock nya kalo cari yg fresh tahun produksinya. RE003, technosport juga kosong. 3 hari nyari ban produksi fresh merek bridgestone ngga nemu2 untuk semua tipe.

Akhirnya kemaren nemu di salah satu ban di Jakarta dia nyetok stock lama turanza AR20, produksi 3517. Yaudah langsung ane sikat aja deh.

Kalo dr kompon nya sih pas pameran ane ngerasain T005a lebih keras dibanding AR20.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
buscepat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: 12 Feb 2014, 00:57

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by buscepat »

evanbngdor wrote:
buscepat wrote: 19 May 2018, 12:49 Kok belum ada review turanza t005 ya?
Bagi dong opininya yg dah make
Belum ready stock, minggu lalu ane udah mau pake T005a itu, eh ternyata belum didistribusikan itu ban.

Ukuran 225/55r17 agak langka sih stock nya kalo cari yg fresh tahun produksinya. RE003, technosport juga kosong. 3 hari nyari ban produksi fresh merek bridgestone ngga nemu2 untuk semua tipe.

Akhirnya kemaren nemu di salah satu ban di Jakarta dia nyetok stock lama turanza AR20, produksi 3517. Yaudah langsung ane sikat aja deh.

Kalo dr kompon nya sih pas pameran ane ngerasain T005a lebih keras dibanding AR20.
Kemaren iseng tanya stok ukuran 205/65/16 di salah satu distributor kota solo. Ndak ada juga barangnya.

Kompon keras biasanya lebih berisik ya om?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

buscepat wrote: 21 May 2018, 10:08
evanbngdor wrote:
buscepat wrote: 19 May 2018, 12:49 Kok belum ada review turanza t005 ya?
Bagi dong opininya yg dah make
Belum ready stock, minggu lalu ane udah mau pake T005a itu, eh ternyata belum didistribusikan itu ban.

Ukuran 225/55r17 agak langka sih stock nya kalo cari yg fresh tahun produksinya. RE003, technosport juga kosong. 3 hari nyari ban produksi fresh merek bridgestone ngga nemu2 untuk semua tipe.

Akhirnya kemaren nemu di salah satu ban di Jakarta dia nyetok stock lama turanza AR20, produksi 3517. Yaudah langsung ane sikat aja deh.

Kalo dr kompon nya sih pas pameran ane ngerasain T005a lebih keras dibanding AR20.
Kemaren iseng tanya stok ukuran 205/65/16 di salah satu distributor kota solo. Ndak ada juga barangnya.

Kompon keras biasanya lebih berisik ya om?
lebih berisik sih relatif om, lebih keras iya.

Berisik atau ngga jg dipengaruhi dari pola tapak bannya, semakin kecil2 got air nya, semakin ngga berisik.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post