Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
Hedi2an
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 03 Apr 2015, 06:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Hedi2an »

alvin23 wrote:
Hedi2an wrote:Nubi mw tanya ni gan.. ban OEM ane 185/60r16, klo mw diganti ke 205/55r16 tanpa gnti velg itu kan naek 2 tingkat, lebar velg cuma 5,5".. klo soal mentok siy ngga, cuma kmungkinan jeleknya apa ya yg bisa trjadi antara ban dgn velgnya?
Kpngn coba champiro hpy, klo di situs GT nya siy range lebar velg antara 5,5" - 7,5" utk ukuran 205/55r16 tsb
kebanyakan... lebar velg 5.5 inch bagusnya max di 195... kbetulan yaris saya juga lebar velgnya segitu

jeleknya, sidewall ban terlalu kembung, gampang rusak ntar...

kalo mau 205, minimal lebar velg 6

hitung aja disini http://www.tyresizecalculator.com/tyre- ... calculator
Sidewall yg kmbungnya cpt rusak krn kbentur kmbungannya atau emang ga knp2 jg bkl cepet rusak klo kmbung gitu gan?
Soalnya klo pke 195/55 kayanya kekecilan gitu diameternya..
User avatar
shale shaker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 17 Nov 2012, 08:47

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by shale shaker »

kunaskun wrote:
sudah bener kok istilahnya.

sebenernya alasan utamanya gini: ban baru itu kan belum break in dan kalau sudah break in pasti akan memberikan grip lebih baik. nah ketika di taro di depan maka terjadi kecenderungan oversteer. and we all know, its easier to control understeer karena kan tinggal lepas gas, arahin steer, maka bisa ngembalin grip tersebut. beda dengan oversteer yang butuh skill lebih, karena oversteer itu mirip drifting, bedanya drifting itu controlled oversteer, kenapa sulit karena momentum kendaraan bergantung ke traksi ban tersebut, kalau dilepas gas tiba2 atau langsung direm yang terjadi malah skidding or slide out karena malah makin oversteer akibat grip bertambah di bagian yg overster tsb = celaka, resep terbaik untuk netralin ovesteer adalah dengan digas dan arahin steer = ada ga refleks driver biasa yang gini karena respon utama manusia otomatis ngerem, juga mana ada yang berani injek gas = tambah kecepatan buat netral efek oversteer. nah inilah fungsinya VSC, continously monitoring traction at each tire = traction control.

nah kenapa org indo banyak salah kaprah taro ban baru di depan? karena berharap gain more traction, anggapannya lebih lengket lebih bagus buktinya mobil balap banyak yang gitu :mky_03: dan alasan paling kocak yg pernah ane denger di toko ban: kan ban depan yang belok2, paling banyak kerja, ban belakang ga ngapa2in jadi ngapain ban baru di belakang, rugi dong :mky_07:

untungnya banyak mobil di indo di setting sangat understeer dari pabrik terutama penggerak depan, belum lagi banyak bengkel spooring yang hobi setel stir jadi enteng jadi makin understeer karena biasa sudut casternya dibikin netral = irit ban juga maunya konsumen stir enteng karena enteng itu mobil bagus :mky_07: terus penggunaan ban OE jenis eco atau ban eco di harga dan tapak kecil :big_dunno: . jadi efek bahaya oversteer akibat ban baru tereduksi oleh setelan understeer ini. walau tetep bahaya karena ga ada yang tau kapan akan oversteer. :big_childish:

Mantap om penjelesannya, terimakasih saya jadi lebih ngerti nih sekarang...

6 bulan lalu saya spooring di auto2k setir jadi enteng enak buat dalam kota namun jadi ga stabil kalau kecepatan tinggi dan bener gampang banget kena understeer. saya lihaht lagi hasil spooringnya teryata.... sudut cambernya diset positif akhirnya bbrapa waktu lalu saya complain minta cambernya diset negatif sesuai spec pabrikan, alhasil skarang stir sedikit lbh berat (masih wajar buat saya) namun jauh lebih stabil...

So hati2 aja kalau ada bengkel yg klaim bisa bikin stir lbh enteng ada drawback yg lbh berbahaya...
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 18 Oct 2014, 23:17

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by mylandy »

imsus2c wrote:
mylandy wrote:
imsus2c wrote: Saya pernah pakai Yokohama db, memang hening dan empuk.
Tapi begitu ganti Conti CC1, ternyata jadi lebih hening dan empuk, plus bonus lebih awet.
Di mobil lain (beda ukuran ban), dari CC1 ganti CC5, ternyata masih bisa lebih hening lagi :D
Kalau lari agak kenceng, yg kedengar cuma desir angin dan suara mesin...pakai kuping-o-meter pribadi yah...
Sayang CC5 ini ngga ada yg ukuran r17. Kalau CC1 masih ada, tapi ukurannya 215/55
Saya sekarang juga pake CC5 buat di depan, di belakang masih ban bawaan pabrik Dueler H/P Sport. Imo, masih lebih silent si dueler. Trus, CC5 ini blom setahun dipake udah pada rompal. :off_no:
Makanya mau coba merk lain. Kebetulan minggu kemarin toko ban langganan kirim kabar kalo Michelle latitude sport3 sudah bisa dipesan, minggu depan ready stock. Mudah-mudahan bisa lebih baik dari CC5 dan dueler. :angel:
CC5 ada yg cross link ukurannya sama dueler ya pak? Baru tau :)
Pengalaman pribadi pakai conti berbagai tipe (tapi masih entry level sih), berbagai ukuran di berbagai jenis mobil, hasilnya ok, sepadan dibanding harganya.
Yg terjauh saat ini (masih terpakai), CRC-LX, udh thn ke-4/80ribuan km, tapak masih utuh. TWI masih sekitar 30%an. Sidewall belum ada yg bunting.
Cuma memang udh berisik dan agak keras.

Yg conti tipe lain, rata2 habis di km 50-60ribuan. Habis aus rata, bukan rusak.
Iyah, ini CC5 baru jalan setahun kurleb 10 ribu km, tapi telapak yang paling pinggir sudah pada rompal. Mungkin karena waktu beli ban ini sudah 3 tahun dari waktu produksinya. Yang belakang baru ganti pake michelle LS3 dua minggu lalu, masih dicoba di berbagai kondisi jalan, belum bisa ambil kesimpulan.
ariasss
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 23 Jan 2013, 23:35

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by ariasss »

aabx wrote:
ariasss wrote: Kemaren Ane sempat cari ban ukuran ini oom
Paling murah GT Savero SUV
Meskipun jadinya Ane ambil GT Champiro HPY buat ganti turanza er 33 Ane yg udah afkir dipake 9 tahun..

Salam
Reviewnya dong om Champiro HPY, thx :big_exellent:
Ane jalan pelan-pelan
Jadi gak akan bisa kasih review grip dll
Yg pasti kebisingan ga beda jauh sama turanza er 33 afkir saya.. Dan lari kecepatan tinggi lebih confident.

Salam
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by thestoneroses »

ada yg pakai 235/60 r16? saya pakai toyo, ingin coba merk lain mungkin ada rekomendasi dari kawan-kawan
Ron Asheton Forever
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

ada rekomendasi ban untuk CRV RE? 225/65/R17. Apa Dueler HT 687 udah cukup ya? atau Toyo/yoko geolandar-parada?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

Saya lg inden gtradial sx 2 ukuran 245-40-18...
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

susah ukuran yg produksi akhirnya terpaksa pake conti tp buatan malay..lumayan dpt murah n buatan minggu 52 tahun 2015 walo lebih mahal dr adrenalin(impor)...empuk n lumayan gripnya..karetnya empuk klo di pencet..sudah bawa lari 180 mobil tenang..ditikungan pun tetap 1 jalur..

Image
Image
Image
Image
kumbanghitam
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 22 Dec 2015, 16:27

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kumbanghitam »

wah, ada info baru tentang mobil
boleh izin nyimak dan ngikutan yah gan karena belum pernah punya mobil
lagi belajar neh gan, jadinya ketika punya mobil nanti bisa ngerawatnya

:D
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

Ada yg sdh pernah coba Michelin primacy SUV? type baru dr Michelin yg kyknya pengganti dr latitude tour (bkn HP). Dibanding sama h/t 687 performancenya bgmn? Tkss
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: 09 Dec 2015, 23:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by anrico17 »

Ijin nanya dong...
Ada yang pernah pasang Michelin pilot sport 3? Trus emang bisa gk dipasang di crossover...
Kalo pertanyaan nya aneh maaf... :big_childish:
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
redzdevil
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: 23 Jan 2016, 13:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by redzdevil »

Mau minta saran utk penganti ban standar swift BS turanza-ecopia :e-doh: seri ER300 (impor dr thailand) 185/55/R16. Pemakaian 2.5 taon 64rb km dan sdh ada retak rambut tapak n pinggiran. :big_childish:

Apakah kl gw naik ke 195/50/r16 msh oke ?
untk alternatif yg didapet dg Budget sekitar 800rb/ban merk n seri apa?
:thanks:
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

anrico17 wrote:Ijin nanya dong...
Ada yang pernah pasang Michelin pilot sport 3? Trus emang bisa gk dipasang di crossover...
Kalo pertanyaan nya aneh maaf... :big_childish:
Up up nunggu review juga
Kalo bisa atau gak kan tergantung ukuran yang tersedia hehe
redzdevil wrote:Mau minta saran utk penganti ban standar swift BS turanza-ecopia :e-doh: seri ER300 (impor dr thailand) 185/55/R16. Pemakaian 2.5 taon 64rb km dan sdh ada retak rambut tapak n pinggiran. :big_childish:

Apakah kl gw naik ke 195/50/r16 msh oke ?
untk alternatif yg didapet dg Budget sekitar 800rb/ban merk n seri apa?
:thanks:
Temen sy pernah ganti 185/55/16 ke 195/50
Secara visual lingkar roda jadi sedikit (sedikit sekali) lebih kecil

Waktu itu ganti ke merk Toyo DRB 2014 akhir harganya masih kepala 7
Sy sendiri pake 195/50 Falken Ziex 912, harganya baru2 ini kepala 6
Untuk kedua merek di atas gripnya lebih enak dari turanza, tapi sy rasa umurnya gak bisa sepanjang turanza karena karakter kompon yang lembut
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

rasanya msh pengen ganti ban anki jd adrenalin 225-55-17...ukuran velg anki 17x 6,5....ragu kelebaran bannya jd berantakan handlingnya...
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

kompresorz wrote:susah ukuran yg produksi akhirnya terpaksa pake conti tp buatan malay..lumayan dpt murah n buatan minggu 52 tahun 2015 walo lebih mahal dr adrenalin(impor)...empuk n lumayan gripnya..karetnya empuk klo di pencet..sudah bawa lari 180 mobil tenang..ditikungan pun tetap 1 jalur..

Image
Image
Image
Image

kalo beli ban impor n ukuran gak pasaran cek bbrp toko ban kasih harga se enaknya aja...continental/michelin lgsg kasih harga 2 juta..

saya telpon pemilik toko langganan minta cek continental...di kasih harga 1,6 juta/piece...

ban jg msh di bawah adrenalin... :wkkk:
ery1973
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: 30 Dec 2015, 14:54

Re: RE: Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by ery1973 »

kompresorz wrote:rasanya msh pengen ganti ban anki jd adrenalin 225-55-17...ukuran velg anki 17x 6,5....ragu kelebaran bannya jd berantakan handlingnya...
Pake ring 18 aja om, pake adrenalin lebih mantap buat ANKInya

Sent from my GT-I9500 using Tapatalk
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

@ery

kagak suka ganti velg..kecuali ada velg bintang ky AMG yang pas...

krn cinta adrenalin n memenuhi hasrat dr awal td sore saya cobain adrenalin 225-55-17...RE002 yg ada stok uji coba...ternyata mantap terlihat gagah..lebar kembung sampingnya hampir mirip ban asli...krn adrenalin ciri ban tegak...akhirnya saya pesan adrenalin RE003...

Image
Image
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by doge »

ada yg pake hank00k disini? impresinya gmn? daya tahan? (rncana mw pake ke ipah... ban d80v4nya udh hmpr saatnya gnti.. bosen pke BS haha...)
:ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

Ada yang pengalaman beli ban baru tapi pembuatan setahun sebelumnya? Apa bedanya sama ban yg newly fresh (anggap pembuatan thn ini)?
hemmms
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: 28 Jan 2016, 10:28

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by hemmms »

barusan ganti ban baru tapi kok malah jadi bunyi, coba2 dongkrak terus puter ban ternyata muternya ga sempurna (kayak bergelombang tapi bukan benjol) apakah perlu balancing ?
adefirmannn
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 17 Apr 2016, 08:47

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by adefirmannn »

Mau tanya ban yang cocok buat honda jazz ge8 ane. Standar awal pake Bridgestone tipe Turanza 185/55 R16. Mau diganti 195/55 R16.
1. Apa yang beda antara kedua ukuran tersebut?
2. Merk apa yang cocok dari segi kesenyapan dan grip
3. Budget sekitar 900 an kebawah
4. Lebih disarankan 185 / 195? buat jalanan kota atau luarkota
ery1973
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: 30 Dec 2015, 14:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by ery1973 »

hemmms wrote:barusan ganti ban baru tapi kok malah jadi bunyi, coba2 dongkrak terus puter ban ternyata muternya ga sempurna (kayak bergelombang tapi bukan benjol) apakah perlu balancing ?
wah kalo ban nya gak bulet bener brarti cacat gak tuh om ban barunya, harusnya sih komplain minta ganti, kalo sudah gitu sih menurut saya gak ngaruh juga di balancing.
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: 07 Apr 2015, 17:34

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Satya21 »

@Om adefirman

Salam sesama pengguna ge8.

Nubi coba bantu jawab sepengetahuan saya aja

1. 195/55 ukuran nya sedikit lebih besar dari 185/55. Dinding dan tapak ban nya lebih sedikit lebar.
2. Kalo merk ada macam2. Dulu saya pakai yokohama c drive 2. Skrg saya pakai dunlop lm704 ( Menurut saya ban ini tdk terlalu senyap / berisik. Grip jalan kering/basah lumayan lah).
3. Saran saya ganti ukuran 195/55 aja om. Bantingan ge8 kan agak keras kalo lewat jalanan agak keriting/jelek, kalo pakai ukuran 195/55 sedikit lebih empuk & nyaman.
User avatar
wekweks
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: 08 Jul 2012, 21:51
Location: Gresik

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by wekweks »

:mky_07: Malem om om semua...
Sx4 sudah waktunua ganti ban nih..
Minta saran donk.. ban aslinya kan bs turanza er300. Enak rasanya gk gampang selip dan mayan awet.. tp emang rada keras rasanya..
Ada gk ya yg performanya mirip2 turanza er300 tapi lebih empuk dan senyap? Tp jangan pirelli kayak yg dibeli modcing..mihull.. untuk bujet kemarin ditawarin er300 @1.2jt.. klo bs dibawahnya.. kira2 apa ya alternatifnya selain balik lagi ke er300?
PEJUANGCINTA
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 13 May 2016, 23:28

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by PEJUANGCINTA »

Nubie mau nanya, sebenernya ngefek ga sih ganti merek ban mobil terhadap performa menyetir?

karena seumur2 selalu pake ban mobil yang dari sononya (YARIS, JAZZ, CRV, Mazda 2)

need enlightment guyss!
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post