Mobil CBU dan CKD
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Mobil CBU dan CKD
Mau buka topik aja, mumpung agak senggang
Sebelumnya search dulu dan belum nemu thread serupa (adanya = viewtopic.php?t=17901 )
Kalo baca2 review disini, beberapa hal yang kadang dimasukan kedalam poin plus sebuah kendaraan adalah "status asal buatan" alias negara yang merakit. Contoh paling gampang adalah status build up (CBU) Jepang selalu dianggap sebagai suatu "kelebihan" dibanding misalnya CBU Malaysia atau Thailand dan apalagi CKD Indonesia. Dikasus yang lain, salah satu master reviewer disini bilang bahwa kualitas mobil CBU Jerman yang jauhh sekali diatas CKD.
Saya agak penasaran, apa memang demikian?
Lalu bagaimana kualitas CBU untuk negara2 ASEAN jika dibandingkan dengan CKD? Misalnya CBU Thailand apakah memang PASTI lebih baik dibanding dengan CKD? Atau malah lebih medioker? Gimana pula dengan CBU negara2 "antah berantah" seperti India (Splash remember? ) ? Apa lebih parah lagi?
Pendapat nubie sih seharusnya ada standarisasi SOP dan juga Quality Control (QC) yang memastikan bahwa ga ada gap kualitas yang jauh antara setiap rakitan ntah itu Jerman atau Zimbabwe sekalipun. Lagipula, di era dimana efektifitas dan efisiensi makin diagung2kan seperti sekarang ini, kayaknya dah ga jaman lagi sih bilang bahwa : "rakitan Eropa nehhh..." kecuali untuk beberapa produk2 yang bener2 niche banget. Iya gak?? Atau gak kali ya??
Bahkan beberapa merk aja (Merc contohnya dan Audi kalo ga salah) sudah bangun pabrik di China (cmiiw banget) yang mungkin menurut orang awam seperti saya adalah list terakhir dari daftar "negara asal muasal" yang bisa dipilih. Diluar otomotif juga udah banyak mesin2 yang dibangun dan dirakit diluar negara asalnya. Cummins misalnya, sudah mulai ekspansi juga rakit dan bikin mesin di China juga untuk cut cost pengiriman.
Kira2 menurut pendapat teman2 gimana terkait status kendaraan tsb (CKD CBU)? Ada yang punya pengalaman comparasi dua produk dengan status yang berbeda? Misalnya Merc CBU dan CKD?
Sebelumnya search dulu dan belum nemu thread serupa (adanya = viewtopic.php?t=17901 )
Kalo baca2 review disini, beberapa hal yang kadang dimasukan kedalam poin plus sebuah kendaraan adalah "status asal buatan" alias negara yang merakit. Contoh paling gampang adalah status build up (CBU) Jepang selalu dianggap sebagai suatu "kelebihan" dibanding misalnya CBU Malaysia atau Thailand dan apalagi CKD Indonesia. Dikasus yang lain, salah satu master reviewer disini bilang bahwa kualitas mobil CBU Jerman yang jauhh sekali diatas CKD.
Saya agak penasaran, apa memang demikian?
Lalu bagaimana kualitas CBU untuk negara2 ASEAN jika dibandingkan dengan CKD? Misalnya CBU Thailand apakah memang PASTI lebih baik dibanding dengan CKD? Atau malah lebih medioker? Gimana pula dengan CBU negara2 "antah berantah" seperti India (Splash remember? ) ? Apa lebih parah lagi?
Pendapat nubie sih seharusnya ada standarisasi SOP dan juga Quality Control (QC) yang memastikan bahwa ga ada gap kualitas yang jauh antara setiap rakitan ntah itu Jerman atau Zimbabwe sekalipun. Lagipula, di era dimana efektifitas dan efisiensi makin diagung2kan seperti sekarang ini, kayaknya dah ga jaman lagi sih bilang bahwa : "rakitan Eropa nehhh..." kecuali untuk beberapa produk2 yang bener2 niche banget. Iya gak?? Atau gak kali ya??
Bahkan beberapa merk aja (Merc contohnya dan Audi kalo ga salah) sudah bangun pabrik di China (cmiiw banget) yang mungkin menurut orang awam seperti saya adalah list terakhir dari daftar "negara asal muasal" yang bisa dipilih. Diluar otomotif juga udah banyak mesin2 yang dibangun dan dirakit diluar negara asalnya. Cummins misalnya, sudah mulai ekspansi juga rakit dan bikin mesin di China juga untuk cut cost pengiriman.
Kira2 menurut pendapat teman2 gimana terkait status kendaraan tsb (CKD CBU)? Ada yang punya pengalaman comparasi dua produk dengan status yang berbeda? Misalnya Merc CBU dan CKD?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3691
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Mobil CBU dan CKD
Saya pernah komparasi Brio punya 2 kakak saya (CKD Satya maupun CBU Sport dan sama2 NIK 2014)
Meskipun Brio unit CBU Sport, nyatanya malah sama saja dengan unit CKD menurut ane (kualitas interior buruk, bahkan sama2 mempunyai glove box yang nggak presisi )
IMHO, baik CKD maupun CBU HARUS memiliki standarisasi SOP dan Quality Control (QC) yang jelas, bukan asal2an bikin mobil yg kualitasnya disunat
Hanya pendapat sangat nubie sih, jika ada salah kata mohon dimaafkan
Meskipun Brio unit CBU Sport, nyatanya malah sama saja dengan unit CKD menurut ane (kualitas interior buruk, bahkan sama2 mempunyai glove box yang nggak presisi )
IMHO, baik CKD maupun CBU HARUS memiliki standarisasi SOP dan Quality Control (QC) yang jelas, bukan asal2an bikin mobil yg kualitasnya disunat
Hanya pendapat sangat nubie sih, jika ada salah kata mohon dimaafkan
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mobil CBU dan CKD
Jadi dalam standard operasi pabrik / manufacturing plant sebuah persh multinational dimanapun pabrik tsb berada, semua aturan main mengikuti ketentuan prinsipal
Proses produksi / QC dll
Juga yg terpenting :
Material2 utama yg digunakan itu semua HARUS di SPEC alias di NOMINATE oleh Prinsipal, bahkan terkadang sampai tools / cutting tools yg digunakan juga itu di Spec / di Nominate, gak bisa pake sembarang merek.
Mesin mesin produksi yang digunakan juga ditentukan oleh pihak Prinsipal.
Buat yang bidang usahanya sebagai vendor industri multinasional pasti ngerti-lah soal Nominate / Spec ini.
Nah kalau mobil2 yang dipasarkan di Indonesia / negara berkembang misalnya material2-nya pakai yg terkesan ala kadarnya, ini karena policy dr Principal utk market tertentu demi menekan harga jual
Kalau produk2 yg dibuat dimanapun di negara berkembang tapi utk konsumsi negara maju / daya beli-nya tinggi maka digunakanlah material2 yg kelas utama. Contoh : Sepatu2 Nike / Adidas buatan Indonesia (Nasa / Hasi / Pratama / ChingLuh dll) yg di export utk pasar US / Eropa / Jepang dll.
Apalagi di era otomasi spt skg ini, bikin pabrik dimanapun jadi lebih flexible, tinggal tergantung soal infrastruktur / ketersediaan listrik / air / SDM / regulasi polusi & industri2 pendukung
Mesin2 zaman skg mah kasarnya anda tinggal masukkan material / pencet tombol START & lalu nonton atau tinggalkan, nanti tahu2 barangnya dah jadi
Proses produksi / QC dll
Juga yg terpenting :
Material2 utama yg digunakan itu semua HARUS di SPEC alias di NOMINATE oleh Prinsipal, bahkan terkadang sampai tools / cutting tools yg digunakan juga itu di Spec / di Nominate, gak bisa pake sembarang merek.
Mesin mesin produksi yang digunakan juga ditentukan oleh pihak Prinsipal.
Buat yang bidang usahanya sebagai vendor industri multinasional pasti ngerti-lah soal Nominate / Spec ini.
Nah kalau mobil2 yang dipasarkan di Indonesia / negara berkembang misalnya material2-nya pakai yg terkesan ala kadarnya, ini karena policy dr Principal utk market tertentu demi menekan harga jual
Kalau produk2 yg dibuat dimanapun di negara berkembang tapi utk konsumsi negara maju / daya beli-nya tinggi maka digunakanlah material2 yg kelas utama. Contoh : Sepatu2 Nike / Adidas buatan Indonesia (Nasa / Hasi / Pratama / ChingLuh dll) yg di export utk pasar US / Eropa / Jepang dll.
Apalagi di era otomasi spt skg ini, bikin pabrik dimanapun jadi lebih flexible, tinggal tergantung soal infrastruktur / ketersediaan listrik / air / SDM / regulasi polusi & industri2 pendukung
Mesin2 zaman skg mah kasarnya anda tinggal masukkan material / pencet tombol START & lalu nonton atau tinggalkan, nanti tahu2 barangnya dah jadi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 930
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Mobil CBU dan CKD
Saya punya Swift GL (CBU) tahun 2007, dan bandingin sama Swift ST (CKD) punya temen tahun 2010 aja masih berasa beda solidnya CBU dan CKD. Ini bukan subjektif karena ane punya yg CBU lho ya, tp IMO kepresisian pengerjaan dan ambiencenya emang beda aja. Bahkan bantingannya pun agak beda. Belom lagi fitur2 yg disunat di CKD. Padahal harga GL sama ST ga beda jauh, mungkin hampir sama. Lain sama Swift CBU awal keluar yang masih ada garis chrome di grillenya itumah emang lebih mahal.
Makanya rencana ane ngelepas Swift GL ini maju mundur maju mundur melulu. Disatu sisi cape pake manual (Swift ane manual), tapi masih bingung sampe detik ini pengen ganti hatchback apalagi yang bargain dan worth to buy. Setelah ditelaah satu persatu malah jatohnya ke Swift lagi. Sebenernya naksir Jazz RS pre-FL yg sebelum sekarang, cuma bodykitnya asa rendah banget
Maap jadi ngelantur.....................
Makanya rencana ane ngelepas Swift GL ini maju mundur maju mundur melulu. Disatu sisi cape pake manual (Swift ane manual), tapi masih bingung sampe detik ini pengen ganti hatchback apalagi yang bargain dan worth to buy. Setelah ditelaah satu persatu malah jatohnya ke Swift lagi. Sebenernya naksir Jazz RS pre-FL yg sebelum sekarang, cuma bodykitnya asa rendah banget
Maap jadi ngelantur.....................
Penikmat roti tawar beroda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Mobil CBU dan CKD
@sandal
Ah iya Brio, saya pernah tuh masup ke Brio CBU (thai ya kalo ga salah) dan yang Satya. Imho ga jauh beda. Sama2 ga begitu bagus kualitas buatannya yak
@om Turbo
Nah itu dia om, karena kualitas dan produk akhir dari sebuah pabrikan ini terkadang jadi sebuah generalisasi yang "meyesatkan" Misalnya saja, saya penasaran, apakah hasil dari crash test Ford Fiesta di Eropa sama dengan Fiesta rakitan Thailand? Apakah hasil review dari suatu mobil yang sama bisa dipukul rata dari segi BQ meski statusnya beda (misal build up Jepang dan malaysia)?
@adty
Yup, Swift CBU ini konon harganya masih lumayan dibanding yang CKD meski yang CKD taunnya lebih muda dikit ya om?
Yang lucu SX4 CKD malah kelengkapannya lebih oke dibanding CBU ya? (disc brake belakang??)
Ah iya Brio, saya pernah tuh masup ke Brio CBU (thai ya kalo ga salah) dan yang Satya. Imho ga jauh beda. Sama2 ga begitu bagus kualitas buatannya yak
@om Turbo
Nah itu dia om, karena kualitas dan produk akhir dari sebuah pabrikan ini terkadang jadi sebuah generalisasi yang "meyesatkan" Misalnya saja, saya penasaran, apakah hasil dari crash test Ford Fiesta di Eropa sama dengan Fiesta rakitan Thailand? Apakah hasil review dari suatu mobil yang sama bisa dipukul rata dari segi BQ meski statusnya beda (misal build up Jepang dan malaysia)?
@adty
Yup, Swift CBU ini konon harganya masih lumayan dibanding yang CKD meski yang CKD taunnya lebih muda dikit ya om?
Yang lucu SX4 CKD malah kelengkapannya lebih oke dibanding CBU ya? (disc brake belakang??)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Fri Oct 24, 2014 20:59
Re: Mobil CBU dan CKD
Sependapat ama om turbo.Turboman wrote:Jadi dalam standard operasi pabrik / manufacturing plant sebuah persh multinational dimanapun pabrik tsb berada, semua aturan main mengikuti ketentuan prinsipal
Proses produksi / QC dll
Juga yg terpenting :
Material2 utama yg digunakan itu semua HARUS di SPEC alias di NOMINATE oleh Prinsipal, bahkan terkadang sampai tools / cutting tools yg digunakan juga itu di Spec / di Nominate, gak bisa pake sembarang merek.
Mesin mesin produksi yang digunakan juga ditentukan oleh pihak Prinsipal.
Buat yang bidang usahanya sebagai vendor industri multinasional pasti ngerti-lah soal Nominate / Spec ini.
Nah kalau mobil2 yang dipasarkan di Indonesia / negara berkembang misalnya material2-nya pakai yg terkesan ala kadarnya, ini karena policy dr Principal utk market tertentu demi menekan harga jual
Kalau produk2 yg dibuat dimanapun di negara berkembang tapi utk konsumsi negara maju / daya beli-nya tinggi maka digunakanlah material2 yg kelas utama. Contoh : Sepatu2 Nike / Adidas buatan Indonesia (Nasa / Hasi / Pratama / ChingLuh dll) yg di export utk pasar US / Eropa / Jepang dll.
Apalagi di era otomasi spt skg ini, bikin pabrik dimanapun jadi lebih flexible, tinggal tergantung soal infrastruktur / ketersediaan listrik / air / SDM / regulasi polusi & industri2 pendukung
Mesin2 zaman skg mah kasarnya anda tinggal masukkan material / pencet tombol START & lalu nonton atau tinggalkan, nanti tahu2 barangnya dah jadi
Prinsipal pasti uda ada minimum requirement baik dari tools maupun kompetensi tenaga kerjanya.
Mungkin persoalan beda ambience, NVH, dll dari produk yg sama tp beda CBU -CKD. Ya lebih dr kebijakan prinsipal sendiri mau barangnya sama secara global atau disesuaiin sama demand konsumennya terhadap kualitas produk yg seperti apa di masing2 negara.
Sebenernya ga selalu juga CBU lebih baik dr CKD. Tuh buktinya RM ane punya ac belakang, dimana negara laen ga semuanya ada CMIIW.
Soal kualitas ya 11-12 kayanya. Yg CKD sini maupun buatan luar. Sama2 cheap interior tp ya long lasting (harusnya)
2014 fortuner TRD
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil CBU dan CKD
Jadi inget toyota rav4 2000 ane yg buatan jepang aseli... Tuh mobil bener2 deh solid & presisi nya jauh banget dibanding toyota ckd sini tahun sama (kijang, soluna, corolla, dsb)
Berasaaa banget perbedaan kualitasnya, yg rav4 jauh lebih tinggi padahal bukan masuk kelas mobil mewah jg, cuma SUV biasa
Ampe kerapihan cat & kualitas karet2 pintunya jg beda ama toyota ckd an...
Dan ampe tahun 2013 belom ada rattling samsek, masuk 2014 baru muncul rattling dari plastik pillar di bagasi...
Berasaaa banget perbedaan kualitasnya, yg rav4 jauh lebih tinggi padahal bukan masuk kelas mobil mewah jg, cuma SUV biasa
Ampe kerapihan cat & kualitas karet2 pintunya jg beda ama toyota ckd an...
Dan ampe tahun 2013 belom ada rattling samsek, masuk 2014 baru muncul rattling dari plastik pillar di bagasi...
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil CBU dan CKD
Untuk perbedaan standar perakitan, ane pernah dengar GranMax yang diekspor ke Jepang itu salah satu syaratnya panelgap maksimum 2mm, begitu lebih langsung reject yang akhirnya dijual kalangan terbatas oleh ADM.Mamang555 wrote:@sandal
Ah iya Brio, saya pernah tuh masup ke Brio CBU (thai ya kalo ga salah) dan yang Satya. Imho ga jauh beda. Sama2 ga begitu bagus kualitas buatannya yak
@om Turbo
Nah itu dia om, karena kualitas dan produk akhir dari sebuah pabrikan ini terkadang jadi sebuah generalisasi yang "meyesatkan" Misalnya saja, saya penasaran, apakah hasil dari crash test Ford Fiesta di Eropa sama dengan Fiesta rakitan Thailand? Apakah hasil review dari suatu mobil yang sama bisa dipukul rata dari segi BQ meski statusnya beda (misal build up Jepang dan malaysia)?
@adty
Yup, Swift CBU ini konon harganya masih lumayan dibanding yang CKD meski yang CKD taunnya lebih muda dikit ya om?
Yang lucu SX4 CKD malah kelengkapannya lebih oke dibanding CBU ya? (disc brake belakang??)
Tambahan fitur dan option mungkin tergantung masing-masing negara dan policy ATPM, SX4 CKD itu dulu jaman SIS masih dipegang pak Subronto Laras, begitu lengser entah knp performanya menurun dan yang dijual malah barang Indihe semua
Wa rasa Swift dan SX4 ini dulu menerapkan subsidi silang, yang Swift di cut cost sedemikian rupa sementara SX4 ditambahin fitur di versi CKD soalnya di taon itu SX4 jadi tulang punggungnya SIS di luar APV, mereka udah tau Swift pasti kalah sama Jazz dan Wasir.
Kalo CBU Thai dan CKD Indonesia jujur aja kualitasnya gak jauh beda. Saya liatin build quality Civic FD-FB yang CBU Thailand dan CR-V RM yang CKD Indonesia fit and finishnya sama sama jelek, sama sama kacrut.
Soal build quality mungkin the Stig a.k.a AD74YA lebih banyak pengalaman... beliau sempat membahas kejelekan finishing cat di E300 nya yang CKD dan kebetulan beliau pakai Mazda2 GT batch awal yang masih CBU Japan, kata beliau fit and finishnya masih jauh lebih bagus yang M2 GT CBU Japan dibanding yang CBU Thailand.
Saya cuma sempat bandingkan Volkswagen Golf TSI MK.7 CKD dan CBU, di CKD beberapa fitur seperti electric seat disunat, interior fabric (gak pakai leather kayak di CBU). Bandingkan beberapa sambungan panelnya memang masih lebih solid yang CBU sih...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Mobil CBU dan CKD
Saya ga pernah punya mobil CBU...selama ini cuma punya CKD aja..btw nyobain swift sport (cbu jepang) sama vw scirocco (cbu jerman) menurut ane finishingnya lebih bagus cbu jerman meskipun yg cbu jepang sudah termasuk superb dibandingkan mobil2 ane yg ada di garasi
CMIIW
*eh mobilio sebenernya ckd apa cbu thailand sih?
CMIIW
*eh mobilio sebenernya ckd apa cbu thailand sih?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Mobil CBU dan CKD
Tergantung mobilnya.
Tergantung pabrikan dan merk mobilnya.
Tergantung masuk lwt ATPM atau IU.
Bedakan pula CBU, CKD, dan SKD.
Setiap kasus beda2, gak bisa pukul rata lebih bagus CBU, CKD, atau SKD.
Tergantung pabrikan dan merk mobilnya.
Tergantung masuk lwt ATPM atau IU.
Bedakan pula CBU, CKD, dan SKD.
Setiap kasus beda2, gak bisa pukul rata lebih bagus CBU, CKD, atau SKD.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Mobil CBU dan CKD
Bias lha om bandingin Swift sama Scirocco..FRD wrote:Saya ga pernah punya mobil CBU...selama ini cuma punya CKD aja..btw nyobain swift sport (cbu jepang) sama vw scirocco (cbu jerman) menurut ane finishingnya lebih bagus cbu jerman meskipun yg cbu jepang sudah termasuk superb dibandingkan mobil2 ane yg ada di garasi
CMIIW
*eh mobilio sebenernya ckd apa cbu thailand sih?
Gak peduli dirakit dimana.
Sama2 hatchback tp mobilnya gak selevel.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil CBU dan CKD
Oiya kalo cbu thai mah ane rasa ga bagus2 amat ya... Honda city ane yg dulu ama skrg jg 22 cbu thai, kualitas ya begitulah... 10 tahun berjalan, di unit yg skrg ane pake rattle total keliling, skrg baru lg karet2 sekitar jendela udah pada lepas2 lem perekatnya...
Kalo yg sebelomnya sih 9 tahun cuma jalan 43.000km, jd masih senyap2 aja
Kalo yg sebelomnya sih 9 tahun cuma jalan 43.000km, jd masih senyap2 aja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Mobil CBU dan CKD
CBU Jepang juga percuma kl pesenan Jonfis..amfibi wrote:Oiya kalo cbu thai mah ane rasa ga bagus2 amat ya... Honda city ane yg dulu ama skrg jg 22 cbu thai, kualitas ya begitulah... 10 tahun berjalan, di unit yg skrg ane pake rattle total keliling, skrg baru lg karet2 sekitar jendela udah pada lepas2 lem perekatnya...
Kalo yg sebelomnya sih 9 tahun cuma jalan 43.000km, jd masih senyap2 aja
Dipretelin semua fiturnya.
Hahaha...
Tp skrg Honda Prospect dah mulai sadar.
Accord, CRV, sama Odyssey dah hampir full option.
Jazz sama HRV?
Menyedihkan!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil CBU dan CKD
Hahaha bener omandrijet wrote:CBU Jepang juga percuma kl pesenan Jonfis..amfibi wrote:Oiya kalo cbu thai mah ane rasa ga bagus2 amat ya... Honda city ane yg dulu ama skrg jg 22 cbu thai, kualitas ya begitulah... 10 tahun berjalan, di unit yg skrg ane pake rattle total keliling, skrg baru lg karet2 sekitar jendela udah pada lepas2 lem perekatnya...
Kalo yg sebelomnya sih 9 tahun cuma jalan 43.000km, jd masih senyap2 aja
Dipretelin semua fiturnya.
Hahaha...
Tp skrg Honda Prospect dah mulai sadar.
Accord, CRV, sama Odyssey dah hampir full option.
Jazz sama HRV?
Menyedihkan!
Jadi sebenernya tergantung kebijakan prinsipalnya lagi
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Fri Oct 24, 2014 20:59
Re: Mobil CBU dan CKD
Oh iya baru inget, bokap 2008 sempet punya elgr*nd. Baru 2-3 thn uda rattle dimana2. Padahal CBU lohh
Wong semua di dashboard aja tulisan antah berantah smua
Wong semua di dashboard aja tulisan antah berantah smua
2014 fortuner TRD
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil CBU dan CKD
Hehehe setuju, makanya saya kasih contoh di mobil-mobil yang satu spesies beda tempat kelahiran seperti Golf.andrijet wrote:Tergantung mobilnya.
Tergantung pabrikan dan merk mobilnya.
Tergantung masuk lwt ATPM atau IU.
Bedakan pula CBU, CKD, dan SKD.
Setiap kasus beda2, gak bisa pukul rata lebih bagus CBU, CKD, atau SKD.
Oiya typo, Golf itu SKD, bukan CKD.
Tiguan dan Golf MK.6 yang SKD juga mengalami hal yang sama, panel panelnya agak kurang solid gitu kalo compared to Golf MK.7 CBU ya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Mobil CBU dan CKD
Kelemahan CBU yang masuk lewat IU, spec mobil gak disesuaikan buat fight di habitat Indonesia.Ald2001 wrote:Oh iya baru inget, bokap 2008 sempet punya elgr*nd. Baru 2-3 thn uda rattle dimana2. Padahal CBU lohh
Wong semua di dashboard aja tulisan antah berantah smua
Jadi kadang bermasalah macam suspensi cpt rewel karena gak tahan lewati jalan Indo yg mulus2.
Atau mesin yg gampang overheat krn lewat jalanan Indo yang lancar kosong melompong.
Atau material interior menyerah menghadapi hangatnya cuaca di Indonesia.
Belum lagi BBM Indonesia sangat berkualitas ikut menentukan performa dan ketahanan komponen mesin.
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil CBU dan CKD
Ahh ini saya alami di Harrier 2011 saya. Kaki-kaki udah bunyi semua dan karatan dimana-mana.andrijet wrote: Kelemahan CBU yang masuk lewat IU, spec mobil gak disesuaikan buat fight di habitat Indonesia.
Jadi kadang bermasalah macam suspensi cpt rewel karena gak tahan lewati jalan Indo yg mulus2.
Atau mesin yg gampang overheat krn lewat jalanan Indo yang lancar kosong melompong.
Atau material interior menyerah menghadapi hangatnya cuaca di Indonesia.
Belum lagi BBM Indonesia sangat berkualitas ikut menentukan performa dan ketahanan komponen mesin.
Kerasa menyiksa waktu ane bawa ke Solo liburan lalu.... sepanjang perjalanan waktu duduk di belakang "krrrrkrrrrkrrrrrkrrrrkkrrrr...."
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Fri Oct 24, 2014 20:59
Re: Mobil CBU dan CKD
Jd mengenang masa lalu kalo naek tuh batumakam uda kaya ada orkes dangdut live di dalem kabin, pdhl headunit ga lg nyetel apa2andrijet wrote:Kelemahan CBU yang masuk lewat IU, spec mobil gak disesuaikan buat fight di habitat Indonesia.Ald2001 wrote:Oh iya baru inget, bokap 2008 sempet punya elgr*nd. Baru 2-3 thn uda rattle dimana2. Padahal CBU lohh
Wong semua di dashboard aja tulisan antah berantah smua
Jadi kadang bermasalah macam suspensi cpt rewel karena gak tahan lewati jalan Indo yg mulus2.
Atau mesin yg gampang overheat krn lewat jalanan Indo yang lancar kosong melompong.
Atau material interior menyerah menghadapi hangatnya cuaca di Indonesia.
Belum lagi BBM Indonesia sangat berkualitas ikut menentukan performa dan ketahanan komponen mesin.
2014 fortuner TRD
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil CBU dan CKD
Wah ini ane alemin banget di volvo ama BMW... Waduh interiornya pada retak2, trus panel plastik banyak yg pecah2 (ampe kyk engsel laci/knob laci/engsel consolebox/dudukan consolebox/dsb), ama tombol2 ama panel2 plastik yg bercoating karet premium jg pada ngelotok karetnya...andrijet wrote:Kelemahan CBU yang masuk lewat IU, spec mobil gak disesuaikan buat fight di habitat Indonesia.Ald2001 wrote:Oh iya baru inget, bokap 2008 sempet punya elgr*nd. Baru 2-3 thn uda rattle dimana2. Padahal CBU lohh
Wong semua di dashboard aja tulisan antah berantah smua
Jadi kadang bermasalah macam suspensi cpt rewel karena gak tahan lewati jalan Indo yg mulus2.
Atau mesin yg gampang overheat krn lewat jalanan Indo yang lancar kosong melompong.
Atau material interior menyerah menghadapi hangatnya cuaca di Indonesia.
Belum lagi BBM Indonesia sangat berkualitas ikut menentukan performa dan ketahanan komponen mesin.
Untung kalo softpadnya masih aman2 pada
Contoh di 323i E46 nenek :
Itu panel2 nya berlapis karet, mewah sih tp pas udah tua jadi gitu, belom lg kalo tutup nya dibuka, begh udah pada retek semua plastik2 halus di dinding2 kompartemen penyimpanannya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Fri Oct 24, 2014 20:59
Re: Mobil CBU dan CKD
@om fib: denger2 baru dr E90 om si bmw masukin barang yg khusus bwat hot climate CMIIW
E46 ane jg dlu karet2 pd getas, sempet bocor malah kaca depan, plafon jg turun (gatau ini pengaruh cuaca bukan).
Tp di E90 jg tombol2 kaya volume audio tetep lengket2 smua kq
E46 ane jg dlu karet2 pd getas, sempet bocor malah kaca depan, plafon jg turun (gatau ini pengaruh cuaca bukan).
Tp di E90 jg tombol2 kaya volume audio tetep lengket2 smua kq
2014 fortuner TRD
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil CBU dan CKD
Oooh gitu tho, pantesan liat2 daleman E90 & bmw2 jaman skrg kok kayaknya lebih kuat drpd E46 kebawahAld2001 wrote:@om fib: denger2 baru dr E90 om si bmw masukin barang yg khusus bwat hot climate CMIIW
E46 ane jg dlu karet2 pd getas, sempet bocor malah kaca depan, plafon jg turun (gatau ini pengaruh cuaca bukan).
Tp di E90 jg tombol2 kaya volume audio tetep lengket2 smua kq
E36 323i 97 bokap dulu pas 2006 jg udah gitu, pillar2 nya mulai renggang, ama plastik2 mulai meleleh...
Kalo plafon sih pengaruh cuaca, penyakit mobil eropah di indo rata2 jg gt
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Tue May 21, 2013 5:58
- Location: Wonosari / Klaten
Re: Mobil CBU dan CKD
wah sama dong om pengalamannya...ternyata bukan elgrand ane aja yg rattleAld2001 wrote:Oh iya baru inget, bokap 2008 sempet punya elgr*nd. Baru 2-3 thn uda rattle dimana2. Padahal CBU lohh
Wong semua di dashboard aja tulisan antah berantah smua
kalau lewat jaaln jelek dikit, langsung bunyi semua interiornya...
tapi begitu lewat jalan mulus, jalan 120 aja kagak kerasa..bener2 senyap
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil CBU dan CKD
Lho rupanya elgrand lama banyak rattle tho...eksodan wrote:wah sama dong om pengalamannya...ternyata bukan elgrand ane aja yg rattleAld2001 wrote:Oh iya baru inget, bokap 2008 sempet punya elgr*nd. Baru 2-3 thn uda rattle dimana2. Padahal CBU lohh
Wong semua di dashboard aja tulisan antah berantah smua
kalau lewat jaaln jelek dikit, langsung bunyi semua interiornya...
tapi begitu lewat jalan mulus, jalan 120 aja kagak kerasa..bener2 senyap
Kalo di alphard ane beberapa kali naik jarak jauh yg V6 2003 4WD punya kelg, wuih kabinnya hening banget no rattle pdhl udah 12 tahun
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Fri Oct 24, 2014 20:59
Re: Mobil CBU dan CKD
Makam yg seharusnya sunyi senyap malah brisik
2014 fortuner TRD
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed