Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Oct 20, 2020 9:01
tonylomena wrote: Tue Oct 20, 2020 7:55 om mau ganti busi utk all new sirion 2020, bagusnya pake busi apa ya? pemakaian untuk harian, kalo bisa yg ningkatin rpm bawah biar gak rada lelet, oia kode mesin sirionnya 1NR-VE
mobil baru kan thn 2020 berarti asumsinya busi masih baru n bersih. sy cek online sekilas cmiiw originalnya sdh iridium itu denso SC16HR11. harganya 80-90rb per piece. harusnya sdh bagus. kl rpm bawah mau lebih ngisi paling ganti filter udara K&N yg oem replacement aja.

ijin ngakak suhu mbah shifu....

:big_biglaugh:

maap suhu mbah shifu. sekarang ciyus nih....

kalo mesin seri NR mau dipasangin busi kepunyaan apollo 13 pun ga bakal ngacir. emang udah design darisononye kek gitu dah.
kecuali mau repot sedikit, ganti airbox dengan yang volumenya lebih besar 3~4× yang sekarang, mungkin bisa nambah tenaga.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

marmut wrote: Tue Oct 20, 2020 13:57
Omnibus wrote: Tue Oct 20, 2020 9:01
tonylomena wrote: Tue Oct 20, 2020 7:55 om mau ganti busi utk all new sirion 2020, bagusnya pake busi apa ya? pemakaian untuk harian, kalo bisa yg ningkatin rpm bawah biar gak rada lelet, oia kode mesin sirionnya 1NR-VE
mobil baru kan thn 2020 berarti asumsinya busi masih baru n bersih. sy cek online sekilas cmiiw originalnya sdh iridium itu denso SC16HR11. harganya 80-90rb per piece. harusnya sdh bagus. kl rpm bawah mau lebih ngisi paling ganti filter udara K&N yg oem replacement aja.

ijin ngakak suhu mbah shifu....

:big_biglaugh:

maap suhu mbah shifu. sekarang ciyus nih....

kalo mesin seri NR mau dipasangin busi kepunyaan apollo 13 pun ga bakal ngacir. emang udah design darisononye kek gitu dah.
kecuali mau repot sedikit, ganti airbox dengan yang volumenya lebih besar 3~4× yang sekarang, mungkin bisa nambah tenaga.
ishhh langsung pertamax ..... :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Oct 20, 2020 10:55
DOHC wrote: Tue Oct 20, 2020 10:37

Walapun baru, siapa tau bisa kaya busi GK5 iridium yg ud ganti full amsoil oil dan vet, oetikerclamp, boot, link stabil, ban michelin, trekstang, velg, yg baru jalan belasan ribu km itu mbah.. busi nya yy ngk iridium jg fouling kan


* ngacir sambil menebar igun2 utk diversion :mky_08:
woo enjin keraton l15 beda dong. pake busi kasta sudra juga ngacir.

btw setelah naik 1 heat range udah ga pernah lagi carbon fouling mbah :big_grin:
Sebenernya masalah nya cuman satu mbah,

Ntuh mobil yah mbok dipake ngetrek sminggu skali.. masa enjin resing cuman buat di panasin doank :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Oct 21, 2020 2:27
Sebenernya masalah nya cuman satu mbah,

Ntuh mobil yah mbok dipake ngetrek sminggu skali.. masa enjin resing cuman buat di panasin doank :big_weee:
woo di timbuktu warganya udah pada tau mobil itu kl nikung selalu ban belakang 1 keangkat.

btw mbah mendingan l15 saya businya doang yg karbonan, valve n piston aman pernah ane post foto endoskopnya. diganti busi beres. lah l15 hrv mbah cemong item di valve nya belom di pistonnya. ngelitik pula mbah. ane punya engga :big_weee:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

pas bener ada suhu mbah shifu yang ahlinya membaca busi, komik, tarot, masa depan, garis tangan, bola kristal, koran, novel, raut wajah, cerpen, cerbung, puisi, dll.

mau nanya suhu mbah shifu Omnibus dan suhu lainnya, tadi abis iseng periksa busi NGK IRIDIUM (tipenya lupa), di mesin 1KR SkyActiv V6 (diskon 50%), berikut penampakannya :


20201021_095757.jpg

20201021_095846.jpg


busi #1 kerendem oli mesin karena gasket valve cover sudah waktunya pensiun, busi #2 dan #3 aman.
setelah dibersihkan disemprot dengan karb klin merk SuToPo, begini tampangnya :


20201021_100540.jpg

20201021_100630.jpg


warna ujung knalpot setelah beberapa bulan terahir pakai NGK IRIDIUM :


20201021_094657.jpg


sebelumnya, warna ujung knalpot tidak semerah ini. bahan bakar pertalite. gaya berkendara 95% eco, 5% walter röhrl.

mohon petunjuk suhu mbah shifu...
colenak sebagai prasyarat akan di fax segera.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Oct 21, 2020 3:20
DOHC wrote: Wed Oct 21, 2020 2:27
Sebenernya masalah nya cuman satu mbah,

Ntuh mobil yah mbok dipake ngetrek sminggu skali.. masa enjin resing cuman buat di panasin doank :big_weee:
woo di timbuktu warganya udah pada tau mobil itu kl nikung selalu ban belakang 1 keangkat.

btw mbah mendingan l15 saya businya doang yg karbonan, valve n piston aman pernah ane post foto endoskopnya. diganti busi beres. lah l15 hrv mbah cemong item di valve nya belom di pistonnya. ngelitik pula mbah. ane punya engga :big_weee:
Ngelitik ud sembuh mbah

Sing penting intek manipol bersih dr uap oli, ama klep2 di bersihin dr item2, lgs resing lg, td pagi full teng pertalite aj tetep resing, pedal to kampret bebas glitik
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Oct 21, 2020 4:15 pas bener ada suhu mbah shifu yang ahlinya membaca busi, komik, tarot, masa depan, garis tangan, bola kristal, koran, novel, raut wajah, cerpen, cerbung, puisi, dll.

mau nanya suhu mbah shifu Omnibus dan suhu lainnya, tadi abis iseng periksa busi NGK IRIDIUM (tipenya lupa), di mesin 1KR SkyActiv V6 (diskon 50%), berikut penampakannya :



20201021_095757.jpg



20201021_095846.jpg



busi #1 kerendem oli mesin karena gasket valve cover sudah waktunya pensiun, busi #2 dan #3 aman.
setelah dibersihkan disemprot dengan karb klin merk SuToPo, begini tampangnya :



20201021_100540.jpg



20201021_100630.jpg



warna ujung knalpot setelah beberapa bulan terahir pakai NGK IRIDIUM :



20201021_094657.jpg



sebelumnya, warna ujung knalpot tidak semerah ini. bahan bakar pertalite. gaya berkendara 95% eco, 5% walter röhrl.

mohon petunjuk suhu mbah shifu...
colenak sebagai prasyarat akan di fax segera.
pertama, ralat: bukan ahli apalagi suhu

sekilas pandangan nubie, kenapa oli valve cover sampai bisa masuk ke drat? sptnya kl ga undertorqued ga akan masup ke drat deh.

ignition timing sekilas pandang pas.

heat range sekilas pandang pas.

AFR sekilas pandang agak lean. mohon itu dibikin rich sedikit biar tambah sering mampir ke spbu. #ehh







................... :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4586
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Serba Serbi Busi

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Wed Oct 21, 2020 4:55
Omnibus wrote: Wed Oct 21, 2020 3:20
DOHC wrote: Wed Oct 21, 2020 2:27
Sebenernya masalah nya cuman satu mbah,

Ntuh mobil yah mbok dipake ngetrek sminggu skali.. masa enjin resing cuman buat di panasin doank :big_weee:
woo di timbuktu warganya udah pada tau mobil itu kl nikung selalu ban belakang 1 keangkat.

btw mbah mendingan l15 saya businya doang yg karbonan, valve n piston aman pernah ane post foto endoskopnya. diganti busi beres. lah l15 hrv mbah cemong item di valve nya belom di pistonnya. ngelitik pula mbah. ane punya engga :big_weee:
Ngelitik ud sembuh mbah

Sing penting intek manipol bersih dr uap oli, ama klep2 di bersihin dr item2, lgs resing lg, td pagi full teng pertalite aj tetep resing, pedal to kampret bebas glitik
intek manipol HRV punya om ada uap oli, alias ada basah oli?
setahu saya yang ada uap oli harusnya mesin yang berturbo karena mesin panas sekali
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Wed Oct 21, 2020 6:01
DOHC wrote: Wed Oct 21, 2020 4:55
Omnibus wrote: Wed Oct 21, 2020 3:20

woo di timbuktu warganya udah pada tau mobil itu kl nikung selalu ban belakang 1 keangkat.

btw mbah mendingan l15 saya businya doang yg karbonan, valve n piston aman pernah ane post foto endoskopnya. diganti busi beres. lah l15 hrv mbah cemong item di valve nya belom di pistonnya. ngelitik pula mbah. ane punya engga :big_weee:
Ngelitik ud sembuh mbah

Sing penting intek manipol bersih dr uap oli, ama klep2 di bersihin dr item2, lgs resing lg, td pagi full teng pertalite aj tetep resing, pedal to kampret bebas glitik
intek manipol HRV punya om ada uap oli, alias ada basah oli?
setahu saya yang ada uap oli harusnya mesin yang berturbo karena mesin panas sekali
Ad om, karena saya ga pake OCT

Mobil2 jaman skrg pasti uap oli crankcase dbuang ke intek manipol
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Oct 21, 2020 5:18

pertama, ralat: bukan ahli apalagi suhu

sekilas pandangan nubie, kenapa oli valve cover sampai bisa masuk ke drat? sptnya kl ga undertorqued ga akan masup ke drat deh.

ignition timing sekilas pandang pas.

heat range sekilas pandang pas.

AFR sekilas pandang agak lean. mohon itu dibikin rich sedikit biar tambah sering mampir ke spbu. #ehh







................... :ngacir:

betul kaka, tempo hari belum punya manoskop jadi masih pake kunci pipa ngencenginnya.
cara bikin rich gimana kaka? kalo kabilator kan tinggal ganti spuyer doang kaka.....
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Oct 21, 2020 6:34
Omnibus wrote: Wed Oct 21, 2020 5:18

pertama, ralat: bukan ahli apalagi suhu

sekilas pandangan nubie, kenapa oli valve cover sampai bisa masuk ke drat? sptnya kl ga undertorqued ga akan masup ke drat deh.

ignition timing sekilas pandang pas.

heat range sekilas pandang pas.

AFR sekilas pandang agak lean. mohon itu dibikin rich sedikit biar tambah sering mampir ke spbu. #ehh







................... :ngacir:

betul kaka, tempo hari belum punya manoskop jadi masih pake kunci pipa ngencenginnya.
cara bikin rich gimana kaka? kalo kabilator kan tinggal ganti spuyer doang kaka.....
ngg ... nganu mbah, ngingetin aja barangkali lupa n kepepet waktu. kalau ngencengin busi pakai TW di 25 Nm itu hrs kondisi dry (no oil, no anti seize) dan hrs dlm kondisi mesin dingin.

bikin rich? waduh hrs belajar dulu ane ke crazy rich asia mbah. soalnya ane sendiri belum rich2 banget tapi makan udah bisa 3x sehari sih. standar WHO negara maju. :big_weee:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Serba Serbi Busi

Post by adityabp »

marmut wrote: Wed Oct 21, 2020 6:34
Omnibus wrote: Wed Oct 21, 2020 5:18

pertama, ralat: bukan ahli apalagi suhu

sekilas pandangan nubie, kenapa oli valve cover sampai bisa masuk ke drat? sptnya kl ga undertorqued ga akan masup ke drat deh.

ignition timing sekilas pandang pas.

heat range sekilas pandang pas.

AFR sekilas pandang agak lean. mohon itu dibikin rich sedikit biar tambah sering mampir ke spbu. #ehh







................... :ngacir:

betul kaka, tempo hari belum punya manoskop jadi masih pake kunci pipa ngencenginnya.
cara bikin rich gimana kaka? kalo kabilator kan tinggal ganti spuyer doang kaka.....
Wah, mirip busi di QR20 saya nih. Putih2x pucat gitu deh. :mky_01:
Kayaknya krn RPM gak lebih dari 2000an, kecuali di tol.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Oct 21, 2020 6:48

ngg ... nganu mbah, ngingetin aja barangkali lupa n kepepet waktu. kalau ngencengin busi pakai TW di 25 Nm itu hrs kondisi dry (no oil, no anti seize) dan hrs dlm kondisi mesin dingin.

bikin rich? waduh hrs belajar dulu ane ke crazy rich asia mbah. soalnya ane sendiri belum rich2 banget tapi makan udah bisa 3x sehari sih. standar WHO negara maju. :big_weee:

ngga kepepet mbah, mobil dewek je...
tadi drat kondisi kering abis semprot SuToPo langsung tiup kompresor abis itu pasang.
kondisi head masih anget-anget enak, torsi pasang di 14 ft.lbs (sekitar 19an nm lah).

makan 3× sehari? saya cuman 1× mbah....

pagi 1×, siang 1×, sore 1×, malem 1×, mau tidur 1×.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Oct 21, 2020 7:00
ngga kepepet mbah, mobil dewek je...
tadi drat kondisi kering abis semprot SuToPo langsung tiup kompresor abis itu pasang.
kondisi head masih anget-anget enak, torsi pasang di 14 ft.lbs (sekitar 19an nm lah).

makan 3× sehari? saya cuman 1× mbah....

pagi 1×, siang 1×, sore 1×, malem 1×, mau tidur 1×.
yg sebelumnya dikasih torque brp kira2 kl pakai meteran built in arm-o-meter?

19Nm kayanya msh undertorque mbah. tambahin dikit lah pake sambungan pipa besi. biar berasa gitu ...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Oct 21, 2020 7:06

yg sebelumnya dikasih torque brp kira2 kl pakai meteran built in arm-o-meter?

19Nm kayanya msh undertorque mbah. tambahin dikit lah pake sambungan pipa besi. biar berasa gitu ...

wah lupa.... paling 10an ft.lbs, mungkin malah kurang dari itu. yang pasti beda-beda torq tight antar busi.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

suhu2 prop2 mbah2 shifu2 skalian

mohon bimbingan nya utk busi nubie ini, kira2 gmana kesehatan nya

umur busi circa 60an rebu,bensin always pertalite, tiap 4-5000 km pasti di semprot2 carbjet ujung nya biar bersih.. ga perna di kutak katik gap nya karena emg ga perna brubah, dan ga perna disikat2 jg
20201226_094357.jpg
20201226_094332.jpg
kondisi apa ada nya baru dicpot

makasi
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Dec 27, 2020 5:17 suhu2 prop2 mbah2 shifu2 skalian

mohon bimbingan nya utk busi nubie ini, kira2 gmana kesehatan nya

umur busi circa 60an rebu,bensin always pertalite, tiap 4-5000 km pasti di semprot2 carbjet ujung nya biar bersih.. ga perna di kutak katik gap nya karena emg ga perna brubah, dan ga perna disikat2 jg

20201226_094357.jpg
20201226_094332.jpg

kondisi apa ada nya baru dicpot

makasi

mohon maap ni mbah sebelumnya, cuman mau pamer, kalo ngukur gap busi pake ginian :


20201227_132230.jpg
20201227_132245.jpg


lebih cepet ketauan gap yang sekarang berapa. murmer mbah, sa ban go.

:big_weee:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Dec 27, 2020 5:17
kondisi apa ada nya baru dicpot

makasi
:e-think:

nubie numpang izin komen mbah,

- timing: good! karakter driver tukang geber nih keliatan timing marks nya advance mulu. advance = sering WOT.

- AFR: good! ada carbon ring di porslain tengahnya tp bukan carbon build up.

- heat range: good! burn marks cuma ada di 4 ulir pertama dr electrode tips. n center electrode self-cleaning nya bagus yg artinya heat range tepat.

- tightening torque: busi no 1&2 sdh ok. cuma yg 3&4 perlu sedikit lebih dikencengin.

- gap: sekilas pandangan mata gap nya beda2. apalagi no 1 vs no 4 keliatan beda bgt. ini bikin idle nya kurang smooth, kl taro gelas isi air diatas mesin masih goyang beriak2 ntu air, ga kaya iklan lexus LS V8 yg airnya tenang. pas digeber jg power delivery nya .... n bisa jadi bikin ngelitik juga .....

- 60k km? saatnya ganti baru mbah. mending ganti busi drpd coil jebol kaya 1TR pak gentong.

bilamana ada kekurangan dan salah kata, nubie monmaap yg sebesar2nya.

:x-mas:
rottens
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Nov 27, 2012 6:47

Re: Serba Serbi Busi

Post by rottens »

Omnibus wrote: Sun Dec 27, 2020 6:57
DOHC wrote: Sun Dec 27, 2020 5:17
kondisi apa ada nya baru dicpot

makasi
:e-think:

nubie numpang izin komen mbah,

- timing: good! karakter driver tukang geber nih keliatan timing marks nya advance mulu. advance = sering WOT.

- AFR: good! ada carbon ring di porslain tengahnya tp bukan carbon build up.

- heat range: good! burn marks cuma ada di 4 ulir pertama dr electrode tips. n center electrode self-cleaning nya bagus yg artinya heat range tepat.

- tightening torque: busi no 1&2 sdh ok. cuma yg 3&4 perlu sedikit lebih dikencengin.

- gap: sekilas pandangan mata gap nya beda2. apalagi no 1 vs no 4 keliatan beda bgt. ini bikin idle nya kurang smooth, kl taro gelas isi air diatas mesin masih goyang beriak2 ntu air, ga kaya iklan lexus LS V8 yg airnya tenang. pas digeber jg power delivery nya .... n bisa jadi bikin ngelitik juga .....

- 60k km? saatnya ganti baru mbah. mending ganti busi drpd coil jebol kaya 1TR pak gentong.

bilamana ada kekurangan dan salah kata, nubie monmaap yg sebesar2nya.

:x-mas:
Ikutan nanya apa kelamaan ganti busi bisa bikin koil jebol? Busi iridium standar jazz rs km 70.000 an umur 8th menurut mekanik kepercayaan bilang " nanti gantinya pas 100.000km karena iridium"
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Dec 27, 2020 6:26 [


mohon maap ni mbah sebelumnya, cuman mau pamer, kalo ngukur gap busi pake ginian :



20201227_132230.jpg
20201227_132245.jpg



lebih cepet ketauan gap yang sekarang berapa. murmer mbah, sa ban go.

:big_weee:
Feeler gauge ud ad mbah, model blade satu2 merk tekiro

Dapet gratis dulu dr toolbok nya orang lapangan d kantor saya
Omnibus wrote: Sun Dec 27, 2020 6:57
DOHC wrote: Sun Dec 27, 2020 5:17
kondisi apa ada nya baru dicpot

makasi
:e-think:

nubie numpang izin komen mbah,

- timing: good! karakter driver tukang geber nih keliatan timing marks nya advance mulu. advance = sering WOT.

- AFR: good! ada carbon ring di porslain tengahnya tp bukan carbon build up.

- heat range: good! burn marks cuma ada di 4 ulir pertama dr electrode tips. n center electrode self-cleaning nya bagus yg artinya heat range tepat.

- tightening torque: busi no 1&2 sdh ok. cuma yg 3&4 perlu sedikit lebih dikencengin.

- gap: sekilas pandangan mata gap nya beda2. apalagi no 1 vs no 4 keliatan beda bgt. ini bikin idle nya kurang smooth, kl taro gelas isi air diatas mesin masih goyang beriak2 ntu air, ga kaya iklan lexus LS V8 yg airnya tenang. pas digeber jg power delivery nya .... n bisa jadi bikin ngelitik juga .....

- 60k km? saatnya ganti baru mbah. mending ganti busi drpd coil jebol kaya 1TR pak gentong.

bilamana ada kekurangan dan salah kata, nubie monmaap yg sebesar2nya.

:x-mas:
Makasi mbah shifu prop wejangan nya

Tepat skali, saya aliran mbah kompre, nyetir wajip pedal to kampret.. bukan aliran iritt rit ritt nyiksa diri nginjek gas urut2

Nah mengenai tightening tork, nah justru yg ke 1 ama 2 ga sekenceng 3 ama 4 mbah, yg 1 ama 2 d puter setenaga renata, yg 3 ama 4 mungkin kira2 stenga igun lah

Gap aman mbah, dah ta ukur 4 4 nya identik kembar persis plek 0.8 mili smua

Nah kl hasil konsul saya ama dosen senior universitit van technik le asemreges, mbah marmut, katanya iridium 100 rebu aj.. sienta atau 1KR-UZ V6 nya beliau jg iridium 90 rebu masi d hajar aj katanya


Nubie kenek balik jongkok depan parkiran musatek yg lg sepi ini, sembari pasang mata nyari delco yg bsa d colong
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

rottens wrote: Sun Dec 27, 2020 7:43
Omnibus wrote: Sun Dec 27, 2020 6:57
DOHC wrote: Sun Dec 27, 2020 5:17
kondisi apa ada nya baru dicpot

makasi
:e-think:

nubie numpang izin komen mbah,

- timing: good! karakter driver tukang geber nih keliatan timing marks nya advance mulu. advance = sering WOT.

- AFR: good! ada carbon ring di porslain tengahnya tp bukan carbon build up.

- heat range: good! burn marks cuma ada di 4 ulir pertama dr electrode tips. n center electrode self-cleaning nya bagus yg artinya heat range tepat.

- tightening torque: busi no 1&2 sdh ok. cuma yg 3&4 perlu sedikit lebih dikencengin.

- gap: sekilas pandangan mata gap nya beda2. apalagi no 1 vs no 4 keliatan beda bgt. ini bikin idle nya kurang smooth, kl taro gelas isi air diatas mesin masih goyang beriak2 ntu air, ga kaya iklan lexus LS V8 yg airnya tenang. pas digeber jg power delivery nya .... n bisa jadi bikin ngelitik juga .....

- 60k km? saatnya ganti baru mbah. mending ganti busi drpd coil jebol kaya 1TR pak gentong.

bilamana ada kekurangan dan salah kata, nubie monmaap yg sebesar2nya.

:x-mas:
Ikutan nanya apa kelamaan ganti busi bisa bikin koil jebol? Busi iridium standar jazz rs km 70.000 an umur 8th menurut mekanik kepercayaan bilang " nanti gantinya pas 100.000km karena iridium"
yg bikin coil jebol gara2 busi ada 2,

1. kebanyakan deposit karbon di porselain tengah yg akhirnya itu karbon jd penghantar dan bikin short circuit antara +ve dan ground.

2. gap busi yg over renggang membuat coil bekerja ekstra keras utk membuat spark. nah yg ini terjadi kl busi jarang diperiksa keadaannya.

apakah bisa nunggu 100k baru diganti? bisa2 aja kl kedua point diatas diperhatikan.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Dec 27, 2020 10:19
marmut wrote: Sun Dec 27, 2020 6:26 [


mohon maap ni mbah sebelumnya, cuman mau pamer, kalo ngukur gap busi pake ginian :



20201227_132230.jpg
20201227_132245.jpg



lebih cepet ketauan gap yang sekarang berapa. murmer mbah, sa ban go.

:big_weee:
Feeler gauge ud ad mbah, model blade satu2 merk tekiro

Dapet gratis dulu dr toolbok nya orang lapangan d kantor saya
Omnibus wrote: Sun Dec 27, 2020 6:57
DOHC wrote: Sun Dec 27, 2020 5:17
kondisi apa ada nya baru dicpot

makasi
:e-think:

nubie numpang izin komen mbah,

- timing: good! karakter driver tukang geber nih keliatan timing marks nya advance mulu. advance = sering WOT.

- AFR: good! ada carbon ring di porslain tengahnya tp bukan carbon build up.

- heat range: good! burn marks cuma ada di 4 ulir pertama dr electrode tips. n center electrode self-cleaning nya bagus yg artinya heat range tepat.

- tightening torque: busi no 1&2 sdh ok. cuma yg 3&4 perlu sedikit lebih dikencengin.

- gap: sekilas pandangan mata gap nya beda2. apalagi no 1 vs no 4 keliatan beda bgt. ini bikin idle nya kurang smooth, kl taro gelas isi air diatas mesin masih goyang beriak2 ntu air, ga kaya iklan lexus LS V8 yg airnya tenang. pas digeber jg power delivery nya .... n bisa jadi bikin ngelitik juga .....

- 60k km? saatnya ganti baru mbah. mending ganti busi drpd coil jebol kaya 1TR pak gentong.

bilamana ada kekurangan dan salah kata, nubie monmaap yg sebesar2nya.

:x-mas:
Makasi mbah shifu prop wejangan nya

Tepat skali, saya aliran mbah kompre, nyetir wajip pedal to kampret.. bukan aliran iritt rit ritt nyiksa diri nginjek gas urut2

Nah mengenai tightening tork, nah justru yg ke 1 ama 2 ga sekenceng 3 ama 4 mbah, yg 1 ama 2 d puter setenaga renata, yg 3 ama 4 mungkin kira2 stenga igun lah

Gap aman mbah, dah ta ukur 4 4 nya identik kembar persis plek 0.8 mili smua

Nah kl hasil konsul saya ama dosen senior universitit van technik le asemreges, mbah marmut, katanya iridium 100 rebu aj.. sienta atau 1KR-UZ V6 nya beliau jg iridium 90 rebu masi d hajar aj katanya


Nubie kenek balik jongkok depan parkiran musatek yg lg sepi ini, sembari pasang mata nyari delco yg bsa d colong
mbah, urutan busi 1-4 nya dr kiri ke kanan kan? atau dr kanan ke kiri? :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Dec 27, 2020 11:18
DOHC wrote: Sun Dec 27, 2020 10:19
marmut wrote: Sun Dec 27, 2020 6:26 [


mohon maap ni mbah sebelumnya, cuman mau pamer, kalo ngukur gap busi pake ginian :



20201227_132230.jpg
20201227_132245.jpg



lebih cepet ketauan gap yang sekarang berapa. murmer mbah, sa ban go.

:big_weee:
Feeler gauge ud ad mbah, model blade satu2 merk tekiro

Dapet gratis dulu dr toolbok nya orang lapangan d kantor saya
Omnibus wrote: Sun Dec 27, 2020 6:57

:e-think:

nubie numpang izin komen mbah,

- timing: good! karakter driver tukang geber nih keliatan timing marks nya advance mulu. advance = sering WOT.

- AFR: good! ada carbon ring di porslain tengahnya tp bukan carbon build up.

- heat range: good! burn marks cuma ada di 4 ulir pertama dr electrode tips. n center electrode self-cleaning nya bagus yg artinya heat range tepat.

- tightening torque: busi no 1&2 sdh ok. cuma yg 3&4 perlu sedikit lebih dikencengin.

- gap: sekilas pandangan mata gap nya beda2. apalagi no 1 vs no 4 keliatan beda bgt. ini bikin idle nya kurang smooth, kl taro gelas isi air diatas mesin masih goyang beriak2 ntu air, ga kaya iklan lexus LS V8 yg airnya tenang. pas digeber jg power delivery nya .... n bisa jadi bikin ngelitik juga .....

- 60k km? saatnya ganti baru mbah. mending ganti busi drpd coil jebol kaya 1TR pak gentong.

bilamana ada kekurangan dan salah kata, nubie monmaap yg sebesar2nya.

:x-mas:
Makasi mbah shifu prop wejangan nya

Tepat skali, saya aliran mbah kompre, nyetir wajip pedal to kampret.. bukan aliran iritt rit ritt nyiksa diri nginjek gas urut2

Nah mengenai tightening tork, nah justru yg ke 1 ama 2 ga sekenceng 3 ama 4 mbah, yg 1 ama 2 d puter setenaga renata, yg 3 ama 4 mungkin kira2 stenga igun lah

Gap aman mbah, dah ta ukur 4 4 nya identik kembar persis plek 0.8 mili smua

Nah kl hasil konsul saya ama dosen senior universitit van technik le asemreges, mbah marmut, katanya iridium 100 rebu aj.. sienta atau 1KR-UZ V6 nya beliau jg iridium 90 rebu masi d hajar aj katanya


Nubie kenek balik jongkok depan parkiran musatek yg lg sepi ini, sembari pasang mata nyari delco yg bsa d colong
mbah, urutan busi 1-4 nya dr kiri ke kanan kan? atau dr kanan ke kiri? :big_biglaugh:
kiri ke kanan mbah

saya masi kelahiran wni ktp indo koq, d skola d ajarin ama bu guru yg galak, baca wajip kiri ke kanan kl ga mau kena gamparan tiba2

blom kelahiran tiongkok abad dinasti ming
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Dec 27, 2020 11:39
Omnibus wrote: Sun Dec 27, 2020 11:18
mbah, urutan busi 1-4 nya dr kiri ke kanan kan? atau dr kanan ke kiri? :big_biglaugh:
kiri ke kanan mbah

saya masi kelahiran wni ktp indo koq, d skola d ajarin ama bu guru yg galak, baca wajip kiri ke kanan kl ga mau kena gamparan tiba2

blom kelahiran tiongkok abad dinasti ming
:wkkk:

bisa juga kayanya pas busi 1 ama 2 mbah msh kuat tenaganya (tergantung sarapannya apa), nah pas yg 3 ama 4 udah loyo jd berasa itu kaya dikencengin igun. pdhl kencengan yg 1 ama 2 org dulu pas masang paling pertama dikasih pipa 3 meter sampe ngekkk ngeekkkk ngeeekkkkk





:e-snooty:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Dec 27, 2020 11:47
DOHC wrote: Sun Dec 27, 2020 11:39
Omnibus wrote: Sun Dec 27, 2020 11:18
mbah, urutan busi 1-4 nya dr kiri ke kanan kan? atau dr kanan ke kiri? :big_biglaugh:
kiri ke kanan mbah

saya masi kelahiran wni ktp indo koq, d skola d ajarin ama bu guru yg galak, baca wajip kiri ke kanan kl ga mau kena gamparan tiba2

blom kelahiran tiongkok abad dinasti ming
:wkkk:

bisa juga kayanya pas busi 1 ama 2 mbah msh kuat tenaganya (tergantung sarapannya apa), nah pas yg 3 ama 4 udah loyo jd berasa itu kaya dikencengin igun. pdhl kencengan yg 1 ama 2 org dulu pas masang paling pertama dikasih pipa 3 meter sampe ngekkk ngeekkkk ngeeekkkkk





:e-snooty:
Utk pemasangan sehh mustinya masi bertenaga yah mbah

Scara saya ud ikutin saran si mbah gerasi 69

Nasi padang bungkus pake teh manis anget trus selingan nya bubur kacang ijo campur ketan item santen anget

Ntuh tenaga kira2 ckup lah buat mindahin 3 igun sejauh 10 meter
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: