Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by Felixz_Yaris »

ahayyy trit ogut bgt
imho duluu wktu pertama belajar protes lha metik aja laaa
akirnya jg manual xenia jadoel manual
dan berlanjut pas bokap beli yaris manual juga

dr ngerasain mati rasa ngopling
macet ditanjakan deg degannya
dan masin mati waktu lupa ngopling
ampe geber2 subuh di bypass

manual iz fun shift up down nya ngangenin
kopling n pindahin gigi itu lah seni nya manual
metik mah ga bakal ngerasain gmn mati mesin, gimana capeknya ngopling, sensasinya shift dgn kopling
*hanya user mobil 200 jtan manual
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by amfibi »

ricz wrote:Saya punya 1 mobil manual dan 1 mobil matic... Syukurlah dgn umur saya yg masi piyik ini (masi kelas 2 SMA) sudah lancar jaya sekali bawa manual no stall (bahkan byk tmn gw ato bahkan org yg lebi tua dr gw gak bs bawa manual :mky_03:)

Sensasi bawa manual itu enak, tinggal gantung kopling udah bs bikin spin ban tanpa bikin gearbox jebol kek di transmisi otomatis..

Yg gw sangat sayangkan byk sportcar yg menyunat opsi transmisi manual di lineup mereka... :big_slap:
Hmmm sama nih di sekitar ane juga, banyaaaak banget yg ga bisa bawa manual/sok sok an bisa bawa manual... Justru yang cewe2 kebalik, ga bisa bawa matic & ga ma matic :big_slap:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by ricz »

Ada juga tmn gw cuma pernah sekali bawa manual (daily bawa AT, jd bisa diblg gak trll lancar bawa manual) pas bawa mbl gw, langsung lancar gak pake acara stall :big_biglaugh:

Malah langsung dibawanya dgn sembalap :big_biglaugh:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by ChZ »

nyotnyet wrote:
Mau nglancarin manual? Kapan2 kusem takbawain brio ya..lancarin sampe puas..hahaha..
Tenan yooo.... wakakakakakak
KodokPushUp wrote:Brio masih terlalu gampang buat cris keknya.
Disuruh nyobain brenti di tanjakan GM pake ekosemprot manual deh :mky_03:

Iya kalo throttle delay nya si diakalin gampang, cuma masi ragu2 buat masang, kira2 itu bakalan kebaca di history ecu ga ya?
Takutnya jadi alesan beres ford buat ngehilangin garansi, walaupun pas service dicopot.

Nah masalahnya ini mobil ga kerasa mechanical feedback dari setir, kopling, rem, gerakan ban. Mobil hampir ga kuat nanjak aja ga terasa kok, tau2 rpm nge drop mesin hampir mati. :frm_bang_head:
Kayaknya paling gampang tuker mobilnya. Bisa digampar ortu mobil belum setaon minta ganti. :big_slap:

@ricz coba deh gantung kopling di ekosemprot :mky_03:

@om Turboman, itu fortuner nya bisa stay di rpm tinggi tanpa upshift, gara2 transmission reprograming kit atau oprek ecu?
*geregetan ngeliat gerobak ane 2k rpm ud upshift
Nah perfect, minggu depan kita ada agenda TD lagi, ane jemput ente kita brangkat pake ekosemprot manual, ke rumah djoeragan hape pakai Brio Sotoy. :ngacir:

Kalau dari ECU nya sendiri gak akan ada yang abnormal, tapi kalau ngomong kabel kabelnya, nah itu bisa jadi masalah lain. Makanya kalau BeRes nya masih Ford atau Nissan rasanya mending jangan diapa-apain kalo gak mau hangus garansi. Mereka mah istilahnya satu baut doang lu ganti diluar BeRes aja hangus :big_slap:

kalo Boyota mah mau udah dioprek sampe 300hp juga masih berlaku garansi :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by sandal »

ChZ wrote:
nyotnyet wrote:
Mau nglancarin manual? Kapan2 kusem takbawain brio ya..lancarin sampe puas..hahaha..
Tenan yooo.... wakakakakakak
Hayuk ane ikutan juga wkwkwkwkwkwk :ngacir:
ChZ wrote:
KodokPushUp wrote:Brio masih terlalu gampang buat cris keknya.
Disuruh nyobain brenti di tanjakan GM pake ekosemprot manual deh :mky_03:

Iya kalo throttle delay nya si diakalin gampang, cuma masi ragu2 buat masang, kira2 itu bakalan kebaca di history ecu ga ya?
Takutnya jadi alesan beres ford buat ngehilangin garansi, walaupun pas service dicopot.

Nah masalahnya ini mobil ga kerasa mechanical feedback dari setir, kopling, rem, gerakan ban. Mobil hampir ga kuat nanjak aja ga terasa kok, tau2 rpm nge drop mesin hampir mati. :frm_bang_head:
Kayaknya paling gampang tuker mobilnya. Bisa digampar ortu mobil belum setaon minta ganti. :big_slap:

@ricz coba deh gantung kopling di ekosemprot :mky_03:

@om Turboman, itu fortuner nya bisa stay di rpm tinggi tanpa upshift, gara2 transmission reprograming kit atau oprek ecu?
*geregetan ngeliat gerobak ane 2k rpm ud upshift
Nah perfect, minggu depan kita ada agenda TD lagi, ane jemput ente kita brangkat pake ekosemprot manual, ke rumah djoeragan hape pakai Brio Sotoy. :ngacir:

Kalau dari ECU nya sendiri gak akan ada yang abnormal, tapi kalau ngomong kabel kabelnya, nah itu bisa jadi masalah lain. Makanya kalau BeRes nya masih Ford atau Nissan rasanya mending jangan diapa-apain kalo gak mau hangus garansi. Mereka mah istilahnya satu baut doang lu ganti diluar BeRes aja hangus :big_slap:

kalo Boyota mah mau udah dioprek sampe 300hp juga masih berlaku garansi :ngacir:
Ecosemprot manual? :big_think:
Kapan2 bawa ya bro, ane pingin coba :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by aerotourersora »

lah ecosport manual lebih serem daripada yang metik :big_chicken: di bandung sini ga bisa gantung/setengah kopling mati aja, terus percuma juga ada hill start yang nahan selama 3 detik kalo delay gasnya 5 detik :mky_03:



btw kemarin juga hampir injak footbrake freed :mrgreen: gara2 udah 2 bulan harian bawa avanza terus :big_childish: untung tuas tranny yang jauh dari jangkauan ngingetin ini bukan manual :mky_01:
continuously-variable
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by DOHC »

tp skrg jg ud banyak yg cowo2 ga bsa bawa manual dan ogah blajar manual jg mods... temen kuliah ane dl aj ad 2 org kya gini... sampe ari ini bengong kl dsuru nyetir manual, sekedar maju mundur in mobil aj binggung kl...
amfibi wrote:
ricz wrote:Saya punya 1 mobil manual dan 1 mobil matic... Syukurlah dgn umur saya yg masi piyik ini (masi kelas 2 SMA) sudah lancar jaya sekali bawa manual no stall (bahkan byk tmn gw ato bahkan org yg lebi tua dr gw gak bs bawa manual :mky_03:)

Sensasi bawa manual itu enak, tinggal gantung kopling udah bs bikin spin ban tanpa bikin gearbox jebol kek di transmisi otomatis..

Yg gw sangat sayangkan byk sportcar yg menyunat opsi transmisi manual di lineup mereka... :big_slap:
Hmmm sama nih di sekitar ane juga, banyaaaak banget yg ga bisa bawa manual/sok sok an bisa bawa manual... Justru yang cewe2 kebalik, ga bisa bawa matic & ga ma matic :big_slap:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by DOHC »

ChZ wrote: Nissan rasanya mending jangan diapa-apain kalo gak mau hangus garansi. Mereka mah istilahnya satu baut doang lu ganti diluar BeRes aja hangus :big_slap:

kalo Boyota mah mau udah dioprek sampe 300hp juga masih berlaku garansi :ngacir:
smua ad cara nya mods... kl dengerin ancaman dari SA mahh pasti kta nya yg buntung... makanya sbg konsumen jg mau takut, kta bli mobil ratusan juta koq, bukan beli kacang d pasar, wong beli kacang dapet yg busuk aj bole dtuker koq... mreka ngancem, kta lebi ngancem lg... emosi di kluarin kl perlu kl ud ngadepin SA ngeyel... cara ini ud ane buktikan ampuh koq...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by ZombiEE »

DOHC wrote:tp tetep lebi ahoyyy nyetir manual mods... apalagi kl lg "semi ngebut"... ntuh ngopling cepet dgn quick shifting.. apalagi kl throttle respon nya minim lag... bener2 sensasi man maximum machine minimum mods... dl ane perna coba2 make cityZ... enak bener tuh, narik ampe deket redline, kopling di blip sambil up shift, pedal gas di maenin... dan mesin berespon dgn memberikan sensasi suara ngueengg yg menggairahkan ...
Maksudnya blip kaya gimana ex mod lapchiong?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by ChZ »

DOHC wrote:tp skrg jg ud banyak yg cowo2 ga bsa bawa manual dan ogah blajar manual jg mods... temen kuliah ane dl aj ad 2 org kya gini... sampe ari ini bengong kl dsuru nyetir manual, sekedar maju mundur in mobil aj binggung kl...
ane gak bisa manual tapi selalu nyoba nyobain semua mobil teman ane yang manual :frm_bang_head: mobil orang jadi kelinci percobaan :frm_bang_head:

DOHC wrote: smua ad cara nya mods... kl dengerin ancaman dari SA mahh pasti kta nya yg buntung... makanya sbg konsumen jg mau takut, kta bli mobil ratusan juta koq, bukan beli kacang d pasar, wong beli kacang dapet yg busuk aj bole dtuker koq... mreka ngancem, kta lebi ngancem lg... emosi di kluarin kl perlu kl ud ngadepin SA ngeyel... cara ini ud ane buktikan ampuh koq...
bowakakakakaka setuju oom klep.... memang kalo urusan sama ATPM kadang kita konsumen yg harus lebih galak. kalo gak dikadalin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by DOHC »

ZombiEE wrote:
DOHC wrote:tp tetep lebi ahoyyy nyetir manual mods... apalagi kl lg "semi ngebut"... ntuh ngopling cepet dgn quick shifting.. apalagi kl throttle respon nya minim lag... bener2 sensasi man maximum machine minimum mods... dl ane perna coba2 make cityZ... enak bener tuh, narik ampe deket redline, kopling di blip sambil up shift, pedal gas di maenin... dan mesin berespon dgn memberikan sensasi suara ngueengg yg menggairahkan ...
Maksudnya blip kaya gimana ex mod lapchiong?
Maksudnya gini supreme mods jemb... klo yutub2 kan ad video balap atau lg rally gt.. nah driver nya tuh ngopling dan shifting nya cepet bgt kaya cman d pijak sekilas doank jemb... gt lohh mxd nya

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by KodokPushUp »

ChZ wrote:Nah perfect, minggu depan kita ada agenda TD lagi, ane jemput ente kita brangkat pake ekosemprot manual, ke rumah djoeragan hape pakai Brio Sotoy. :ngacir:

Kalau dari ECU nya sendiri gak akan ada yang abnormal, tapi kalau ngomong kabel kabelnya, nah itu bisa jadi masalah lain. Makanya kalau BeRes nya masih Ford atau Nissan rasanya mending jangan diapa-apain kalo gak mau hangus garansi. Mereka mah istilahnya satu baut doang lu ganti diluar BeRes aja hangus :big_slap:

kalo Boyota mah mau udah dioprek sampe 300hp juga masih berlaku garansi :ngacir:
sandal wrote:Ecosemprot manual? :big_think:
Kapan2 bawa ya bro, ane pingin coba :ngacir:
Minggu depan judulnya "ngelancarin manual" nih?
Request mobil td nya manual juga donk :ngacir:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by ChZ »

KodokPushUp wrote: Minggu depan judulnya "ngelancarin manual" nih?
Request mobil td nya manual juga donk :ngacir:
Masalahnya mobil TDnya pasti cuma ada metik, soalnya ini medium executive saloon... :ngacir:

Kayaknya harus rutin kursus manual pake mobil mobil member KuSem :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by sandal »

ChZ wrote:
KodokPushUp wrote: Minggu depan judulnya "ngelancarin manual" nih?
Request mobil td nya manual juga donk :ngacir:
Masalahnya mobil TDnya pasti cuma ada metik, soalnya ini medium executive saloon... :ngacir:

Kayaknya harus rutin kursus manual pake mobil mobil member KuSem :ngacir:
Pinjem brionya bro nyotnyet dulu aja :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by ZombiEE »

DOHC wrote:
ZombiEE wrote:
DOHC wrote:tp tetep lebi ahoyyy nyetir manual mods... apalagi kl lg "semi ngebut"... ntuh ngopling cepet dgn quick shifting.. apalagi kl throttle respon nya minim lag... bener2 sensasi man maximum machine minimum mods... dl ane perna coba2 make cityZ... enak bener tuh, narik ampe deket redline, kopling di blip sambil up shift, pedal gas di maenin... dan mesin berespon dgn memberikan sensasi suara ngueengg yg menggairahkan ...
Maksudnya blip kaya gimana ex mod lapchiong?
Maksudnya gini supreme mods jemb... klo yutub2 kan ad video balap atau lg rally gt.. nah driver nya tuh ngopling dan shifting nya cepet bgt kaya cman d pijak sekilas doank jemb... gt lohh mxd nya

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Dalam kali koh ex-mod lapchiong...ane bisa gak mati mesin saja uda sukur sukuuurrrr....jangan kan model reli
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by KodokPushUp »

Power shift ya?
Mindahin ke netral tanpa kopling, pas masuk gigi lagi injek kopling kan
Mengurangi waktu loss tenaga

@om DOHC
pernah cobain upshift tanpa injek kopling blom om?
mau coba2 ga berani, boro2 mau revmatching, yg kontrol throttle aja komputer, bukan sopir
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by imingwahyudi »

amfibi wrote:Sebetulnya itu faktor kebiasaan sih, dr pengalaman ane kalo dari stickshift trus ke matic pasti kangen banget rasanya ama manual setelah beberapa hari... Tapi kalo udh lama ga ketemu manual ya jadi lama2 lupa wkwk :mky_03:

Enaknya sih tetep mobil weekend an manual punya, harian sih wajib otomatis :mky_02:
:mky_03: kombinasi maudh...selamat di kemacetan, fun pun dapet di jalan kosong :mky_03:
ChZ wrote:Lah bukannya ente tiap hari pakai CVT, ming? :ngacir:

And ye said CVT iz good... :ngacir:
Psssshhhhtttt :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Ga jadi ngomong good...full throttle cuma 50 :ngacir:
DOHC wrote:ahhh ternyata ane ad temen... mods piyiks iming chatime..

sesama pecinta 3 pedals... mungkin karena dari jaman belajar nyetir, kuliah ampe skrg kerja kebanyakan dapet nya mobil manual, jd nya kl pake matic berasa ad yg hambar... padahal d rumah jg ad mobil matic, tp itu mobil paling amat sangat jarang ane pake... unless, bener2 ga ad kendaraan baru ane pake tuh mobil...

apalagi ane kl nyetir manual ad kebiasaan denger enjin note (go hell wit ecodriving, hehehe..).. mau mobil apapun itu, diesel bensin... jadi nya sensasi ini cuman bsa diberikan oleh tranny manual... dan kl lg tol agak lenggang, enak banget tarik rpm ampe 4000an, trus cepet ganti gigi sambil pedal kopling di blip doank... bener2 bkin nagih...

Saya malah kebalik oom DOHC :mky_07: , pertama di tahun 2000an berhasil launch mobil(ga ngomong setir karena cuma maju cantik doang :big_dunno: ) manual tanpa stall di first attempt... it was Kijang Super punya temen nyokap :mky_01: tetapi ngelancarin sampe 2010 an full di transmisi otomatis(walaupun sebetulnya ga pernah bisa diemin lever di posisi D, pasti macem sequential mulu :mky_01: ). Begitu nyokap kasih kendaraan pribadi, langsung kasih manual balik :big_think: ...(untungnya) juga modal kurleb setengah jaman di jalanan sisi rumah mumpung kosong, lancar lagi :big_grin:

Sense of control nya yang bikin susah berpaling, apalagi kalo mobil yang dipake masih bener bener analog... :big_love:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by imingwahyudi »

walid_007 wrote:sekali lagi, enak duduk di tengah bisa tidur nyaman enak ngak capek ngak pegelngak pusing

tinggal tidur aja

pake alphard enak. teana juga enak tapi ngak ada mainan kayak di alphard.

kalo suka setir sendiri memang harus cari hatchback halus seperti golf .. lebih senang lagi pake mobil 2 pintu yg pasti orientasi buat drive..

sayang setir mobil itu2 capek lihatin jalan
nanti mungkin kalo saya sudah berkeluarga, ini bakalan kejadian :big_grin:

FRD wrote:Ane tiap hari bawa manual :mky_03: gimana ga tiap hari, wong dari semua mobil yg ada di garasi cuma 1 yg matic dan dipake harian sama mama :big_slap:

Manual itu menurut ane buat menggila di jalan, ganti gigi pas redline (kebiasaan saya) :mky_03:
Sedangkan matic buat eco driving yaa tapi ga semua sih, buktinya saya bawa scirocco juga tetep sampe redline baru ganti gear pake paddleshift :big_biglaugh: untuk harian, saya prefer manual di kota saya soalnya belum terlalu ramai jadi pake mobil MT masih nyaman :upss:

Ohiya sensasi ganti gear pake mbl manual itu gak bisa dilupakan, apalagi disamakan sama [cencored] err paddleshift di balik setir maupun tuas tiptronik :ungg:

Just IMHO :mrgreen:
Hush demen ngebut ya kamu :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

ati ati redlining pake CVT...ka boom ntar #eh :big_peace:

Sensasinya itu yang ga boong, antara puas luar biasa, atau capek luar biasa kaya habis kelas RPM 3 kali berturut turut :big_slap:

KodokPushUp wrote:Masalahnya manual transmission di mobil entry level jaman sekarang udah ga terasa manual lagi.
No mechanical feedback at all. Berasa nyetir video game di timezone. Yang menurut ane bakal SANGAT BERBAHAYA
Seperti yg ane alamin di ecosemprot. Buat nonik shopping mungkin masih oke, tapi definitely not car to be driven.

Uphill start without handbrake : absolutely not possible, lah throttle delay nya aja setaon, mesin keburu mati itu lagi throttle nya ngerespon

Smooth acceleration : susah, masa nginjek gas nya harus berpikir beberapa detik ke depan

During hard acceleration : rev until red line, injek kopling, lepas gas, pindah gigi, lepas kopling bareng injek gas (revmatching), dan... ckiiitttt....rpm belum drop, masih stay di deket2 red line :frm_bang_head:

During panic braking : ada kalanya kita ngerem setelah akselerasi, karena ada hal darurat di depan, nah ane kebiasaan rem tanpa injek kopling, nunggu rpm aman buat downshift baru injek kopling, nah disini, gara2 throttle delay, itu mobil masih akselerasi waktu ngerem. Kebayang bahayanya?

Shifting and revmatching : coba berkali2, dan ga pernah berhasil di mobil yang satu ini, lah pedal gas sama koplingnya ga ada feel gitu.

Sampe sekarang ane ga berani nyetir luar kota pake ecosport, kebayang kalo lagi situasi darurat, mobil ga bisa dikendalikan. Feedback ga ada = bunuh diri. Ane ga hiperbola. Jalan luar kota di Indonesia, dengan bus yang sering makan jalan, terkadang memaksa kita nurunin ban sisi kiri ke bahu jalan. Kalo posisi ga pas, kadang bikin mobil narik ke satu sisi (entah bagian depan atau bokong). Tanpa respon yang pas dari pengemudi, mobil bakal spin dan terjadi tabrakan. Gimana mau respon yang pas, kalo pengemudi tidak mengetahui apa yang sedang terjadi pada mobil, dan kontrol pengemudi dibatasi? Ane beberapa kali mengalami, dan pernah baca berita di koran yang mobil kehilangan kendali dan spin gara2 penyebab sama, menyebabkan beberapa orang meninggal.
Gilak :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

DBW nya Yaris aja sudah bikin saya semaput :big_slap:

Yakin itu ECU bukan buat guntingan rumput? :big_think:

ChZ wrote:Heheheeh jaman sekarang udah pada DBW jadi susah kalo ngomong delay delay an, diakalin pake throttle module sih selesai yah. all for the sake of green movement jadi DBW dikembangkan biar respon pedal gas lebi linier otomatis lebih efficient.

@bro ronald : yang paling bahaya itu yang ente cerita di Ekosemprot manual gak bisa setengah kopling karena ada sensor injakan kopling atau apalah itu. Wa bayanginnya serem kalo nanjak macem di Pacet gituan :frm_bang_head:

Mobil manual yang gw rasakan paling gak kerasa cekatan ya All New Yaris MT.... Responnya telat dan gak kerasa mechanical feelnya sama sekali. Mending Jazz manual deh.

Paling enak ya RX-8 manual :ngacir: sayang udah dijual sama oknum yang bersangkutan.
Pabrikan emang "mengarahkan" konsumen untuk lari ke transmisi otomatis dengan beberapa "eco-ness faffoffs", karena apa yang saya tangkap di Internet, lebih mudah bagi para engineer untuk merancang mobil dengan transmisi otomatis sebagai sole option dibandingkan mobil yang memiliki manual counterpartnya.. CMIIW :big_weee:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by imingwahyudi »

sandal wrote:Merapat di trit favorit :mky_03:
Seneng banget nyetir manual :big_love:
Di lukot biar lebih ada feel kaki kirinya hehehe

Tp ane demennya manual di avxen :ungg:
pingin :ngacir:
:mky_02: :mky_02: :mky_02: teman seperjuangan :mky_03:


saya malah mau manualnya Ertiga...lebih pendek dan crisp si gear levernya :mky_01: :mky_01:

tapi emang koplingnya lebih linear Avanza/Xenia menurut kaki kiri saya :mky_01:

ricz wrote:Saya punya 1 mobil manual dan 1 mobil matic... Syukurlah dgn umur saya yg masi piyik ini (masi kelas 2 SMA) sudah lancar jaya sekali bawa manual no stall (bahkan byk tmn gw ato bahkan org yg lebi tua dr gw gak bs bawa manual :mky_03:)

Sensasi bawa manual itu enak, tinggal gantung kopling udah bs bikin spin ban tanpa bikin gearbox jebol kek di transmisi otomatis..

Yg gw sangat sayangkan byk sportcar yg menyunat opsi transmisi manual di lineup mereka... :big_slap:

:mky_03: bos balap segan ditektid


Mobil murah masih banyak opsi AT, sportscar malah ada yang AT only untuk premium trim :big_bored:

Turboman wrote:Racunin dikit aahhhh :big_weee:






Ini racun lebih akut :

sebelumnya kita bayangin dulu bahwa :
Image
Matic-nya sama dengan mobil yg di bawah ini :


:big_smoking:


Balik ratjunin ah :mky_03: :mky_03: :mky_03:





Innova pake A/T Supra...Navara pake G37/370Z punya...macam apa ini pula :big_slap:

:ngacir:

KodokPushUp wrote:Brio masih terlalu gampang buat cris keknya.
Disuruh nyobain brenti di tanjakan GM pake ekosemprot manual deh :mky_03:

Iya kalo throttle delay nya si diakalin gampang, cuma masi ragu2 buat masang, kira2 itu bakalan kebaca di history ecu ga ya?
Takutnya jadi alesan beres ford buat ngehilangin garansi, walaupun pas service dicopot.

Nah masalahnya ini mobil ga kerasa mechanical feedback dari setir, kopling, rem, gerakan ban. Mobil hampir ga kuat nanjak aja ga terasa kok, tau2 rpm nge drop mesin hampir mati. :frm_bang_head:
Kayaknya paling gampang tuker mobilnya. Bisa digampar ortu mobil belum setaon minta ganti. :big_slap:

@ricz coba deh gantung kopling di ekosemprot :mky_03:

@om Turboman, itu fortuner nya bisa stay di rpm tinggi tanpa upshift, gara2 transmission reprograming kit atau oprek ecu?
*geregetan ngeliat gerobak ane 2k rpm ud upshift

Kali kali EcoSport si oom Kodok ada lisensi "Special Made for Gran Turismo 7 Prototype" :big_think:


:big_slap:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by imingwahyudi »

Felixz_Yaris wrote:ahayyy trit ogut bgt
imho duluu wktu pertama belajar protes lha metik aja laaa
akirnya jg manual xenia jadoel manual
dan berlanjut pas bokap beli yaris manual juga

dr ngerasain mati rasa ngopling
macet ditanjakan deg degannya
dan masin mati waktu lupa ngopling
ampe geber2 subuh di bypass

manual iz fun shift up down nya ngangenin
kopling n pindahin gigi itu lah seni nya manual
metik mah ga bakal ngerasain gmn mati mesin, gimana capeknya ngopling, sensasinya shift dgn kopling
*hanya user mobil 200 jtan manual
Pokonya pantang menyerah selama masih jedut jedutan ya lix :mky_03:

Salute to you, learning curve di Yaris M/T lumayan terjal menurut saya :big_smoking:

amfibi wrote:
ricz wrote:Saya punya 1 mobil manual dan 1 mobil matic... Syukurlah dgn umur saya yg masi piyik ini (masi kelas 2 SMA) sudah lancar jaya sekali bawa manual no stall (bahkan byk tmn gw ato bahkan org yg lebi tua dr gw gak bs bawa manual :mky_03:)

Sensasi bawa manual itu enak, tinggal gantung kopling udah bs bikin spin ban tanpa bikin gearbox jebol kek di transmisi otomatis..

Yg gw sangat sayangkan byk sportcar yg menyunat opsi transmisi manual di lineup mereka... :big_slap:
Hmmm sama nih di sekitar ane juga, banyaaaak banget yg ga bisa bawa manual/sok sok an bisa bawa manual... Justru yang cewe2 kebalik, ga bisa bawa matic & ga ma matic :big_slap:

Suka kocak kalo lihat iseng di basement kampus, ada pacar laki nya yang (sok gagah) mindahin mobil cewenya yang M/T. Ada yang lulus, ada yang nyundul mobil depannya, ada yang maju 5 meter 10x stall :big_slap: :big_slap: :big_slap:

aerotourersora wrote:lah ecosport manual lebih serem daripada yang metik :big_chicken: di bandung sini ga bisa gantung/setengah kopling mati aja, terus percuma juga ada hill start yang nahan selama 3 detik kalo delay gasnya 5 detik :mky_03:



btw kemarin juga hampir injak footbrake freed :mrgreen: gara2 udah 2 bulan harian bawa avanza terus :big_childish: untung tuas tranny yang jauh dari jangkauan ngingetin ini bukan manual :mky_01:
Minta saya NYO-NYO R&D Ford ini :mky_03: :mky_03: :mky_03:


kalok ga chatime nya kelempar ya bro? :big_grin:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by imingwahyudi »

DOHC wrote:tp skrg jg ud banyak yg cowo2 ga bsa bawa manual dan ogah blajar manual jg mods... temen kuliah ane dl aj ad 2 org kya gini... sampe ari ini bengong kl dsuru nyetir manual, sekedar maju mundur in mobil aj binggung kl...
Tapi mobilnya jadi anti pinjem :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

KodokPushUp wrote:Power shift ya?
Mindahin ke netral tanpa kopling, pas masuk gigi lagi injek kopling kan
Mengurangi waktu loss tenaga

@om DOHC
pernah cobain upshift tanpa injek kopling blom om?
mau coba2 ga berani, boro2 mau revmatching, yg kontrol throttle aja komputer, bukan sopir
Ou itu namanya power shift tho :big_childish:

lumayan sering lepas ke netral tanpa pejek kopling, kalo lagi ga kena feel suka alot bener :big_biglaugh:
ZombiEE wrote:
Dalam kali koh ex-mod lapchiong...ane bisa gak mati mesin saja uda sukur sukuuurrrr....jangan kan model reli
Mencurigakan :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by ricz »

imingwahyudi wrote:

Suka kocak kalo lihat iseng di basement kampus, ada pacar laki nya yang (sok gagah) mindahin mobil cewenya yang M/T. Ada yang lulus, ada yang nyundul mobil depannya, ada yang maju 5 meter 10x stall :big_slap: :big_slap: :big_slap:
Beb kita putus! Aku mau pacar yang bisa manual!!!

:big_slap: :big_slap:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by sandal »

imingwahyudi wrote:
sandal wrote:Merapat di trit favorit :mky_03:
Seneng banget nyetir manual :big_love:
Di lukot biar lebih ada feel kaki kirinya hehehe

Tp ane demennya manual di avxen :ungg:
pingin :ngacir:
:mky_02: :mky_02: :mky_02: teman seperjuangan :mky_03:


saya malah mau manualnya Ertiga...lebih pendek dan crisp si gear levernya :mky_01: :mky_01:

tapi emang koplingnya lebih linear Avanza/Xenia menurut kaki kiri saya :mky_01:
:mky_03: :mky_03:
Memang manualnya ertiga enak sih dibuat quickshifting :mky_01:
Tapi ane penasaran juga nyetir avxen ini. Soalnya sensasi RWDnya yang bikin ane ingin nyetir ini hehehe..... :mky_01:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by FRD »

Ah nggak, saya ga suka ngebut kok, cuma seneng pedal-to-the-metal dan zig-zag aja :mky_03: buat saya kalo nyetir kalem itu hambar, ada yg kurang... *kecuali kalo jalan rame ya* meskipun udah pake manual sekalipun :mrgreen: Apalagi kalo mobilnya boyo setengah mampus + nyetir kalem = lengkap sudah, ga sesuai sama selera saya *IMHO* :upss:

Btw saya ga pernah redline pas pake cvt, wong pake mobilio rpm 4000an aja suara mesin udah kaya kucing minta kawin gimana kalo sampe redline :big_slap:
:big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by ChZ »

FRD wrote:Ah nggak, saya ga suka ngebut kok, cuma seneng pedal-to-the-metal dan zig-zag aja :mky_03: buat saya kalo nyetir kalem itu hambar, ada yg kurang... *kecuali kalo jalan rame ya* meskipun udah pake manual sekalipun :mrgreen: Apalagi kalo mobilnya boyo setengah mampus + nyetir kalem = lengkap sudah, ga sesuai sama selera saya *IMHO* :upss:

Btw saya ga pernah redline pas pake cvt, wong pake mobilio rpm 4000an aja suara mesin udah kaya kucing minta kawin gimana kalo sampe redline :big_slap:
Apalagi RX-8 manual, itu mobil beneran gak bisa dibawa kalem. Nubie yang cupu gak bisa manual aja selalu ketagihan buat zigzag dan revving up itu tacho sampai 9k RPM.

Karena low speed cruise di 5k di RX-8 belom kerasa apa-apa.... :mky_03: itu mobil seakan teriak minta dipecut sampai 9k.... "rev me up! rev me up!"

Sayang mobil ga jelas ini udah dijual ganti lele TRD.... :ngacir: karena green movement dan CatCon yang dilepas bikin pedih para pengendara motor di Surabaya :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7