Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

erwinign
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang

Re: RE: Re: Serba Serbi Busi

Post by erwinign » 29 Aug 2016, 21:06

marmut wrote:
erwinign wrote:Om", kalo ganti busi biasa ke iridium apa menguntungkan? ane ada rencana buat ganti busi ertiga ane ke iridium (tarikannya lemot) biar tarikannya lebih enak (busi bawaan NGK biasa yang so so). Mohon pencerahannya
saya pake ertiga, kondisi masih standar semua, akselerasi enak kok nggak lemot.
daripada ganti2 busi mending isi bensin sesuai dgn permintaan mesin.
Udah pake pertamax biru setaun lebih om, tarikannya berasa kurang lama2 (sering lewat tanjakan). Apa mending yang lain aja ya om diganti (misal oli switch ke 0W)?
Don't Judge The Book By It's Cover

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut » 29 Aug 2016, 21:26

oli cukup 5w-30 spt anjuran.
umur mobil berapa tahun?
lewat tanjakan kira2 kemiringan brp derajat dengan RPM berapa?
biar mulus lewatin tanjakan coba main2 RPM di dekat peak horse power, jangan di peak torque.
[ / ]

Kolorij
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 29 May 2016, 23:29

Re: Serba Serbi Busi

Post by Kolorij » 29 Aug 2016, 21:55

Saringan udara kapan trkhir ganti? Kl uda kotor/jenuh bisa bikin lemot bgt..

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1304
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik » 30 Aug 2016, 00:06

Wahh trit bersejarah ini....

Kalo busi apakah ada batas umurnya, sekian kilometer wajib ganti??
Saya biasanya sih ganti kalo mobil udh kerasa "pincang" aja...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

doge
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Serba Serbi Busi

Post by doge » 30 Aug 2016, 00:45

coklatMetalik wrote:Wahh trit bersejarah ini....

Kalo busi apakah ada batas umurnya, sekian kilometer wajib ganti??
Saya biasanya sih ganti kalo mobil udh kerasa "pincang" aja...
ga ada sih... tergantung kondisi aja... klo msh oke ya lanjut.. klo mulai kerasa g enak bru gnti... toh mobil cm daily drive kan... bukan race...
:ngacir:

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: RE: Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut » 30 Aug 2016, 01:43

coklatMetalik wrote:Wahh trit bersejarah ini....

Kalo busi apakah ada batas umurnya, sekian kilometer wajib ganti??
Saya biasanya sih ganti kalo mobil udh kerasa "pincang" aja...
copper 30ribu km. iridium lebih lama lagi.
[ / ]

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1304
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik » 30 Aug 2016, 07:47

Ok thanks om om.
Jd intinya ganti kalo udh mulai gk enak aja ya om...
Kalo yg bawaan toyota itu copper kan? Kijang ane setahun cm jalan kira2 3rb kilometer. Jd nunggu businya mati tua aja jeuheuheuheuj :big_blushing:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

ipOi78
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 01 Apr 2014, 22:04

Re: Serba Serbi Busi

Post by ipOi78 » 24 Dec 2016, 21:51

Gejala busi udah minta diganti itu gmana ya..mobil civic sy odo ud 95rb belum pernah ganti businya..

pernahmiskin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta,

Re: Serba Serbi Busi

Post by pernahmiskin » 25 Dec 2016, 01:45

ipOi78 wrote:Gejala busi udah minta diganti itu gmana ya..mobil civic sy odo ud 95rb belum pernah ganti businya..
Tarikan berat, pincang, susah starter dll.
kalau smpai 95rb km blm d ganti, pasti om sdh terbiasa dgn keadaan tsb, better d ganti aja..

Pakai std cukup, ga usah iridium segala, toh buat harian dan mesin std

Btw, pas servis ga d saranin ganti ma mekanik bengkel om
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:

ipOi78
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 01 Apr 2014, 22:04

Re: Serba Serbi Busi

Post by ipOi78 » 25 Dec 2016, 12:01

pernahmiskin wrote:
ipOi78 wrote:Gejala busi udah minta diganti itu gmana ya..mobil civic sy odo ud 95rb belum pernah ganti businya..
Tarikan berat, pincang, susah starter dll.
kalau smpai 95rb km blm d ganti, pasti om sdh terbiasa dgn keadaan tsb, better d ganti aja..

Pakai std cukup, ga usah iridium segala, toh buat harian dan mesin std

Btw, pas servis ga d saranin ganti ma mekanik bengkel om
So far mesin masih enak om..normal maksudnya, servis selalu di beres honda dan ga pernah minta ganti busi, mrk bilang bener om businya laser iridium kl ga salah

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut » 25 Dec 2016, 20:47

kalo standarnya udah iridium ya gapapa, dan umurnya memang lebih panjang dari busi copper biasa.
[ / ]

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16423
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Serba Serbi Busi

Post by Hansen » 25 Dec 2016, 21:04

ipOi78 wrote:
pernahmiskin wrote:
ipOi78 wrote:Gejala busi udah minta diganti itu gmana ya..mobil civic sy odo ud 95rb belum pernah ganti businya..
Tarikan berat, pincang, susah starter dll.
kalau smpai 95rb km blm d ganti, pasti om sdh terbiasa dgn keadaan tsb, better d ganti aja..

Pakai std cukup, ga usah iridium segala, toh buat harian dan mesin std

Btw, pas servis ga d saranin ganti ma mekanik bengkel om
So far mesin masih enak om..normal maksudnya, servis selalu di beres honda dan ga pernah minta ganti busi, mrk bilang bener om businya laser iridium kl ga salah
Busi laser iridium memang umurnya panjang bisa sampai 100rb km, makanya bisa tahan sampai skrg. Tapi nanti pas ganti juga siap2 sama harganya ya :weekk:

Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 03 Feb 2015, 00:02

Re: Serba Serbi Busi

Post by Dnisbo » 25 Dec 2016, 22:28

Hansen wrote:
ipOi78 wrote:
pernahmiskin wrote:
Tarikan berat, pincang, susah starter dll.
kalau smpai 95rb km blm d ganti, pasti om sdh terbiasa dgn keadaan tsb, better d ganti aja..

Pakai std cukup, ga usah iridium segala, toh buat harian dan mesin std

Btw, pas servis ga d saranin ganti ma mekanik bengkel om
So far mesin masih enak om..normal maksudnya, servis selalu di beres honda dan ga pernah minta ganti busi, mrk bilang bener om businya laser iridium kl ga salah
Busi laser iridium memang umurnya panjang bisa sampai 100rb km, makanya bisa tahan sampai skrg. Tapi nanti pas ganti juga siap2 sama harganya ya :weekk:
Kaya Busi xtrail t31 2.5 pake laser iridium.
Kemarin abis ganti di km 95rb. kena harga 278rb/pc di beres :frm_bang_head:
Setelah ganti mesin jadi tambah alus idlenya. Tarikan juga lebih padat.

setopratomo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 20 Dec 2016, 11:18

Re: Serba Serbi Busi

Post by setopratomo » 27 Dec 2016, 21:02

Kalo gak salah great xenia juga udah iridium ya om...

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1304
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik » 04 Jan 2017, 23:01

Om saya mau tanya apakah kira2 busi Kisul EFI peliharaan saya ini menandakan mesinnya sehat?

Ini foto sekitar seminggu yanglalu, Kisul dibawa ke bengkel buat checkup. Kata pak montir sih businya msh bagus, cuma karetnya aja bocor. Akhirnya ganti karet2nya itu 16rb utk 4 biji & businya dibersihin pak montir pake amplas...

Image
Image

Busi Denso spek bawaan pabrik, bensin puremium, oli 10W40.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16319
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC » 04 Jan 2017, 23:16

penampakan busi ipah bensin tuwir ane...

busi denso KH20TT-U11, pemakaian 29 rebu km, bensin slalu premium

trakir diganti krn salah satu busi ud lemah

IMG_20170104_202257.jpg
IMG_20170104_202422.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16423
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Serba Serbi Busi

Post by Hansen » 04 Jan 2017, 23:27

DOHC wrote:penampakan busi ipah bensin tuwir ane...

busi denso KH20TT-U11, pemakaian 29 rebu km, bensin slalu premium

trakir diganti krn salah satu busi ud lemah


IMG_20170104_202257.jpg

IMG_20170104_202422.jpg
Hmm, nanti ane fotoin juga yah pas ane ganti businya chiong.. :upss:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16319
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC » 04 Jan 2017, 23:38

jangan lupa yah siong.... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Busi

Post by imsus2c » 05 Jan 2017, 20:41

coklatMetalik wrote:Om saya mau tanya apakah kira2 busi Kisul EFI peliharaan saya ini menandakan mesinnya sehat?

Ini foto sekitar seminggu yanglalu, Kisul dibawa ke bengkel buat checkup. Kata pak montir sih businya msh bagus, cuma karetnya aja bocor. Akhirnya ganti karet2nya itu 16rb utk 4 biji & businya dibersihin pak montir pake amplas...

Image
Image

Busi Denso spek bawaan pabrik, bensin puremium, oli 10W40.
Lihat fotonya sekilas, sepertinya pembakaran dan afr-nya bagus tuh.
Dari warnanya, kayaknya klaim premium udh bebas timbal itu benar

Oli mesin ngga pernah berkurang kan?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Busi

Post by imsus2c » 05 Jan 2017, 20:42

Hansen wrote:
DOHC wrote:penampakan busi ipah bensin tuwir ane...

busi denso KH20TT-U11, pemakaian 29 rebu km, bensin slalu premium

trakir diganti krn salah satu busi ud lemah


IMG_20170104_202257.jpg

IMG_20170104_202422.jpg
Hmm, nanti ane fotoin juga yah pas ane ganti businya chiong.. :upss:
:off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1304
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik » 05 Jan 2017, 22:24

imsus2c wrote:
Ini foto Lihat fotonya sekilas, sepertinya pembakaran dan afr-nya bagus tuh.
Dari warnanya, kayaknya klaim premium udh bebas timbal itu benar

Oli mesin ngga pernah berkurang kan?
Wahh syukur deh kalo trnyata bagus. Saya sempet kecewa awalnya, kok gk merah bata (kan konon mesin yg sehat businya merah bata).

Mengenai bensin, walau pake puremium terus saya hampir selalu ngisi di spbu yg ada tulisan pasti pas. Mungkin stok disono lbh bersih ya...

Oli gk pernah berkurang smp skrg sih. Tp bbrp bulan terakhir knalpot mulai ngebul walau cuma dikiit. Pertanda ring seher mulai bocor kah??
(FYI odometer skrg 127rb)
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Busi

Post by imsus2c » 05 Jan 2017, 22:51

^^^
Kecoklatan (atau disini dibilang merah bata) atau keabu abuan

Kalau merah sekali kayak oranye atau kuning, biasanya itu tanda lead fouling. Bisa karena bbm bertimbal (leaded) atau tercemar logam, yang biasanya sering menimpa para pengguna octane booster berbasis logam (lead atau mmt).
Jaman waktu bbm non subsidi mahal, octane booster ini laris manis, makanya banyak yg mesinnya kena masalah lead fouling atau catalytst poisoning.

Mesin tokisul bensin memang rentan di ring piston, terkenal cepat ngebul
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16319
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC » 06 Jan 2017, 08:37

dl waktu dpt mobil dinas tokisul 7K... odo ud 200an rebu blm perna turun mesin... anehnya ntuh mesin kadang ngebul kadang kaga... trakir ane pakein primaxp 20-50 plus xado atau sejenisnya... berkurang sehh ngebul nya... tarikan dan kompresi pas di cek masi ok..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16319
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC » 06 Jan 2017, 08:38

imsus2c wrote:
Hansen wrote:
DOHC wrote:penampakan busi ipah bensin tuwir ane...

busi denso KH20TT-U11, pemakaian 29 rebu km, bensin slalu premium

trakir diganti krn salah satu busi ud lemah


IMG_20170104_202257.jpg

IMG_20170104_202422.jpg
Hmm, nanti ane fotoin juga yah pas ane ganti businya chiong.. :upss:
:off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:
meener, kl ane punya ampe abu2 gt knapa yahh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Busi

Post by imsus2c » 06 Jan 2017, 11:14

Umumnya kalau mesin bagus, afr bagus dan heat range busi cocok, warnanya berkisar antara kecoklatan atau ke abu abuan.
Ambient warna ini konon berasala dari dominasi kandungan bbm nya sendiri. Misal dari base atau additif-nya.

Pengalaman saya dulu pakai P+, pakai agak lama, warna businya jadi kecoklatan/kemerahan (brownish tan)
Hbs itu coba pertamax, warna cenderung keabua abuan. Tapi ini tidak mesti juga, bisa saja pertamina ubah komposisi additif/base-nya jadi bisa berubah warna.

Aditif timbal sepengalaman saya menghasilkan warna kuning kemerahan, logam lainnya macam MMT warnanya dominan merah.
Bahan bakar "bersih" macam ethanol, kemungkinan residunya hanya kerak putih. Kalau LPG (gas), dominan abu abu kecoklatan.

Your poop tells you what you ate :big_weee:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: lkybstrd and 6 guests