Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Hedi2an wrote:Nubi mw tanya ni gan.. ban OEM ane 185/60r16, klo mw diganti ke 205/55r16 tanpa gnti velg itu kan naek 2 tingkat, lebar velg cuma 5,5".. klo soal mentok siy ngga, cuma kmungkinan jeleknya apa ya yg bisa trjadi antara ban dgn velgnya?
Kpngn coba champiro hpy, klo di situs GT nya siy range lebar velg antara 5,5" - 7,5" utk ukuran 205/55r16 tsb
kebanyakan... lebar velg 5.5 inch bagusnya max di 195... kbetulan yaris saya juga lebar velgnya segitu
jeleknya, sidewall ban terlalu kembung, gampang rusak ntar...
sebenernya alasan utamanya gini: ban baru itu kan belum break in dan kalau sudah break in pasti akan memberikan grip lebih baik. nah ketika di taro di depan maka terjadi kecenderungan oversteer. and we all know, its easier to control understeer karena kan tinggal lepas gas, arahin steer, maka bisa ngembalin grip tersebut. beda dengan oversteer yang butuh skill lebih, karena oversteer itu mirip drifting, bedanya drifting itu controlled oversteer, kenapa sulit karena momentum kendaraan bergantung ke traksi ban tersebut, kalau dilepas gas tiba2 atau langsung direm yang terjadi malah skidding or slide out karena malah makin oversteer akibat grip bertambah di bagian yg overster tsb = celaka, resep terbaik untuk netralin ovesteer adalah dengan digas dan arahin steer = ada ga refleks driver biasa yang gini karena respon utama manusia otomatis ngerem, juga mana ada yang berani injek gas = tambah kecepatan buat netral efek oversteer. nah inilah fungsinya VSC, continously monitoring traction at each tire = traction control.
nah kenapa org indo banyak salah kaprah taro ban baru di depan? karena berharap gain more traction, anggapannya lebih lengket lebih bagus buktinya mobil balap banyak yang gitu dan alasan paling kocak yg pernah ane denger di toko ban: kan ban depan yang belok2, paling banyak kerja, ban belakang ga ngapa2in jadi ngapain ban baru di belakang, rugi dong
untungnya banyak mobil di indo di setting sangat understeer dari pabrik terutama penggerak depan, belum lagi banyak bengkel spooring yang hobi setel stir jadi enteng jadi makin understeer karena biasa sudut casternya dibikin netral = irit ban juga maunya konsumen stir enteng karena enteng itu mobil bagus terus penggunaan ban OE jenis eco atau ban eco di harga dan tapak kecil . jadi efek bahaya oversteer akibat ban baru tereduksi oleh setelan understeer ini. walau tetep bahaya karena ga ada yang tau kapan akan oversteer.
Mantap om penjelesannya, terimakasih saya jadi lebih ngerti nih sekarang...
6 bulan lalu saya spooring di auto2k setir jadi enteng enak buat dalam kota namun jadi ga stabil kalau kecepatan tinggi dan bener gampang banget kena understeer. saya lihaht lagi hasil spooringnya teryata.... sudut cambernya diset positif akhirnya bbrapa waktu lalu saya complain minta cambernya diset negatif sesuai spec pabrikan, alhasil skarang stir sedikit lbh berat (masih wajar buat saya) namun jauh lebih stabil...
So hati2 aja kalau ada bengkel yg klaim bisa bikin stir lbh enteng ada drawback yg lbh berbahaya...
imsus2c wrote:
Saya pernah pakai Yokohama db, memang hening dan empuk.
Tapi begitu ganti Conti CC1, ternyata jadi lebih hening dan empuk, plus bonus lebih awet.
Di mobil lain (beda ukuran ban), dari CC1 ganti CC5, ternyata masih bisa lebih hening lagi
Kalau lari agak kenceng, yg kedengar cuma desir angin dan suara mesin...pakai kuping-o-meter pribadi yah...
Sayang CC5 ini ngga ada yg ukuran r17. Kalau CC1 masih ada, tapi ukurannya 215/55
Saya sekarang juga pake CC5 buat di depan, di belakang masih ban bawaan pabrik Dueler H/P Sport. Imo, masih lebih silent si dueler. Trus, CC5 ini blom setahun dipake udah pada rompal.
Makanya mau coba merk lain. Kebetulan minggu kemarin toko ban langganan kirim kabar kalo Michelle latitude sport3 sudah bisa dipesan, minggu depan ready stock. Mudah-mudahan bisa lebih baik dari CC5 dan dueler.
CC5 ada yg cross link ukurannya sama dueler ya pak? Baru tau
Pengalaman pribadi pakai conti berbagai tipe (tapi masih entry level sih), berbagai ukuran di berbagai jenis mobil, hasilnya ok, sepadan dibanding harganya.
Yg terjauh saat ini (masih terpakai), CRC-LX, udh thn ke-4/80ribuan km, tapak masih utuh. TWI masih sekitar 30%an. Sidewall belum ada yg bunting.
Cuma memang udh berisik dan agak keras.
Yg conti tipe lain, rata2 habis di km 50-60ribuan. Habis aus rata, bukan rusak.
Iyah, ini CC5 baru jalan setahun kurleb 10 ribu km, tapi telapak yang paling pinggir sudah pada rompal. Mungkin karena waktu beli ban ini sudah 3 tahun dari waktu produksinya. Yang belakang baru ganti pake michelle LS3 dua minggu lalu, masih dicoba di berbagai kondisi jalan, belum bisa ambil kesimpulan.
ariasss wrote:
Kemaren Ane sempat cari ban ukuran ini oom
Paling murah GT Savero SUV
Meskipun jadinya Ane ambil GT Champiro HPY buat ganti turanza er 33 Ane yg udah afkir dipake 9 tahun..
Salam
Reviewnya dong om Champiro HPY, thx
Ane jalan pelan-pelan
Jadi gak akan bisa kasih review grip dll
Yg pasti kebisingan ga beda jauh sama turanza er 33 afkir saya.. Dan lari kecepatan tinggi lebih confident.
susah ukuran yg produksi akhirnya terpaksa pake conti tp buatan malay..lumayan dpt murah n buatan minggu 52 tahun 2015 walo lebih mahal dr adrenalin(impor)...empuk n lumayan gripnya..karetnya empuk klo di pencet..sudah bawa lari 180 mobil tenang..ditikungan pun tetap 1 jalur..
wah, ada info baru tentang mobil
boleh izin nyimak dan ngikutan yah gan karena belum pernah punya mobil
lagi belajar neh gan, jadinya ketika punya mobil nanti bisa ngerawatnya
Ada yg sdh pernah coba Michelin primacy SUV? type baru dr Michelin yg kyknya pengganti dr latitude tour (bkn HP). Dibanding sama h/t 687 performancenya bgmn? Tkss
Mau minta saran utk penganti ban standar swift BS turanza-ecopia seri ER300 (impor dr thailand) 185/55/R16. Pemakaian 2.5 taon 64rb km dan sdh ada retak rambut tapak n pinggiran.
Apakah kl gw naik ke 195/50/r16 msh oke ?
untk alternatif yg didapet dg Budget sekitar 800rb/ban merk n seri apa?
anrico17 wrote:Ijin nanya dong...
Ada yang pernah pasang Michelin pilot sport 3? Trus emang bisa gk dipasang di crossover...
Kalo pertanyaan nya aneh maaf...
Up up nunggu review juga
Kalo bisa atau gak kan tergantung ukuran yang tersedia hehe
redzdevil wrote:Mau minta saran utk penganti ban standar swift BS turanza-ecopia seri ER300 (impor dr thailand) 185/55/R16. Pemakaian 2.5 taon 64rb km dan sdh ada retak rambut tapak n pinggiran.
Apakah kl gw naik ke 195/50/r16 msh oke ?
untk alternatif yg didapet dg Budget sekitar 800rb/ban merk n seri apa?
Temen sy pernah ganti 185/55/16 ke 195/50
Secara visual lingkar roda jadi sedikit (sedikit sekali) lebih kecil
Waktu itu ganti ke merk Toyo DRB 2014 akhir harganya masih kepala 7
Sy sendiri pake 195/50 Falken Ziex 912, harganya baru2 ini kepala 6
Untuk kedua merek di atas gripnya lebih enak dari turanza, tapi sy rasa umurnya gak bisa sepanjang turanza karena karakter kompon yang lembut
kompresorz wrote:susah ukuran yg produksi akhirnya terpaksa pake conti tp buatan malay..lumayan dpt murah n buatan minggu 52 tahun 2015 walo lebih mahal dr adrenalin(impor)...empuk n lumayan gripnya..karetnya empuk klo di pencet..sudah bawa lari 180 mobil tenang..ditikungan pun tetap 1 jalur..
kalo beli ban impor n ukuran gak pasaran cek bbrp toko ban kasih harga se enaknya aja...continental/michelin lgsg kasih harga 2 juta..
saya telpon pemilik toko langganan minta cek continental...di kasih harga 1,6 juta/piece...
kagak suka ganti velg..kecuali ada velg bintang ky AMG yang pas...
krn cinta adrenalin n memenuhi hasrat dr awal td sore saya cobain adrenalin 225-55-17...RE002 yg ada stok uji coba...ternyata mantap terlihat gagah..lebar kembung sampingnya hampir mirip ban asli...krn adrenalin ciri ban tegak...akhirnya saya pesan adrenalin RE003...
barusan ganti ban baru tapi kok malah jadi bunyi, coba2 dongkrak terus puter ban ternyata muternya ga sempurna (kayak bergelombang tapi bukan benjol) apakah perlu balancing ?
Mau tanya ban yang cocok buat honda jazz ge8 ane. Standar awal pake Bridgestone tipe Turanza 185/55 R16. Mau diganti 195/55 R16.
1. Apa yang beda antara kedua ukuran tersebut?
2. Merk apa yang cocok dari segi kesenyapan dan grip
3. Budget sekitar 900 an kebawah
4. Lebih disarankan 185 / 195? buat jalanan kota atau luarkota
hemmms wrote:barusan ganti ban baru tapi kok malah jadi bunyi, coba2 dongkrak terus puter ban ternyata muternya ga sempurna (kayak bergelombang tapi bukan benjol) apakah perlu balancing ?
wah kalo ban nya gak bulet bener brarti cacat gak tuh om ban barunya, harusnya sih komplain minta ganti, kalo sudah gitu sih menurut saya gak ngaruh juga di balancing.
1. 195/55 ukuran nya sedikit lebih besar dari 185/55. Dinding dan tapak ban nya lebih sedikit lebar.
2. Kalo merk ada macam2. Dulu saya pakai yokohama c drive 2. Skrg saya pakai dunlop lm704 ( Menurut saya ban ini tdk terlalu senyap / berisik. Grip jalan kering/basah lumayan lah).
3. Saran saya ganti ukuran 195/55 aja om. Bantingan ge8 kan agak keras kalo lewat jalanan agak keriting/jelek, kalo pakai ukuran 195/55 sedikit lebih empuk & nyaman.
Malem om om semua...
Sx4 sudah waktunua ganti ban nih..
Minta saran donk.. ban aslinya kan bs turanza er300. Enak rasanya gk gampang selip dan mayan awet.. tp emang rada keras rasanya..
Ada gk ya yg performanya mirip2 turanza er300 tapi lebih empuk dan senyap? Tp jangan pirelli kayak yg dibeli modcing..mihull.. untuk bujet kemarin ditawarin er300 @1.2jt.. klo bs dibawahnya.. kira2 apa ya alternatifnya selain balik lagi ke er300?
Halo semua. Izin buat topik baru soalnya baru cek ternyata pake mobil EV ban-nya khusus ya. Konon ga semua merk buat ban khusus EV, CMIIW.
Setahu gw...