Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

verry123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Oct 31, 2017 23:57

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by verry123 »

gt bxt pro keras ban nya. empukan si kynergi ex jauh
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi »

maaf nubie mau ikutan comen, tapi belum bisa quote. tambal tiptop lebih aman om biasanya tlkl ban mau, kalo tukang tambal ban pinggir jalan rata2 memang malas. Pernah ban saya kecucuk baut 12 maaf gak bisa kasih gambarnya (belum bisa kiri. gambar) pake tambal tiptop bisa. Alhamdulillah sampe sekarang aman, pernah jalan pekabaru-palembang gak ada masalah. Kalk tambal tusuk atau tambal cacing pernah sekali pake , kapok, kawat ban putus dan mesti ganti ban. Padahal belum lagi 20 rb km umur ban
krisbeng
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Nov 18, 2017 21:44
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by krisbeng »

Halo, member baru nih, ikutan nimbrung ya :)

Ban saya sebelumnya Dunlop SP Touring (mobilnya Suzuki Splash). Ban mobil saya sempat beberapa kali kena paku sehingga akhirnya banyak tambalan tubeless (nitrogen). Nah masalahnya bekas tambalan itu sering banget bikin ban bocor, sebulan sekali pasti ada kempes yang berasal dari bekas tambalan tsb. Akhirnya saya ganti deh ban Dunlop tsb, padahal ulir-ulirnya masih bagus (belum aus).

Pertanyaan saya:

1. Sebenarnya perlu ga sih sampe ganti ban baru untuk kasus kayak saya di atas? Pernah ada satu teknisi bengkel kasih tau saya sebenarnya tidak perlu, bekas-bekas tambalan tubeless itu bisa ditambal dari dalam. Apa iya?

2. Berhubung udah terlanjur pasang ban baru, saya ada rencana mau sekalian spooring dan balancing. Kira-kira kalau bengkelnya pake alat balancing merek Kr*sbow itu recommended ga ya? Kalau ga salah modelnya kayak gini: https://www.krisbow.com/automotive-equi ... c-200.html

Baru liat soalnya ada balancer merek Kr*sbow :D

Sebelumnya terima kasih atas masukan dan jawaban dari suhu-suhu disini :big_deal:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

krisbeng wrote: Sat Nov 18, 2017 22:13 Halo, member baru nih, ikutan nimbrung ya :)

Ban saya sebelumnya Dunlop SP Touring (mobilnya Suzuki Splash). Ban mobil saya sempat beberapa kali kena paku sehingga akhirnya banyak tambalan tubeless (nitrogen). Nah masalahnya bekas tambalan itu sering banget bikin ban bocor, sebulan sekali pasti ada kempes yang berasal dari bekas tambalan tsb. Akhirnya saya ganti deh ban Dunlop tsb, padahal ulir-ulirnya masih bagus (belum aus).

Pertanyaan saya:

1. Sebenarnya perlu ga sih sampe ganti ban baru untuk kasus kayak saya di atas? Pernah ada satu teknisi bengkel kasih tau saya sebenarnya tidak perlu, bekas-bekas tambalan tubeless itu bisa ditambal dari dalam. Apa iya?

2. Berhubung udah terlanjur pasang ban baru, saya ada rencana mau sekalian spooring dan balancing. Kira-kira kalau bengkelnya pake alat balancing merek Kr*sbow itu recommended ga ya? Kalau ga salah modelnya kayak gini: https://www.krisbow.com/automotive-equi ... c-200.html

Baru liat soalnya ada balancer merek Kr*sbow :D

Sebelumnya terima kasih atas masukan dan jawaban dari suhu-suhu disini :big_deal:
Bantu jawab nomor 2. Alat sih merk apapun ga masalah, yang perlu dipertanyakan sebenernya bengkel2 ini kayaknya jarang atau mungkin ga pernah kalibrasi alat. Sebagai contoh pernah spoor-balance di 2 bengkel yang alat2nya merk sama, kelar di bengkel A kok rasanya setir gaenak. Balik komplain ke A diutak atik lagi masih juga gaenak. Akhirnya coba ke B, kelar2 justru pas padahal kedua bengkel alatnya bermerk yg sama.


UPDATE: Goodyear Assurance Triplemax setelah 3000an KM
1. Awalnya konsumsi bensin agak menurun, apalagi diupsize dikit dari 185/65 ke 195/65. Tapi setelah 2500an KM, konsumsi bensin kembali normal (menurut MID) untuk ban yang upsize dari OEM fitment sizenya.

2. Grip sekarang udah stabil. Kalo dibandingin ama Turanza AR20 dan Ecopia EP-150, GY Triplemax berada di antara keduanya.

3. Keras....lebih keras daripada Ecopia EP-150 --> alhasil steering response oke dan tikung-menikung jadi mantep. Tapi untuk cara setir seperti saya yang udah tobat dari agak sruduk2 menjadi kalem nampaknya kurang cocok karena ban yang keras ini. Lewat jalanan rusak jadi lebih ajrut2an, seolah2 si ban mempertegas "pelan2 dikit mas, jalanannya rusak"
Image
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz »

josomba wrote: Tue Nov 21, 2017 6:51
krisbeng wrote: Sat Nov 18, 2017 22:13 Halo, member baru nih, ikutan nimbrung ya :)

Ban saya sebelumnya Dunlop SP Touring (mobilnya Suzuki Splash). Ban mobil saya sempat beberapa kali kena paku sehingga akhirnya banyak tambalan tubeless (nitrogen). Nah masalahnya bekas tambalan itu sering banget bikin ban bocor, sebulan sekali pasti ada kempes yang berasal dari bekas tambalan tsb. Akhirnya saya ganti deh ban Dunlop tsb, padahal ulir-ulirnya masih bagus (belum aus).

Pertanyaan saya:

1. Sebenarnya perlu ga sih sampe ganti ban baru untuk kasus kayak saya di atas? Pernah ada satu teknisi bengkel kasih tau saya sebenarnya tidak perlu, bekas-bekas tambalan tubeless itu bisa ditambal dari dalam. Apa iya?

2. Berhubung udah terlanjur pasang ban baru, saya ada rencana mau sekalian spooring dan balancing. Kira-kira kalau bengkelnya pake alat balancing merek Kr*sbow itu recommended ga ya? Kalau ga salah modelnya kayak gini: https://www.krisbow.com/automotive-equi ... c-200.html

Baru liat soalnya ada balancer merek Kr*sbow :D

Sebelumnya terima kasih atas masukan dan jawaban dari suhu-suhu disini :big_deal:
Bantu jawab nomor 2. Alat sih merk apapun ga masalah, yang perlu dipertanyakan sebenernya bengkel2 ini kayaknya jarang atau mungkin ga pernah kalibrasi alat. Sebagai contoh pernah spoor-balance di 2 bengkel yang alat2nya merk sama, kelar di bengkel A kok rasanya setir gaenak. Balik komplain ke A diutak atik lagi masih juga gaenak. Akhirnya coba ke B, kelar2 justru pas padahal kedua bengkel alatnya bermerk yg sama.


UPDATE: Goodyear Assurance Triplemax setelah 3000an KM
1. Awalnya konsumsi bensin agak menurun, apalagi diupsize dikit dari 185/65 ke 195/65. Tapi setelah 2500an KM, konsumsi bensin kembali normal (menurut MID) untuk ban yang upsize dari OEM fitment sizenya.

2. Grip sekarang udah stabil. Kalo dibandingin ama Turanza AR20 dan Ecopia EP-150, GY Triplemax berada di antara keduanya.

3. Keras....lebih keras daripada Ecopia EP-150 --> alhasil steering response oke dan tikung-menikung jadi mantep. Tapi untuk cara setir seperti saya yang udah tobat dari agak sruduk2 menjadi kalem nampaknya kurang cocok karena ban yang keras ini. Lewat jalanan rusak jadi lebih ajrut2an, seolah2 si ban mempertegas "pelan2 dikit mas, jalanannya rusak"
hahaha no3 saya ngerti banget tuh ahahah
btw cara tau itu mesin dikalibrasi ulang apa kgk gimana ya
punya saya juga gini nih, spooring di karawaci bengkel lumayan gede, setir jadi miring ke kiri kalo mau lurus
kalo setirnya lurus, jalannya malah ke kanan hahaha
tokezz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by tokezz »

krisbeng wrote:Halo, member baru nih, ikutan nimbrung ya :)

Ban saya sebelumnya Dunlop SP Touring (mobilnya Suzuki Splash). Ban mobil saya sempat beberapa kali kena paku sehingga akhirnya banyak tambalan tubeless (nitrogen). Nah masalahnya bekas tambalan itu sering banget bikin ban bocor, sebulan sekali pasti ada kempes yang berasal dari bekas tambalan tsb. Akhirnya saya ganti deh ban Dunlop tsb, padahal ulir-ulirnya masih bagus (belum aus).

Pertanyaan saya:

1. Sebenarnya perlu ga sih sampe ganti ban baru untuk kasus kayak saya di atas? Pernah ada satu teknisi bengkel kasih tau saya sebenarnya tidak perlu, bekas-bekas tambalan tubeless itu bisa ditambal dari dalam. Apa iya?

2. Berhubung udah terlanjur pasang ban baru, saya ada rencana mau sekalian spooring dan balancing. Kira-kira kalau bengkelnya pake alat balancing merek Kr*sbow itu recommended ga ya? Kalau ga salah modelnya kayak gini: https://www.krisbow.com/automotive-equi ... c-200.html

Baru liat soalnya ada balancer merek Kr*sbow :D

Sebelumnya terima kasih atas masukan dan jawaban dari suhu-suhu disini :big_deal:
Bantu jawabb buat nomor 1:
Sebernya klo ban bocor jgn ditambel cacing yg model tusuk dr luar. Lama kelamaan bisa bcor lg seiring usia ban yg udh mkin keras dan kdng bisa nyebabin ban benjol klo nusuknya pas di kawat ban. Sekarang ada tambal dr dalem namanya tambal tiptop pengalaman saya udh pernah cba di ban continental jalan 30.000 km kuat smpe ban botak gk ada masalah.

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

vinchazz wrote: Wed Nov 22, 2017 0:12
hahaha no3 saya ngerti banget tuh ahahah
btw cara tau itu mesin dikalibrasi ulang apa kgk gimana ya
punya saya juga gini nih, spooring di karawaci bengkel lumayan gede, setir jadi miring ke kiri kalo mau lurus
kalo setirnya lurus, jalannya malah ke kanan hahaha
Kurang paham juga sih ya, hanya dugaan aja masalah kalibrasi. Soalnya mekanik setau saya tinggal pasang beban sesuai dengan bacaan di komputer mesin balancing n utak-atik toe sesuai reading dari mesin spooring saja toh. Jadi kalo 2 bengkel punya 2 alat yg sama, tapi output pengerjaan bisa "agak" beda nampaknya hanya karena masalah kalibrasi alat
Image
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arfs »

Just info, di Permaisuri ban lagi ada promo buy 3 get 1 free untuk ban merk Continental dan Michelin sampai tanggal 30 November selama stok nya masih ada.

kebetulan lagi mau ganti ban Grand Livina ukuran 185/65R15 td tanya Continental ComfortContact CC6 jatoh nya satu ban tinggal jd 682 ribu termasuk balancing, nitrogen dan tambal ban selamanya. [emoji55]

Bukan seles ban...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arfs »

Image

Kondisi Dunlop SP300 setelah dipakai 4 tahun dan 60rb km... Masih tebel sih kalau lihat dari TWI nya...

Cuman udah gk tahan sama bising dan kekerasan nya...

Nanti ukur dulu ah brp desibel before and after ganti ke CC6 nya [emoji4]
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arfs »

Image
Image

Review awal pake Continental ComfortContact CC6 di grand livina, dibanding Dunlop SP300 jauh banget lebih baik. Terutama di sektor kesenyapan nya td itung pake apps beda sekitar 5 dB an di tol jalan 80 km/h. Grip ok secara traction nya A. Compound nya seperti nya medium karena dibanding pendahulu nya CC5, CC6 ini diklaim memiliki mileage yg lebih (treadwear nya 380).
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by marzoochi »

Makasih oom arfs info nya, barusan cek ke permaisuri, dengan harga promo buy 3 get 1 sama aja kayak beli normal, karena harga ny dah diup duluan hahahahaah
Michelin primacy 3st r18 harga normal 1,637/ pc, harga promo 2.2jt/Pc
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arfs »

Haha. Iya om saya barusan cek di kiosban.com sama harga yg saya dapatkan di permaisuri beti.

Yah biasa lah bahasa marketing :big_biglaugh:

Tapi td katanya kalau mau rotasi, balancing per 10rb km free dan misalkan ada bocor karena paku bisa ditambal tip top free selama ban masih dipakai berkali kali.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

arfs wrote: Sat Nov 25, 2017 9:37 Image
Image

Review awal pake Continental ComfortContact CC6 di grand livina, dibanding Dunlop SP300 jauh banget lebih baik. Terutama di sektor kesenyapan nya td itung pake apps beda sekitar 5 dB an di tol jalan 80 km/h. Grip ok secara traction nya A. Compound nya seperti nya medium karena dibanding pendahulu nya CC5, CC6 ini diklaim memiliki mileage yg lebih (treadwear nya 380).
Sudah coba jalan di atas 100km/h om? antara 100-120? Saya juga tertarik ama ini ban, tapi kok liat review orang2 malay pada bilang di atas 100 setir berasa ngambang ya?

Kalo dari tyrereviews.co.uk sih beberapa komen seperti berikut
Just wanna share my thoughts, since it is still new, I am not yet sure how long it will last (yet)

Changed to this tire Continential Comfort Contact 6(CC6) today, driving peugeot 2008 mini SUV.

Initial review so far:

Noise: VERYQUIET (Now I can hear my aircond noise)

Grip: Moderate, but since my driving style these days are kinda slow and steady, I can say it is good enough.

Comfort: THIS TIRE EATS BUMPS, matched with soft suspension of my peugeot 2008, I can hardly feel bumps now.

I moved from standard tire Goodyear Efficient Grip 195/60/16 to this tire, so far I am satisfied with the new conti tire. This is its first change)

*There are better grip and performance tire out there at that price, but considering that I am driving this car to bring my kid and wife around, I prioritise comfort and low noise.
Given 44% (breakdown) while driving a Honda Civic (195/65 R15 V) on a combination of roads for 20,000 average miles
got these fitted on 3 months ago, the grip levels on this tyre is crap! on dry it squels under cornering not even hard cornering.. and in the wet its hopeless traction control light just flashes like a xmas tree! goodness gracious how can they produce such a tire and dare sell it to us. i understand its a budget tyre but even so it should have adequate grip not hopeless like this. i bought these because continental advertised it as their quietest tire and thats what i was looking for. and surprise surprise it was no quieter than my worn out ep200. and to say ep200 were more grippy than these cc6s is making a statement. nano energy 3 was the best in this price bracket. pls dont go for this tire is my advice. go for toyo nano energy if your budget is within this bracket and youll be much better off..
Bingung juga ada yang bilang crappy grip than ep200. Padahal ngidam ini ban.
Image
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arfs »

josomba wrote: Sun Nov 26, 2017 11:35 Sudah coba jalan di atas 100km/h om? antara 100-120? Saya juga tertarik ama ini ban, tapi kok liat review orang2 malay pada bilang di atas 100 setir berasa ngambang ya?

Kalo dari tyrereviews.co.uk sih beberapa komen seperti berikut

Bingung juga ada yang bilang crappy grip than ep200. Padahal ngidam ini ban.
Kemaren sempet nyentuh 100 km/h di tol ok ok aja.
Kalo buat manuver di kecepatan tinggi blm dicoba om.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

Saya mau review tentang pengalaman spooring di beres toyota ban standard innova saya di spooring di km 20rb, setelah keluar kota 2 minggu kemudian baru terasa kecepatan diatas 120km bergetar. Lalu saya cek ban nya ternyata sudah gerepesan sisi luar dan botak setengah bagian dalam kemudian saya rotasi dan spooring kembali. 2 hari yg lalu saya ganti ban di km 38rb yg mana sudah botak abis sisi dalamnya. Saya ganti dengan ban kynergy ex karena murah dan review lumayan bagus lalu saya cerita pengalaman saya tersebut dengan si penjual ban lalu dia bilang kalo spooring jgn di beres karena kebanyakan malah ngaco dan ngk pernah di kalibrasi balancernya dan sering kali juga ngk diapa2in, karena dia sendiri sering kirim ban ke beres dan lihat tuh alat spooring cuman di tempel doang di ban tapi kaga diapa2in. Jadi menurut dia lebih baik spooring di bengkel yg khusus untuk spooring karena kita juga bisa lihat sendiri. Lalu dia juga bilang ban kynergy ex ini kalo mau awet dan abisnya rata diisi dengan tekanan minimal 40psi saya bilang rec dari toyota 33psi apa gpp diisi segitu, si penjual bilang gpp karena maksimal di ban tulisanya 51psi jadi masih aman diisi 40. Setelah saya pakai kemaren ke luar kota yg saya rasakan setir jadi enteng lalu suara juga lumayan senyap tapi rada mentul2 karena kekerasan kalo menurut saya. Saya mau tanya apa gpp tetep tekananya 40psi atau saya ikuti sesuai rekomendasi toyota?
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arfs »

Vicvic wrote: Sun Nov 26, 2017 14:41 Saya mau review tentang pengalaman spooring di beres toyota ban standard innova saya di spooring di km 20rb, setelah keluar kota 2 minggu kemudian baru terasa kecepatan diatas 120km bergetar. Lalu saya cek ban nya ternyata sudah gerepesan sisi luar dan botak setengah bagian dalam kemudian saya rotasi dan spooring kembali. 2 hari yg lalu saya ganti ban di km 38rb yg mana sudah botak abis sisi dalamnya. Saya ganti dengan ban kynergy ex karena murah dan review lumayan bagus lalu saya cerita pengalaman saya tersebut dengan si penjual ban lalu dia bilang kalo spooring jgn di beres karena kebanyakan malah ngaco dan ngk pernah di kalibrasi balancernya dan sering kali juga ngk diapa2in, karena dia sendiri sering kirim ban ke beres dan lihat tuh alat spooring cuman di tempel doang di ban tapi kaga diapa2in. Jadi menurut dia lebih baik spooring di bengkel yg khusus untuk spooring karena kita juga bisa lihat sendiri. Lalu dia juga bilang ban kynergy ex ini kalo mau awet dan abisnya rata diisi dengan tekanan minimal 40psi saya bilang rec dari toyota 33psi apa gpp diisi segitu, si penjual bilang gpp karena maksimal di ban tulisanya 51psi jadi masih aman diisi 40. Setelah saya pakai kemaren ke luar kota yg saya rasakan setir jadi enteng lalu suara juga lumayan senyap tapi rada mentul2 karena kekerasan kalo menurut saya. Saya mau tanya apa gpp tetep tekananya 40psi atau saya ikuti sesuai rekomendasi toyota?
Kyknya ketinggian kalau di isi 40 psi.
Kalau saya sih biasa isi 2 psi lebih dr recommended tire pressure yg tertulis di pintu bagian driver.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by iwing »

Vicvic wrote: Sun Nov 26, 2017 14:41 Saya mau review tentang pengalaman spooring di beres toyota ban standard innova saya di spooring di km 20rb, setelah keluar kota 2 minggu kemudian baru terasa kecepatan diatas 120km bergetar. Lalu saya cek ban nya ternyata sudah gerepesan sisi luar dan botak setengah bagian dalam kemudian saya rotasi dan spooring kembali. 2 hari yg lalu saya ganti ban di km 38rb yg mana sudah botak abis sisi dalamnya. Saya ganti dengan ban kynergy ex karena murah dan review lumayan bagus lalu saya cerita pengalaman saya tersebut dengan si penjual ban lalu dia bilang kalo spooring jgn di beres karena kebanyakan malah ngaco dan ngk pernah di kalibrasi balancernya dan sering kali juga ngk diapa2in, karena dia sendiri sering kirim ban ke beres dan lihat tuh alat spooring cuman di tempel doang di ban tapi kaga diapa2in. Jadi menurut dia lebih baik spooring di bengkel yg khusus untuk spooring karena kita juga bisa lihat sendiri. Lalu dia juga bilang ban kynergy ex ini kalo mau awet dan abisnya rata diisi dengan tekanan minimal 40psi saya bilang rec dari toyota 33psi apa gpp diisi segitu, si penjual bilang gpp karena maksimal di ban tulisanya 51psi jadi masih aman diisi 40. Setelah saya pakai kemaren ke luar kota yg saya rasakan setir jadi enteng lalu suara juga lumayan senyap tapi rada mentul2 karena kekerasan kalo menurut saya. Saya mau tanya apa gpp tetep tekananya 40psi atau saya ikuti sesuai rekomendasi toyota?
tinggi banget om 40 psi. kalo saya biasa nya sih 34 rata depan belakang tapi ban yang saya pakai turanza er300 (itu juga udh diatas yang tertulis di sisi pintu driver). kurang tau sih klo kinergy ex brp psi
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

arfs wrote: Sun Nov 26, 2017 15:19
Vicvic wrote: Sun Nov 26, 2017 14:41 Saya mau review tentang pengalaman spooring di beres toyota ban standard innova saya di spooring di km 20rb, setelah keluar kota 2 minggu kemudian baru terasa kecepatan diatas 120km bergetar. Lalu saya cek ban nya ternyata sudah gerepesan sisi luar dan botak setengah bagian dalam kemudian saya rotasi dan spooring kembali. 2 hari yg lalu saya ganti ban di km 38rb yg mana sudah botak abis sisi dalamnya. Saya ganti dengan ban kynergy ex karena murah dan review lumayan bagus lalu saya cerita pengalaman saya tersebut dengan si penjual ban lalu dia bilang kalo spooring jgn di beres karena kebanyakan malah ngaco dan ngk pernah di kalibrasi balancernya dan sering kali juga ngk diapa2in, karena dia sendiri sering kirim ban ke beres dan lihat tuh alat spooring cuman di tempel doang di ban tapi kaga diapa2in. Jadi menurut dia lebih baik spooring di bengkel yg khusus untuk spooring karena kita juga bisa lihat sendiri. Lalu dia juga bilang ban kynergy ex ini kalo mau awet dan abisnya rata diisi dengan tekanan minimal 40psi saya bilang rec dari toyota 33psi apa gpp diisi segitu, si penjual bilang gpp karena maksimal di ban tulisanya 51psi jadi masih aman diisi 40. Setelah saya pakai kemaren ke luar kota yg saya rasakan setir jadi enteng lalu suara juga lumayan senyap tapi rada mentul2 karena kekerasan kalo menurut saya. Saya mau tanya apa gpp tetep tekananya 40psi atau saya ikuti sesuai rekomendasi toyota?
Kyknya ketinggian kalau di isi 40 psi.
Kalau saya sih biasa isi 2 psi lebih dr recommended tire pressure yg tertulis di pintu bagian driver.
Iya saya mau coba turunin ke 37 dulu. Tapi yang pasti ban ini senyap dibanding ban standard innova dunlop d80 dari awal pake berisiknya parah.
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz »

baca cerita diatas, ban dunlop bawaan mobil asli keknya parah" ya
ban honda crv dunlop bawaan juga gitu, berisik + aquaplanning pas ujan deres
menyeramkan banget lah

sekarang sih nyoba champiro hpy, lebih senyap dari jembatan batu pas di tol + pas ujan lebih grippy rasanya
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by alvin23 »

Halo, ada rekomendasi toko ban recommended di Jogja?
Prefer merk Hankook atau Bridgestone

Sekarang ban di Yaris 185/60 r15 pake hankook kinergy EX, sebenarnya cukup puas sama ban ini, karena ga bising
cuma masalahnya, kok rasanya kurang tahan ya, kemarin apes sidewall kena trotoar jadi pecah, trus ban yang satu lagi udah ada benjol di sidewall. Alhasil, saya butuh 2 ban baru. KM jalan udah 15000 lebih sih, tapak masih tebal sebenarnya :mky_05:

Kalo gini mending beli hankook lagi, atau ganti sepasang tp merk lain? ada rekomendasi kah? Kriteria saya yang paling penting ga bising, karena ini sekarang make serep ban dunlop bawaan kerasa banget bisingnya (padahal ban serep ini masih bagus banget kembangnya), ga kebayang kalo empat2nya diganti dunlop bawaan
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

arfs wrote: Sun Nov 26, 2017 12:14 Kemaren sempet nyentuh 100 km/h di tol ok ok aja.
Kalo buat manuver di kecepatan tinggi blm dicoba om.
Karena om bilang di 100km/h oke2 aja, akhirnya kemarin saya ganti juga ke CC6. Kalo di bawah 700ribu memang worth to buy sih ya, tapi kalo seller ngasih harga di 800-900 kurang worth (banyakan kasih harga antara 750-900), lumayan juga sih jadinya di permaisuri ini.

Image
Image

CC6 gantiin si Goodyear Triplemax yang baru dipake ~4000km. Alasan ganti sih sebenernya triplemax ini grip handling sangat oke, tapi keras yang menurut saya ga nyaman dipadukan dengan suspensi mobilio yang sudah cukup kaku dan relatif keras. Untung masih bisa jual ke teman si triplemax ini. Sebagai perbandingan, di mobilio pernah pakai Toyo Teo Plus ~39000KM dan Ecopia EP150 ~38000KM.

Spec ban
Sidewall: 1 ply --> Harus rutin cek angin n tambah kalo kurang tiap 1-2 minggu biar ga gampang benjol sidewall
Thread --> nah ini agak lupa, tapi seinget saya 1 2 1 alias 1 Polyester 2 Steel 1 Polyamide

Semenjak kemarin siang terpasang sudah dipakai ~100an KM

(+)
- Senyap dibandingkan triplemax yang masih baru juga.
- Jauh lebih empuk dari triplemax dan sedikit lebih empuk daripada Ecopia EP150, tapi Toyo Teo Plus masih paling empuk.

(-)
- Wet braking sedikit lebih lemah daripada triplemax, tapi cukup mirip dengan ecopia ep150.
- Aquaplanning --> Hmmm, khas ban2 yg ngutamain silent pasti aquaplanningnya kurang bagus karena groove yang rapet2 dan jalur buang airnya yg relatif sempit (pagi ini tol jkt-serpong hujan, sempat coba ngelibas genangan di kecepatan agak tinggi)

Faktor lain:
Fuel Consumption --> Sama saja, ga ada perbedaan dengan Triplemax, EP150, maupun Toyo Teo
Handling --> Kalau diurutkan handling dari yang paling baik ke terburuk : Triplemax > CC6 > EP150 > Toyo Teo (toyo teo terlalu empuk jadi berasa nyetir kapal)
Image
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arfs »

Mantab om Josomba review nya.

Soal cek tekanan ban kyknya memang betul tuh. Di livina saya di isi 34 psi aja keliatan kyk kempes ban nya terutama yg di depan [emoji55]
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

alvin23 wrote: Mon Nov 27, 2017 14:29 Halo, ada rekomendasi toko ban recommended di Jogja?
Prefer merk Hankook atau Bridgestone

Sekarang ban di Yaris 185/60 r15 pake hankook kinergy EX, sebenarnya cukup puas sama ban ini, karena ga bising
cuma masalahnya, kok rasanya kurang tahan ya, kemarin apes sidewall kena trotoar jadi pecah, trus ban yang satu lagi udah ada benjol di sidewall. Alhasil, saya butuh 2 ban baru. KM jalan udah 15000 lebih sih, tapak masih tebal sebenarnya :mky_05:

Kalo gini mending beli hankook lagi, atau ganti sepasang tp merk lain? ada rekomendasi kah? Kriteria saya yang paling penting ga bising, karena ini sekarang make serep ban dunlop bawaan kerasa banget bisingnya (padahal ban serep ini masih bagus banget kembangnya), ga kebayang kalo empat2nya diganti dunlop bawaan
Kalo menurut saya ganti 2 ban mau ngk mau merk yg sama kecuali ganti semua ban baru deh ganti merk
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

Izin memberi opini lagi ya om.
Kali ini Continental CrossContact LX2 225/65 R17. Sebagai perbandingan, sebelumnya pakai Dunlop Grandtrek st30 selama ~41 ribuan KM di T32. Ganti si Grandtrek karena berisik (menurut saya) dan grip di wet agak2 kurang.

Image
Image
Image

Baru dipakai ~80an KM sih, jadi ini bisa dibilang initial review ya.

Comfort --> Menurut feeling subjektif saya, sama aja dengan ban sebelumnya.
Noise --> Much much better ketimbang sebelum even dari pertama kali dateng mobilnya
Wet Grip --> Menurut feeling subjektif saya lagi, cukup meningkat tapi belum coba melibas genangan buat ngerasain aquaplanning atau enggaknya
Braking --> Karena masih ban baru, wajar kalau jadi lebih "pakem"


Tambahan info:
Sidewall --> 2 Polyester
Tread --> 1 polyester + 2 steel + 1 Polyamid

Treadwear/Traction/Temp : 690/A/A

Melihat tingginya treadwear, sepertinya akan awet.
Image
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by arfs »

josomba wrote: Tue Nov 28, 2017 2:02 (-)
- Wet braking sedikit lebih lemah daripada triplemax, tapi cukup mirip dengan ecopia ep150.
- Aquaplanning --> Hmmm, khas ban2 yg ngutamain silent pasti aquaplanningnya kurang bagus karena groove yang rapet2 dan jalur buang airnya yg relatif sempit (pagi ini tol jkt-serpong hujan, sempat coba ngelibas genangan di kecepatan agak tinggi)
Om Josomba pakai CC6 nya ukuran apa? Apakah sama 185/65R15 seperti saya?

Kalau ya, mungkin performance di jalanan basah nya berbeda dengan ukuran lebar CC6 yg diatas 185.
Karena saya lihat telapak nya yg ukuran ban 185 hanya memiliki 3 grooves vs 4 grooves untuk versi ukuran diatas 185 nya (*Sepertinya).

Versi lebar 185 (/65R15 yg saya pakai di grand livina)
Image
* jika diperhatikan garis horizontal per blok dibagian shoulder nya juga berbeda, hanya ada 2 dibanding 3 di versi ukuran CC6 yg lebih leabr/besar
Versi lebar diatas 185
Image

Kenapa saya bilang *Sepertinya ukuran lebar yg diatas 185 memiliki 4 grooves, karena hal serupa sama terjadi nya di ban Michelin Energy XM2

Versi lebar 185 - memiliki 1 groove lebih sedikit drpd versi ukuran yg lebih lebar/besar
Image
Versi lebar diatas 185
Image
Sumber: https://forum.lowyat.net/topic/4023285/all

CMIIW
P.S. Gambar2 yg om josomba upload dr kemarin, tidak bisa dilihat semua (dari web maupun apps SM di hp).... ;)
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.