Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by herp »

DOHC wrote:w204 masi di keep nehh om kompre ??

@ meneer imsus :
ban eco yg ane coba sehh ad beberapa, ecopia sehh ga ad crita bunting2an walaupun dl seumur idup nya sering hajar pantura... cuman, d tapak dan sisi deket bibir velg cepet retak rambut meneer... dan cepet botak, 40-50an rebu pasti ud deket kena TWI... harga jg ga murah2 amat... makanya mikir mending champ eco, at least masi lebi murah..
Tpi ayla ane bawaan nya champ eco, sidewall nya udh benjol semua mod, pdhl baru 14k km nya, dan jrg hajar lobang ampe rada kenceng
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

justru itu maksud ane om... make si champ eco kl ampe bunting jg gapapa... krn faktor harga murah nya itu...

kl ecopia, biar kata ban eco2an tp harganya plg mahal d kelas eco... jd kl bunting atau sgala rusak laen nya yahh rada ga worth it aj

sayang padahal waktu BS bkin b250 itu ban ckup bagus tuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz »

turanza ar 20..krn tdk merasa nyaman..gripnya kurang..desain tapak mengerucut ke sisi dalam..tp untuk cari empuk bagus...

Image

adrenalin re 003 ...luar biasa gripnya...desain tapak melebar samping..dinding ban keluar..keras..terlihat jelas sebelum dipasang dinding ban tebal..klo nikung cepat bodi mobil seperti di kunci spy tdk ngebuang..

Image

Image

rencana saya ada pesan lg adrenalin buat gantiin ban standar pabrikan...
stiffler
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: Wed May 27, 2015 5:07

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by stiffler »

bulan lalu, ban mobil crv saya sobek kena lubang di exit toll cibubur.
nah kalau mau beli ban tuh bisa satu aja ga? atau perlu beli satu set (4 ban + 1 cadangan). was was juga nih udah sebulan wara wiri ga bawa ban cadangan, kalau ada apa2 di jalan kan repot
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by fenrir »

stiffler wrote:bulan lalu, ban mobil crv saya sobek kena lubang di exit toll cibubur.
nah kalau mau beli ban tuh bisa satu aja ga? atau perlu beli satu set (4 ban + 1 cadangan). was was juga nih udah sebulan wara wiri ga bawa ban cadangan, kalau ada apa2 di jalan kan repot
untuk mayoritas ban sih bisa beli 1, tapi kalo bannya masuk performance/premium tire, toko biasanya kasih minimal 2 biji untuk pembelian.
pernah rotasi ban sebelumnya? liat treadwearnya dulu aja kalo baru pertama ganti ban, biasanya sih kalo belum di rotasi sama sekali, ban depan bakal lebih gundul daripada belakang untuk mobil FWD. kalo misalnya beli 2, pasang aja yg baru di depan, 1 paling gundul di bagasi, sisanya di belakang.
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

SMers, ane mau tanya2, belom lama ini ngangkut Accord CP2 seken, ban bawaan Michelin Energy (oem) sepertinya umurnya tinggal beberapa bulan, rencana cari yang comfort karena yang pake mobilnya ortu sy :mky_01:
Browsing sana sini ukuran 225/50/17 pilihan cukup terbatas, mohon review dan masukannya, sekalian info kisaran harga dan toko di ibukota:
1. Michelin Primacy 3 ST
2. BS Turanza AR-20
3. Dunlop Veuro VE302

Lainnya:
1. Michelin Pilot Sport 3: lebih ke arah performance>comfort :big_think:
2. BS Potenza RE050: RFT? Sepertinya terlalu keras ya :big_think:
3. Champiro HPY, Achilles ATR, ATR2, 2233, Accelera Phi-R: Ban dalam negeri rajanya segala ukuran hehe
4. Merek Jepun?

Maaf masih agak bingung untuk ban sekelas ini, maklum cuma pernah pake di mobil ane sendiri 3 jenis Achilles diatas, Accelera Alpha & Zigma, mentok2 sekarang Falken Ziex 912

Michelin sekarang assembly mana ya? Masih agak ragu karena yang sekarang terpasang banyak luka-luka (sering denger karena gak cocok dengan aspal sini)

Thx SM
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by imsus2c »

^^^
Tentukan budget-nya dulu pak.
Soalnya di point pilihan lainnya kok drastis, dari Michelin Pilot Sport3 ke Achilles/Accelera :D

Michelin yang dijual disini (ukuran populer), rata2 buatan Thailand.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

imsus2c wrote:^^^
Tentukan budget-nya dulu pak.
Soalnya di point pilihan lainnya kok drastis, dari Michelin Pilot Sport3 ke Achilles/Accelera :D

Michelin yang dijual disini (ukuran populer), rata2 buatan Thailand.
Thx reply nya :big_deal:
Sebenernya soal budget berhubung mobil ortu sertinya gak masalah :mky_01:
Untuk poin lain2 barangkali ada masukan2
Mungkin biar gak bingung saya edit dulu deh, dicoret aja yang opsi2 bikin bingung itu

Setelah ane browsing2 lagi ternyata cukup banyak pilihan untuk ukuran tsb (sebatas liat web2 toko, toko fisik belum tau), salah satunya Hankook bahkan ada 4 jenis buat ukuran CP, dan juga dapet info kalo Michelin Primacy 3 ST udah discontinue :big_think:

Thailand mirip2 dengan indo kah iklim dan aspalnya? Sejauh ini sy pake Falken 912 buatan sana (prod 2014 awal, beli seken) dan terlihat masih seger sih, apa Michelin juga begitu? Jujur paling naksir ama opsi Michelin tapi masih ragu di bagian ini, dan balik lagi, dapet info kalo Primacy 3 ST udah dis, thx
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

fenrir wrote:
stiffler wrote:bulan lalu, ban mobil crv saya sobek kena lubang di exit toll cibubur.
nah kalau mau beli ban tuh bisa satu aja ga? atau perlu beli satu set (4 ban + 1 cadangan). was was juga nih udah sebulan wara wiri ga bawa ban cadangan, kalau ada apa2 di jalan kan repot
untuk mayoritas ban sih bisa beli 1, tapi kalo bannya masuk performance/premium tire, toko biasanya kasih minimal 2 biji untuk pembelian.
pernah rotasi ban sebelumnya? liat treadwearnya dulu aja kalo baru pertama ganti ban, biasanya sih kalo belum di rotasi sama sekali, ban depan bakal lebih gundul daripada belakang untuk mobil FWD. kalo misalnya beli 2, pasang aja yg baru di depan, 1 paling gundul di bagasi, sisanya di belakang.
ganti ban baru itu untuk jenis mobil apapun wajib di belakang. salah kaprah ban baru di depan, malah sangat bahaya untuk FWD kalau ban baru di depan.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by imsus2c »

aabx wrote:
imsus2c wrote:^^^
Tentukan budget-nya dulu pak.
Soalnya di point pilihan lainnya kok drastis, dari Michelin Pilot Sport3 ke Achilles/Accelera :D

Michelin yang dijual disini (ukuran populer), rata2 buatan Thailand.
Thx reply nya :big_deal:
Sebenernya soal budget berhubung mobil ortu sertinya gak masalah :mky_01:
Untuk poin lain2 barangkali ada masukan2
Mungkin biar gak bingung saya edit dulu deh, dicoret aja yang opsi2 bikin bingung itu

Setelah ane browsing2 lagi ternyata cukup banyak pilihan untuk ukuran tsb (sebatas liat web2 toko, toko fisik belum tau), salah satunya Hankook bahkan ada 4 jenis buat ukuran CP, dan juga dapet info kalo Michelin Primacy 3 ST udah discontinue :big_think:

Thailand mirip2 dengan indo kah iklim dan aspalnya? Sejauh ini sy pake Falken 912 buatan sana (prod 2014 awal, beli seken) dan terlihat masih seger sih, apa Michelin juga begitu? Jujur paling naksir ama opsi Michelin tapi masih ragu di bagian ini, dan balik lagi, dapet info kalo Primacy 3 ST udah dis, thx
Kalau mau ban nyaman, biasanya kembangannya halus dan gurat2annya banyak.
Polanya biasanya simetris atau asimetris, jarang (atau ngga ada) yg pola-nya unidirectional (rotation).
Sidewallnya biasanya membulat (donut)
kunaskun wrote:
fenrir wrote:
stiffler wrote:bulan lalu, ban mobil crv saya sobek kena lubang di exit toll cibubur.
nah kalau mau beli ban tuh bisa satu aja ga? atau perlu beli satu set (4 ban + 1 cadangan). was was juga nih udah sebulan wara wiri ga bawa ban cadangan, kalau ada apa2 di jalan kan repot
untuk mayoritas ban sih bisa beli 1, tapi kalo bannya masuk performance/premium tire, toko biasanya kasih minimal 2 biji untuk pembelian.
pernah rotasi ban sebelumnya? liat treadwearnya dulu aja kalo baru pertama ganti ban, biasanya sih kalo belum di rotasi sama sekali, ban depan bakal lebih gundul daripada belakang untuk mobil FWD. kalo misalnya beli 2, pasang aja yg baru di depan, 1 paling gundul di bagasi, sisanya di belakang.
ganti ban baru itu untuk jenis mobil apapun wajib di belakang. salah kaprah ban baru di depan, malah sangat bahaya untuk FWD kalau ban baru di depan.
:big_exellent:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

aabx wrote:SMers, ane mau tanya2, belom lama ini ngangkut Accord CP2 seken, ban bawaan Michelin Energy (oem) sepertinya umurnya tinggal beberapa bulan, rencana cari yang comfort karena yang pake mobilnya ortu sy :mky_01:
Browsing sana sini ukuran 225/50/17 pilihan cukup terbatas, mohon review dan masukannya, sekalian info kisaran harga dan toko di ibukota:
1. Michelin Primacy 3 ST
2. BS Turanza AR-20
3. Dunlop Veuro VE302

Lainnya:
1. Michelin Pilot Sport 3: lebih ke arah performance>comfort :big_think:
2. BS Potenza RE050: RFT? Sepertinya terlalu keras ya :big_think:
3. Champiro HPY, Achilles ATR, ATR2, 2233, Accelera Phi-R: Ban dalam negeri rajanya segala ukuran hehe
4. Merek Jepun?

Maaf masih agak bingung untuk ban sekelas ini, maklum cuma pernah pake di mobil ane sendiri 3 jenis Achilles diatas, Accelera Alpha & Zigma, mentok2 sekarang Falken Ziex 912

Michelin sekarang assembly mana ya? Masih agak ragu karena yang sekarang terpasang banyak luka-luka (sering denger karena gak cocok dengan aspal sini)

Thx SM
kalau ban comfort cari yang tapaknya halus dan rapat jadi minim noise, rajanya silent dan agak gampang dicari indo ya yokohama advan db. tapi konon sidewall agak lemah jadi gampang ketojos = kayanya umum ya untuk ban comfort kaya gini :big_exellent:
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by fenrir »

imsus2c wrote:
kunaskun wrote:
fenrir wrote:
untuk mayoritas ban sih bisa beli 1, tapi kalo bannya masuk performance/premium tire, toko biasanya kasih minimal 2 biji untuk pembelian.
pernah rotasi ban sebelumnya? liat treadwearnya dulu aja kalo baru pertama ganti ban, biasanya sih kalo belum di rotasi sama sekali, ban depan bakal lebih gundul daripada belakang untuk mobil FWD. kalo misalnya beli 2, pasang aja yg baru di depan, 1 paling gundul di bagasi, sisanya di belakang.
ganti ban baru itu untuk jenis mobil apapun wajib di belakang. salah kaprah ban baru di depan, malah sangat bahaya untuk FWD kalau ban baru di depan.
:big_exellent:
yap berarti saya salah sumber informasi, setelah cek manual dan site-site lain, penggantian 2 ban baru harus di rear axle, untuk mencegah kecelakaan karena hydroplanning/ban meletus, sorry salah informasi sebelumnya.. :mky_03:

dasar tukang ban.. :off_no:

edit: kurang quote
Haagendasz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Haagendasz »

Ternyata bener apa yg dibilang temen saya dulu. Bokap dia punya toko ban di Sumatera, dia dulu dikasih tour ke pabriknya GT Radial & dikasih liat bahayanya klo pasang ban baru di depan.

Sent from my SM-N900 using Tapatalk
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by mylandy »

kunaskun wrote: ganti ban baru itu untuk jenis mobil apapun wajib di belakang. salah kaprah ban baru di depan, malah sangat bahaya untuk FWD kalau ban baru di depan.
Dapat satu ilmu baru lagi dari SM. :big_exellent:
Apakah ini berlaku juga untuk mobil AWD? Rencana minggu depan mau ganti ban sepasang (2 biji). :thanks:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

+1 setuju ama om kun

lebi gampang koreksi ban depan yg ilang traksi krn itu terhubung ama steering dan lebi gampang jg berasa kl mulai ilang traksi...

ktimbang ban blakang... kcuali driver nya emg biasa pembalap nge drift atau slalom...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

kunaskun wrote:kalau ban comfort cari yang tapaknya halus dan rapat jadi minim noise, rajanya silent dan agak gampang dicari indo ya yokohama advan db. tapi konon sidewall agak lemah jadi gampang ketojos = kayanya umum ya untuk ban comfort kaya gini :big_exellent:
Yokohama db kalo gak salah dipakai untuk OEM Juke ya om? Boleh juga nih jadi opsi hehe, thx om :big_deal:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by imsus2c »

aabx wrote:
kunaskun wrote:kalau ban comfort cari yang tapaknya halus dan rapat jadi minim noise, rajanya silent dan agak gampang dicari indo ya yokohama advan db. tapi konon sidewall agak lemah jadi gampang ketojos = kayanya umum ya untuk ban comfort kaya gini :big_exellent:
Yokohama db kalo gak salah dipakai untuk OEM Juke ya om? Boleh juga nih jadi opsi hehe, thx om :big_deal:
Saya pernah pakai Yokohama db, memang hening dan empuk.
Tapi begitu ganti Conti CC1, ternyata jadi lebih hening dan empuk, plus bonus lebih awet.
Di mobil lain (beda ukuran ban), dari CC1 ganti CC5, ternyata masih bisa lebih hening lagi :D
Kalau lari agak kenceng, yg kedengar cuma desir angin dan suara mesin...pakai kuping-o-meter pribadi yah...
Sayang CC5 ini ngga ada yg ukuran r17. Kalau CC1 masih ada, tapi ukurannya 215/55
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

imsus2c wrote:
aabx wrote:
kunaskun wrote:kalau ban comfort cari yang tapaknya halus dan rapat jadi minim noise, rajanya silent dan agak gampang dicari indo ya yokohama advan db. tapi konon sidewall agak lemah jadi gampang ketojos = kayanya umum ya untuk ban comfort kaya gini :big_exellent:
Yokohama db kalo gak salah dipakai untuk OEM Juke ya om? Boleh juga nih jadi opsi hehe, thx om :big_deal:
Saya pernah pakai Yokohama db, memang hening dan empuk.
Tapi begitu ganti Conti CC1, ternyata jadi lebih hening dan empuk, plus bonus lebih awet.
Di mobil lain (beda ukuran ban), dari CC1 ganti CC5, ternyata masih bisa lebih hening lagi :D
Kalau lari agak kenceng, yg kedengar cuma desir angin dan suara mesin...pakai kuping-o-meter pribadi yah...
Sayang CC5 ini ngga ada yg ukuran r17. Kalau CC1 masih ada, tapi ukurannya 215/55
Thx masukannya, sepertinya yang masuk budget tipe CMC 5, tapiii..
Sebenernya masih agak ragu dengan merek ini karena ngeliat temen punya ford fiesta (oemny conti) kondisi bannya terlihat 'capek' setelah bbrp tahun

Kalau champiro HPY ada yang pernah pake? Di luar kok reviewnya bagus2 ya. Sebagian kecil complaint hanya karena ada defect :big_okay:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Profith83 »

DOHC wrote:+1 setuju ama om kun

lebi gampang koreksi ban depan yg ilang traksi krn itu terhubung ama steering dan lebi gampang jg berasa kl mulai ilang traksi...

ktimbang ban blakang... kcuali driver nya emg biasa pembalap nge drift atau slalom...
Jadi sebenarnya untuk ganti Innova yang penggerak roda belakang, lebih aman diganti yang belakang yah dari pada depan?
Tetapi kalau depan gundul kan kurang bisa menyengkeram untuk belok. Tolong dijelaskan, sorry kurang ngerti tentang ban
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by mylandy »

imsus2c wrote: Saya pernah pakai Yokohama db, memang hening dan empuk.
Tapi begitu ganti Conti CC1, ternyata jadi lebih hening dan empuk, plus bonus lebih awet.
Di mobil lain (beda ukuran ban), dari CC1 ganti CC5, ternyata masih bisa lebih hening lagi :D
Kalau lari agak kenceng, yg kedengar cuma desir angin dan suara mesin...pakai kuping-o-meter pribadi yah...
Sayang CC5 ini ngga ada yg ukuran r17. Kalau CC1 masih ada, tapi ukurannya 215/55
Saya sekarang juga pake CC5 buat di depan, di belakang masih ban bawaan pabrik Dueler H/P Sport. Imo, masih lebih silent si dueler. Trus, CC5 ini blom setahun dipake udah pada rompal. :off_no:
Makanya mau coba merk lain. Kebetulan minggu kemarin toko ban langganan kirim kabar kalo Michelle latitude sport3 sudah bisa dipesan, minggu depan ready stock. Mudah-mudahan bisa lebih baik dari CC5 dan dueler. :angel:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

Profith83 wrote:
DOHC wrote:+1 setuju ama om kun

lebi gampang koreksi ban depan yg ilang traksi krn itu terhubung ama steering dan lebi gampang jg berasa kl mulai ilang traksi...

ktimbang ban blakang... kcuali driver nya emg biasa pembalap nge drift atau slalom...
Jadi sebenarnya untuk ganti Innova yang penggerak roda belakang, lebih aman diganti yang belakang yah dari pada depan?
Tetapi kalau depan gundul kan kurang bisa menyengkeram untuk belok. Tolong dijelaskan, sorry kurang ngerti tentang ban
sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...

utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...

jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Profith83 »

DOHC wrote:
Profith83 wrote:
DOHC wrote:+1 setuju ama om kun

lebi gampang koreksi ban depan yg ilang traksi krn itu terhubung ama steering dan lebi gampang jg berasa kl mulai ilang traksi...

ktimbang ban blakang... kcuali driver nya emg biasa pembalap nge drift atau slalom...
Jadi sebenarnya untuk ganti Innova yang penggerak roda belakang, lebih aman diganti yang belakang yah dari pada depan?
Tetapi kalau depan gundul kan kurang bisa menyengkeram untuk belok. Tolong dijelaskan, sorry kurang ngerti tentang ban
sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...

utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...

jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...
oh maksud om, Ban depan kita masih terasa, begitu sadar kita bisa pelanin mobil dan koreksi pelan pelan.
Kalau belakang gak sadar langsung hilang traksi karena tidak terconnect ke steer.

Thank You penjelasannya panjang lebar :big_smile]
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by hariy »

DOHC wrote:sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...

utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...

jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...
Super sekali... :frm_tumbleft:




# nubie nyimak dari pojok yg gelap.....
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by lemonadelovers »

om d beberapa mobil honda kan camber belakang negatif.. klo pake ban yang petunjuk pemasangan inside-outside jadi ga bisa dirotasi kiri kanan dong ya.. klo ga dirotasi makan sebelah

apa sih efeknya pemasangan inside outside terbalik? sedangkan arah putaran rodanya tetep sama
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by mylandy »

DOHC wrote:
sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...

utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...

jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...
CMIIW sangat...
Penjelasannya sudah tepat, Om, tapi istilahnya terbalik antara understeer dan oversteer. Kalo ban belakang botak, mobil cenderung oversteer. Sebaliknya kalo ban depan yang botak, mobil cenderung understeer.
Mohon suhu-suhu koreksi nubie yang lagi belajar... :thanks: