Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by KodokPushUp »

@om/tante/transgender Betty
Err bisa dibilang agak mirip, cuma ecosport jauh lebih parah
Ane kebetulan make livina 5 tahun sebelum make ecosport
Livina delay, tapi masi acceptable, tidak separah ecosport
Kopling ecosport lebih ga berasa dari livina, cuma settingan ecu nya bikin ga gampang stall
Ga bisa gantung kolpling om
Itu sensor langsung ngedeteksi dan memutuskan kopling engaged full
Merayap di tanjakan? Jangan harap :frm_bang_head:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by Betty »

KodokPushUp wrote:@om/tante/transgender Betty
Err bisa dibilang agak mirip, cuma ecosport jauh lebih parah
Ane kebetulan make livina 5 tahun sebelum make ecosport
Livina delay, tapi masi acceptable, tidak separah ecosport
Kopling ecosport lebih ga berasa dari livina, cuma settingan ecu nya bikin ga gampang stall
Ga bisa gantung kolpling om
Itu sensor langsung ngedeteksi dan memutuskan kopling engaged full
Merayap di tanjakan? Jangan harap :frm_bang_head:
*abis baca postingan ini mendadak ilang rasa nyesel ga bungkus Ford Ecosport MT* :big_chicken:

MT tanpa kemampuan buat "gantung kopling" itu ibarat (tapi lebih parah daripada) "Kimpoi" tanpa "Enjakulasi" ... :big_slap:

Hilang Sudah seluruh "seni" dan "kenikmatan"-nya...

:glodak:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by Betty »

htannis wrote:kalau buat saya sih liat2 mobil dulu yah, buat mobil2 underpower kayak crv, cx5, avanza, yaris, jazz dan sekelasnya sih enak matic lah, kalau mau manual harus mobilnya minimal 0-100kmh dibawah 5 detik, kalau gak mana ada fun ya, bejek, quick shift, bejek lagi, mesin malah ngekkkkkkkk underpower, beteeeee :mky_01:
Errr... Ini sebelum denger cerita soal MT Ecosport ya om... Kalau mobil underpower... Lebih nyaman berlalu lintas pake MT om... Let's say GL ... MT lemot banget... (Bisa setara Bunda Theresa kesabarannya)... Nah kalau Pake CVT-nya... Wah3x bisa setara Nabi tuh kesabarannya) :big_chicken: Belom lagi pas mau stop and go, sodok2an sama angkot... *ga kebayang*

Soal pegel2an macet2an... Beda tipis... MT capek gantung kopling... AT? Capek nahan rem malahan pegelnya ga imbang (kaki kanan doang)... Kecuali pake LFBT, mendingan dikit pegelnya imbang dan lebih nyaman... (Pengalaman LFBT di innova majikan selama 2 bulan).

*cuma pendapat sopir kampung*

Kalau Innova Super 300HP ya, dak bisa comment soale belum pernah jajal... Kayanya sih nyaman yak... Wong begitu di D aja itu mobil uda ngeloyor sendiri dengan kecepatan 80kph kali yak... Jadi kalau dalkot, ga usah teken apa2, mobil jalan sendiri...

:big_smoking: :glodak:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by htannis »

Betty wrote:
htannis wrote:kalau buat saya sih liat2 mobil dulu yah, buat mobil2 underpower kayak crv, cx5, avanza, yaris, jazz dan sekelasnya sih enak matic lah, kalau mau manual harus mobilnya minimal 0-100kmh dibawah 5 detik, kalau gak mana ada fun ya, bejek, quick shift, bejek lagi, mesin malah ngekkkkkkkk underpower, beteeeee :mky_01:
Errr... Ini sebelum denger cerita soal MT Ecosport ya om... Kalau mobil underpower... Lebih nyaman berlalu lintas pake MT om... Let's say GL ... MT lemot banget... (Bisa setara Bunda Theresa kesabarannya)... Nah kalau Pake CVT-nya... Wah3x bisa setara Nabi tuh kesabarannya) :big_chicken: Belom lagi pas mau stop and go, sodok2an sama angkot... *ga kebayang*

Soal pegel2an macet2an... Beda tipis... MT capek gantung kopling... AT? Capek nahan rem malahan pegelnya ga imbang (kaki kanan doang)... Kecuali pake LFBT, mendingan dikit pegelnya imbang dan lebih nyaman... (Pengalaman LFBT di innova majikan selama 2 bulan).

*cuma pendapat sopir kampung*

Kalau Innova Super 300HP ya, dak bisa comment soale belum pernah jajal... Kayanya sih nyaman yak... Wong begitu di D aja itu mobil uda ngeloyor sendiri dengan kecepatan 80kph kali yak... Jadi kalau dalkot, ga usah teken apa2, mobil jalan sendiri...

:big_smoking: :glodak:
nah betul itu saya kadang kaki kanan pergelangannya pegel kl macet gak bs injek gas, cuman toel pake jenpol kanan, jdi ngegantung mlulu, jadi suka pake kaki kiri buat gas sama rem :ngacir:
dulu pake livina at harus sabar abis macet disalip org mlulul saling lemotnya rpm bawah automatic livina :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by Felixz_Yaris »

EKA666 wrote:Manual diesel mantep banget, lepas kopling tanpa towel gas juga udah ngangkat. Yang gak keganti di otomatis ya kalo injek setengah kopling, buat di tanjakan berhenti sebentar lumayan berguna walaupun ada efeknya juga. [emoji12]
ahh mobil std ogut manual bensin jg bs atuh kl sekedar jalan tanpa gas :mky_03:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by Betty »

htannis wrote:
Betty wrote:
htannis wrote:kalau buat saya sih liat2 mobil dulu yah, buat mobil2 underpower kayak crv, cx5, avanza, yaris, jazz dan sekelasnya sih enak matic lah, kalau mau manual harus mobilnya minimal 0-100kmh dibawah 5 detik, kalau gak mana ada fun ya, bejek, quick shift, bejek lagi, mesin malah ngekkkkkkkk underpower, beteeeee :mky_01:
Errr... Ini sebelum denger cerita soal MT Ecosport ya om... Kalau mobil underpower... Lebih nyaman berlalu lintas pake MT om... Let's say GL ... MT lemot banget... (Bisa setara Bunda Theresa kesabarannya)... Nah kalau Pake CVT-nya... Wah3x bisa setara Nabi tuh kesabarannya) :big_chicken: Belom lagi pas mau stop and go, sodok2an sama angkot... *ga kebayang*

Soal pegel2an macet2an... Beda tipis... MT capek gantung kopling... AT? Capek nahan rem malahan pegelnya ga imbang (kaki kanan doang)... Kecuali pake LFBT, mendingan dikit pegelnya imbang dan lebih nyaman... (Pengalaman LFBT di innova majikan selama 2 bulan).

*cuma pendapat sopir kampung*

Kalau Innova Super 300HP ya, dak bisa comment soale belum pernah jajal... Kayanya sih nyaman yak... Wong begitu di D aja itu mobil uda ngeloyor sendiri dengan kecepatan 80kph kali yak... Jadi kalau dalkot, ga usah teken apa2, mobil jalan sendiri...

:big_smoking: :glodak:
nah betul itu saya kadang kaki kanan pergelangannya pegel kl macet gak bs injek gas, cuman toel pake jenpol kanan, jdi ngegantung mlulu, jadi suka pake kaki kiri buat gas sama rem :ngacir:
dulu pake livina at harus sabar abis macet disalip org mlulul saling lemotnya rpm bawah automatic livina :ngacir:
Nah... Om htannis masih pake GL AT (yang ogud yakin pasti sudah di "tune" maksimal dan pasti lebih "ngibrit") itu pun sudah dibilang lemot... Belum coba yang CVT wah3x... Bisa geregetan sendiri jangan - jangan... :mky_01:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by htannis »

saya dulu pake gl xv a/t tahun 2007 jual tahun 2010, std kok cuman pake dastek doang, dijual soalnya ngelitik mlulu, meteran bensin ngaco mlulu, kabin kecil, trus mesinnya gak enak banget soalnya harus main di rpm 4000-6000 baru ada power, terutama kalau nanjak brasa bener hadeh harus taro gear di 1 :frm_bang_head:
saya malah pikir mungkin yg skrg kan katanya mesinnya udh kyk juke, trus udah cvt, lebih enak powernya :roll:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by Betty »

htannis wrote:saya dulu pake gl xv a/t tahun 2007 jual tahun 2010, std kok cuman pake dastek doang, dijual soalnya ngelitik mlulu, meteran bensin ngaco mlulu, kabin kecil, trus mesinnya gak enak banget soalnya harus main di rpm 4000-6000 baru ada power, terutama kalau nanjak brasa bener hadeh harus taro gear di 1 :frm_bang_head:
saya malah pikir mungkin yg skrg kan katanya mesinnya udh kyk juke, trus udah cvt, lebih enak powernya :roll:
Wah kalau sampe pake Dastek mah ngacir lah itu Livina... :ngacir:
Mesin baru yang "katanya" dual injector itu ternyata cuma mengutamakan ke-ekonomisan penggunaan bahan bakar dengan mengorbankan tarikannya... Plus Sistem transmisi CVT makin lengkaplah sudah... Cuma ya irit bener... CVT masih lebih irit daripada MT...

Livina MT sih oke lah... Cuma pengen cari cara aja gimana ngakalin jeda lag TBW-nya biar begitu pedal gas ditekan rpm langsung naik... di tempat om htannis bisa ngerjain kah? Btw sejenis "throtle modul" gitu yak? CMiiW...

Kalau benar, apakah itu perlu remap2 ecu? Ogud sih ga perlu nambah HP, cuma perlu hilangkan lag saja... Itu kira2 pengerjaannya rumit nggak ya? Ada efek samping? Dan pastinya apakah menghilangkan "Garansi Pabrik"? :ungg:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by htannis »

Betty wrote:
htannis wrote:saya dulu pake gl xv a/t tahun 2007 jual tahun 2010, std kok cuman pake dastek doang, dijual soalnya ngelitik mlulu, meteran bensin ngaco mlulu, kabin kecil, trus mesinnya gak enak banget soalnya harus main di rpm 4000-6000 baru ada power, terutama kalau nanjak brasa bener hadeh harus taro gear di 1 :frm_bang_head:
saya malah pikir mungkin yg skrg kan katanya mesinnya udh kyk juke, trus udah cvt, lebih enak powernya :roll:
Wah kalau sampe pake Dastek mah ngacir lah itu Livina... :ngacir:
Mesin baru yang "katanya" dual injector itu ternyata cuma mengutamakan ke-ekonomisan penggunaan bahan bakar dengan mengorbankan tarikannya... Plus Sistem transmisi CVT makin lengkaplah sudah... Cuma ya irit bener... CVT masih lebih irit daripada MT...

Livina MT sih oke lah... Cuma pengen cari cara aja gimana ngakalin jeda lag TBW-nya biar begitu pedal gas ditekan rpm langsung naik... di tempat om htannis bisa ngerjain kah? Btw sejenis "throtle modul" gitu yak? CMiiW...

Kalau benar, apakah itu perlu remap2 ecu? Ogud sih ga perlu nambah HP, cuma perlu hilangkan lag saja... Itu kira2 pengerjaannya rumit nggak ya? Ada efek samping? Dan pastinya apakah menghilangkan "Garansi Pabrik"? :ungg:
tempat saya sih gak bisa, cuman kl ada budget kira2 5 jt saya anjurin berburu dastek q bekas + throttle module, paling mahal 3 jt, trus psg + dyno paling mahal 2 juta, itu lumayan improve rpm bawahnya, bahkan bisa brasa rem "agak" blong jadinya pas awal2
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
arisgendut
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Mar 03, 2015 14:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by arisgendut »

Manual transmisi sensasinya memang tak tergantikan, 2 taun lalu ambil terios tx 2013 manual..dan barusan ganti outlander sport glx manual, salesnya heran, kok ga yg matic ambilnya? Kubilang aja duitnya kurang....whatever...manual shifting is everything...
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by Betty »

arisgendut wrote:Manual transmisi sensasinya memang tak tergantikan, 2 taun lalu ambil terios tx 2013 manual..dan barusan ganti outlander sport glx manual, salesnya heran, kok ga yg matic ambilnya? Kubilang aja duitnya kurang....whatever...manual shifting is everything...
Like this... :big_exellent:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by nescafe »

imingwahyudi wrote:Accord CM5 FL paling bersih se Indonesia itu ternyata 5MT????? :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
gak bersih2 amat oom, cuman rajin dibersihin :mky_01:

yup, manual 5 speed, pernah juga problem pada master kopling atas dan bawahnya, yaudah stuck di salah satu gear aja deh, untung masih bisa pulang :mky_01:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by imingwahyudi »

r12qiSonH4ji wrote: Iya mod Iming, DSG itu gak bisa ngasih pengalaman yg seluar biasa manual murni. Meskipun udh pake paddleshift. Gak ada sensasi ngoplingnya. Dan ane setuju sm pendapat om kodok pushup, klo manual itu kita yg megang kendali. :big_smoking:

Oia satu lg mod Iming, lebih keren pake batang perseneling di tengah dibanding pake paddleshift. Lebih macho :mky_03:

Wah, klo kampus mod Iming di Jkt, udh ane datengin dh skrg :big_blushing: :big_blushing: :big_blushing:
:mky_03: :mky_03: :mky_03: Jkt-Bandung cuma 2 jam ini om Rizki :big_grin:
htannis wrote:kalau buat saya sih liat2 mobil dulu yah, buat mobil2 underpower kayak crv, cx5, avanza, yaris, jazz dan sekelasnya sih enak matic lah, kalau mau manual harus mobilnya minimal 0-100kmh dibawah 5 detik, kalau gak mana ada fun ya, bejek, quick shift, bejek lagi, mesin malah ngekkkkkkkk underpower, beteeeee :mky_01:
:mky_03: projek avanza 500 hp coming up :big_comfort:
satria120s wrote:ikutan sharing ahh..

Nubie belajar mobil pake Matik, pertama kali dibelakang setir lancer CK4 yg konon katanya rare items..

Ngelancarin pake mobil baru batu makam, semuanya matik (biasa ngambilin unit dr pabrik yg didrop ke cabang lain, karena tmpt nubie jadi kuli ga bisa masuk truk gendong)
selalu konvoi sama temen kuli lain dengan kecepatan rendah dan sangat hati2 (mobil orang cuy)

sering juga diminta jadi sopir dadakan sama temen (mobilnya Hyundai Getz A/T)

Sampe bisa punya mobil sendiri juga pilihnya Matik (Nissan GL XV 1.5 A/T)

Beberapa waktu lalu ditodong sama tante, untuk mindahin mobilnya Rush M/T, lsg keringet dingin :mky_01: Mau nolak, tp bingung mau taro muka dimana.. Secara yg minta tolong itu org tua, besides, Lelaki masa ga bisa manual :big_childish: apa kata dunia :big_dunno:

Akhirnya berbekal pengalaman naik motor kopling, modal nekat pindahin tuh mobil manual..
ternyata secara prinsip ga beda sama motor.. dan berhasil dengan lancar pindahin itu mobil tanpa mati mesin sekalipun :mky_08: walaupun gas meraung2 ga jelas :mky_01:

Sejak saat itu udah ga takut klo disuruh bawa mobil manual, dan jadi banyak nyobain mobil manual lain macem All New Xenia, Ertiga, GL..

Dan makin kesini makin ngerasa lebih nyaman nyetir manual.. dan nubie termasuk supir yang rajin ganti gigi, beda sama supir kantor yg kyknya alergi banget sama gigi 1 (All New Xenia) start awal selalu gigi 2.
Jadi perasaan dongkol gegara matik GL yg suka bingung sendiri, ga berasa pas bawa manual..

Sekarang GL udah dilego krn bbrp waktu lalu udah pindah dari kantor lama (mobil COP & cicilannya lumayan menipiskan kantong)
bbrp waktu kedepan niat ngambil mobil2 murmer dan pastinya manual..
Ceritanya kurang lebih sama dengan pengalaman saya oom Satria..ngelancarin pakai AT, nyaman di MT :big_think:

apakah kita sekandung? :big_slap:

:ngacir:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by imingwahyudi »

winzev wrote:Ane sejak 2011 dah ga pernah bawa manual nehhh

Pas bulan lalu, waktu mobil matic yang biasa ane bawa not available, akhirnya bawa pansah manual sodara ane yang ga kepake (awalnya mau naek sepeda aja, cuman.... ada yang menawarkan mobil wakakakak). Pas dari rumah ke jalan raya, frustating banget. Maklum daerah rumah ane jalannya ga gitu gede, terus banyak motor dan mobil box mondar mandir n parkir pinggir jalan. Beneran dehhh, complain sana sini, bentar bentar turun naek gigi, injek kopling, bla bla bla. (berasa lahh nyaris 4 taun ga bawa manual).

Tapi begitu udah nyampe jalan raya (kebetulan waktu itu daerah roxy), beuwhhh. Jalannya macet. Capek benerr dehhh mau ngampus injek injek kopling. Sampe kampus ane masih males bawanya. Apalagi pas markir, gedungnya sempit, nanjaknya ngantri. Hell. Untung mesinnya ga mati :') (ane jagain koplingnya terus soalnya wakakakakka)


Cuman yahh itu. pas pulang kampus, ane masih penasaran aja. Ane bawa jalan jalan dulu deh tuh mobil sebelom ane pulangin. Waktu jalannya kosong ane libas dannnn... Ganti giginya itu lohh... Enak bangets. padahal cuman pansah manual seri lama. Tapi tetep mantep banget. Bawa captiva yang setelan 200hp aja masih enakan pansah manual (sensasi nya itu ga kegantiin. mau triptonic bejimana juga tetep aja ga ada feeling injek kopling, lempar pegangan gigi, angkat kopling, lanjut ngegas). Berasa bawa STi yang dipaksain di yutub yutub itu ane (ngimpi)


Cuman yah itu. begitu kena macet lagi. OHHH TUHANNNN KENAPA HARUS ADA KOPLING DISINI. Apalagi kalo macetnya di flyover roxy. Wahhhhh.....

Ane lagi kepikiran mau beli Golep manual sih kalo diskonnya gede tapii ehehehe. tapi kalo ngga gede yah nambah hatch yang matic lagi heheh.


:big_biglaugh: :big_biglaugh: perasaannya sama begitu mata ngeliat antrean mandek puangjaaanggg banget :big_slap:

*lumayan buat ide TA, kopling otomatis dikala macet, bisa pejek pejek dikala lancar :mky_03:

Betty wrote:
(⌣_____⌣ =-?) Hmmm ... Sepertinya karakter sistem transmisi Ecosport mirip2 sama GL yak... Kalau masalah sensor gantung kopling itu gimana? Kalau di GL sih asal agak2 "sabar" dan rajin gantung kopling sih masalah selesai... Kalau di tanjakan yang agak terjal, ogud biasanya sih tarik Hand Brake atau kalau kondisi stop and go biasanya mainin rem dan gas pake kaki kanan... (Rem di tapak kaki, gas pake tumit) so far... Aman... :mky_08:

PEnasaran sama MT nya Livina, kemarin di supermarket depan rumah heboh bener itu gerung gerungnya padahal cuma naikin ramp kecil :big_slap:

arisgendut wrote:Manual transmisi sensasinya memang tak tergantikan, 2 taun lalu ambil terios tx 2013 manual..dan barusan ganti outlander sport glx manual, salesnya heran, kok ga yg matic ambilnya? Kubilang aja duitnya kurang....whatever...manual shifting is everything...
OS M/T :big_chicken:

akhirnya ada yang tahu bagaimana nikmatnya gear lever OS itu :mky_02: :mky_02:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by imingwahyudi »

nescafe wrote:
imingwahyudi wrote:Accord CM5 FL paling bersih se Indonesia itu ternyata 5MT????? :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
gak bersih2 amat oom, cuman rajin dibersihin :mky_01:

yup, manual 5 speed, pernah juga problem pada master kopling atas dan bawahnya, yaudah stuck di salah satu gear aja deh, untung masih bisa pulang :mky_01:

berarti koplingnya hydraulic based ya oom?

Swift temen ane pernah kena entah belah mana master koplingnya, selangnya lepas...grak gruk ga bisa pindah gigi :big_slap:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by imingwahyudi »

Betty wrote:
htannis wrote:kalau buat saya sih liat2 mobil dulu yah, buat mobil2 underpower kayak crv, cx5, avanza, yaris, jazz dan sekelasnya sih enak matic lah, kalau mau manual harus mobilnya minimal 0-100kmh dibawah 5 detik, kalau gak mana ada fun ya, bejek, quick shift, bejek lagi, mesin malah ngekkkkkkkk underpower, beteeeee :mky_01:
Errr... Ini sebelum denger cerita soal MT Ecosport ya om... Kalau mobil underpower... Lebih nyaman berlalu lintas pake MT om... Let's say GL ... MT lemot banget... (Bisa setara Bunda Theresa kesabarannya)... Nah kalau Pake CVT-nya... Wah3x bisa setara Nabi tuh kesabarannya) :big_chicken: Belom lagi pas mau stop and go, sodok2an sama angkot... *ga kebayang*

Soal pegel2an macet2an... Beda tipis... MT capek gantung kopling... AT? Capek nahan rem malahan pegelnya ga imbang (kaki kanan doang)... Kecuali pake LFBT, mendingan dikit pegelnya imbang dan lebih nyaman... (Pengalaman LFBT di innova majikan selama 2 bulan).

*cuma pendapat sopir kampung*

Kalau Innova Super 300HP ya, dak bisa comment soale belum pernah jajal... Kayanya sih nyaman yak... Wong begitu di D aja itu mobil uda ngeloyor sendiri dengan kecepatan 80kph kali yak... Jadi kalau dalkot, ga usah teken apa2, mobil jalan sendiri...

:big_smoking: :glodak:

saya gagal mulu LFBT :big_slap:


udah cukup cendol satu panci tumpah di belakang dah :big_slap:
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by satria120s »

[quote="imingwahyudi]

Ceritanya kurang lebih sama dengan pengalaman saya oom Satria..ngelancarin pakai AT, nyaman di MT :big_think:

apakah kita sekandung? :big_slap:

:ngacir:[/quote]
:big_chicken:

mmg saya belom pernah ngerasain kena macet 4jam di mobil manual sih..

tapi kemaren bawa ertiga kantor, macet2an sepanjang slipi - LaMer Citraland, rasanya kaki masih bisa bertoleransi sama kopling deh..
arisgendut
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Mar 03, 2015 14:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by arisgendut »

Manual gear at OS glx mt is so natural, gas nya spontan..beda banget dengan all new picanto 2013, saya punya jg yg manual, mekanismenya drive by wire...; mungkin jd kyk ecosemprot itu ya, gas nya pake mikir dulu...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by ChZ »

arisgendut wrote:Manual gear at OS glx mt is so natural, gas nya spontan..beda banget dengan all new picanto 2013, saya punya jg yg manual, mekanismenya drive by wire...; mungkin jd kyk ecosemprot itu ya, gas nya pake mikir dulu...
Hehehe sama seperti yang ane rasakan di Picanto 2012 teman ane :frm_bang_head: menyebalkan itu mobil. Gasnya kebanyakan mikir, akibatnya waktu ane injek agak dalem lompat :frm_bang_head:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by b8099ok »

Manual + clutch delay valve = kill all the fun :big_slap:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by Betty »

imingwahyudi wrote:
Betty wrote:
(⌣_____⌣ =-?) Hmmm ... Sepertinya karakter sistem transmisi Ecosport mirip2 sama GL yak... Kalau masalah sensor gantung kopling itu gimana? Kalau di GL sih asal agak2 "sabar" dan rajin gantung kopling sih masalah selesai... Kalau di tanjakan yang agak terjal, ogud biasanya sih tarik Hand Brake atau kalau kondisi stop and go biasanya mainin rem dan gas pake kaki kanan... (Rem di tapak kaki, gas pake tumit) so far... Aman... :mky_08:

PEnasaran sama MT nya Livina, kemarin di supermarket depan rumah heboh bener itu gerung gerungnya padahal cuma naikin ramp kecil :big_slap:

Coba unit TD aja Mods... sekarang uda banyak, tinggal datang ke Dealer Nissan terdekat (Saran PIK) biar bisa puas ngehajar lobang, Paving Block sampe joging di jalan tol dan nyobain tanjakan di tol ke arah Bandara yang baru... :mky_02:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by Betty »

imingwahyudi wrote:
Betty wrote:
htannis wrote:kalau buat saya sih liat2 mobil dulu yah, buat mobil2 underpower kayak crv, cx5, avanza, yaris, jazz dan sekelasnya sih enak matic lah, kalau mau manual harus mobilnya minimal 0-100kmh dibawah 5 detik, kalau gak mana ada fun ya, bejek, quick shift, bejek lagi, mesin malah ngekkkkkkkk underpower, beteeeee :mky_01:
Errr... Ini sebelum denger cerita soal MT Ecosport ya om... Kalau mobil underpower... Lebih nyaman berlalu lintas pake MT om... Let's say GL ... MT lemot banget... (Bisa setara Bunda Theresa kesabarannya)... Nah kalau Pake CVT-nya... Wah3x bisa setara Nabi tuh kesabarannya) :big_chicken: Belom lagi pas mau stop and go, sodok2an sama angkot... *ga kebayang*

Soal pegel2an macet2an... Beda tipis... MT capek gantung kopling... AT? Capek nahan rem malahan pegelnya ga imbang (kaki kanan doang)... Kecuali pake LFBT, mendingan dikit pegelnya imbang dan lebih nyaman... (Pengalaman LFBT di innova majikan selama 2 bulan).

*cuma pendapat sopir kampung*

Kalau Innova Super 300HP ya, dak bisa comment soale belum pernah jajal... Kayanya sih nyaman yak... Wong begitu di D aja itu mobil uda ngeloyor sendiri dengan kecepatan 80kph kali yak... Jadi kalau dalkot, ga usah teken apa2, mobil jalan sendiri...

:big_smoking: :glodak:

saya gagal mulu LFBT :big_slap:


udah cukup cendol satu panci tumpah di belakang dah :big_slap:
LFBT sangat recommended... kalau... sampai kapanpun sudah ga berniat ngeliat kopling lagi... :mky_01:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by Betty »

htannis wrote:
Betty wrote:
htannis wrote:saya dulu pake gl xv a/t tahun 2007 jual tahun 2010, std kok cuman pake dastek doang, dijual soalnya ngelitik mlulu, meteran bensin ngaco mlulu, kabin kecil, trus mesinnya gak enak banget soalnya harus main di rpm 4000-6000 baru ada power, terutama kalau nanjak brasa bener hadeh harus taro gear di 1 :frm_bang_head:
saya malah pikir mungkin yg skrg kan katanya mesinnya udh kyk juke, trus udah cvt, lebih enak powernya :roll:
Wah kalau sampe pake Dastek mah ngacir lah itu Livina... :ngacir:
Mesin baru yang "katanya" dual injector itu ternyata cuma mengutamakan ke-ekonomisan penggunaan bahan bakar dengan mengorbankan tarikannya... Plus Sistem transmisi CVT makin lengkaplah sudah... Cuma ya irit bener... CVT masih lebih irit daripada MT...

Livina MT sih oke lah... Cuma pengen cari cara aja gimana ngakalin jeda lag TBW-nya biar begitu pedal gas ditekan rpm langsung naik... di tempat om htannis bisa ngerjain kah? Btw sejenis "throtle modul" gitu yak? CMiiW...

Kalau benar, apakah itu perlu remap2 ecu? Ogud sih ga perlu nambah HP, cuma perlu hilangkan lag saja... Itu kira2 pengerjaannya rumit nggak ya? Ada efek samping? Dan pastinya apakah menghilangkan "Garansi Pabrik"? :ungg:
tempat saya sih gak bisa, cuman kl ada budget kira2 5 jt saya anjurin berburu dastek q bekas + throttle module, paling mahal 3 jt, trus psg + dyno paling mahal 2 juta, itu lumayan improve rpm bawahnya, bahkan bisa brasa rem "agak" blong jadinya pas awal2
Wah master re-Enginering sudah bersabda *menjura hormat* :frm_salut:

Tapi apakah harus bekas? kalau yang baru harganya mahal sekali ya om? Sebenarnya kebutuhan ogud bukan di menambah HP sih... HP segitu mah cukuplah... soale ga berniat "lari" ke mana - mana juga om... :mky_01:

Yang lebih ogud butuhkan itu adalah menghilangkan "throttle lag" jadi pedal gas saat dibejek itu rasanya seperti menggunakan mobil jaman karburator / pake kabel... Bejek... meluncur ga pake nunggu (meski nunggunya itu cuma kurang dari 1 detik, tetap aja mengakibatkan mobil melorot saat tanjakan terjal).

Om htannis pernah dengar Throttle Body Spacer? kalau masang itu kira - kira ngefek nggak ya untuk mengurangi Lag? Cara kerjanya aslinya gimana sih? Atau cuma sugesti aja berasa kenceng gitu? :big_chicken:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
winzev
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Mar 25, 2015 7:28

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by winzev »

imingwahyudi wrote:
berarti koplingnya hydraulic based ya oom?

Swift temen ane pernah kena entah belah mana master koplingnya, selangnya lepas...grak gruk ga bisa pindah gigi :big_slap:

behhh, kalo mati udah ga bisa nyala dong tuh mobil? Wkwkwk
Kalo nyalain kondisi masuk gigi kan loncat gitu, sedangkan kalo kopling lepas ga bisa ganti gear, berarti ga bisa ke Netral/R dong?


Btw cara multi quote gimana yak?

EDIT: nambah dong, ada yang pernah pake Golf Mk7 M/T ga? Yang masuk sini M/T cuman 1.2 kan ya? Enak ga sih? Review dong review manualnya begimana disana.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Post by madcat015 »

Ahhhhh... Manual transmisshoooonnnn... :cupss:

Mengingatkan ane akan masa2 ane belajar seni menyetir dan otomotif dan errr... Sesuatu :ngacir: ... Dengan cinta pertama ane, SX8GM...

Kopling ane oprek, jadinya ringan. Pedal kopling selembut kapas, empuk dan kenyal...

Sementara short shift gb nya menyenangkan. Begitu mekanikal dengan sentakan dan bunyi mekanis yang menggairahkan... Uphill start? No problem... Iseng start dari gear 3? Bring it on... Belok di depan Graha SA Surabaya dengan bokong miring, gear 2, separuh kopling dan rem bonus enjin meraung2 puas? Yes please! Hajar rev sampe fuel cut off? Oh yes! Ga bakal ada cerita piston melenting atau gb jebol.

But, it was...

All the essence of driving, all the pure joy of blending and courtshipping with car, becoming one ride of past time.



Heck, i miss all the fun with manual tranny.
Obey the mahakitteh. :big_cat: