Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

newkinematics
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Jul 07, 2014 1:00

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by newkinematics »

Jagonyaaki wrote: Tue Sep 26, 2017 3:11 Cb d slamet ban di viaduc..
saya sudah ke selamet ban, ternyata ga bisa.

ada toko ban yg bisa tambal tiptop di jalan naripan (deket banget sama mie naripan), tapi teknisinya ogah-ogahan tambal tiptop, mereka semangatnya kalo tambal cacing. ban saya yg kena paku mereka ngotot tambal cacing, katanya kalo tiptop buat ban yg robek besar.
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by mobilkutu »

Nanya donk guys kalo ada paku kecil di ban depan tapi udah masuk banget si, paku biasa tapi kecil nancep gitu, angin si gak berkurang, apakah harus dicabut? Kemaren ha is cuci me bil mau bersihin kerikil2 di ban baru ngeh ada paku
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

mobilkutu wrote: Mon Oct 09, 2017 12:49 Nanya donk guys kalo ada paku kecil di ban depan tapi udah masuk banget si, paku biasa tapi kecil nancep gitu, angin si gak berkurang, apakah harus dicabut? Kemaren ha is cuci me bil mau bersihin kerikil2 di ban baru ngeh ada paku
Kalau saya sih langsung bawa ke tambal ban buat dicabut, kan seraya ban menipis nantinya juga akan menancap makin dalem. Masalahnya kek gini pernah kejadian di mobil temen, ada paku kecil nemplok dah dipake 3 minggu ga ada masalah (angin ga kurang). sekali waktu dia pake tol ke bandung (malem sebelumnya dah cek angin dan normal), ditinggal di rest area makan 1 jam, balik2 dah kempes bannya. Ya sepertinya akibat banyak rem mendadak gas dst selama ngetoll membuat makin nancep deh tu pakunya lalu bikin bocor.
Image
Badip
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Jan 31, 2017 11:31

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Badip »

Tambal ban tiptop namanya. Beberapa bulan lewat pernah nambal ban dgn cara ini di nawilis kena 90 ribuan kalo gak salah inget.
Satya21 wrote: Wed Sep 27, 2017 15:18 Selamat malam, apa ada yg pernah nambal ban yg model tempel dari dalam(ban dibuka dari velg)?
Ban sy kena paku, kalau tambal yg model ditusuk katanya malah ngerusak kawat ban tsb.
Atau tidak ada masalah kalau tetap ditambal model ditusuk?
Kira2 dimana bengkel ban yg bisa ngerjain tambalan yg model tempel dari dalam?
Apakah di semua toko ban yg merk bridgestone atau dunlop atau 1station bisa ngerjain?
Biayanya kisaran brp?
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by herry_chen »

Agan mau tanya dong
Kn mbl saya ban depan udah mulai botak nih kanan dan kiri
Nah rencana mau ganti ban 1aja. Nah yg 1 baru yg 1 lagi ambil dr ban serap. Trus ban yg rada botak itu 1 buat ban serap
Nah mau tanya
Apakah kalo ganti ban 1 tapi merk nya beda ama 3 yg terpasang apakah boleh?
Thanks
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

herry_chen wrote: Tue Oct 24, 2017 0:12 Agan mau tanya dong
Kn mbl saya ban depan udah mulai botak nih kanan dan kiri
Nah rencana mau ganti ban 1aja. Nah yg 1 baru yg 1 lagi ambil dr ban serap. Trus ban yg rada botak itu 1 buat ban serap
Nah mau tanya
Apakah kalo ganti ban 1 tapi merk nya beda ama 3 yg terpasang apakah boleh?
Thanks
Nubie bantu jawab, beda merk berarti beda pola telapak pastinya. Di satu sumbu yang sama harus sejenis (pastinya satu merk) om. Kalo tanya bisa ga beda merk? jawabannya bisa2 aja, kalo boleh atau gak? Sebaiknya jangan.

Baikan ganti sepasang pake harga yang ekonomis saja macem gt champiro eco kalo budget lagi ngepas, tapi baikan ya ganti lgsg 2. Atau malah tunda dulu saja ganti bannya asalkan belum sentuh TWI yang di dinding atas atau belum rata dengan TWI yang seperti gundukan di tengah2 thread lurus (yang garis2 lurus biasa ada gundukan).

Kalo insist tetep mau ganti 1 ban aja, saya share dikit pengalaman mobil nyokap yang 4 sisi beda merk semua. Taun 2006, nyokap menggunakan mental emak2nya ganti ban mobil 1 terus 1 lagi terus 1 lagi. Alhasil kiri depan michelin, kanan depan bridgestone AR-10, kiri belakang GT radial apa gitu lupa, kanan belakang dunlop entah apa juga lupa. Ya kalau pemakaian dalam kota sih fine2 aja ga berasa ada perbedaan, tapi kalo lagi ngetol nah itu tiap kali rem mendadak seinget saya dulu pake jadi buang ke kiri setirnya. akhirnya ogut nyuruh ganti semua pake ban murah aja apa kek gitu, akhirnya setir normal lagi.
Image
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by liep »

josomba wrote: Tue Oct 24, 2017 0:35 Kalo insist tetep mau ganti 1 ban aja, saya share dikit pengalaman mobil nyokap yang 4 sisi beda merk semua. Taun 2006, nyokap menggunakan mental emak2nya ganti ban mobil 1 terus 1 lagi terus 1 lagi. Alhasil kiri depan michelin, kanan depan bridgestone AR-10, kiri belakang GT radial apa gitu lupa, kanan belakang dunlop entah apa juga lupa.
power of emak2, jgn2 ban serep jg beda, tp paling ga ukurannya msh sama, haha
Change
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Oct 29, 2016 22:50

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Change »

Baru gak lama ganti ban lama Falken, uda pas sentuh garis twi alias botak. Size r15, 205-65 ( innova ), krn sudah mau dijual, akhirnya ganti ke hankook kinergy ex. Ganti bagian belakang 2, jd depan 2 masih falken ( umur setahun ). Hankook kena 600rb/pcs di toko ban langganan
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by lemonadelovers »

maaf mau tanya, kalau mau beli ban serep half size dimana ya?
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by ABEDUL »

herry_chen wrote: Tue Oct 24, 2017 0:12 Agan mau tanya dong
Kn mbl saya ban depan udah mulai botak nih kanan dan kiri
Nah rencana mau ganti ban 1aja. Nah yg 1 baru yg 1 lagi ambil dr ban serap. Trus ban yg rada botak itu 1 buat ban serap
Nah mau tanya
Apakah kalo ganti ban 1 tapi merk nya beda ama 3 yg terpasang apakah boleh?
Thanks
Share sedikit, pernah juga mengalami seperti itu. Waktu itu masih pakai Vios dan kondisi waktu itu sedang kuliah (duit pas-pasan) jadi beli ban nyicil satu persatu, (dari berbagai merek ada di satu mobil), hahaha. Di dalam kota sih tidak masalah, ketika bawa ke tol mobil tidak enak sama sekali malah cenderung bahaya.
Ketika sudah punya uang cukup, saya tukar tambah ke ban yang agak lumayan.
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

herry_chen wrote: Tue Oct 24, 2017 0:12 Agan mau tanya dong
Kn mbl saya ban depan udah mulai botak nih kanan dan kiri
Nah rencana mau ganti ban 1aja. Nah yg 1 baru yg 1 lagi ambil dr ban serap. Trus ban yg rada botak itu 1 buat ban serap
Nah mau tanya
Apakah kalo ganti ban 1 tapi merk nya beda ama 3 yg terpasang apakah boleh?
Thanks
Kalau memang terpaksa hanya beli 1 ban baru, yang ban baru + serep taroh di belakang, yang tadinya di belakang pindah ke sumbu depan. Lebih bagus lagi kalau tadinya ban serep belom pernah turun samsek dan cari ban baru yang merek dan tipenya sama, walaupun sebenernya tetap ada beda karena ban serep kan umurnya udah bertahun2. Paling nggak meminimalisir risiko.
Selebihnya tetap lebih baik beli langsung 2, paling baik ya beli 4 dan rotasi rutin hehe.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

ABEDUL wrote: Tue Oct 24, 2017 4:29

Share sedikit, pernah juga mengalami seperti itu. Waktu itu masih pakai Vios dan kondisi waktu itu sedang kuliah (duit pas-pasan) jadi beli ban nyicil satu persatu, (dari berbagai merek ada di satu mobil), hahaha. Di dalam kota sih tidak masalah, ketika bawa ke tol mobil tidak enak sama sekali malah cenderung bahaya.
Ketika sudah punya uang cukup, saya tukar tambah ke ban yang agak lumayan.
kalau nyicil jangan beda merek beda jenis, samain persis gpp, yang baru taro di sumbu belakang terserah mau kiri atau kanan kalau non directional. nanti yang diganti duluan juga yang di sumbu belakang. memang tetap bahaya tapi jauh lebih safe karena anggapan ini ban serep, daripada beda merek beda jenis. atau kalau kepepet banget beli ban bekas tapi ya ini last resort karena mendingan sekalian beli achilles... :mky_08:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

om @liep, begitu lah emak2. Cari ban paling murah dan kalo bisa tunda tiap berapa bulan baru ganti, mendingan duit dipake buat beli tas/sepatu atau apa pun keperluan cewek keknya. ahahaha

Btw suhu2 disini, ada yang pernah pake GT Radial GTX Pro? Gimana kesannya? Nyari2 reviewnya susah. Ada temen titip tanya mengenai ni ban, directional dan kalo di webnya GT termasuk High Performance tyre tapi harganya ekonomis 500 ribu kalo ukuran 185/65 R15.
Image
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Profith83 »

saya pernah pakai yang harga mirip 2x yaitu GT BXT Pro 205/65 R15 untuk Innova.

Wah kerasnya minta ampun ... badingkan dengan ban bawaan Innova Dunlop D80V4, jauh lebih empuk Dunlop.

Jadi kalau mobilnya mobil kecil atau sedan sebaiknya jangan pakai GT BXT. entah kalau GTX yah
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

Profith83 wrote: Wed Oct 25, 2017 10:01 saya pernah pakai yang harga mirip 2x yaitu GT BXT Pro 205/65 R15 untuk Innova.

Wah kerasnya minta ampun ... badingkan dengan ban bawaan Innova Dunlop D80V4, jauh lebih empuk Dunlop.

Jadi kalau mobilnya mobil kecil atau sedan sebaiknya jangan pakai GT BXT. entah kalau GTX yah
dunlop innova kan emang empuk, gampang grepes hihihi... :mky_01:

tapi menurut saya si BXT Pro ini masih lebih empuk daripada Yokohama A-Drive yang lama. jauh lebih empuk, grip lumayanlah untuk harga segitu, sayangnya dengung di kecepatan 10-20 kph.
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by marzoochi »

OOm minta saran buat pilihan ban buat MarkX berikut:
R18 235/40 atau 235/50
Michelin Primacy 3st Rp. 1,6jt/piece
Continental maxcontact5 - Rp.1,3jt/piece
Toyo Proxes 4 - Rp. 1,4jt/ piece
Yokohama Advan Fleva V701 - Rp.1,3jt/ piece

Ada masukan atau pengalaman dari keempat ban tersebut oom?
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

Kalo ada yg sudah pernah pake hankook kynergy minta reviewnya gan
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

makasi om profith dan kunaskun untuk masukannya. Kalo vs dunlop, kalah empuk ya. Tapi kalo sehari2 emang mendingan ban empuk sih asal jalanannya ga rusak parah. Ini sekarang saya sendiri juga lagi agak "terkutuk" dengan Goodyear Triplemax untuk beberapa tahun ke depan deh. Grip enak, minim aquaplanning tapi kerasnya ampun deh dibanding ecopia sekalipun. Btw ga salah tuh om kunaskun baru kecepatan 10-20 aja udah berdengung si BXT-nya? hahaha. Hmm memang harga ban gabisa nipu ya, mau dianggep high performance tire tapi kalo di rentang harga eco tyre pada umumnya, yaa kualitasnya ..... begitu dah ya.
Image
Change
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Oct 29, 2016 22:50

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Change »

@vic. Hankook kinergy ex ( 2 belakang ) + falken sincere ( 2 depan ) di innova, di jalan tol n jalan rusak, adem dan nyaman saja, grip lmyn bagus waktu hujan. Sementara ini blm ada bunyi dengung di dalam kabin.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun »

josomba wrote: Thu Oct 26, 2017 4:25 makasi om profith dan kunaskun untuk masukannya. Kalo vs dunlop, kalah empuk ya. Tapi kalo sehari2 emang mendingan ban empuk sih asal jalanannya ga rusak parah. Ini sekarang saya sendiri juga lagi agak "terkutuk" dengan Goodyear Triplemax untuk beberapa tahun ke depan deh. Grip enak, minim aquaplanning tapi kerasnya ampun deh dibanding ecopia sekalipun. Btw ga salah tuh om kunaskun baru kecepatan 10-20 aja udah berdengung si BXT-nya? hahaha. Hmm memang harga ban gabisa nipu ya, mau dianggep high performance tire tapi kalo di rentang harga eco tyre pada umumnya, yaa kualitasnya ..... begitu dah ya.
biasa ban grippy dan minim aqua planning itu sidewall keras apalagi itu triplemax kan highmiller type ya makin keras lagi supaya ban habisnya rata dan tetap bulat = mirip2 eco tyre.

sebenernya kalau cermati harga ban, si GT Radial ini ngisi celah antara achiles cs dan dunlop. jadi buat saya si dari segi harga si GT emang bukan eco tyre kecuali emang disebut eco tyre. nah dengan harga segitu si saya ga minta banyak hehehe... karena rules of thumb ban itu kan kalau mau oke segala2nya ya BS (kecuali OE Replacement/OE) atau ban import yg harga setara, jadi ya GT Radial emang bukan direct competitor BS dsb. karena murah.

btw GT radial ini hebat juga, di pantura *amit2* udah setahun lebih, belasan ribu km, ga ada yang tembus paku dsb. tapak juga belum grepes, hanya mulai retak2 aja = harga ga boong. tapi sisanya masih enak kaya baru. jadi pantaslah untuk harga murmer
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

Change wrote: Thu Oct 26, 2017 4:42 @vic. Hankook kinergy ex ( 2 belakang ) + falken sincere ( 2 depan ) di innova, di jalan tol n jalan rusak, adem dan nyaman saja, grip lmyn bagus waktu hujan. Sementara ini blm ada bunyi dengung di dalam kabin.
Thanks gan buat reviewnya
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

josomba wrote: Wed Oct 25, 2017 9:45Btw suhu2 disini, ada yang pernah pake GT Radial GTX Pro? Gimana kesannya? Nyari2 reviewnya susah. Ada temen titip tanya mengenai ni ban, directional dan kalo di webnya GT termasuk High Performance tyre tapi harganya ekonomis 500 ribu kalo ukuran 185/65 R15.
Saya sempat pakai beberapa bulan, udahan karena 2 ban defect (pelajaran nih kalau beli ban merek apapaun sebisa mungkin tontonin pas lagi di balancing). Kesan2nya: grip terasa lebih baik, bisa launch rpm tinggi tanpa kebanyakan slip, sidewallnya tebal dan keras, kemampuan belah airnya lumayan bagus, agak berisik kalau di tol (wajar karena orientasinya bukan comfort). Saya bandingin langsung dengan Yoko C-drive yang digantikan, mobil saya gak ABS dan gak pernah rem ngunci sejak pakai GTX, sementara C-drive seneng banget ngunci.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

aabx wrote: Sat Oct 28, 2017 16:00
Saya sempat pakai beberapa bulan, udahan karena 2 ban defect (pelajaran nih kalau beli ban merek apapaun sebisa mungkin tontonin pas lagi di balancing). Kesan2nya: grip terasa lebih baik, bisa launch rpm tinggi tanpa kebanyakan slip, sidewallnya tebal dan keras, kemampuan belah airnya lumayan bagus, agak berisik kalau di tol (wajar karena orientasinya bukan comfort). Saya bandingin langsung dengan Yoko C-drive yang digantikan, mobil saya gak ABS dan gak pernah rem ngunci sejak pakai GTX, sementara C-drive seneng banget ngunci.
kalo bantingan dibandingin c-drive? apakah lebih keras atau empuk atau sama saja? Hmm defectnya apakah ternyata ga gitu bisa dibalance alias ga cukup bulat? saya juga pernah dapet kasus toyo teo plus 1 ban agak lonjong ternyata, jd gabisa dibalancing hahaha
Image
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx »

josomba wrote: Sat Oct 28, 2017 16:30 kalo bantingan dibandingin c-drive? apakah lebih keras atau empuk atau sama saja? Hmm defectnya apakah ternyata ga gitu bisa dibalance alias ga cukup bulat? saya juga pernah dapet kasus toyo teo plus 1 ban agak lonjong ternyata, jd gabisa dibalancing hahaha
Bantingan saya gak bisa komen karena saya hanya pakai kurleb 7rb km (mobil ortu saya pake michelin baru kerasa empuk banget setelah setahun pakai, ban baru biasanya agak terasa keras). Dari tipe bannya sih harusnga C drive lebih nyaman karena emang ban comfort dan sidewallnya sangat lembek, dikasih angin 35 aja masih keliatan agak kempes.

Iya defectnya ban agak lonjong, 2 biji saya taruh di belakang dan angin saya kurangin sampai 23, lumayan gak berasa getarnya haha. Sementara yang di depan sih enak banget, saya udah tes bolak balik jkt solo. Kirain ban lokal doang yang suka kena penyakit ini ternyata jepun juga bisa ya.
Menurut saya sih defect kayak gini bukan dari pabrik tapi dari gudang, biasa suka asal2an nyimpannya ditiban2, kebetulan yang saya beli ini memang GTX udah setahun produksi.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

aabx wrote: Sun Oct 29, 2017 1:56
Bantingan saya gak bisa komen karena saya hanya pakai kurleb 7rb km (mobil ortu saya pake michelin baru kerasa empuk banget setelah setahun pakai, ban baru biasanya agak terasa keras). Dari tipe bannya sih harusnga C drive lebih nyaman karena emang ban comfort dan sidewallnya sangat lembek, dikasih angin 35 aja masih keliatan agak kempes.

Iya defectnya ban agak lonjong, 2 biji saya taruh di belakang dan angin saya kurangin sampai 23, lumayan gak berasa getarnya haha. Sementara yang di depan sih enak banget, saya udah tes bolak balik jkt solo. Kirain ban lokal doang yang suka kena penyakit ini ternyata jepun juga bisa ya.
Menurut saya sih defect kayak gini bukan dari pabrik tapi dari gudang, biasa suka asal2an nyimpannya ditiban2, kebetulan yang saya beli ini memang GTX udah setahun produksi.
Oke deh sipp om, makasi ya dah sharing. btw saya juga yakin keknya sih karena penyimpanannya masih kena matahari makanya bisa mengubah bentuk/dimensi dari si ban itu sendiri. Betul om, made in japan macem toyo teo ga jaminan pasti bagus. Dah repot di awal, pas pake juga kurang enak, ngambang gitu karena terlalu empuk sepertinya.
Image