Page 4 of 61

Posted: Sat Sep 22, 2007 11:50
by tonie
satyr wrote:iridium dah ada yg 0,4 mm kok
klo 0,4mm apa ga cepet habis ujungnya... ?

Posted: Sat Sep 22, 2007 13:25
by PenyuTurbo
satyr wrote:iridium dah ada yg 0,4 mm kok
Yang 0.4 mm ... Super High Performance

Yang lebih besar 0.4 mm sampai pada 0.7 mm ... High Performance and Maintenance Free.

Posted: Sat Sep 22, 2007 13:28
by PenyuTurbo
tonie wrote:
satyr wrote:iridium dah ada yg 0,4 mm kok
klo 0,4mm apa ga cepet habis ujungnya... ?
Iridium ini logam yang keras dan tahan pada temperature tinggi dan tidak mudah mengalami spark erosion ... jadi bisa tahan lama .... yang 0.6 mm (Denso) ... bisa tahan 90k Miles (144k km).

Posted: Sat Sep 22, 2007 18:11
by Yusaku
cr-v setelah ganti ik20 tarikan maknyus tapi kalau di rpm rendah mesinya suka tersendat-sendat kenapa ya ?

Posted: Sun Sep 23, 2007 12:19
by satyr
udah stel celah bro?

Posted: Sun Sep 23, 2007 16:21
by r1210g
itu iridium bukan?
Mang bisa setel celah?

Posted: Sun Sep 23, 2007 17:56
by PenyuTurbo
r1210g wrote:itu iridium bukan?
Mang bisa setel celah?
Bisa atuh mah ... mesti dikalibrasi dengan celah (gap) standardnya.

Posted: Sat Sep 29, 2007 17:04
by StRaDe_Jazz
PenyuTurbo wrote:
bako wrote:susah emang ya bedainnya... jadi ya percaya aja ama penjualnya..huhuhu :D
Mungkin ini sedikit membantu:
sangat membantu malah :D
thanks. tapi adanya foto ini malah menimbulkan satu pertanyaan lagi:
laser welding gw ngerti, trus yang resistance welding maksudnya kayak gimana? apakah maksudnya 'dijepit'?

Posted: Sun Sep 30, 2007 6:02
by Yusaku
satyr wrote:udah stel celah bro?
waduh nggak berani setel celah takut nanti ada apa-apa sich dan di webnya pun sudah dibiliang penyetelan clah perlu apabila mesin tersebut sudah di oprek, kalau gini mesti ke begkel aja suruh gapping serem kalau gapping sendiri, thx a lot for the info bro satyr :e-clap:

Posted: Sun Sep 30, 2007 15:41
by r1210g
PenyuTurbo wrote:
r1210g wrote:itu iridium bukan?
Mang bisa setel celah?
Bisa atuh mah ... mesti dikalibrasi dengan celah (gap) standardnya.
Setel celahnya gimna? pake filler gauge juga? ujungnya kan kecil... Ga rusak?

Posted: Sun Sep 30, 2007 15:44
by r1210g
StRaDe_Jazz wrote:
PenyuTurbo wrote:
bako wrote:susah emang ya bedainnya... jadi ya percaya aja ama penjualnya..huhuhu :D
Mungkin ini sedikit membantu:
sangat membantu malah :D
thanks. tapi adanya foto ini malah menimbulkan satu pertanyaan lagi:
laser welding gw ngerti, trus yang resistance welding maksudnya kayak gimana? apakah maksudnya 'dijepit'?
"welding" itu kan "las" mungkin maksudnya cara buatnya bro...
Setau ogud sih emang yang iridium bikinnya pake laser.. Keras banget... Katanya iridium itu batu luar angkasa ya?

Posted: Sun Sep 30, 2007 15:58
by PenyuTurbo
r1210g wrote: "welding" itu kan "las" mungkin maksudnya cara buatnya bro...
Setau ogud sih emang yang iridium bikinnya pake laser.. Keras banget... Katanya iridium itu batu luar angkasa ya?
Batu luar angkasa gimana ngambilnya .... hehehehhehehehehe.

Iridium keras dan akan lumer pada temperature tinggi ... kalau mengandalkan Resistance Welding ... ada kemungkinan panas yang terjadi gak cukup untuk melumerkan Iridium ... kepaksanya makai Laser Welding.

please anlisa warna businya

Posted: Tue Oct 02, 2007 4:03
by Yusaku
sepuh sm semua, minta tolong pendapatnya terhadap warna busi CR-v tahun 2001 saya, BBm pakai pertama plus, olie f/k massim0 7,5w-30, kabel busi nology hotwire, koil quantum. masalahnya kalau di bejek di rpm atas kaya 4,5,6 kok ada bunyi ngelitik halus, olie terakhir ganti waktu 25000km, dan sekarang baru 28000km, olinya warna coklat gelap gitu.



terima kasih banyak

Image

Posted: Tue Oct 02, 2007 4:04
by Yusaku
o ya klupaan busi ini adalah denso iridium ik20

Posted: Tue Oct 02, 2007 11:38
by StRaDe_Jazz
businya masih baru ya? matanya masih bersih tapi luarnya uda kotor

Posted: Tue Oct 02, 2007 11:41
by tonie
klo liat item d pinggiran businya spt nya bocor dikit d ring sekernya.... :D (CMIIW) ada penambahan olie secara periodik Boss :D ?

Posted: Tue Oct 02, 2007 12:05
by Yusaku
waduh, kalau penambahan oli sama sekali tidak pernah, dan selalu pada posisi penuh terus dengan patokan dipstick olie, oya item itu kondisi kering alias nggak basah kena oli maupun bensin, dibuka dalam kondisi mesin dingin. dan langsung difoto

hehehe trimakasih analisanya bro tonie, bro StRaDe_Jazz

Posted: Tue Oct 02, 2007 14:28
by r1210g
Sepertinya ada kesalahan ukuran sedikit dan ga terlalu penting... Seharusnya seluruhnya coklat...
Begitu pula dengan Honda Grand Civic saya taun 89... Kalo pas, smuanya coklat...
Itu kayaknya kepanjangan deh... Hmmm tapi itu baik, yang penting tengahnya bersih...
Hmmm...
Kalo ngelitik, itu soalnya dah pake koil gede...
Musti dibarengi ama modul biar ga ngelitik...
Soalnya kalo RPM tinggi koil kekurangan waktu buat naikkin voltase...

Re: please anlisa warna businya

Posted: Tue Oct 02, 2007 17:56
by PenyuTurbo
Yusaku wrote:sepuh sm semua, minta tolong pendapatnya terhadap warna busi CR-v tahun 2001 saya, BBm pakai pertama plus, olie f/k massim0 7,5w-30, kabel busi nology hotwire, koil quantum. masalahnya kalau di bejek di rpm atas kaya 4,5,6 kok ada bunyi ngelitik halus, olie terakhir ganti waktu 25000km, dan sekarang baru 28000km, olinya warna coklat gelap gitu.

terima kasih banyak
1. Mengkilapnya Porcelaine ... menunjukkan bahwa AFR (Air Fuel Ratio) adalah LEAN (Lambda > 1)

2. Dilihat dari Elektroda Negative ... TIMING ... terlalu Maju untuk OCTANE BBM yang digunakan

3. Hitamnya Ujung elektroda negative menunjukkan sudah adanya sedikit kebocoran pada Valve Guide ... alias sudah sedikit longgar.

REKOMENDASI :

a. RESET ECU dan TERAPI 125 .... Check apakah masih ada ngelitik halus apa gak ? ... kalau masih ada

b. Ganti HEAT RANGE busi 1 point lebih dingin ... Untuk busi DENSO ... semakin besar kode angka maka heat range busi akan semakin dingin ... contohnya IK20 adalah busi dengan heat range lebih panas dari IK22. Kalau NGK akan serupa ... misal BKR5 mempunyai heat range lebih panas dari BKR6. Lain halnya dengan busi CHAMPION dan BOSCH ... semakin kecil kode bilangan maka semakin dingin Heat Range-nya........ RESET lagi ECU dan TERAPI 125 .... Check lagi apa masih ada ngelitik apa gak..... Kalau masih ada juga ngelitik ... maka

c. Bersihkan Kotoran Dalam Ruang Bakar (DECARBONIZING)

Catatan : BBM yang digunakan tetap pada PERTAMAX PLUS.

Semoga membantu.

Re: please anlisa warna businya

Posted: Wed Oct 03, 2007 1:23
by abdoel
PenyuTurbo wrote:
Yusaku wrote:sepuh sm semua, minta tolong pendapatnya terhadap warna busi CR-v tahun 2001 saya, BBm pakai pertama plus, olie f/k massim0 7,5w-30, kabel busi nology hotwire, koil quantum. masalahnya kalau di bejek di rpm atas kaya 4,5,6 kok ada bunyi ngelitik halus, olie terakhir ganti waktu 25000km, dan sekarang baru 28000km, olinya warna coklat gelap gitu.

terima kasih banyak
1. Mengkilapnya Porcelaine ... menunjukkan bahwa AFR (Air Fuel Ratio) adalah LEAN (Lambda > 1)

2. Dilihat dari Elektroda Negative ... TIMING ... terlalu Maju untuk OCTANE BBM yang digunakan

3. Hitamnya Ujung elektroda negative menunjukkan sudah adanya sedikit kebocoran pada Valve Guide ... alias sudah sedikit longgar.

REKOMENDASI :

a. RESET ECU dan TERAPI 125 .... Check apakah masih ada ngelitik halus apa gak ? ... kalau masih ada

b. Ganti HEAT RANGE busi 1 point lebih dingin ... Untuk busi DENSO ... semakin besar kode angka maka heat range busi akan semakin dingin ... contohnya IK20 adalah busi dengan heat range lebih panas dari IK22. Kalau NGK akan serupa ... misal BKR5 mempunyai heat range lebih panas dari BKR6. Lain halnya dengan busi CHAMPION dan BOSCH ... semakin kecil kode bilangan maka semakin dingin Heat Range-nya........ RESET lagi ECU dan TERAPI 125 .... Check lagi apa masih ada ngelitik apa gak..... Kalau masih ada juga ngelitik ... maka

c. Bersihkan Kotoran Dalam Ruang Bakar (DECARBONIZING)

Catatan : BBM yang digunakan tetap pada PERTAMAX PLUS.

Semoga membantu.
wah kalo yg njelasno kaya gini bisa cepat paham aaaa :e-clap:

Posted: Wed Oct 03, 2007 2:47
by Yusaku
arigatou gozaimasu bro penyuturbo, hehehe atas waktunya menganalisa busi saya. ini saya tambahkan pic supaya bisa lebih jelas lagi.

Image

Image





kemarin pakai kamera hp jadi kurang maknyuss hehehe

Posted: Wed Oct 03, 2007 4:47
by PenyuTurbo
Yusaku wrote:arigatou gozaimasu bro penyuturbo, hehehe atas waktunya menganalisa busi saya. ini saya tambahkan pic supaya bisa lebih jelas lagi.

kemarin pakai kamera hp jadi kurang maknyuss hehehe
Ngelihat Photo baru ... maka Analisa NO.3 diatas ... gak ada lagi ... alias dihapus.

Posted: Wed Oct 03, 2007 5:18
by uch
Pokoke kalo ada Pak Penyu, semua masalah teratasi.. :D

Posted: Wed Oct 03, 2007 5:20
by PenyuTurbo
uch wrote:Pokoke kalo ada Pak Penyu, semua masalah teratasi.. :D
Kecuali masalah keuangan ..... :D

Posted: Wed Oct 03, 2007 5:45
by uch
PenyuTurbo wrote:
uch wrote:Pokoke kalo ada Pak Penyu, semua masalah teratasi.. :D
Kecuali masalah keuangan ..... :D
ha..ha..ha..ha...

Kalo itu sih tergantung "rasa"... :D

Kalo terasa kurang ya kurang. Terasa cukup, jadi cukup... :D