Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ada dua kolorijo di sebelah yang minta warn ya...
*le minky and le froggy*
............................
*le minky and le froggy*
............................
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jan 12, 2015 7:12
Re: RE: Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
this is just what i need, masta..!imingwahyudi wrote:Haloooww oom otogossif [emoji1]
Beberapa kasus memang AT sama or even lebih irit daripada MT counterpart nya. Tetapi, banyakan kasus diatas sebatas klaim EPA dan semacamnya. In real world, nope... Terlihat di lomba ecodriving salah satu kendaraan beberapa waktu lalu, selisihnya lumayan besar, sekitar 2kml antara MT dan CVT nya. Tetapi, banyak orang yang 'cincai yang penting gue nyaman' karena clutchless operationnya
*secara, baru aja bungkus All New M2 M/T nih.. (intended for daily driven car) hehehe.. (so, if anything or anyone... please..,don't make me regret not choosing the A/T one ), n this come with one big hope I can enjoy driving this M/T car more than i've been used to with my old Sir*on M/T cruising on "the hell kinda" road traffic in Jkt, (of course, in extra urban is of no question! )
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jan 12, 2015 7:12
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
waalaahh.. nyante ae Oom.. namanya juga forum obrolan santai.. dibales aj udah syukur bngt kita maah.. eniwei, very nice info afterall Oom, secara baru tau jg nih klo A/T tranny ternyata juga ngaruh ke umur kampas rem segala toh..?! *makin manteb dah "sticking with a stick shift"!speedfreak wrote:Hallo om otogossif..
sorry telat balasnya
yg saya maksud dengan ekonomis di sini.. hmm maaf sebelumnya karena saya sebetulnya kurang lengkap ceritanya.
jadi gini.
sebelum2nya mobil yang dipakai harian ada 2 dan ada 1 mobil yg parkir di rumah. total ada 3 mobil.
ketiganya M/T. tiap hari saya pakai mobil sendiri. istri diantar sopir pakai mobil sendiri.
mobil ketiga hanya jalan pas weekend.
sejak awal 2014, driver pribadi resign trus mau gamau istri harus nyetir sendiri.
karena jakarta makin macet, maka saya juga beralih ke kereta. otomatis ada 2 mobil harian yg M/T yg ga kepakai karena istri mintanya nyetir A/T akhirnya itu 2 mobil dijual trus diganti 1 mobil A/T.
nah ini yg saya maksud dengan ekonomis nya karena : dari awalnya tiap bulan keluar biaya bensin utk 2 mobil harian + gaji driver trus diubah total jadi hanya bensin utk 1 mobil harian dan tanpa gaji driver juga.
kalau dicompare head to head mobil merk dan spec sama namun beda transmisi M/T dan A/T tentu saja konsumsi bensin akan sedikit lebih irit yang M/T.
mengendarai A/T kalau sudah tau cara nya dan mau bersabar tidak rush memaksakan mobil utk melaju juga konsumsi bensin bisa lumayan irit.
kalau bicara biaya maintenance, tentunya A/T akan lebih besar biayanya dibanding M/T.
di mobil yg M/T saya biasanya sampai odometer 80rb km belum ganti kampas rem. masih tebel pas dicek oleh mekanik bengkel.
kemarin ini di mobil A/T pas servis 60rb km baru divonis harus ganti kampas rem depan oleh mekanik bengkel.
kalau mobil A/T sejenis di bengkel itu ada yg baru 20rb atau 30rb atau 40rb sudah diharuskan ganti kampas rem.
semoga menjawab ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3691
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
imingwahyudi wrote:Kita se kandungan?FRD63MGT wrote:Kijang... sama kalo gitu..keluarga ane juga toyota minded
Pantes kita sama sama juta megaton
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Yang ngerubah nick ane jadi FRD63MGT bener2 bosen hidup
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: RE: Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Wow m2 skyactiv m/totogossif wrote:-cut-
*secara, baru aja bungkus All New M2 M/T nih.. (intended for daily driven car) hehehe.. (so, if anything or anyone... please..,don't make me regret not choosing the A/T one ), n this come with one big hope I can enjoy driving this M/T car more than i've been used to with my old Sir*on M/T cruising on "the hell kinda" road traffic in Jkt, (of course, in extra urban is of no question! )
Review-nya donk om
Pengen nyobain skyactiv manual ga pernah ada unit td nya
Denger2 si manual nya skyactiv fun banget, short shift, kopling akurat
Cuma gas nya delay ga ya
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- SM Specialist
- Posts: 15562
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Karena di AT engine brake nya sangat minim, oom. Kalo mau awet kampas remnya ya pindahin sendiri tiap ngerem ke 3-2-L. Tapi tentunya akan sangat merepotkan.otogossif wrote:
waalaahh.. nyante ae Oom.. namanya juga forum obrolan santai.. dibales aj udah syukur bngt kita maah.. eniwei, very nice info afterall Oom, secara baru tau jg nih klo A/T tranny ternyata juga ngaruh ke umur kampas rem segala toh..?! *makin manteb dah "sticking with a stick shift"!
Di MT kalo ngerem bisa dibantu engine brake turunin gigi ke lebih rendah jadi kampas rem otomatis lebih awet.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Tue Mar 03, 2015 14:28
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Dari forum ini ayas baru tau istilah clutch delay, ngerasainnya jg di picanto nya my wife..., but so far saya ganti boil sdh 7 kali, all with manual tranny...*msh ada xenia 2011 & all new pica 2013 di garasi
Sent from my iPad using Tapatalk
Sent from my iPad using Tapatalk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: RE: Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
IMHO ya...otogossif wrote:this is just what i need, masta..!imingwahyudi wrote:Haloooww oom otogossif [emoji1]
Beberapa kasus memang AT sama or even lebih irit daripada MT counterpart nya. Tetapi, banyakan kasus diatas sebatas klaim EPA dan semacamnya. In real world, nope... Terlihat di lomba ecodriving salah satu kendaraan beberapa waktu lalu, selisihnya lumayan besar, sekitar 2kml antara MT dan CVT nya. Tetapi, banyak orang yang 'cincai yang penting gue nyaman' karena clutchless operationnya
*secara, baru aja bungkus All New M2 M/T nih.. (intended for daily driven car) hehehe.. (so, if anything or anyone... please..,don't make me regret not choosing the A/T one ), n this come with one big hope I can enjoy driving this M/T car more than i've been used to with my old Sir*on M/T cruising on "the hell kinda" road traffic in Jkt, (of course, in extra urban is of no question! )
Ga bakal ada yang namanya "regret" ngebungkus mobil MT... (ERRR... pengecualian kalau MT - MTan yak... kopling2an... yang diatur sejuta sensor - sensor Gazebo sesuai uraian - uraian para master - master di atas)
Kenapa? Kalau seseorang memang benar - benar senang yang namanya nyetir... banyak hal yang bisa diperoleh di mobil MT yang tidak tergantikan oleh AT...
Satu hal yang paling utama (CMIIW) adalah "seni mengolah RPM dan torsi" Ga tau kalau Paddleshift dan ga tau kalau mobil - mobil super sekelas "Kuda Jingkrak" dan "Banteng Ngamuk"... yang ogud maksud adalah kendaraan harian dengan harga <500 jt...
Dengan mobil MT, kendali sepenuhnya berada di tangan pengemudi... Mau nyetir mulus tanpa hetakan... bisa dan seketika kondisi lalu lintas berubah dan harus mengubah gaya mengemudi menjadi liar dan agresif... juga bisa... Mau "shifting" di RPM mana... mau "ngeloncatin" 1 bahkan 2 gear demi alasan ekonomis atau mau "turun" 1 bahkan 2 gear demi membantu pengereman semuanya bisa... tergantung keahlian si pengemudi.
Makanya dari dulu ogud selalu menyesali kenapa produsen mobil (khususnya di tanah air ga tau kalau di luar negri) selalu "menomorduakan" mobil MT dengan "pemangkasan" fitur seolah - olah secara "marketing positioning" -nya MT itu memang dibawah AT...
Belum lagi kalau unit TD itu jarang ada yang MT... seolah - olah customer "digiring" untuk membeli AT...
Btw, untuk M2 MT bagaimana kah? apakah mengalami pemangkasan fitur bila dibandingkan dengan AT-nya?
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jan 12, 2015 7:12
Re: RE: Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
naah ini dia Oom.. secara ga ada unit TD yg M/T,makanya ogud rada gambling jg seh ambil yg M/T,tp dr test drive yg A/T aja berasa udah puas dg tarikan bawahnya, yaa kyaknya sih bakalan lebih seru deh utk yg versi M/Tnya.. dah gtu yg warna Red Soul tersisa tinggal satu2nya.. soo,ga pake mikir panjang deh ane bungkus aja nih sweet baby M2KodokPushUp wrote: Wow m2 skyactiv m/t
Review-nya donk om
Pengen nyobain skyactiv manual ga pernah ada unit td nya
Denger2 si manual nya skyactiv fun banget, short shift, kopling akurat
Cuma gas nya delay ga ya
ntar ane usahain wat bikin reviu nya deh.. tp msh agak lama ya Oom.. coz lg proses SPKnya neh.. unit diambil/dianternya plg msh semingguan lg..
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Haha oke om, ga sabar nunggu review nya nih.
Selamat ya mobil barunya.
Selamat ya mobil barunya.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: RE: Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
cakeeeppp om otogossif, looking forward for your review , secara MT Mazda lumayan tenar secara positif di luarBetty wrote:IMHO ya...otogossif wrote:this is just what i need, masta..!imingwahyudi wrote:Haloooww oom otogossif [emoji1]
Beberapa kasus memang AT sama or even lebih irit daripada MT counterpart nya. Tetapi, banyakan kasus diatas sebatas klaim EPA dan semacamnya. In real world, nope... Terlihat di lomba ecodriving salah satu kendaraan beberapa waktu lalu, selisihnya lumayan besar, sekitar 2kml antara MT dan CVT nya. Tetapi, banyak orang yang 'cincai yang penting gue nyaman' karena clutchless operationnya
*secara, baru aja bungkus All New M2 M/T nih.. (intended for daily driven car) hehehe.. (so, if anything or anyone... please..,don't make me regret not choosing the A/T one ), n this come with one big hope I can enjoy driving this M/T car more than i've been used to with my old Sir*on M/T cruising on "the hell kinda" road traffic in Jkt, (of course, in extra urban is of no question! )
Ga bakal ada yang namanya "regret" ngebungkus mobil MT... (ERRR... pengecualian kalau MT - MTan yak... kopling2an... yang diatur sejuta sensor - sensor Gazebo sesuai uraian - uraian para master - master di atas)
Kenapa? Kalau seseorang memang benar - benar senang yang namanya nyetir... banyak hal yang bisa diperoleh di mobil MT yang tidak tergantikan oleh AT...
Satu hal yang paling utama (CMIIW) adalah "seni mengolah RPM dan torsi" Ga tau kalau Paddleshift dan ga tau kalau mobil - mobil super sekelas "Kuda Jingkrak" dan "Banteng Ngamuk"... yang ogud maksud adalah kendaraan harian dengan harga <500 jt...
Dengan mobil MT, kendali sepenuhnya berada di tangan pengemudi... Mau nyetir mulus tanpa hetakan... bisa dan seketika kondisi lalu lintas berubah dan harus mengubah gaya mengemudi menjadi liar dan agresif... juga bisa... Mau "shifting" di RPM mana... mau "ngeloncatin" 1 bahkan 2 gear demi alasan ekonomis atau mau "turun" 1 bahkan 2 gear demi membantu pengereman semuanya bisa... tergantung keahlian si pengemudi.
Makanya dari dulu ogud selalu menyesali kenapa produsen mobil (khususnya di tanah air ga tau kalau di luar negri) selalu "menomorduakan" mobil MT dengan "pemangkasan" fitur seolah - olah secara "marketing positioning" -nya MT itu memang dibawah AT...
Belum lagi kalau unit TD itu jarang ada yang MT... seolah - olah customer "digiring" untuk membeli AT...
Btw, untuk M2 MT bagaimana kah? apakah mengalami pemangkasan fitur bila dibandingkan dengan AT-nya?
Evangelist of MT has arrived
Setahu saya sama saja oom Betty, terkecuali di trim Grand Touring yang solely in AT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
udah gw ban si madcat015 sama t0mc4tmadcat015 wrote:Ada dua kolorijo di sebelah yang minta warn ya...
*le minky and le froggy*
............................
sandal si hunky sixpack wrote:acmky_07:imingwahyudi si bodi ideal wrote:Kita se kandungan?FRD_7K_3YUTAMEGATON wrote:Kijang... sama kalo gitu..keluarga ane juga toyota minded
Pantes kita sama sama juta megaton
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Mingkiiiiiiiii
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26915
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
kl di ane ga berlaku mods..
mobil2 ane yg MT tiap 50an rebu km jg pasti ud ane ganti kampas nya... krn pasti ud mepet ke besi indikator nya... ga beda ama GE8 matic ane... entah knapa bsa gt..
mobil2 ane yg MT tiap 50an rebu km jg pasti ud ane ganti kampas nya... krn pasti ud mepet ke besi indikator nya... ga beda ama GE8 matic ane... entah knapa bsa gt..
ChZ wrote:Karena di AT engine brake nya sangat minim, oom. Kalo mau awet kampas remnya ya pindahin sendiri tiap ngerem ke 3-2-L. Tapi tentunya akan sangat merepotkan.otogossif wrote:
waalaahh.. nyante ae Oom.. namanya juga forum obrolan santai.. dibales aj udah syukur bngt kita maah.. eniwei, very nice info afterall Oom, secara baru tau jg nih klo A/T tranny ternyata juga ngaruh ke umur kampas rem segala toh..?! *makin manteb dah "sticking with a stick shift"!
Di MT kalo ngerem bisa dibantu engine brake turunin gigi ke lebih rendah jadi kampas rem otomatis lebih awet.
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 328
- Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18
Re: RE: Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
MT-MT an itu seperti apa ya? apa yang seperti ini?Betty wrote: Ga bakal ada yang namanya "regret" ngebungkus mobil MT... (ERRR... pengecualian kalau MT - MTan yak... kopling2an... yang diatur sejuta sensor - sensor Gazebo sesuai uraian - uraian para master - master di atas)
Kenapa? Kalau seseorang memang benar - benar senang yang namanya nyetir... banyak hal yang bisa diperoleh di mobil MT yang tidak tergantikan oleh AT...
Satu hal yang paling utama (CMIIW) adalah "seni mengolah RPM dan torsi" Ga tau kalau Paddleshift dan ga tau kalau mobil - mobil super sekelas "Kuda Jingkrak" dan "Banteng Ngamuk"... yang ogud maksud adalah kendaraan harian dengan harga <500 jt...
saya menikmati perkembangan kultur dari MT ke AT, dengan pergeseran kultur di daerah perkotaan, saya berharap semakin banyak bengkel-bengkel matik non beres yang qualified.
kalau di daerah sih MT masih banyak jadi gak perlu khawatir juga.. paradigma mobil matik yang dulu disebut eksklusif juga udah mulai bergeser menjadi kebutuhan..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Teknologi AT sekarang ini sudah sedemikan canggihnya hingga semua 'kelebihan' di MT sudah include di AT.
Mau nyalip di tanjakan udah ngga minder lagi, biarpun cc mesin cuman 1.5k.
Mau lari duluan pas lampu ijo juga bisa.
Mau irit juga bisa.
Dan tentu saja kelebihan di AT yg ngga ada di MT: ritual rem-ngopling-rem tangan-ngopling-injek gas-dsb. pas berhenti di tanjakan udah ngga ada lagi.
Eh ada lagi deng kelebihan AT: kita bisa nyetir sambil ngupil (pasti pernah ngupil sambil nyetir kaaan??) tanpa harus ribet mikirin pindah gigi segala macem.
Soal rem, Yaris AT saya udah berumur 5 thn dgn odo 90ribuan. Service terakhir ke beres cek rem 4 roda, kata mekaniknya kampas rem
masih tebel jadi blm perlu diganti.
Keliatannya anggapan pake AT boros di kampas rem cuman mitos.
Soal lifespan parts itu kembali ke gaya nyetir masing2.
So, buat saya jaman sekarang beli mobil MT padahal sanggup beli yg AT (umumnya kan AT lebih mahal) hampir sama dengan beli mesin tik padahal sanggup beli PC.
Itu buat saya ya, jadi buat yg lain no offense ya
Mau nyalip di tanjakan udah ngga minder lagi, biarpun cc mesin cuman 1.5k.
Mau lari duluan pas lampu ijo juga bisa.
Mau irit juga bisa.
Dan tentu saja kelebihan di AT yg ngga ada di MT: ritual rem-ngopling-rem tangan-ngopling-injek gas-dsb. pas berhenti di tanjakan udah ngga ada lagi.
Eh ada lagi deng kelebihan AT: kita bisa nyetir sambil ngupil (pasti pernah ngupil sambil nyetir kaaan??) tanpa harus ribet mikirin pindah gigi segala macem.
Soal rem, Yaris AT saya udah berumur 5 thn dgn odo 90ribuan. Service terakhir ke beres cek rem 4 roda, kata mekaniknya kampas rem
masih tebel jadi blm perlu diganti.
Keliatannya anggapan pake AT boros di kampas rem cuman mitos.
Soal lifespan parts itu kembali ke gaya nyetir masing2.
So, buat saya jaman sekarang beli mobil MT padahal sanggup beli yg AT (umumnya kan AT lebih mahal) hampir sama dengan beli mesin tik padahal sanggup beli PC.
Itu buat saya ya, jadi buat yg lain no offense ya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 328
- Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
setuju banget... soal ngupil jaman dulu bawa mt aja sering nyetir ambil makan,sekarang bawa at berasa lebih nikmat lagi...dogar wrote: Dan tentu saja kelebihan di AT yg ngga ada di MT: ritual rem-ngopling-rem tangan-ngopling-injek gas-dsb. pas berhenti di tanjakan udah ngga ada lagi.
Eh ada lagi deng kelebihan AT: kita bisa nyetir sambil ngupil (pasti pernah ngupil sambil nyetir kaaan??) tanpa harus ribet mikirin pindah gigi segala macem.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: RE: Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
g1ng2 wrote: MT-MT an itu seperti apa ya? apa yang seperti ini?
saya menikmati perkembangan kultur dari MT ke AT, dengan pergeseran kultur di daerah perkotaan, saya berharap semakin banyak bengkel-bengkel matik non beres yang qualified.
kalau di daerah sih MT masih banyak jadi gak perlu khawatir juga.. paradigma mobil matik yang dulu disebut eksklusif juga udah mulai bergeser menjadi kebutuhan..
undoubtly AT sangat berguna bagi masyarakat yang bertempat tinggal di pinggiran kota tapi pusat aktifitasnya berada di tengah kota, dan sebaliknya. Terlebih untuk jenis traffic jam yang lebih banyak merayap nya daripada diam, saya rasa disanalah peran terbesar AT dalam hal kenyamanan berkendara. Daya serap daerah non ibukota dibilang rendah {mungkin} karena infrastruktur yang belum qualified, atau daya beli/stigma masyarakat yang belum berani beli kendaraan AT canggih yang {pastinya} diluar harga beli mobil pada umumnya {hello, Kijang?}, sehingga goodness dari modern ATs macem auto blipping dan PDK DSG etc masih belom sempat mereka rasakan... CMIIW
ngupiiiillllldogar wrote:Teknologi AT sekarang ini sudah sedemikan canggihnya hingga semua 'kelebihan' di MT sudah include di AT.
Mau nyalip di tanjakan udah ngga minder lagi, biarpun cc mesin cuman 1.5k.
Mau lari duluan pas lampu ijo juga bisa.
Mau irit juga bisa.
Dan tentu saja kelebihan di AT yg ngga ada di MT: ritual rem-ngopling-rem tangan-ngopling-injek gas-dsb. pas berhenti di tanjakan udah ngga ada lagi.
Eh ada lagi deng kelebihan AT: kita bisa nyetir sambil ngupil (pasti pernah ngupil sambil nyetir kaaan??) tanpa harus ribet mikirin pindah gigi segala macem.
Soal rem, Yaris AT saya udah berumur 5 thn dgn odo 90ribuan. Service terakhir ke beres cek rem 4 roda, kata mekaniknya kampas rem
masih tebel jadi blm perlu diganti.
Keliatannya anggapan pake AT boros di kampas rem cuman mitos.
Soal lifespan parts itu kembali ke gaya nyetir masing2.
So, buat saya jaman sekarang beli mobil MT padahal sanggup beli yg AT (umumnya kan AT lebih mahal) hampir sama dengan beli mesin tik padahal sanggup beli PC.
Itu buat saya ya, jadi buat yg lain no offense ya
AT sekarang udah canggih bener, dan terus terang saya suka banget sama CVT..halus, power delivery nya smooth sekali, dan bisa sangat hening di kecepatan jelajah tol. Kampas rem pun sebetulnya faktor kebiasaan {panteng D terus pas macet siapa hayooo }, tetapi untuk multitasking di AT saya ga dapat faedahnya, {mungkin} karena dibiasakan dari awal saya belajar menyetir untuk fokus full di jalan, saat melancarkan setir mobil {dulu lancarkan terus di AT} sampai kesempatan bawa kemudi mobil AT lainnya, saya tidak bisa ngupil, makan, bbman, dan sejenisnya saat menyetir . Begitupun saat creeping di kemacetan, paling susah yang namanya buka kunci ponsel untuk sekedar cek pesan singkat/menelepon. Pasti saya lempar ke penghuni bangku depan sebelah untuk membacakan/meneleponkan. Kalo sendirian? #gwmahemanggituorangnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3691
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ane skrg lebih suka dua2nya sih.
Tapi pingin wet DCT
Tapi pingin wet DCT
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
sandal wrote:Ane skrg lebih suka dua2nya sih.
Tapi pingin wet DCT
THERE IS NO SUBSTITUTE TO CVT
VORSPRUNG DURCH CVT
DAS CVT
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ah peresan tebu ah... Ah loyo ah tenaganya... Ah kurang ah sensasinya... Ah ah ah....imingwahyudi wrote:sandal wrote:Ane skrg lebih suka dua2nya sih.
Tapi pingin wet DCT
THERE IS NO SUBSTITUTE TO CVT
VORSPRUNG DURCH CVT
DAS CVT
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
CVT di honda city setiran sehari2 ane menghemat pengeluaran buat bensin & damai banget, FC jd super irit, karakter tenang, RPM rendah biarpun lack of fun factor......
*asal ga kumat rusak lagi geter2 aja*
*asal ga kumat rusak lagi geter2 aja*
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
ricz wrote:Ah peresan tebu ah... Ah loyo ah tenaganya... Ah kurang ah sensasinya... Ah ah ah....imingwahyudi wrote:sandal& wrote:Ane skrg lebih suka dua2nya sih.
Tapi pingin wet DCT
THERE IS NO SUBSTITUTE TO CVT
VORSPRUNG DURCH CVT
DAS CVT
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
Desahannya, raungannya, sensasinyaaa....
CVT!!!!!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
amfibi wrote:CVT di honda city setiran sehari2 ane menghemat pengeluaran buat bensin & damai banget, FC jd super irit, karakter tenang, RPM rendah biarpun lack of fun factor......
*asal ga kumat rusak lagi geter2 aja*
coba kalo serutan kentang saya DCT 12 speed
BERAT, BOROS PERAWATAN, NDUT NDUTAN PAS MACET
SH1....CVT LHAAARRRRR