Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

ToniGun wrote:Suhu - suhu SM, nubi mohon advice-nya.
Nubi baru saja beli Chevrolet Spin 1200cc, mesin A12XER buatan Jerman.
Setelah baca2 user manual, nubi kaget.
Service I di 7500 km / 6 bulan tanpa ganti oli.
Service II di 15000 km / 12 bulan, baru ganti oli.

Teringat saran suhu Turboman untuk ganti oli bawaan pabrik sampai 1000 km, sebaiknya oli mineral.
Setelah 5000 km, bebas ganti dg oli sintetik.

Nubi pgn lakukan hal yg sama, km sdh terlanjur 830km.
Tapi sayang jg karena oli dari pabrik full sintetik & masih kuning sampai sekarang.
Kalau dibuang, harganya mahal.

Bisa gak oli dari pabrik ditampung & simpan rapat di jirigen oli lama yg sdh dibersihkan.
Trus pakai oli mineral untuk break in.
Ntar diganti lg dg oli dari pabrik yg disimpan tadi?

Apskah oli yg disimpan spt itu bisa ttp bagus & tidak mengalami penurunan kualitas?
Asumsi gak ada contaminant kecuali terkena udara selama ngetap dan saat dutuang kembali ke mesin.

Mohon technical expertise advice-nya.
Thanks
kalau oli bawaan pabriknya High Spec, gantinya nanti aja di KM 2000 - 3000

Oli bekas dari mesin sebaiknya jangan digunakan lagi, apalagi dari mesin baru dimana biasanya mengandung gram gram logam.
Kalau mau digunakan utk melumasi pagar / rantai motor (kasih sedikit) yah boleh......heheheheheheh
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by sintoni »

Kalo ga salah, kalo udah kena udara luar udah kurang bagus rasanya ya om turbo?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

om ecco akhirnya nambah oli buntut 40 ga ke yaris nya waktu pake oli 0w-20 ini ??
ecco wrote:
limsandy wrote:Belom ada keputusan final, oli dari Sentral Mas Ko Ayung asli apa palsu?

Pake Shell HX8 asli, mesin jadi kasar. Kalo ternyata pake oli palsu, mesin tambah parah.

Serba salah ni..... Gimana ni saudara2?
Nggak coba oli lain sebagai pembanding?
Bulan depan saya mau masukin redline 10-30 ke yaris, nanti tak apdet deh ke sini soal hasilnya dibanding honda 0-20 :big_smile]
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Andrian »

Ane pake oli fastron buat pios ane. yg 10w-40. Pemakaian seminggu rata2 1x doang dari citeureup ke MM2100. Kadang bisa 2 s/d 3x sih. tapi ga rutin.

Pendapat suhu2 disini gimana tentang olie yg ane pake?
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

Andrian wrote:Ane pake oli fastron buat pios ane. yg 10w-40. Pemakaian seminggu rata2 1x doang dari citeureup ke MM2100. Kadang bisa 2 s/d 3x sih. tapi ga rutin.

Pendapat suhu2 disini gimana tentang olie yg ane pake?
coba naikin kelas aj om ke 5w-30... kayanya lebi enak jadi nya...

btw mengenai fastron 10W-40.... kayanya om doq dl pengguna setia fastron 10W-40 deh trus doi beralih ke oli merek lain dan gosip nya sehh puas .... lupa ane oli yg dimaksud, mungkin idemitsu atau eneos... :ungg: :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ToniGun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Oct 01, 2014 15:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ToniGun »

Turboman wrote: kalau oli bawaan pabriknya High Spec, gantinya nanti aja di KM 2000 - 3000

Oli bekas dari mesin sebaiknya jangan digunakan lagi, apalagi dari mesin baru dimana biasanya mengandung gram gram logam.
Kalau mau digunakan utk melumasi pagar / rantai motor (kasih sedikit) yah boleh......heheheheheheh
Thanks advice-nya Om Turboman & Om ecco.
Setelah 2000-3000 km, baiknya duganti oli mineral atau sintetik ya?
Untuk break in mmg benar sebaiknya oli mineral ya? Atau gak apa2 langsung pakai oli mineral?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

ToniGun wrote:
Turboman wrote: kalau oli bawaan pabriknya High Spec, gantinya nanti aja di KM 2000 - 3000

Oli bekas dari mesin sebaiknya jangan digunakan lagi, apalagi dari mesin baru dimana biasanya mengandung gram gram logam.
Kalau mau digunakan utk melumasi pagar / rantai motor (kasih sedikit) yah boleh......heheheheheheh
Thanks advice-nya Om Turboman & Om ecco.
Setelah 2000-3000 km, baiknya duganti oli mineral atau sintetik ya?
Untuk break in mmg benar sebaiknya oli mineral ya? Atau gak apa2 langsung pakai oli mineral?
Spin Desel mintanya Dexos 2 ?

Garansi hangus gak kalau pakai oli spec lain ?

Kalau mrk strict ya lanjutkan pakai oli yg Dexos 2 comply aja

IMHO:
Kalau menurut saya pribadi sih sebetulnya Dexos 2 nggak cocok dgn solar Indonesia yg sulphur tinggi, lagian Diesel di sini nggak pakai DPF

Kalau sy punya Spin Diesel maka saya akan pilih oli 5W30 yg meet MB 229.5 or at least MB 229.3 ...... lebih cocok drpd Dexos 2 krn si 229.5 TBN nya cukup tinggi

atau pakai 10W30 khusus Diesel spt Kendall Super D-XA atau Castrol Magnatec Diesel 10W30


Pilihan di tangan anda
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 699
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by azu »

Suhu-suhu, mau minta sarannya ya..

Saat ini Ecosport sudah 4.000an Km dan belum ganti oli krn dari di manual diminta ganti nanti pas 10.000Km..

Besok rencananya mau dipakai mudik ke Kediri dari Bandung, estimasi perjalanan PP sih 1500-2000 Km karena mau mampir ke Malang juga.. Karena mau dipakai jauh, saya berencana untuk ganti oli dulu sebelum pergi..

Untuk oli penggantinya apakah harus pakai mineral-based, atau boleh pakai yg synthetic? Saya tidak tahu kebijakan pabrikan apakah strict atau tidak terkait oli ini.

Rencana saya sih akan ganti dengan oli rekomendasi pabrikan, yaitu Castrol Magnatec Professional A5 5W-30 (memenuhi Ford WSS-M2C-913C).. Kira2 oli ini cocok utk penggunaan break-in period ini sekaligus untuk perjalanan jauh?

Lalu apakah perlu penggantian Filter Oli atau tidak ganti juga tidak apa-apa? Karena saya berencana gantinya di toko oli, bukan di BeRes dan takutnya tidak tersedia filter olinya..

Mohon bantuannya..
Thanks [emoji65]

Sent from my HM 1SW using Tapatalk
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ecco »

DOHC wrote:om ecco akhirnya nambah oli buntut 40 ga ke yaris nya waktu pake oli 0w-20 ini ??
ecco wrote:
limsandy wrote:Belom ada keputusan final, oli dari Sentral Mas Ko Ayung asli apa palsu?

Pake Shell HX8 asli, mesin jadi kasar. Kalo ternyata pake oli palsu, mesin tambah parah.

Serba salah ni..... Gimana ni saudara2?
Nggak coba oli lain sebagai pembanding?
Bulan depan saya mau masukin redline 10-30 ke yaris, nanti tak apdet deh ke sini soal hasilnya dibanding honda 0-20 :big_smile]
Nggak nambah Om, sepertinya nglitik karena panas atau kotor deh. Akhirnya ITU dan yaris sekarang pasang air scoop, jadi rada adem ruang mesin. Sekarang masih pakai itu oli dan gak nglitik. beda cukup jauh antara sudah panas banding baru start up jalan. Karena sering bgt kena mct parah, takut proteksi kurang, makanya mau coba redline trus shu ab.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
ToniGun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Oct 01, 2014 15:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ToniGun »

Turboman wrote:
ToniGun wrote: Thanks advice-nya Om Turboman & Om ecco.
Setelah 2000-3000 km, baiknya duganti oli mineral atau sintetik ya?
Untuk break in mmg benar sebaiknya oli mineral ya? Atau gak apa2 langsung pakai oli mineral?
Spin Desel mintanya Dexos 2 ?

Garansi hangus gak kalau pakai oli spec lain ?

Kalau mrk strict ya lanjutkan pakai oli yg Dexos 2 comply aja

IMHO:
Kalau menurut saya pribadi sih sebetulnya Dexos 2 nggak cocok dgn solar Indonesia yg sulphur tinggi, lagian Diesel di sini nggak pakai DPF

Kalau sy punya Spin Diesel maka saya akan pilih oli 5W30 yg meet MB 229.5 or at least MB 229.3 ...... lebih cocok drpd Dexos 2 krn si 229.5 TBN nya cukup tinggi

atau pakai 10W30 khusus Diesel spt Kendall Super D-XA atau Castrol Magnatec Diesel 10W30


Pilihan di tangan anda
Bukan Spin Diesel, Om.
Tapi mesin bensin 1200 cc, type A12XER buatan GM Opel Jerman.
Infonya sih keluar dari pabrikan pakai oli GM Dexos 2.
Tapi kalau sdh 1th / 15000km, gantinya oli Q8 Dexos di beres.
Saya belum baca baik-baik strict pakai Dexos atau yg penting SAE 5W30.
Rencana ke depannya tetap pakai oli beres saja selama masih pakai Q8 Dexos.
Gak apa2 mahal dikit yoh gantinya 1th sekali.

Concern saya di periode break in.
Aturan servis GMI bertolak belakang dg aturan break in yg biasanya ditulis di media - media cetak ataupun internet.

Dari GMI langsung pakai oli full sintetik dan ganti setelah 15000km / 1th (mana yg lbh dulu).

Sedangkan saran dari pakar2 mesin & oli, gunakan dulu oli mineral sampai 3000-5000km pertama.
Setelah itu bebas pakai oli full sintetik, semi sintetik, atau tetap mineral.
Mobil2 jepang umumnya ikut aturan tsb di jadwal servis nya. Cmiiw.

Menurut suhu2 SM, bagaimana sebaiknya menyikapi aturan break in dari GMI yg tidak biasa ini?
Tetap diikuti atau perlu ganti oli mineral dulu selama periode break in?
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 699
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by azu »

azu wrote:Suhu-suhu, mau minta sarannya ya..

Saat ini Ecosport sudah 4.000an Km dan belum ganti oli krn dari di manual diminta ganti nanti pas 10.000Km..

Besok rencananya mau dipakai mudik ke Kediri dari Bandung, estimasi perjalanan PP sih 1500-2000 Km karena mau mampir ke Malang juga.. Karena mau dipakai jauh, saya berencana untuk ganti oli dulu sebelum pergi..

Untuk oli penggantinya apakah harus pakai mineral-based, atau boleh pakai yg synthetic? Saya tidak tahu kebijakan pabrikan apakah strict atau tidak terkait oli ini.

Rencana saya sih akan ganti dengan oli rekomendasi pabrikan, yaitu Castrol Magnatec Professional A5 5W-30 (memenuhi Ford WSS-M2C-913C).. Kira2 oli ini cocok utk penggunaan break-in period ini sekaligus untuk perjalanan jauh?

Lalu apakah perlu penggantian Filter Oli atau tidak ganti juga tidak apa-apa? Karena saya berencana gantinya di toko oli, bukan di BeRes dan takutnya tidak tersedia filter olinya..

Mohon bantuannya..
Thanks [emoji65]

Sent from my HM 1SW using Tapatalk
Akhirnya tadi ganti oli pakai Castrol Magnatec Professional A5 5W-30 di Sunda Motor Bandung, harganya 115/liter.. Tadi ganti 3,5 liter karena ga ada filter olinya..

Apakah tidak apa-apa tidak ganti filter oli?

Sent from my HM 1SW using Tapatalk
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

azu wrote: Akhirnya tadi ganti oli pakai Castrol Magnatec Professional A5 5W-30 di Sunda Motor Bandung, harganya 115/liter.. Tadi ganti 3,5 liter karena ga ada filter olinya..

Apakah tidak apa-apa tidak ganti filter oli?

Sent from my HM 1SW using Tapatalk
Filter oli ganti juga, karena utk mesin baru pasti banyak gram2 di filter

Ganti filter olinya aja ga masalah, paling nanti olinya tambah dikit sesuai kapasitas filter olinya
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 699
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by azu »

Turboman wrote:
azu wrote: Akhirnya tadi ganti oli pakai Castrol Magnatec Professional A5 5W-30 di Sunda Motor Bandung, harganya 115/liter.. Tadi ganti 3,5 liter karena ga ada filter olinya..

Apakah tidak apa-apa tidak ganti filter oli?

Sent from my HM 1SW using Tapatalk
Filter oli ganti juga, karena utk mesin baru pasti banyak gram2 di filter

Ganti filter olinya aja ga masalah, paling nanti olinya tambah dikit sesuai kapasitas filter olinya
Siap om turbo.. Mudah-mudahan hari ini sempat cari filter olinya :)

Sent from my HM 1SW using Tapatalk
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

ToniGun wrote:

Concern saya di periode break in.
Aturan servis GMI bertolak belakang dg aturan break in yg biasanya ditulis di media - media cetak ataupun internet.

Dari GMI langsung pakai oli full sintetik dan ganti setelah 15000km / 1th (mana yg lbh dulu).

Sedangkan saran dari pakar2 mesin & oli, gunakan dulu oli mineral sampai 3000-5000km pertama.
Setelah itu bebas pakai oli full sintetik, semi sintetik, atau tetap mineral.
Mobil2 jepang umumnya ikut aturan tsb di jadwal servis nya. Cmiiw.

Menurut suhu2 SM, bagaimana sebaiknya menyikapi aturan break in dari GMI yg tidak biasa ini?
Tetap diikuti atau perlu ganti oli mineral dulu selama periode break in?
utk pabrikan lain nya jg beberapa uda lgs ngasi oli semi synthetic atau full syn sejak kluar dari pabrik om... sala satu nya nissan... bahkan penggantian oli pertama nya aja disuru di km 10000... krn mnurut mereka proses inreyen mesin uda dijalankan waktu di pabrik... alasan lain nya, pembuatan (pembubutan) mesin jaman skrg uda dikerjain robot atau teknologi canggih shg uda alus bener tuh part2 daleman mesin... jd bebas inreyen deh... :ungg: :ungg:

tp kalo mau aman nya yahh, kta ganti sendiri aja di bengkel luar..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

ToniGun wrote:
Bukan Spin Diesel, Om.
Tapi mesin bensin 1200 cc, type A12XER buatan GM Opel Jerman.
Infonya sih keluar dari pabrikan pakai oli GM Dexos 2.
Tapi kalau sdh 1th / 15000km, gantinya oli Q8 Dexos di beres.
Saya belum baca baik-baik strict pakai Dexos atau yg penting SAE 5W30.
Rencana ke depannya tetap pakai oli beres saja selama masih pakai Q8 Dexos.
Gak apa2 mahal dikit yoh gantinya 1th sekali.

Concern saya di periode break in.
Aturan servis GMI bertolak belakang dg aturan break in yg biasanya ditulis di media - media cetak ataupun internet.

Dari GMI langsung pakai oli full sintetik dan ganti setelah 15000km / 1th (mana yg lbh dulu).

Sedangkan saran dari pakar2 mesin & oli, gunakan dulu oli mineral sampai 3000-5000km pertama.
Setelah itu bebas pakai oli full sintetik, semi sintetik, atau tetap mineral.
Mobil2 jepang umumnya ikut aturan tsb di jadwal servis nya. Cmiiw.

Menurut suhu2 SM, bagaimana sebaiknya menyikapi aturan break in dari GMI yg tidak biasa ini?
Tetap diikuti atau perlu ganti oli mineral dulu selama periode break in?
Pakai 5W30 apa aja, gak usah mesti Dexos 2........bisa pakai 5W30 yg meet MB 229.3 / 229.5 / 229.51 atau BMW LL-01 / LL-04 atau VW 504 / 507

banyak pilihan di pasar, mulai dari Fastron Gold / SHU AB / Motul Specific MB 229.5 or VW 504 - 507 / Petronas Syntium 3000 LL 5W30 dll

Kalau mau lihat perbandingan std Dexos dgn std2 lain :
https://www.lubrizol.com/apps/relperftool/pc.html

Buka dari PC / Notbuk

Betewe soal interval ganti oli :
Remember.......business is still business.........pabrikan mobil ingin supaya anda ganti mobil secepat mungkin
:big_grin:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by marmut »

Mohon maaf sebelumnya kalau OOT, tapi buat yang ragu dengan asli tidaknya oli, boleh dicoba langkah sederhana ini.
Cukup tuang setengah sendok teh oli ke lantai yang permukaannya bersih (keramik putih / lantai semen) kemudian gosok dengan jari agak cepat. Kalau oli palsu, akan menghitam warnanya dalam tempo nggak sampai 1 menit.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2940
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Salvanost »

Kemarin habis ngobrol sama teknisi beres
Ada beda perlakuan buat oli mesin
10-40 ya dijadwal ganti tiap 10000km
Kalau 5-30 dijadwal ganti tiap 5000km

Makanya saya bingung tiap kali ganti oli mesin 5-30 pasti gantungan catatan ganti oli selalu bukan 10000km

Tapi kalau pake perasaan emang lebih nyaman ganti kalau tiap 5000km

Apa boleh diselingin?
Tiap service 10000km pake oli 10-40, gratis
Tar tiap 5000km pake 5-30, budget ambil dari oli additif kaya lupromax, (ga pake oli additif lagi)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Oli 5W30 ga masalah dipake sampe 10.000 km asal jgn lebih dari 12 bulan

Sy pernah test lab TGMO 5w30 yg jalan 10.500 km dlm 10 bulan di Ipah kawan saya, hasilnya = oli tsb masih layak pakai

Padahal TGMO 5W30 kastanya masih di bawah 5W30 yg comply ke MB 229.5 spt SHU AB
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2940
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Salvanost »

Om, bingung pas baca komentar "oli masih nguning"
Padahal udah dipake 5000km++

Atau "oli udah coklat atau hitam", padahal baru beberapa ratus km

bisa dijadiin acuan buat tau oli bagus?
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by montirangin »

Salvanost wrote:Om, bingung pas baca komentar "oli masih nguning"
Padahal udah dipake 5000km++

Atau "oli udah coklat atau hitam", padahal baru beberapa ratus km

bisa dijadiin acuan buat tau oli bagus?
iya gimana jadiin patokannya ya..warna barunya kuning..tapi kadang jadi hitam encer kadang hitam agak kentel..tapi ga pernah masih tetep kuning :big_cry:
ToniGun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Oct 01, 2014 15:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ToniGun »

DOHC wrote: utk pabrikan lain nya jg beberapa uda lgs ngasi oli semi synthetic atau full syn sejak kluar dari pabrik om... sala satu nya nissan... bahkan penggantian oli pertama nya aja disuru di km 10000... krn mnurut mereka proses inreyen mesin uda dijalankan waktu di pabrik... alasan lain nya, pembuatan (pembubutan) mesin jaman skrg uda dikerjain robot atau teknologi canggih shg uda alus bener tuh part2 daleman mesin... jd bebas inreyen deh... :ungg: :ungg:

tp kalo mau aman nya yahh, kta ganti sendiri aja di bengkel luar..
Thanks advice-nya Suhu DOHC.
Jadi karena process machining & manufacturing sudah demikian maju sehingga gak perlu break ini lagi yak?
OK, nubi ikutin saja saran pabrikan ntar dilihat gmana efeknya.
Kalau memang gak ada efek negatif ke umur mesin, berarti memang process manufacture & machining pabrikannya memang lebih canggih daripada beberapa pabrikan yang masih pakai metode break in model lama... :big_smile]
ToniGun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Oct 01, 2014 15:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ToniGun »

Turboman wrote: Pakai 5W30 apa aja, gak usah mesti Dexos 2........bisa pakai 5W30 yg meet MB 229.3 / 229.5 / 229.51 atau BMW LL-01 / LL-04 atau VW 504 / 507

banyak pilihan di pasar, mulai dari Fastron Gold / SHU AB / Motul Specific MB 229.5 or VW 504 - 507 / Petronas Syntium 3000 LL 5W30 dll

Kalau mau lihat perbandingan std Dexos dgn std2 lain :
https://www.lubrizol.com/apps/relperftool/pc.html

Buka dari PC / Notbuk

Betewe soal interval ganti oli :
Remember.......business is still business.........pabrikan mobil ingin supaya anda ganti mobil secepat mungkin
:big_grin:
Thanks advice-nya Pak Turboman.
Iya juga sih...kalau dipikir-pikir aturan Dexos 1 & Dexos 2 harusnya hanya untuk mesin-mesin yang pure buatan pabrikan GM.
Untuk mesin A12XER yang buatan Opel Jerman bisa saja menggunakan oli non Dexos yang penting memiliki viskositas 5W30 apalagi kalau sudah meet MB 229.3 / 229.5 / 229.51 atau BMW LL-01 / LL-04 atau VW 504 / 507.

Soal "Remember.......business is still business.........pabrikan mobil ingin supaya anda ganti mobil secepat mungkin" mungkin juga ada benarnya tapi apa gak menjadi bumerang kalau ntar di cap mobil ringkih?
Ujung - ujungnya gak bakalan laku lagi :big_grin:
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by PlantFoot »

halo,

mau report aja penggunaan hx 8 d r3 saya.

Sebelumnya saya sudah 1x ganti pk oli ini. pemakaian max 6 bulan & km sekitar 7000-8000. 2 bulan lalu br servis berkala & ganti pk hx 8 juga.
Dari pemakaian yg pertama sih ga ada penguapan yg sampe ganti oli kmrn. tuk suara mesin sih sama aja kyknya dibanding waktu pk sgo(mgkn saya yg kurang peka yah :mky_01: )
krmn harga nya 485rb segalon.
Tarikan enteng2 aja sp ganti oli. konsumsi fc jg stabil. bbm selang-seling pertamax/super & premium.
mungkin ini mau cb sp 12 bulan, krn mobil sy skrg cm buat weekend aja.

kr2 yg harganya setara hx8 dgn visko yg sm apa y? dulu bgt smpt pk q8 d swift ane, puas sih tp hrgnya beda kyknya(soalnya dl ane bl pas promo 3 liter bonus 1)
kmrn ga smpt k toda, jd beli d dkt rmh aja.
Dre
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Wed Dec 04, 2013 9:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Dre »

numpang tanya om turbo, oli 0 atau 5W-20 yg termurah di pasaran merek apa ya? berikut perkiraan harga per liternya kalo ada :big_smile]
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by b8099ok »

Kendall bagus ga sih? Buat cipik tuir,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat: