Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

andy1800 wrote:hmmm...memang urusan AFR ini urusan yg gampang2 susah... bahkan utk yg ber-karburator jg.
kalau ada satuuu saja komponen di dalam sistemnya itu yg nggak beres, maka akan membuat penyetelannya susaaaaah banget...menjadi sedemikian sensitif.
padahal, kalau semua sistemnya beres, penyetelan AFR nya jadi sungguh enak... nggak segitunya sensitif.. nggak perlu akurat2 amat.
betul boss, nyetel AFR ini selain diperlukan peralatan, juga butuh "feeling & mood" yg "tune in". Pak mekanik langganan bilang, buat fine tuning AFR ini bisa makan waktu lama....kadang bisa setengah hari, jika pengin hasil yg "perfect" dan mood-nya yg nyetel lagi "idealis"

andy1800 wrote: yg jadi masalah utamanay, adalah mendiagnose komponen mana yg bermasalah.
biasanya, yg paling mudah adalah "pinjam dulu parts dari engine yg bisa dijadikan acuan".
lalu replace kan ke parts kita yg diduga bermasalah itu...coba beberapa lama.
dlm hal ini, MAF dan atau ECU, dan atau parts fuel supply lain nya itu, udah coba diganti-pinjem dg parts yg udah jelas2 oke, dr engine yg normal, bro ?
sudahkah didapat kesimpulan, bahwa masalahnya benar2 di elektroniknya, atau di konektor2nya doang?
sudah sih...pertama kali cek emisi & lambda, hasilnya jelek....trus mulai diurut tuh komponen2nya...
dicek secara central dulu pake alat OBD2 diagnostic, nah yg pembacaanya ngaco/error mulai dijadikan tersangka...
trus semua colokan dibersihin (contact cleaner) dan di-sealer ulang...
Cek lambda, masih jelek....didiagnosa, pembacaan MAF-nya ngaco jadi kasih inpu AFR ke ECU jadi ngaco juga...
Dicek-kanibal parts lain jadi ok
Trus ECU di-reset, MAF-nya normal...
Dipake bebrapa kali, MAF ngaco lagi...nah itu td yg saya bilang, MAF-nya sih blom 100% tewas, tapi suka kumat penyakitnya....kadang waras kadang gila...

andy1800 wrote: anyway,
kalau yakin bahwa MAF nya tersebut kadangkala error2-bener, memang pasti akan membuat pembakaran jadi nggak beres...
mgkin cuma dikit dan kadang2 ketidakberesannya.... namun tetep akan membuat kita dan enginenya berasa inconvenient.
merasa worth it atau enggak kah kita, yg bisa sempat men-saving sekian juta utk bbrp waktu, dg mengorbankan engine tetap "berbusi basah" spt itu....
yak toell...ini yg mengganggu kenyamanan....apalgi buat orang2 yg idealis & perfeksionis :mrgreen:
kita ngga tahu saat itu MAF lagi sehat ato gila...
kalo pas sehat...santi serasa maknyosss...FC pun (lebih) irit....dalkot bisa 1:6-1:6.5
Giliran gilanya lagi kumat...sedihhh...serasa naikan ga enak, FC bisa melorot sampe 1:4-1:5...padahal yg nyetir sama, bbm jenis yg sama (bahkan dari SPBU yg sama) dan kondisi jalananpun relatif sama.

yaa..makanya saya setiap 500-1000KM sekali iseng2 buka busi, buat ngelihat apakah pembakarannya bagus...

btw...itu pas difoto, busi-nya engga basah kok...kering kerontang. bahkan kerak hitam yg melingkar itu juga "high n dry"



post#1300
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: please anlisa warna businya

Post by andy1800 »

1300 angka cantik juga tuh... :frm_tumbright:

oya?
oo, berarti motretnya bikin efek wet look doong..:mrgreen:
sampai2 bro gtr menduga itu agak "basah" (rich).


hehehe
berarti si bengkel langganan itu mmg top dah..
sip. sip..
now, tinggal cari selah aja utk meng-estafetkan itu engine, kepada MAF sensor yg 100 prosen waras, tegas, mature, stabil, dan mapan...:mrgreen
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: please anlisa warna businya

Post by GTR »

hmm tapi biasanya kalo AFR ideal (saat combustion), businya ga berkerak gitu sih, harusnya hampir tanpa kerak & ga hitam2 amat.
kerak biasanya krn ada bahan bakar berlebih yg tidak terbakar yg mudah menempel di logam, yg maybe kalo bukan dari rich, maybe bisa jadi dari CC yg tersumbat tadi.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

GTR wrote:hmm tapi biasanya kalo AFR ideal (saat combustion), businya ga berkerak gitu sih, harusnya hampir tanpa kerak & ga hitam2 amat.
kerak biasanya krn ada bahan bakar berlebih yg tidak terbakar yg mudah menempel di logam, yg maybe kalo bukan dari rich, maybe bisa jadi dari CC yg tersumbat tadi.
Betul pak GTR, diluar fakta bahwa kondisi fisik busi diatas kering kerontang, saya setuju kalau (sesekali) pembakarannya memang "rich". Kerak tersebut sangat kering dan renyah kok, biasanya dengan kondisi seperti foto diatas, keraknya saya congkel dengan ujung mata pisau cutter langsung terkelupas semua, kira-kira prosesnya mirip mengorek cat tembok yg lama itu loh...

Toh MAF sensornya memang bermasalah...jadi mungkin waktu dia error, kasih input data ke ECU-nya juga salah, makanya terjadilah pembakaran "rich" tersebut....kemudian saat dia waras lagi, AFR-nya jadi bagus ya efeknya kerak yg tadinya basah jadi kering terbakar sempurna meskipun masih meningalkan residu.
Kalau MAF-nya rusak permanent, kemungkinan yg terjadi adalah pembakarannya tetep rich atau lean terus menerus...

Memang kalau dilihat dari fisik busi-nya, bisa rancu kesimpulannya,
jika dilihat dari kerak yg ada di base-ring, indikasi pembakarannya "ricj", tapi kalo dilihat dari keramik eletroda-nya mengindikasikan pembakaran sudah sempurna...

jadi bingung nih....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

kalo dibandingkan dengan foto yg ada di website-nya DENSO dan NGK, foto busi saya mirip dengan foto yg mereka bilang contoh dari pembakaran yg normal,

lihat di:
http://www.globaldenso.com/PLUG/basic_k ... index.html
http://www.ngksparkplugs.com/techinfo/s ... country=US

kelihatan elektrodanya kekuningan tapi base-ringnya berkerak hitam juga....(terutama yg kelihatan jelas yg di web-nya DENSO)
toh saya juga pake Denso Iridium IW16 hehehehe :frm_salut:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

ini foto2 hasil search di internet

contoh pembakaran "rich"
Image

contoh tipe busi terlalu dingin
Image

contoh yg "suhu"nya pas
Image



btw, masih ada yg saya tanyakan ke para senior, Apakah Busi Iridium perlu (dan bisa) diatur ulang kerenggangan gap-nya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

Apakah Busi Iridium perlu (dan bisa) diatur ulang kerenggangan gap-nya?
^^^
sudah terjawab di:
http://www.globaldenso.com/PLUG/qa/iridium/qa_22.html
Can the IRIDIUM POWER gap be adjusted? Can I use any spark plug cleaners with the IRIDIUM POWER?
Do not adjust the spark plug gap.
Use of a spark plug cleaner for short periods is acceptable if low pressure is used.
IRIDIUM POWER spark plugs use 0.4 mm iridium center electrode and the spark gap is already set at the optimum distance.
If the electrode is damaged by gap adjustment or cleaning, the spark plugs will not perform to their best.
sudah ngga penasaran lagi.... :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: please anlisa warna businya

Post by GTR »

yup, platinum G power NGK juga dilarang dirubah kerenggangannya.
cuma aja yg tipe platinum G power ini lama kelamaan juga makin renggang krn ujung electrodanya aus juga.
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: please anlisa warna businya

Post by avansa »

Yups makin seru ajah,,hayo di lanjut,membaca,menyimak,dan nggak mudeng mudeng juga wekeke....!pernah ada pengalaman montir yang menuduh dan memberikan solusi merubah gap pada busi mobil saya yang kebetulan mengalami kelainan knalpot yang nembak nembak..
Wadoh berarti Montirnya feeling ajah neh...
Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: please anlisa warna businya

Post by Abu2 »

aihh...iridium gak perlu di stel gap nya yah...
dulu pas di beres , sempat nanya, "busi mobilku gimana?"
trus di jawab, "masih bagus pak, dan renggang nya jg dah si stel ulang"

bah.....
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

Abu2 wrote:aihh...iridium gak perlu di stel gap nya yah...
dulu pas di beres , sempat nanya, "busi mobilku gimana?"
trus di jawab, "masih bagus pak, dan renggang nya jg dah si stel ulang"

bah.....
:mrgreen:

:drinking:

mekaniknya perlu ditraining lebih lanjut.....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: please anlisa warna businya

Post by sjamsul »

imsus2c wrote:hallo....
mana nih, belum ada pakar busi di SM yah...? padahal salah satu cara mendeteksi kesehatan mesin kan dari menganalisa busi...cmiiw

pak sjamsul gimana nih? kenapa cuma masternya di bidang aki doang :mrgreen:
Yup, ane hadir neh........., sorry kok bisa kelewatan yah thread ini.

Wlp ane bukan ahli di bidang busi, tapi buat ngeramein ane sharing juga dah pengalaman ane.

Dari sekian banyak merk busi yg beredar, ane lbh suka pake busi yg standard aja (akhirnya) n diganti tiap 5ooo (lima ribu) km, maksimal 10000 (sepuluh ribu) km buat mendapatkan hasil maksimal dari kerja busi itu sendiri. Jika dibandingkan dg merk lain ato tipe lain yg dipromosikan bisa mencapai sekitar 40 rb km, maka harus diperhatikan cara perawatannya guna bisa mencapai jarak tempuh yg sekian banyak.
Perawatannya meliputi menjaga kebersihan kepala busi n mengecek gap (kerenggangan) pada busi, sesuai dg standardnya. Ane mengambil contoh pada mobil kijang super aja yah, biar lebih gampang ngartinya. Standard gap busi pada kijang super adalah 0,8 m/m. Klo diganti dg tipe lain misalkan iridium ato sejenis, maka kerenggangan ini sebaiknya dipertahankan. cmiiw.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: please anlisa warna businya

Post by GTR »

mobil2 modern sudah "dibikin" susah ganti businya bro...
makanya muncul platinum dan iridium ini biar ga tinggi maintenance cost ganti businya.
contohnya: Subaru impreza lama itu ganti busi susah bener (mesin boxer) tempat buat buka businya sempit kehalang body, hrs turun dikit mesinnya.
atau GL itu hrs lepas intake manifold dll, makanya perlu busi per 100rb km.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

sebenaranya,....berapa lama sih (dalam KM) "umur teknis" busi iridium/platinum?

kalo busi "biasa" kan dianjurkan diganti tiap 15.000-20.000KM, cmiiw
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: please anlisa warna businya

Post by avansa »

GTR wrote:mobil2 modern sudah "dibikin" susah ganti businya bro...
makanya muncul platinum dan iridium ini biar ga tinggi maintenance cost ganti businya.
contohnya: Subaru impreza lama itu ganti busi susah bener (mesin boxer) tempat buat buka businya sempit kehalang body, hrs turun dikit mesinnya.
atau GL itu hrs lepas intake manifold dll, makanya perlu busi per 100rb km.
Kalau mengitung berdasarkan pemakaian normal saya saban hari,kurang lebih tiga tahunan ganti busi ,dong Bro G.
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

anggap aja busi iridium/platinum hrs ganti di 100.000KM, berarti kalo dilihat dari umur pakai ekonomis lebih untung dong...? :e-think:

busi biasa harganya Rp. 10.000 - 20.000 per biji --> ganti tiap 20.000 KM
busi iridium/platinum Rp. 60.000 - Rp. 80.000 per biji --> ganti tiap 100.000 KM (saya terakhir beli Densi Iridium IW16, kira2 8 bulan lau, harga Rp. 70.000/biji di surabaya)

tapi emang, kalo mo busi iridium, pertama belinya kelihatan mahaal.... itu baru mesin 4 silinder, ga kebayang yg mesin V6 atau V8 ckckckck...
engga jauh2 lah, Jazz yg tipe i-Dsi kalo ga salah busi-nya juga 8 tuh...
(kalo pake Denso Iridium berarti 8 x Rp. 70.000 = Rp. 560.000 --> hanya untuk gasi busi thok.... :frm_bang_head: )
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: please anlisa warna businya

Post by avansa »

imsus2c wrote:anggap aja busi iridium/platinum hrs ganti di 100.000KM, berarti kalo dilihat dari umur pakai ekonomis lebih untung dong...? :e-think:

busi biasa harganya Rp. 10.000 - 20.000 per biji --> ganti tiap 20.000 KM
busi iridium/platinum Rp. 60.000 - Rp. 80.000 per biji --> ganti tiap 100.000 KM (saya terakhir beli Densi Iridium IW16, kira2 8 bulan lau, harga Rp. 70.000/biji di surabaya)

tapi emang, kalo mo busi iridium, pertama belinya kelihatan mahaal.... itu baru mesin 4 silinder, ga kebayang yg mesin V6 atau V8 ckckckck...
engga jauh2 lah, Jazz yg tipe i-Dsi kalo ga salah busi-nya juga 8 tuh...
(kalo pake Denso Iridium berarti 8 x Rp. 70.000 = Rp. 560.000 --> hanya untuk gasi busi thok.... :frm_bang_head: )
kalau busi biasa setiap 100.000 km butuh busi (8x20.000)x5 = 800.000
Kalau busi Iridium =560.000
jadi hemat 240 rebon per 100.000 km.Nah kenapa nggak beralih ke Iridium,,,,, :off_good_job:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: please anlisa warna businya

Post by sjamsul »

Jangan lupa memakai sejenis gemuk yg bernama: "Copper compound", spy busi bisa dibuka dg mudah alias tidak macet klo mo diganti. :e-whistle:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

di: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=9717
pak turboman menyinggung-nyinggung busi model "long reach"
berhubung saya termasuk golongan awam, ada yg tahu apa yg dimaksud jenis busi ini? sekalian minta tlg upload fotonya dong...dan juga karakteristik plus/minus-nya dibanding busi "standard" baik yg biasa maupun platinum/iridium


:thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

sjamsul wrote:Jangan lupa memakai sejenis gemuk yg bernama: "Copper compound", spy busi bisa dibuka dg mudah alias tidak macet klo mo diganti. :e-whistle:
om sjam, bongkar pasang busi kalo engga pake kunci torsi bahaya ga ya? soalnya pasang busi kalo ta baca di kardusnya kan ada ukuran kekuatan puntir kunci-nya (biasanya pake skala N/mm2). Nah kalo ngandalin kunci busi model rumahan, kan cuma pake feelling okol aja tuh?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: please anlisa warna businya

Post by Turboman »

imsus2c wrote:di: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=9717
pak turboman menyinggung-nyinggung busi model "long reach"
berhubung saya termasuk golongan awam, ada yg tahu apa yg dimaksud jenis busi ini? sekalian minta tlg upload fotonya dong..
Ini aad poto perbandingan busi asli R20A dgn Autolite 958

958 yg "Pinokio"
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: please anlisa warna businya

Post by avansa »

wah kayaknya harus teliti dulu neh sebelum memutuskan untuk membeli atau mengganti busi iridium seharga 800 rebon.
soalnya barang barang yang masuk katagori mahal pasti ada palsunya atau yang mirip mirip tapi bukan asli,atau istilahnya "aspal"
Bagi yang merasa tahu ayo dung sharing di sini,soalnya saya sangat tertarik untuk memakainya,jangan sampai saya atau ada yang salah beli,harga asli iridium,dapetnya aspal :e-wall:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: please anlisa warna businya

Post by sjamsul »

imsus2c wrote:
sjamsul wrote:Jangan lupa memakai sejenis gemuk yg bernama: "Copper compound", spy busi bisa dibuka dg mudah alias tidak macet klo mo diganti. :e-whistle:
om sjam, bongkar pasang busi kalo engga pake kunci torsi bahaya ga ya? soalnya pasang busi kalo ta baca di kardusnya kan ada ukuran kekuatan puntir kunci-nya (biasanya pake skala N/mm2). Nah kalo ngandalin kunci busi model rumahan, kan cuma pake feelling okol aja tuh?
Bahaya sih kaga, tapi harus hati2 saat pasangnya. Yg jadi bahaya klo saat pasang tuh dratnya belum duduk dg baik dah diputar, bisa berakibat dratnya pada rusak ato selek. Klo dah begini jadi repot neh, tapi jangan khawatir klo pas ketemu kayak gini ada solusinya neh. Tinggal beli aja kitnya di ace yg buat baut selek ato di kawan lama yg di samping tol keboh jeruk, tinggal pilih aja mau ukuran yg mana.

Selain itu ada hal lain yg sebaiknya diperhatikan juga saat pasang busi, yaitu klo sdh mentok tinggal tambain sedikit aja (kira2), jangan ampe terlalu kencang, krn klo terlalu kencang bisa mengakibatkan businye patah (pada merk2 tertentu). Makanya di busi ada skala kekencangan yg gunanya agar saat pasang busi kekencangannya pas.
Satu lagi neh, klo ada dipakein dah sejenis gemuk (copper compound) agar saat dibuka tidak macet. Nah fungsi gemuk ini adalah mencegah karat pada baut, terutama di suhu yg tinggi spt busi, baut2 pada knalpot, juga baut2 pada karburator yg berhubungan dg intake manifold (cmiiw).
Mungkin ada yg pernah ngalamin saat mau ganti knalpot, bautnye patah akibat jarang dibuka n terkena panas dlm jangka waktu yg lama. Klo dah begini khan jadi repot buat memperbaikinya. Klo tuh baut terbuka, gampang aja tinggal ganti baut ama murnye, tapi klo dratnye ditanam gimane?. hayuooo pikir ndiri. :mrgreen:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: please anlisa warna businya

Post by sjamsul »

avansa wrote:wah kayaknya harus teliti dulu neh sebelum memutuskan untuk membeli atau mengganti busi iridium seharga 800 rebon.
soalnya barang barang yang masuk katagori mahal pasti ada palsunya atau yang mirip mirip tapi bukan asli,atau istilahnya "aspal"
Bagi yang merasa tahu ayo dung sharing di sini,soalnya saya sangat tertarik untuk memakainya,jangan sampai saya atau ada yang salah beli,harga asli iridium,dapetnya aspal :e-wall:
Untuk mbl spt nt mendingan pake busi standard aja dah (saran ane), krn lebih murah, juga buka pasangnya khan gampang. Selain itu juga untuk menghindarkan nt dari barang aspal. :e-whistle: :e-whistle:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

Turboman wrote:
imsus2c wrote:di: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=9717
pak turboman menyinggung-nyinggung busi model "long reach"
berhubung saya termasuk golongan awam, ada yg tahu apa yg dimaksud jenis busi ini? sekalian minta tlg upload fotonya dong..
Ini aad poto perbandingan busi asli R20A dgn Autolite 958

958 yg "Pinokio"
thanks upload foto-nya pak turboman...btw, busi iridium ada ga ya yg model "long reach" gini? plus minusnya gimana ya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking