Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Rebellion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Thu Apr 18, 2013 4:40
Location: Bandar Lampung

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Rebellion »

imsus2c wrote:Intermezzo...

Image

Kayaknya belum ada yg bahas, apalagi pakai

Shell Pureplus ID
Shell Pureplus EN

Dedicated website: SHELL PUREPLUS --> awas Bandwidth ngiler

Konon klaimnya oli pertama yg bahan bakunya gas alam (lupa baca iklannya dimana)

Monggo ditunggu yg mau/sudah coba :mky_01:

Secara jadwal ganti oli saya masih lama dan seminggu kemarin ubek2 di sby belum nemu barangnya
kalo dari link ini (download file PDF): http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q= ... Gc&cad=rja

tingkat VI nya di level 168 (gk tau yah itu bener apa gk kan yg tulis si shellnya) berarti bisa digeber nih bro ampe 10rb km, boleh tau kisaran harganya brp? :e-think:
Jambangan wrote: Kebetulan make oli ini jg di ipah bensin 2012
Kalo pagi2 baru distart ada suara "tek2" kyk oli telat naik
Cuma tarikan msh lebih enak dari TGO 10-40
Dulu waktu msh pake terios di beres daihatsu jg dikasihnya motul multipowerplus 10-40. Sama ada bunyi "tek2" kalo baru distarter pagi2
Kalo suara mendengung kyk yg om bilang sih ga ada
Kenapa ga coba oli enceran 5-30 aja om? [emoji4]
Motul Htech 100 plus mayan enak sih ane coba di crv 2.0 & swift

Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
Sae buntut 30 ke enceran untuk rush (menurut ane ya bro), lagian ane sangat jarang geber mobil :big_childish: ane termasuk kelas eco driver soalnya :ungg: serem ngebut2 pake suv or minibus, kalo sedan kan memang cocok untuk speed maker.
Ini gak tau dah apa ane yg dapet oli palsu ato emg karakter si multi power plus begini (di dalem rush), sempet agak curiga pas buka warnanya gk terlalu bening n gak ada aroma2 wanginya sama sekali (apa memang begitu ya? ane baru ini soalnya make ini oli) .
motul htec 100 ini fully syn ya bro?? dulu di crv pake yg sae 30 or 40 bro?? harga brpaan yah kalo bole tau? :ungg:
Hari ini liat2 di bengkel liat oli ini:
Image
idemitsu extreme touring 10w40 sm/cf semi synthetic
adakah rekan2 yg sudah coba?boleh bagi reviewnya yak :big_peace:

CMIIW,IMO
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

suara tek2 di ipah pas cold start sehh most probably gara2 tuh oli kekentalan... coba ganti ke oli kepala 5W pasti lgs sembuh... dl ane di ipah gonta ganti segala merek oli 10-40 tetep aj ga sembuh tuh si tek2... ganti ke 5W lgs ilang blass
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by nugroho bagor »

DOHC wrote:suara tek2 di ipah pas cold start sehh most probably gara2 tuh oli kekentalan... coba ganti ke oli kepala 5W pasti lgs sembuh... dl ane di ipah gonta ganti segala merek oli 10-40 tetep aj ga sembuh tuh si tek2... ganti ke 5W lgs ilang blass
Well Noted Om,Thanks
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by VanzMatic »

imsus2c wrote:
Fastron Gold harga skrg berapa ya?
Dulu harganya sedikit lebih murah dibanding si motul

Pernah pakai keduanya dan butt-o-meter sih bilang enakan Fastron Gold
Halo meneer imsus, sampan kaleng ane pakai Fastron Gold, harga 140ribu seliternya.

Spek API SN, SAE 5W-30.

Sebenernya ane pakai Gold ini karena di Mi KuDies ane pakai Fastron Diesel, langsung lebih haluus lagi gitu suaranya, dan tarikan diesel jadulnya bener bener bikin ngga malu maluin di jalan. Enteng gilak. Spek fastron diesel nya API CI, SAE 15W-40.

Sebelum pakai fastron diesel, pakainya Castrol gtx diesel... bedeuh.. parah ni oli.. Cold start bunyi tek tek tek... narik lambaaan, trus rada lebih ngebul saat langsam. Padahal dosis ratjoen minjak oeroet nya udah overdosis.. setelah ganti tuh oli, wenakeee..


Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

Rebellion wrote:
Sae buntut 30 ke enceran untuk rush (menurut ane ya bro), lagian ane sangat jarang geber mobil :big_childish: ane termasuk kelas eco driver soalnya :ungg: serem ngebut2 pake suv or minibus, kalo sedan kan memang cocok untuk speed maker.
Ini gak tau dah apa ane yg dapet oli palsu ato emg karakter si multi power plus begini (di dalem rush), sempet agak curiga pas buka warnanya gk terlalu bening n gak ada aroma2 wanginya sama sekali (apa memang begitu ya? ane baru ini soalnya make ini oli) .
motul htec 100 ini fully syn ya bro?? dulu di crv pake yg sae 30 or 40 bro?? harga brpaan yah kalo bole tau? :ungg:
Hari ini liat2 di bengkel liat oli ini:
Image
idemitsu extreme touring 10w40 sm/cf semi synthetic
adakah rekan2 yg sudah coba?boleh bagi reviewnya yak :big_peace:


CMIIW,IMO
motul htech kena 150rb seliter kalo di shop n drive ama di toda om :mky_04:
kalo di FJB kaskus sih sekitar 90rb-100rb seliter cuma ongkirnya mahal :big_dunno:
tapi rush kan cuma butuh 3 liter om msh worth lah harga segitu :big_grin:
DOHC wrote:suara tek2 di ipah pas cold start sehh most probably gara2 tuh oli kekentalan... coba ganti ke oli kepala 5W pasti lgs sembuh... dl ane di ipah gonta ganti segala merek oli 10-40 tetep aj ga sembuh tuh si tek2... ganti ke 5W lgs ilang blass
buat ipah 5W-30 apa ya yg oke om? :e-think:
ipah ini kapasitas olinya banyak bgt. tekor kalo pake oli mahal2 :big_childish:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

VanzMatic wrote:
imsus2c wrote:
Fastron Gold harga skrg berapa ya?
Dulu harganya sedikit lebih murah dibanding si motul

Pernah pakai keduanya dan butt-o-meter sih bilang enakan Fastron Gold
Halo meneer imsus, sampan kaleng ane pakai Fastron Gold, harga 140ribu seliternya.

Spek API SN, SAE 5W-30.

Sebenernya ane pakai Gold ini karena di Mi KuDies ane pakai Fastron Diesel, langsung lebih haluus lagi gitu suaranya, dan tarikan diesel jadulnya bener bener bikin ngga malu maluin di jalan. Enteng gilak. Spek fastron diesel nya API CI, SAE 15W-40.

Sebelum pakai fastron diesel, pakainya Castrol gtx diesel... bedeuh.. parah ni oli.. Cold start bunyi tek tek tek... narik lambaaan, trus rada lebih ngebul saat langsam. Padahal dosis ratjoen minjak oeroet nya udah overdosis.. setelah ganti tuh oli, wenakeee..


Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
:big_exellent:

Sekarang harga fastron gold sudah segitu yah...
2 thn lalu masih 125k/L (di Sby)
Selama 3x pakai (+/-25.000km), fastron gold ini enak dan sepadan dgn harganya. Sudah saya sharingkan juga di trid ini.
Saya pakai di santi dan odi

Dulu akhirnya ganti merk lain murni karena bosen dan pengen coba yg lain :mrgreen:

Mungkin bagi bbrp orang disini memang masih ragu... Oli Pertamina gituh...kok mahal
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

Jambangan wrote: motul htech kena 150rb seliter kalo di shop n drive ama di toda om :mky_04:
kalo di FJB kaskus sih sekitar 90rb-100rb seliter cuma ongkirnya mahal :big_dunno:
tapi rush kan cuma butuh 3 liter om msh worth lah harga segitu :big_grin:
DOHC wrote:suara tek2 di ipah pas cold start sehh most probably gara2 tuh oli kekentalan... coba ganti ke oli kepala 5W pasti lgs sembuh... dl ane di ipah gonta ganti segala merek oli 10-40 tetep aj ga sembuh tuh si tek2... ganti ke 5W lgs ilang blass
buat ipah 5W-30 apa ya yg oke om? :e-think:
ipah ini kapasitas olinya banyak bgt. tekor kalo pake oli mahal2 :big_childish:

di ipah ane sehh skrg pake oli honda atau nissan atau masda aj yg 5-30... segalon di atrium kisaran 280-300 rebu... harga cuman beda dikit ama oli 10-40 branded tp beda bgt rasanya kl putaran atas ga kecekek gegara oli kentel... ntuh oli oem jg not bad koq.. kmaren2 pas buka head ngecek seal, ntuh jeroan head masi pada bersih dan baret di camlobe ga nambah parah sejak dulu trakir di buka...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

@pak Turboman,

Mana yg lebih oke antara Castrol Edge Titanium 5w-40 vs. Mobil1 0w-40?

Kalau saya baca sekilas di product data sheet, keduanya hampir mirip

Cuma 1 yg castrol ketauan kalah lumayan banyak, di Viscosity Index-nya

Viscosity Index
Castrol --> 173
M1 --> 185

Untuk TBN
Castrol --> belum nemu
M1 --> 11.8

Data Sheet Castrol Edge 5w-40
Data Sheet Mobil 1 0w-40
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by VanzMatic »

Tapi kalo cari yg full sintetis, sae nya aneh... 0W-50.. dan 170rebong bok seliternya... mosok mau beli oli kudu gadein barang dulu??
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

VanzMatic wrote:Tapi kalo cari yg full sintetis, sae nya aneh... 0W-50.. dan 170rebong bok seliternya... mosok mau beli oli kudu gadein barang dulu??
Seingat saya (dari baca datasheet dan klaim Pertamina), bahan base oil Fastron tipe ini jenisnya Poly Alpha Olefin (PAO).

Sesuai klasifikasi base oil group dari API/SAE, material ini sudah group IV.
Dari publikasi API/SAE, sebenarnya hanya oli yg base oil-nya dari group IV/V yg boleh disebut "synthetic oil"
Group IV base oil-nya PAO
Group V, semua bahan sintetis selain PAO dan mineral (biasanya ester)

Artinya Fastron Synthetic 0w-50, kalau bener klaimnya Pertamina berbahan PAO, secara teknis bisa dibilang "full synthetic oil"

ImageImage
#pic credited to google and publisher web respectively :D

Oli2 lain yg klaimnya semi-synthetic, atau synthetic technology biasanya base oil-nya masih group II/III

Di beberapa negara, oli yg ber-base oil group II/III tidak boleh menyebutkan dgn kata2 "synthetic"
Meski ada tambahan kata "semi" atau "technology" apalagi "full/100%"

Kalau ngga salah ingat dari baca2, kata2 "semi synthetic" atau "synthetic technology" ini kasus gimmick marketing dan lawsuit antara Exxon (Mobil) vs BP (castrol)
Kata2 "semi synthetic" tadi dimenangkan dan boleh dipakai utk klaim dagang. Akhirnya banyak pabrikan oli dunia menambahi klaim kata2 semi syntetic atau syntetic technology ini di produk mereka padahal jelas base oil nya II/III (alias turunan mineral oil)

Dulu sebelum pakai Fastron Gold 5w-30, saya pernah pertimbangkan pakai ini. Tapi ngga jadi mengingat buntutnya besar (w-50)

Harga segitu dapat oli dgn base oil PAO sih mestinya ok lah...:D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

imsus2c wrote:@pak Turboman,

Mana yg lebih oke antara Castrol Edge Titanium 5w-40 vs. Mobil1 0w-40?

Kalau saya baca sekilas di product data sheet, keduanya hampir mirip

Cuma 1 yg castrol ketauan kalah lumayan banyak, di Viscosity Index-nya

Viscosity Index
Castrol --> 173
M1 --> 185

Untuk TBN
Castrol --> belum nemu
M1 --> 11.8

Data Sheet Castrol Edge 5w-40
Data Sheet Mobil 1 0w-40
Nunggu advis pak Turboman lama banget :mky_01:

Akhirnya diputusin ambil M1 0w-40

Pertimbangannya ambil ini dibanding Castrol Edge Titanium 5w-40
- harga beda dikit (di sby)
- spek M1 lebih tinggi dikit (MB 229.5 --> Castrol MB229.3)
- penasaran sama M1

Sayang Castrol Edge nya lupa foto :e-doh:

ImageImage
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21989
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

M1 0W40 = salah 1 kasta tertinggi dari M1

Kalo kita lihat di BITOG bagaimana oli ini termasuk oli favorit

M1 - 0W40 juga udah sering saya ulas sejak lama, saya pernah pake sejauh 10.500 Km di D4 D

Di KIOC juga jadi oli favorit di antara pengguna D4 D (sayang skg udah susah cari yg harga super miring)
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

Sip kalau gitu, ngga salah pilih...secara lumayan juga harganya

:thanks: pak turboman
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

@imsus
Dapat di harga brp om?
Utk di mobil apa?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

Jambangan wrote:@imsus
Dapat di harga brp om?
Utk di mobil apa?
Di Surabaya, harga 210K/L entah ini termasuk mahal atau murah :e-think:
Cuma sdh saya bandingkan dgn Castrol Edge dan SHU-AB, harganya juga range segitu

Rencana buat santi, mobil jadul thn 2001 yg odo-nya sdh 232.000++km :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by montirangin »

imsus2c wrote:
Di Surabaya, harga 210K/L entah ini termasuk mahal atau murah :e-think:
Cuma sdh saya bandingkan dgn Castrol Edge dan SHU-AB, harganya juga range segitu

Rencana buat santi, mobil jadul thn 2001 yg odo-nya sdh 232.000++km :mrgreen:
Mahal juga ya om imsus2c. Santi itu perlu 4l juga ya?
User avatar
radinalakbar7
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by radinalakbar7 »

imsus2c wrote:
Jambangan wrote:@imsus
Dapat di harga brp om?
Utk di mobil apa?
Di Surabaya, harga 210K/L entah ini termasuk mahal atau murah :e-think:
Cuma sdh saya bandingkan dgn Castrol Edge dan SHU-AB, harganya juga range segitu

Rencana buat santi, mobil jadul thn 2001 yg odo-nya sdh 232.000++km :mrgreen:
Hmm.. apa ga apa2 om pake oli se encer gitu dg mobil (maaf) tahun lama atau KM udah tinggi? Pengaruhnya gimana, bagi infonya om

Sent from my Z3 using Tapatalk
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

montirangin wrote:
imsus2c wrote:
Di Surabaya, harga 210K/L entah ini termasuk mahal atau murah :e-think:
Cuma sdh saya bandingkan dgn Castrol Edge dan SHU-AB, harganya juga range segitu

Rencana buat santi, mobil jadul thn 2001 yg odo-nya sdh 232.000++km :mrgreen:
Mahal juga ya om imsus2c. Santi itu perlu 4l juga ya?
Mahal itu relatif sih :D

Kalau sama ganti filter, butuh 4.3L alias mesti beli 5L
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

radinalakbar7 wrote:
imsus2c wrote:
Jambangan wrote:@imsus
Dapat di harga brp om?
Utk di mobil apa?
Di Surabaya, harga 210K/L entah ini termasuk mahal atau murah :e-think:
Cuma sdh saya bandingkan dgn Castrol Edge dan SHU-AB, harganya juga range segitu

Rencana buat santi, mobil jadul thn 2001 yg odo-nya sdh 232.000++km :mrgreen:
Hmm.. apa ga apa2 om pake oli se encer gitu dg mobil (maaf) tahun lama atau KM udah tinggi? Pengaruhnya gimana, bagi infonya om

Sent from my Z3 using Tapatalk
Tergantung...
Kalau mobilnya beli bekas, odo sdh tinggi dan ngga tahu riwayat perawatan pemilik sebelumnya...ya ngga rekomen sih

Tapi di mobil ini saya berani saja, secara mobil ini saya rawat all in sejak awal. Selalu pakai oli bagus, setiap ganti oli selalu ganti filternya dan pakainya bensin merah.
Tidak pernah telat tune up dan check up.

Sebelum ini juga sudah pakai oli full synth-encer 5w-30 (Fastron Gold & Motul H-Tech) dengan interval 8000-9000an km.
Selama pakai, hanya sekali top up sebanyak 0.3-0.5L di setiap km 6000-7500.
Sudah pernah saya sharing info-nya di trid ini, tapi lupa parts/halaman berapa....

Pengaruhnya...?
Sangat-sangat puas dan positif
Ngga rugi selalu pakai oli bagus+bensin bagus

Awal bulan ini (Nov 2014), si Santi deep maintenance kedua. Alias turun head.
Bukan karena rusak atau ngga enak, tapi murni karena perawatan dan penasaran kayak apa jeroannya.

NO PICS=HOAX :mrgreen:

Foto2 dibawah, diambil sesaat cylinder head diturunkan, hanya dibersihkan packing head-nya saja...belum diapa-apakan.
Jadi betul2 kondisi apa adanya.
Turun cyl head sebelumnya di km 112000. Jadi yg di foto ini penampakan di km 232.000km (alias jalan 120.000an km dari turun head sebelumnya)

Cylinder Head; Tampak bersih tanpa kerak
Image

Katup (klep) masuk/katup buang; Tampak sangat-sangat bersih, padahal belum kena proses skur
Image
Image

Port masuk; Bersih mengkilap
Image

Dudukan camshaft; Bersih mengkilap TANPA GORESAN/TANDA2 aus sama sekali
Image

Camshaft dan roller rocker juga bersih mengkilat tanpa goresan/keausan, padahal sdh di km232.000. Sayang ngga ke foto
Katup adjuster (HLA) juga masih berfungsi normal dan bersih.
Sayang sdh terlanjur beli soalnya agak khawatir....mana 16 biji lagi. Ya udh diganti sekalian :e-wall:

Kondisi piston bersih putih nyaris tanpa kerak, sayang lupa foto

Untuk performa, sangat terjaga.
Pembuktian lewat test dyno (saya sdh postingkan juga tapi lupa trid mana, kalau ngga salah tridnya pak Turboman).
Di km 200.000++, performa output mesin masih hampir 100% (diatas 90%) dari klaim pabrikan yg tertulis di brosur

Mekanik yg juga teman saya yg punya bengkel (yg selama ini ngerawat) juga terheran-heran. Ini Hyundai loh... Mobil Korea :mrgreen:

Jadwal turun head lagi besok di Km 350.000 :drinking:

Mudah2an masih jodoh :D

Kuncinya:
- jangan pelit ngerawat
- ngga rugi pakai oli bagus, jgn telat ganti (dan filternya)
- ngga rugi pakai bbm lux, saya selalu pakai bensin merah ditambah Redline S1-1 dengan dosis 1ml per 1 L bensin
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21989
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Om imsus mantap bener

Inilah benar2 penggemar automotive sejati

Penggemar automotive sejati = menikmati proses reparasi / maintenance dari dekat (bahkan DIY)

Btw soal M1 - 0W40 :
Standard saya di Jkt maximum Rp 145 rb / L

Malah dulu pernah ikut kloteran dgn teman yg kenal baik ama supplier, dapat harga cuman 120 rb / L, barang asli
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

imsus2c wrote: Tergantung...
Kalau mobilnya beli bekas, odo sdh tinggi dan ngga tahu riwayat perawatan pemilik sebelumnya...ya ngga rekomen sih

Tapi di mobil ini saya berani saja, secara mobil ini saya rawat all in sejak awal. Selalu pakai oli bagus, setiap ganti oli selalu ganti filternya dan pakainya bensin merah.
Tidak pernah telat tune up dan check up.

Sebelum ini juga sudah pakai oli full synth-encer 5w-30 (Fastron Gold & Motul H-Tech) dengan interval 8000-9000an km.
Selama pakai, hanya sekali top up sebanyak 0.3-0.5L di setiap km 6000-7500.
Sudah pernah saya sharing info-nya di trid ini, tapi lupa parts/halaman berapa....

Pengaruhnya...?
Sangat-sangat puas dan positif
Ngga rugi selalu pakai oli bagus+bensin bagus

Awal bulan ini (Nov 2014), si Santi deep maintenance kedua. Alias turun head.
Bukan karena rusak atau ngga enak, tapi murni karena perawatan dan penasaran kayak apa jeroannya.

NO PICS=HOAX :mrgreen:

Foto2 dibawah, diambil sesaat cylinder head diturunkan, hanya dibersihkan packing head-nya saja...belum diapa-apakan.
Jadi betul2 kondisi apa adanya.
Turun cyl head sebelumnya di km 112000. Jadi yg di foto ini penampakan di km 232.000km (alias jalan 120.000an km dari turun head sebelumnya)

Cylinder Head; Tampak bersih tanpa kerak
Image

Katup (klep) masuk/katup buang; Tampak sangat-sangat bersih, padahal belum kena proses skur
Image
Image

Port masuk; Bersih mengkilap
Image

Dudukan camshaft; Bersih mengkilap TANPA GORESAN/TANDA2 aus sama sekali
Image

Camshaft dan roller rocker juga bersih mengkilat tanpa goresan/keausan, padahal sdh di km232.000. Sayang ngga ke foto
Katup adjuster (HLA) juga masih berfungsi normal dan bersih.
Sayang sdh terlanjur beli soalnya agak khawatir....mana 16 biji lagi. Ya udh diganti sekalian :e-wall:

Kondisi piston bersih putih nyaris tanpa kerak, sayang lupa foto

Untuk performa, sangat terjaga.
Pembuktian lewat test dyno (saya sdh postingkan juga tapi lupa trid mana, kalau ngga salah tridnya pak Turboman).
Di km 200.000++, performa output mesin masih hampir 100% (diatas 90%) dari klaim pabrikan yg tertulis di brosur

Mekanik yg juga teman saya yg punya bengkel (yg selama ini ngerawat) juga terheran-heran. Ini Hyundai loh... Mobil Korea :mrgreen:

Jadwal turun head lagi besok di Km 350.000 :drinking:

Mudah2an masih jodoh :D

Kuncinya:
- jangan pelit ngerawat
- ngga rugi pakai oli bagus, jgn telat ganti (dan filternya)
- ngga rugi pakai bbm lux, saya selalu pakai bensin merah ditambah Redline S1-1 dengan dosis 1ml per 1 L bensin
Gile bersih bgt om :big_chicken:
ga ada sludge sama sekali :big_exellent:
Itu combustion chambernya mengkilat :big_chicken:
make dari baru ya om?


Btw kalo mobil cuma dipake jarak pendek aja bikin sludge ya? :e-think:
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by gobale »

edun bersihnya......ngilerrrrr..bener kata om turbo saya sangat setuju...ini baru penggemar otomotif sejati....

memang terbukti, bahan bakar sama olie bagus ga pernah bohong ma jeroan....

btw selama pemakaian sering carbon clean kah om ?

kalau mobil diesel walaupun make solar mahal plus olie bagus ga kan pernah bisa bersih begitu kali yah ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

mantap meneer imsus..... bersih bener tuh head dan klep2 nya.... itu abis di bersihkan kah meneer ??

mobil2 ane jg slalu pake oli 5-30... tp pas ane buka busi ngintip, ntuh kepala piston slalu hitem berkerak... mungkin karena slalu premios kali...

btw, mengenai oli encer utk mobil tua...... bisa2 aj koq... ipah ane uda 8 taon usia nya, odo uda mendekati 150 rebu... slalu pake oli 5-30 gapapa... ga ada asap ngebul sedikit pun, kcuali uap air di pagi hari... malah benefit nya, penyakit bunyi tek2 pas cold start jadi ilang pake oli encer... dan mesin lebi enteng masuk ke rpm tinggi.... lebi extreem lagi, perna ane pakein oli OW-20 di ipah ane, jg masi gapapa... ga ada ngebul sdikit pun, cuman penguapan nya aj jd agak banyak...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11026
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by marmut »

abis dibersihin lah, kalo baru aja diangkat masih basah bleberan oli dan sisa-sisa air radiator.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

Mau ganti oli ah
tadi pas buka tutup oli kyk ada kerak warna coklat kopi susu gitu
jadi takut :upss:
pake oli SGO nih. Ga beres kyknya oli drum2an bengkel resmi