Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Busi

Post by azu »

Para suhu mohon masukannya.

Busi baru dipakai sekitar 800Km dalam sebulan. Sebelum ganti busi ganti juga karet gasket cover head karena sempat rembes ke koil, dan carbon cleaning ruang bakar.

Kalau lihat di businya kondisinya ada hitam seperti oli kebakar dan ulirnya ada yg basah, kemudian kepala busi warnanya putih seperti setelan terlalu kering atau kepanasan.

Apakah heat range businya harus ganti ke busi dingin? Kemudian bekas seperti oli kebakar dan ulir basah itu biasanya kenapa ya? Untuk penguapan oli masih minim lah ya utk mesin 140ribu Km. Dalam 4000 Km paling turun dari 3/4 jadi 1/2 di dipstick. Busi yg dipakai NGK BKR5EGP di 1NZ-FE dgn BBM selalu V Power.

IMG_20210117_145526.jpg
IMG_20210117_145500.jpg
IMG_20210117_145937.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

Suhu..mohon pencerahan
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

azu wrote: Mon Jan 18, 2021 9:39 Para suhu mohon masukannya.

-

dugaan nubi sotoy,
nampak ngga pernah RPM tinggi atau lebih sering jarak deket sepertinya.
info lebih lanjut coba sambat suhu abah shifu mahaguru Omnibus yang pandai membaca komik, koran, busi, raut wajah, garis tangan, bola kristal, bola golf, dll.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

azu wrote: Mon Jan 18, 2021 9:39 -------

Apakah heat range businya harus ganti ke busi dingin? Kemudian bekas seperti oli kebakar dan ulir basah itu biasanya kenapa ya? Untuk penguapan oli masih minim lah ya utk mesin 140ribu Km. Dalam 4000 Km paling turun dari 3/4 jadi 1/2 di dipstick. Busi yg dipakai NGK BKR5EGP di 1NZ-FE dgn BBM selalu V Power.


IMG_20210117_145526.jpgIMG_20210117_145500.jpgIMG_20210117_145937.jpg
kl sy lihatnya normal sih busi itu. yg hitam di flat portion dekat ulir itu normal yg penting elektoda negatif dan positif, ceramic insulator bersih.

ada sedikit carbon di pangkal elektroda negatif, sy setuju sm mbah marmut itu krn kurang geber (atau terlalu sering idle nyalain ac di parkiran, kena macet, panasin mobil di garasi, dsb) jd businya kurang mencapai suhu self cleaning (approx. 450C) meski itu baru sedikit.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 10:32 Suhu..mohon pencerahan
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).


Image
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Busi

Post by azu »

Hatur nuhun om marmut dan om omni.

Ya memang betul analisanya, 2 minggu lalu sempet langsam doang utk ac selama 3 jam dan commute dari rumah ke kantor juga deket banget cuma 2Km sekali jalan ditambah kalo pulang ketemu lampu merah jahanam Soetta-Buahbatu [emoji16]

Berarti harus sering dipake hi rev ya, tapi lewat tol palingan cuma seminggu 2 kali
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

azu wrote: Mon Jan 18, 2021 14:15 Hatur nuhun om marmut dan om omni.

Ya memang betul analisanya, 2 minggu lalu sempet langsam doang utk ac selama 3 jam dan commute dari rumah ke kantor juga deket banget cuma 2Km sekali jalan ditambah kalo pulang ketemu lampu merah jahanam Soetta-Buahbatu [emoji16]

Berarti harus sering dipake hi rev ya, tapi lewat tol palingan cuma seminggu 2 kali
sami2 kang .... urang bandung oge geningan. :big_peace:

wah dipake langsam ac 3 jam? teu nanaon kang mending gentos busi drpd ka pa na san ..... :big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 12:10
MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 10:32 Suhu..mohon pencerahan
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).


Image
TT jg ad versi kerehore nya mbah

Yg nikel TT, dl itu busi pilihan saya buat si AN40, sesuai petunjuk bapak... ehh petunjuk mods hansen
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jan 18, 2021 16:56
Omnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 12:10
MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 10:32 Suhu..mohon pencerahan
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).


Image
TT jg ad versi kerehore nya mbah

Yg nikel TT, dl itu busi pilihan saya buat si AN40, sesuai petunjuk bapak... ehh petunjuk mods hansen
oh gitu mbah .... yg 30 rb itu TT nickel?

cari ahh ..... ehh ngga mbah he he he engga ....

ane pamit dulu mbah, belom pegang pulpen kan?

*kabooeeerrrr
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jan 18, 2021 16:56
ehem .... numpang tanya mbah. kl yg ini,

TT nickel
TT platinum
atau
TT iridium mbah?

:upss:


Image
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

DOHC wrote: Mon Jan 18, 2021 16:56
Omnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 12:10
MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 10:32 Suhu..mohon pencerahan
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).


Image
TT jg ad versi kerehore nya mbah

Yg nikel TT, dl itu busi pilihan saya buat si AN40, sesuai petunjuk bapak... ehh petunjuk mods hansen
nah bener...yang sy maksud jg versi kerehore ini...
kl di 7K-E jadinya kode W16TT....cuma maksudnya better pake platinum atau nickel TT ini karena harga juga mirip
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 20:19
DOHC wrote: Mon Jan 18, 2021 16:56
Omnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 12:10

TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).


Image
TT jg ad versi kerehore nya mbah

Yg nikel TT, dl itu busi pilihan saya buat si AN40, sesuai petunjuk bapak... ehh petunjuk mods hansen
oh gitu mbah .... yg 30 rb itu TT nickel?

cari ahh ..... ehh ngga mbah he he he engga ....

ane pamit dulu mbah, belom pegang pulpen kan?

*kabooeeerrrr
Tenang mbah

Ga bakal dicatet, pulpen ud d buang smua dr meja saya








* tp bakal diketik di notepad :big_weee:
Omnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 20:32
DOHC wrote: Mon Jan 18, 2021 16:56
ehem .... numpang tanya mbah. kl yg ini,

TT nickel
TT platinum
atau
TT iridium mbah?

:upss:


Image

Anuuuuuuu

Saya jg binggung mbah

Musti konsultasi ama ahlinya, si mbah gerasi 69
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 23:40
DOHC wrote: Mon Jan 18, 2021 16:56
Omnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 12:10

TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).


Image
TT jg ad versi kerehore nya mbah

Yg nikel TT, dl itu busi pilihan saya buat si AN40, sesuai petunjuk bapak... ehh petunjuk mods hansen
nah bener...yang sy maksud jg versi kerehore ini...
kl di 7K-E jadinya kode W16TT....cuma maksudnya better pake platinum atau nickel TT ini karena harga juga mirip
2 2 nya ga jelek koq mbah

Yg nikel TT itu made in nihon loh, dan kualitas finishing nya bagaikan bumi dan jupiter bedanya dbanding nikel standard yg lokal
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 23:40
nah bener...yang sy maksud jg versi kerehore ini...
kl di 7K-E jadinya kode W16TT....cuma maksudnya better pake platinum atau nickel TT ini karena harga juga mirip

7K-E?
ngapain ganti busi? nggak penting. lebih baik tuker camshaft dengan durasi yang lebih tinggi dan naikin kompresi. itu sudah cukup buat harian.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

DOHC wrote: Tue Jan 19, 2021 2:12
Anuuuuuuu

Saya jg binggung mbah

Musti konsultasi ama ahlinya, si mbah gerasi 69

menurut penerawangan nubi, kok itu seperti kurang makan ya.... pandangan matanya kosong seperti belum gajian 3 bulan.

next ....
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

marmut wrote: Tue Jan 19, 2021 2:33
MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 23:40
nah bener...yang sy maksud jg versi kerehore ini...
kl di 7K-E jadinya kode W16TT....cuma maksudnya better pake platinum atau nickel TT ini karena harga juga mirip

7K-E?
ngapain ganti busi? nggak penting. lebih baik tuker camshaft dengan durasi yang lebih tinggi dan naikin kompresi. itu sudah cukup buat harian.
aduh jangan mbah...sy penggemar pertalite...mobil juga dipake bini...bahaya kalo toel gas njengat mbah..
sebelumnya udah pake platinum karena sy males ganti2 per 20rb km mbah
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Serba Serbi Busi

Post by Dat510 »

Kalau busi ada rekomendasi ganti based on tahun ngga ya?
Saya ganti tiap 3tahun tapi km paling baru 8000-10,000.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

MSU wrote: Tue Jan 19, 2021 4:17
aduh jangan mbah...sy penggemar pertalite...mobil juga dipake bini...bahaya kalo toel gas njengat mbah..
sebelumnya udah pake platinum karena sy males ganti2 per 20rb km mbah

justru itu mbah, seri K toyota itu dikasih ron 88 masih ketinggian banget, mustinya ron 50 kayanya.
cylinder head dipapas habis aja masih belum ngelitik dikasih pertalite. ayolah lepas head aja, gampang kok..... itu mesin enak apalagi klep udah stainless steel panjang umur dijamin awet. paling valve stem sama seal-nya aja yang musti ganti.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

busi sebaiknya jangan males buat ganti n jgn kelamaan. paling ga hrs dilepas pasang kadang2. takutnya ......
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Serba Serbi Busi

Post by Dat510 »

Omnibus wrote: Tue Jan 19, 2021 4:48 busi sebaiknya jangan males buat ganti n jgn kelamaan. paling ga hrs dilepas pasang kadang2. takutnya ......
Mbah jangan kaya iklan2 di web dong suka clickbait :mky_07:
ayo lanjutin mbah
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Dat510 wrote: Tue Jan 19, 2021 4:26 Kalau busi ada rekomendasi ganti based on tahun ngga ya?
Saya ganti tiap 3tahun tapi km paling baru 8000-10,000.

berdasarkan pengalaman pribadi dengan busi copper, makin jarang mobil dipake, makin cepet umur busi.
dulu seminggu cuman 1~2× jalan dengan jarak total nggak sampe 15 KM, umur busi hanya 4~5 bulan.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

Dat510 wrote: Tue Jan 19, 2021 5:02
Omnibus wrote: Tue Jan 19, 2021 4:48 busi sebaiknya jangan males buat ganti n jgn kelamaan. paling ga hrs dilepas pasang kadang2. takutnya ......
Mbah jangan kaya iklan2 di web dong suka clickbait :mky_07:
ayo lanjutin mbah
:big_biglaugh:

.......... kerak carbon yg terlalu lama jd spt ulirnya di las ke ulir yg ada di cyl head. nyabutnya setengah mati nanti. sering kejadian di mesin diesel utk injector, ngebukanya susah krn sdh ke las mati sm tumpukan carbon.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Serba Serbi Busi

Post by Dat510 »

marmut wrote: Tue Jan 19, 2021 5:10
Dat510 wrote: Tue Jan 19, 2021 4:26 Kalau busi ada rekomendasi ganti based on tahun ngga ya?
Saya ganti tiap 3tahun tapi km paling baru 8000-10,000.

berdasarkan pengalaman pribadi dengan busi copper, makin jarang mobil dipake, makin cepet umur busi.
dulu seminggu cuman 1~2× jalan dengan jarak total nggak sampe 15 KM, umur busi hanya 4~5 bulan.
Waduh seriusan mbah? umur nya jadi pendek banget gtu. Saya jalan seminggu sekali min 50 km. Busi nya iridium si, BOSCH FGR7DQP.
Omnibus wrote: Tue Jan 19, 2021 5:26
Dat510 wrote: Tue Jan 19, 2021 5:02
Omnibus wrote: Tue Jan 19, 2021 4:48 busi sebaiknya jangan males buat ganti n jgn kelamaan. paling ga hrs dilepas pasang kadang2. takutnya ......
Mbah jangan kaya iklan2 di web dong suka clickbait :mky_07:
ayo lanjutin mbah
:big_biglaugh:

.......... kerak carbon yg terlalu lama jd spt ulirnya di las ke ulir yg ada di cyl head. nyabutnya setengah mati nanti. sering kejadian di mesin diesel utk injector, ngebukanya susah krn sdh ke las mati sm tumpukan carbon.
Hoo.. okela sabtu ini kita isi liburan dengan buka2 busi.
Terima kasih ilmunya mbah.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Dat510 wrote: Tue Jan 19, 2021 6:18
Waduh seriusan mbah? umur nya jadi pendek banget gtu. Saya jalan seminggu sekali min 50 km. Busi nya iridium si, BOSCH FGR7DQP.

serius lah.... nulis di forum masa ga serius....
tapi ya itu tadi, pengalaman pribadi di mobil sendiri dengan busi copper.
entah dengan mobil lainnya....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Dat510 wrote: Tue Jan 19, 2021 6:18
Hoo.. okela sabtu ini kita isi liburan dengan buka2 busi.
Terima kasih ilmunya mbah.

torq wrench-nya sudah ada? pake socket 16mm kan? 18~22 n.m lho......
:big_grin:













:ngacir: