kalau oli bawaan pabriknya High Spec, gantinya nanti aja di KM 2000 - 3000ToniGun wrote:Suhu - suhu SM, nubi mohon advice-nya.
Nubi baru saja beli Chevrolet Spin 1200cc, mesin A12XER buatan Jerman.
Setelah baca2 user manual, nubi kaget.
Service I di 7500 km / 6 bulan tanpa ganti oli.
Service II di 15000 km / 12 bulan, baru ganti oli.
Teringat saran suhu Turboman untuk ganti oli bawaan pabrik sampai 1000 km, sebaiknya oli mineral.
Setelah 5000 km, bebas ganti dg oli sintetik.
Nubi pgn lakukan hal yg sama, km sdh terlanjur 830km.
Tapi sayang jg karena oli dari pabrik full sintetik & masih kuning sampai sekarang.
Kalau dibuang, harganya mahal.
Bisa gak oli dari pabrik ditampung & simpan rapat di jirigen oli lama yg sdh dibersihkan.
Trus pakai oli mineral untuk break in.
Ntar diganti lg dg oli dari pabrik yg disimpan tadi?
Apskah oli yg disimpan spt itu bisa ttp bagus & tidak mengalami penurunan kualitas?
Asumsi gak ada contaminant kecuali terkena udara selama ngetap dan saat dutuang kembali ke mesin.
Mohon technical expertise advice-nya.
Thanks
Oli bekas dari mesin sebaiknya jangan digunakan lagi, apalagi dari mesin baru dimana biasanya mengandung gram gram logam.
Kalau mau digunakan utk melumasi pagar / rantai motor (kasih sedikit) yah boleh......heheheheheheh