Mobil CBU dan CKD

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by ChZ »

Ald2001 wrote:Makam yg seharusnya sunyi senyap malah brisik :mky_03:
Penjaga Makam nya lagi gak di tempat soalnya, oom... :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by sintoni »

Nubi malah ngerasa kalo mungkin yg CBU pasti punya nilai + dari produk CKD seperti fitur, enjin, kualitas buatan.

Tapi ane sendiri nyangsi mobil CBU lebih reliabel dari mobil yg CKD, secara CKD bener2 didesain utamany buat negara kita.

Kalo mobil CBU, apa bisa cocok sama bensin negara kita? Iklim negara kita (seperti dasbor retak) atau kaki2 yang tahan jalan keriting di Indo? Apalg sparepartnya?

Untuk orang yg 2-3 taun ganti mobil boleh lah ambil CBU, tapi kalo beli mobil seken atau dipake agak lama seperti ane, ya ambil CKD aja, lebih tenang aja rasanya bener2 didesain buat negara kita.

Karena itu nubie anbil yasir lele #eh :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by ChZ »

sintoni wrote:Nubi malah ngerasa kalo mungkin yg CBU pasti punya nilai + dari produk CKD seperti fitur, enjin, kualitas buatan.

Tapi ane sendiri nyangsi mobil CBU lebih reliabel dari mobil yg CKD, secara CKD bener2 didesain utamany buat negara kita.

Kalo mobil CBU, apa bisa cocok sama bensin negara kita? Iklim negara kita (seperti dasbor retak) atau kaki2 yang tahan jalan keriting di Indo? Apalg sparepartnya?

Untuk orang yg 2-3 taun ganti mobil boleh lah ambil CBU, tapi kalo beli mobil seken atau dipake agak lama seperti ane, ya ambil CKD aja, lebih tenang aja rasanya bener2 didesain buat negara kita.

Karena itu nubie anbil yasir lele #eh :ngacir:
Setuju bro Toni.... biasanya mobil CBU yang lewat ATPM itu banyak penyesuaian. misalnya merek gak jelas kayak Mazda gitu aja kompresi SKYACTIVnya diturunin demi bisa minum bensin lokal yang naujubilah kualitasnya... di luar 14:1, di sini 13:1.

Beberapa mobil juga ignition timing nya dimundurkan dengan sengaja... Dan beberapa penyesuaian komponen seperti dashboard diganti plastic biar lebih tahan panas #eh :ngacir:

Biarpun ada ATPM dudul kayak Subaru yang ignition timingnya gak diatur ulang sehingga pake RON95 aja ngelitik di Forester XT. Di STi malah resiko piston failure pakai RON95. MI cuma tau jualan sih...

Kalo kalimat terakhir itu gak valid.... seharusnya yang mendukung statement ente ya Innova D-4D :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by fariezal »

bukannya CKD itu harus ada komponen lokal nya ya
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3690
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by sandal »

andrijet wrote:
amfibi wrote:Oiya kalo cbu thai mah ane rasa ga bagus2 amat ya... Honda city ane yg dulu ama skrg jg 22 cbu thai, kualitas ya begitulah... 10 tahun berjalan, di unit yg skrg ane pake rattle total keliling, skrg baru lg karet2 sekitar jendela udah pada lepas2 lem perekatnya... :ungg:
Kalo yg sebelomnya sih 9 tahun cuma jalan 43.000km, jd masih senyap2 aja :D
CBU Jepang juga percuma kl pesenan Jonfis..
Dipretelin semua fiturnya.
Hahaha...

Tp skrg Honda Prospect dah mulai sadar.
Accord, CRV, sama Odyssey dah hampir full option.

Jazz sama HRV?
Menyedihkan!
:big_slap:
Brio juga sangat menyedihkan walaupun CBU lho
:big_slap:

Jonfis oh jonfis, ga tobat2 nih org satu ini :big_slap:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
Ald2001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Fri Oct 24, 2014 20:59

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by Ald2001 »

sandal wrote: Brio juga sangat menyedihkan walaupun CBU lho
:big_slap:

Jonfis oh jonfis, ga tobat2 nih org satu ini :big_slap:
Jgn ngomongin si pisjon om, banyak yg sakit hati (termasuk ane) :frm_bang_head:

Jonpis disalahin mulu, :mky_03: pdhl si emang hondo secara global rada turun kualitasnya. Liat aja FB dibanding FD, RM dengan dashboard plastiknya jg kayanya emang global gtu semua. Malahan di amrik headlamp blm projector, ac blkng ga ada. Versi paling ngenesnya vleg masi kaleng :big_chicken:
tp emang harganya mahalah disini jg sih :ngacir:
Tp emang kadang pisau sunat pisjon tajem bgt si. Jadi galau sebenernya salah pisjon apa bukan :glodak:
2014 fortuner TRD
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by ChZ »

Mungkin Pisjon sudah lelah... :ngacir:

Memang penurunan kualitasnya gak cuma di HPM sih, global. Lha Odyssey itu kan CBU Japan, keliatan sendiri kualitasnya kayak gimana..?

Kalau Civic FB gak bisa ngomong sih, based on USDM Civic. JDM Civic sudah discontinue sejak 2010.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3690
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by sandal »

Ald2001 wrote:
sandal wrote: Brio juga sangat menyedihkan walaupun CBU lho
:big_slap:

Jonfis oh jonfis, ga tobat2 nih org satu ini :big_slap:
Jgn ngomongin si pisjon om, banyak yg sakit hati (termasuk ane) :frm_bang_head:

Jonpis disalahin mulu, :mky_03: pdhl si emang hondo secara global rada turun kualitasnya. Liat aja FB dibanding FD, RM dengan dashboard plastiknya jg kayanya emang global gtu semua. Malahan di amrik headlamp blm projector, ac blkng ga ada. Versi paling ngenesnya vleg masi kaleng :big_chicken:
tp emang harganya mahalah disini jg sih :ngacir:
Tp emang kadang pisau sunat pisjon tajem bgt si. Jadi galau sebenernya salah pisjon apa bukan :glodak:
Saya termasuk kena pisau golok jonfis lho :snipersmile:

Memang salah Jonfis apa tidak bersalah hanyalah HPM yg tahu :ngacir:

Oh ya, nambahin 1 lagi. Perhatikan digit odometernya

Ekspektasi
Image

Realita
Image

:ngacir:
ChZ wrote:Mungkin Pisjon sudah lelah... :ngacir:
PisJon masih belum lelah :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by Mamang555 »

Imho mobil CKD dengan mobil desain untuk suatu pasar itu beda lho
Memang pada akhirnya yang didesain untuk pasar "lokal" sudah pasti CKD (cmiiw sangat)

CKD / SKD kan tujuan utamanya adalah untuk mengurangi cost, utamanya cost pengiriman (yang mana sangat banyak komponennya dan juga beberapa bergantung dengan mata uang asing). Karena itu isu menguatnya dollar menjadi sensitif belakangan ini untuk mobil2 BU / CBU. Bisa jadi suatu merk / tipe mobil masuk pada awalnya berupa CBU, tapi dalam perkembangannnya, karena beberapa faktor (utamanya penjualan dan pembuatan tipe sebasis / sebangun / seplatform atau apalah itu) bisa jadi kemudian diputuskan untuk dirakit lokal. Misal Brio. Awalnya kalo tidak salah CBU Thai. Kemudian karena HPM memutuskan untuk memasarkan Mobilio dan juga Brio paket hemat (LCGC) jadilah kemudian dia CKD. Meski masih ada juga yang versi CBU nya sih :D cmiiw

Kalo mobil2 yang didesain untuk suatu negara memang pasti sudah disesuaikan dengan kondisi di negara tsb. Konon katanya, saat R&D Xenia-Avanza itu risetnya sampe blusukan ke jalan2 kecil di Indonesia. That's why duo populer itu rasanya fit in sekali dengan kondisi jalanan sini. Pas. Ga kebesaran, Ga kekecilan. Pas. Bahan2 interiornya jg murahan, tapi paling tidak awet lha. Semoga mobil low MPV Mitsu kedepannya bisa bersaing juga dengan duo ini :D

Just imho :)
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by andrijet »

Saya gak bilang mobil CKD lebih awet dari CBU lho.
Hehehe..

Banyak yang komplain interior BMW dan Mercy rusak termakan zaman kan?

Mmm..
Contoh kasus very long term test:
Coba bandingkan BMW M40 1992, sama Toyota Corolla Twin Cam 1991, sama Mazda Astina 1991.
Secara populasi sepertinya BMW lebih unggul.
Artinya kualitas body, mesin, dan interior mobil mewah (yang identik dgn CBU) lebih baik dari mobil kelas menengah (yang identik dgn CKD).
Terlepas dari kemungkinan pengguna mobil mewah merawat mobilnya dengan lbh baik ya, hehehe..
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by ricz »

Mobil CBU sih menurut feeling nubie lebi presisi kualitasnya drpd mobil CKD (terutama mobil CBU Jepang ato Eropa, Thai hampir sama dgn ckd lokal)

Tapi klo mobil cbu IU sih agak riskan spt kompresi mesin yg gak disesuaikan dgn kondisi lapangan Indo dan bbrp parts yg gak direinforced sesuai dgn kondisi lapangan...

nubie pribadi sih ttp prefer mobil CBU japan ato eropa melalui atpm... Kenapa? Karena setidaknya ada penyesuaian misalnya kompresi mesin yg diturunkan sesuai dgn kondisi Indo, ato bbrp komponen yg (mungkin) disesuaikan juga dengan kondisi Indo...

IMO, CMIIW
2021 Fortuner VRZ
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by andrijet »

ricz wrote:Mobil CBU sih menurut feeling nubie lebi presisi kualitasnya drpd mobil CKD (terutama mobil CBU Jepang ato Eropa, Thai hampir sama dgn ckd lokal)

Tapi klo mobil cbu IU sih agak riskan spt kompresi mesin yg gak disesuaikan dgn kondisi lapangan Indo dan bbrp parts yg gak direinforced sesuai dgn kondisi lapangan...

nubie pribadi sih ttp prefer mobil CBU japan ato eropa melalui atpm... Kenapa? Karena setidaknya ada penyesuaian misalnya kompresi mesin yg diturunkan sesuai dgn kondisi Indo, ato bbrp komponen yg (mungkin) disesuaikan juga dengan kondisi Indo...

IMO, CMIIW
Setuju neh..
Mobil CBU Jepang dan Eropa yg masuk via ATPM emg pilihan terbaik.
Lebih baik lagi dibikin SKD kyk Mercy kelahiran Wanaherang.
Kualitas tetap standar negara maju, tapi pajak bisa diakali biar lebih murah, hehehe...
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by aspsilver »

Masalahnya bukan di cbu or ckd, masalahnya di QC quality control.

Mau ckd kalo mercedes ,QC bagus.

Kasus granmax, saya punya versi expor dan versi lokal.

Bahannya aja lain koq. Bukan soal panel gap doang. Bahan yang digunakan beda.
Pelapis door trim, versi expor kain dan vinyl, versi lokal vinyl doang.
Tuas buat sandaran kursi, klip tutup mesin, barangnya beda.

Masalahnya, kamu mau gak beli versi expor, kalo beda harganya 5 juta Lebih mahal?

Dulu luxio jual yang ada abs nya, nambah 3 juta, gak laku.

Granmax expor extra abs, double airbag, warning seat belt driver and co driver, lampu cabin bisa meredup, dsb.

nanti omongnya toh buat supir ini, ngapain beli mahalan.

Diforum ini selalu ribut aoal penyunatan fitur, kenyataannua ada yang beli koq.

Yaris tipe J, minus airbag abs, juga ada yang beli.
Diluar negri, yang dilepas kan velg racing, di Indonesia yang dilepas piranti keselamatan.

gak usah jauh2 di malaysia, avanza innova tipe termurahpun ada abs airbag sejak launching

Disana juga ada yaris tipe J, pake dop dan ban kecil, abs airbag tetap ada.

Honda Brio Satya, ada kan yang beli versi A dan S, itu piranti keselamatan dicopot, padahal beda cuma 10 juta ke yang versi E yang lengkap
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by jwid »

Om aspsilver, kualitas cat mercedes cbu eropa dan ckd wanaherang kok setelah berumur terasa beda ya? Ckd punya terasa lebih jelek sesudah berumur, ada info ?
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by andrijet »

aspsilver wrote:Masalahnya bukan di cbu or ckd, masalahnya di QC quality control.

Mau ckd kalo mercedes ,QC bagus.

Kasus granmax, saya punya versi expor dan versi lokal.

Bahannya aja lain koq. Bukan soal panel gap doang. Bahan yang digunakan beda.
Pelapis door trim, versi expor kain dan vinyl, versi lokal vinyl doang.
Tuas buat sandaran kursi, klip tutup mesin, barangnya beda.

Masalahnya, kamu mau gak beli versi expor, kalo beda harganya 5 juta Lebih mahal?

Dulu luxio jual yang ada abs nya, nambah 3 juta, gak laku.

Granmax expor extra abs, double airbag, warning seat belt driver and co driver, lampu cabin bisa meredup, dsb.

nanti omongnya toh buat supir ini, ngapain beli mahalan.

Diforum ini selalu ribut aoal penyunatan fitur, kenyataannua ada yang beli koq.

Yaris tipe J, minus airbag abs, juga ada yang beli.
Diluar negri, yang dilepas kan velg racing, di Indonesia yang dilepas piranti keselamatan.

gak usah jauh2 di malaysia, avanza innova tipe termurahpun ada abs airbag sejak launching

Disana juga ada yaris tipe J, pake dop dan ban kecil, abs airbag tetap ada.

Honda Brio Satya, ada kan yang beli versi A dan S, itu piranti keselamatan dicopot, padahal beda cuma 10 juta ke yang versi E yang lengkap
Ya ini tinggal hati nurani pemerintah sebagai regulator dan ATPM sebagai penjual mobil.

Mau gak mendidik dan melindungi masyarakat Indonesia???

Kl terus ngikuti kemauan pasar dan kegoblokan sebagian konsumen ya gak akan maju2 bangsa ini..
Wajarnya mobil baru tanpa ABS dan airbag buang aja ke laut biar jadi terumbu karang!!

Saya gak punya data, tapi keliatannya belakangan ini masyarakat dah mulai melek terhadap peranti keselamatan.
Setelah banyak kejadian mengenaskan yg terekspos, masyarakat mulai berani nambah 3-10jt buat airbag dan ABS.

Sebagian ATPM malah jualan mobil dgn airbag tanpa ABS.
Ini anomali skali menurut saya.
Contohnya: KIA Carens.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by aspsilver »

jwid wrote:Om aspsilver, kualitas cat mercedes cbu eropa dan ckd wanaherang kok setelah berumur terasa beda ya? Ckd punya terasa lebih jelek sesudah berumur, ada info ?
Oom Jwid, waduh gak tau juga ya, saya punya semua keluaran wanaherang, baik2 aja tuh. Malah 1 buah saya pelihara 17 th.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by aspsilver »

andrijet wrote:
aspsilver wrote:Masalahnya bukan di cbu or ckd, masalahnya di QC quality control.

Mau ckd kalo mercedes ,QC bagus.

Kasus granmax, saya punya versi expor dan versi lokal.

Bahannya aja lain koq. Bukan soal panel gap doang. Bahan yang digunakan beda.
Pelapis door trim, versi expor kain dan vinyl, versi lokal vinyl doang.
Tuas buat sandaran kursi, klip tutup mesin, barangnya beda.

Masalahnya, kamu mau gak beli versi expor, kalo beda harganya 5 juta Lebih mahal?

Dulu luxio jual yang ada abs nya, nambah 3 juta, gak laku.

Granmax expor extra abs, double airbag, warning seat belt driver and co driver, lampu cabin bisa meredup, dsb.

nanti omongnya toh buat supir ini, ngapain beli mahalan.

Diforum ini selalu ribut aoal penyunatan fitur, kenyataannua ada yang beli koq.

Yaris tipe J, minus airbag abs, juga ada yang beli.
Diluar negri, yang dilepas kan velg racing, di Indonesia yang dilepas piranti keselamatan.

gak usah jauh2 di malaysia, avanza innova tipe termurahpun ada abs airbag sejak launching

Disana juga ada yaris tipe J, pake dop dan ban kecil, abs airbag tetap ada.

Honda Brio Satya, ada kan yang beli versi A dan S, itu piranti keselamatan dicopot, padahal beda cuma 10 juta ke yang versi E yang lengkap
Ya ini tinggal hati nurani pemerintah sebagai regulator dan ATPM sebagai penjual mobil.

Mau gak mendidik dan melindungi masyarakat Indonesia???

Kl terus ngikuti kemauan pasar dan kegoblokan sebagian konsumen ya gak akan maju2 bangsa ini..
Wajarnya mobil baru tanpa ABS dan airbag buang aja ke laut biar jadi terumbu karang!!

Saya gak punya data, tapi keliatannya belakangan ini masyarakat dah mulai melek terhadap peranti keselamatan.
Setelah banyak kejadian mengenaskan yg terekspos, masyarakat mulai berani nambah 3-10jt buat airbag dan ABS.

Sebagian ATPM malah jualan mobil dgn airbag tanpa ABS.
Ini anomali skali menurut saya.
Contohnya: KIA Carens.

Toyota juga oom, Agya, dan avanza tipe dibawah veloz. cuma ada double airbag tapi gak ada abs.
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by andrijet »

aspsilver wrote:
jwid wrote:Om aspsilver, kualitas cat mercedes cbu eropa dan ckd wanaherang kok setelah berumur terasa beda ya? Ckd punya terasa lebih jelek sesudah berumur, ada info ?
Oom Jwid, waduh gak tau juga ya, saya punya semua keluaran wanaherang, baik2 aja tuh. Malah 1 buah saya pelihara 17 th.
Versi sales konten lokal dari Wanaherang cuma air radiator, air wiper, sama angin di dalem ban doank.
Benarkah?
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by aspsilver »

konten lokal kan gak banyak kalo gak salah. gak tau apa aja.

Bisa aja cuma yang oom andrijet bilang.

Dulu ban buatan lokal, sekarang bukan.
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by jwid »

aspsilver wrote:
jwid wrote:Om aspsilver, kualitas cat mercedes cbu eropa dan ckd wanaherang kok setelah berumur terasa beda ya? Ckd punya terasa lebih jelek sesudah berumur, ada info ?
Oom Jwid, waduh gak tau juga ya, saya punya semua keluaran wanaherang, baik2 aja tuh. Malah 1 buah saya pelihara 17 th.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by kompresorz »

w205 punya saya bunyi dr dasbord prak2 udah komplain skrg timbul lg prok2 hore walo jalan rata..ampe kesal saya tekan2/gebuk2 tuh dasbord..dortrim kanan kiri depan krik2..

sabtu depan servis 16 ribu sekalian saya klaim..ragu dapat barang cacat..

w204 made bogor pe skrg msh senyap udah hampir 140ribu km..
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by andrijet »

kompresorz wrote:w205 punya saya bunyi dr dasbord prak2 udah komplain skrg timbul lg prok2 hore walo jalan rata..ampe kesal saya tekan2/gebuk2 tuh dasbord..dortrim kanan kiri depan krik2..

sabtu depan servis 16 ribu sekalian saya klaim..ragu dapat barang cacat..

w204 made bogor pe skrg msh senyap udah hampir 140ribu km..
Waduh mobil 1M digebuk2..
:big_childish:

F30 saya dah jalan 11.000km alhamdulillah gak rattle.
Cuma emang dashboardnya suka bunyi.
Ventilasinya buka-tutup mulu, hehehe..
Malah di parkiran kadang fannya auto on.
Bagus buat jaga suhu kabin VS suhu luar.
Logikanya material interior jadi lebih awet karena cabin gak kedap-pengap-panas-lembab kyk oven.
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by Auanz »

ada yang tau bedanya CBU THAILAND dan CKD alphard ??? ane browsing2 malahan ada yang tampang depanya beda. yang CKD chrome nya di ilangin, yang CBU Thai ada chrome di fog lampnya. intinya kl di jajarin keliatan bedanya.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by b8099ok »

Auanz wrote: Wed Nov 14, 2018 8:18 ada yang tau bedanya CBU THAILAND dan CKD alphard ??? ane browsing2 malahan ada yang tampang depanya beda. yang CKD chrome nya di ilangin, yang CBU Thai ada chrome di fog lampnya. intinya kl di jajarin keliatan bedanya.
Biasanya more chrome more power :emo-big_love:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Mobil CBU dan CKD

Post by Senargitar »

Auanz wrote: Wed Nov 14, 2018 8:18 ada yang tau bedanya CBU THAILAND dan CKD alphard ??? ane browsing2 malahan ada yang tampang depanya beda. yang CKD chrome nya di ilangin, yang CBU Thai ada chrome di fog lampnya. intinya kl di jajarin keliatan bedanya.
Setau saya, semua Alphard cbu jepang, baik yg dipasarkan di Thailand, sg, Malay maupun Indo. Paling beda di spec perintilan.