Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: 17 May 2012, 23:30

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Izark »

akhirnya kmaren ganti hankook kinergy dan langsung dipake 800an km tol & non tol, yang dirasa sejauh ini baru
1. Cukup silent dibanding ban sebelumnya
2. Grip cukup oke di berbagai kondisi cuaca dan jalan
3. Konsumsi bensin ga pengaruh samsek
4. Handling ga terasa ada perubahan dari ban sebelumnya

Tapi di 50 kilo terakhir rasanya mulai berisik. Mungkin juga gegara kondisi jalan.

btw ipah G bensin 09, 205/65/R15, asalnya mau nekat ganti gt savero suv 215/70/R15, tapi diveto yang punya mobil + punggawa toko ban
DC : IDR 550k x 4 + spooring IDR 100k

:thanks:
mau nulis apa ya...
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 11 Jul 2017, 00:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Vicvic »

Izark wrote: 08 Dec 2017, 09:47 akhirnya kmaren ganti hankook kinergy dan langsung dipake 800an km tol & non tol, yang dirasa sejauh ini baru
1. Cukup silent dibanding ban sebelumnya
2. Grip cukup oke di berbagai kondisi cuaca dan jalan
3. Konsumsi bensin ga pengaruh samsek
4. Handling ga terasa ada perubahan dari ban sebelumnya

Tapi di 50 kilo terakhir rasanya mulai berisik. Mungkin juga gegara kondisi jalan.

btw ipah G bensin 09, 205/65/R15, asalnya mau nekat ganti gt savero suv 215/70/R15, tapi diveto yang punya mobil + punggawa toko ban
DC : IDR 550k x 4 + spooring IDR 100k

:thanks:
Kenapa di veto gan pakai gt savero?
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi »

barusan ganti ban dunlop sp300 bawan livina km 42 rb, diganti lantaran udah boncel2 & makan sebelah. Ganti dengan dunlop lm704 size 195/65r15 produksi 1217 dapat harga 704 rb. Ban belakang BS Turanza AR20 195/65r15 umur 25 rban km pindah kedepan. Tanya TuranzaAR20 1.034 jeti langsung mundur mau pake hankook kata kawan mobil dia jadi limbung karena suspensi livina empuk jadi gak cocok katanya. Impresi pertama lewat lintas timur pekanbaru-perawang jalan banyak cor ra nggenah, suara bising hilang tinggal derum mesin & desir angin. Besom rencana trip ke kampung mertua di Pariaman Sumbar. Sekian
Imagekondisi ban sp300 udah masuk pula kerikil ke tapak ban
Last edited by supriyadi on 15 Dec 2017, 16:48, edited 1 time in total.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by alvin23 »

supriyadi wrote: 15 Dec 2017, 16:48 barusan ganti ban dunlop sp300 bawan livina km 42 rb, diganti lantaran udah boncel2 & makan sebelah. Ganti dengan dunlop lm704 size 195/65r15 produksi 1217 dapat harga 704 rb. Ban belakang BS Turanza AR20 195/65r15 umur 25 rban km pindah kedepan. Tanya TuranzaAR20 1.034 jeti langsung mundur mau pake hankook kata kawan mobil dia jadi limbung karena suspensi livina empuk jadi gak cocok katanya. Impresi pertama lewat lintas timur pekanbaru-perawang jalan banyak cor ra nggenah, suara bising hilang tinggal derum mesin & desir angin. Besom rencana trip ke kampung mertua di Pariaman Sumbar. Sekian
Hankook emang agak empuk karetnya, beda sama BS. Dunlop LM704 udah pasti lebih senyap, ban bagus :big_okay:
punya saya dr sp2030 ke hankook kinergy aja beda banget senyapnya, apalagi LM hehe

Lapor, akhirnya beli Hankook Kinergy lagi, karena gaada kandidat lg ban tidak noisy dengan harga murah. Kebetulan 2 ban yang lain emang msh hankook, jd terpaksa ganti hankook lg.
Rocky R ADS CVT 2021
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by fl4b1e »

Mau kasih testi,

september kmrn ganti 4 ban chevy spin saya dari GT Champiro Eco 195/65 r15 ke Dunlop LM 704 dengan ukuran yg sama.

Sebenernya ban Champiro eco saya masih cukup muda dgn jarak tempuh 38ribu km dengan kembangan yg cukup baik, cukup awet, belum bocel2, yg mungkin disebabkan krn saya rajin spooring dan balancing setiap 4 bulan sekali.

Selama pemakaian hampir 3 tahun ini sbenernya saya tidak memiliki banyak keluhan dengan Champiro Eco kecuali bising tyre noise di jalan tol semen dengan kecepatan tinggi sperti di cipali (diatas 125kph), serta ban yg rasanya kurang empuk.

Namun karena di beberapa ban sudah beberapa kali ditambal serta saya ingin ganti ke ban yg lebih memiliki grip yg lebih baik akhirnya saya memutuskan tuk ganti ban.

Awalnya kandidat ban pengganti antara lain
1. selera lama saya Turanza AR 20 yg sayang... kemahalan.. kalau tidak salah 920 ribu/ban.
2. Goodyear assurance triplemax. Kabarnya sih grip dan jarak pengereman lebih baik terutama hujan namun berdasarkan review agak keras. Harga kalau tidak salah sekitar 800k+/ban belum dihitung cashback dan gimmick dapet oli 4liter.
3. GT radial GTX Pro. Kalau gak salah ini ban high performance yg baru diluncurkan. Menurut sales ban gt radial ban ini memiliki grip lebih baik dibanding champiro eco namun sedikit lebih keras. Kalau tidak salah harga di angka hampir 700ribu /ban. Sebenernya pada saat itu tertarik pengen coba namun karena masih minim review serta penuturan sales bahwa champiro eco lebih empuk saya beralih ke pilihan yg keempat.
4. Dunlop sp sport LM704 Dapet lm704 di harga 715k per ban. Kenapa pilih ini karena sudah banyak baca review mengenai ban ini yg katanya gripnya oke cukup senyap dan setara dengan AR 20.

Dibawah ini review saya setelah memakai LM704 dalam 2000km.
Pros
1. Grip lebih baik. Tidak terlalu signifikan sih karena chevy ini termasuk mobil yg stabil meski2 lmpv ini digeber diatas 140kph. Tuk tikungan ya memang terasa bahwa gripnya sedikit lebih baik.
2. Road noise berkurang. Namun hal ini baru terasa bila saya bawa ke Tol yg masih menggunakan semen dan dalam kecepatan tinggi diatas 120kph. Untuk harian karena chevy ini termasuk memiliki peredaman suara yg baik, suara ban tidak terlalu terdengar kecuali kondisi diatas.
3. Pengereman di jalan basah lebih baik meskipun saya rasa Turanza AR 20 rasanya lebih baik untuk hal ini berdasarkan pengalaman di mobil saya yang lain.
4. Nah kalau saya parkir gedung yg berlantai semen licin dan menikung saya merasa ban mobil ini tidak berdecit seperti halnya Champiro Eco.
5. Kalau masalah lebih empuk mnrt saya relatif sedikit lebih empuk.

Cons:
1. Semenjak ganti setir mobil terasa sedikit lebih berat untuk berbelok. Mungkin kombinasi karena hydrolic power steering plus ban yg lebih menggigit yaa..
2. Konsumsi bbm dengam DEX ( di jakarta selatan rute macet. Jarak 20km ditempuh dalam 100-140mnt) jadi lebih boros. Fyi, setiap saya isi bahan bakar selalu saya full tank kan dan saya catat di aplikasi fill up. Tadinya dalam sebulan rata2 12.7-13 kpl sejak ganti ke lm704 turun jadi 11kpl. Mungkin karena daya gulir ban champiro eco yg jauh lebih baik drpd lm704 sebagai konsekuensi peningkatan grip yg lebih baik.

In summary, saya rasa dengan kondisi mobil yg sama apabila kita lebih banyak jalan di dalam kota drpd jalan luar kota atau berkendara di kecepatan tinggi saya pikir champiro eco termasuk pilihan yg logis. Namun sebaliknya bila ingin lebih aman dan nyaman dalam berkendara terutama di jalan kecepatan tinggi akan lebih baik menggunakan ban touring seperti lm704 atau ar20.

Lainkali saya ingin coba hankook kynergy sih..




richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 19 Nov 2012, 13:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by richard t »

Mohon info nya friends..
Utk toko ban yg jual yokohama .
Trima kasih sebelum nya.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by osbertc0ol »

fl4b1e wrote: 16 Dec 2017, 13:32 Mau kasih testi,

september kmrn ganti 4 ban chevy spin saya dari GT Champiro Eco 195/65 r15 ke Dunlop LM 704 dengan ukuran yg sama.

Sebenernya ban Champiro eco saya masih cukup muda dgn jarak tempuh 38ribu km dengan kembangan yg cukup baik, cukup awet, belum bocel2, yg mungkin disebabkan krn saya rajin spooring dan balancing setiap 4 bulan sekali.
...
Nice review om hehe.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba »

richard t wrote: 16 Dec 2017, 13:40 Mohon info nya friends..
Utk toko ban yg jual yokohama .
Trima kasih sebelum nya.
Kontak langsung YHI (Yokohama Indonesia) saja om, tanya bengkel untuk daerahnya om ada apa saja

YHI: JALAN AGUNG PERKASA X BLOCK K2 NO.4, SUNTER AGUNG PODOMORO, JAKARTA 14350 --> (62) 216512667

Dulu saya pernah ambil barang langsung ke distributor tsb lalu pasang di bengkel di Tangsel. Entah sekarang masih bisa atau gak kek gitu.
Image
richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 19 Nov 2012, 13:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by richard t »

josomba wrote: 16 Dec 2017, 15:57
richard t wrote: 16 Dec 2017, 13:40 Mohon info nya friends..
Utk toko ban yg jual yokohama .
Trima kasih sebelum nya.
Kontak langsung YHI (Yokohama Indonesia) saja om, tanya bengkel untuk daerahnya om ada apa saja

YHI: JALAN AGUNG PERKASA X BLOCK K2 NO.4, SUNTER AGUNG PODOMORO, JAKARTA 14350 --> (62) 216512667

Dulu saya pernah ambil barang langsung ke distributor tsb lalu pasang di bengkel di Tangsel. Entah sekarang masih bisa atau gak kek gitu.
Okay trima kasih atas masukkan nya Om.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

Mau testi ban yang agak2 susah dicari, falken ziex 912 dipasang di ertiga. Pakai falken krn sesuai review om AD74YA bbrp th lalu cukup bagus (udah hampir mengungguli toyo dan kawan2) dan sizenya ada untuk ertiga (185/65/15), dan harganya murah waktu saya beli (550rb/ban, buatan 2015 minggu ke 24 dan 35, made in thailand)

Ban oem nya champiro eco, ban depan udah bocel2 di km 40rb, dan ban belakang (pas ganti pertama sy pindah ke depan) habis di km 50rb, dan ban sdh retak rambut semua. Saya putuskan ganti krn champiro eco ini bannya berisik, feedback setir hambar, kalau belok rada cepet rasanya mentul2 aneh, waktu nyalip2 di tol ngga stabil dan seperti kehambat sama bannya di ertiga. Di kecepatan 120 wkt itu rasanya udah engga stabil pake champ eco.

Waktu ganti falken yang pertama (posisi di ban belakang):
1. Bokong mobil lebih ngga ngebuang waktu belok normal.

Begitu ganti ban yg kedua kali (ban depan), yang saya rasakan: (sdh pakai sejauh 5000km)
1. Noise ban jauh, jauh berkurang dibanding champ eco. Tinggal noise angin yg masih kedengaran.
2. Feedback setir kl saya rasakan meningkat, setir lbh direct waktu belok2.
3. Tadi siang perjalanan bandung-semarang lewat cipali saya lebih pede nyalip2, konstan di kecepatan 120-130 masih stabil dan enak.
4. Konsumsi bbm belum ngukur, tp yang saya rasakan hampir ga ada beda sama waktu pakai champ eco.
5. Untuk design tapak, krn asymetric jadi grip dan noise bs dibilang lebih baik dr ban eco.
6. Design sidewall nya saya suka, spt ban performance (rata), padahal setau saya ziex 912 ini ban touring.
7. Treadwear grade 480, jd tapak bs dijamin awet jg ditambah traction A temperature A.

Kelemahan ban ini bener seperti om AD74YA bilang dulu, pantulannya sedikit lbh terasa waktu lewat poldur, jalan jelek. Kedua, krn treadwearnya tebal dan celah tapaknya agak sempit, kerikil gampang nyangkut jadinya.

Soal aquaplanning blm saya test, ndak bs merasakan dan ndak mudeng jg saya hehehehe. Fyi, dg pake ban ini saya luar kota (bdg-smg) avg 1:14,5 pertamax, tekanan ban 30. Tekanan ban yg disarankan pabrik 29, tp saya biasa set ke 30/31 psi krn 29 tll empuk kl di falken ini. Tks :)
Change
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 30 Oct 2016, 05:50

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Change »

Happy weekend om2 sm,

Kira2 apakah ada yg pernah pakai Pirelli P1 conturato, bagaimana impresi dan kualitas handlingnya ? Juga apa sudah ada yg coba Gt radial champiro gtx pro ? Review utk champiro sx2 cukup bagus dari pemakai di luar indo. Sedang rencana utk ganti dunlop sp sport bawaan oem yg sudah retak2 rambut semuanya. Thanks before
Midnightsky94
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 21 Nov 2017, 23:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Midnightsky94 »

Numpang nanya om2 sekalian
Kalo ban yg sidewall nya rata/kotak, seperti advan neova, toyo t1r, r888 itu apa ya? Rata2 yg sidewall nya rata/kotak tuh ke arah perfomance, saya pgn nya yg rada silent, performa grip/handling nya gausa yg terlalu superior.
Mohon usulan nya om2
Terima kasih
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: 11 Aug 2016, 21:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz »

Midnightsky94 wrote: 18 Dec 2017, 21:37 Numpang nanya om2 sekalian
Kalo ban yg sidewall nya rata/kotak, seperti advan neova, toyo t1r, r888 itu apa ya? Rata2 yg sidewall nya rata/kotak tuh ke arah perfomance, saya pgn nya yg rada silent, performa grip/handling nya gausa yg terlalu superior.
Mohon usulan nya om2
Terima kasih
yang silent harus cari yang kembangan rapet, kecil" jangan yg lebar" macam jembatan batu
tokezz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 25 Jun 2015, 22:34

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by tokezz »

Midnightsky94 wrote:Numpang nanya om2 sekalian
Kalo ban yg sidewall nya rata/kotak, seperti advan neova, toyo t1r, r888 itu apa ya? Rata2 yg sidewall nya rata/kotak tuh ke arah perfomance, saya pgn nya yg rada silent, performa grip/handling nya gausa yg terlalu superior.
Mohon usulan nya om2
Terima kasih
Continental maximum contact 5. Review udh make 5.000 km so far sangat puas. Cukup hening untuk roadnoisenya walaupun gk sebagus ban untuk comfort kya micelenin prima lc tp jauh lbh hening dr ecopia. Sebanding sma performance ban yg jg gk malu"in. Mobil enak diajak nikung, zig zag dan hardbraking. Keadaan basah juga traksinya masih cukup bagus minim aquaplanning. Mnurut ane ini ban yg pas buat all round tire

Image
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 28 Jan 2017, 16:13

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by g36 »

Om2 sekalian, klo sy mau ganti ban all round yg lebih ke arah performance apa ya? Mau ganti dari turanza er300 bawaan swift uk 185/65 r16 soalnya ngerasa ngambang gitu, nggak ngigit jalan. Selain itu sering berdecit pas belok di parkiran. Pengennya yg grip lebih enak dan umur serta harga masuk akal...maklum masih kuliah hehehe

Pengalaman pake mazda2 lama turanza ar20 enak banget, tapi barangkali pengaruh suspensi yg lebih rigid juga.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by racho »

tokezz wrote: 19 Dec 2017, 10:38
Midnightsky94 wrote:Numpang nanya om2 sekalian
Kalo ban yg sidewall nya rata/kotak, seperti advan neova, toyo t1r, r888 itu apa ya? Rata2 yg sidewall nya rata/kotak tuh ke arah perfomance, saya pgn nya yg rada silent, performa grip/handling nya gausa yg terlalu superior.
Mohon usulan nya om2
Terima kasih
Continental maximum contact 5. Review udh make 5.000 km so far sangat puas. Cukup hening untuk roadnoisenya walaupun gk sebagus ban untuk comfort kya micelenin prima lc tp jauh lbh hening dr ecopia. Sebanding sma performance ban yg jg gk malu"in. Mobil enak diajak nikung, zig zag dan hardbraking. Keadaan basah juga traksinya masih cukup bagus minim aquaplanning. Mnurut ane ini ban yg pas buat all round tire

Image
tambahan review:
ane juga baru pake CMC5 minggu lalu, beli seken masih tebel (katanya yg jual baru dipake seminggu), sebelumnya pake SP Sport Maxx 050 (kondisi masih baru 2 bulanan). dipake di Grandis, ukuran 215/55/R17.

Compared to SP Sport Maxx 050 yang sama-sama ban all-rounder,
CMC5 ini very-very silent, di Jagorawi lari 100kph++ masih bisa ngobrol dengan jelas sama keluarga.
ini ban juga empuk banget, kalo grip... hmm sepertinya lumayan.... blom dites zigzag sama aquaplanning waktu ujan2.

minusnya feedback setir kurang kerasa dibanding SP Sport Maxx 050.
mungkin karena compound-nya yang... lunak?
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
blututh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 02 Apr 2016, 10:02

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by blututh »

Midnightsky94 wrote: 18 Dec 2017, 21:37 Numpang nanya om2 sekalian
Kalo ban yg sidewall nya rata/kotak, seperti advan neova, toyo t1r, r888 itu apa ya? Rata2 yg sidewall nya rata/kotak tuh ke arah perfomance, saya pgn nya yg rada silent, performa grip/handling nya gausa yg terlalu superior.
Mohon usulan nya om2
Terima kasih
yokohama advan fleva v701 atau bridgestone potenza re003.

sudah cukup kotak kyknya 2 itu, tapi ya ga bisa dibanding sama kotaknya ban semi slick..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

erwinign wrote:Mau testi ban yang agak2 susah dicari, falken ziex 912 dipasang di ertiga. Pakai falken krn sesuai review om AD74YA bbrp th lalu cukup bagus (udah hampir mengungguli toyo dan kawan2) dan sizenya ada untuk ertiga (185/65/15), dan harganya murah waktu saya beli (550rb/ban, buatan 2015 minggu ke 24 dan 35, made in thailand)

Ban oem nya champiro eco, ban depan udah bocel2 di km 40rb, dan ban belakang (pas ganti pertama sy pindah ke depan) habis di km 50rb, dan ban sdh retak rambut semua. Saya putuskan ganti krn champiro eco ini bannya berisik, feedback setir hambar, kalau belok rada cepet rasanya mentul2 aneh, waktu nyalip2 di tol ngga stabil dan seperti kehambat sama bannya di ertiga. Di kecepatan 120 wkt itu rasanya udah engga stabil pake champ eco.

Waktu ganti falken yang pertama (posisi di ban belakang):
1. Bokong mobil lebih ngga ngebuang waktu belok normal.

Begitu ganti ban yg kedua kali (ban depan), yang saya rasakan: (sdh pakai sejauh 5000km)
1. Noise ban jauh, jauh berkurang dibanding champ eco. Tinggal noise angin yg masih kedengaran.
2. Feedback setir kl saya rasakan meningkat, setir lbh direct waktu belok2.
3. Tadi siang perjalanan bandung-semarang lewat cipali saya lebih pede nyalip2, konstan di kecepatan 120-130 masih stabil dan enak.
4. Konsumsi bbm belum ngukur, tp yang saya rasakan hampir ga ada beda sama waktu pakai champ eco.
5. Untuk design tapak, krn asymetric jadi grip dan noise bs dibilang lebih baik dr ban eco.
6. Design sidewall nya saya suka, spt ban performance (rata), padahal setau saya ziex 912 ini ban touring.
7. Treadwear grade 480, jd tapak bs dijamin awet jg ditambah traction A temperature A.

Kelemahan ban ini bener seperti om AD74YA bilang dulu, pantulannya sedikit lbh terasa waktu lewat poldur, jalan jelek. Kedua, krn treadwearnya tebal dan celah tapaknya agak sempit, kerikil gampang nyangkut jadinya.

Soal aquaplanning blm saya test, ndak bs merasakan dan ndak mudeng jg saya hehehehe. Fyi, dg pake ban ini saya luar kota (bdg-smg) avg 1:14,5 pertamax, tekanan ban 30. Tekanan ban yg disarankan pabrik 29, tp saya biasa set ke 30/31 psi krn 29 tll empuk kl di falken ini. Tks :)
Saya pengguna Falken Ziex 912 jg, saya pakai di ipah D4D ukuran 225/55r17.

Jujur saya sih kecewa dengan kualitas ban ini, karena jauh dr ekspektasi saya mengingat harga yg ditawarkan jg ngga murah.

Compare to turanza AR20 ban yg saya pakai sebelumnya, turanza AR20 jauh lebih senyap, lebih menggigit jg di jalan aspal kering maupun basah.

Falken Ziex 912 ini sempet beberapa kali di tol kondisi jalan basah, setir saya belokkan ke kiri, tp mobil tetep lurus, padahal kecepatan jg ngga tinggi2 bgt, sekitar 60-70an.

Baru pakai sekitar 30rb km jg tapak ban udah pd pecah2 semua dan ada yg robek. Dan susah untuk dibalancing, timah yg ditempel harus banyak bgt biar bener2 balance.

Selebihnya biar gambar yang berbicara.ImageImage
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: 16 Aug 2005, 11:38

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Hanggar »

Ban nya habis sebelah dalam tuuuh Om . . . . menurut saya sih BS lebih cocok buat iklim Indo drpd produknya falken.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

Hanggar wrote:Ban nya habis sebelah dalam tuuuh Om . . . . menurut saya sih BS lebih cocok buat iklim Indo drpd produknya falken.
Iya karena ngebuang terus setirnya ngga bs anteng, mau ngga mau mainin chamber&toe nya pas spooring biar agak anteng. Tp tetep aja rasanya AR20 jauh lebih proper dibanding falken ini.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: 20 May 2014, 18:41

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by jakanjc »

Baru beli velg second + achilles atr sport 2 r18 buat anki, buat achilles atr sport 2 gripnya oke, bantingan sama empuknya, feedback stir jadi tidak hambar, cuman kok lebih berisik(compare dgn ecopia r16 std). Ohiya ada recommend tekanan angin untuk anki saya? Kemarin sih saya isi nitrogen 32 psi
'You can go fast, But I can go anywhere'
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 06 Mar 2016, 15:59

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kingpower »

Halo suhu mau tanya,

Lebih silent dan nyaman (empuk) hankook kynergy ex atau ventus v2 ya?

Sedang mencari pengganti turanza er33 yang berisik dan keras😭 (apa karena mobilnya ya)

Kalo ada rekomendasi lain juga boleh.

Terima kasih
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by alvin23 »

kingpower wrote:Halo suhu mau tanya,

Lebih silent dan nyaman (empuk) hankook kynergy ex atau ventus v2 ya?

Sedang mencari pengganti turanza er33 yang berisik dan keras[emoji24] (apa karena mobilnya ya)

Kalo ada rekomendasi lain juga boleh.

Terima kasih
Beda kelas, ventus diatas kinergy
Grip jauh lbh enak ventus
Silent sama

Semua ban hankook cenderung lbh soft dan silent, compared to BS.
Rocky R ADS CVT 2021
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 25 Jan 2017, 21:22

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by W42d »

Om semua mau tanya donk. Maap kalo salah kamar, nanya di trid modif blm asa tangepan. Bener2 baru ganti ban mobil.
Ane pake brio, kemarin ganti velg ke R15 dan pake ban baru yokohama s drive ukuran 195/50 R15. Pas ganti sekalian cek kaki2 semua masih oke mnrt mekanik benkgkel. Ga lupa saya balancing and spooring ulang. Permasalahannya adalah sekarang kalo jalan pelan dibawah 40km/h kedengera suara hump..hump..hump. seperti ada yg ga rata. Dr jalan 10km/h sampe 40km/h makin berasa. Lewat 40 km/h uda ga trlalu kedengeran n diatas 60 km/h ga kedengeran. Lari sampe 100 km/h pun normal. Kira2 masalah nya apa ya? Lalu kalau mau cek, urutannya cek apa dl ya?
Sebagai info, saya sudah pasang lowering kit tein stech. Velg yg saya pakai merk SSW, R15 lebar 7 dgn offset depan 41 dan blkg 35. KM saat ini 33.000. Tekanan angin ban set rata 30psi.
Mohon bantuannya. Terima kasih.
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: 16 Aug 2005, 11:38

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Hanggar »

Barusan mo beli Continental MC-5 nga jadi . . . dari 4 ban cuman 1 yg layak . . .alias ngak goyang waktu di mesin balancing. Stok lama buatan 2016 bulan April-Mei . . buatan Malaysia.

Buat ganti Accelera Alpha 215/45/17 (ban depan) yg goyang waktu di balance . . . padahal baru dipake 1000km . . . . mungkin kalah dgn jalanan ngak rata dan lubang2 jahanam itu . . . wkwkwkw . . .

Akhirnya terpaksa pake Potenza re003 lagi yg mayan keras dan nga senyap . . . produksi bulan 11 - 2017 alias masih baru dari pabriknya. Tapi memang handling potenza enak buat nikung dan hard braking di jalan basah.
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post