Page 3 of 61

Posted: Fri May 25, 2007 6:11
by soraksorai
Sugie wrote: Kalo kaya gw tiap weekend mudik Bdg, tapi se hari2 gawe di Jkt, tipe busi yg mana yg plg cocok ?
pake aja busi standar.. hehehehe....
busi dingin atau panas hanya dipakai kalo kondisi pengendaraan ekstrim banget.

Posted: Fri May 25, 2007 6:18
by soraksorai
mansetha wrote:hem...thanks infonya, misal kalo pake NGK Iridium IX kode BKR6EIX-11 untuk mobil CDI Ijeksi, keperluan dalam kota dan luar kota kira-kira cocok nggak, apakah busi itu termasuk type dingin/panas...thank before...
Tergantung busi standar mobil sampeyan... kalo standarnya BKR5, berarti kalo mau diganti BKR6 berarti mobil sampeyan bakal sering diajak ngebut atau luar kota, berarti tipe 6 adalah tipe 'busi dingin'.

Tapi kalo mobil sampeyan standarnya BKR6, ya sudah berarti tipe standar... heheheh...

Posted: Fri May 25, 2007 11:32
by widnug
soraksorai wrote:
Sugie wrote: Kalo kaya gw tiap weekend mudik Bdg, tapi se hari2 gawe di Jkt, tipe busi yg mana yg plg cocok ?
pake aja busi standar.. hehehehe....
busi dingin atau panas hanya dipakai kalo kondisi pengendaraan ekstrim banget.
Setubuh..eh setuju..untuk mobil dgn mesin standart sich memang mending pakai busi sesuai buku manual

Posted: Sat May 26, 2007 16:08
by kepin
pokony kao mobil2 injection cari businya yg aad Tipe R nya lebih bagus, berarti busi yg ada hambatannya.

Posted: Sun May 27, 2007 15:56
by r1210g
kepin wrote:pokony kao mobil2 injection cari businya yg aad Tipe R nya lebih bagus, berarti busi yg ada hambatannya.
Kenapa?
yg gw tau itu hub.nya dengan pemakaian distributor atau tidak..
kalo pk distributor cari yg ga ada R nya, karena udah banyak terhambat di distributor itu sendiri...

Posted: Sun May 27, 2007 16:21
by Yusaku
denger denger kalau peugeot kalau pakai busi sembarangan, kilometernya bisa jalan terus kaya stopwatch

Posted: Sun May 27, 2007 16:52
by kepin
kepin wrote:
pokony kao mobil2 injection cari businya yg aad Tipe R nya lebih bagus, berarti busi yg ada hambatannya.

Kenapa?
yg gw tau itu hub.nya dengan pemakaian distributor atau tidak..
kalo pk distributor cari yg ga ada R nya, karena udah banyak terhambat di distributor itu sendiri...
kurang tau juga bro penjelasan teknisnya, itu gw dpt dari kata konsumen & bokap, bnyk yg blng gt, kalo ke teknisnya kurang ngerti mesin dah, wong sarjana konputer weeeekekkekeeke

Posted: Mon May 28, 2007 1:30
by mansetha
ya, kayaknya busi standart lenih direkomendasikan neh, ... selain lebih murah juga lebih aman ya... saran yang baik...

Posted: Tue May 29, 2007 17:42
by arinme
kepin wrote:pokony kao mobil2 injection cari businya yg aad Tipe R nya lebih bagus, berarti busi yg ada hambatannya.
di eterna gti ga pake R tuh, tapi kalo baca spek eterna versi luar, ada yang musti pake R, nah loh bingung kan...
standar ajaaa...

Posted: Thu May 31, 2007 3:42
by mansetha
Type R, busi type dingin nggak, ... waduh emang tambah binun hehehehe.... kalo gitu pake standar dulu aja, sambil trus cari referensi yang paling pas...sip lah...

Pake Bosch Aj yang 4 kaki

Posted: Thu May 31, 2007 8:48
by co_coolz
Mbl gw hyundai accent sdh hampir 2 thn ga pernah ganti businya, n skrg masih enak. Estilo gw hampir 1 thn juga blm ganti, tarikannya jg ok..

Posted: Sun Jun 03, 2007 14:38
by StRaDe_Jazz
bukan masalah tahun, tapi KM nya, 1500cc dianjurkan 20000KM sekali, bahkan Denso (biasalah iklan) bilangnya 15000KM

Posted: Sun Jun 03, 2007 23:52
by maxx
Boil bokap gw ga pernah ganti busi tuh udah 6thn tetep aja pake busi standard saat mobil deliver kerumah. ... abis gimana dong masa mo hambur2 uang? wong mobilnya aja sekarang baru 12rb KM .. :P

Posted: Mon Jun 04, 2007 12:20
by StRaDe_Jazz
wah, boil apaan nih... jangan-jangan...

Posted: Wed Jun 06, 2007 16:56
by bako
jgn2 Timor lg.. hwehwehwe....
NGK platinum untuk harian rasanya dah ok lah..

Posted: Thu Jun 07, 2007 2:20
by mansetha
Akhirnya saya pake busi NGK standar aje.... nanti coba yang iridium hehehe... masih penasaran, oprek mesin dulu, baru ganti busi iridium IX....biar tambah ngaciiiirrrr....

Bedain Busi Platinum dan Iridium

Posted: Sun Sep 02, 2007 4:06
by StRaDe_Jazz
Mohon bantuan sesepuh, ada gak ciri2 fisik yg jelas buat ngebedain Busi Platinum dengan Iridium?
seperti dari sekilas diameter, atau warnanya begitu?

Posted: Sun Sep 02, 2007 15:46
by r1210g
platina? ga salah?
platina mah bandingin ma CDI...

Re: Bedain Busi Platina dan Iridium

Posted: Sun Sep 02, 2007 19:30
by Danny
StRaDe_Jazz wrote:Mohon bantuan sesepuh, ada gak ciri2 fisik yg jelas buat ngebedain Busi Platina dengan Iridium?
seperti dari sekilas diameter, atau warnanya begitu?
Mungkin Maksud Bro Busi Platinum dgn Iridium? ky NGK Platinum Ma Iridium?

Posted: Mon Sep 03, 2007 7:41
by StRaDe_Jazz
iya, itu maksud gw. ada ciri2nya gak?

ps:judul uda gw ganti neh, hehehe, salah ya ternyata

Posted: Tue Sep 04, 2007 11:21
by €lj€p€
Setahu saya sih... elektroda iridium (yang ditengah) sebesar jarum (0,6 mm).
Kalau platinum bentuknya masih sama... hanya ada tulisan platinum
Yang lainnya panjang, diameter harus standard dengan ukuran standard nya dong...
Jadi pakai equivalent...

kalau mau lihat gambarnya, search aja di google....

Posted: Sat Sep 22, 2007 5:36
by bako
susah emang ya bedainnya... jadi ya percaya aja ama penjualnya..huhuhu :D

Posted: Sat Sep 22, 2007 11:17
by r1210g
Kan serinya aja dah beda...
Kalo ga salah iridium ada x-x nya...
kalo mau yakin, liat aja di webnya NGK... Search di google.. "NGK"
ampir sua mobil ada kodenya...

Posted: Sat Sep 22, 2007 11:18
by PenyuTurbo
bako wrote:susah emang ya bedainnya... jadi ya percaya aja ama penjualnya..huhuhu :D
Mungkin ini sedikit membantu:

Posted: Sat Sep 22, 2007 11:41
by satyr
iridium dah ada yg 0,4 mm kok