Page 41 of 61

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jul 01, 2020 10:08
by Omnibus
Profith83 wrote: Wed Jul 01, 2020 9:43 om @Omnibus dan om @DOHC.

Kapan hari saya beli busi untuk Honda Mobilio RS matic thn 2015.
Type businya NGK FR6F-11K.
Setelah baca baca ada type laser yang NGK IZFR6K-13.

Sebenarnya bawaan ori mobil, busi type yang mana yah?
yg izfr itu kasta tertingginya ngk iridium (beda sama iridum ix). dia standar pabrik utk L15A (intake alum) yg terpasang di jazz GE8 dan city GM2 (kl ga salah freed juga.) krn posisi mesin susah utk ganti busi jd dikasih yg bisa tahan lama. tp dulu bnyk yg mengeluh krn busi itu mahal sekali terutama di beres.

akhirnya semenjak jazz gk5, hrv dan mobilio L15Z (intake plastik) standar pabrik dikasih fr6f biasa krn posisi ganti jauh lbh bersahabat.

kl bisa ngga L15Z dikasih izfr ya pasti bisa.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jul 01, 2020 10:19
by Profith83
Omnibus wrote: Wed Jul 01, 2020 10:08
Profith83 wrote: Wed Jul 01, 2020 9:43 om @Omnibus dan om @DOHC.

Kapan hari saya beli busi untuk Honda Mobilio RS matic thn 2015.
Type businya NGK FR6F-11K.
Setelah baca baca ada type laser yang NGK IZFR6K-13.

Sebenarnya bawaan ori mobil, busi type yang mana yah?
yg izfr itu kasta tertingginya ngk iridium (beda sama iridum ix). dia standar pabrik utk L15A (intake alum) yg terpasang di jazz GE8 dan city GM2 (kl ga salah freed juga.) krn posisi mesin susah utk ganti busi jd dikasih yg bisa tahan lama. tp dulu bnyk yg mengeluh krn busi itu mahal sekali terutama di beres.

akhirnya semenjak jazz gk5, hrv dan mobilio L15Z (intake plastik) standar pabrik dikasih fr6f biasa krn posisi ganti jauh lbh bersahabat.

kl bisa ngga L15Z dikasih izfr ya pasti bisa.
oh siap om. Bawaannya FR6F-11K karena orang banyak compliant dulunya mahal. makanya diberi yang FR6F-11K.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jul 01, 2020 10:59
by MSU
Omnibus wrote: Wed Jul 01, 2020 7:06
MSU wrote: Wed Jul 01, 2020 7:01
coklatMetalik wrote: Wed Jul 01, 2020 5:59

Iya besi Lnya memang kehalang delco utk busi nomer 2 & 3, makanya sy diledekin di trit sebelah :big_biglaugh:

Tp emang kayanya bawaan mobil deh, dari jaman duluuu udh disimpen di kantong yg tulisan TOYOTA gabung sama kunci2 roda, krom2nya jg udh pada ngelupas & agak karatan :mky_01:
Barusan browsing di partsouq.com malah ketemu, part numbernya 09155-44010

Kalo kunci roda sih sy punya yg bs dipanjangin & bahannya rada kuat, berani sy injek2, biasanya kalo udh diinjek2 sih bs lepas juga.
Tp emang pernah jg sih sampe kunci rodanya bengkok, 2 taun yg lalu, di bengkel, pas mau ganti kampas rem depan, akhirnya itu bengkel terpaksa pake pipa juga :big_biglaugh:
seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya
yah dikasih tau om ...... nanti ga jadi beli tools deh :mky_03:
Haha...tenang om...kalo udh tau senangnya punya kunci sok....dijamin ketagihan

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jul 01, 2020 13:19
by coklatMetalik
MSU wrote: Wed Jul 01, 2020 7:01
seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya
:mky_02: :mky_02:
:thanks: Ntar sy coba
Omnibus wrote: Wed Jul 01, 2020 7:06

yah dikasih tau om ...... nanti ga jadi beli tools deh :mky_03:
:big_weee: :big_weee: :upss:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 3:15
by DOHC
coklatMetalik wrote: Wed Jul 01, 2020 13:19
MSU wrote: Wed Jul 01, 2020 7:01
seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya
:mky_02: :mky_02:
:thanks: Ntar sy coba
Omnibus wrote: Wed Jul 01, 2020 7:06

yah dikasih tau om ...... nanti ga jadi beli tools deh :mky_03:
:big_weee: :big_weee: :upss:
Ayo buruan tu beli konci sok busi

Ngalamin busi macet apalagi patah itu sesuatu banget loh, punggung pegel, tangan sakit.. blom lg akhirnya malah patah, jebolan asemreges aj pasti keringet dingin

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 4:16
by marmut
DOHC wrote: Thu Jul 02, 2020 3:15
Ayo buruan tu beli konci sok busi

Ngalamin busi macet apalagi patah itu sesuatu banget loh, punggung pegel, tangan sakit.. blom lg akhirnya malah patah, jebolan asemreges aj pasti keringet dingin

justru asemreges malah seneng kalo busi patah.
jadi ada kerjaan tambahan angkat head, bengkel bubut benerin drat busi, sekir klep, papas head, more tjuan more fun.
derita lu, rejeki gue.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 7:54
by DOHC
marmut wrote: Thu Jul 02, 2020 4:16
DOHC wrote: Thu Jul 02, 2020 3:15
Ayo buruan tu beli konci sok busi

Ngalamin busi macet apalagi patah itu sesuatu banget loh, punggung pegel, tangan sakit.. blom lg akhirnya malah patah, jebolan asemreges aj pasti keringet dingin

justru asemreges malah seneng kalo busi patah.
jadi ada kerjaan tambahan angkat head, bengkel bubut benerin drat busi, sekir klep, papas head, more tjuan more fun.
derita lu, rejeki gue.
Dl kijang super papa saya perna patah busi mbah, waktu itu krn tinggal nya masi deket sawah besar sana, bokap manggil sala satu montir asem reges sana

Dsitulah saya terbuka mata nya dgn cara asem reges utk kluarin busi patah, pake besi pasak pipih, ketok2 ke dalem patahan busi, trus pake tang gede ama baju diputer2 sambil d ketok2

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 14:38
by coklatMetalik
4 busi di Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI sudah berhasil dibuka & diperiksa (& dipasang lagi dengan selamat) :mky_02:
IMG_20200702_121621.jpg
Busi 1
IMG_20200702_121454.jpg
Lubang 1
IMG_20200702_122235.jpg
Busi 2
IMG_20200702_122131.jpg
Lubang 2
IMG_20200702_122910.jpg
Busi 3
IMG_20200702_122807.jpg
Lubang 3
IMG_20200702_123437.jpg
Busi 4
IMG_20200702_123327.jpg
Lubang 4
IMG_20200702_124428.jpg
Kunci busi

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 14:46
by DOHC
@Mbah omnibus

mbah, itu foto busi nya om coklatmetalik punya Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI, itu kah yg dimaksud carbon stain di ulir2 busi ? ampe item ke atas2 gt maksud nya yg bagus ?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 14:51
by coklatMetalik
Monggo diteliti bagus tidaknya itu busi & lubangnya
Tp rasanya keempat busi kondisinya mirip2, sepertinya memang kecil kemungkinan ring seher bocor ya...
So far so good lah

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 15:00
by marmut
coklatMetalik wrote: Thu Jul 02, 2020 14:38 4 busi di Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI sudah berhasil dibuka & diperiksa (& dipasang lagi dengan selamat) :mky_02:

IMG_20200702_121621.jpg
Busi 1

IMG_20200702_121454.jpg
Lubang 1

IMG_20200702_122235.jpg
Busi 2

IMG_20200702_122131.jpg
Lubang 2

IMG_20200702_122910.jpg
Busi 3

IMG_20200702_122807.jpg
Lubang 3

IMG_20200702_123437.jpg
Busi 4

IMG_20200702_123327.jpg
Lubang 4

IMG_20200702_124428.jpg
Kunci busi

ini busi datang dariii...... dik coklatMetalik nun jauh disana.
businya tampak normal, hanya saja oli mesin musti rajin diganti.
bagusss......

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 15:07
by coklatMetalik
marmut wrote: Thu Jul 02, 2020 15:00


ini busi datang dariii...... dik coklatMetalik nun jauh disana.
businya tampak normal, hanya saja oli mesin musti rajin diganti.
bagusss......
Terimakasih pak guruuu
Ijin bertanya, lubang busi kira2 kenapa pada ireng & agak becek begitu?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 15:54
by Omnibus
coklatMetalik wrote: Thu Jul 02, 2020 14:38 4 busi di Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI sudah berhasil dibuka & diperiksa (& dipasang lagi dengan selamat) :mky_02:

IMG_20200702_121621.jpg
Busi 1

IMG_20200702_121454.jpg
Lubang 1

IMG_20200702_122235.jpg
Busi 2

IMG_20200702_122131.jpg
Lubang 2

IMG_20200702_122910.jpg
Busi 3

IMG_20200702_122807.jpg
Lubang 3

IMG_20200702_123437.jpg
Busi 4

IMG_20200702_123327.jpg
Lubang 4

IMG_20200702_124428.jpg
Kunci busi
lihat foto terakhir kok saya langsung merasa lemes ya

:big_biglaugh:

anyway ...... big congrats om. anda berhasil menaklukan tantangan berat

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 15:58
by Omnibus
DOHC wrote: Thu Jul 02, 2020 14:46 @Mbah omnibus

mbah, itu foto busi nya om coklatmetalik punya Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI, itu kah yg dimaksud carbon stain di ulir2 busi ? ampe item ke atas2 gt maksud nya yg bagus ?
hah! bukan om, asli sy ga pernah bilang gitu. :mky_07:

sy bilang kl carbon, oli campur uap bensin sampai ke gasket artinya kurang kencang.

kl burn mark yg bagus 2-3 ulir dr permulaan drat.

sudah kah anda makan malam? :big_peace:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 02, 2020 16:16
by DOHC
Omnibus wrote: Thu Jul 02, 2020 15:58
DOHC wrote: Thu Jul 02, 2020 14:46 @Mbah omnibus

mbah, itu foto busi nya om coklatmetalik punya Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI, itu kah yg dimaksud carbon stain di ulir2 busi ? ampe item ke atas2 gt maksud nya yg bagus ?
hah! bukan om, asli sy ga pernah bilang gitu. :mky_07:

sy bilang kl carbon, oli campur uap bensin sampai ke gasket artinya kurang kencang.

kl burn mark yg bagus 2-3 ulir dr permulaan drat.

sudah kah anda makan malam? :big_peace:
ahh ya ya, burn mark maksud saya

tadi makan nya nasi padang, pake ayam pop, rendang, sayur nangka ama sambel ijo, trus ama sate padang 2 tusuk tp ga pake lontong
kelewat kenyang ampe ngantuk berat

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Jul 04, 2020 11:19
by coklatMetalik
Omnibus wrote: Thu Jul 02, 2020 15:58

hah! bukan om, asli sy ga pernah bilang gitu. :mky_07:

sy bilang kl carbon, oli campur uap bensin sampai ke gasket artinya kurang kencang.

kl burn mark yg bagus 2-3 ulir dr permulaan drat.

sudah kah anda makan malam? :big_peace:
Hmmm berarti busi2 Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI sy sebelumnya kurang kenceng ya...
Pdhl itu dipasang 1 taun yg lalu di bengkel pk kunci T :ungg:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Jul 04, 2020 11:28
by Omnibus
coklatMetalik wrote: Sat Jul 04, 2020 11:19
Hmmm berarti busi2 Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI sy sebelumnya kurang kenceng ya...
Pdhl itu dipasang 1 taun yg lalu di bengkel pk kunci T :ungg:
belum sampai gasket itu, msh aman

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Jul 04, 2020 11:29
by DOHC
coklatMetalik wrote: Sat Jul 04, 2020 11:19
Omnibus wrote: Thu Jul 02, 2020 15:58

hah! bukan om, asli sy ga pernah bilang gitu. :mky_07:

sy bilang kl carbon, oli campur uap bensin sampai ke gasket artinya kurang kencang.

kl burn mark yg bagus 2-3 ulir dr permulaan drat.

sudah kah anda makan malam? :big_peace:
Hmmm berarti busi2 Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI sy sebelumnya kurang kenceng ya...
Pdhl itu dipasang 1 taun yg lalu di bengkel pk kunci T :ungg:
laen kl pasang nya pake konci sok trus sambungin ama konci L yg ujung nya dipanjangin pake pipa besi

abis itu dtarik ama 2 cowo cungkring yah

itu SOP kencengin busi

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Jul 04, 2020 11:40
by coklatMetalik
DOHC wrote: Sat Jul 04, 2020 11:29

laen kl pasang nya pake konci sok trus sambungin ama konci L yg ujung nya dipanjangin pake pipa besi

abis itu dtarik ama 2 cowo cungkring yah

itu SOP kencengin busi
Knapa kudu cungkring? :big_biglaugh:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Jul 04, 2020 12:28
by MSU
coklatMetalik wrote: Thu Jul 02, 2020 14:51 Monggo diteliti bagus tidaknya itu busi & lubangnya
Tp rasanya keempat busi kondisinya mirip2, sepertinya memang kecil kemungkinan ring seher bocor ya...
So far so good lah
Selamat om...akhirnya berhasil haha...
Rasanya normal semua...
Cuma ada potensi engine sludge kl ya...biasa mesin jarang dipake jadi jarang ganti oli
Tunggu anjuran suhu di sini aja

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Jul 04, 2020 12:34
by coklatMetalik
MSU wrote: Sat Jul 04, 2020 12:28
coklatMetalik wrote: Thu Jul 02, 2020 14:51 Monggo diteliti bagus tidaknya itu busi & lubangnya
Tp rasanya keempat busi kondisinya mirip2, sepertinya memang kecil kemungkinan ring seher bocor ya...
So far so good lah
Selamat om...akhirnya berhasil haha...
Rasanya normal semua...
Cuma ada potensi engine sludge kl ya...biasa mesin jarang dipake jadi jarang ganti oli
Tunggu anjuran suhu di sini aja
Sludge sih memang iya
2012-2017 ganti olinya bener2 nunggu abis 5000 km & itu bisa 1,5-2 taun, olinya pake merk artis pula :mky_01:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Jul 04, 2020 15:03
by marmut
DOHC wrote: Thu Jul 02, 2020 16:16

tadi makan nya nasi padang, pake ayam pop, rendang, sayur nangka ama sambel ijo, trus ama sate padang 2 tusuk tp ga pake lontong
kelewat kenyang ampe ngantuk berat

saya pake jariang, gajebo, dendeng batokok duo, nasi tambuah ciek, ikan bilih saketek, teh talua.
jadi bara da?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sat Jul 04, 2020 16:07
by Omnibus
marmut wrote: Sat Jul 04, 2020 15:03
DOHC wrote: Thu Jul 02, 2020 16:16

tadi makan nya nasi padang, pake ayam pop, rendang, sayur nangka ama sambel ijo, trus ama sate padang 2 tusuk tp ga pake lontong
kelewat kenyang ampe ngantuk berat

saya pake jariang, gajebo, dendeng batokok duo, nasi tambuah ciek, ikan bilih saketek, teh talua.
jadi bara da?
tergantung dimana mbah ..... kl sari ratu minimal dua lembar merah satu lembar biru. :mky_04:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Jul 05, 2020 1:39
by DOHC
Omnibus wrote: Sat Jul 04, 2020 16:07
marmut wrote: Sat Jul 04, 2020 15:03
DOHC wrote: Thu Jul 02, 2020 16:16

tadi makan nya nasi padang, pake ayam pop, rendang, sayur nangka ama sambel ijo, trus ama sate padang 2 tusuk tp ga pake lontong
kelewat kenyang ampe ngantuk berat

saya pake jariang, gajebo, dendeng batokok duo, nasi tambuah ciek, ikan bilih saketek, teh talua.
jadi bara da?
tergantung dimana mbah ..... kl sari ratu minimal dua lembar merah satu lembar biru. :mky_04:
Yg biasa aj, gobanan masi ad kembalian

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Sun Jul 05, 2020 2:08
by Suryaputra
DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 1:39
Omnibus wrote: Sat Jul 04, 2020 16:07
marmut wrote: Sat Jul 04, 2020 15:03


saya pake jariang, gajebo, dendeng batokok duo, nasi tambuah ciek, ikan bilih saketek, teh talua.
jadi bara da?
tergantung dimana mbah ..... kl sari ratu minimal dua lembar merah satu lembar biru. :mky_04:
Yg biasa aj, gobanan masi ad kembalian
Pagi Sore blm ada lawan.
rendang dan ayam gorengnya.. :big_peace:
cukup 1 lbr merah per orang.

maap oot :ngacir: