Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

Berhubung lagi iseng, coba bantu2 jawab ya :big_smile]
aegis82 wrote: Thu Nov 22, 2018 6:46 Selamat siang Rekan SM,
Mau tanya, apakah ada yg pernah coba Ban Toyo Proxes T1R ? gimana kualitas grip nya dan comfort nya ?
Saya pernah pakai T1R dengan profil 35, jadi untuk comfort gak bisa ngomong banyak. Gripnya oke banget, ketara lebih silent dengan accelera sigma yang saya pakai di ban belakang (fyi accelera sigma ini tapaknya niru T1R persis)

T1R setau saya udah discontinue lama, digantiin T1 Sport dan dibikin versi entry levelnya jadi DRB. Jadi kalau cari baru sepertinya gak ada yang tahun produksi fresh.
1trfe wrote: Mon Dec 03, 2018 4:42 Mau tanya dong om2 semua.
Skrng kan saya pake ban 185/65r15, kira kira kalo naik ukuran ke 195/65r15 ad efek negatif ga yah? Kyk kons bbm atau akselerasinya.
Rencana mau ganti ke hankook kinergy atau conti cc6. Berhubung selisih harga ny lumayan jauh sekitar 200rb/ban. Apakah worth ambil cc6 dari sisi empuk dan senyap nya? Soalnya ni mobil berisik banget kl di jalan ga rata/beton.
Oh iya mobil angl dan masih pake ban bawaan dunlop.

Terima kasih om!
Sepengalaman saya kalau naikin ukuran ban dari standar biasanya mobil terasa lebih berat dan lebih limbung. Kalau mobil udah ada MID nya biasanya bacaan fuel cons jadi ngaco, tapi untuk konsumsi bensin riil nya gak bisa dipastiin. Untuk merek ban conti saya belom pernah coba, jagoan saya kalo buat empuk senyap (diurut dari yang paling saya suka): Michelin Primacy 3ST, Bridgestone Turanza, Dunlop LM704
rendangkrispi wrote: Fri Dec 14, 2018 8:37 Halo, untuk tekanan angin ban apakah harus sesuai rekomendasi pabrik yang ada di sisi pintu?

Aku pakai 32psi dari rekomendasi 30psi pabrik, tapi kelihatannya malah masih seperti kempes kondisi mobil parkir.
Sepengetahuan saya rekomendasi pabrik memang sudah diperhitungkan untuk safety. Untuk kebutuhan tertentu boleh aja diubah2 misalnya track atau bawa beban berat. Di tyre wall juga udah dicantumin tekanan maksimal yang diperbolehkan. Kalo emang dirasa masih terlalu kempes boleh aja ditambah selama gak lewatin batasan tersebut, walaupun sebenarnya ban terlalu keras = grip berkurang dan gak nyaman, tapi masih lebih baik daripada ban kurang tekanan.

Pengalaman saya dulu mobil bokap Serena dapet ban standarnya Ecopia, ban keliatan kempes terus tapi saya maintain tetap di tekanan rekomendasi pabrik. Ban baru habis di sekitar km 70rb (dengan rotasi per 10rb). Kesimpulan saya: keliatan kempes bukan berarti kurang tekanan, beberapa jenis ban terutama yang eco2 memang sidewallnya lebih tipis sehingga keliatan kempes.

Oh iya hal ini berlaku apabila ban memang masih ukuran standar mobil, kalau udah naik profil atau ring velg, urusan tekanan tergantung lagi dengan load index bannya.
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz »

rendangkrispi wrote: Fri Dec 14, 2018 8:37 Halo, untuk tekanan angin ban apakah harus sesuai rekomendasi pabrik yang ada di sisi pintu?

Aku pakai 32psi dari rekomendasi 30psi pabrik, tapi kelihatannya malah masih seperti kempes kondisi mobil parkir.
Tergantung om
Saya pake champiro hpy max 40psi saya kasih 36 psi biar sidewall gk lembek + gk sering" isi angin hahaha
Saya sih selalu ngisi nya tekanan max - 10%
Tapi ya efeknya kurang empuk aja, mobil crv 07 tpi ud empuk dari sononya jadi ya fine fine lah
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi »

1trfe wrote: Mon Dec 03, 2018 4:42 Mau tanya dong om2 semua.
Skrng kan saya pake ban 185/65r15, kira kira kalo naik ukuran ke 195/65r15 ad efek negatif ga yah? Kyk kons bbm atau akselerasinya.
Rencana mau ganti ke hankook kinergy atau conti cc6. Berhubung selisih harga ny lumayan jauh sekitar 200rb/ban. Apakah worth ambil cc6 dari sisi empuk dan senyap nya? Soalnya ni mobil berisik banget kl di jalan ga rata/beton.
Oh iya mobil angl dan masih pake ban bawaan dunlop.

Terima kasih om!
Livina saya tahun 2014 , Desember 2015 kedua ban belakang ganti dari SP300 185/65R15 ke TuranzaAR20 195/65R15 karena bocor disudut & putus kawat ditapak ban, depan tetap. Desember 2017 ban belakang pindah ke depan, belakang ganti sama Dunlop LM704 195/65R15. Efeknya tapak ban lebih lebar, tinggi nambah kira-kira 1 cm. Konsumsi BBM gak ngaruh kali. Saya depan pake TuranzaAR20 belakang pake LM704. Kalo dijalan beton sama2 berisik. Yang AR20 masih tebal kembangannya, dah pake sekitar 25rb km. Tekanan angin biasa isi 33 depan, 35 belang. Kalo mau pulkam & full loaded isi 35 depan 38 belakang.Mudah2an bisa jadi referensi
dbaskara77
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Jun 01, 2018 7:36

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by dbaskara77 »

Selamat siang, Honda jazz RS 2010 Saya ban standardnya ukuran 185/55 R16. Rencana pengen ganti ban Hankook. Lebih bagusan dan lebih hematan mana, pakai Hankook Kinergy Ex atau Hankook Ventus 2?
Soalnya yg Ventus 2 ad ukuran 185/55 R16. Kalau yg Kinergy Ex adanya 195/50 R16. Bisakah 185/55 R16 diganti Jadi 195/50 R16 Hankook Kinergy Ex? Atau mending 185/55 R16 Hankook Ventus2?
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi »

dbaskara77 wrote: Sun Dec 16, 2018 6:59 Selamat siang, Honda jazz RS 2010 Saya ban standardnya ukuran 185/55 R16. Rencana pengen ganti ban Hankook. Lebih bagusan dan lebih hematan mana, pakai Hankook Kinergy Ex atau Hankook Ventus 2?
Soalnya yg Ventus 2 ad ukuran 185/55 R16. Kalau yg Kinergy Ex adanya 195/50 R16. Bisakah 185/55 R16 diganti Jadi 195/50 R16 Hankook Kinergy Ex? Atau mending 185/55 R16 Hankook Ventus2?
Kayaknya beda kelas Om. Kinergy Ex kelas eco2an setara e copia kalo gak salah. Kelasnya lebih tinggi Ventus2. Jelas lebih murah & lebih hemat Kinergy Ex Om
aegis82
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Jul 13, 2018 7:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda BRV

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aegis82 »

aabx wrote: Fri Dec 14, 2018 9:51 Berhubung lagi iseng, coba bantu2 jawab ya :big_smile]
aegis82 wrote: Thu Nov 22, 2018 6:46 Selamat siang Rekan SM,
Mau tanya, apakah ada yg pernah coba Ban Toyo Proxes T1R ? gimana kualitas grip nya dan comfort nya ?
Saya pernah pakai T1R dengan profil 35, jadi untuk comfort gak bisa ngomong banyak. Gripnya oke banget, ketara lebih silent dengan accelera sigma yang saya pakai di ban belakang (fyi accelera sigma ini tapaknya niru T1R persis)

T1R setau saya udah discontinue lama, digantiin T1 Sport dan dibikin versi entry levelnya jadi DRB. Jadi kalau cari baru sepertinya gak ada yang tahun produksi fresh.
1trfe wrote: Mon Dec 03, 2018 4:42
Thank you info nya om ...
rendangkrispi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Thu Nov 29, 2018 5:07
Daily Vehicle: Livinder

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by rendangkrispi »

aabx wrote: Fri Dec 14, 2018 9:51 Sepengetahuan saya rekomendasi pabrik memang sudah diperhitungkan untuk safety. Untuk kebutuhan tertentu boleh aja diubah2 misalnya track atau bawa beban berat. Di tyre wall juga udah dicantumin tekanan maksimal yang diperbolehkan. Kalo emang dirasa masih terlalu kempes boleh aja ditambah selama gak lewatin batasan tersebut, walaupun sebenarnya ban terlalu keras = grip berkurang dan gak nyaman, tapi masih lebih baik daripada ban kurang tekanan.

Pengalaman saya dulu mobil bokap Serena dapet ban standarnya Ecopia, ban keliatan kempes terus tapi saya maintain tetap di tekanan rekomendasi pabrik. Ban baru habis di sekitar km 70rb (dengan rotasi per 10rb). Kesimpulan saya: keliatan kempes bukan berarti kurang tekanan, beberapa jenis ban terutama yang eco2 memang sidewallnya lebih tipis sehingga keliatan kempes.

Oh iya hal ini berlaku apabila ban memang masih ukuran standar mobil, kalau udah naik profil atau ring velg, urusan tekanan tergantung lagi dengan load index bannya.
Iya om, makasih penjelasannya.
Mungkin memang karena sidewallnya lembek jadi kelihatan kempes.
vinchazz wrote: Fri Dec 14, 2018 23:52 Tergantung om
Saya pake champiro hpy max 40psi saya kasih 36 psi biar sidewall gk lembek + gk sering" isi angin hahaha
Saya sih selalu ngisi nya tekanan max - 10%
Tapi ya efeknya kurang empuk aja, mobil crv 07 tpi ud empuk dari sononya jadi ya fine fine lah
Aku pake Savero SUV sama-sama GT emang lembek sidewallnya dibanding Dunlop ST30... apalagi Dueler.
Keliatannya kempes gitu deh... tapi empuk & silent sih itu ban. :mky_01:
blueflag1905
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue Apr 25, 2017 16:30

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by blueflag1905 »

Om minta saran dong, buat splash ane ukuran 185/60 r15. Tdnya mau LM704 tp kok barangnya susah trs sekalinya ada harganya tinggi ya. Ini ada alternatif antara SP Touring R1, Hankook Kinergy Ex atau Bridgestone Techno Tecaz. Mending mana ya antara 3 itu?
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by alvin23 »

blueflag1905 wrote: Mon Dec 24, 2018 1:24 Om minta saran dong, buat splash ane ukuran 185/60 r15. Tdnya mau LM704 tp kok barangnya susah trs sekalinya ada harganya tinggi ya. Ini ada alternatif antara SP Touring R1, Hankook Kinergy Ex atau Bridgestone Techno Tecaz. Mending mana ya antara 3 itu?
Hankook atau Techno aja. Jgn SP touring R1, jelek itu...berisik
Rocky R ADS CVT 2021
blueflag1905
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue Apr 25, 2017 16:30

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by blueflag1905 »

alvin23 wrote: Mon Dec 24, 2018 1:53
blueflag1905 wrote: Mon Dec 24, 2018 1:24 Om minta saran dong, buat splash ane ukuran 185/60 r15. Tdnya mau LM704 tp kok barangnya susah trs sekalinya ada harganya tinggi ya. Ini ada alternatif antara SP Touring R1, Hankook Kinergy Ex atau Bridgestone Techno Tecaz. Mending mana ya antara 3 itu?
Hankook atau Techno aja. Jgn SP touring R1, jelek itu...berisik
Techno biasa ini bagus ya gan? Bukan yg techno sport. Rada sebel jg ban ukuran ini sama yg 185/65 r15 harganya beda jauh. Hahaha.

Atau continental cc6 aja ya? Ada tawaran pembuatan 2017 continental cc6 550rb per pcs
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

blueflag1905 wrote: Mon Dec 24, 2018 1:59
alvin23 wrote: Mon Dec 24, 2018 1:53
blueflag1905 wrote: Mon Dec 24, 2018 1:24 Om minta saran dong, buat splash ane ukuran 185/60 r15. Tdnya mau LM704 tp kok barangnya susah trs sekalinya ada harganya tinggi ya. Ini ada alternatif antara SP Touring R1, Hankook Kinergy Ex atau Bridgestone Techno Tecaz. Mending mana ya antara 3 itu?
Hankook atau Techno aja. Jgn SP touring R1, jelek itu...berisik
Techno biasa ini bagus ya gan? Bukan yg techno sport. Rada sebel jg ban ukuran ini sama yg 185/65 r15 harganya beda jauh. Hahaha.

Atau continental cc6 aja ya? Ada tawaran pembuatan 2017 continental cc6 550rb per pcs
Aspect ratio ban 60 memang rada ndak pasaran om
coipan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Feb 21, 2015 17:15

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by coipan »

Fortuner vnt 2013 pake bawaan kan bridgestone dueler, kemarin ane gnti ke michelin primacy suv itu bagus ga ya? Harga 1.9 an lebih mahal dri bridgestone dueler..

Trus klo tahun pembuatan 2015 ad pengaruh ga ya
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by alvin23 »


coipan wrote:Fortuner vnt 2013 pake bawaan kan bridgestone dueler, kemarin ane gnti ke michelin primacy suv itu bagus ga ya? Harga 1.9 an lebih mahal dri bridgestone dueler..

Trus klo tahun pembuatan 2015 ad pengaruh ga ya
2015 kelamaan, cari yg baru. Wajarnya 1 thaun lah max ban dibeli.
Primacy bagus dibanding dueler, tp harus lbh halus bawa nya
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by alvin23 »

blueflag1905 wrote:
alvin23 wrote: Mon Dec 24, 2018 1:53
blueflag1905 wrote: Mon Dec 24, 2018 1:24 Om minta saran dong, buat splash ane ukuran 185/60 r15. Tdnya mau LM704 tp kok barangnya susah trs sekalinya ada harganya tinggi ya. Ini ada alternatif antara SP Touring R1, Hankook Kinergy Ex atau Bridgestone Techno Tecaz. Mending mana ya antara 3 itu?
Hankook atau Techno aja. Jgn SP touring R1, jelek itu...berisik
Techno biasa ini bagus ya gan? Bukan yg techno sport. Rada sebel jg ban ukuran ini sama yg 185/65 r15 harganya beda jauh. Hahaha.

Atau continental cc6 aja ya? Ada tawaran pembuatan 2017 continental cc6 550rb per pcs
Continental cc6 levelnya diatas 2 itu, cuma ya itu ban 2017 minggu brp? Skrg aja 2018 udh mau tutup tahun.
Rocky R ADS CVT 2021
darkauror
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Nov 02, 2016 7:37

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by darkauror »

Halo semuanya, saya ada pertanyaan mengenai ban. Mohon bantuannya.
Saya melakukan road trip utk tahun baru ini ke Jawa Timur, jadi sebelum berangkat saya memeriksa ban mobil ke toko ban. Mobil saya Ford Ecosport 2015 dengan ban Goodyear Assurance yg belum pernah diganti sejak beli, odometer sudah 28 ribu. Saat diperiksa ternyata kondisi ban2nya sebagai berikut:
1 sudah pernah ditambal di sidewall, jadi asumsi sudah write off dan akan diganti
2 pernah ditambal di tengah2nya
2 belum ditambal, tapi di sidewall ada retak kecil (sekitar 5-10 cm) dan sedikit chipping.
Jadi akhirnya diputuskan 1 ban yg tambal tengah dijadikan ban serep, dan ban lainnya diganti ke BS Turanza T005.
Apakah memang 4 ban yg tidak ditambal samping itu tidak bisa dipakai lagi? Atau saya yg terlalu cepat mengganti ban? Soalnya saya melihat user2 disini bisa memakai ban hingga 60 ribu kilometer dan diatas 4 tahun, jadi saya kepikiran apakah saya yg terlalu khawatiran.

Terima kasih atas bantuannya.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by alvin23 »

darkauror wrote: Tue Jan 01, 2019 15:01 Halo semuanya, saya ada pertanyaan mengenai ban. Mohon bantuannya.
Saya melakukan road trip utk tahun baru ini ke Jawa Timur, jadi sebelum berangkat saya memeriksa ban mobil ke toko ban. Mobil saya Ford Ecosport 2015 dengan ban Goodyear Assurance yg belum pernah diganti sejak beli, odometer sudah 28 ribu. Saat diperiksa ternyata kondisi ban2nya sebagai berikut:
1 sudah pernah ditambal di sidewall, jadi asumsi sudah write off dan akan diganti
2 pernah ditambal di tengah2nya
2 belum ditambal, tapi di sidewall ada retak kecil (sekitar 5-10 cm) dan sedikit chipping.
Jadi akhirnya diputuskan 1 ban yg tambal tengah dijadikan ban serep, dan ban lainnya diganti ke BS Turanza T005.
Apakah memang 4 ban yg tidak ditambal samping itu tidak bisa dipakai lagi? Atau saya yg terlalu cepat mengganti ban? Soalnya saya melihat user2 disini bisa memakai ban hingga 60 ribu kilometer dan diatas 4 tahun, jadi saya kepikiran apakah saya yg terlalu khawatiran.

Terima kasih atas bantuannya.
Idealnya ganti ban itu minimal sepasang. Jadi saat ada kasus 1 ban rusak, 3 ban oke, dan ban serep gapernah turun, emang agak susah mau gantinya. Karena ganti ban baru 1 aja (asumsi dimasukkan jadi serep, kemudian ban serep lama yang setipe dengan 3 ban lain turun, gak akan imbang dia).

rule of thumb ganti ban (biasanya)
Umur max 5 tahun ATAU odo sekitar 50-70rb ATAU benjol dan cacat lainnya (bergelombang, habis sebelah dll.)

di kasus om, kl mau ngirit pun, saya terpaksa beli 3 ban baru, 1 buat ganti yg ditambal di sidewall, 2 buat ganti yg di sidewall udh retak.
Yang 2 ditambal ditengah, selama ga benjol, ttp pake.

kalau ada duitnya, ganti ban ga masalah kok. kasus om kan ideal case, kebetulan ada duitnya, udh bener menurut saya.
Rocky R ADS CVT 2021
darkauror
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Nov 02, 2016 7:37

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by darkauror »

alvin23 wrote: Tue Jan 01, 2019 16:20
darkauror wrote: Tue Jan 01, 2019 15:01 Halo semuanya, saya ada pertanyaan mengenai ban. Mohon bantuannya.
Saya melakukan road trip utk tahun baru ini ke Jawa Timur, jadi sebelum berangkat saya memeriksa ban mobil ke toko ban. Mobil saya Ford Ecosport 2015 dengan ban Goodyear Assurance yg belum pernah diganti sejak beli, odometer sudah 28 ribu. Saat diperiksa ternyata kondisi ban2nya sebagai berikut:
1 sudah pernah ditambal di sidewall, jadi asumsi sudah write off dan akan diganti
2 pernah ditambal di tengah2nya
2 belum ditambal, tapi di sidewall ada retak kecil (sekitar 5-10 cm) dan sedikit chipping.
Jadi akhirnya diputuskan 1 ban yg tambal tengah dijadikan ban serep, dan ban lainnya diganti ke BS Turanza T005.
Apakah memang 4 ban yg tidak ditambal samping itu tidak bisa dipakai lagi? Atau saya yg terlalu cepat mengganti ban? Soalnya saya melihat user2 disini bisa memakai ban hingga 60 ribu kilometer dan diatas 4 tahun, jadi saya kepikiran apakah saya yg terlalu khawatiran.

Terima kasih atas bantuannya.
Idealnya ganti ban itu minimal sepasang. Jadi saat ada kasus 1 ban rusak, 3 ban oke, dan ban serep gapernah turun, emang agak susah mau gantinya. Karena ganti ban baru 1 aja (asumsi dimasukkan jadi serep, kemudian ban serep lama yang setipe dengan 3 ban lain turun, gak akan imbang dia).

rule of thumb ganti ban (biasanya)
Umur max 5 tahun ATAU odo sekitar 50-70rb ATAU benjol dan cacat lainnya (bergelombang, habis sebelah dll.)

di kasus om, kl mau ngirit pun, saya terpaksa beli 3 ban baru, 1 buat ganti yg ditambal di sidewall, 2 buat ganti yg di sidewall udh retak.
Yang 2 ditambal ditengah, selama ga benjol, ttp pake.

kalau ada duitnya, ganti ban ga masalah kok. kasus om kan ideal case, kebetulan ada duitnya, udh bener menurut saya.
Jadi yang kena sidewall harus tetap ganti ya om? Soalnya saya melihatnya hanya retak kecil sih, tapi karena mau perjalanan jauh maka diganti. Kalau mobilnya tidak diperiksa untuk persiapan road trip, mungkin tidak akan ketahuan dan akan tetap dipakai begitu.

Saya juga pernah baca di TeamBHP kalau ban yang sidewallnya bermasalah harus diganti karena berisiko pecah saat dibawa, ini juga memengaruhi saya untuk ganti ban.

Sebenarnya ban yang tambal sidewall sudah dijadikan ban serep, jadi ban serepnya keluar dipakai di mobil, jadi sudah tidak seimbang, tapi selama ini saya bawa tidak berasa sih.

Thanks om untuk pencerahan mengenai aturan penggamtian ban, sangat berguna untuk pengambilan keputusan di masa mendatang :big_exellent:
freshstart
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sun May 20, 2018 12:56
Daily Vehicle: HR12DE 2011

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by freshstart »

Guys minta saran dong, buat march 2011 ane ukuran 185/60 r15. Yang recommended ban apa ya ? Biasanya pake AR20 sekarang udah discontinue.
Turanza T005 bagus ga ya? atau ada yg lebih bagus di kelas yang sama kayak AR20
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

freshstart wrote: Wed Jan 02, 2019 2:22 Guys minta saran dong, buat march 2011 ane ukuran 185/60 r15. Yang recommended ban apa ya ? Biasanya pake AR20 sekarang udah discontinue.
Turanza T005 bagus ga ya? atau ada yg lebih bagus di kelas yang sama kayak AR20
Bantu jawab om, t005a pengganti nya ar20
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by alvin23 »

darkauror wrote: Tue Jan 01, 2019 17:16

Jadi yang kena sidewall harus tetap ganti ya om? Soalnya saya melihatnya hanya retak kecil sih, tapi karena mau perjalanan jauh maka diganti. Kalau mobilnya tidak diperiksa untuk persiapan road trip, mungkin tidak akan ketahuan dan akan tetap dipakai begitu.

Saya juga pernah baca di TeamBHP kalau ban yang sidewallnya bermasalah harus diganti karena berisiko pecah saat dibawa, ini juga memengaruhi saya untuk ganti ban.

Sebenarnya ban yang tambal sidewall sudah dijadikan ban serep, jadi ban serepnya keluar dipakai di mobil, jadi sudah tidak seimbang, tapi selama ini saya bawa tidak berasa sih.

Thanks om untuk pencerahan mengenai aturan penggamtian ban, sangat berguna untuk pengambilan keputusan di masa mendatang :big_exellent:
Sama-sama.
Sidewall itu bagian paling penting dari ban, karena dia yang nahan bentuk ban biar tetep bulet.

retak2 kecil di sidewall gitu, bisa karena karetnya mengeras (karena umur atau sering dijemur), dan sering jalan dengan kondisi agak kempes. Apalagi ini ban merk europe kan (conti?)

justru tambal di tapak oke2 aja, selama dia ga bikin benjolan. Kl ada benjolan, baik di tapak atau di sidewall baiknya ganti. kl benjol di tapak, biasanya user gaakan betah, karena ngaruh jd jauh lbh berisik dll.

saya udh coba, ban paling tahan di abuse di Indo itu Bridgestone (yg non kelas eco2 ya). Tapi rata2 gada spesialnya jg, grip, silent dll.
Hankook dulu price vs perform oke, gatau skrg, udh setaunan lebih ga ke toko ban. msh pada sehat hehe
Rocky R ADS CVT 2021
darkauror
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Nov 02, 2016 7:37

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by darkauror »

alvin23 wrote: Wed Jan 02, 2019 5:06
darkauror wrote: Tue Jan 01, 2019 17:16

Jadi yang kena sidewall harus tetap ganti ya om? Soalnya saya melihatnya hanya retak kecil sih, tapi karena mau perjalanan jauh maka diganti. Kalau mobilnya tidak diperiksa untuk persiapan road trip, mungkin tidak akan ketahuan dan akan tetap dipakai begitu.

Saya juga pernah baca di TeamBHP kalau ban yang sidewallnya bermasalah harus diganti karena berisiko pecah saat dibawa, ini juga memengaruhi saya untuk ganti ban.

Sebenarnya ban yang tambal sidewall sudah dijadikan ban serep, jadi ban serepnya keluar dipakai di mobil, jadi sudah tidak seimbang, tapi selama ini saya bawa tidak berasa sih.

Thanks om untuk pencerahan mengenai aturan penggamtian ban, sangat berguna untuk pengambilan keputusan di masa mendatang :big_exellent:
Sama-sama.
Sidewall itu bagian paling penting dari ban, karena dia yang nahan bentuk ban biar tetep bulet.

retak2 kecil di sidewall gitu, bisa karena karetnya mengeras (karena umur atau sering dijemur), dan sering jalan dengan kondisi agak kempes. Apalagi ini ban merk europe kan (conti?)

justru tambal di tapak oke2 aja, selama dia ga bikin benjolan. Kl ada benjolan, baik di tapak atau di sidewall baiknya ganti. kl benjol di tapak, biasanya user gaakan betah, karena ngaruh jd jauh lbh berisik dll.

saya udh coba, ban paling tahan di abuse di Indo itu Bridgestone (yg non kelas eco2 ya). Tapi rata2 gada spesialnya jg, grip, silent dll.
Hankook dulu price vs perform oke, gatau skrg, udh setaunan lebih ga ke toko ban. msh pada sehat hehe
Iya om, itu ban Goodyear buatan Thailand sih, usia sudah 3,5 tahun juga. Kata orang toko ban, ban merek itu cepat retak2 ya? Dan mudah bolong kalau kena ranjau paku. Kalau untuk pemakaian, karena bokap suka empuk maka tekanan ban nya biasa dijaga di batas minimal aja, kadang saya melihatnya agak kempes gitu. Dan mobil sebelumnya memang jarang dipakai (sering tidak bergerak di rumah) baru 1 tahunan ini lebih intens dipakai.

Pas di toko ban (toko nya merek A**** di Gedong Panjang, Jkt) disaranin ganti ke BS Turanza sih. Katanya paling bagus utk merk lokal saat ini dan masih masuk budget yaitu 1 jutaan per ban. Tadinya coba inquiry harga Continental tapi diatas 2 juta per ban, mundur teratur deh. Masih newbie untuk urusan ban mobil jadi saya akhirnya ikut rekomendasi toko saja, habis 1,15 jt per ban.
son96
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:21

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by son96 »

Hallo semua, numpang nanya..
Mau ganti Ban ukuran 205/55 r16/xpander (Pecah kena batu di sidewall) dapat di 9xx.000
1. Ad rekomendasi selain ban lain di bawah 900an?
2. Ap ad masalah jika 1 ban berbeda?
3. Kok harga lebih mahal di banding ukuran lain :frm_bang_head:

Makasi atas jawaban nya
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by carl »

son96 wrote: Thu Jan 03, 2019 2:45 Hallo semua, numpang nanya..
Mau ganti Ban ukuran 205/55 r16/xpander (Pecah kena batu di sidewall) dapat di 9xx.000
1. Ad rekomendasi selain ban lain di bawah 900an?
2. Ap ad masalah jika 1 ban berbeda?
3. Kok harga lebih mahal di banding ukuran lain :frm_bang_head:

Makasi atas jawaban nya
Merek dan tipenya apa itu Om yang 900k? Sesuai bawaan (Ecopia) ya atau Turanza?

Kalau lebih murah ada merek lokal kayak Achiles atau Accelera atau GT Radial, sekitar 500-600k

Tipe2 yang lain bisa juga cari perbandingan harga di b4nbagus (saya bukan seles hehe)
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by anadzir »

son96 wrote: Thu Jan 03, 2019 2:45 Hallo semua, numpang nanya..
Mau ganti Ban ukuran 205/55 r16/xpander (Pecah kena batu di sidewall) dapat di 9xx.000
1. Ad rekomendasi selain ban lain di bawah 900an?
2. Ap ad masalah jika 1 ban berbeda?
3. Kok harga lebih mahal di banding ukuran lain :frm_bang_head:

Makasi atas jawaban nya
1. Pernah pake champiro bxt, road noise lumayan minim, agak keras. Liat online harganya 600rban, spek 205/55 r16
2. Kenapa ga tuker pakai ban cadangan aja om? yang baru beli pindahin ke velg cadangan. Beda tapak pasti ngaruh ke handling, apalagi kalau cuma 1 sisi.
3. Ini gatau ya..
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

son96 wrote: Thu Jan 03, 2019 2:45 Hallo semua, numpang nanya..
Mau ganti Ban ukuran 205/55 r16/xpander (Pecah kena batu di sidewall) dapat di 9xx.000
1. Ad rekomendasi selain ban lain di bawah 900an?
2. Ap ad masalah jika 1 ban berbeda?
3. Kok harga lebih mahal di banding ukuran lain :frm_bang_head:

Makasi atas jawaban nya
1. Ukuran tsb banyak pilihan, dunlop enasave setau saya harga kepala 8, hankook, GT, Achilles, Accelera di bawah itu harganya. Saran saya coba cari toko ban yang agak kecil jangan yang dealer resmi merek tertentu, mereka biasanya berani banting harga. Dealer ban biasanya ngikutin price list.

2. Sebaiknya minimal ganti 2 di poros yang sama. Btw serep xpander itu kaleng atau samaan dengan 4 velg lainnya? Xpander nya udah jalan berapa km dan yang pecah sebelah mana? Kalau misalnya masih 10rb an, coba googling rotasi 5 ban, mungkin aja bisa beli 1 ban baru (yang jenisnya sama) dan diakalin ngikutin pola tersebut

3. Rumus dasarnya ukuran velg lebih besar, profil lebih tipis. Velg kecil dan profil tebal (contoh ring 15 tinggi 65) biasanya memang lebih murah, tapi tergantung merek dan kelas ban.