Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Serba Serbi Busi

Post by adityabp »

Suryaputra wrote:
30 Jun 2020, 09:38
adityabp wrote:
30 Jun 2020, 09:24
Jadi inget escudo saya dulu.
Itu busi di silinder no 2 (dari depan), di lingkar elektrodanya pasti paling item dibanding 3 lainnya.
Curiga nosel injektornya beda sendiri. :mky_01:
Bener gak?
coba kalibrasi injector aja om.
dan dibersihin semua injectornya.

_____________________________________

anyway, karena self diagnose nya om omnibus, saya jadi anti push and glide, yah biasa2 aja lah :big_peace:
kecuali klo jalan turunan spt di cipularang, ya gak mungkin digas :big_biglaugh:

mau irit2 malah resiko carb build-up dan carb fouling di busi :upss:
Hehehe, mobilnya dah gak ada om. :mky_01:
Dulu sih udah pengen kalibrasi injektor, tapi gak sempet2x.

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3381
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

DOHC wrote:
30 Jun 2020, 09:45
Suryaputra wrote:
30 Jun 2020, 09:38
adityabp wrote:
30 Jun 2020, 09:24
Jadi inget escudo saya dulu.
Itu busi di silinder no 2 (dari depan), di lingkar elektrodanya pasti paling item dibanding 3 lainnya.
Curiga nosel injektornya beda sendiri. :mky_01:
Bener gak?
coba kalibrasi injector aja om.
dan dibersihin semua injectornya.

_____________________________________

anyway, karena self diagnose nya om omnibus, saya jadi anti push and glide, yah biasa2 aja lah :big_peace:
kecuali klo jalan turunan spt di cipularang, ya gak mungkin digas :big_biglaugh:

mau irit2 malah resiko carb build-up dan carb fouling di busi :upss:
Tepat sekali

Punya mobil yah dinikmatin, masa nyiksa diri sendiri irit irit nginjek gas..

tul.

karena akselerasi itu adalah salah satu surga dunia.
sesungguhnya tidak ada irit di dunia ini. mau bensin irit pake 2 busi di 1 silinder? harga businya berapa tjuk? beli busi 8 biji untuk mesin 4 silinder, halaaaaah.....
sistem GDI? carbon buid up di intek manipol su..... bersihinnya keluar duit dan waktu.
pipes - cigars - coffee

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1768
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

MSU wrote:
30 Jun 2020, 09:53

haha...rajin amat bersihin busi om...apa cukup berasa efeknya?
saya malah pindah dari busi biasa ke platinum krn rada males buka2
malesin memang apalagi yg posisinya susah atau terhalang air duct. sakit pinggang bungkuk2. saya patokannya cuma cold start pagi aja kl udah mulai lama start baru buka. selama msh tokcer diemin aja.

pengalaman paling gampang itu mesin camry yg 2AR mirip toyota twincam jadul, posisi di depan atas tanpa penghalang cuma plastik cover tinggal diangkat tangan. bisa masuk kunci busi T panjang. bongpas paling lama 10 menit ala2 F1 wkwkwk

paling susah serena MR20 krn di bawah intake, hrs lepas intake. musti diospek tuh engineer yg buat.

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1768
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote:
30 Jun 2020, 09:38
............
anyway, karena self diagnose nya om omnibus, saya jadi anti push and glide, yah biasa2 aja lah :big_peace:
kecuali klo jalan turunan spt di cipularang, ya gak mungkin digas :big_biglaugh:

mau irit2 malah resiko carb build-up dan carb fouling di busi :upss:
tapi ga bisa dihindari kl dalem kota. kl injek gas terus ya nyundul depan om .....

selalu ada momen dipotong jalur sm motor/mobil, angkot ngerem mendadak, ada yg u-turn, orang nyebrang. mau ga mau kaki pasti lepas dr pedal gas. abis lewat halangan injek gas lagi. nanti ga lama berulang lagi ada halangan. tanpa disadari ya itu bagian dr pulse n glide. beda kaya di LN yg jalanan ga seramai disini dan wajib utk berkendara di speed limit.

tp hanya mobil ini kl yg lain even ketemu kondisi lalin dan kondisi nyetir sama businya baik2 saja. jd mungkin memang heat range businya yg ga pas.

bukan krn mau ngirit bensin krn mobilnya emang udah irit dr sononya ga perlu dibikin lbh irit. :big_weee: :big_grin:

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

marmut wrote:
30 Jun 2020, 12:04
DOHC wrote:
30 Jun 2020, 09:45
Suryaputra wrote:
30 Jun 2020, 09:38


coba kalibrasi injector aja om.
dan dibersihin semua injectornya.

_____________________________________

anyway, karena self diagnose nya om omnibus, saya jadi anti push and glide, yah biasa2 aja lah :big_peace:
kecuali klo jalan turunan spt di cipularang, ya gak mungkin digas :big_biglaugh:

mau irit2 malah resiko carb build-up dan carb fouling di busi :upss:
Tepat sekali

Punya mobil yah dinikmatin, masa nyiksa diri sendiri irit irit nginjek gas..

tul.

karena akselerasi itu adalah salah satu surga dunia.
sesungguhnya tidak ada irit di dunia ini. mau bensin irit pake 2 busi di 1 silinder? harga businya berapa tjuk? beli busi 8 biji untuk mesin 4 silinder, halaaaaah.....
sistem GDI? carbon buid up di intek manipol su..... bersihinnya keluar duit dan waktu.
iyaa.. sy prnh pakai jazz idsi jg iritnya beda tipis sm mobilio.
tp secara powah cukup jauh.
:big_biglaugh:
*Colek Me if I'm Wrong

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18001
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

marmut wrote:
30 Jun 2020, 12:04
DOHC wrote:
30 Jun 2020, 09:45
Suryaputra wrote:
30 Jun 2020, 09:38


......... :big_biglaugh:

mau irit2 malah resiko carb build-up dan carb fouling di busi :upss:
Tepat sekali

Punya mobil yah dinikmatin, masa nyiksa diri sendiri irit irit nginjek gas..

tul.

karena akselerasi itu adalah salah satu surga dunia.
sesungguhnya tidak ada irit di dunia ini. mau bensin irit pake 2 busi di 1 silinder? harga businya berapa tjuk? beli busi 8 biji untuk mesin 4 silinder, halaaaaah.....
sistem GDI? carbon buid up di intek manipol su..... bersihinnya keluar duit dan waktu.
Ga harus 8 busi mbah

Ad tuh telu silinder ceceng cc, tp ampun2 lelet nya... irit sehh d bejeg2 jg masi bsa 1: 15 an tp lawan vario aj kalah..
Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 12:09
MSU wrote:
30 Jun 2020, 09:53

haha...rajin amat bersihin busi om...apa cukup berasa efeknya?
saya malah pindah dari busi biasa ke platinum krn rada males buka2
malesin memang apalagi yg posisinya susah atau terhalang air duct. sakit pinggang bungkuk2. saya patokannya cuma cold start pagi aja kl udah mulai lama start baru buka. selama msh tokcer diemin aja.

pengalaman paling gampang itu mesin camry yg 2AR mirip toyota twincam jadul, posisi di depan atas tanpa penghalang cuma plastik cover tinggal diangkat tangan. bisa masuk kunci busi T panjang. bongpas paling lama 10 menit ala2 F1 wkwkwk

paling susah serena MR20 krn di bawah intake, hrs lepas intake. musti diospek tuh engineer yg buat.
1TR jg gampang sehh om, K3 daihatsu jg gampang

Ahh stuju, batu makam emg kampret insinyur nya.. dl ganti busi HR15DE aj musti copot intake sgala jg

Btw coba GK5 nya dikasi pertalite om, siapa tau bensin nya overkill kl pake pertamak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Serba Serbi Busi

Post by adityabp »

Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 12:09
MSU wrote:
30 Jun 2020, 09:53

haha...rajin amat bersihin busi om...apa cukup berasa efeknya?
saya malah pindah dari busi biasa ke platinum krn rada males buka2
malesin memang apalagi yg posisinya susah atau terhalang air duct. sakit pinggang bungkuk2. saya patokannya cuma cold start pagi aja kl udah mulai lama start baru buka. selama msh tokcer diemin aja.

pengalaman paling gampang itu mesin camry yg 2AR mirip toyota twincam jadul, posisi di depan atas tanpa penghalang cuma plastik cover tinggal diangkat tangan. bisa masuk kunci busi T panjang. bongpas paling lama 10 menit ala2 F1 wkwkwk

paling susah serena MR20 krn di bawah intake, hrs lepas intake. musti diospek tuh engineer yg buat.
Bersyukur banget C24 QR20 masih waras utk urusan bongkar pasang busi. :big_cat:

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1768
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

adityabp wrote:
30 Jun 2020, 13:54

Bersyukur banget C24 QR20 masih waras utk urusan bongkar pasang busi. :big_cat:
yg QR20 msh makan sushi engineernya, yg MR20 krn dr renault udah makan foei gras :mky_04:

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3381
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 12:09


paling susah serena MR20 krn di bawah intake, hrs lepas intake. musti diospek tuh engineer yg buat.

MR, HR, itu mesin sultan. resing. top tier.
tiada perlu ganti busi. tiada perlu ganti oli dan cairan.
rusak, buang mobilnya.
pipes - cigars - coffee

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2000
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 12:09

malesin memang apalagi yg posisinya susah atau terhalang air duct. sakit pinggang bungkuk2. saya patokannya cuma cold start pagi aja kl udah mulai lama start baru buka. selama msh tokcer diemin aja.

pengalaman paling gampang itu mesin camry yg 2AR mirip toyota twincam jadul, posisi di depan atas tanpa penghalang cuma plastik cover tinggal diangkat tangan. bisa masuk kunci busi T panjang. bongpas paling lama 10 menit ala2 F1 wkwkwk

paling susah serena MR20 krn di bawah intake, hrs lepas intake. musti diospek tuh engineer yg buat.
Tetep msh gampangan K series tinggal cabut kabelnya, langsung keliatan itu busi :mky_03:
adityabp wrote:
30 Jun 2020, 09:16


Kunci ini buat ngambil/pasang busi aja om.
Kalo buat ngencengin/kendorin, pake yg letter T.
Ooh pantesan :mky_01:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1768
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

coklatMetalik wrote:
30 Jun 2020, 21:21

Tetep msh gampangan K series tinggal cabut kabelnya, langsung keliatan itu busi :mky_03:
percuma keliatan tapi ga punya proper tools tetep aja ga bisa dilepas. :big_grin: :big_weee:

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2000
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 21:40
coklatMetalik wrote:
30 Jun 2020, 21:21

Tetep msh gampangan K series tinggal cabut kabelnya, langsung keliatan itu busi :mky_03:
percuma keliatan tapi ga punya proper tools tetep aja ga bisa dilepas. :big_grin: :big_weee:
:big_cry: :big_cry:

Mentang2 punya torque wrench :ngacir:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1768
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

coklatMetalik wrote:
30 Jun 2020, 21:45
Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 21:40
coklatMetalik wrote:
30 Jun 2020, 21:21

Tetep msh gampangan K series tinggal cabut kabelnya, langsung keliatan itu busi :mky_03:
percuma keliatan tapi ga punya proper tools tetep aja ga bisa dilepas. :big_grin: :big_weee:
:big_cry: :big_cry:

Mentang2 punya torque wrench :ngacir:
bukan torque wrench ......

kunci socket aja cukup ..... biar ga mentok delco

masa mau ngelepas busi yg udah keliatan itu harus nyabut delco dulu biar ga ngalangin.

................ :ngacir:

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2000
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 21:49

bukan torque wrench ......

kunci socket aja cukup ..... biar ga mentok delco

masa mau ngelepas busi yg udah keliatan itu harus nyabut delco dulu biar ga ngalangin.

................ :ngacir:
Seandainya ane tetanggaan sama Deddy Korbuser, itu busi yg udh keliatan kayanya tinggal dipelototin doang bisa copot sendiri :ngacir: :ngacir:

Pas lagi podcast gua ketok2 "ooom, minta tulung copotin busi gua dooong..." :mky_03:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1768
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

coklatMetalik wrote:
30 Jun 2020, 22:00
Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 21:49

bukan torque wrench ......

kunci socket aja cukup ..... biar ga mentok delco

masa mau ngelepas busi yg udah keliatan itu harus nyabut delco dulu biar ga ngalangin.

................ :ngacir:
Seandainya ane tetanggaan sama Deddy Korbuser, itu busi yg udh keliatan kayanya tinggal dipelototin doang bisa copot sendiri :ngacir: :ngacir:

Pas lagi podcast gua ketok2 "ooom, minta tulung copotin busi gua dooong..." :mky_03:
wah kalo dia salah ngerti bisa "busi" om yg di selangkangan yg copot. masa depan suram om. :mky_03:

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2000
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 22:08

wah kalo dia salah ngerti bisa "busi" om yg di selangkangan yg copot. masa depan suram om. :mky_03:
Ooh harusnya "tulung copotin busi Denso W16EXR-U11 yg harganya 15 rebuan di Toyota Kijang LGX 1.8 EFI taun 2000 KF82R-GRMNE yang masih dipiara 10 taun lagi karena so far so good BBM always pertalite dan konsumsinya tidak irit" :upss:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1768
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

coklatMetalik wrote:
30 Jun 2020, 22:16
Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 22:08

wah kalo dia salah ngerti bisa "busi" om yg di selangkangan yg copot. masa depan suram om. :mky_03:
Ooh harusnya "tulung copotin busi Denso W16EXR-U11 yg harganya 15 rebuan di Toyota Kijang LGX 1.8 EFI taun 2000 KF82R-GRMNE yang masih dipiara 10 taun lagi karena so far so good BBM always pertalite dan konsumsinya tidak irit" :upss:
masih kurang lengkap om .....

bilangin: "yg silinder 2 sama 3 aja yg kehalangan delco. kalo 1 sama 4 saya bisa cabut sendiri ...... begitu roger, ganti...."

:mky_03:

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2000
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

Omnibus wrote:
30 Jun 2020, 22:44


masih kurang lengkap om .....

bilangin: "yg silinder 2 sama 3 aja yg kehalangan delco. kalo 1 sama 4 saya bisa cabut sendiri ...... begitu roger, ganti...."

:mky_03:
"Ntar gua kasih es cincau deh"














Padahal rored HDA diplastikin :ngacir:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18001
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

itu yg di atas, masi nyopotin busi pake konci busi pipa..

bahkan sekelas yong fuji aj pake konci soket

tolong jgn menurunkan derajat dunia perasemregesan yahh :big_smoking: :big_smoking:


btw serius, dl saya waktu masi sma, hal diy otomotif pertama yg saya lakuin itu bongpas busi pake konci busi pipa gratisan di tool kit ferio bokap (anjay, d jaman itu, bahkan isi toolkit ahond aj masi lebi lengkap dr jaman skrg, ampe ad tang jepit, konci busi pipa sgala) , dan tiap kl abis servis d bengkel, pulangnya pasti saya iseng bongpas busi pake tuh konci pipa, skalinya krn tuh montir pasang busi saking kenceng nya, malah konci pipa ampe slek...

bawa balik tuh mobil ke bengkel minta montir buka tuh busi, lahhh gampang bener si montir buka pake konci sok doi... sjak itu lah saya mulai dikit2 koleksi tools, dan ga percaya lg ama tuh konci pipa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2000
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

DOHC wrote:
01 Jul 2020, 00:29
itu yg di atas, masi nyopotin busi pake konci busi pipa..

bahkan sekelas yong fuji aj pake konci soket

tolong jgn menurunkan derajat dunia perasemregesan yahh :big_smoking: :big_smoking:


btw serius, dl saya waktu masi sma, hal diy otomotif pertama yg saya lakuin itu bongpas busi pake konci busi pipa gratisan di tool kit ferio bokap (anjay, d jaman itu, bahkan isi toolkit ahond aj masi lebi lengkap dr jaman skrg, ampe ad tang jepit, konci busi pipa sgala) , dan tiap kl abis servis d bengkel, pulangnya pasti saya iseng bongpas busi pake tuh konci pipa, skalinya krn tuh montir pasang busi saking kenceng nya, malah konci pipa ampe slek...

bawa balik tuh mobil ke bengkel minta montir buka tuh busi, lahhh gampang bener si montir buka pake konci sok doi... sjak itu lah saya mulai dikit2 koleksi tools, dan ga percaya lg ama tuh konci pipa
Wah di toolkit mobil jaman skrg ga dikasih konci busi pipa toh...

Di toolkit bawaan mobil ane malah ada dua, ga tau emg dari sononya dpt dua apa gimana... Dua2nya sama persis, & ga ada yg bisa nyopot busi nomer 2 & 3 :frm_bang_head: :frm_bang_head:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

MSU
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

coklatMetalik wrote:
01 Jul 2020, 07:16
DOHC wrote:
01 Jul 2020, 00:29
itu yg di atas, masi nyopotin busi pake konci busi pipa..

bahkan sekelas yong fuji aj pake konci soket

tolong jgn menurunkan derajat dunia perasemregesan yahh :big_smoking: :big_smoking:


btw serius, dl saya waktu masi sma, hal diy otomotif pertama yg saya lakuin itu bongpas busi pake konci busi pipa gratisan di tool kit ferio bokap (anjay, d jaman itu, bahkan isi toolkit ahond aj masi lebi lengkap dr jaman skrg, ampe ad tang jepit, konci busi pipa sgala) , dan tiap kl abis servis d bengkel, pulangnya pasti saya iseng bongpas busi pake tuh konci pipa, skalinya krn tuh montir pasang busi saking kenceng nya, malah konci pipa ampe slek...

bawa balik tuh mobil ke bengkel minta montir buka tuh busi, lahhh gampang bener si montir buka pake konci sok doi... sjak itu lah saya mulai dikit2 koleksi tools, dan ga percaya lg ama tuh konci pipa
Wah di toolkit mobil jaman skrg ga dikasih konci busi pipa toh...

Di toolkit bawaan mobil ane malah ada dua, ga tau emg dari sononya dpt dua apa gimana... Dua2nya sama persis, & ga ada yg bisa nyopot busi nomer 2 & 3 :frm_bang_head: :frm_bang_head:
lho masak sih om..apa besi L-nya kehalang delco?
di Kisul ni saya bingungnya mur roda bisa macet...padahal pas ngencengin biasa2 aja..sampe pernah malah kunci roda-nya kalah
akhirnya beli kunci baru plus pinjem pipa..model supir2 truk...

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2000
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

MSU wrote:
01 Jul 2020, 12:15


lho masak sih om..apa besi L-nya kehalang delco?
di Kisul ni saya bingungnya mur roda bisa macet...padahal pas ngencengin biasa2 aja..sampe pernah malah kunci roda-nya kalah
akhirnya beli kunci baru plus pinjem pipa..model supir2 truk...
Iya besi Lnya memang kehalang delco utk busi nomer 2 & 3, makanya sy diledekin di trit sebelah :big_biglaugh:

Tp emang kayanya bawaan mobil deh, dari jaman duluuu udh disimpen di kantong yg tulisan TOYOTA gabung sama kunci2 roda, krom2nya jg udh pada ngelupas & agak karatan :mky_01:
Barusan browsing di partsouq.com malah ketemu, part numbernya 09155-44010

Kalo kunci roda sih sy punya yg bs dipanjangin & bahannya rada kuat, berani sy injek2, biasanya kalo udh diinjek2 sih bs lepas juga.
Tp emang pernah jg sih sampe kunci rodanya bengkok, 2 taun yg lalu, di bengkel, pas mau ganti kampas rem depan, akhirnya itu bengkel terpaksa pake pipa juga :big_biglaugh:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

MSU
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

coklatMetalik wrote:
01 Jul 2020, 12:59
MSU wrote:
01 Jul 2020, 12:15


lho masak sih om..apa besi L-nya kehalang delco?
di Kisul ni saya bingungnya mur roda bisa macet...padahal pas ngencengin biasa2 aja..sampe pernah malah kunci roda-nya kalah
akhirnya beli kunci baru plus pinjem pipa..model supir2 truk...
Iya besi Lnya memang kehalang delco utk busi nomer 2 & 3, makanya sy diledekin di trit sebelah :big_biglaugh:

Tp emang kayanya bawaan mobil deh, dari jaman duluuu udh disimpen di kantong yg tulisan TOYOTA gabung sama kunci2 roda, krom2nya jg udh pada ngelupas & agak karatan :mky_01:
Barusan browsing di partsouq.com malah ketemu, part numbernya 09155-44010

Kalo kunci roda sih sy punya yg bs dipanjangin & bahannya rada kuat, berani sy injek2, biasanya kalo udh diinjek2 sih bs lepas juga.
Tp emang pernah jg sih sampe kunci rodanya bengkok, 2 taun yg lalu, di bengkel, pas mau ganti kampas rem depan, akhirnya itu bengkel terpaksa pake pipa juga :big_biglaugh:
seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1768
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

MSU wrote:
01 Jul 2020, 14:01
coklatMetalik wrote:
01 Jul 2020, 12:59
MSU wrote:
01 Jul 2020, 12:15


lho masak sih om..apa besi L-nya kehalang delco?
di Kisul ni saya bingungnya mur roda bisa macet...padahal pas ngencengin biasa2 aja..sampe pernah malah kunci roda-nya kalah
akhirnya beli kunci baru plus pinjem pipa..model supir2 truk...
Iya besi Lnya memang kehalang delco utk busi nomer 2 & 3, makanya sy diledekin di trit sebelah :big_biglaugh:

Tp emang kayanya bawaan mobil deh, dari jaman duluuu udh disimpen di kantong yg tulisan TOYOTA gabung sama kunci2 roda, krom2nya jg udh pada ngelupas & agak karatan :mky_01:
Barusan browsing di partsouq.com malah ketemu, part numbernya 09155-44010

Kalo kunci roda sih sy punya yg bs dipanjangin & bahannya rada kuat, berani sy injek2, biasanya kalo udh diinjek2 sih bs lepas juga.
Tp emang pernah jg sih sampe kunci rodanya bengkok, 2 taun yg lalu, di bengkel, pas mau ganti kampas rem depan, akhirnya itu bengkel terpaksa pake pipa juga :big_biglaugh:
seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya
yah dikasih tau om ...... nanti ga jadi beli tools deh :mky_03:

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1977
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Serba Serbi Busi

Post by Profith83 »

om @Omnibus dan om @DOHC.

Kapan hari saya beli busi untuk Honda Mobilio RS matic thn 2015.
Type businya NGK FR6F-11K.
Setelah baca baca ada type laser yang NGK IZFR6K-13.

Sebenarnya bawaan ori mobil, busi type yang mana yah?

Post Reply