Page 33 of 61

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jan 30, 2019 0:19
by Herman7103
josomba wrote:
Herman7103 wrote: Tue Jan 29, 2019 15:00 There 3 types material for spark plug :
Copper – The original, but sadly not the best! Copper spark plugs are the most basic on the market, and as such are the cheapest. However, the have been largely replaced in modern cars by plugs made of Platinum or Iridium. These two materials just have such better performance and lifespan, many modern engines simply can’t run with copper plugs installed. On the other hand, older engines can often run better with copper, so there is still a place for them.
Platinum – A great middle ground material, platinum provides a real boost in performance and fuel efficiency compared to copper, but without the premium price tag of iridium plugs. For a real performance boost, look for plugs that use double platinum – both in the electrode and in the cap.
Iridium – The pinnacle of spark plug tech. Iridium plugs will deliver the best performance, the best fuel efficiency and the longest life span – but also the highest price tags
Daripada sekedar copas, mending tambah baca mengenai konduktivitasnya, mangcik.....
Sorry bukan cuma sekedar copas tapi memakai busi nya dan membuktikan nya sendiri di mobil pribadi saya dari bulan May 2014 untuk busi iridium yg dipakai sampai odo 59215 km sekarang memang memuaskan dan ngak pernah dibuka atau dibersihkan sampai sekarang dan bbm yg dipakai premium Ron 88 yg tersedia dekat SPBU dekat tempat tinggal, hasil nya masih irit fuel costnya, mesin suaranya masih halus dan ngak pernah sekalipun mogok selama ini sudah bagus untuk penilaian pribadi saya. Ngak bakalan mau nyoba busi type copper or planium deh. [emoji3]

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jan 30, 2019 1:10
by DOHC
marmut wrote: Tue Jan 29, 2019 13:57
DOHC wrote: Tue Jan 29, 2019 12:15 Iridium sebenernya kl dikasi bensin sesuai spek, itu umur nya puanjannnggg banget.. kcuali kl sering2 knocking yahh cepet bubar itu businya..

-

kalo sering knocking yang udah-udah sih busi nggak bubar, cuman meleleh aja sama piston bolong. kalo beruntung, dapet bonus payung klep grepesan.
itu yang beberapa kali saya temuin.
keren kan?
Hooh, bener ampe ancur2an deh pokoknya si busi..

Btw ntuh klep ampe grepesan gmana cara nya mbah, kl piston bolong2 ud perna liat sendiri sehh

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jan 30, 2019 1:11
by Jambangan
Wah dulu ipah ane ngelitik parah ga sembuh2 entah kyk apa tuh isinya kalo dibuka :upss:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jan 30, 2019 1:21
by DOHC
Itu jangan2 piston ama klep nya ud ampe larut ama oli nya.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jan 30, 2019 1:33
by Jambangan
DOHC wrote: Wed Jan 30, 2019 1:21 Itu jangan2 piston ama klep nya ud ampe larut ama oli nya.
Serem mod :wkkk:
Heran tuh mobil dikasih bbm apa aja ngelitik
Bawa ke beres pulang2 ngelitik jg
Ya udah paksa jalan aja :big_grin:
Gara2 dulu dipake supir kena macet mulu bawamya terlalu nyantai ga pernah RPM tinggi
Pengaruh ga mod??

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jan 30, 2019 1:56
by DOHC
Aneh, ipah ane malah jarang ngeglitik, kcuali kl oli ud jelek aj.. malah kl di cocktail ama pertabo atau vpower, tarikan nya lgs mantep

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Apr 09, 2019 13:45
by Tampanman
Kalo ganti busi biasa ke iridium menghilangkan garansi ga om?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed May 15, 2019 1:10
by josomba
ada yg pake busi brisk juga disini kah?

singkat cerita coba busi brisk premium evo taun lalu pasang di mzd2.. umur busi baru 25k dah keok.

Hari minggu kemaren abis digas mendadak sampe 5000an RPM, tau2 i-stop ga jalan pas dah keluar tol. Sempet matiin mesin 2 jam karena ke mall, balik2 berharap siapa tau balik normal i-stopnya... ternyata ndak kunjung sehat......

cek obd pake torque, ada kode P0300.... random misfire menurut keterangannya n merujuk ke salah satu web obd-codes. CE ga nyala selama i-stop ga jalan.

reset (clear fault), i-stop balik normal. nah abis keluar mall, baru ngeh tiap 1,500 RPM kok ndut2an. semua gigi di 1,500 rpm pasti ndut2an.

dah bersihin MAF, MAP ga kunjung kelar ndut2annya..... akhirnya, menurut petunjuk mbah @Marmut nyoba balikin ke busi OEM....

Masalah ndut2an hilang.....


*Bukan Black Campaign, Beneran Kejadian Sendiri*

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed May 15, 2019 2:56
by marmut
itu corona stain-nya ngeri amat.... kaya busi dari perang dunia pertama.....

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri May 17, 2019 11:24
by DOHC
marmut wrote: Wed May 15, 2019 2:56 itu corona stain-nya ngeri amat.... kaya busi dari perang dunia pertama.....
Kl yg kaya di poto gt emg artinya apa mbah ?

Busi ipah tuwir ane jg kl ud jalan ampir 10 rebu km mirip2 ama yg d poto

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 24, 2019 4:47
by HRA
Mau nanya, busi iridium kan tahan sampe 100 ribu kilo tuh. Nah kilometer mobil skrg udh 105 ribu tapi belum saya ganti. Apakah boleh lanjut sampai busi mati? Atau sebaiknya langsung ganti? Biar sekalian ke bengkel pas service nanti.

Btw, kalau pakai Iridium Tough efek paling terasa apa ya?

Makasih om2 semua :big_smile]

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 24, 2019 4:59
by lamatlancah
kalau udah ganti busi yg premium apa kabel businya harus diganti juga ? atau biarkan saja pake yg standard bawaan mobil ?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 24, 2019 8:42
by marmut
HRA wrote: Thu Oct 24, 2019 4:47 Mau nanya, busi iridium kan tahan sampe 100 ribu kilo tuh. Nah kilometer mobil skrg udh 105 ribu tapi belum saya ganti. Apakah boleh lanjut sampai busi mati? Atau sebaiknya langsung ganti? Biar sekalian ke bengkel pas service nanti.

Btw, kalau pakai Iridium Tough efek paling terasa apa ya?

Makasih om2 semua :big_smile]

periksa gap. di stel ulang kalau perlu.


lamatlancah wrote: Thu Oct 24, 2019 4:59 kalau udah ganti busi yg premium apa kabel businya harus diganti juga ? atau biarkan saja pake yg standard bawaan mobil ?

mobil apa?
selama mesin standar, pemakaian normal untuk sehari-hari, busi tidak perlu resing-resingan.
penggantian kabel busi dengan tahanan yang lebih rendah bisa beresiko storing saat menyalakan audio.
coba diperiksa juga kabel busi yang sekarang nempel tahanannya berapa ohm?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 24, 2019 10:11
by FU27
coklatMetalik wrote: Mon Jan 21, 2019 5:56 Ada jg orang yg bersihin busi dgn cara disundut api, katanya kerak2ny luntur....

Busi mesin 2 tak. Pasti ada kerak2 sisa oli samping.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 24, 2019 12:39
by HRA
marmut wrote: Thu Oct 24, 2019 8:42
HRA wrote: Thu Oct 24, 2019 4:47 Mau nanya, busi iridium kan tahan sampe 100 ribu kilo tuh. Nah kilometer mobil skrg udh 105 ribu tapi belum saya ganti. Apakah boleh lanjut sampai busi mati? Atau sebaiknya langsung ganti? Biar sekalian ke bengkel pas service nanti.

Btw, kalau pakai Iridium Tough efek paling terasa apa ya?

Makasih om2 semua :big_smile]

periksa gap. di stel ulang kalau perlu.
Berarti cukup diperiksa dulu ya om? Kira2 tahan brp kilometer lg?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 24, 2019 13:22
by MSU
Kebetulan ada trit ini....di kijang efi sy pake ngk platinum..sebaiknya interval ganti brp puluh ribu km ya

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 24, 2019 14:48
by lamatlancah
marmut wrote: Thu Oct 24, 2019 8:42
mobil apa?
selama mesin standar, pemakaian normal untuk sehari-hari, busi tidak perlu resing-resingan.
penggantian kabel busi dengan tahanan yang lebih rendah bisa beresiko storing saat menyalakan audio.
coba diperiksa juga kabel busi yang sekarang nempel tahanannya berapa ohm?
CX5 2019 oom.
tadinya cuma mau naekin beberapa HP saja untuk improve performance.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 24, 2019 15:01
by marmut
lamatlancah wrote: Thu Oct 24, 2019 14:48

CX5 2019 oom.
tadinya cuma mau naekin beberapa HP saja untuk improve performance.

cx5??? 2019??? mobil seharga itu masih pake kabel busi???

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 24, 2019 15:02
by marmut
MSU wrote: Thu Oct 24, 2019 13:22 Kebetulan ada trit ini....di kijang efi sy pake ngk platinum..sebaiknya interval ganti brp puluh ribu km ya

platinum bisa 90rb KM, itu teorinya. fakta di lapangan bisa lain lagi tergantung kondisi.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 24, 2019 17:16
by lightarmy10
Kalau setel gapping busi gitu rekomen ga ya? Seperti std pabrik 11 di ubah jadi 095 gapnya..

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Oct 25, 2019 0:15
by josomba
lightarmy10 wrote: Thu Oct 24, 2019 17:16 Kalau setel gapping busi gitu rekomen ga ya? Seperti std pabrik 11 di ubah jadi 095 gapnya..
Yg lalu busi mobil saya iseng coba turunin dr 1.1 ke 1.0.... Jd responsif, tp berdasarkan angka MID jd sedikit lebih boros (5-10%). Entah karena beneran jd boros, atau keasikan bejek pedal gas..

Tikus barbel di atas yg bantu setelin
:BIG:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Jan 12, 2020 3:29
by lawyerone
Sori nanya, ada bengkel yg stok businya komplit segala tipe dan buka hari minggu ga ya?

Prefer jakpus

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Jan 13, 2020 3:37
by lawyerone
Sori nanya lagi dan maaf double post.

Untuk kedua tipe busi ini apakah interchangeable?

https://www.ngk.com/product.aspx?zpid=30696 (94124)

https://www.ngk.com/product.aspx?zpid=57018 (94702)

Saya liat ukuran sama, tapi heat ratingnya berbeda.

Untuk di Mazda2 DJ (2015, Skyactive).
Karena cari di toko ijo 94124 ngga ketemu.

Many thanks all.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Apr 12, 2020 8:26
by DOHC
marmut wrote: Thu Oct 24, 2019 15:02
MSU wrote: Thu Oct 24, 2019 13:22 Kebetulan ada trit ini....di kijang efi sy pake ngk platinum..sebaiknya interval ganti brp puluh ribu km ya

platinum bisa 90rb KM, itu teorinya. fakta di lapangan bisa lain lagi tergantung kondisi.

Mbah

Kl bawaan pake busi iridium trus mau ganti platinum bisa ga ?

Trus ini ane binggung ama busi ipah ane, bawaan dikasi denso fk20hr-a8 (yg ini mahal banget mbah), rencana mau ane ganti ke denso ikh20 (sama2 iridium jg cuman murah jauh).. kira2 biaa ga yah mbah ?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Apr 12, 2020 9:41
by marmut
DOHC wrote: Sun Apr 12, 2020 8:26

Kl bawaan pake busi iridium trus mau ganti platinum bisa ga ?

Trus ini ane binggung ama busi ipah ane, bawaan dikasi denso fk20hr-a8 (yg ini mahal banget mbah), rencana mau ane ganti ke denso ikh20 (sama2 iridium jg cuman murah jauh).. kira2 biaa ga yah mbah ?

bisa. ngga ada larangan kok, asalkan nilai panasnya sama.

masalah sama-sama iridium tapi beda harga, saya dapet info dari salah satu suhu disini, busi iridium itu hanya di coating dengan iridium. bukan bahannya full iridium.