Page 31 of 61

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Sep 26, 2017 11:17
by Hellkaiser
Salam, saya mau tanya, barangkali ada yang bisa bantu jawab disini. Ceritanya tadi bawa City VTEC ke bengkel buat ganti busi, busi standarnya NGK ZFR6K11. Terus kata orang bengkelnya barangnya kosong, ditawarin pake Denso K20PR-U11, langsung ane iyain aja. Stlh googling ternyata itu denso equivalentnya sama NGK BKR6E11 standarnya i-DSI punya. Kira2 aman gak ya pake itu busi? Atau lebih baik ganti pake yg standar VTECnya aja? Terima kasih

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Sep 30, 2017 10:12
by marmut
Hellkaiser wrote: Tue Sep 26, 2017 11:17 Salam, saya mau tanya, barangkali ada yang bisa bantu jawab disini. Ceritanya tadi bawa City VTEC ke bengkel buat ganti busi, busi standarnya NGK ZFR6K11. Terus kata orang bengkelnya barangnya kosong, ditawarin pake Denso K20PR-U11, langsung ane iyain aja. Stlh googling ternyata itu denso equivalentnya sama NGK BKR6E11 standarnya i-DSI punya. Kira2 aman gak ya pake itu busi? Atau lebih baik ganti pake yg standar VTECnya aja? Terima kasih

nggak masalah. sama-sama ada resistor dan nilai panasnya sama.
angka 6 di NGK sama dengan angka 20 di denso.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Sep 30, 2017 14:15
by Hellkaiser
marmut wrote: Sat Sep 30, 2017 10:12
Hellkaiser wrote: Tue Sep 26, 2017 11:17 Salam, saya mau tanya, barangkali ada yang bisa bantu jawab disini. Ceritanya tadi bawa City VTEC ke bengkel buat ganti busi, busi standarnya NGK ZFR6K11. Terus kata orang bengkelnya barangnya kosong, ditawarin pake Denso K20PR-U11, langsung ane iyain aja. Stlh googling ternyata itu denso equivalentnya sama NGK BKR6E11 standarnya i-DSI punya. Kira2 aman gak ya pake itu busi? Atau lebih baik ganti pake yg standar VTECnya aja? Terima kasih

nggak masalah. sama-sama ada resistor dan nilai panasnya sama.
angka 6 di NGK sama dengan angka 20 di denso.
Oh gitu ya hu. Yg penting nilai panas sama gapnya sama aja ya. Soalnya kemaren ragu, kalo sama kenapa dibikin 2 macem 1 buat idsi 1 buat vtec. Terima kasih atas pencerahannya suhu marmut. :big_deal:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Oct 28, 2017 7:29
by richard t
salam.,
Mau tanya Om sesepuh2 .
busi standar saya ngk FR6F-11K , bisa pakai ngk iridium IZFR6K-11 ?
Mohon masukkan nya .
Trima kasi

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Feb 24, 2018 2:54
by Sonzz
Veloz 3SZ ku pake Busi NGK Iridium yg Heat Range 7 kyknya...padahal pake Pertalite aja...ganti pas mobil masih baru (umur masih 1 tahunan dan 6ribuan Kilometer)....itu harus disetel lgi ga sih gap nya? Tkutnya malah harus disetel...soalny pnya ane cmn gnti aja ga di setel apa2...dan feel nya mesin nya ga ad perubahan yg signifikan deh kyknya

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed May 30, 2018 10:47
by arfs
Mau tanya, disini ada yg pakai Denso Iridium Power gk?
Nah iseng2 td buka website Denso waktu cari busi livina, ngebaca kalau busi Denso Iridium Power itu lifespan nya hanya 15.000-20.000 km saja.
Image

Saya ud pakai Denso Iridium Power IK20 di SX4 (kondisi ud jalan 36rb dan 3 tahun an pakai busi tsb) tp blm ada gejala busi nya bermasalah.
Bagaimana menurut om om disini? Mungkin ada jg yg lagi/pernah pakai busi Denso Iridium Power yg lebih lama dari saya jam terbang nya?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed May 30, 2018 11:48
by marmut
diperiksa aja gap-nya. kalau terlalu renggang, tinggal dirapetin.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed May 30, 2018 13:40
by arfs
Bkn nya busi iridium gk boleh di otak atik celah nya?
Maklum kurang begitu ngerti ttg busi ane..
CMIIW

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed May 30, 2018 15:05
by marmut
boleh. asal ekstra hati-hati karena elektroda tengahnya rentan patah.
kalau lifespan, saya kurang paham.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu May 31, 2018 9:32
by kunaskun
arfs wrote: Wed May 30, 2018 10:47 Saya ud pakai Denso Iridium Power IK20 di SX4 (kondisi ud jalan 36rb dan 3 tahun an pakai busi tsb) tp blm ada gejala busi nya bermasalah.
Bagaimana menurut om om disini? Mungkin ada jg yg lagi/pernah pakai busi Denso Iridium Power yg lebih lama dari saya jam terbang nya?
saya baru tahu iridium power itu umur pakainya lebih pendek dari iridium biasa. dan baru tahu juga ada namanya iridium biasa, karena biasanya kalau lihat2 yang dijual itu biasanya iridium power. malah kalau yang julan sering bilang: denso iridium itu untuk performance, ngk iridium itu untuk lifetime.

kalau saya, kalau memang gampang diakses ya dibuka dan dicek saja, memang susah si ngelihat itu iridium habisnya gimana. karena memang itu kecil banget elektrodanya. jadi mesti dibandingkan dengan yang barunya. kalau sulit diaksesnya ya pake terus saja sampe nanti ngaco :mky_01:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jun 29, 2018 5:39
by Carbro
Hellkaiser wrote: Tue Sep 26, 2017 11:17 Salam, saya mau tanya, barangkali ada yang bisa bantu jawab disini. Ceritanya tadi bawa City VTEC ke bengkel buat ganti busi, busi standarnya NGK ZFR6K11. Terus kata orang bengkelnya barangnya kosong, ditawarin pake Denso K20PR-U11, langsung ane iyain aja. Stlh googling ternyata itu denso equivalentnya sama NGK BKR6E11 standarnya i-DSI punya. Kira2 aman gak ya pake itu busi? Atau lebih baik ganti pake yg standar VTECnya aja? Terima kasih
hampir senasib kasusnya nih , saya pake hrv 1.5 kode busi bawaannya ZFR6FIX Kalau ga salah
diganti ke busi ngk iridium BKR6EIX

itu gimana ya? aman atau tidak ya?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Aug 09, 2018 0:38
by Windsnow
Misi suhu,

Ada yg pernah pake busi Brisk Super A-Line ?
Bagus mana ya sama Denso Iridium Power ?
Beda nya apa ?

Makasih.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Aug 13, 2018 4:16
by nekosaiyajin
Windsnow wrote: Thu Aug 09, 2018 0:38 Misi suhu,

Ada yg pernah pake busi Brisk Super A-Line ?
Bagus mana ya sama Denso Iridium Power ?
Beda nya apa ?

Makasih.
iya nih..sya penasaran juga..blm dpet review yg bener2 lengkap...

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Aug 13, 2018 5:51
by josomba
nekosaiyajin wrote: Mon Aug 13, 2018 4:16
iya nih..sya penasaran juga..blm dpet review yg bener2 lengkap...
Walaupun bukan pake A-Line, saya pakai Brisk yang Premium Evo. Boleh sumbang review mengenai ni merk? Marketing gimmicknya pada seller sih....increase HP with dyno proven. Bisa minta ke sellernya buat hasil dyno-nya. Real life sih.....terasa seperti baru ganti busi aja. Butt-o-meter (dengan sangat2 amat dirasa) mengatakan hanya saat high speed aja baru terasa beda, 100-140 terasa lebih enteng aja (sekali lagi ini super subjektif ya) dibandingkan OEM pabrikan.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Aug 28, 2018 16:04
by briskautoindo
Windsnow wrote: Thu Aug 09, 2018 0:38 Misi suhu,

Ada yg pernah pake busi Brisk Super A-Line ?
Bagus mana ya sama Denso Iridium Power ?
Beda nya apa ?

Makasih.
Beda tipe sih bos. Kalo busi BRISK A-line itu terbuat dari bahan copper sedangkan iridium ya bahan iridium. Iridium sih fungsinya untuk tahan lama sedangkan copper bagus untuk performa sehingga pembakaran justru meningkat.

Image

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Aug 31, 2018 13:12
by dimasapri
Carbro wrote: Fri Jun 29, 2018 5:39
Hellkaiser wrote: Tue Sep 26, 2017 11:17 Salam, saya mau tanya, barangkali ada yang bisa bantu jawab disini. Ceritanya tadi bawa City VTEC ke bengkel buat ganti busi, busi standarnya NGK ZFR6K11. Terus kata orang bengkelnya barangnya kosong, ditawarin pake Denso K20PR-U11, langsung ane iyain aja. Stlh googling ternyata itu denso equivalentnya sama NGK BKR6E11 standarnya i-DSI punya. Kira2 aman gak ya pake itu busi? Atau lebih baik ganti pake yg standar VTECnya aja? Terima kasih
hampir senasib kasusnya nih , saya pake hrv 1.5 kode busi bawaannya ZFR6FIX Kalau ga salah
diganti ke busi ngk iridium BKR6EIX

itu gimana ya? aman atau tidak ya?
ZFR6FIX & BKR6EIX sama2 busi iridium.
Heat range sama, diameter thread dan panjangnya juga sama.
Bedanya cuma di panjang center electrode.
ZFR series lebih panjang.

Kalau mesin yg standarnya pakai ZFR series diganti ke BKR series relatif aman.
Paling rasio kompresi jadi turun dikit, ntah bakal signifikan efeknya atau gak signifikan.

Yg patut diwaspadai kalau standarnya pakai BKR series tapi diganti pakai ZFR series.
Kuatirnya electrodenya kepentok piston

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Sep 16, 2018 5:12
by masione
Salam...veloz dual vvti businya pake denso sc16hr11...kira2 bisa diganti ngk ato denso type apa ya...soalnya di beres harganya lumayan mahal..trims

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Oct 23, 2018 7:47
by b4tt054y
Ada yg pernah coba Denso Iridium TOUGH ? ini benar busi lifetime ?
cocok gk untuk mobil harian standar
harga satuan sih sekitar 180k kurang lebih

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Oct 25, 2018 15:20
by bismo16
Ums subes, kalo pemilihan heat range busi itu dipengaruhi sama kondisi temperatur lingkungan juga nggak ya?

Misal, kalo di daerah pesisir boleh pake busi yang 1 tingkat lebih dingin dari standard nya, demikian juga kalo di daerah pegunungan boleh pake 1 tingkat lebih panas dari standar nya tidak?

Ini buat motor yang belum pake radiator, kondisi masih standard ting ting..

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Jan 19, 2019 22:25
by DOHC
marmut wrote: Fri Jun 02, 2017 10:26
DOHC wrote: Sat Feb 11, 2017 14:59 lmayan pake tenaga siong... cuman ga brani ampe pol polan.... scara dl perna sukses patahin busi kijang kapsul mobil dinas pas maksa buka...
busi udah kebuka?
Udah om, stelah didiemin 2 taon, kmaren kumpulin niat, tekat ama nyali.. hasilnya..tuh si busi laknat, aneh bsa ampe karatan sendiri ama gosong gt
IMG-20190111-WA0007.jpg
Dihentak2 ga bsa lgs kebuka, tp muter dikit2 maju mundur..

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Jan 20, 2019 1:46
by marmut
DOHC wrote: Sat Jan 19, 2019 22:25

Udah om, stelah didiemin 2 taon, kmaren kumpulin niat, tekat ama nyali.. hasilnya..tuh si busi laknat, aneh bsa ampe karatan sendiri ama gosong gt IMG-20190111-WA0007.jpg

Dihentak2 ga bsa lgs kebuka, tp muter dikit2 maju mundur..

wah, musti bikin bubur merah putih slametan.....

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Jan 20, 2019 7:07
by bismo16
marmut wrote:
DOHC wrote: Sat Jan 19, 2019 22:25

Udah om, stelah didiemin 2 taon, kmaren kumpulin niat, tekat ama nyali.. hasilnya..tuh si busi laknat, aneh bsa ampe karatan sendiri ama gosong gt IMG-20190111-WA0007.jpg

Dihentak2 ga bsa lgs kebuka, tp muter dikit2 maju mundur..

wah, musti bikin bubur merah putih slametan.....
Emang mau ganti nama?
Wkwkwkwkwk

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Jan 20, 2019 7:22
by DOHC
marmut wrote: Sun Jan 20, 2019 1:46
DOHC wrote: Sat Jan 19, 2019 22:25

Udah om, stelah didiemin 2 taon, kmaren kumpulin niat, tekat ama nyali.. hasilnya..tuh si busi laknat, aneh bsa ampe karatan sendiri ama gosong gt IMG-20190111-WA0007.jpg

Dihentak2 ga bsa lgs kebuka, tp muter dikit2 maju mundur..

wah, musti bikin bubur merah putih slametan.....
Ud ga sanggup bkin bubur nya lg, saking pegel nya ini pundak ama punggung.. buka 1 busi laknat ampir satu stengah jem ngebungkuk..

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Jan 20, 2019 7:47
by ilhami
salah kunci busi kali?
the right tools on the right job.
the right man on the right job.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Jan 20, 2019 12:07
by marmut
DOHC wrote: Sun Jan 20, 2019 7:22
Ud ga sanggup bkin bubur nya lg, saking pegel nya ini pundak ama punggung.. buka 1 busi laknat ampir satu stengah jem ngebungkuk..

:big_biglaugh:

sedari awal 2017 ampe sekarang awal 2019 itu busi betah banget nempel di mesin. masih untung kaga mati......
saya ngalamin busi lengket gamau kebuka ampe 2 hari baru kebuka, jaman masih pake putih abu-abu. wd40 habis hampir sekaleng saking jengkelnya.