Page 2 of 61

Posted: Tue Apr 24, 2007 15:51
by StRaDe_Jazz
kalo buat jazz ada serinya sendiri kok
belinya busi apa bro?
kalo denso punya, iridium power musti seri IK20, itu barang tinggal pasang

Posted: Tue Apr 24, 2007 16:09
by satyr
cek aja di user manual

Posted: Tue Apr 24, 2007 16:12
by yab
StRaDe_Jazz wrote:kalo buat jazz ada serinya sendiri kok
belinya busi apa bro?
kalo denso punya, iridium power musti seri IK20, itu barang tinggal pasang
busi STD pabrik bro heuheuhue, maklum lah mobil engak di apa apain :roll:
pas beli kok kayaknya Gap nya gede bener, di cek pake feeler kok 1 mm lebih.

Posted: Tue Apr 24, 2007 16:36
by StRaDe_Jazz
satyr wrote:cek aja di user manual
iye, coba cek user manual...
setau gw sih gap buat jazz 1.0mm doang... cmiiw

Posted: Tue Apr 24, 2007 16:44
by r1210g
Rata2 sih maen di 0.6-0.9 bro...

Posted: Tue May 08, 2007 8:32
by widnug
Buat Jazz/Fit...maen di 1.0mm-1,1 mm

Posted: Tue May 08, 2007 11:23
by widnug
Buat Jazz/Fit...maen di 1.0mm-1,1 mm..di buku manualnya juga tertulis begitu

Posted: Tue May 08, 2007 12:10
by redvolcano
@yab

feeler gauge beli di mana? brp duit?

Busi paling pas buat mobil

Posted: Wed May 23, 2007 3:07
by mansetha
Kira-kira menurut pendapat/pengalaman rekan-rekan, Busi apa yang paling pas buat mobil, terutama mobil CDI dan ijeksi DOHC.... trims :wink:

Posted: Wed May 23, 2007 3:50
by r1210g
Apanya nih? Merk? seri?

Kalo merk yang selama ini terbaik sih menurut gw NGK, apalagi abis liat di saft7.com... NGK quality qontrolnya masih bagus...

Kalo seri mah tergantung buku manual atuh...

Posted: Wed May 23, 2007 4:11
by satyr
tergantung mobil dan mesinnya (untuk tipe)

kalo merk sih Denso dan NGK..jangan pake yg aneh2

Posted: Wed May 23, 2007 7:47
by mansetha
misal kalo pake busi NGK Iridium IX atau NGK G-Power (karena resistensinya paling bagus/Kecil), ... apa ada yg pernah pakai...bagi-bagi dunk pengalamannya....

Posted: Wed May 23, 2007 10:45
by soraksorai
Gue pake NGK Iridium IX buat X-Trail.
Efeknya:
- Tarikan SEDIKIT lebih baik.
- Bensin SEDIKIT lebih hemat.

Sebelumnya gua pake standar X-Trail, NGK V-Groove.
Menurut info2 di web yang gua baca, untuk busi yg paling bagus merk NGK (katanya...)

Pemakaian busi tergantung kondisi pengendaraan sehari-hari.
- Jika sering jarak pendek < 10 km, pake 'busi panas'
- Jika sering keluar kota/ngebut/rpm tinggi, pake 'busi dingin'
Biasanya dari kode angka.
Contoh di XTrail,
- Standar NGK LFR5A-11
- Jika suka rpm tinggi/jarak jauh luar kota, maka sebaknya diganti 'busi dingin' maka pakai LFR6A-11
- Sebaliknya jika jarak tempuh pendek-pendek saja, dominan city driving, gunakan 'busi panas' LFR4A-11.

Kalau ingin jarang ganti busi, maka pakai tipe Platinum, ada kode huruf 'P'
Contoh: - PLFR5A-11

Jika ingin pengapian besar, maka pakai tipe Iridium-Platinum, ada kode IX di belakang
Contoh: - PLFR6AIX-11

Posted: Wed May 23, 2007 11:18
by Sugie
soraksorai wrote:Gue pake NGK Iridium IX buat X-Trail.
Efeknya:
- Tarikan SEDIKIT lebih baik.
- Bensin SEDIKIT lebih hemat.

Sebelumnya gua pake standar X-Trail, NGK V-Groove.
Menurut info2 di web yang gua baca, untuk busi yg paling bagus merk NGK (katanya...)

Pemakaian busi tergantung kondisi pengendaraan sehari-hari.
- Jika sering jarak pendek < 10 km, pake 'busi panas'
- Jika sering keluar kota/ngebut/rpm tinggi, pake 'busi dingin'
Biasanya dari kode angka.
Contoh di XTrail,
- Standar NGK LFR5A-11
- Jika suka rpm tinggi/jarak jauh luar kota, maka sebaknya diganti 'busi dingin' maka pakai LFR6A-11
- Sebaliknya jika jarak tempuh pendek-pendek saja, dominan city driving, gunakan 'busi panas' LFR4A-11.

Kalau ingin jarang ganti busi, maka pakai tipe Platinum, ada kode huruf 'P'
Contoh: - PLFR5A-11

Jika ingin pengapian besar, maka pakai tipe Iridium-Platinum, ada kode IX di belakang
Contoh: - PLFR6AIX-11
Kalo kaya gw tiap weekend mudik Bdg, tapi se hari2 gawe di Jkt, tipe busi yg mana yg plg cocok ?

Posted: Wed May 23, 2007 13:57
by r1210g
Sugie wrote:
soraksorai wrote:Gue pake NGK Iridium IX buat X-Trail.
Efeknya:
- Tarikan SEDIKIT lebih baik.
- Bensin SEDIKIT lebih hemat.

Sebelumnya gua pake standar X-Trail, NGK V-Groove.
Menurut info2 di web yang gua baca, untuk busi yg paling bagus merk NGK (katanya...)

Pemakaian busi tergantung kondisi pengendaraan sehari-hari.
- Jika sering jarak pendek < 10 km, pake 'busi panas'
- Jika sering keluar kota/ngebut/rpm tinggi, pake 'busi dingin'
Biasanya dari kode angka.
Contoh di XTrail,
- Standar NGK LFR5A-11
- Jika suka rpm tinggi/jarak jauh luar kota, maka sebaknya diganti 'busi dingin' maka pakai LFR6A-11
- Sebaliknya jika jarak tempuh pendek-pendek saja, dominan city driving, gunakan 'busi panas' LFR4A-11.

Kalau ingin jarang ganti busi, maka pakai tipe Platinum, ada kode huruf 'P'
Contoh: - PLFR5A-11

Jika ingin pengapian besar, maka pakai tipe Iridium-Platinum, ada kode IX di belakang
Contoh: - PLFR6AIX-11
Kalo kaya gw tiap weekend mudik Bdg, tapi se hari2 gawe di Jkt, tipe busi yg mana yg plg cocok ?
Ha3.. Beli aja 2, tiap mau pulang ganti.. Ha3.. JK...

Ya pake yg standard bwaan dari sananya aja... Kecuali kalo udah di modif2an..

Posted: Wed May 23, 2007 16:29
by kepin
yup tergantung mobilnya bro, AFAIK kalo mobil eropa tuh bagus pake Beru, Bosch 4 kaki, tapi kalo buat mobil jepang NGK & Denso tak terkalahkan wong usi TRD aj make NGK/Denso. pokonya kalo busi Jepang yg serinya pake 2 ankga puluhan (27, ??) itu buatan Denso. kalo 1 angka itu pasti buatan NGK

"bro Danny, mobil Corona make NGK iridium, katanya mentep euy.. businya"

Posted: Wed May 23, 2007 17:27
by Danny
kepin wrote:yup tergantung mobilnya bro, AFAIK kalo mobil eropa tuh bagus pake Beru, Bosch 4 kaki, tapi kalo buat mobil jepang NGK & Denso tak terkalahkan wong usi TRD aj make NGK/Denso. pokonya kalo busi Jepang yg serinya pake 2 ankga puluhan (27, ??) itu buatan Denso. kalo 1 angka itu pasti buatan NGK

"bro Danny, mobil Corona make NGK iridium, katanya mentep euy.. businya"
halaaah bisa aja si bos, gw klo busi memang gak pernah beranjak dr Denso n NGK, sebelum pake NGK iridium gw pake Denso iridium IK20< gw beli mobil corona 3S-GE businya udah pake IK20 kt owner yg lama, trus barusan gw ganti pake NGK iridium IX BKR6EIX>
sama aja kok performanya, pokonya klo mobil2 buatan jepang ya harus make busi jepang jg jgn merk yg aneh2!

Posted: Thu May 24, 2007 1:36
by mansetha
hem...thanks infonya, misal kalo pake NGK Iridium IX kode BKR6EIX-11 untuk mobil CDI Ijeksi, keperluan dalam kota dan luar kota kira-kira cocok nggak, apakah busi itu termasuk type dingin/panas...thank before...

Posted: Thu May 24, 2007 2:05
by satyr
liat aja di user manual

kalo mau Denso
misal tertera K20R

ganti aja IK20

kalo mau NGK
misal tertera BKR7

ganti aja BKR7EIX

gitu

Posted: Thu May 24, 2007 7:44
by mansetha
sepertinya perlu eksperimen sendiri neh...hehehe...

Posted: Thu May 24, 2007 9:35
by StRaDe_Jazz
wah, batal nih gw pake volker

Posted: Thu May 24, 2007 11:27
by Sugie
StRaDe_Jazz wrote:wah, batal nih gw pake volker
Bukannya Jazz kalo pake Volker jd ok ..........? :D

Posted: Thu May 24, 2007 12:28
by POS VETT
Kalau menurut gw (dan banyak yg lainnya) sih NGK atau Denso. 2/3/4/1000 kaki cuma buat masalah umurnya doang, tapi harganya jadi lebih mahal.

Prinsip gw: kalau gak masalah ganti businya agak sering, pakai NGK Copper biasa dengan elektroda yang ada notch-nya. Kode part-nya biasanya berakhir dengan "EY". Kalau yg "ES" tidak ada notch-nya, rata biasa. Kalau mau lebih "high performance" dan umurnya lebih lama pakai Iridium IX, ini kode part-nya berakhir dengan "IX".

Gw pakai NGK di mobil Jepang/Amerika/Jerman gak pernah ada masalah. Dari yang turbo sampai naturally-aspirated, dari 2000cc sampe yang 5700cc, pakai karburator ataupun injeksi.

Posted: Thu May 24, 2007 12:49
by StRaDe_Jazz
ferrari aja pake NGK, huekekekeke
gw ngikutin Ferrari lah, pake NGK juga :lol:

Posted: Fri May 25, 2007 2:08
by mansetha
wah, score tertinggi masih NGK ya, dari harian ampe arena balap F1 dan MotoGP pake Busi NGK... tambah mantap neh mo pake NGK Iridium .... sip lah...